Last Updated on February 24, 2023 by
Sudahkah Anda pernah mencoba promosi di WA dengan fitur WhatsApp Blast? Fitur canggih satu ini akan membantu Anda mengirim pesan marketing ke ratusan konsumen sekaligus!
Berbisnis di sosial media saat ini bukanlah hal yang aneh. Sosmed seperti WhatsApp justru menjadi platform komunikasi yang baik bagi konsumen dan brand. Calon pembeli bisa dengan mudah mengontak Anda untuk menanyakan produk atau melakukan transaksi online.
Namun salah satu kendala bisnis di WhatsApp adalah tidak bisa mengirim pesan ke banyak orang sekaligus. Tidak seperti Instagram, Facebook dan Twitter yang sifatnya publik, komunikasi WhatsApp cenderung lebih pribadi dalam ruang obrolan yang aman terenkripsi end to end.
Nah, kabar baiknya, kini Anda bisa mengirimkan satu pesan ke banyak orang di WhatsApp melalui fitur WhatsApp Blast. Yuk kenalan lebih lanjut dengan arti, manfaat dan strategi marketing memakai WhatsApp Blast selengkapnya di sini.
Daftar Isi
Apa Itu WhatsApp Blast?
Para pebisnis online wajib mengetahui fitur terbaru dari WhatsApp Business API yakni “WA Blast”. WhatsApp Blast adalah fitur pengiriman pesan massal ke seluruh kontak WhatsApp yang Anda punya. Fitur Blast dikenal dengan serangkaian nama, antara lain “WA Broadcast”, “WA Blaster”, “WA Bulk Sender” dan “WA Blasting”.
Cara kerja WA Blast sama dengan pesan broadcast. Anda hanya perlu mengetik sebuah pesan lalu memencet tombol kirim. Nantinya seluruh konsumen Anda di WhatsApp akan menerima pesan tersebut.
Tentunya fitur Blast akan sangat menghemat waktu, tenaga dan biaya promosi Anda di WhatsApp. Namun dengan catatan, Anda harus memiliki daftar kontak nomor telepon konsumen. Pastikan juga daftar kontak tersebut tersinkronisasi dengan akun WhatsApp Business Anda untuk mempermudah promosi.
WhatsApp Blast bisa Anda download gratis dari Play Store pada link berikut : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.vinfo.wamsgsender
5 Manfaat WhatsApp Blast untuk Bisnis Online
Mengapa online shop Anda wajib menggunakan WA Blast untuk promosi? Sejatinya ada banyak sekali ragam manfaat promosi dengan fitur WA Broadcast satu ini. Untuk Anda yang belum tahu, berikut beberapa di antaranya:
1. Lebih Hemat Biaya Promosi
Anda tidak perlu keluar uang tambahan untuk mempromosikan bisnis di WA Blast. Layanan broadcast satu ini tersedia gratis dan langsung siap pakai. Alhasil siapapun bisa memanfaatkan WhatsApp Bulk Sender untuk menggencarkan promosi masing-masing.
Akan lebih baik lagi jika pesan broadcast langsung Anda buat sendiri untuk menekan budget marketing. Anda bisa mulai dengan menyiapkan desain grafis pamflet promo, atau hanya teks pesan dengan strategi copywriting AIDA yang menggugah.
2. Lebih Hemat Waktu Promosi
Tidak hanya menghemat biaya, fitur WA Blaster juga bisa menghemat waktu promosi Anda. Mengirim pesan promosi 1 per 1 tentunya akan memakan waktu berjam-jam. Namun dengan WA Blast, cukup sekali buat pesan saja lalu informasi akan terkirim merata ke ratusan bahkan ribuan orang dalam hitungan detik.
3. Lebih Mudah Menjangkau Konsumen
Manfaat WhatsApp Broadcast berikutnya adalah lebih mudah dalam urusan menjangkau konsumen. Calon konsumen dapat teryakinkan untuk membeli produk apabila mereka rutin menerima pesan broadcast Anda. Terutama jika Anda menawarkan promo diskon yang menarik dan sayang untuk dilewatkan.
4. Lebih Ampuh Meningkatkan Penjualan
Meningkatnya minat konsumen terhadap produk tentu akan berimbas pada pertambahan angka penjualan. Dengan kata lain, promosi di WA Blast turut ampuh meningkatkan transaksi dan omset bisnis. Semakin sering Anda mengiklankan produk/jasa melalui WA Blast, otomatis makin besar pula peluang terjadinya transaksi.
5. Lebih Efektif Meningkatkan Loyalitas Konsumen
Keuntungan menarik yang terakhir dari pemakaian WhatsApp Broadcast adalah efektif meningkatkan loyalitas konsumen. Hal ini dapat terwujud jika Anda mengustomisasikan isi pesan broadcast semenarik mungkin.
Misalnya dengan menyapa konsumen di awal pesan dengan nama panggilan mereka. Cara lainnya yang tak kalah efektif adalah menyelipkan gambar desain iklan yang menggugah disertai promo diskon terbatas. Atau, bisa juga dengan menyesuaikan isi penawaran dengan item-item favorit pembeli supaya mereka makin tertarik berbelanja.
4 Langkah Mengirim WhatsApp Blast untuk Mempromosikan Usaha
Setelah mengetahui apa itu WA Blast dan manfaatnya, kini barulah kita melihat cara mengirim pesan broadcast di WhatsApp yang tepat untuk mempromosikan bisnis.
