Cara Iklan di IG (Instagram Ads) : Panduan Lengkap 2020

Menurut Tech In Asia, sebanyak 45% dari pengguna Instagram di Indonesia sering membeli produk yang dilihatnya di Instagram. Dengan begitu, pelaku bisnis tidak usah lagi ragu jika ingin menggunakan Instagram Ads dan mulailah mencari tahu cara iklan di IG. Pasalnya, persentase tersebut dinilai besar dan bisa meningkatkan revenue penjualan.

Selain itu, dengan beriklan di Instagram juga bisa membuat sebuah produk maupun jasa dalam suatu bisnis menjadi lebih populer. Tentunya hal tersebut sangat menguntungkan bagi pelaku bisnis karena bisa mengembangkan dan memajukan bisnis dengan lebih mudah dan cepat, Sebelum mengetahui cara iklan di IG, simak dahulu pengertian dari Instagram Ads berikut ini.

Pengertian Instagram Ads

instagram-Ads

Instagram Ads merupakan salah satu fitur iklan di Instagram yang berada di bawah Facebook Ads Manager. Jadi, cara iklan di IG adalah sama seperti cara membuat Facebook Ads. Instagram Ads dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan, mulai dari meningkatkan traffic website dan brand exposure, serta menaikkan revenue.

Namun, jika ingin beriklan di Instagram Ads, pastikan memiliki visual yang bagus dan juga menarik. Pasalnya, Instagram adalah platform yang fokus pada visual sebagai konten media sosialnya. Setelah mengetahui apa itu Instagram Ads, simak ulasan berikut mengenai pentingnya beriklan di Instagram Ads bagi pelaku binis.

Alasan Pentingnya Beriklan di Instagram Ads

Instgram Ads

Bagi para pelaku bisnis, meanfaatkan fitur Instagram Ads tentunya sangat menguntungkan. Pasalnya, pelaku bisnis bisa menarket target pasar atau audience yang lebih spesifik dan dalam jumlah yang besar. Selain itu, Instagram sangat familiar digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Tercatat bahwa masyarakat Indonesia adalah pengguna Instagram terbesar ketiga di dunia. Itu adalah angka yang fantastis dan dapat dijadikan peluang untuk mengenalkan produk maupun jasa pada suatu bisnis. Karena beriklan di Insagram Ads sangat penting, maka pelaku bisnis hendaknya tahu cara iklan di IG berikut ini.

Langkah-Langkah Iklan di Instagram

langkah bikin iklan di instagram

Bagi pelaku bisnis, tentunya harus mengetahui cara iklan di IG. Pasalnya, kini pengguna IG di Indonesia mencapai 60 juta pengguna dan merupakan peluang bagi pelaku bisnis untuk menjaring konsumen lebih banyak lagi. Tunggu apalagi, jika ingin beriklan di Instagram, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Membuka Facebook Ads Manager

Cara pertama yang harus dilakukan untuk membuat iklan di Instagram yaitu dengan membuka halaman Facebook Ads Manager. Setelah berhasil membuka Facebook Ads Manager, bukalah menu Kampanye dan pilih Buat Iklan.

Kemudian, akan ada dua dua pilihan pembuatan iklan yang bisa dipilih, yaitu pembuatan iklan cepat dan pembuatan iklan terpadu. Jika menginginkan iklan yang lebih spesifik, disarankan untuk memilih pembuatan iklan terpadu.

Menentukan Tujuan Beriklan

Langkah selanjutnya yaitu menentukan tujuan iklan yang ingin dicapai. Facebook Ads Manager sendiri menyediakan tiga kategori tujuan iklan. Tiga kategori tersebut yaitu, kesadaran, pertimbangan, dan juga konversi yang harus dipilih sesuai kebutuhan. Kategori kesadaran dapat membantu meningkatkan brand awareness dan bisa menjangkau konsumen potensial.

Sedangkan kategori pertimbangan yaitu bertujuan untuk meningkatkan jumlah traffic ke website atau mendapatkan pengguna potensial bagi suatu aplikasi yang diiklankan. Kemudian untuk kategori konversi yaitu berfungsi untuk meningkatkan jumlah konsumen yang membeli suatu produk pada website tertentu. Setelah mengetahui tujuan iklan yang sesuai dengan kebutuhan, klik tujuan iklan yang dipilih.

Memilih Jenis Iklan

Cara iklan di IG sangat mudah, salah satu caranya yaitu harus memilih jenis iklan yang ada di Facebook Ads Manager. Ada dua jenis iklan yang dapat dipilih, yaitu Pengotimalan Anggaran dan Uji Split. Pada jenis iklan pengoptimalan anggaran, maka pengguna akan menerbitkan iklan yang sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

Oleh karena itu, hendaknya menentukan anggaran iklan yang ingin digunakan. Sedangkan pada uji split, pengguna bisa membuat dua iklan yang mirip dan target audience-nya dibagi menjadi dua. Jenis iklan ini menarik tetapi membutuhkan anggaran yang lebih banyak dibandingkan jenis iklan lainnya.

Setelah memilih jenis iklan, selanjutnya yaitu menuliskan nama iklan dan memilih tujuan trafik. Trafik bisa diarahkan ke website, sebuah aplikasi, WhatsApp, dan lain sebagainya.

Menentukan Target Audience

Menentukan target audience

Instagram bisnis sangat menggiurkan karena pengguna bisa menentukan target audience secara spesifik. Pada langkah ini, pengguna bisa menentukan spesifikasi target audience yang ingin dijadikan sasaran. Oleh karena itu, pengguna bisa melakukan pengaturan pada pemirsa khusus, lokasi, umur, jenis kelamin, bahasa, koneksi, dan penargetan terperinci.

Menetapkan Penempatan dan Jadwal Tampilan

Jika pengguna ingin menampilkan iklan di Facebook, Instagram dan semua aplikasi yang bersinergi dengan Facebook, pengguna bisa memilih penempatan otomatis. Namun, apabila pengguna hanya ingin menampilkan iklan hanya di Instagram, bisa klik Edit Penempatan dan klik Instagram. Setelah itu, tentukan kapan dan berapa lama iklan akan ditampilkan.

Menghubungkan dengan Akun Instagram

Langkah selanjutnya, pengguna bisa menambahkan aku Instagram yang ingin dihubungkan dengan halaman Facebook. Oleh karena itu, sebaiknya pengguna menambahkan akun Instagram bisnis khusus untuk mempromosikan bisnisnya. Caranya mudah, klik Tambahkan Akun yang Ada, lakukan Log In dan klik Konfirmasi. Jika belum memiliki akun Instagram

Memilih Format Iklan

Cara iklan di IG selanjutnya yaitu memilih format iklan yang ditawarkan oleh Facebook Ads Manager. Ada 5 format iklan yang bisa dipilih, yaitu karosel, gambar tunggal, video tunggal, tayangan slide, dan juga koleksi. Karosel yaitu pengguna bisa menampilkan iklan dengan 2 atau lebih gambar maupun video yang bisa digeser.

Gambar dan video tunggal yaitu, iklan dengan menampilkan satu gambar atau video saja. Tayangan slide yaitu iklan dengan gambar atau video slide yang bisa mencakup sampai 10 gambar. Sedangkan koleksi yaitu iklan yang merupakan gabungan dari video dan juga gambar.

Membuat Teks dan Judul Iklan

Selanjutnya, pengguna bisa menuliskan deskripsi iklan yang singkat tetapi menarik bagi audience. Dengan memiliki judul iklan dan juga teks yang menarik, maka audience akan tertarik dan mengunjungi akun Instagram bisnis. Selain itu, audience juga akan paham tujuan Instagram Ads yang muncul pada feeds mereka.

Memilih Gambar dan Memasukkan Tautan

Pengguna bisa memilih gambar yang sesuai dengan judul, dan juga deksripsi iklan yang sudah ditulis. Namun, perhatikan ukuran gambarnya karena tiap format Facebook Ads memiliki ukuran gambar yang berbeda-beda. Setelah itu, masukkan link Instagram bisnis yang akan dituju.

Melakukan Pembayaran

Terakhir, pengguna bisa melalukan pembayaran, baik menggunakan kartu debit maupun kartu kredit. Setelah sukses melakukan pembayaran, pihak Facebook akan melakukan review terhadap iklan yang sudah di-submit, Jika sudah memenuhi semua syarat dan standar yang berlaku, iklan di IG-pun akan muncul segera.

Cara iklan di IG tentu mudah, pengguna hanya tinggal mengikuti 10 langkah mudahnya yang telah dijelaskan diartikel ini. Dengan beriklan di IG, diharapkan tujuan bisnis yang dimiliki dapat dicapai dengan mudah dan efisien. Jadi, bagi pelaku bisnis, gunakanlah peluang ini sebagai media untuk meraih keuntungan yang lebih besar.

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

 

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol