Last Updated on May 24, 2022 by
Dalam artikel ini kita akan membahas “Ads Manager” yang merupakan alat untuk mengelola iklan pada Facebook.
Tool ini memungkinkan kita untuk mengatur iklan seperti target, anggaran dan mengoperasikan iklan berdasarkan data seperti volume distribusi dan jumlah klik. Dengan kata lain Facebook Ads Manager membuat proses pengelolaan iklan menjadi lebih efektif.
Daftar Isi
Apa itu ads manager?
Facebook ads manager adalah alat Pengelola iklan yang disediakan secara gratis oleh Facebook. Dengan tool ini kita bisa melakukan tindakan pengelolaan iklan sebagai berikut:
– Melakukan pengaturan target iklan.
– Menetapkan anggaran.
– Mengkonfirmasi efek iklan secara real time.
– Mengkonfirmasi ringkasan tagihan, Riwayat pembayaran, serta Metode pembayaran.
Hubungan antara Pengelola Iklan dan Business Manager
Ketika kita akan mulai beriklan di Facebook, terlebih dahulu kita harus mendaftar pada Business manager. Business Manager adalah akun bisnis yang dapat mengatur kampanye (promosi), iklan / aplikasi, dan otoritas administratif dari halaman Facebook milik perusahaan.
Mendaftar pada Business Manager memungkinkan kita untuk mengelola hak akses setiap orang ketika mengelola halaman. Banyak orang bisa mendapatkan akses ke halaman serta akun iklan tanpa harus menjadi teman di Facebook.
Alur pembuatan dan pengiriman iklan oleh Facebook Ads Manager
Langkah 1: Memilih tujuan iklan dari daftar
Di sini “Kesedaran merek” sudah menjadi pilihan default, namun kita masih dapat melakukan penyesuaian dengan tujuan iklan yang akan dibuat. Kita dapat tetap menggunakan pilihan default atau menggantinya dengan tujuan lainnya . Kemudian klik “Buat akun iklan”.
Langkah 2: Masukkan informasi tentang akun (seperti: negara, mata uang, zona waktu) lalu klik “Berikutnya”.
Langkah 3: Mempersiapkan iklan.
Nama set iklan: Tidak masalah jika kita tetap menggunakan default, tetapi akan lebih baik memberikan nama dengan jelas.
Audience: Di sini kita harus menentukan target iklan. Target dikelompokkan berdasarkan wilayah, usia, jenis kelamin, bahasa, dll.
Pengaturan target detail: Kita dapat memilih kategori lapisan target dari daftar.
Penempatan: Di sini kita bisa memilih menggunakan penempatan otomatis atau tidak. Kita bisa mengedit apakah ingin menempatkan iklan di Facebook saja atau Instagram saja.
Anggaran dan periode posting: Kita dapat memilih apakah anggaran Kita adalah anggaran harian atau total anggaran. Anda dapat melakukan pengaturan setelah memutuskan periode untuk posting.
Kemudian klik “Next” di bagian bawah halaman ini.
Langkah 4: Mempersiapkan Kreatif Iklan
Mengatur format iklan, teks iklan, bahan yang akan digunakan (gambar, film, tampilan slide).
Setelah selesai, klik “Konfirmasi pesanan”.
Cara mengelola iklan menggunakan Facebook Ads Manager
Tampilan layar pengelola iklan kurang lebih dibagi menjadi beberapa elemen sebagai berikut :
– Kumpulan iklan
– Iklan
– Halaman Pencarian
– Filter
– Membuat Iklan
Berikut ini adalah cara untuk melihat setiap komponen, cara menggunakannya, dan poin-poin yang harus diperhatikan.
Kampanye
Sudut Pandang
Kita dapat memeriksa status pengiriman iklan dalam daftar.
Selama pengoprasian ini, kita wajib memeriksa apakah kampanye aktif atau tidak.
Cara Penggunaan
Setelah login ke Ads Manager, layar kampanye akan terbuka.
Poin penting yang harus diperhatikan
Iklan bisa saja tidak bisa aktif jika gagal dalam proses pengulasan.
Selama pengiriman, periksalah setiap saat apakah iklan aktif atau tidak untuk mencegah hilangnya peluang karena tidak berhasil mengirim iklan.
Set Iklan
Cara pandang
Dengan memeriksa set iklan yang merupakan komponen kampanye, Kita dapat mengetahui biaya yang diperlukan untuk iklan.
Bagaimana cara menggunakannya
Saat mengklik kampanye, Kita akan melihat daftar iklan yang ditetapkan untuk kampanye itu sendiri.
Poin penting yang harus diperhatikan
Jika terdapat beberapa set iklan, bahkan jika ada set iklan yang gagal dan aktif, maka yang aktif akan ditampilkan sebagai di kampanye. Karena itu, penting untuk memeriksa tidak hanya kampanye, tetapi juga set iklan, untuk mencegah hilangnya peluang.
Iklan
Perspektif / Cara pandang
Dengan memeriksa “iklan” dalam kumpulan iklan, kita dapat memeriksa efektivitas biaya dengan materi iklan. Dengan menghentikan efek buruk pada materi iklan atau melakukan tes AB pada materi iklan baru, set iklan serta kampanye bisa lebih efisien.
Cara penggunaan
Ketika Kita mengklik satu set iklan, Kita akan melihat daftar iklan untuk set iklan Kita. Kita dapat memeriksa status pengiriman, skor relevansi *, CTR, dll.
※Apa itu skor relevansi?
Ini adalah nilai numerik yang memprediksi efek yang diperoleh dari target iklan. Dengan beriklan kita tentunya berharap mendapat banyak reaksi positif dari pengguna memiliki skor lebih tinggi. Skor ini ditunjukkan dengan angka dari 1 hingga 10, angka akan diperbarui dari waktu ke waktu sebagai tanggapan dan umpan balik untuk iklan (klik, pemasangan aplikasi, pemutaran video, dll.)
Poin penting yang harus diperhatikan
Harap berhati-hati untuk tidak mematikannya secara tidak sengaja karena pengiriman menggunakan tombol on / off dapat diubah dengan 1 klik.
Halaman Pencarian
Perspektif / Sudut pandang
Kita dapat mencari kampanye tertentu dan memeriksa ketersediaannya
Cara penggunaan
Klik tab “Cari” di layar administrasi, maka akan menampilkan list sebagai berikut:
Jika Kita memilih tab “apa yang ingin Kita cari di sini”, halaman pencarian akan ditampilkan. Jika Kita ingin menemukan kampanye iklan yang disebut “distribusi serupa”, Kita dapat mencari dengan mengetik “distribusi serupa” di jendela pencarian.
Poin penting yang harus diperhatikan
Sebagai contoh, jika ada dua kampanye “distribusi serupa” dan “pemasaran ulang”, Kita tidak dapat mencari nama kampanye “pemasaran ulang” sambil membuka layar “distribusi serupa”.
Oleh karena itu, ketika mencari kampanye baru, perlu sesekali kembali ke layar pengelola.
Filter
Perspektif / Sudut pandang
Penyaring iklan berdasarkan kriteria yang ditentukan. Misalnya, Kita dapat menetapkan filter seperti “Aktif, BPA kurang dari 5.000 yen”.
Cara penggunaan
Klik tab filter pada layar pengelola, maka akan menampilkan list seperti di bawah ini. Pilih item list tersebut untuk membuat filter.
Poin penting yang harus diperhatikan
Item yang difilter tidak dihapus secara otomatis, namun item akan ditambahkan ke layar pengelola sebagai data.
Jika kita ingin membuat filter baru, Kita perlu menghapus semua item penyaringan setelah penyaringan selesai.
Membuat Iklan
Perspektif / Sudut pandang
Setelah memasang ads manager, kita dapat mengatur pengiriman untuk iklan baru di layar admin kapan saja.
Penting untuk meningkatkan efektivitas biaya iklan Facebook dengan menetapkan dan menayangkan iklan baru satu demi satu berdasarkan hasil dari iklan yang sudah didistribusikan.
Cara penggunaan
Kita dapat membuat iklan menggunakan tombol hijau di kanan atas layar administrasi.
Poin penting yang harus diperhatikan
Ketika pembuatan iklan terganggu, tempat yang sebelumnya ditetapkan secara otomatis disimpan. Ketika beberapa administrator mengoperasikan layar pengelola, berhati-hatilah untuk tidak menghapus iklan yang dibuat secara tidak sengaja.
Kesimpulan
Demikianlah informasi dasar mengenai “Facebook Ads Manager” untuk dipahami ketika ingin memulai Iklan Facebook.
Seperti pada iklan Facebook, dimana orang-orang cenderung memperhatikan cara memilih materi Iklan dan kebijakan operasi yang mana dilakukan setelah membuka akun. Dalam artikel ini, kami merangkum cara menggunakan “Facebook Ads Manager”, berdasarkan tujuan, tindakan pencegahan, dan sebagainya.
Karena ini adalah informasi yang tidak merugikan sama sekali, akan sangat membahagiakan jika informasi ini dapat membantu meskipun dalam ruang lingkup yang terbatas.
Mari temukan lebih banyak tips dan trik sukses bisnis online lainnya di MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore), ya. Sayonara!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.