Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Internet marketing Metode Strategi Pemasaran Internet yang Efektif

Metode Strategi Pemasaran Internet yang Efektif

-

Dalam melakukan pemasaran melalui internet, diperlukan startegi pemasaran untuk menarik perhatian dan minat pelanggan agar mengunjungi situs Anda.

Saat seseorang berkata “ Tolong jelaskan seluruh strategi pemasaran internet untuk menarik pelanggan! ”, bukankah hanya sedikit dari Anda yang dapat langsung menjawab?

Walaupun pemasaran internet dikatakan dapat dilakukan dengan mudah, hanya beberapa orang yang dapat membayangkan keseluruhan dari strategi pemasaran dengan jelas. Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan hasilnya, pertama-tama setelah Anda mengetahui tentang pemasaran internet secara luas, Anda perlu membentuk strategi pemasaran.

Perbedaan Pemasaran Biasa dan Pemasaran Internet

Pertama-tama sebagai dasarnya, mari kita susun karateristik dari ‘pemasaran internet’ yang terdapat dalam pemasaran atau marketing.

Pemasaran internet memiliki karakteristik seperti di bawah ini.
1. Tingkat efisiensi dapat diukur
2. Kecepatan tinggi
3. Biaya rendah
4. Pendekatan pribadi
Mari kita lihat satu persatu.

1. Tingkat efisiensi dapat diukur

Anda dapat memverifikasi strategi pemasaran yang telah dilakukan karena dalam pemasaran internet anda dapat mengetahui data kuantitatif dari biaya dan tingkat efisiensi dari strategi pemasaran tersebut.

2. Kecepatan tinggi

Anda hanya memerlukan waktu yang singkat untuk menjalankan strategi pemasaran yang telah Anda putuskan dalam pemasaran internet. Oleh karena itu, kecepatan terasa berbeda dari metode pemasaran tradisional atau pemasaran biasa.

3. Biaya rendah

Pemasaran internet dapat dimulai dari skala yang sangat kecil. Bahkan perusahaan dengan anggaran rendah dapat memulai dengan menggunakan strategi pemasaran yang mudah memperoleh hasil.

4. Pendekatan pribadi

Anda dapat melakukan strategi pemasaran yang berbeda kepada setiap target dalam pemasaran internet. Ini dapat mengurangi hal yang sia-sia dan membuat pemasaran internet lebih efektif daripada metode pemasaran tradisional.
Berdasarkan dasar tersebut, kami akan memperkenalkan seluruh strategi pemasaran yang dapat diterapkan dalam pemasaran internet.

Bagaimana gambaran luas dari pemasaran internet?

Langkah-langkah dalam pemasaran internet secara garis besar dibagi menjadi ‘strategi menarik pelanggan’, ‘strategi pelayanan’, dan ‘strategi kunjungan kembali’.

Penjelasan mudah masing-masing strategi adalah sebagai berikut.

● Strategi menarik pelanggan: strategi untuk menarik pengguna internet untuk berkunjung ke situs internet
● Strategi pelayanan: strategi untuk membuat pengguna internet melakukan kegiatan (pembelian, permintaan dokumen, pertanyaan, dan lain-lain) saat berada di situs internet. Selain itu juga untuk mengetahui tentang pengguna internet agar terjadi kegiatan tersebut.
● Strategi kunjungan kembali: strategi untuk menjaga hubungan dengan pengguna internet yang pernah berkunjung dan membuatnya berkunjung kembali.

Artikel terkait  Pemasaran Digital : Pengertian & Strategi Digital Marketing

 

Strategi Menarik Minat Pelanggan (Strategi Untuk Membuat Banyak Pengguna Internet Berkunjung)

Kami akan menjelaskan setiap strategi secara mendasar.

SEO (Search Engine Optimization)

Biaya ★★★★☆
Efektifitas langsung ★☆☆☆☆
Strategi yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah akses melalui hasil pencarian dari mesin pencari seperti Yahoo! dan Google.
Pada dasarnya strategi ini tidak memiliki efek langsung, tetapi dalam jangka panjang arus keluar-masuk akan meningkat secara alami, jadi dapat dikatakan bahwa strategi ini sangat diperlukan untuk menarik pengguna internet.

Jaringan Iklan atau Networsk Ads

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★☆☆☆
Ini adalah jaringan yang dapat mengirim iklan yang berbentuk teks atau spanduk ke berbagai macam media di internet.
Iklan ini dapat mencapai lebih banyak pengguna internet daripada iklan listing.
Contoh yang terkenal adalah “ Google Adsense ” dan “ Yahoo! Display Ads Network ”.

Iklan Listing atau Listing Ads

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆
Ini adalah iklan yang ditampilkan pada halaman hasil pencarian.
Karena iklan akan segera tampil pada bagian atas jika Anda membayar, iklan ini dapat dikatakan memiliki efek yang lebih dicari dari SEO, tetapi iklan ini memerlukan pengoperasian dan manajemen yang mendetail.
Contohnya adalah “ Google Ads (nama sebelumnya:Google Adwords) ”, “ Yahoo! Promotional Ads ”, dan “ REMORA Listing ”.

SMM (Social Media Marketing)

Biaya ★☆☆☆☆
Efektifitas langsung ★☆☆☆☆
Metode ini dilakukan dengan membuat akun media sosial seperti Facebook dan Twitter perusahaan Anda untuk menarik perhatian pengguna internet dan mendapatkan pelanggan.
Postingan yang memiliki kepopuleran akan menyebar dengan sendirinya melalui komentar antara pengguna internet. Tetapi, Anda perlu untuk mengelola merk Anda dan terus melakukan hubungan langsung dengan pengguna internet secara bersamaan.

Iklan Afiliasi atau Affiliate Ads

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★☆☆☆
Saat ada pengguna internet yang berkunjung dan melakukan pembelian, pendaftaran, pertanyaan, atau permintaan dokumen melalui link yang dilampirkan pada blog, situs internet, atau majalah email, Anda perlu membayar jasa kepada media (afiliasi) yang telah melampirkan link Anda, inilah yang disebut dengan iklan afiliasi.
Walaupun sistem pembayarannya baik karena berdasarkan tingkat efisiensi, iklan ini memiliki resiko merugikan merk Anda karena jumlah parameter menarik pelanggannya relatif kecil.

Pemasaran email

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆
Strategi ini dilakukan mengirimkan email kepada pengguna internet agar kembali berkunjung.
Untuk mendapatkan kunjungan kembali, Anda tidak mengirimkan email yang sama kepada seluruh pengguna internet yang pernah berkunjung, tetapi Anda hanya perlu mengirimkan email atau kupon kepada pengguna yang sangat memungkinkan untuk menjadi pelanggan.

Iklan Media Sosial

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆
Ini adalah iklan yang dikirimkan ke media sosial seperti Facebook dan Twitter.
Walaupun iklan ini memerlukan biaya berbeda dengan SMM, iklan dapat segera ditampilkan pada halaman media sosial seperti iklan listing. Strategi ini juga memerlukan manejemen yang detail agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Strategi pemasaran offline

Biaya ★★★★★
Efektifitas langsung ★★★★☆
Strategi untuk menarik pengguna internet untuk mengunjungi situs internet Anda tidak hanya dapat dilakukan melalui internet.
Walaupun memerlukan biaya, Anda dapat menarik pengguna internet untuk mengakses situs internet Anda dalam jumlah yang sangat besar sesuai dengan strategi yang Anda gunakan. Salah satu kunci untuk mengundang pengguna internet untuk mengunjungi situs internet Anda dengan mudah adalah dengan menggunakan kode QR.

LPO (Landing Page Optimization)

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆
Strategi ini dilakukan untuk mengoptimasi halaman yang menjadi pintu masuk situs internet Anda.
Anda dapat melakukannya dengan membuat halaman yang sesuai dengan aliran masuk iklan internet atau melakukan percobaan dengan membuat beberapa halaman dan mengujinya untuk mengetahui halaman yang lebih baik.

Alat pelayanan dalam situs internet

Biaya ★★★☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆
Ini adalah alat yang dapat membuat kupon dan mengirim chat kepada pengguna internet yang berkunjung secara langsung.
Banyak yang memperhatikan alat ini walaupun hanya beberapa situs internet yang menggunakannya. Contoh yang terkenal adalah “flipdesk” dan “KARTE”.

Pengiriman iklan kepada media lain (seperti iklan murni dan iklan asli)

Biaya ★★★★☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆
Ini adalah strategi yang dilakukan untuk mendapatkan akses dari pengguna internet dengan menaruh iklan pada situs internet atau aplikasi yang sudah memiliki banyak akses.
Karena sudah banyak media yang dapat mencantumkan iklan memiliki ‘data media’ tentang berapa banyak, untuk pengguna yang seperti apa, dan seberapa jauh jangkauan yang akan diterima, Anda dapat menjadikannya sebagai referensi dan membuat gambaran secara garis besar.

Strategi Kunjungan Kembali (strategi untuk mengundang agar pengguna internet berkunjung kembali)

Iklan target ulang
Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★★☆
Strategi ini dilakukan untuk mendorong kunjungan kembali dengan mengirimkan iklan kepada pengguna internet yang pernah berkunjung ke situs internet Anda.
Walaupun membutuhkan biaya, strategi ini efektif karena pengguna internet yang pernah berkunjung memiliki minat yang tinggi terhadap situs internet Anda. Tetapi strategi ini tidak dapat dilakukan pada situs internet yang memiliki jumlah akses yang sangat kecil. Untuk meningkatkan jumlah target pengguna yang akan dikirimkan iklan, Anda juga perlu melakukan strategi menarik pelanggan secara bersamaan.

EFO (Entry Form Optimization)

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆
Strategi ini dilakukan untuk mengoptimasi formulir situs internet Anda.
Walaupun Anda berhasil menarik minat pengguna internet (memuaskan pengguna internet), terkadang ada pengguna internet yang keluar dari situs internet saat akan mengisi formulir. Optimasi formulir diperlukan untuk memberikan efektifitas langsung karena pengisian formulir berada dekat dengan tahap sukses untuk pendaftaran, pembelian, pertanyaan, dan permintaan dokumen.

Artikel terkait  Konten Marketing Adalah? | Pengetahuan Dasar & Praktiknya

 

Rangkuman: Apa Tugas dari Pemasar Internet atau Web Marketer?

Bagaimana?

Kami akan memberikan tambahan agar tidak terjadi kesalahpahaman, tugas dari pemasar internet bukanlah melakukan seluruh strategi tersebut.

Hal terpenting dari pemasaran internet bukanlah melakukan seluruh strategi tersebut, melainkan menekan biaya dengan mengetahui seluruh karakteristik strategi dan memilih strategi yang sekiranya paling banyak mengumpulkan calon pelanggan yang akan menjadi target perusahaan Anda.

Pemasar internet bukanlah orang yang melakukan strategi internet secara khusus, tetapi harus seorang generalist yang memilih dan memutuskan strategi yang akan digunakan.

Setelah membaca artikel ini, bagaimana jika Anda mencoba untuk mempertimbangkan dan memperbaiki pemasaran internet perusahaan Anda dengan mencoba untuk menggunakan strategi yang belum Anda lakukan?

Dalam “ LISKUL ” yang perusahan kami, SoldOut kembangkan, terdapat berbagai macam cara dan petunjuk untuk melakukan pemasaran internet dan lain-lain. Silahkan mengunjunginya jika anda berminat.

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

返事を書く

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPTCHA


Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Sebagai sebuah ilmu, desain grafis juga memiliki sejumlah aturan untuk menyusun berbagai elemen desain hingga menjadi sebuah desain yang...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Apa sih sebenarnya teknologi jaringan tanpa kabel itu? Teknologi jaringan tanpa kabel disebut dengan nirkabel. Yang mana jaringan tersebut...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Pengertian perusahaan jasa adalah perusahaan yang menjadikan suatu jasa sebagai produk utama perusahaannya. Bisa juga dikatakan sebagai perusahaan, yang...

15 Website Jurnal Gratis Terbaik

Menyusun sebuah jurnal bagi para cendekiawan ataupun para mahasiswa membutuhkan waktu yang tidak singkat. Seperti kita ketahui sampai detik...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

Produksi Massal Adalah : Ciri, Keuntungan dan Tujuannya

Pernahkah Anda membayangkan atau memikirkan bagaimana suatu proses produksi dilakukan? Di mana seorang produsen menciptakan sebuah produk yang dapat...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya