Media Bisnis Online | by APPKEY

PemasaranInternet marketingTutorial WhatsApp Blast Terlengkap untuk Promosi Olshop

Tutorial WhatsApp Blast Terlengkap untuk Promosi Olshop

-

Last Updated on February 24, 2023 by

Sudahkah Anda pernah mencoba promosi di WA dengan fitur WhatsApp Blast? Fitur canggih satu ini akan membantu Anda mengirim pesan marketing ke ratusan konsumen sekaligus!

Berbisnis di sosial media saat ini bukanlah hal yang aneh. Sosmed seperti WhatsApp justru menjadi platform komunikasi yang baik bagi konsumen dan brand. Calon pembeli bisa dengan mudah mengontak Anda untuk menanyakan produk atau melakukan transaksi online.

Namun salah satu kendala bisnis di WhatsApp adalah tidak bisa mengirim pesan ke banyak orang sekaligus. Tidak seperti Instagram, Facebook dan Twitter yang sifatnya publik, komunikasi WhatsApp cenderung lebih pribadi dalam ruang obrolan yang aman terenkripsi end to end.

Nah, kabar baiknya, kini Anda bisa mengirimkan satu pesan ke banyak orang di WhatsApp melalui fitur WhatsApp Blast. Yuk kenalan lebih lanjut dengan arti, manfaat dan strategi marketing memakai WhatsApp Blast selengkapnya di sini.

Apa Itu WhatsApp Blast?

whatsapp blast

Para pebisnis online wajib mengetahui fitur terbaru dari WhatsApp Business API yakni “WA Blast”. WhatsApp Blast adalah fitur pengiriman pesan massal ke seluruh kontak WhatsApp yang Anda punya. Fitur Blast dikenal dengan serangkaian nama, antara lain “WA Broadcast”, “WA Blaster”, “WA Bulk Sender” dan “WA Blasting”.

Cara kerja WA Blast sama dengan pesan broadcast. Anda hanya perlu mengetik sebuah pesan lalu memencet tombol kirim. Nantinya seluruh konsumen Anda di WhatsApp akan menerima pesan tersebut.

Tentunya fitur Blast akan sangat menghemat waktu, tenaga dan biaya promosi Anda di WhatsApp. Namun dengan catatan, Anda harus memiliki daftar kontak nomor telepon konsumen. Pastikan juga daftar kontak tersebut tersinkronisasi dengan akun WhatsApp Business Anda untuk mempermudah promosi.

WhatsApp Blast bisa Anda download gratis dari Play Store pada link berikut : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.vinfo.wamsgsender

Artikel terkait  Virtual Marketing Adalah [Arti, Contoh & Tips Pemakaiannya]

5 Manfaat WhatsApp Blast untuk Bisnis Online

Mengapa online shop Anda wajib menggunakan WA Blast untuk promosi? Sejatinya ada banyak sekali ragam manfaat promosi dengan fitur WA Broadcast satu ini. Untuk Anda yang belum tahu, berikut beberapa di antaranya:

1. Lebih Hemat Biaya Promosi

Anda tidak perlu keluar uang tambahan untuk mempromosikan bisnis di WA Blast. Layanan broadcast satu ini tersedia gratis dan langsung siap pakai. Alhasil siapapun bisa memanfaatkan WhatsApp Bulk Sender untuk menggencarkan promosi masing-masing.

Akan lebih baik lagi jika pesan broadcast langsung Anda buat sendiri untuk menekan budget marketing. Anda bisa mulai dengan menyiapkan desain grafis pamflet promo, atau hanya teks pesan dengan strategi copywriting AIDA yang menggugah.

2. Lebih Hemat Waktu Promosi

Tidak hanya menghemat biaya, fitur WA Blaster juga bisa menghemat waktu promosi Anda. Mengirim pesan promosi 1 per 1 tentunya akan memakan waktu berjam-jam. Namun dengan WA Blast, cukup sekali buat pesan saja lalu informasi akan terkirim merata ke ratusan bahkan ribuan orang dalam hitungan detik.

3. Lebih Mudah Menjangkau Konsumen

Manfaat WhatsApp Broadcast berikutnya adalah lebih mudah dalam urusan menjangkau konsumen. Calon konsumen dapat teryakinkan untuk membeli produk apabila mereka rutin menerima pesan broadcast Anda. Terutama jika Anda menawarkan promo diskon yang menarik dan sayang untuk dilewatkan.

4. Lebih Ampuh Meningkatkan Penjualan

Meningkatnya minat konsumen terhadap produk tentu akan berimbas pada pertambahan angka penjualan. Dengan kata lain, promosi di WA Blast turut ampuh meningkatkan transaksi dan omset bisnis. Semakin sering Anda mengiklankan produk/jasa melalui WA Blast, otomatis makin besar pula peluang terjadinya transaksi.

5. Lebih Efektif Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Keuntungan menarik yang terakhir dari pemakaian WhatsApp Broadcast adalah efektif meningkatkan loyalitas konsumen. Hal ini dapat terwujud jika Anda mengustomisasikan isi pesan broadcast semenarik mungkin.

Misalnya dengan menyapa konsumen di awal pesan dengan nama panggilan mereka. Cara lainnya yang tak kalah efektif adalah menyelipkan gambar desain iklan yang menggugah disertai promo diskon terbatas. Atau, bisa juga dengan menyesuaikan isi penawaran dengan item-item favorit pembeli supaya mereka makin tertarik berbelanja.

Artikel terkait  Contoh Inspiratif AI di Bidang Digital Marketing

4 Langkah Mengirim WhatsApp Blast untuk Mempromosikan Usaha

whatsapp blast

Setelah mengetahui apa itu WA Blast dan manfaatnya, kini barulah kita melihat cara mengirim pesan broadcast di WhatsApp yang tepat untuk mempromosikan bisnis.

Hanya ada 4 langkah sederhana untuk mengirimkan pesan promosi ke ribuan orang di WA. Yuk siapkan catatan Anda dan simak tutorialnya di bawah ini:

1. Verifikasi Akun WhatsApp API

Anda memerlukan akun WhatsApp API yang telah diverifikasi agar bisa mengirim pesan broadcast ke banyak orang. API adalah singkatan dari Application Programming Interface. Jadi, WhatsApp API adalah software yang menghubungkan WhatsApp Business ke program khusus milik perusahaan.

Lalu bagaimana cara memverifikasi WhatsApp API? Anda bisa menghubungi layanan khusus API WA yang tersedia gratis di internet. Siapkan juga dokumen-dokumen pendukung yang akan diminta oleh tim verifikator nanti untuk memperlancar prosesnya.

Anda bisa mendaftarkan akun WhatsApp biasa atau WhatsApp Business agar tersinkron dengan API. Namun memakai WA Business lebih dianjurkan mengingat tujuan broadcasting kali ini adalah untuk mempopulerkan usaha online Anda.

2. Buat Template Pesan Promosi

Setelah akun WhatsApp Business Anda terverifikasi, lanjutkan dengan membuat draft template pesan yang akan di-share. Anda bebas membuat isi pesan sesuai tujuan marketing yang hendak diraih. Misalnya mempromosikan produk/jasa baru, menciptakan peluang penjualan, memberikan promo, mengadakan giveaway dan lain-lain.

Isi konten pun bebas ditentukan sekreatif mungkin. Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, Anda bisa menjadikan konten broadcast lebih menarik dan personal dengan berbagai cara:

  • Menggunakan teknik copywriting yang memikat emosi pembaca.
  • Memotivasi konsumen untuk bertindak dengan CTA (call to action).
  • Memakai sapaan khusus dan emojiuntuk mengakrabkan diri dengan audiens.
  • Menyelipkan gambar pendukung agar konsumen lebih mudah mencerna informasi.
  • Menyertakan tautan ke situs bisnis untuk membantu transaksi.
  • Memberikan konten edukatif atau hiburan yang relevan dengan situasi dan trend masa kini.

Pesan yang telah dibuat pun akan melalui serangkaian pengecekan terlebih dahulu oleh sistem sebelum bisa terkirim. Tujuannya tak lain supaya pesan broadcast tidak melanggar ketentuan WhatsApp dan kenyamanan pengguna. Namun tenang saja, proses verifikasi ini terbilang cepat dalam hitungan detik.

3. Siapkan Daftar Kontak Konsumen

Jangan lupa untuk menyiapkan daftar kontak calon penerima pesan alias target pembeli! Namun daftar kontak tersebut tidak harus disimpan di ponsel. Anda bisa mengimpor data berupa file Excel dan CSV, lalu sistem WA Blast lah yang akan langsung mengolahnya. Cukup praktis, bukan?

Proses pengumpulan daftar kontak ini pun bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya:

  • Mengumpulkan data pengguna website dan aplikasi bisnis.
  • Mengadakan survey followers di sosial media.
  • Memberikan hadiah atau voucher gratis yang mana syarat klaimnya konsumen harus mencantumkan nomor telepon aktif mereka.
  • Mendata pelanggan yang pernah berbelanja di toko Anda.
  • Mendata konsumen yang mengunjungi event bisnis Anda.
  • Dan masih banyak lagi!

4. Tekan Tombol “Kirim”

Selamat! Persiapan Anda kini sudah selesai. Sekarang Anda hanya perlu mengklik tombol kirim atau “submit” untuk mengirim pesan broadcast yang telah lolos pengecekan.

Pesan-pesan tersebut akan langsung masuk ke kotak masuk WhatsApp target konsumen. Jangan lupa untuk segera membalas apabila ada yang membalas pesan promo. Anda bisa membalas secara langsung atau memanfaatkan fitur pembalas pesan otomatis “bot WA”.

Poin terakhir namun tak kalah penting adalah melakukan evaluasi. Hitung persentase orang yang menanggapi pesan broadcast WA Anda, mulai dari yang membalas, memberikan reaction, atau langsung mengunjungi toko online dan berbelanja.

Proses evaluasi ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pemasaran ke depannya. Cari tahu hal-hal yang sekiranya masih perlu diperbaiki supaya pesan promosi WA Anda lebih menarik minat dan engagement.

Artikel terkait  Apa Itu Marketing Dashboard? Ini Fungsi & Cara Buatnya

Kekurangan WA Blast yang Patut Diperhatikan

Terlepas dari segudang manfaat yang ditawarkan, fitur WhatsApp Bulk Sender tetap mempunyai sejumlah kekurangan. Kekurangan-kekurangan ini ada baiknya Anda perhatikan agar tidak menjadi penghambat aktivitas marketing di kemudian hari.

Apa sajakah kekurangan WA Blast? Melansir dari berbagai sumber, WA Blast hanya menyediakan akses gratis kirim pesan ke 1000 kontak per bulan. Jika Anda sudah melewati batas tersebut, maka ada kemungkinan Anda dikenakan biaya di pesan-pesan berikutnya. Tarif tambahan tersebut sekitar 275 perak per 1 message.

Selain itu, Anda juga sebaiknya mengatur jadwal pengiriman pesan di WA Blast agar tidak dianggap sebagai spam oleh sistem. Isi pesan juga sebaiknya tidak memuat konten dewasa, kekerasan atau rasisme. Segala bentuk pelanggaran saat pemakaian WA Blast bisa berakibat pada pemblokiran nomor bisnis Anda.

Demikianlah pembahasan lengkap seputar tutorial WhatsApp Blast. Ayo segera coba gunakan fitur ini untuk memaksimalkan daya jangkau promosi bisnis Anda!

Temukan lebih banyak strategi marketing yang efektif untuk bisnis online Anda hanya di MARKEY. Baca gratis koleksi artikel terbarunya di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (tersedia di Play Store dan AppStore). Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Paket Aplikasi Android dan iOS

Pasang iklan

- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Mari mencobanya dengan...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

HOST ID dan NETWORK ID | Pengertian dan Contohnya

Perangkat komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari, ternyata memiliki jaringan yang rumit dan juga kompleks. Sebab, hingga saat ini...

Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak untuk Pemula

Belajar IT atau coding bisa dibilang hal yang tidak mudah apalagi bagi pemula. Karenanya memang butuh beberapa tahun untuk...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya