Media Bisnis Online | by APPKEY

PemasaranInternet marketingUlasan Lengkap Strategi Pemasaran Hingga Implementasinya

Ulasan Lengkap Strategi Pemasaran Hingga Implementasinya

-

Last Updated on October 27, 2023 by

Dalam melakukan pemasaran melalui internet, diperlukan startegi pemasaran untuk menarik perhatian dan minat pelanggan agar mengunjungi situs Anda. Saat seseorang berkata “ Tolong jelaskan seluruh strategi pemasaran internet untuk menarik pelanggan! ”, bukankah hanya sedikit dari Anda yang dapat langsung menjawab?

Walaupun pemasaran internet dikatakan dapat dilakukan dengan mudah, namun, hanya beberapa orang yang dapat membayangkan keseluruhan dari strategi pemasaran dengan jelas. Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan hasilnya, pertama-tama setelah Anda mengetahui tentang pemasaran internet secara luas, Anda perlu membentuk strateginya dengan baik.

Perbedaan Pemasaran Biasa dan Pemasaran Internet

strategi pemasaran

Pertama-tama sebagai dasarnya, mari kita susun karateristik dari ‘pemasaran internet’ yang terdapat dalam pemasaran atau marketing. Pemasaran internet memiliki karakteristik yaitu tingkat efisiensi dapat diukur, kecepatan tinggi, biaya rendah dan pendekatan pribadi. Mari kita lihat dan bahas satu persatu.

1. Tingkat efisiensi dapat diukur

Anda dapat memverifikasi strategi yang telah dilakukan karena dalam pemasaran internet Anda dapat mengetahui data kuantitatif dari biaya dan tingkat efisiensi dari strategi pemasaran tersebut.

2. Kecepatan tinggi

Anda hanya memerlukan waktu yang singkat untuk menjalankan strategi pemasaran yang telah Anda tentukan dalam pemasaran internet. Oleh karena itu, kecepatan implementasi dari strategi terasa berbeda dari metode pemasaran tradisional atau pemasaran biasa.

3. Biaya rendah

Pemasaran internet dapat dimulai dari skala yang sangat kecil. Bahkan perusahaan dengan anggaran rendah dapat memulai dengan menggunakan strategi pemasaran yang mudah untuk memperoleh hasil.

4. Pendekatan pribadi

Anda dapat melakukan strategi pemasaran yang berbeda pada setiap target dalam pemasaran internet. Ini dapat mengurangi hal yang sia-sia dan membuat pemasaran internet lebih efektif daripada metode pemasaran tradisional.

Berdasarkan dasar tersebut, kami akan memperkenalkan seluruh strategi pemasaran yang dapat diterapkan dalam pemasaran internet.

Bagaimana Gambaran Luas dari Pemasaran Internet?

Langkah-langkah dalam pemasaran internet secara garis besar dibagi menjadi ‘strategi menarik pelanggan’, ‘strategi pelayanan’, dan ‘strategi kunjungan kembali’. Berikut ulasan lengkapnya yang harus Anda ketahui.

● Strategi menarik pelanggan: strategi untuk menarik pengguna internet untuk berkunjung ke situs internet
● Strategi pelayanan: strategi untuk membuat pengguna internet melakukan kegiatan (pembelian, permintaan dokumen, pertanyaan, dan lain-lain) saat berada di situs internet. Selain itu juga untuk mengetahui tentang pengguna internet dan mendorong terjadinya kegiatan tersebut.
● Strategi kunjungan kembali: strategi untuk menjaga hubungan dengan pengguna internet yang pernah berkunjung dan membuatnya berkunjung kembali.

Artikel terkait  Digital Image: Bisakah Kualitas Gambar Digital Produk Mempengaruhi Kesan Perusahaan dan Hasil Penjualan?

 

Daftar Strategi Pemasaran Untuk Menarik Minat Pelanggan

Dalam pemasaran internet, terdapat beragam strategi yang bisa diterapkan. Kami akan menjelaskan setiap strategi untuk menarik pelanggan secara mendasar. Berikut penjelasan daftar strategi untuk menarik pelanggan.

SEO (Search Engine Optimization)

Biaya ★★★★☆
Efektifitas langsung ★☆☆☆☆

Strategi yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah akses melalui hasil pencarian dari mesin pencari seperti Yahoo! dan Google. Pada dasarnya strategi ini tidak memiliki efek langsung, tetapi dalam jangka panjang arus keluar-masuk akan meningkat secara alami. jadi dapat dikatakan bahwa strategi ini sangat diperlukan untuk menarik pengguna internet.

Jaringan Iklan atau Networsk Ads

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★☆☆☆

Ini adalah jaringan yang dapat mengirim iklan yang berbentuk teks atau spanduk ke berbagai macam media di internet. Iklan ini dapat menjangkau lebih banyak pengguna internet daripada iklan listing. Contoh yang terkenal adalah Google Adsense dan Yahoo! Display Ads Network.

Iklan Listing atau Listing Ads

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆

Ini adalah iklan yang ditampilkan pada halaman hasil pencarian. Karena iklan akan segera tampil pada bagian atas jika Anda membayar, iklan ini dapat dikatakan memiliki efek yang lebih dicari dari SEO, tetapi iklan ini memerlukan pengoperasian dan manajemen yang mendetail. Contohnya adalah Google Ads (nama sebelumnya:Google Adwords), Yahoo! Promotional Ads, dan REMORA Listing.

SMM (Social Media Marketing)

Biaya ★☆☆☆☆
Efektifitas langsung ★☆☆☆☆

Metode ini dilakukan dengan membuat akun media sosial seperti Facebook dan Twitter perusahaan Anda untuk menarik perhatian pengguna internet dan mendapatkan pelanggan. Postingan populer akan menyebar dengan sendirinya melalui komentar antar pengguna internet. Tetapi, Anda perlu untuk mengelola merk Anda dan terus melakukan hubungan langsung dengan pengguna internet secara bersamaan.

Iklan Afiliasi atau Affiliate Ads

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★☆☆☆

Saat ada pengguna internet yang berkunjung dan melakukan pembelian, pendaftaran, pertanyaan, atau permintaan dokumen melalui link yang dilampirkan pada blog, situs internet, atau majalah email, Anda perlu membayar jasa kepada media (afiliasi) yang telah melampirkan link Anda, inilah yang disebut dengan iklan afiliasi.

Walaupun sistem pembayarannya baik karena berdasarkan tingkat efisiensi, iklan ini memiliki resiko merugikan merk Anda karena jumlah parameter menarik pelanggannya relatif kecil.

Pemasaran email

strategi pemasaran

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆

Strategi ini dilakukan dengan mengirimkan email kepada pengguna internet agar kembali berkunjung. Untuk mendapatkan kunjungan kembali, Anda tidak mengirimkan email yang sama kepada seluruh pengguna internet yang pernah berkunjung, tetapi Anda hanya perlu mengirimkan email atau kupon kepada pengguna yang sangat memungkinkan untuk menjadi pelanggan.

Iklan Media Sosial

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆

Ini adalah iklan yang dikirimkan ke media sosial seperti Facebook dan Twitter. Walaupun iklan ini memerlukan biaya berbeda dengan SMM, iklan ini dapat segera ditampilkan pada halaman media sosial seperti iklan listing. Strategi ini juga memerlukan manejemen yang detail agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Strategi pemasaran offline

Biaya ★★★★★
Efektifitas langsung ★★★★☆

Strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi situs Anda tidak hanya dapat dilakukan melalui internet. Walaupun memerlukan biaya, Anda dapat menarik pengguna internet untuk mengakses situs internet Anda dalam jumlah yang sangat besar sesuai dengan strategi yang Anda gunakan.

Salah satu kunci mengundang pengguna internet untuk mengunjungi situs Anda dengan mudah adalah dengan menggunakan kode QR.

LPO (Landing Page Optimization)

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆

Strategi ini dilakukan untuk mengoptimasi halaman yang menjadi pintu masuk situs Anda. Anda dapat melakukannya dengan membuat halaman yang sesuai dengan aliran masuk iklan internet atau melakukan percobaan dengan membuat beberapa halaman dan mengujinya untuk mengetahui halaman mana yang lebih baik.

Alat pelayanan dalam situs internet

Biaya ★★★☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆

Ini adalah alat yang dapat membuat kupon dan mengirim chat kepada pengguna internet yang berkunjung secara langsung. Banyak yang memperhatikan alat ini walaupun hanya beberapa situs internet yang menggunakannya. Contoh yang terkenal adalah flipdesk dan KARTE.

Pengiriman iklan kepada media lain

Biaya ★★★★☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆

Ini adalah strategi yang dilakukan untuk mendapatkan akses dari pengguna internet dengan menaruh iklan pada situs internet atau aplikasi yang sudah memiliki banyak akses.

Karena sudah banyak media yang dapat mencantumkan iklan dan memiliki ‘data media’ tentang berapa banyak, pengguna yang seperti apa, dan seberapa jauh jangkauan yang akan diterima, Anda dapat menjadikannya sebagai referensi dan membuat gambaran secara garis besar.

Strategi Kunjungan Kembali

Iklan target ulang
Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★★☆

Strategi ini dilakukan untuk mendorong kunjungan kembali dengan mengirimkan iklan kepada pengguna internet yang pernah berkunjung ke situs Anda. Walaupun membutuhkan biaya, strategi ini efektif karena pengguna internet yang pernah berkunjung memiliki minat yang tinggi terhadap situs Anda.

Tetapi, strategi ini tidak dapat dilakukan pada situs internet yang memiliki jumlah akses yang sangat kecil. Untuk meningkatkan jumlah target pengguna yang akan dikirimkan iklan, Anda juga perlu melakukan strategi untuk menarik pelanggan secara bersamaan.

EFO (Entry Form Optimization)

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆

Strategi ini dilakukan untuk mengoptimasi formulir situs Anda. Walaupun Anda berhasil menarik minat pengguna internet (memuaskan pengguna internet), terkadang ada pengguna internet yang keluar dari situs internet saat akan mengisi formulir.

Optimasi formulir diperlukan untuk memberikan efektifitas langsung karena pengisian formulir berada dekat dengan tahap sukses untuk pendaftaran, pembelian, pertanyaan, dan permintaan dokumen.

Artikel terkait  Contoh Inspiratif AI di Bidang Digital Marketing

 

Rangkuman: Apa Tugas dari Pemasar Internet atau Web Marketer?

Terakhir, kami akan memberikan tambahan agar tidak terjadi kesalahpahaman. Tugas dari pemasar internet bukanlah melakukan seluruh strategi tersebut.

Hal terpenting dari pemasaran internet bukanlah melakukan seluruh strategi tersebut, melainkan menekan biaya dengan mengetahui seluruh karakteristik strategi dan memilih strategi yang sekiranya paling banyak mengumpulkan calon pelanggan yang akan menjadi target perusahaan Anda.

Pemasar internet bukanlah orang yang melakukan strategi internet secara khusus, tetapi harus seorang generalist yang memilih dan memutuskan strategi yang akan digunakan.

Setelah membaca artikel ini, bagaimana jika Anda mencoba untuk mempertimbangkan dan memperbaiki pemasaran internet perusahaan Anda dengan mencoba untuk menggunakan strategi yang belum Anda lakukan?

Itu dia ulasan kami mengenai strategi pemasaran yang perlu Anda ketahui untuk membantu Anda membangun strategi yang baik pada perusahaan Anda. Semoga ulasan kali ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Paket Aplikasi Android dan iOS

Pasang iklan

- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPTCHA


Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Mari mencobanya dengan...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

HOST ID dan NETWORK ID | Pengertian dan Contohnya

Perangkat komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari, ternyata memiliki jaringan yang rumit dan juga kompleks. Sebab, hingga saat ini...

Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak untuk Pemula

Belajar IT atau coding bisa dibilang hal yang tidak mudah apalagi bagi pemula. Karenanya memang butuh beberapa tahun untuk...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya