Personal Branding Adalah? | Strategi Sukses di Era Digital

Sebagai seorang pekerja lepas, orang yang membuat sebuah agensi, atau pemilik toko aplikasi, membangun merek atau personal branding adalah langkah penting untuk memulai bisnis Anda. Anda perlu cara untuk membedakan bisnis Anda, dan personal branding adalah jawabannya. Tetapi branding bukan hanya kunci untuk bisnis Anda. Sebagai pengusaha, membangun merek pribadi untuk diri sendiri sama pentingnya.

Personal branding adalah proses memperkenalkan diri kepada publik. Di era digital seperti sekarang ini, ada banyak jalur yang dapat digunakan untuk membangun personal branding, bisa melalui media sosial, blog pribadi ataupun melalui video YouTube. Yuk simak strategi sederhana untuk membangun personal branding berikut ini!

Personal branding bermanfaat bagi Anda dan bisnis Anda. Personal branding adalah bagaimana Anda memantapkan diri di bidang Anda. Ini cara bagi Anda untuk memastikan bahwa audiens melihat Anda seperti yang Anda inginkan. Dan, pada akhirnya, mereka juga akan menoleh kepada bisnis Anda. Kemudian, mereka akan mencari tahu merek pribadi Anda. Anda akan mulai membangun daftar klien serta memulai untuk mendorong penjualan. Tapi apa itu personal branding?

Personal Branding Adalah? | Cara Membangun Personal Branding

personal-branding-1

Pertama, mari kita bicara tentang mengapa Anda membutuhkan personal branding. Personal branding jelas lebih dari sekadar logo. Jika Anda melakukannya dengan benar, personal branding dapat menumbuhkan bisnis Anda dengan segala macam cara yang mendalam. Ketika Anda berkomitmen pada personal branding Anda dan mulai menempatkan diri di sana, Anda akan menemukan bahwa klien ideal Anda akan mulai menemukan Anda.

Orang-orang yang ingin bekerja sama dengan Anda akan terhubung dengan kepribadian Anda. Anda akan membedakan diri dari pesaing Anda dengan memamerkan estetika, keterampilan, dan pendekatan Anda pada bisnis. Dan, mungkin yang paling penting, Anda akan mulai menjalin koneksi nyata dengan klien dan profesional lainnya. Menempatkan kepribadian Anda di luar sana menarik orang-orang yang berpikiran sama, dan itu adalah jalan untuk pertumbuhan. Berikut adalah beberapa cara membangun personal branding yang akan menguntungkan Anda.

Tetapi, bagaimana cara untuk membangun merek pribadi Anda? Personal branding Anda meliputi segala cara di mana Anda berinteraksi dengan klien, mulai dari penampilan, suara, hingga sikap Anda. Itu mungkin terdengar luar biasa, tetapi jangan panik. Bagian terbaik dari personal branding Anda adalah semua tentang Anda. Ini hanya berfungsi ketika mereka orisinil, yang berarti Anda tidak perlu khawatir untuk mengarang apa pun. Anda sudah mendapatkan semua yang Anda butuhkan.

Berikut adalah beberapa tips tentang cara mencari tahu dan membangun personal branding Anda.

Tanyakan kepada diri Anda beberapa pertanyaan

Untuk mulai membangun personal branding, Anda ingin memulai dengan mengajukan beberapa pertanyaan penting kepada diri sendiri dan bisnis Anda. Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda mengidentifikasi hal-hal apa yang dapat Anda sertakan, dan hal-hal apa yang akan membuat merek Anda menonjol. Ambil pulpen dan kertas, dan mulailah melakukan brainstorming beberapa jawaban untuk pertanyaan di bawah ini.

  • Apa tujuan bisnis Anda?
  • Apa yang membuat Anda berbeda di antara para pesaing Anda?
  • Bagaimana cara Anda masuk ke industri Anda?
  • Mengapa Anda berani untuk memulai bisnis Anda sendiri?
  • Hal apa yang Anda sangat hargai dalam hidup?
  • Siapa target audiens Anda?

Jawab pertanyaan-pertanyaan ini sejujur ​​mungkin. Anda ingin mulai mengidentifikasi faktor-faktor tentang Anda yang menonjol bagi orang lain. Jika Anda berjuang, mintalah seorang teman untuk jujur ​​kepada Anda. Aspek kepribadian apa yang Anda kaitkan dengan orang lain? Ini akan membentuk landasan personal branding Anda.

Pelajari suara Anda sendiri

Langkah selanjutnya adalah menemukan suara Anda dan menceritakan kisah Anda. Ini adalah salah satu cara besar di mana merek Anda benar-benar mulai terbentuk. Manusia terhubung dengan cerita. Jadi menceritakan kisah yang benar-benar baik adalah bagaimana Anda dapat menjalin hubungan nyata dengan klien. Jangan takut untuk memasukkan banyak kepribadian.

Kisah Anda bisa tentang bagaimana Anda masuk ke industri Anda, bagaimana Anda memutuskan untuk memulai bisnis, mengapa Anda sangat peduli dengan pekerjaan yang Anda lakukan. Sebagai wirausahawan atau pekerja lepas, Anda mungkin memiliki kisah hebat tentang bagaimana Anda memutuskan untuk memulai bisnis Anda, dan itu adalah sesuatu yang ingin didengar audiens Anda.

Kisah personal branding Anda adalah sesuatu yang akan Anda bagikan berulang kali. Menuliskan cerita Anda mungkin perlu dilakukan beberapa kali saat Anda menyuarakan suara Anda. Jika Anda terbiasa menulis dengan sangat profesional, menemukan suara unik Anda sendiri dapat memakan waktu.

Personal Branding Adalah Kekuatan Anda

pb-2

Personal branding tampil sebagai konsep yang besar dan kabur, tetapi pada intinya itu sebenarnya cukup sederhana: personal branding adalah cara Anda berbagi siapa Anda dengan audiens target Anda. Dengan membangun merek pribadi Anda, Anda akan mengidentifikasi klien yang ideal, memisahkan diri dari pesaing Anda, dan menjalin hubungan nyata dengan klien dan profesional lainnya.

Meluangkan waktu untuk meresmikan dan mendefinisikan merek pribadi Anda akan membantu Anda membangun pengakuan nama yang kuat dan kredibilitas dalam bisnis Anda. Ini akan membantu Anda menempatkan diri di luar sana, dan mulai membangun hubungan positif. Dan untuk bisnis dari berbagai ukuran, itu selalu merupakan hal yang baik. Adapun manfaat membangun personal branding adalah sebagai berikut.

  1. Kepercayaan dan otoritas. Memiliki personal branding membantu membangun kepercayaan dengan audiens Anda, dan memposisikan Anda sebagai otoritas dan pemimpin pemikiran dalam industri Anda.
  2. Dapatkan fitur di media. Memiliki personal branding memudahkan Anda untuk mencari dan ditemukan oleh media (publikasi online, majalah, televisi, radio, sosial media, podcast, dll.). Media terus mencari para ahli yang dapat berbagi wawasan mereka dengan audiens mereka.
  3. Bangun jaringan Anda. Ketika Anda memiliki personal branding yang dengan jelas mengartikulasikan siapa Anda, apa yang Anda lakukan, dan bagaimana Anda membantu orang lain, itu akan memudahkan orang dan wirausahawan lain untuk melihat nilai dalam berhubungan dengan Anda. Anda dapat memanfaatkan personal branding Anda untuk membangun jaringan Anda, baik online maupun offline, dengan cepat dan efektif.
  4. Menarik lebih banyak klien. Ini memposisikan Anda sebagai ahli dalam industri tertentu untuk membantu Anda menarik lebih banyak klien ideal Anda. Saat Anda diposisikan sebagai seorang ahli, orang-orang juga lebih mudah untuk merujuk klien kepada Anda.
  5. Harga premium. Personal branding juga membantu membuat harga premium untuk produk dan layanan Anda. Tanpa ini, Anda menjadi komoditas yang bersaing dalam harga. Dan akan selalu ada pesaing yang bisa mengalahkan harga Anda.
  6. Buat platform yang kuat. Seiring waktu, bisnis Anda akan berkembang. Anda bahkan dapat memulai banyak bisnis di berbagai industri selama karir Anda. Personal branding Anda tetap bersama Anda saat Anda bergerak dari satu usaha ke usaha berikutnya.

Personal Branding Adalah? | Langkah untuk Menciptakan Personal Branding yang Menarik

pb-3

Ada beberapa langkah penting untuk bisa menciptakan dan membangung personal branding yang menarik dan menguntungkan. Berikut diantaranya.

Bangun Fondasi Anda

Langkah pertama untuk membuat personal branding Anda adalah dengan meletakkan fondasi yang dapat Anda bangun dengan percaya diri dan otentik. Prinsip utama di sini adalah originalitas atau keaslian. Ada kesalahpahaman bahwa membangun personal branding berarti menciptakan kepribadian. Personal branding Anda tidak boleh menjadi persona tidak otentik. Branding bukan tentang memposisikan diri Anda sebagai sesuatu yang bukan Anda. Personal branding adalah menunjukkan diri otentik Anda secara sengaja dan strategis kepada audiens dan pelanggan Anda. Personal branding Anda harus menjadi cerminan sejati keterampilan, hasrat, nilai, dan keyakinan Anda. Bagaimana caranya?

  • Inventarisasi aset merek Anda yang sudah ada. Ini berupa keterampilan & kredensial Anda, gairah dan minat Anda, nilai keyakinan inti.
  • Elemen kunci dari yayasan branding pribadi Anda. Pastikan visi dan misi branding, pesan yang ingin disampaikan, dan juga karakteristik dan sifat pribadi Anda yang dapat Anda jalin dengan merek Anda.

