Last Updated on January 3, 2024 by APPKEY-HERI
Di zaman yang serba modern seperti ini, internet merupakan salah satu hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Pasalnya, setiap orang kini mengakses internet untuk memenuhi segala kebutuhan mereka. Hal ini menjadi angin segar bagi pelaku bisnis karena mereka bisa menerapkan marketing online.
Dengan menggunakan marketing online, pelaku bisnis akan lebih mudah mencapai tujuan bisnisnya. Selain itu, digital marketing juga cenderung mudah dilakukan, baik bagi pelaku bisnis pemula sekalipun. Namun, sebelum mengetahui bagaimana cara menerapkannya, ketahui dulu apa itu digital marketing.
Daftar Isi
Apa Itu Marketing Online?
Marketing online merupakan aktivitas maupun usaha pemasaran suatu produk maupun jasa yang menggunakan alat elektronik atau internet. Tentunya aktivitas ini sudah sering dilakukan oleh pelaku bisnis karena mayoritas penduduk Indonesia sendiri sudah menggunakan internet.
Oleh karena itu, ini adalah peluang yang tidak boleh dilewatkan oleh setiap pelaku bisnis. Digital marketing sendiri menggunakan berbagai macam platform online, mulai dari marketing media sosial, website, email marketing, sampai dengan iklan PPC. Digital marketing ini kerap digunakan untuk membangun reputasi sebuah bisnis atau mengirimkan pesan citra dalam sebuah bisnis.
Selain itu, digital marketing juga bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk maupun jasa pada konsumen. Dengan banyaknya manfaat dari digital marketing itu sendiri, maka aktivitas tersebut sebaiknya diterapkan dalam sebuah bisnis. Jika masih penasaran apa saja pentingnya menerapkan digital marketing dalam sebuah bisnis, simak ulasannya berikut ini.
Pentingnya Menerapkan Marketing Online
Kini hampir semua orang menggunakan internet sehingga pelaku bisnis hendaknya tidak melewatkan peluang ini. Dengan begitu, pelaku bisnis bisa menjadikan internet sebagai sarana dalam memasarkan produk maupun jasanya. Berikut ini adalah alasan betapa pentingnya menerapkan digital marketing dalam sebuah bisnis.
Lebih Mudah dan Efektif Dibandingkan Marketing Konvensional
Bisa dibayangkan berapa biaya yang dikeluarkan hanya untuk beriklan di media massa. Selain itu, besarnya biaya yang dikeluarkan untuk marketing konvensional belum tentu efektif. Pasalnya, marketing konvensional belum memiliki indikator yang pasti mengenai berapa banyak target pasar yang terpapar marketing konvensional pada berbagai media massa tersebut.
Berbeda dengan digital marketing yang lebih terukur dan murah. Hanya dengan berapa rupiah saja, pelaku bisnis dapat beriklan di internet melalui banyak platform. Selain itu, pelaku bisnis juga lebih mudah mengetahui jumlah target pasar yang terkena imbas dari marketing online yang dilakukan.
Bisa Menyasar Target Pasar yang Spesifik
Pada poin sebelumnya sudah disinggung bahwa betapa acaknya target pasar yang terpapar marketing konvensional. Sebagai pelaku bisnis, hal tersebut tidak begitu menguntungkan karena tidak bisa menyasar target pasar yang spesifik. Berbeda dengan digital marketing yang bisa membidik target pasar dengan spesifik.
Melalui digital marketing, pelaku bisnis dapat memperoleh data-data penting target pasarnya. Misalnya mulai dari usia, lokasi, gender, hingga hobby dari target pasar tersebut. Dengan begitu, pelaku bisnis akan lebih mudah menentukan kegiatan marketing seperti apa yang cocok bagi target pasar yang dituju.
Membangun Brand Awareness
Brand awareness sangat penting karena bisa menggiring konsumen untuk melakukan pembelian pada produk maupun jasa tertentu. Selain itu, brand awareness yang tinggi juga bisa menciptakan konsumen yang loyal.
Dengan begitu, adanya brand awareness yang baik, tentu akan berpengaruh pada renevue yang akan didapatkan dalam sebuah bisnis. Maka, digital marketing akan memudahkan pelaku bisnis dalam membangun brand awareness dengan mudah dan murah.
5 Cara Memulai Marketing Online Bagi Pemula
Setelah mengetahui betapa pentingnya menerapkan digital marketing dalam sebuah bisnis, kini saatnya mengetahui cara memulainya. Cara-cara tersebut mudah dilakukan baik oleh pemula sekalipun. Berikut 5 cara memulai digital marketing bagi pemula yang mudah untuk diikuti.
Tentukan Tujuan Pemasaran
Cara pertama yang harus ditempuh yaitu menentukan tujuan pemasaran. Pasalnya, dengan mengetahui tujuan pemasaran, akan memudahkan dalam mengukur tingkat keberhasilan suatu aktivitas digital marketing. Maka, tentukanlah tujuan pemasaran yang sesuai dengan jenis bisnis yang akan dirintis.
Ada beberapa metode yang bisa digunakan dalam menentukan tujuan pemasaran. Salah satu metode yang bisa dipilih yaitu metode SMART Goal. Metode ini dapat menentukan tujuan secara spesifik, terukur, realistis untuk dicapai, relevan, dan juga sesuai periode tertentu.
Tetapkan Target Pasar
Setelah menentukan tujuan pemasaran, cara selanjutnya yaitu menetapkan target pasar. Target pasar akan memudahkan dalam melakukan aktivitas promosi, mengetahui jumlah kebutuhan anggaran, dan juga menentukan seberapa besar peningkatan penjualan yang harus dicapai.
Selain itu, dengan mengetahui target pasar yang akan dituju juga dapat memudahkan dalam mengetahui kebutuhan konsumen secara spesifik. Dengan begitu, pelaku bisnis akan mudah mengembangkan dan menciptakan suatu produk atau jasa yang sesuai target pasar.
Pilih Platform Marketing Online yang Sesuai
Seperti yang telah disinggung sebelumnya jika digital marketing memiliki berbagai macam platform yang bisa dipilih. Platform tersebut mulai dari media sosial, website, bahkan sampai dengan email. Namun, dari banyaknya platform tersebut, sebaiknya pilihlah platform yang sesuai dengan kebutuhan dan mampu merangkul konsumen potensial.
Misalnya, apabila sasaran target pasarnya adalah anak muda, maka bisa memilih platform media sosial dan juga website. Semua aktivitas digital marketing dapat difokuskan menggunakan kedua platform tersebut. Cobalah untuk mengelola platform tersebut dengan baik, sehingga bisa menciptakan lingkungan yang baik untuk melakukan digital marketing.
Buat Konten yang Unik dan Menarik
Cara selanjutnya untuk memulai digital marketing bagi pemula yaitu membuat konten platform yang unik, menarik, bermanfaat dan dekat dengan target pasar. Pasalnya, setiap konsumen lebih suka melihat konten yang memanjakan mata ataupun memiliki cerita yang relevan dengan mereka.
Selain itu, perhatikan juga penayangan konten pada setiap platform. Hindari penayangan konten pada waktu-waktu yang sekiranya tidak banyak mengundang perhatian konsumen. Dengan begitu, suatu postingan pada platform tertentu memiliki engagement rate yang tinggi.
Tentukan Anggaran
Bisnis adalah soal uang, sehingga harus pintar-pintar menentukan anggaran untuk melakukan marketing online. Pasalnya, jika tidak ada anggaran yang ditentukan, adanya kecenderungan untuk menghabiskan banyak uang yang belum tentu efektif dan juga efisien. Untuk memudahkan, biasanya anggaran digital marketing diambil dari persentase total laba kotor atau omset yang dihasilkan.
Misalnya, untuk startup sekitar 5% sampai dengan 5% dari total omset. Sedangkan untuk bisnis yang sudah establish, presentasenya yaitu mulai dari 3% sampai dengan 4% dari total omset. Namun, persentase tersebut dapat disesuaikan dengan target pemasaran yang ingin dicapai dan juga jenis bisnisnya.
Marketing online penting diterapkan dalam dunia bisnis karena dapat memudahkan pelaku bisnis dalam mengembangkan dan juga memajukan bisnisnya. Selain itu, cara menerapkannya pun sangat mudah, bahkan pelaku bisnis pemula saja juga bisa melakukannya.
Maka, tunggu apalagi, siapkan diri untuk melakukan langkah-langkah mudah dalam menerapkan digital marketing dalam sebuah bisnis.
Yuk temukan lebih banyak artikel menarik dan informatif bermanfaat lainnya seputar dunia bisnis online hanya dari website Markey, ya. Sampai jumpa di artikel lainnya dari kami.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.