Last Updated on June 28, 2022 by
Google Ads VS Facebook Ads, mana yang sekiranya terbaik untuk promosi olshop? Daripada bingung, yuk cari tahu jawaban selengkapnya pada review berikut ini!
Google Ads dan Facebook Ads adalah metode promosi olshop terbaik abad ini. Keduanya terbukti ampuh menjaring lebih banyak konsumen jika dibandingkan strategi iklan lainnya.
Tertarik mencoba Google atau Facebook Ads? Eits, sebelum mulai pasang iklan, yuk simak dulu ulasan lengkap keunggulan dan cara kerja Google VS FB Ads berikut ini.
Daftar Isi
Google Ads VS Facebook Ads : Pengertian
Tak banyak orang yang tahu bahwa Google Ads dan Facebook Ads adalah dua jenis iklan online yang saat ini memimpin di kategori PPC (Pay Per Click). Artinya, kedua metode pemasaran ini mempunyai jumlah pengakses terbanyak ketimbang jenis-jenis iklan lain.
Google Ads adalah sarana terbaik untuk mempromosikan suatu produk, jasa, ataupun brand sebagai jawaban atas masalah yang dicari oleh konsumen.
Semisal Anda mencari solusi obat sakit kepala di Google. Otomatis, Anda akan diberikan banyak rekomendasi obat atau jasa dokter online.
Sedangkan Facebook Ads sangat ampuh untuk memikat rasa penasaran konsumen terhadap sebuah benda atau jasa – terlepas dari apakah mereka memang membutuhkannya atau tidak.
Contohnya Anda sedang asik men-scroll timeline Facebook, dan tiba-tiba melihat iklan headphone bluetooth wireless keluaran terbaru. Anda mungkin tidak membutuhkan produk tersebut, tapi Anda tetap membeli produk akibat didorong rasa penasaran.
Kedua strategi promosi online ini sejatinya sangat bagus untuk meningkatkan jumlah pendapatan bisnis. Namun ada beberapa poin perbedaan penting antara Google Ads VS Facebook Ads yang wajib dipahami supaya tidak salah memilih platform iklan.
Baca juga : Cara Iklan di Google Ads Terbaru | Tingkatkan Penjualan Anda
Perbandingan Google Ads VS Facebook Ads
Perbandingan Google dan Facebook Ads dapat disimak sebagai berikut:
Aspek Perbandingan | Google Ads | Facebook Ads |
Tarif Harga Rata-Rata Per Klik (CPC) | 2.69 USD (sekitar Rp37.660; dengan perhitungan 1 USD = Rp14.000) | 1.72 USD (sekitar Rp24.080) |
Jangka Waktu Pemerolehan Hasil | Jangka pendek (transaksi dalam waktu dekat) | Jangka panjang (membangun brand awareness dan minat belanja) |
Posisi Penempatan Iklan | Google dan partner-partner resminya (seperti situs Amazon, New York Times, Ask.com, dll) | Facebook (beranda, stories, messenger, livestream) |
Jenis Iklan | Teks, tautan ke ecommerce/web, nomor telepon | Foto, video, carousel, slideshow, dll. |
Kelebihan Pemakaian | Tampilan dashboard pengolahan data yang lengkap dan rinci | Tampilan antar muka yang simpel, fitur lengkap dan ringkas |
Target Distribusi Iklan | Lebih terbatas, hanya mengandalkan keyword penelusuran | Lebih rinci dan kompleks, bisa disesuaikan dengan karakteristik calon konsumen (demografis, lokasi, minat, dll). |
5 Review Keunggulan Google Ads VS Facebook Ads
Setidaknya ada 5 aspek yang dapat diulas ketika membandingkan Google Ads dan Facebook Ads. Berikut adalah perbandingan rinci Google Ads versus FB Ads yang wajib Anda ketahui sebelum beriklan:
1. Cara Kerja Google Ads VS Facebook Ads
Perbedaan pertama Google dan Facebook Ads dapat dilihat dari cara kerja masing-masing metode iklan PPC ini.
Cara kerja Google dan FB Ads memang terlihat mirip secara sepintas. Namun ketika ditelisik lebih jauh, pemasaran Google Ads didasari pada kata kunci penelusuran. Di sisi lain, FB Ads lebih banyak menyasar konsumen secara langsung.
Ada juga yang menyebutkan bahwa FB Ads jauh lebih “agresif” ketimbang Google Ads. Ketika Anda memasang iklan di Facebook, maka materi iklan dapat terselip di berbagai lokasi strategis (banyak dilihat konsumen setiap hari). Misalnya seperti beranda, stories, pop-up, dan lain-lain.
Sistem distribusinya juga lebih spesifik dan sesuai dengan minat, latar belakang, serta riwayat penelusuran konsumen. Hal ini ditujukan demi menjaga kenyamanan pengguna Facebook sendiri.
Semisal Anda sering mencari, menonton, dan berinteraksi dengan post tutorial masak di FB. Secara otomatis, FB Ads akan lebih banyak memunculkan iklan peralatan masak pada Anda. Anda pun pastinya tertarik menyimak isi iklan mengingat pembahasannya sesuai dengan minat.
Nah, sistem Google Ads tidak seperti itu. Iklan Anda baru diperlihatkan pada konsumen apabila terdapat kecocokan antara isi iklan dengan kata kunci penelusuran.
Misalnya Anda mempunyai bisnis jual beli laptop bekas dan memasang iklan di Google. Promosi toko Anda baru muncul apabila ada orang yang menelusuri keyword seperti “jual beli laptop”, “beli laptop bekas”, “harga laptop lama”, dan sejenisnya.
Kata kunci memegang peranan yang amat penting dalam kesuksesan Google Ads. Oleh sebab itu, Anda wajib membuat list keyword promosi yang tepat sasaran.
2. Waktu Terbaik Penggunaan Google Ads VS FB Ads
Anda juga sebaiknya memilih iklan berdasarkan waktu pemakaiannya. Kebanyakan orang mengira bahwa semua iklan online bisa digunakan pada waktu, strategi, dan tujuan yang sama.
Padahal, waktu terbaik pemakaian Google dan FB Ads sangat berbeda. Google Ads cocok untuk menjaring konsumen dengan cepat, sementara FB Ads lebih mengarah pada promosi jangka panjang.
Google Ads juga sebaiknya dipakai jika Anda menargetkan konsumen yang aktif mencari info seputar produk atau jasa di Google.
Hampir semua konsumen Google Ads merupakan calon pembeli serius yang siap berbelanja. Mereka membutuhkan produk atau jasa sesegera mungkin agar masalah bisa segera terselesaikan.
Semisal ada seseorang yang AC-nya rusak dan membutuhkan jasa teknisi. Otomatis, dia akan mencari “jasa perbaikan AC” di Google, dengan harapan bisa langsung menemukan jasa-jasa yang sesuai kebutuhan.
Maka dari itu, sangat penting untuk membuat pesan iklan Google yang jelas, gamblang, dan mudah dikontak.
Sementara Facebook Ads justru kebalikannya. Ia lebih cocok untuk membangun brand awareness pada calon-calon konsumen yang “pasif”. Dalam hal ini, target konsumen Anda mungkin tidak akan langsung membeli produk ketika mereka melihat iklan.
Namun iklan-iklan FB akan sangat membantu “menanamkan” nama brand/produk Anda ke benak konsumen. Semakin sering iklan Facebook lewat di hadapan konsumen, maka akan semakin kuat juga ingatan mereka terhadap brand Anda.
Lambat laun, pembeli pasti akan menghubungi toko Anda saat mereka akhirnya membutuhkan sebuah produk atau jasa. Mereka tidak akan mencari rekomendasi lagi di Google.
3. Fitur-Fitur Unggulan Google Ads VS FB Ads
Inilah elemen terpenting yang wajib dicermati sebelum memilih metode promosi bisnis. Tentu saja fitur kampanye iklan di Google dan FB sangat berbeda mengikuti cara kerja masing-masing.
Iklan Facebook memiliki fitur kampanye yang lebih banyak dan beragam, demi memaksimalkan proses distribusi yang tepat sesuai karakteristik konsumen target. Fitur-fitur ini pun belum termasuk pilihan bentuk-bentuk iklan yang ingin dipasang sesuai kebutuhan.
Di sisi lain, fitur Google Ads jauh lebih ringkas. Anda hanya perlu memasukkan kategori dan kata kunci penting yang berkaitan dengan produk/jasa. Tidak perlu repot menentukan target konsumen berdasarkan demografi dan latar belakang, karena Google hanya akan memindai kecocokan keyword.
4. Dukungan Customer Service Google Ads VS FB Ads
Semua layanan iklan online pasti mempunyai dukungan customer service. Anda bisa menghubungi layanan ini jika terjadi kendala selama menjalankan kampanye.
Pertanyaannya adalah: siapakah yang mempunyai dukungan customer service terbaik di antara Google dan FB?
Jawabannya ternyata Google Ads. Layanan keluhan konsumen Google Ads bisa diakses dengan mudah dari berbagai platform (offline dan online). Selain itu, tim CS Google terbukti selalu aktif dan gesit menanggapi pesan Anda selama 24 jam.
Sementara tim CS Facebook Ads hanya bisa dikontak via FB Messanger. Pun terkadang Anda harus menunggu sampai agen customer service online dan membalas pesan.
Kemudahan Google Ads VS Facebook Ads
Orang-orang yang pernah berpromosi dengan Google Ads dan FB Ads pasti merasakan pengalaman serta kemudahan pemakaian yang berbeda.
Tampilan antarmuka layanan Facebook Ads dinilai lebih ramah pengguna dan mudah dikuasai awam ketimbang Google Ads. Tim Facebook sengaja menyusun fitur-fitur ads mereka dengan ringkas, dan menonjolkan tools esensial saja demi memaksimalkan kenyamanan pemakaian.
Sementara tampilan dashboard Google Ads lebih mengarah pada pengolahan dan manajemen data. Sistem ini mungkin tidak begitu mudah dipahami pengguna baru, namun akan sangat menolong proses analisis mendalam terkait performa bisnis.
4 Faktor Pertimbangan Wajib di Google Ads VS Facebook Ads
Nah, kita sudah melihat seperti apa review keunggulan Google Ads dibandingkan dengan FB Ads.
Masih bingung menentukan platform iklan online mana yang terbaik? Tenang, Anda bisa menambah pertimbangan dengan memikirkan 4 faktor penting di bawah ini:
1. Target Konsumen
Siapakah target konsumen Anda? Menentukan target konsumen beserta karakteristiknya menjadi faktor mendasar saat hendak memilih strategi promosi online.
Jadi, cari tahu dulu seperti apa buyer persona yang ditargetkan toko Anda. Apakah Anda ingin produk cepat dibeli, atau masih mengedepankan pembangunan brand awareness?
2. Biaya Promosi
Perhitungan biaya modal promosi juga sangat penting dalam pelaksanaan iklan PPC. Cobalah untuk membuat perhitungan rinci terkait jumlah pengeluaran dan potensi pemasukan (keuntungan). Apakah modal yang dikeluarkan sebanding dengan hasil yang diperoleh?
3. Bentuk Iklan
Setiap bisnis mempunyai pilihan bentuk iklan masing-masing. Ada bisnis yang lebih sukses menarik perhatian lewat konten video dan foto. Di sisi lain, tak sedikit juga yang lebih nyaman berpromosi lewat teks artikel.
Tinjaulah kembali bentuk iklan apa yang lebih banyak mendatangkan pembeli di toko Anda. Pertimbangkan juga model konten yang akhir-akhir ini lebih sering menuai engagement masyarakat di dunia maya. Dari sini Anda bisa tahu bentuk iklan dan platform yang terbaik untuk promosi.
4. Kemudahan Pemakaian
Jangan memaksakan diri untuk memakai platform iklan kalau fitur-fiturnya sudah membingungkan sedari awal. Selalu pilih layanan yang mudah serta nyaman dipakai demi memaksimalkan pengelolaan bisnis.
Demikianlah ulasan perbandingan Google Ads vs Facebook Ads. Review di atas hanyalah perbandingan terkait keunggulan dan kelemahan masing-masing strategi promosi, sedangkan keputusan finalnya tetap berada di tangan Anda.
Anda bebas memilih mau menggunakan Google Ads, Facebook Ads, atau bahkan keduanya secara bersinergis. Yang terpenting adalah menyesuaikan karakteristik metode promosi dengan kondisi, modal dan tujuan bisnis yang hendak dicapai. Selamat mencoba!
Jangan lupa untuk terus mengikuti update tips dan trik bisnis online sukses hanya di MARKEY. Klik sekarang di https://markey.id/, atau baca gratis lewat MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.