Last Updated on May 28, 2022 by appkey
Pinterest sering kali diremehkan oleh pemasar media sosial dan dianggap sebagai komponen yang tidak perlu dalam strategi pemasaran, sayangnya, jika mindset ini terus tertanam di pikiran Anda, Anda dapat kehilangan sumber utama lalu lintas dan pendapatan.
Sebenarnya, Pinterest menawarkan banyak peluang unik bagi pemasar untuk menjangkau prospek dan memengaruhi perilaku pembelian konsumen. Faktanya, pengguna Pinterest lebih cenderung berbelanja secara online.
Jika Anda tertarik untuk menjelajahi bagaimana iklan Pinterest dapat membantu Anda menarik pelanggan, teruslah membaca artikel ini sampai akhir!
Daftar Isi
Iklan Pinterest
Dengan lebih dari 442 juta pengguna aktif bulanan, Pinterest adalah tempat yang tepat bagi bisnis untuk mengiklankan produknya. Iklan muncul di feed dan penelusuran pengguna dalam format yang sama seperti Pin biasa, membuat pengalaman tidak mengganggu pengguna sambil meletakkan konten Anda tepat di hadapan mereka.
Ada potensi jangkauan yang besar saat Anda membuat iklan untuk audiens Pinterest dan yang terbaik dari semuanya, pengguna juga secara aktif mencari situs untuk produk seperti milik Anda untuk dibeli.
Baca juga : Iklan Online adalah : Gaya Promosi Unik dengan Jenis Iklan “Hybrid”
Mengapa Anda Harus Mencoba Beriklan di Pinterest?
Jawabannya singkatnya, karena jangkauannya bisa luar biasa. Jika konten Anda menarik dan berharga, konten tersebut dapat disematkan berulang kali ke papan pengguna yang berbeda dan terus mengarahkan konsumen kembali ke situs web Anda.
Pin memiliki umur yang jauh lebih lama daripada Tweet atau postingan Instagram. Umur panjang ini membuat mereka menjadi aset yang sangat kuat. Pin dapat muncul di umpan pengguna beberapa bulan setelah pertama kali diposting.
Pengguna Pinterest menghabiskan 27% lebih banyak untuk mengklik dan mengumpulkan belanja artinya iklan Pinterest Anda, atau Pin Promosi, ditampilkan kepada audiens yang sangat responsif. Singkatnya strategi periklanan berbayar untuk Pinterest bukanlah ide yang buruk, dan dapat membantu meningkatkan kehadiran organik Anda dengan mendapatkan daya tarik dari pembeli potensial, dan meningkatkan pengenalan merek.
Jenis Iklan Pinterest
Ada beberapa cara untuk mempromosikan konten Anda di Pinterest. Untuk menentukan format iklan mana yang terbaik untuk bisnis Anda, penting untuk mengetahui tujuan kampanye Anda dan atribut dari setiap format promosi Pinterest.
1. Pin
Sekilas Pin Promosi terlihat dan berfungsi seperti Pin statis biasa, tetapi memiliki label kecil “Dipromosikan” untuk membedakannya. Pin Promosi didorong dan ditargetkan untuk menjangkau lebih banyak orang. Pengguna bahkan dapat menyematkan Pin Promosi Anda ke papan mereka, membagikannya, dan mengomentarinya.
Setelah pengguna membagikan Pin Promosi, label “Dipromosikan” menghilang, dan pin ulang berikutnya dianggap sebagai media yang diperoleh, artinya setelah pin pertama, eksposur organik ke konten tidak dipungut biaya.
Berikut beberapa pedoman yang harus diikuti saat membuat iklan Pin Promosi:
- File harus PNG atau JPEG.
- Konten Anda tidak boleh melebihi 10 MB.
- Batas salinan deskripsi 500 karakter.
- Rasio aspek Anda harus 2: 3 dan berorientasi vertikal.
2. Pin Video
Pin Video yang Dipromosikan persis seperti Pin Promosi, yang membedakan hanya gambar statis diganti dengan video. 90% pelanggan mengatakan video membantu mereka membuat keputusan pembelian, dan persentase yang sama dari pengguna Pinterest mingguan ada di platform untuk membuat keputusan pembelian. Oleh karena itu, Pinterest dan iklan video berjalan beiringan.
Pinterest menawarkan dua opsi untuk ukuran video: lebar maksimal, atau standar. Video standar memiliki ukuran yang sama dengan Pin biasa dan harganya kurang dari Pin dengan lebar maksimal, yang tersebar di seluruh feed pengguna.
Apa pun ukuran yang Anda pilih, video Pinterest diputar otomatis setelah 50 persen terlihat. Plus, Pin Video yang Dipromosikan memiliki opsi pengoptimalan konversi untuk melayani pengiklan dengan lebih baik dengan lalu lintas atau tujuan konversi. Opsi baru ini membawa pengguna ke laman landas di situs web pengiklan, serta video close-up.
Berikut beberapa pedoman yang harus diikuti saat membuat iklan Pin Video yang Dipromosikan:
- File harus dalam format MP4 atau MOV.
- Video tidak boleh lebih dari 2 GB.
- Video harus berdurasi minimal empat detik, dan tidak boleh lebih dari 30 menit.
- Rasio aspek Anda harus berada di antara 1: 91: 1 dan 1: 2.
- Batas salinan deskripsi 500 karakter.
3. Pin Aplikasi
Pin Aplikasi yang Dipromosikan adalah iklan khusus seluler yang memungkinkan pengguna mengunduh aplikasi Anda langsung dari Pinterest. Tersedia di perangkat iOS dan Android, iklan ini menyertakan CTA “Pasang” yang memungkinkan transisi mulus dari Pinterest ke aplikasi Anda.
Meskipun sebagian besar pedoman tetap sama untuk pin ini, salinan, gambar, atau video Anda harus menyampaikan atribut penting tentang aplikasi Anda.
Cara Mempromosikan produk di Pinterest
1. Pilih tujuan kampanye Anda
Setiap kampanye Pinterest Anda dimulai dengan sebuah tujuan. Memilih sasaran kampanye Anda menentukan format iklan apa yang tersedia untuk Anda. Ada tiga kategori yang dapat dipilih. Membangun Kesadaran, Mendorong Pertimbangan, dan Konversi.
Pengoptimalan konversi adalah tujuan kampanye baru yang mengoptimalkan iklan Anda untuk tindakan tertentu di luar klik. Sekarang, pengiklan memiliki cara untuk secara langsung menginspirasi orang untuk mengambil tindakan – seperti mengarahkan pengguna ke pembayaran online atau pendaftaran buletin tanpa langkah tambahan.
Jika Anda ingin orang menemukan bisnis Anda, pilih kesadaran merek untuk Pin standar atau tampilan Video untuk Pin Video yang Dipromosikan sebagai tujuan kampanye Anda.
Untuk dua tujuan ini, Anda dapat menetapkan biaya maksimum untuk setiap 1.000 tayangan yang diterima iklan Anda.
Jika tujuan Pinterest Anda adalah mengarahkan prospek yang memenuhi syarat ke situs web Anda atau meningkatkan lalu lintas, pilih Lalu Lintas atau Pemasangan aplikasi untuk tujuan kampanye Anda.
Untuk kampanye ini, Anda menetapkan biaya per klik maksimum yang berarti Anda hanya dikenakan biaya saat orang mengklik melalui Pin Promosi Anda untuk mengunjungi situs web Anda.
2. Tetapkan anggaran kampanye Anda
Jika Anda ingin membelanjakan uang kampanye Anda secara merata selama jangka waktu tertentu, pilih seumur hidup. Pilih harian untuk memilih jumlah yang dibelanjakan setiap hari. Anda harus menyesuaikan anggaran secara otomatis berdasarkan berapa lama Anda ingin iklan Anda ditayangkan.
Selanjutnya, Anda akan menetapkan tawaran maksimum. Tawaran menentukan jumlah uang tertinggi yang ingin Anda bayarkan untuk suatu tindakan, seperti keterlibatan atau klik, di Pinterest.
Pinterest akan merekomendasikan jumlah untuk Anda tergantung pada audiens target Anda, dan apa yang dikeluarkan pesaing. Pastikan anggaran Anda untuk iklan Pinterest mencerminkan tujuan pemasaran Anda secara keseluruhan dan pentingnya platform untuk bisnis Anda.
3. Maksimalkan upaya SEO Anda
Dengan menambahkan minat dan kata kunci ke deskripsi Anda, mereka menjadi lebih relevan bagi orang-orang yang secara aktif mencari konten tersebut. Ingatlah bahwa hashtag tidak menambahkan nilai peringkat apa pun.
Di Pinterest, kategori minat sudah diurutkan dan dikategorikan. Anda harus menjelajahi topik yang tersedia yang relevan dengan bisnis Anda dan menargetkan kueri tersebut jika Anda membutuhkan inspirasi, lihat tujuh kategori yang berjalan sangat baik di Pinterest.
Papan Anda juga memberikan peluang untuk SEO. Papan menginformasikan mesin pencari Pinterest tentang cara mengkategorikan pin Anda, yang meningkatkan visibilitas. Berfokus pada keduanya akan mendukung upaya SEO Anda.
4. Pilih audiens target Anda
Penargetan memungkinkan Anda menjangkau orang-orang yang menelusuri konten Anda dan siap untuk terlibat secara aktif. Penargetan adalah bagian penting dari iklan yang dipromosikan karena tanpanya, minat Anda akan berkurang.
Pinterest memiliki enam opsi penargetan yang dapat Anda gunakan secara tunggal atau digabungkan bersama untuk pendekatan penargetan yang unik.
Audiens menggabungkan pengetahuan pelanggan Anda dengan wawasan perilaku dari Pinterest. Jika seseorang baru-baru ini membeli sesuatu dari situs Anda atau terlibat dengan konten Pinterest Anda, ini memungkinkan Anda menargetkan orang itu untuk sebuah iklan.
Kata kunci menampilkan iklan Anda kepada seseorang yang mencari jenis konten tersebut. Jika Anda menetapkan kata kunci spesifik seperti “liburan tropis” atau “resep pai apel”, iklan Anda akan menargetkan orang-orang yang menelusuri hal-hal tersebut.
5. Menambah nilai
Promosi produk tanpa akhir di feed Pinterest bukanlah cara terbaik untuk menarik perhatian audiens dan mempertahankannya. Kemungkinan besar, Anda hanya akan menjadi gangguan dan orangorang akan berhenti mengikuti.
Anda harus menambahkan nilai pada setiap titik kontak dengan pelanggan Anda agar mereka dapat terlibat dengan konten Anda.
Untuk menambah nilai di Pinterest, coba tambahkan pin yang ingin digunakan oleh audiens Anda tetapi tidak termasuk produk atau bisnis Anda. Anda mungkin menawarkan nilai tambah dengan menampilkan layanan atau minat yang melengkapi minat Anda sendiri.
Misalnya, jika Anda menjual mobil, bagikan konten tentang perawatan atau aksesori mobil. Atau, jika Anda menjalankan halaman Pinterest untuk kedai kopi, coba Sematkan ide daftar putar untuk didengarkan orang saat mereka bekerja. Ada banyak konten yang tersedia untuk dikurasi untuk keuntungan audiens Anda.
6. Gabungkan konten Anda
Jika Anda sibuk menargetkan konten Anda ke persona, Anda akan kehilangan koneksi organik dan minat audiens Anda. Meskipun membantu untuk langkah pertama, persona tidak memberi Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang orang-orang yang berinteraksi dengan iklan Anda.
Jaga konten Anda tetap musiman dan relevan. Ya, membuat konten yang selalu menarik adalah hal yang baik tetapi jangan lewatkan peluang untuk memicu minat.
7. Pantau kinerja kampanye
Terakhir, Anda perlu mengawasi kinerja kampanye Anda untuk menentukan keberhasilan iklan Anda, atau mengapa kinerjanya tidak seperti yang Anda harapkan.
Saat Anda berada di Pinterest Ads Manager, klik Analytics dan Anda akan diperlihatkan gambaran umum dari semua kampanye dan metrik utama Anda.
Metrik ini mencakup tayangan, total klik, perolehan biaya per tayangan, biaya per klik efektif, dan banyak lagi.
Setiap kampanye memiliki peluang untuk meningkatkan kesadaran merek atau menginspirasi pembelian.
Setelah melihat analisis Anda, Anda dapat menentukan apakah Anda perlu memperluas audiens Anda, meningkatkan anggaran, atau mencoba format iklan yang berbeda.
Iklan Pinterest bukanlah ilmu pasti, jadi eksperimen adalah kunci sukses di platform ini.
Temukan lebih banyak tips, trik serta rekomendasi menarik seputar dunia bisnis online hanya dari MARKEY. Kunjungi websitenya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.