Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Internet marketing Bagaimana Cara 3 Fitur Alat Belanja Instagram Dapat Membantu...

Bagaimana Cara 3 Fitur Alat Belanja Instagram Dapat Membantu Pemasar Meningkatkan Penjualannya?

-

Pemasaran Instagram kini terbukti menjadi salah satu cara yang paling ampuh untuk menarik orang-orang untuk terlibat khususnya untuk generasi milenial dan Gen Z. Karena 2 generasi ini merupakan generasi yang paling aktif di sosial media saat ini.

Dan, pada titik ini, pemasaran Instagram terbukti menjadi taktik yang cerdas. Walaupun, Instagram telah menjadi tempat yang bagus bagi merek untuk melibatkan audiens target, hal ini tidak selalu mudah bagi perusahaan untuk mengubah pengikut mereka menjadi konsumen atau pelanggan mereka.

Aplikasi yang sudah diunduh sebanyak 110 Juta ini pada awalnya hanya mengizinkan tautan atau link pada profil Instagram pengguna. Namun, tak lama platform ini mengizinkan pengguna untuk menempatkan tautan di Stories mereka.

Dengan syarat pemilik akun harus memiliki lebih dari 10.000 pengikut. Ini artinya merek/brand yang tidak mempunyai followers sebanyak itu harus berpikir lebih strategis, agar pengguna instagram mereka dapat melihat informasi produk dan pada akhirnya meninggalkan aplikasi Instagram untuk membeli produk mereka.

Saat ini segalanya menjadi lebih mudah bagi merek dengan adanya peluncuran global Instagram Shopping. Fitur ini membuat postingan merek dapat ditautkan ke katalog produk suatu merek. Namun, fitur tersebut tetap mengharuskan pengguna Instagram keluar dari aplikasi untuk melakukan pembelian.

Tetapi dengan adanya peluncuran Facebook Shop, Instagram Checkout, dan Instagram Live Shopping, beberapa hal dalam berbelanjan melalui Instagram menjadi jauh lebih mudah dari sebelumnya. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara 3 fitur alat belanja instagram dapat membantu pemasar meningkatkan penjualannya serta persyaratan menggunakannya.

3 Fitur Alat Belanja Instagram

alat-belanja-instagram

1. Facebook Shops

Secara teknis, alat ini diluncurkan oleh Facebook. Namun, follower Instagram Anda tidak memerlukan akun Facebook untuk melakukan pembelian dengan fitur ini. Facebook shops, diluncurkan pada bulan Mei yang memungkinkan merek untuk membuat toko online yang terhubung langsung ke Instagram, WhatsApp, Messenger, atau Halaman Bisnis Facebook suatu merek.

Saat membuat Facebook Shops secara gratis, merek dapat mengunggah daftar produk massal atau individual dengan foto, harga, dan deskripsi. Namun, jika merek ingin mengubah warna, teks tombol toko agar konsisten dengan merek mereka dan memilih agar pengunjung membeli produk langsung dari toko dapat melalui integrasi dengan situs web e-niaga yang sudah mereka gunakan.

Artikel terkait  Membangun Konten Bermerek dengan Hubungan Emosional dan Kepercayaan

Toko Facebook dapat dibuat di Facebook Commerce manager. Untuk memulai, Anda memerlukan hak istimewa admin ke akun Bisnis Instagram atau Bisnis Facebook yang akan Anda tautkan ke Toko serta hak istimewa admin untuk katalog Facebook merek Anda. Setelah Toko dibuat, Toko dapat ditautkan langsung ke profil Bisnis Instagram Anda.

Setelah ini selesai, ikon bertuliskan “Lihat toko” akan muncul di profil seluler Anda di bawah bio Anda. Anda dapat mengakses Toko Facebook di desktop dari profil Bisnis Facebook, tetapi tidak dari Instagram atau situs desktop WhatsApp. Facebook shops gratis dapat menjadi pilihan yang bagus untuk bisnis kecil atau menengah yang tertarik dengan e-niaga tetapi tidak memiliki waktu untuk membuat dan mempromosikan secara penuh.

2. Checkout Instagram

Untuk merek yang ingin menjual beberapa produk tertentu di Instagram, atau tidak punya waktu untuk membuat Halaman Bisnis Facebook atau katalog untuk membuka Toko, Instagram sekarang juga menawarkan pengalaman Checkout dalam aplikasi yang ditautkan ke kiriman Instagram Shoppable.

Sebelum tahun 2020, beberapa merek sudah menggunakan pos Shoppable. Postingan ini, yang sering menyorot gambar produk atau pengalaman, memungkinkan pengguna melakukan klik pada konten untuk melihatnya di katalog online di luar platform.

Namun, pada bulan Maret, Instagram meluncurkan fitur Checkout yang memungkinkan pembelian Shoppable terjadi langsung di aplikasi. Dalam sebuah pengumuman, Instagram menjelaskan bahwa mereka meluncurkan Checkout dalam aplikasi untuk menjaga pengguna tetap di platform ketika mereka berkeingan untuk melakukan pembelian.

Untuk saat ini, ketika pengguna mengklik kiriman Shoppable yang ditautkan ke fitur Checkout,  untuk pertama kalinya mereka akan diminta untuk memberikan nama, informasi penagihan, dan alamat pengiriman, lalu dapat mengklik “Lakukan Pemesanan” langsung di Instagram. Untuk menghilangkan hambatan lebih lanjut, pengguna dapat menyetel pengingat informasi pembelian sehingga mereka tidak perlu mengirimkannya setiap kali melakukan pemesanan.

Mungkin Anda tidak dapat melihat perbedaan antara Facebook Shops dengan Instagram Checkout? Kedua alat ini memang sama-sama memungkinkan konsumen untuk melakukan pembelian langsung di Instagram. Namun, Facebook Shops adalah toko online mini tempat Anda dapat membeli salah satu dari banyak produk yang terdaftar oleh satu merek.

Sementara itu, Checkout Instagram memungkinkan konsumen membeli produk yang kebetulan mereka lihat di kiriman Instagram atau laman profil merek. Namun perlu diingat, fitur Checkout langsung melalui Instagram ini belum belum tersedia di Indonesia. Mungkin kita harus menunggu beberapa saat lagi untuk menikmati fitur ini. Walaupun begitu tidak ada salahnya untuk mempelajarinya sebelum fitur ini sebelum resmi diluncurkan di Indonesia.

Checkout Instagram mungkin merupakan pilihan yang baik untuk merek Anda jika Anda ingin mencoba-coba dalam penjualan internet tetapi tidak ingin memantau berapa banyak produk yang dijual di toko yang lebih luas. Dengan fitur ini, Anda dapat memilih untuk menjual satu atau dua produk dalam beberapa pos, dan memantau konten Anda untuk keterlibatan dan metrik penjualan.

3. Instagram Live Shopping

Artikel terkait  Cara Memilih Keyword SEO | Poin Pemilihan Keyword untuk Mengalahkan Situs Web Kompetitif

Selain menambahkan Checkout ke kiriman dalam feed, Instagram Live Shopping juga  menghadirkan pengalaman pembelian yang serupa dengan konten langsung yang dialirkan di aplikasi. Pada dasarnya, Instagram Live Shopping memungkinkan merek atau influencer Instagram menyajikan CTA (Click to Action) kecil untuk produk di bagian bawah streaming Instagram Live. Di bawah ini adalah contoh di mana influencer mendiskusikan produk secara langsung saat CTA Checkoutnya disorot di bagian bawah layar:

Saat pemirsa Instagram Live melihat CTA Checkout dan mengeklik “Add to bag”, mereka dapat menyimpan pesanan untuk nanti jika ingin terus menonton streaming, atau mereka dapat membeli produk langsung melalui Checkout. Namun, sama halnya seperti Checkout Instagram, fitu yang satu ini juga masih belum tersedia di Indonesia.

Yang Perlu Diingat saat Melakukan Pemasaran Instagram

pentingnya-pemasaran-instagram

Pada titik ini, Anda mungkin siap untuk menjual produk merek Anda menggunakan fitur belanja dalam aplikasi Instagram. Namun, seperti yang Anda lakukan dengan teknik pemasaran atau penjualan baru, Anda harus mengingat beberapa hal utama:

Strategi Konten Anda Masih Kuncinya

Meskipun terdengar menggoda untuk meledakkan pengikut, Anda dengan postingan yang berisi gambar produk atau pesan promosi dasar, dan berharap pengguna segera mengklik tombol Checkout, beberapa audiens mungkin tidak merespons dengan baik konten yang terasa seperti iklan dasar. Ingat, pengguna media sosial melihat iklan dengan jepretan produk dan deskripsi hambar setiap hari. Jika konten Anda tidak menonjol di atas semua posting promosi lain di luar sana, audiens Anda mungkin melepaskan diri dari Anda, bahkan jika mereka menyukai merek Anda.

Daripada mengeposkan gambar atau video dasar dari produk yang ditautkan ke Checkout, pertimbangkan untuk melangkah lebih jauh. Misalnya, Anda dapat menyiarkan tutorial streaming langsung di mana seorang influencer membahas produk Anda, atau menerbitkan konten buatan pengguna seperti testimonial pelanggan. Jenis konten ini akan menunjukkan kepada audiens detail yang lebih berharga daripada bidikan produk dasar, sambil juga menyajikan bagaimana orang-orang nyata memberi manfaat produk Anda. Ini dapat membujuk mereka untuk mengklik dan membeli item Anda lebih cepat.

Artikel terkait  Panduan Pemula untuk 7 Jenis Pemasaran Online

Anda Pasti Ingin Memilih Fitur yang Tepat untuk Perusahaan Anda

Meskipun Facebook Shops akan memungkinkan pelanggan untuk membeli banyak produk berbeda dari Anda sekaligus, Checkout dan Instagram Live Shopping memungkinkan Anda untuk memanfaatkan item atau layanan tertentu melalui konten Anda. Meskipun facebook Shops mungkin bagus untuk merek yang dapat mengirimkan banyak produk sekaligus dan menangani potensi permintaan yang tinggi, Checkout dan Belanja Langsung dapat bermanfaat untuk bisnis kecil yang lebih nyaman menyoroti satu produk mandiri dalam satu waktu.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Pemasaran Internal : Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Dalam dunia bisnis, pihak-pihak yang terlibat di dalamnya harus mengetahui dan mengerti mengenai strategi pemasaran. Dengan demikian, setiap pihak...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya