Last Updated on June 6, 2022 by
Media sosial tidak hanya cocok digunakan untuk menyebarkan foto serta video pribadi ke teman-teman, keluarga, ataupun orang tersayang. Sekarang, media sosial juga sangat efektif dipakai untuk mempromosikan foto-foto produk jualan secara online.
Pernahkah Anda memerhatikan postingan media sosial yang dikhususkan untuk berjualan? Biasanya, postingan promosi jualan akan tampil berbeda dibandingkan postingan pribadi. Dapatkah Anda menebak apa perbedaan itu?
Iya, tepat sekali! Penggunaan hashtag adalah perbedaan yang mencolok antara postingan produk jualan dengan pribadi di medsos. Mengapa para pedagang online suka menggunakan hashtag di akhir captionnya? Apa peranan hashtag dalam mempromosikan produk online?
Daripada bingung, mari cari tahu pembahasan lengkap terkait pentingnya hashtag dalam memaksimalkan promosi online shop Anda beserta rekomendasi hashtag generator terbaik dalam artikel berikut ini.
Daftar Isi
Definisi Hashtag | Simbol Kecil Bermanfaat Besar untuk Olshop
Jika Anda memerhatikan beragam postingan yang ada di media sosial apapun itu (Instagram, Twitter, Facebook bahkan status WhatsApp), terkadang kita menemukan postingan-postingan dibumbui hashtag kecil beserta kata-kata tertentu di bagian akhir captionnya. Tahukah Anda apa maksud dari kode bertanda pagar tersebut?
Simbol tersebut bernama hashtag. Penggunaan hashtag adalah hal yang lumrah di media sosial. Seringkali simbol ini dipakai oleh akun-akun bisnis saat mereka memasarkan produknya di medsos. Mengapa?
Mari kita mulai dengan mengenal apa itu hashtag. Hashtag adalah simbol pagar kecil yang mendahului sejumlah kata tertentu dalam postingan status medsos. Jika suatu kata dibubuhi oleh hashtag, maka kita dapat mengklik secara khusus pada kata tersebut dan melakukan penelusuran sesuai dengan topik tertentu.
Semisal, Anda memakai #kulinerenak saat mempromosikan produk jualan makanan di media sosial. Jika Anda mengklik #kulinerenak di postingan tadi, maka Anda akan diarahkan ke suatu halaman khusus yang memuat seluruh postingan berhashtag kuliner enak.
Begitu pula jika Anda memposting produk lain seperti smartphone. Agar postingan Anda mudah ditemukan oleh orang-orang yang sedang mencari produk smartphone, cukup bubuhkan #smartphone pada caption postingan Anda. Nantinya postingan Anda akan masuk ke dalam jajaran postingan terkait smartphone di medsos. Praktis, bukan?
Tujuan penggunaan hashtag adalah agar warganet bisa melakukan penelusuran suatu konten secara spesifik di media sosial dengan gampang. Penggunaan hashtag ini persis seperti saat Anda melakukan penelusuran di Google menggunakan keyword.
Banyak pemilik toko online juga menggunakan hashtag agar postingan mereka tidak “tenggelam”. Seperti yang Anda ketahui, media sosial mempunyai ratusan hingga jutaan postingan baru di setiap detiknya. Sangat mudah membayangkan besarnya kemungkinan postingan jualan Anda tenggelam oleh derasnya arus informasi baru yang selalu berdatangan.
Namun hal tersebut bisa diantisipasi semudah membubuhkan hashtag pada postingan Anda. Kapanpun orang-orang mencari konten yang sesuai dengan produk Anda, maka postingan Anda akan selalu tampil dalam hasil penelusuran mereka. Jadi toko Anda masih berpeluang untuk memperoleh penjualan.
Selain sebagai keyword pencarian di medsos, hashtag adalah komponen penting dalam marketing online dengan beragam kegunaan lain. Untuk tahu lebih banyak terkait penggunaan hashtag ini, yuk lanjutkan membaca ke bagian selanjutnya.
Baca juga : Pakai +50 Hashtag TikTok FYP Ini Agar Banyak Likes!
Manfaat Hashtag dalam Sistem Promosi Online
Peribahasa “kecil-kecil cabe rawit” mungkin cocok untuk menggambarkan hashtag yang kaya akan manfaat. Meskipun hanya berupa simbol kecil, keberadaan hashtag adalah sesuatu yang amat mempengaruhi strategi promosi media sosial. Berikut ini adalah sejumlah manfaat hashtag lainnya untuk memaksimalkan promosi online shop Anda di media sosial.
Mudah Mendapat Banyak Followers dan Engagement
Keuntungan pertama pemakaian hashtag adalah mempermudah akun memperoleh banyak followers serta engagement. Hal ini masuk akal sebab postingan berhashtag akan otomatis terkumpul sesuai kategorinya masing-masing di medsos, sehingga mempermudah orang-orang untuk menemukan postingan yang sesuai dengan mudah.
Contohnya begini. Anda memposting foto produk buku memakai #bukubarumurah. Postingan Anda ini akan otomatis masuk dalam kategori “buku” berkat hashtag yang dicantumkan. Nantinya, postingan Anda dapat menarik perhatian para pecinta buku jika mereka melakukan penelusuran menggunakan #buku.
Engagement seperti likes dan komen pun akan tercipta mengingat postingan Anda selaras dengan minat mereka. Bahkan bukan tidak mungkin jika mereka mulai memfollow akun olshop buku Anda.
Promosi Produk Mudah dan Spesifik
Poin ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Dengan hashtag, postingan Anda dapat menyasar masyarakat umum dan kelompok-kelompok khusus. Seperti kelompok pecinta buku dalam contoh sebelumnya. Apabila postingan Anda ditemukan oleh target audience yang sesuai (postingan buku ditemukan oleh pecinta buku), maka besar kemungkinan mereka akan beralih dari sekadar followers menjadi potential buyer produk Anda.
Mempermudah Konsumen Menemukan Brand Anda
Selanjutnya, manfaat hashtag adalah mempermudah konsumen dalam menemukan toko atau brand Anda di medsos. Seringkali perusahaan menggunakan hashtag khusus yang mencerminkan labelnya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan konsumen dalam menemukan brand mereka di media sosial.
Contohnya Anda menggunakan hashtag umum #buku. Kemudian Anda menambahkan hashtag khusus yakni #tokobukuJogja. Hashtag khusus ini jelas tidak digunakan oleh akun-akun pedagang buku lain. Alhasil, hashtag ini telah menjadi ciri khusus yang menandai toko Anda. Kapanpun konsumen menelusuri hashtag #tokobukuJogja, brand Anda akan muncul di halaman pencarian mereka.
Memperluas Jangkauan Konsumen
Terakhir, manfaat hashtag adalah memperluas jangkauan postingan ke masyarakat. Fungsi ini biasanya dijalankan oleh hashtag umum seperti #buku, #skincare, #makanan dan lain-lain. Penelusuran umum ini dapat dilakukan oleh siapa saja, alhasil postingan Anda berkesempatan untuk muncul di sebanyak mungkin timeline pengguna media sosial. Otomatis, akan ada semakin banyak orang yang mengetahui postingan Anda berkat hashtag yang dibutuhkan dalam caption postingan.
5 Top Hashtag Generator, Bikin Hashtag Terbaik, Mudah & Cepat
Kini Anda sudah mengerti bahwa hashtag adalah elemen kecil dengan segudang manfaat untuk promosi produk online. Akan tetapi, sudahkah Anda tahu bagaimana cara membuat hashtag terbaik?
Kenyataannya, merumuskan hashtag yang tepat untuk postingan bisa menjadi hal yang rumit dan membingungkan untuk pemula. Agar tidak pusing menentukan hashtag terbaik untuk dicantumkan dalam postingan, kami telah menyiapkan sejumlah rekomendasi hashtag generator. Dengan bantuan alat-alat berikut ini, Anda bisa merumuskan hashtag terbaik dengan lebih mudah dan cepat.
1. All Hashtag
Rekomendasi pertama generator hashtag adalah All Hashtag. Situs ini menyediakan ratusan rekomendasi hashtag terbaik yang bisa Anda copy dan paste langsung pada caption media social. Fitur-fitur pada situs inipun sangat lengkap, seperti hashtag analisa untuk menganalisis sejauh mana daya kerja hashtag pada media sosial.
Ada pula hashtag creator untuk membuat hashtag baru. Lalu Anda bisa meneukan rekomendasi top trending hashtag di media sosial di fitur hashtag trending. Jika Anda ingin postingan terpajang di posisi teratas penelusuran medsos, cukup gunakan hastag-hastag yang termasuk top trending ini. Dijamin 100% manjur!
Akses All Hashtag sekarang di: https://www.all-hashtag.com/
2. Keyword Tool Io
Selanjutnya adalah Keyword Tool Io. Situs ini menyediakan beraneka ragam fitur untuk mendukung promosi bisnis online di media sosial. Seperti fitur pencarian jumlah pos yang menggunakan hashtag rekomendasi. Dengan begini, Anda dapat mengetahui ada berapa banyak postingan lain yang juga membubuhkan hashtag yang sama. Fitur hashtag ini juga memudahkan Anda mencari tahu postingan apa yang sedang trending di media sosial saat ini.
Selain itu masih ada juga fitur-fitur lainnya seperti rekomendasi hashtag siap pakai, hashtag generator, dan lainnya. Sayangnya website ini memiliki akses gratis dan premium. Anda tentunya bisa menggunakan akses gratis Keyword Tool Io, namun akan ada sejumlah fitur premium yang dibatasi penggunaannya.
Tertarik untuk mencoba? Coba Keyword Tool Io di: https://keywordtool.io/
3. Tags Finder
Nama Tags Finder tak kalah terkenal dibandingkan 2 situs sebelumnya. Kelebihan Tags Finder adalah Anda bisa mengatur sendiri rekomendasi hashtag berdasarkan negara. Detail ini pun penting, mengingat setiap negara memiliki trending yang berbeda-beda.
Kemudian Anda juga bisa memasukkan 1-5 kata yang paling menggambarkan postingan di kolom pencarian. Nantinya mesin dapat membantu memberikan rekomendasi hashtag terbaik untuk digunakan. Uniknya Anda juga bisa memilih sejumlah kata yang tidak ingin dijadikan hashtag melalui fitur eliminasi.
Semua fitur Tags Finder pun dapat digunakan secara gratis di: https://www.tagsfinder.com/id-id/
4. Leetags
Rekomendasi generator selanjutnya adalah Leetags. Berbeda dengan tiga rekomendasi sebelumnya, Leetags berupa aplikasi smartphone Android untuk menemukan hashtag. Cara pakainya sangat sederhana. Anda cukup memasukkan keyword umum yang paling sesuai dengan konten yang diposting.
Semisal Anda memosting foto OOTD baju kekinian. Jadi, Anda cukup mengklik kategori fashion di aplikasi. Kemudian sejumlah hashtag terkait fashion akan langsung muncul di layar Anda. Anda bebas memilih sendiri hendak menggunakan hashtag mana di postingan.
Download Leetags di Google Play Store: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.leetags
5. Focalmark
Aplikasi hashtag generator terbaik terakhir adalah Focalmark. Tampil untuk smartphone dalam ukuran yang ringan, Focalmark menyediakan aneka hashtag menarik sesuai dengan lokasi domisili atau negara Anda, style postingan, dan kategori umum dari postingan. Anda bebas memilih sendiri hashtag-hashtag mana yang hendak digunakan untuk mempercantik caption postingan.
Aplikasi ini juga mudah digunakan siapa saja karena memiliki tampilan antarmuka yang sangat sederhana. Download Focalmark sekarang di: https://apkpure.com/id/focalmark/com.focalmark.app
Demikianlah pembahasan kali ini terkait software generator hashtag serta kegunaan hastag untuk memaksimalkan promosi postingan Anda di media sosial. Sebagai catatan tambahan, saat memilih hashtag Anda harus mencermati beberapa hal seperti memilih aspek-aspek yang relevan dengan postingan. Jangan sampai Anda menggunakan hashtag yang tidak sesuai dengan topik, tema ataupun inti dari postingan.
Selain itu, tidak ada salahnya juga untuk Anda melakukan riset kecil-kecilan guna mengetahui apa saja hashtag yang sedang trend saat ini di media sosial. Semoga rekomendasi generator hashtag di atas dapat membantu Anda dalam melakukan riset ini, ya.
Terima kasih sudah mengikuti artikel ini sampai akhir. Jangan lupa follow media sosial dan website kami untuk memperoleh lebih banyak tips sukses berbisnis marketing lainnya. Sampai jumpa!
Baca juga
Sering Dilakukan, 9 Kesalahan Cara Membuat Hashtag di Promosi Sosial Media
Inilah Cara Lengkap Membuat Hashtag IG yang Memikat Audiense Bisnis
Pakai +50 Hashtag TikTok FYP Ini Agar Banyak Likes!
Relevansi Hash Tag | Bagaimana Cara Melakukan Analisis Hash Tag yang Benar?
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.