Hanya ada 4 langkah sederhana untuk mengirimkan pesan promosi ke ribuan orang di WA. Yuk siapkan catatan Anda dan simak tutorialnya di bawah ini:
1. Verifikasi Akun WhatsApp API
Anda memerlukan akun WhatsApp API yang telah diverifikasi agar bisa mengirim pesan broadcast ke banyak orang. API adalah singkatan dari Application Programming Interface. Jadi, WhatsApp API adalah software yang menghubungkan WhatsApp Business ke program khusus milik perusahaan.
Lalu bagaimana cara memverifikasi WhatsApp API? Anda bisa menghubungi layanan khusus API WA yang tersedia gratis di internet. Siapkan juga dokumen-dokumen pendukung yang akan diminta oleh tim verifikator nanti untuk memperlancar prosesnya.
Anda bisa mendaftarkan akun WhatsApp biasa atau WhatsApp Business agar tersinkron dengan API. Namun memakai WA Business lebih dianjurkan mengingat tujuan broadcasting kali ini adalah untuk mempopulerkan usaha online Anda.
2. Buat Template Pesan Promosi
Setelah akun WhatsApp Business Anda terverifikasi, lanjutkan dengan membuat draft template pesan yang akan di-share. Anda bebas membuat isi pesan sesuai tujuan marketing yang hendak diraih. Misalnya mempromosikan produk/jasa baru, menciptakan peluang penjualan, memberikan promo, mengadakan giveaway dan lain-lain.
Isi konten pun bebas ditentukan sekreatif mungkin. Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, Anda bisa menjadikan konten broadcast lebih menarik dan personal dengan berbagai cara:
- Menggunakan teknik copywriting yang memikat emosi pembaca.
- Memotivasi konsumen untuk bertindak dengan CTA (call to action).
- Memakai sapaan khusus dan emojiuntuk mengakrabkan diri dengan audiens.
- Menyelipkan gambar pendukung agar konsumen lebih mudah mencerna informasi.
- Menyertakan tautan ke situs bisnis untuk membantu transaksi.
- Memberikan konten edukatif atau hiburan yang relevan dengan situasi dan trend masa kini.
Pesan yang telah dibuat pun akan melalui serangkaian pengecekan terlebih dahulu oleh sistem sebelum bisa terkirim. Tujuannya tak lain supaya pesan broadcast tidak melanggar ketentuan WhatsApp dan kenyamanan pengguna. Namun tenang saja, proses verifikasi ini terbilang cepat dalam hitungan detik.
3. Siapkan Daftar Kontak Konsumen
Jangan lupa untuk menyiapkan daftar kontak calon penerima pesan alias target pembeli! Namun daftar kontak tersebut tidak harus disimpan di ponsel. Anda bisa mengimpor data berupa file Excel dan CSV, lalu sistem WA Blast lah yang akan langsung mengolahnya. Cukup praktis, bukan?
Proses pengumpulan daftar kontak ini pun bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya:
- Mengumpulkan data pengguna website dan aplikasi bisnis.
- Mengadakan survey followers di sosial media.
- Memberikan hadiah atau voucher gratis yang mana syarat klaimnya konsumen harus mencantumkan nomor telepon aktif mereka.
- Mendata pelanggan yang pernah berbelanja di toko Anda.
- Mendata konsumen yang mengunjungi event bisnis Anda.
- Dan masih banyak lagi!
4. Tekan Tombol “Kirim”
Selamat! Persiapan Anda kini sudah selesai. Sekarang Anda hanya perlu mengklik tombol kirim atau “submit” untuk mengirim pesan broadcast yang telah lolos pengecekan.
Pesan-pesan tersebut akan langsung masuk ke kotak masuk WhatsApp target konsumen. Jangan lupa untuk segera membalas apabila ada yang membalas pesan promo. Anda bisa membalas secara langsung atau memanfaatkan fitur pembalas pesan otomatis “bot WA”.
Poin terakhir namun tak kalah penting adalah melakukan evaluasi. Hitung persentase orang yang menanggapi pesan broadcast WA Anda, mulai dari yang membalas, memberikan reaction, atau langsung mengunjungi toko online dan berbelanja.
Proses evaluasi ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pemasaran ke depannya. Cari tahu hal-hal yang sekiranya masih perlu diperbaiki supaya pesan promosi WA Anda lebih menarik minat dan engagement.
Kekurangan WA Blast yang Patut Diperhatikan
Terlepas dari segudang manfaat yang ditawarkan, fitur WhatsApp Bulk Sender tetap mempunyai sejumlah kekurangan. Kekurangan-kekurangan ini ada baiknya Anda perhatikan agar tidak menjadi penghambat aktivitas marketing di kemudian hari.
Apa sajakah kekurangan WA Blast? Melansir dari berbagai sumber, WA Blast hanya menyediakan akses gratis kirim pesan ke 1000 kontak per bulan. Jika Anda sudah melewati batas tersebut, maka ada kemungkinan Anda dikenakan biaya di pesan-pesan berikutnya. Tarif tambahan tersebut sekitar 275 perak per 1 message.
Selain itu, Anda juga sebaiknya mengatur jadwal pengiriman pesan di WA Blast agar tidak dianggap sebagai spam oleh sistem. Isi pesan juga sebaiknya tidak memuat konten dewasa, kekerasan atau rasisme. Segala bentuk pelanggaran saat pemakaian WA Blast bisa berakibat pada pemblokiran nomor bisnis Anda.
Demikianlah pembahasan lengkap seputar tutorial WhatsApp Blast. Ayo segera coba gunakan fitur ini untuk memaksimalkan daya jangkau promosi bisnis Anda!
Temukan lebih banyak strategi marketing yang efektif untuk bisnis online Anda hanya di MARKEY. Baca gratis koleksi artikel terbarunya di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (tersedia di Play Store dan AppStore). Sampai jumpa lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.