Last Updated on October 27, 2023 by
Dalam melakukan pemasaran melalui internet, diperlukan startegi pemasaran untuk menarik perhatian dan minat pelanggan agar mengunjungi situs Anda. Saat seseorang berkata “ Tolong jelaskan seluruh strategi pemasaran internet untuk menarik pelanggan! ”, bukankah hanya sedikit dari Anda yang dapat langsung menjawab?
Walaupun pemasaran internet dikatakan dapat dilakukan dengan mudah, namun, hanya beberapa orang yang dapat membayangkan keseluruhan dari strategi pemasaran dengan jelas. Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan hasilnya, pertama-tama setelah Anda mengetahui tentang pemasaran internet secara luas, Anda perlu membentuk strateginya dengan baik.
Daftar Isi
Perbedaan Pemasaran Biasa dan Pemasaran Internet
Pertama-tama sebagai dasarnya, mari kita susun karateristik dari ‘pemasaran internet’ yang terdapat dalam pemasaran atau marketing. Pemasaran internet memiliki karakteristik yaitu tingkat efisiensi dapat diukur, kecepatan tinggi, biaya rendah dan pendekatan pribadi. Mari kita lihat dan bahas satu persatu.
1. Tingkat efisiensi dapat diukur
Anda dapat memverifikasi strategi yang telah dilakukan karena dalam pemasaran internet Anda dapat mengetahui data kuantitatif dari biaya dan tingkat efisiensi dari strategi pemasaran tersebut.
2. Kecepatan tinggi
Anda hanya memerlukan waktu yang singkat untuk menjalankan strategi pemasaran yang telah Anda tentukan dalam pemasaran internet. Oleh karena itu, kecepatan implementasi dari strategi terasa berbeda dari metode pemasaran tradisional atau pemasaran biasa.
3. Biaya rendah
Pemasaran internet dapat dimulai dari skala yang sangat kecil. Bahkan perusahaan dengan anggaran rendah dapat memulai dengan menggunakan strategi pemasaran yang mudah untuk memperoleh hasil.
4. Pendekatan pribadi
Anda dapat melakukan strategi pemasaran yang berbeda pada setiap target dalam pemasaran internet. Ini dapat mengurangi hal yang sia-sia dan membuat pemasaran internet lebih efektif daripada metode pemasaran tradisional.
Berdasarkan dasar tersebut, kami akan memperkenalkan seluruh strategi pemasaran yang dapat diterapkan dalam pemasaran internet.
Bagaimana Gambaran Luas dari Pemasaran Internet?
Langkah-langkah dalam pemasaran internet secara garis besar dibagi menjadi ‘strategi menarik pelanggan’, ‘strategi pelayanan’, dan ‘strategi kunjungan kembali’. Berikut ulasan lengkapnya yang harus Anda ketahui.
● Strategi menarik pelanggan: strategi untuk menarik pengguna internet untuk berkunjung ke situs internet
● Strategi pelayanan: strategi untuk membuat pengguna internet melakukan kegiatan (pembelian, permintaan dokumen, pertanyaan, dan lain-lain) saat berada di situs internet. Selain itu juga untuk mengetahui tentang pengguna internet dan mendorong terjadinya kegiatan tersebut.
● Strategi kunjungan kembali: strategi untuk menjaga hubungan dengan pengguna internet yang pernah berkunjung dan membuatnya berkunjung kembali.
Daftar Strategi Pemasaran Untuk Menarik Minat Pelanggan
Dalam pemasaran internet, terdapat beragam strategi yang bisa diterapkan. Kami akan menjelaskan setiap strategi untuk menarik pelanggan secara mendasar. Berikut penjelasan daftar strategi untuk menarik pelanggan.
SEO (Search Engine Optimization)
Biaya ★★★★☆
Efektifitas langsung ★☆☆☆☆
Strategi yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah akses melalui hasil pencarian dari mesin pencari seperti Yahoo! dan Google. Pada dasarnya strategi ini tidak memiliki efek langsung, tetapi dalam jangka panjang arus keluar-masuk akan meningkat secara alami. jadi dapat dikatakan bahwa strategi ini sangat diperlukan untuk menarik pengguna internet.
Jaringan Iklan atau Networsk Ads
Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★☆☆☆
Ini adalah jaringan yang dapat mengirim iklan yang berbentuk teks atau spanduk ke berbagai macam media di internet. Iklan ini dapat menjangkau lebih banyak pengguna internet daripada iklan listing. Contoh yang terkenal adalah Google Adsense dan Yahoo! Display Ads Network.
Iklan Listing atau Listing Ads
Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆
Ini adalah iklan yang ditampilkan pada halaman hasil pencarian. Karena iklan akan segera tampil pada bagian atas jika Anda membayar, iklan ini dapat dikatakan memiliki efek yang lebih dicari dari SEO, tetapi iklan ini memerlukan pengoperasian dan manajemen yang mendetail. Contohnya adalah Google Ads (nama sebelumnya:Google Adwords), Yahoo! Promotional Ads, dan REMORA Listing.
SMM (Social Media Marketing)
Biaya ★☆☆☆☆
Efektifitas langsung ★☆☆☆☆
Metode ini dilakukan dengan membuat akun media sosial seperti Facebook dan Twitter perusahaan Anda untuk menarik perhatian pengguna internet dan mendapatkan pelanggan. Postingan populer akan menyebar dengan sendirinya melalui komentar antar pengguna internet. Tetapi, Anda perlu untuk mengelola merk Anda dan terus melakukan hubungan langsung dengan pengguna internet secara bersamaan.
Iklan Afiliasi atau Affiliate Ads
Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★☆☆☆
Saat ada pengguna internet yang berkunjung dan melakukan pembelian, pendaftaran, pertanyaan, atau permintaan dokumen melalui link yang dilampirkan pada blog, situs internet, atau majalah email, Anda perlu membayar jasa kepada media (afiliasi) yang telah melampirkan link Anda, inilah yang disebut dengan iklan afiliasi.
Walaupun sistem pembayarannya baik karena berdasarkan tingkat efisiensi, iklan ini memiliki resiko merugikan merk Anda karena jumlah parameter menarik pelanggannya relatif kecil.
Pemasaran email
Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆
Strategi ini dilakukan dengan mengirimkan email kepada pengguna internet agar kembali berkunjung. Untuk mendapatkan kunjungan kembali, Anda tidak mengirimkan email yang sama kepada seluruh pengguna internet yang pernah berkunjung, tetapi Anda hanya perlu mengirimkan email atau kupon kepada pengguna yang sangat memungkinkan untuk menjadi pelanggan.
Iklan Media Sosial
Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆
Ini adalah iklan yang dikirimkan ke media sosial seperti Facebook dan Twitter. Walaupun iklan ini memerlukan biaya berbeda dengan SMM, iklan ini dapat segera ditampilkan pada halaman media sosial seperti iklan listing. Strategi ini juga memerlukan manejemen yang detail agar mendapatkan hasil yang diinginkan.
Strategi pemasaran offline
Biaya ★★★★★
Efektifitas langsung ★★★★☆
Strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi situs Anda tidak hanya dapat dilakukan melalui internet. Walaupun memerlukan biaya, Anda dapat menarik pengguna internet untuk mengakses situs internet Anda dalam jumlah yang sangat besar sesuai dengan strategi yang Anda gunakan.
Salah satu kunci mengundang pengguna internet untuk mengunjungi situs Anda dengan mudah adalah dengan menggunakan kode QR.
LPO (Landing Page Optimization)
Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆
Strategi ini dilakukan untuk mengoptimasi halaman yang menjadi pintu masuk situs Anda. Anda dapat melakukannya dengan membuat halaman yang sesuai dengan aliran masuk iklan internet atau melakukan percobaan dengan membuat beberapa halaman dan mengujinya untuk mengetahui halaman mana yang lebih baik.
Alat pelayanan dalam situs internet
Biaya ★★★☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆
Ini adalah alat yang dapat membuat kupon dan mengirim chat kepada pengguna internet yang berkunjung secara langsung. Banyak yang memperhatikan alat ini walaupun hanya beberapa situs internet yang menggunakannya. Contoh yang terkenal adalah flipdesk dan KARTE.
Pengiriman iklan kepada media lain
Biaya ★★★★☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆
Ini adalah strategi yang dilakukan untuk mendapatkan akses dari pengguna internet dengan menaruh iklan pada situs internet atau aplikasi yang sudah memiliki banyak akses.
Karena sudah banyak media yang dapat mencantumkan iklan dan memiliki ‘data media’ tentang berapa banyak, pengguna yang seperti apa, dan seberapa jauh jangkauan yang akan diterima, Anda dapat menjadikannya sebagai referensi dan membuat gambaran secara garis besar.
Strategi Kunjungan Kembali
Iklan target ulang
Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★★☆
Strategi ini dilakukan untuk mendorong kunjungan kembali dengan mengirimkan iklan kepada pengguna internet yang pernah berkunjung ke situs Anda. Walaupun membutuhkan biaya, strategi ini efektif karena pengguna internet yang pernah berkunjung memiliki minat yang tinggi terhadap situs Anda.
Tetapi, strategi ini tidak dapat dilakukan pada situs internet yang memiliki jumlah akses yang sangat kecil. Untuk meningkatkan jumlah target pengguna yang akan dikirimkan iklan, Anda juga perlu melakukan strategi untuk menarik pelanggan secara bersamaan.
EFO (Entry Form Optimization)
Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆
Strategi ini dilakukan untuk mengoptimasi formulir situs Anda. Walaupun Anda berhasil menarik minat pengguna internet (memuaskan pengguna internet), terkadang ada pengguna internet yang keluar dari situs internet saat akan mengisi formulir.
Optimasi formulir diperlukan untuk memberikan efektifitas langsung karena pengisian formulir berada dekat dengan tahap sukses untuk pendaftaran, pembelian, pertanyaan, dan permintaan dokumen.
Rangkuman: Apa Tugas dari Pemasar Internet atau Web Marketer?
Terakhir, kami akan memberikan tambahan agar tidak terjadi kesalahpahaman. Tugas dari pemasar internet bukanlah melakukan seluruh strategi tersebut.
Hal terpenting dari pemasaran internet bukanlah melakukan seluruh strategi tersebut, melainkan menekan biaya dengan mengetahui seluruh karakteristik strategi dan memilih strategi yang sekiranya paling banyak mengumpulkan calon pelanggan yang akan menjadi target perusahaan Anda.
Pemasar internet bukanlah orang yang melakukan strategi internet secara khusus, tetapi harus seorang generalist yang memilih dan memutuskan strategi yang akan digunakan.
Setelah membaca artikel ini, bagaimana jika Anda mencoba untuk mempertimbangkan dan memperbaiki pemasaran internet perusahaan Anda dengan mencoba untuk menggunakan strategi yang belum Anda lakukan?
Itu dia ulasan kami mengenai strategi pemasaran yang perlu Anda ketahui untuk membantu Anda membangun strategi yang baik pada perusahaan Anda. Semoga ulasan kali ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.