Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Inilah Cara Lengkap Membuat Hashtag IG yang Memikat Memikat...

Inilah Cara Lengkap Membuat Hashtag IG yang Memikat Memikat Audiense Bisnis

-

Trik hashtag Instagram tahun 2021 mengalami perubahan yang cukup signifikan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Terlebih saat ini ada hampir 1,07 milyar pengguna IG dari seluruh dunia. Bisakah Anda bayangkan betapa krodit dan ramainya linimassa sosmed satu itu?

Tingginya jumlah pengguna IG berdampak secara langsung pada cara membuat hashtag untuk postingan yang Anda unggah. Hashtag adalah alat bantu supaya postingan bisnis Anda bisa mendapat perhatian dan engagement (interaksi) dari banyak orang. Maka dari itu, memakai hashtag IG tidak bisa dilakukan sembarangan.

Jadi seperti apa trik hashtag Instagram di tahun 2021 ini? Yuk simak ulasan kali ini untuk mengetahui bagaimana trik hashtag Instagram terkini. Selamat membaca!

Hashtag IG 2021: Cara Kerja

hashtag-instagram

Mungkin Anda masih penasaran terkait cara sebuah hashtag bekerja mempromosikan postingan di sosial media. Seperti yang kita ketahui, hashtag sejatinya hanya kata kunci sederhana yang dilekatkan dengan tanda # di depannya. Ketika diklik, hashtag-hashtag bisa memunculkan postingan tertentu.

Memahami cara kerja hashtag dan algoritma Instagram adalah hal penting sebelum menyelam ke trik hashtag Instagram 2021. Dengan mengetahui cara kerja kedua elemen tersebut, Anda bisa lebih mudah membuat hashtag IG yang pasti dilihat konsumen.

Hashtag Mengumpulkan Konten Sosmed Anda

Cara kerja hashtag adalah dengan mengumpulkan seluruh konten sosmed ke satu kategori. Kehadiran hashtag mempermudah Instagram untuk mengelompokkan postingan ke kategori-kategori tertentu.

Semisal postingan Anda memuat hashtag #bajupreloved. Kemudian Instagram akan mengelompokkan postingan Anda bersama post-post lain yang memakai hashtag #bajupreloved. Nantinya saat seseorang menelusuri hashtag #bajupreloved, maka secara otomatis postingan Anda akan muncul sebagai hasil penelusuran.

Hashtag bekerja sebagai filter bagi pengguna sosmed. Setiap konsumen pastinya mempunyai topik kegemaran masing-masing ada yang berminat pada buku, kuliner, fashion, KPOP, dan seterusnya. Nah, hashtag berperan supaya setiap konsumen bisa lebih lebih mudah menyimak konten kesukaan masing-masing.

Begitu juga bagi pebisnis online di Instagram. Hashtag mempermudah Anda untuk menyasar target konsumen yang tepat. Akibatnya, postingan Anda memiliki peluang 2x lebih besar untuk menarik pelanggan baru.

Maksimalkan Hashtag dengan Algoritma Instagram

Supaya semakin sukses, kinerja hashtag harus dimaksimalkan dengan algoritma Instagram. Sederhananya, algoritma adalah sistem pintar khusus yang membantu pengguna sosmed menemukan konten kesukaannya.

Algoritma bisa mengetahui apa saja tipe konten yang Anda suka dan tidak, lalu menyuguhkan timeline berdasarkan data-data tersebut. Inilah mengapa kita sering merasa timeline sosmed kita memuat konten yang sangat “personal”, pas dengan minat, dan berbeda dari pengguna lainnya.

Maka dari itu, memadukan kekuatan algoritma dan fungsi hashtag sangat penting untuk meningkatkan visibilitas postingan bisnis Anda di IG. Berikut adalah sejumlah faktor dari algoritma Instagram yang bisa berdampak nyata pada pemakaian hashtag IG 2021:

  • Lama penggunaan (usage): semakin lama seorang pengguna memakai IG setiap hari, maka akan semakin baik dan akurat pula algoritma IG memprediksi konten kesukaan pengguna.
  • Hubungan (relationship): algoritma IG mengutamakan menampilkan postingan dari orang/akun yang sering Anda beri like atau komentari.
  • Kesukaan (interest): jika seseorang sering berinteraksi dengan sebuah akun pengguna lain, IG akan terus menonjolkan postingan dari mereka.
  • Following: semakin banyak akun yang diikuti seseorang, maka IG punya banyak konten untuk ditampilkan sekaligus tidak akan memperlihatkan semua konten tersebut di feed.
  • Waktu posting: IG menampilkan postingan dari urutan yang paling baru diposting.
  • Frekuensi: IG mengecek seberapa sering Anda membuka app tersebut untuk menentukan tipe tampilan postingan: kronologis (untuk pengguna aktif), atau kasual (untuk pengguna yang hanya suka mengecek postingan tertentu saja).

Memerhatikan rambu-rambu kerja algoritma IG di atas akan mempermudah postingan berhashtag Anda untuk ditemukan masyarakat. Semakin Anda menuruti aturan di atas maka akan semakin gampang juga bagi postingan menduduki peringkat 1 di beranda IG banyak orang.

Artikel terkait  5 Cara Menghubungkan Pemasaran Email ke Penjualan

Cara Membuat Hashtag IG 2021: Pedoman Lengkap

hashtag-1

Nah, sekarang kita tiba di bagian utama: cara membuat hashtag IG 2021 yang menarik dan mudah mendatangkan pengunjung. Di tahun ini, ada empat jenis konten IG yang bisa Anda bubuhi dengan hashtag yakni IGTV, Stories, Reels dan postingan feeds. Berikut ini adalah tutorial cara membuat hashtag untuk masing-masing tipe konten:

1. Hashtag untuk Instagram Stories

Stories adalah fitur paling populer bagi pengguna IG masa kini. Dibandingkan dengan postingan timeline, Stories lebih mudah dibuat, gampang diupdate dan tak terbatas. Setiap orang bisa membagikan banyak momen tanpa perlu khawatir mengganggu pengguna lain (menjadi spam) karena setiap Stories hanya bertahan selama 1×24 jam.

Dalam dunia bisnis pun, Stories bisa digunakan untuk banyak hal bermanfaat seperti:

  • Menjalankan survey dan polling kecil-kecilan untuk mengumpulkan feedback konsumen.
  • Mengedukasi konsumen terkait sebuah isu atau info produk dan diskon terbaru.
  • Membuat dan menyebarluaskan inspirasi baru ke masyarakat untuk menciptakan engagement.
  • Berinteraksi lebih dekat dengan konsumen seperti mengadakan giveaway, Q&A, sesi live, ataupun quiz lainnya.
  • Memposting konten BTS (Behind The Scene).
  • Memposting UGC (User Generated Content) alias postingan-postingan terkait produk/jasa Anda yang dibuat oleh konsumen sebagai bentuk apresiasi.

Banyak sekali bukan kegunaan Stories? Anda juga bisa menambahkan hashtag ke Stories dengan trik berikut:

  • Jumlah maksimal hashtag yang bisa digunakan hanya sampai 10.
  • Jumlah mention akun lain yang bisa ditambah untuk 1 Stories adalah 10.
  • Bisa menambahkan tag 1 produk (fitur ini hanya berlaku untuk akun IG bisnis yang mengaktifkan fitur Shopping).
  • Berkreasi dengan aneka stiker, GIF, musik, ataupun fitur poll dan survey untuk menumbuhkan engagement.

2. Postingan Feed

Berikutnya adalah trik hashtag Instagram untuk postingan feed. Sebelum akhirnya menyebar seperti sekarang, dulu pemakaian hashtag di IG hanya bisa dilakukan untuk postingan feed saja. Walaupun terkesan “standar”, cara membuat hashtag IG feeds juga sebaiknya tetap memenuhi aturan berikut:

  • Hashtag dikumpulkan di bagian bawah tulisan caption agar tidak mengganggu isi konten.
  • Caption postingan tetap ditulis seperti biasa dengan maksimal, tidak hanya memuat hashtag saja.
  • Hindari tindakan spam hashtag.
  • Maksimal hashtag yang bisa digunakan dalam 1 postingan adalah 30 buah.
  • Anda bisa men-tag maksimal 20 akun IG untuk meningkatkan visibilitas akun.
  • Cantumkan maksimal 5 tag produk pada posting (fitur ini hanya berlaku untuk akun IG bisnis yang mengaktifkan fitur Shopping).
  • Usahakan foto yang diposting di IG feeds sudah diatur alt text-nya untuk meningkatkan SEO Google.

3. Reels

Reels adalah fitur terbaru IG yang menampilkan video dalam bentuk unik mirip TikTok. Namun keunikannya inilah yang menjadikan Reels cepat terkenal dan turut dimanfaatkan untuk marketing (Reels Marketing).

Kabar baiknya, banyak orang menelusuri Reels dengan hashtag. Jadi Anda wajib untuk selalu menyertakan hashtag pada setiap konten Reels yang dibuat. Begini aturannya:

  • Maksimal hashtag yang bisa dicantumkan adalah 30.
  • Maksimal tag produk yang bisa dilakukan untuk 1 Reels adalah 30.
  • Rajin bagikan Reels IG Anda ke feed untuk meningkatkan visibilitas/jumlah penonton.
  • Gunakan lagu-lagu, hashtag dan efek yang sedang viral karena penonton lebih suka menonton Reels yang up-to-date.

4. IGTV

Terakhir adalah konten IGTV. IGTV bisa dikatakan sebagai “YouTube”-nya Instagram. Jika Stories memungkinkan Anda untuk memposting video dalam durasi 1 menit, maka IGTV bisa memuat video berdurasi panjang: 15 menit (untuk video yang diupload dari smartphone) atau 1 jam (untuk video dari web).

Jangan lupa pula untuk membubuhkan hashtag di postingan IGTV agar konten mudah dicari. Caranya:

  • Tambahkan maksimal hingga 30 hashtag di 1 IGTV.
  • Tambahkan tautan yang bisa diklik pada caption, misalnya tautan referensi video, website toko online Anda atau akun YouTube dan sosmed Anda yang lain.
  • Tambahkan foto cover untuk memberi gambaran seperti apa isi pembahasan IGTV Anda.
  • Share IGTV ke feeds untuk menambah jumlah penonton.

Artikel terkait  3 Cara Memasarkan Produk Online Shop

5. Gunakan Hashtag Terbaik

Setelah mengetahui aturan pemakaian hashtag untuk setiap tipe postingan, sekarang waktunya mempelajari jenis-jenis hashtag yang terbaik untuk postingan IG.

Ada ratusan sampai ribuan hashtag yang bertebaran di IG setiap hari. Hal ini pun sering membingungkan pebisnis dalam memilih hashtag terbaik untuk digunakan. Banyak orang bilang, memilih hashtag IG terbaik sama saja seperti permainan teka-teki yang menjebak:

  • Hashtag yang terlalu populer mempunyai tingkat kompetisi yang amat tinggi. Akibatnya postingan Anda akan sulit bersaing.
  • Hashtag yang tidak populer cenderung jarang dicari masyarakat. Akibatnya postingan Anda tenggelam.
  • Selalu memakai hashtag yang ngetrend saat ini bisa menjaring komunitas IG dengan mudah, tapi bisa membahayakan reputasi bisnis Anda untuk jangka panjang.
  • Selalu memakai hashtag yang mencerminkan karakteristik bisnis akan memperkuat reputasi, tapi tidak akan dipandang menarik oleh komunitas Instagram.

Rumit, bukan? Namun Anda tidak perlu cemas karena kami punya segenap tips dan trik mencari hashtag IG terbaik untuk dipakai:

  • Cari akun bisnis IG yang mirip/sejenis dengan bisnis Anda, intip profilnya dan juga hashtag-hashtag yang ia gunakan secara spesifik.
  • Sering-sering mencari tahu hashtag yang ditelusuri oleh komunitas/target konsumen bisnis Anda.
  • Ciptakan branded hashtag sendiri. Branded hashtag adalah hashtag yang memuat nama bisnis Anda. Misalnya toko Anda bernama “Olive Kitchen”. Maka branded hashtag yang bisa dipakai adalah #OliveKitchen atau #OliveKitchenOfficial.
  • Pakai hashtag industri. Ini adalah jenis hashtag yang relevan dengan domain bisnis. Semisal untuk bisnis kuliner, industri hashtagnya adalah #kuliner #makananlokal #restoran dan lain-lain.
  • Gunakan hashtag komunitas yang sesuai dengan bisnis, contohnya #foodlover #pecintakuliner.
  • Berkreasi dengan hashtag konten. Cobalah untuk berpikir dari sisi konsumen, kira-kira hashtag seperti apa yang akan mereka telusuri untuk menemukan konten Anda? Contoh yang relevan misalnya: #tipsmemasak #inspirasimenu #menubekal dan seterusnya.
  • Sebarkan hashtag kampanye. Hashtag ini paling cocok untuk mengiklankan sesuatu, giveaway atau ketika mengadakan event khusus. Hashtag kampanye ditujukan untuk promosi besar-besaran dan menjadi viral.

6. Gunakan Aplikasi Membuat Hashtag Otomatis

Masih bingung bagaimana cara membuat hashtag? Gunakan aplikasi hashtag generator yang kini banyak tersedia gratis. Aplikasi tersebut bisa membuat banyak hashtag populer secara otomatis. Anda hanya perlu memasukkan jenis bisnis online saja, semisal kuliner, wisata, pakaian, kebutuhan rumah tangga, dan lain-lain.

Simak rekomendasi hashtag generator pilihan MARKEY selengkapnya di sini.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini seputar cara membuat hashtag IG 2021. Semoga ulasan informasi di atas bisa bermanfaat menambah wawasan Anda, ya.

Yuk temukan lebih banyak lagi artikel tips dan trik sukses berbisnis online terlengkap dari MARKEY. Bersama MARKEY, mengembangkan bisnis online jadi semakin asyik! Sampai bertemu lagi!

Stay up-to-date dengan MARKEY: website | Android (Google Play) | aplikasi iOS (Apple Store).


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya