Last Updated on September 23, 2022 by
Instagram adalah platform media sosial bagi sejuta umat. Semua orang pasti setuju bahwa Instagram adalah media sosial menyenangkan dan memiliki segudang kegunaan.
Tak hanya sebatas membagikan foto maupun video ke timeline dan stories saja, Instagram juga bisa berdampak signifikan dalam membangun branding dan berbisnis online, lho!
Menurut data riset statistik global, diperkirakan ada sekitar 1 miliar pengguna Instagram dari berbagai belahan dunia dengan lebih dari 63% pengguna aktif. Bahkan menurut data Tech In Asia, 45% user Instagram dari Indonesia terbukti sering membeli produk yang diiklankan di media sosial tersebut.
Fakta ini jelas sekali menunjukkan kepada Anda untuk tidak perlu ragu lagi kalau ingin menggunakan Instagram Ads untuk berbisnis. Peluang berbisnis di Instagram terbukti tergolong besar dan efektif untuk meningkatkan revenue penjualan.
Selain itu, beriklan di Instagram juga bisa membuat sebuah produk maupun jasa milik bisnis Anda menjadi lebih populer. Tentunya hal tersebut sangat menguntungkan karena Anda dapat mengembangkan dan memajukan bisnis dengan lebih mudah dan cepat.
Ingin tahu bagaimana cara beriklan di IG Ads (iklan khusus Instagram)? Anda beruntung karena sudah menemukan artikel yang tepat. Kali ini kami akan mengajak Anda untuk mengupas tuntas aneka manfaat dan cara mudah beriklan di Instagram. Yuk langsung saja kita simak pembahasannya berikut ini!
Baca juga : Bagaimana Cara 3 Fitur Pemasaran Instagram dapat Membantu Peningkatan Penjualan?
Daftar Isi
Pengertian Instagram Ads
Sesuai namanya, Instagram Ads adalah salah satu fitur iklan di Instagram yang berada di bawah naungan Facebook Ads Manager. Jadi, cara iklan di IG adalah sama seperti cara membuat Facebook Ads. Instagram Ads dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan, mulai dari meningkatkan traffic website dan brand exposure, serta menaikkan revenue penjualan online di media sosial Instagram.
Akan tetapi, kalau Anda ingin beriklan di Instagram Ads, pastikan ada postingan dari akun IG bisnis Anda yang memiliki visual bagus sekaligus menarik. Pasalnya, Instagram adalah platform yang menitikberatkan pada pada tampilan visual sebagai konten utamanya.
Semakin bagus tampilan dari konten yang Anda posting, maka akan semakin besar juga kekuatan dari konten Anda untuk menarik perhatian orang lain.
Setelah mengetahui apa itu Instagram Ads, mari simak ulasan berikutnya mengenai pentingnya beriklan di Instagram Ads bagi pelaku bisnis online.
Baca juga : 9 Rencana Pemasaran Produk Makanan Online yang Laris Manis
6 Alasan Pentingnya Beriklan di Instagram Ads
Bagi para pelaku bisnis online, memanfaatkan fitur Instagram Ads tentunya sangat menguntungkan. Pasalnya, pelaku bisnis bisa lebih mudah berpromosi yang tepat sasaran ke target pasar atau audience spesifik dan dalam jumlah yang besar. Selain itu, Instagram pun sudah sangat familiar digunakan oleh masyarakat Indonesia. Semua orang, mulai dari kaum milenial, anak muda, hingga orang dewasa menggunakan Instagram untuk keperluan personal maupun profesional.
Kemudian di bawah ini ada 6 alasan menarik sekaligus penting terkait beriklan di Instagram. Untuk Anda yang masih ragu-ragu memasang iklan di IG, yuk simak dulu keuntungan-keuntungan IG Ads berikut ini sembari menggali inspirasi cara promosi bisnis online yang fresh:
Platform Visual yang Super Eye-Catching
Instagram terbukti mampu mempermudah branding image dari sebuah perusahaan kepada target konsumennya melalui konten-konten visual yang terpajang. Hal ini berkorelasi dengan hasil studi ilmiah di mana 65% masyarakat merupakan visual learners (pembelajar visual). Artinya, ada lebih dari separuh masyarakat yang lebih mudah untuk didapatkan perhatian serta rasa penasarannya hanya dengan menggunakan konten visual saja.
Berpromosi di IG memang tidak rumit dan cocok untuk Anda yang tidak terlalu jago memainkan kata-kata unik persuasif selayaknya di dunia copywriting. Hanya dengan memposting foto-foto katalog di timeline atau Instagram stories saja, maka followers Anda sudah bisa mengetahui produk yang tengah dijual. Pun jika mereka tertarik, mereka pasti akan langsung menghubungi Anda via DM (direct messages).
Media Sosial yang Sangat Terkenal
Dibandingkan media sosial lainnya, Instagram menyediakan kesempatan menumbuhkan awareness di kalangan masyarakat yang lebih besar. Ini karena Instagram adalah media sosial yang sangat populer dengan jumlah akses dari pengguna yang sanggup menyentuh angka miliar dalam sebulan. Jadi, peluang bagi brand Anda untuk dikenal lebih banyak orang dari berbagai negara juga sangat besar.
Seorang pengguna Instagram juga bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengeksplor aneka ragam postingan yang lewat di feeds-nya ataupun stories. Kemudian, sudah menjadi pengetahuan umum bahwa mayoritas user IG selalu mem-follow akun-akun brand yang disukai.
Tak berhenti sampai di sana, semenjak IG meluncurkan fitur ‘stories’, sampai hari ini sudah ada lebih dari 500 juta pengguna IG Stories untuk berbagai keperluan setiap hari! Pun IG Stories terbilang cukup ampuh dalam memberikan informasi kepada audiens sekaligus mempengaruhi mereka untuk mencoba membeli produk.
Baca juga : 12 Contoh Online Shop Bio IG untuk Jualan [Gratis Copas!]
Mendukung Bisnis Lokal dengan Fitur Lokalisasi
Mirip seperti trik lokal SEO, Instagram rupanya turut mengadaptasi strategi tersebut dengan menghadirkan fitur lokasi geografi spesifik. Alhasil, Anda kini mendapatkan fasilitas terbaik IG untuk mengiklankan bisnis ke lokasi-lokasi yang spesifik dari target market.
Semisal konsumen potensial Anda berada di Pulau Jawa, maka Anda bisa mengatur agar iklan ditayangkan lebih banyak ke mereka yang ada di wilayah tersebut. Canggih, bukan?
Mengaktifkan fitur iklan lokal di IG ini juga sangat gampang, seperti empat langkah ini:
- Buat sebuah Facebook Page berisikan lokasi tempat toko atau bisnis Anda.
- Sambung atau tautkan halaman tersebut ke akun IG bisnis.
- Beri tag lokasi (tanda lokasi) Anda pada iklan serta gambar yang Anda posting. Jadi audiens bisa mengetahui di mana lokasi toko Anda, apakah jauh atau dekat dengan posisi mereka.
- Update setting lokasi Anda di IG menjadi mengizinkan untuk pelacakan lokasi toko Anda. Langkah yang satu ini tergolong penting sebab memungkinkan iklan IG Anda untuk dilihat oleh audiens yang mengaktifkan layanan lokasi atau mereka yang berada dalam satu domisili yang sama dengan Anda.
Sarana Praktis untuk Beriklan Kreatif
Instagram memungkinkan Anda untuk beriklan sekreatif mungkin baik melalui fitur stories maupun feeds. Dengan memanfaatkan aneka tool editor foto, video atau animasi seperti PicsArt, VSCO dan Photoshop, Anda bisa menghasilkan aneka konten visual menarik untuk dipublikasikan ke IG.
Supaya semakin unik dan khas, Anda bisa membubuhkan hashtag (#) dengan tagline spesial milik bisnis Anda pada caption. Hashtag pun akan mempermudah bagi audiens untuk menemukan bisnis. Semisal mereka lupa nama toko Anda atau ingin mencari postingan edisi khusus dari toko, maka mereka bisa melakukan penelusuran via hashtag.
Berdaya Jangkau Luas
Keuntungan menarik lainnya dari beriklan di IG tentu saja mempunyai daya jangkau luas. Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, pengguna IG sudah mencakup skala internasional dengan jumlah yang fantastis.
Namun Anda semakin beruntung karena Instagram kini telah memperbaharui fiturnya dan menambahkan fitur tab explore khusus untuk online shop. Fitur tab explore ini dapat Anda manfaatkan untuk memasarkan bisnis online Anda menjadi lebih luas lagi hingga mencakup skala global. Impian Anda untuk bisa memiliki bisnis online internasional pun jelas sudah bukan sekadar angan-angan saja!
Agar promosi skala global ini bisa menjadi lebih maksimal, tidak ada salahnya juga untuk memfasilitasi pemesanan dari luar negeri dengan menggunakan website bisnis khusus. Jika Anda sudah punya website bisnis sendiri, yang perlu Anda lakukan sekarang hanyalah menautkan link website ke profil Instagram.
Namun kalau Anda belum punya website sendiri, tidak perlu khawatir! Segera hubungi APPKEY di https://appkey.co.id sekarang untuk mendapatkan paket pengembangan website bisnis profesional murah milik Anda sendiri. Anda juga bebas mengustomisasi website bisnis sesuka hati menggunakan icon / logo, nama perusahaan, fitur-fitur dan warna khas dari brand supaya tampilan website sesuai dengan karakteristik atau image bisnis.
Mudah Menjaga Loyalitas dan Hubungan dengan Konsumen
Alasan terakhir mengapa Anda harus mencoba cara iklan di IG adalah karena Instagram memudahkan Anda untuk membangun hubungan akrab dengan konsumen.
Dengan fitur-fitur Instagram bisnis, Anda bisa menjaga loyalitas konsumen dengan selalu menjaga komunikasi melalui konten-konten berhadiah kecil-kecilan.
Mungkin sebelumnya Anda pernah memerhatikan beberapa akun brand bisnis di Instagram senang mengadakan bagi-bagi hadiah alias giveaway? Nah, undian giveaway adalah salah satu bentuk pemanfaatan fitur IG untuk menjaga loyalitas konsumen sekaligus menarik perhatian audiens baru.
Selain giveaway, cara menarik lainnya untuk menarik perhatian audiens IG adalah dengan membagikan kode-kode kupon atau voucher di IG stories. Cukup lampirkan pamflet berisi keterangan kode kupon beserta cara pakainya, maka audiens yang melihat postingan stories Anda pasti akan langsung memanfaatkan voucher yang mereka terima.
Sebab, masa berlaku postingan stories hanya 24 jam sebelum hilang dengan sendirinya. Konsumen pasti tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan mendapat voucher dan langsung memilih menggunakannya sebelum postingan hilang.
10 Langkah Praktis Cara Memasang Iklan di Instagram
Setelah mengetahui apa saja ragam keuntungan beriklan di Instagram, kini tiba waktunya untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah praktis memasang iklan di IG. Anda tidak boleh melewatkan tips dan triknya jika ingin cepat sukses menjuarai dunia bisnis online via media sosial. Yuk langsung dicatat tahap-tahapan beriklan di Instagram:
1. Membuka Facebook Ads Manager
Cara pertama yang harus dilakukan untuk membuat iklan di Instagram yaitu dengan membuka halaman Facebook Ads Manager. Setelah berhasil membuka Facebook Ads Manager, bukalah menu Kampanye dan pilih Buat Iklan.
Kemudian, akan ada dua dua pilihan pembuatan iklan yang bisa dipilih, yaitu pembuatan iklan cepat dan pembuatan iklan terpadu. Jika menginginkan iklan yang lebih spesifik, disarankan untuk memilih pembuatan iklan terpadu.
2. Menentukan Tujuan Beriklan
Langkah selanjutnya yaitu menentukan tujuan iklan yang ingin dicapai. Facebook Ads Manager sendiri menyediakan tiga kategori tujuan iklan. Tiga kategori tersebut yaitu, kesadaran, pertimbangan, dan juga konversi yang harus dipilih sesuai kebutuhan. Kategori kesadaran dapat membantu meningkatkan brand awareness dan bisa menjangkau konsumen potensial.
Sedangkan kategori pertimbangan yaitu bertujuan untuk meningkatkan jumlah traffic ke website atau mendapatkan pengguna potensial bagi suatu aplikasi yang diiklankan. Kemudian untuk kategori konversi yaitu berfungsi untuk meningkatkan jumlah konsumen yang membeli suatu produk pada website tertentu. Setelah mengetahui tujuan iklan yang sesuai dengan kebutuhan, klik tujuan iklan yang dipilih.
3. Memilih Jenis Iklan
Cara iklan di IG sangat mudah, salah satu caranya yaitu harus memilih jenis iklan yang ada di Facebook Ads Manager. Ada dua jenis iklan yang dapat dipilih, yaitu Pengotimalan Anggaran dan Uji Split. Pada jenis iklan pengoptimalan anggaran, maka pengguna akan menerbitkan iklan yang sesuai dengan anggaran yang dimiliki.
Oleh karena itu, hendaknya menentukan anggaran iklan yang ingin digunakan. Sedangkan pada uji split, pengguna bisa membuat dua iklan yang mirip dan target audience-nya dibagi menjadi dua. Jenis iklan ini menarik tetapi membutuhkan anggaran yang lebih banyak dibandingkan jenis iklan lainnya.
Setelah memilih jenis iklan, selanjutnya yaitu menuliskan nama iklan dan memilih tujuan trafik. Trafik bisa diarahkan ke website, sebuah aplikasi, WhatsApp, dan lain sebagainya.
4. Menentukan Target Audience
Instagram bisnis sangat menggiurkan karena pengguna bisa menentukan target audience secara spesifik. Pada langkah ini, pengguna bisa menentukan spesifikasi target audience yang ingin dijadikan sasaran. Oleh karena itu, pengguna bisa melakukan pengaturan pada pemirsa khusus, lokasi, umur, jenis kelamin, bahasa, koneksi, dan penargetan terperinci.
5. Menetapkan Penempatan dan Jadwal Tampilan
Jika pengguna ingin menampilkan iklan di Facebook, Instagram dan semua aplikasi yang bersinergi dengan Facebook, pengguna bisa memilih penempatan otomatis. Namun, apabila pengguna hanya ingin menampilkan iklan hanya di Instagram, bisa klik Edit Penempatan dan klik Instagram. Setelah itu, tentukan kapan dan berapa lama iklan akan ditampilkan.
6. Menghubungkan dengan Akun Instagram
Langkah selanjutnya, pengguna bisa menambahkan aku Instagram yang ingin dihubungkan dengan halaman Facebook. Oleh karena itu, sebaiknya pengguna menambahkan akun Instagram bisnis khusus untuk mempromosikan bisnisnya. Caranya mudah, klik Tambahkan Akun yang Ada, lakukan Log In dan klik Konfirmasi. Jika belum memiliki akun Instagram
7. Memilih Format Iklan
Cara iklan di IG selanjutnya yaitu memilih format iklan yang ditawarkan oleh Facebook Ads Manager. Ada 5 format iklan yang bisa dipilih, yaitu karosel, gambar tunggal, video tunggal, tayangan slide, dan juga koleksi. Karosel yaitu pengguna bisa menampilkan iklan dengan 2 atau lebih gambar maupun video yang bisa digeser.
Gambar dan video tunggal yaitu, iklan dengan menampilkan satu gambar atau video saja. Tayangan slide yaitu iklan dengan gambar atau video slide yang bisa mencakup sampai 10 gambar. Sedangkan koleksi yaitu iklan yang merupakan gabungan dari video dan juga gambar.
8. Membuat Teks dan Judul Iklan
Selanjutnya, pengguna bisa menuliskan deskripsi iklan yang singkat tetapi menarik bagi audience. Dengan memiliki judul iklan dan juga teks yang menarik, maka audience akan tertarik dan mengunjungi akun Instagram bisnis. Selain itu, audience juga akan paham tujuan Instagram Ads yang muncul pada feeds mereka.
9. Memilih Gambar dan Memasukkan Tautan
Pengguna bisa memilih gambar yang sesuai dengan judul, dan juga deksripsi iklan yang sudah ditulis. Namun, perhatikan ukuran gambarnya karena tiap format Facebook Ads memiliki ukuran gambar yang berbeda-beda. Setelah itu, masukkan link Instagram bisnis yang akan dituju.
10. Melakukan Pembayaran
Terakhir, pengguna bisa melalukan pembayaran, baik menggunakan kartu debit maupun kartu kredit. Setelah sukses melakukan pembayaran, pihak Facebook akan melakukan review terhadap iklan yang sudah di-submit, Jika sudah memenuhi semua syarat dan standar yang berlaku, iklan di IG-pun akan muncul segera. Selesai sudah!
Mudah bukan beriklan dengan Instagram Ads? Yuk tunggu apa lagi, segera manfaatkan peluang meraih kesuksesan melalui Instagram ads semasih ada 60 juta masyarakat Indonesia yang menjadi pengguna Instagram aktif!
Pastinya angka tersebut akan terus bertambah, jadi sangat penting bagi Anda selaku pebisnis online untuk segera mempraktekkan langkah-langkah beriklan yang telah dipaparkan di atas.
Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini seputar Instagram ads. Terima kasih sudah mengikuti sampai di sini, dan semoga artikel kali ini bermanfaat! Jangan lupa simak lebih banyak artikel menarik informatif lainnya seputar dunia digital marketing dari Markey.id, ya, sampai jumpa lagi.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.