Pilih Target Audiens Anda

Salah satu kesalahan terbesar yang dapat Anda lakukan ketika membangun personal branding adalah berusaha untuk menarik semua orang. Ingat, tidak semua orang adalah klien ideal Anda. Untuk menarik klien sempurna Anda, Anda harus rela menyingkirkan mereka yang tidak ingin bekerja sama dengan Anda. Ini berarti mengidentifikasi audiens target tertentu dan membangun branding yang menarik bagi mereka. Tidak semua orang yang melihat pesan Anda akan menyukai Anda atau beresonansi dengan Anda. Tidak perlu menjangkau banyak orang untuk membuat bisnis menjadi sukses. Anda hanya perlu menjangkau klien sempurna Anda.

Buat Penawaran yang Menarik

Anda harus memiliki sesuatu untuk dijual kepada audiens target Anda. Anda memerlukan penawaran yang menarik yang membantu audiens Anda memecahkan masalah tertentu atau mencapai hasil tertentu. Kesalahan dasar adalah dengan menciptakan produk atau layanan yang mereka inginkan, hanya untuk menemukan bahwa tidak ada orang lain yang mau atau mau membayar untuk itu.

Optimalkan Situs Web Pribadi Anda

Memiliki situs web pribadi adalah komponen penting dalam membangun personal branding. Memiliki kehadiran yang kuat di media sosial juga penting, tetapi Anda tidak memiliki atau mengendalikan platform sosial tempat Anda berada. Situs web Anda adalah platform yang Anda miliki dan kontrol. Dan dalam banyak kasus, mengunjungi situs web Anda akan menjadi salah satu langkah yang dilakukan audiens target Anda untuk menjadi klien Anda.

Kesan pertama sangat penting. Ketika audiens target Anda mengunjungi situs web pribadi Anda, mereka harus dapat segera memahami siapa Anda dan bagaimana Anda dapat membantu mereka. Mereka seharusnya merasa seperti telah datang ke tempat yang tepat. Situs web Anda harus dioptimalkan untuk mengubah pengunjung biasa menjadi klien yang membayar. Ada beberapa elemen kunci yang diperlukan untuk mewujudkan hal ini, dan sebagian besar di antaranya berada tepat di beranda Anda.

Memiliki Strategi Konten

Membuat dan mendistribusikan konten gratis adalah salah satu cara paling efektif untuk membangun branding Anda dan mendapatkan kepercayaan dari target audiens Anda. Alih-alih mencoba meyakinkan audiens Anda bahwa Anda dapat membantu mereka, Anda membuat konten yang sebenarnya membantu mereka. Ini membangun kepercayaan dan membantu memposisikan Anda sebagai ahli dan otoritas dalam industri Anda.

Untuk membuat strategi konten untuk merek pribadi Anda, mulailah dengan membuat daftar semua kata kunci dan topik potensial yang akan membantu target audiens Anda. Langkah selanjutnya adalah memutuskan jenis konten yang akan dibuat dan di mana Anda akan menerbitkan konten itu. Jenis-jenis konten yang ada seperti teks/artikel, video, podcast, webinar, kursus online, panduan PDF, daftar periksa, lembar kerja, infografis, hingga studi kasus. Dan untuk media konten, bisa Anda buat di blog/situs web, direktori podcast (iTunes, Stitcher, dll.), Youtube, media sosial (LinkedIn, Facebook, Instagram, dll.), email hingga Quora.

Penting untuk fokus pada kualitas dan konsistensi. Jangan mempublikasikan konten yang akan berdampak buruk pada branding Anda, dan konsisten dengan seberapa sering Anda mempublikasikan konten baru untuk audiens Anda.

Memiliki Strategi Visibilitas

Menerbitkan konten pada platform Anda sendiri adalah cara yang bagus untuk membangun audiens Anda, tetapi juga membutuhkan banyak waktu. Cara yang lebih cepat untuk membangun audiens Anda adalah melalui paparan ke audiens orang lain. Beberapa caranya adalah wawancara dan public relation sebagai tamu di podcast, serta media tradisional termasuk TV, radio, dan majalah cetak.

Menulis artikel untuk blog lain dan publikasi online yang dibaca audiens target Anda juga bisa menjadi strategi ini. Juga berbicara di depan umum dan konferensi yang dihadiri audiens target Anda. Yang penting adalah kemitraan dan usaha patungan. Membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan orang dan perusahaan lain dapat mengarah pada sejumlah peluang termasuk blogging tamu, wawancara, usaha patungan, kemitraan, dan rujukan pelanggan.

Bangun Komunitas

Alih-alih mencoba membangun audiens yang besar dan luas, alihkan fokus Anda untuk membangun komunita. Tentukan target audiens Anda, dan bangun komunitas untuk mereka berinteraksi satu sama lain, berbagi ide, saling mendukung, dan menjangkau Anda secara langsung. Seperti grup Facebook. Juga pertemuan santai, makan malam pribadi, lokakarya, dan retret adalah cara yang bagus untuk memperkuat hubungan jangka panjang dengan audiens Anda.

Apakah Anda khawatir terhadap perencanaan bisnis online Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya mengembangkan sistem website dan aplikasi, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

 

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol