Social Media Marketing Adalah? Pentingnya Untuk Bisnis

Apa yang Anda pikirkan tentang social media? Untuk beberapa orang, social media adalah media untuk membagikan foto-foto berharga, sharing kehidupan sehari-hari, hingga berbelanja. Tetapi, jika Anda berasal dari kalangan pebisnis, social media tentunya dapat Anda manfaatkan sebagai salah satu strategi pemasaran dan promosi Anda juga.

Di era ini, banyak sekali bisnis yang dijalankan melalui akun sosial media, baik dalam skala kecil maupun skala besar. Bahkan hanya sekedar online shop saja sudah banyak tersebar di Facebook dan Instagram, mulai dari bidang produk fashion, makanan hingga obat-obatan. Hal ini juga dikenal dengan nama social media marketing.
Lalu, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan social media marketing? Berikut ini akan disajikan untuk Anda informasi menarik mengenai social media marketing.

Pengertian Social Media Marketing H2

social marketing

Social media marketing adalah salah satu bagian dari digital marketing dimana social media digunakan sebagai strategi untuk memasarkan produk atau layanan. Social media marketing adalah hal yang sangat penting untuk Anda lakukan, sebab mayoritas orang adalah pengguna sosial media, mulai dari platform Instagram, Facebook, hingga Youtube.

Anda dapat menjaring banyak pelanggan melalui social media untuk produk atau layanan milik Anda. Untuk menarik perhatian banyak pelanggan, Anda pun dapat membagikan secara teratur konten-konten menarik seperti foto, tulisan, video, dan karena itulah social media marketing adalah media yang paling tepat untuk berpromosi. Selain itu, kelebihan social media marketing adalah memiliki fitur paid advertising, yang membuat konten yang Anda buat dapat Anda sebarkan ke target audiens yang sudah Anda tetapkan.

Keuntungan Penggunaan Social Media Marketing H2

Penggunaan Social Media

Sebelum Anda memulai strategi social media marketing, Anda harus menentukan objektif Anda terkait social media marketing. Yang dimaksud dengan business objective adalah alasan Anda mengaktifkan social media, apakah melalui platform Facebook atau Instagram dan hal ini adalah yang paling penting. Business objective juga dapat dilakukan dengan cara menyesuaikan sifat produk atau layanan milik Anda dengan social media yang Anda aktivasikan. Sebab tidak semua produk atau layanan milik Anda akan cocok dengan setiap strategi social media marketing yang ada.

Contohnya, akun sosial media dapat dibedakan menjadi beberapa macam, seperti akun sosial media khusus bisnis produk fashion, akun sosial media khusus untuk produk kesehatan, dan banyak lagi macamnya. Penggunaan sosial media yang berbeda, demi memasarkan produk atau layanan yang berbeda, akan menentukan jenis konten yang akan Anda bagikan, baik dalam bentuk gambar, tulisan atau pun video. Saat Anda sudah menetapkan business objective Anda dengan cara menyesuaikan sifat produk atau layanan Anda, kemudian mulai mengaktivasikan social media yang Anda pilih, maka penggunaan social media marketing dapat memberikan Anda keuntungan berupa.

Bersifat Gratis H3

Strategi social media marketing adalah strategi menguntungkan karena tidak akan memberatkan dalam hal biaya alias bersifat gratis. Sebagai gantinya, Anda harus dapat membagikan konten-konten yang kreatif demi menarik perhatian pelanggan Anda terhadap produk dan layanan Anda dan bisnis Anda dapat berjalan lancar.

Fitur Paid Advertising H3

Social media marketing adalah strategi melalui social media, maka Anda akan sangat akrab sekali dengan fitur-fitur yang berkaitan dengan strategi pemasaran dan promosi. Salah satunya adalah paid advertising yang ditawarkan oleh Facebook Ads. Manfaat paid advertising adalah dapat dijalankan kapanpun saat Anda membutuhkannya, dan Anda dapat menentukan budget sesuai dengan kemampuan dan keinginan Anda.

Pembagian Konten secara Teratur H3

Social media marketing adalah strategi promosi dan pemasaran melalui social media yang paling jitu asalkan Anda dapat memanfaatkan kekreatifitasan Anda melalui konten-konten yang Anda bagikan. Bukan hanya itu saja, Anda pun harus dapat membagikan konten-konten menarik secara teratur. Jika ingin dibandingkan dengan iklan melalui radio atau televisi, iklan melalui media tersebut hanya dapat dijalankan dalam satu script yang sudah disiapkan dan ditayangkan secara berulang-ulang. Sementara jika menggunakan social media, Anda dapat membagikan konten-konten menarik yang berbeda-beda setiap harinya.

Social Media Presence H3

Social media presence juga dapat digunakan sebagai strategi pembentukan brand awareness. Saat Anda secara teratur membagikan konten-konten kreatif dan bermanfaat untuk mempromosikan produk atau layanan Anda, maka akan semakin memperkuat brand awareness untuk produk atau layanan Anda. Hal ini tentunya akan bermanfaat untuk Anda sebab selain search engine, social media adalah media bagi para calon konsumen untuk mencari informasi mengenai suatu produk atau layanan.

Customer Relationship Management H2

Bisnis yang berkembang adalah bisnis yang tidak pernah melupakan hubungan baik dengan para pelanggan. Seringkali suatu bisnis melupakan arti dari sebuah hubungan yang baik dengan para konsumen, sehingga konsumen dapat dengan mudah berpaling ke kompetitor lainnya. Social media dapat menjadi media yang tepat untuk menampung ide, complaint, hingga saran dari konsumen. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk mengetahui kekurangan dalam bisnis Anda sehingga Anda dapat segera memperbaikinya. Ini juga akan memudahkan Anda saat ingin menjalankan strategi new product development.

Bagaimana pendapat Anda sekarang? Bukankah strategi social media marketing adalah strategi yang jitu untuk promosi dan pemasaran produk dan layanan Anda? Jika Anda semakin tertarik, berikut ini akan dipaparkan tips menjalankan social media marketing.

Tips Menjalankan Social Media Marketing H2

Tips Menjalankan Social Media

Pembuatan Konten yang Tepat H3

Buatlah konten social media marketing yang menarik tetapi tetap sejalan dengan tujuan yang Anda inginkan untuk bisnis Anda. Hal ini pada umumnya berkaitan dengan target audiens Anda. Contohnya, jika target audiens Anda berusia muda, tentunya Anda harus membagikan konten yang menarik dan fresh, dan hal ini pada umumnya berkaitan dengan tema konten dan jenis konten. Tentunya konten dengan tema yang selalu up-to date sesuai dengan trend target audiens yang berusia muda akan membuat Anda dapat menarik perhatian calon pelanggan sesuai dengan target Anda. Selain itu, konten yang tepat akan menghasilkan conversion rate yang bagus.

Konsistensi H3

Selain perencanaan yang matang mengenai konten-konten yang Anda bagikan, tentunya konsistensi juga dibutuhkan. Sebab konsistensi berkaitan erat dengan komitmen untuk membangun brand awareness produk atau layanan Anda di social media. Apa yang terjadi jika Anda hanya membagikan post satu bulan sekali atau bahkan dua bulan sekali? Maka brand milik Anda tidak akan dapat dikenal dengan cepat sementara brand lainnya yang menjadi pesaing Anda, karena keteraturan dan komitmennya dalam hal brand awareness, dapat lebih cepat berkembang jika dibandingkan dengan brand milik Anda. Apalagi saat awal Anda memutuskan untuk berpromosi melalui sosial media, maka konsistensi adalah hal yang harus Anda perhatikan.

Berdasarkan pemasaran diatas, tentunya dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan social media adalah hal yang paling tepat sebagai media untuk berpromosi sekaligus memasarkan. Demikian informasi menarik mengenai social media marketing¸ keuntungan dan tips untuk menjalankan social media marketing. Tentunya hal ini akan semakin menambah pengetahuan Anda mengenai pilihan strategi dalam hal promosi dan pemasaran, sekaligus memperdalam wawasan Anda mengenai social media marketing.

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

 

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol