Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Iklan Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

-

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018 mencapai lebih dari 130 juta akun. Untuk itulah muncul layanan iklan yaitu Facebook Ads adalah layanan untuk mempromosikan bisnis.

Bagaimana Anda membuat mereka tertarik dengan iklan Anda? Lebih penting lagi, bagaimana Anda membuat mereka membeli produk Anda? Banyak pemasar yang telah mencoba Facebook Ads, terutama di masa-masa awal mereka mulai berbisnis, memutuskan Facebook Ads adalah layanan yang dapat diperhitungkan.

Memahami bagaimana cara memanfaatkan Facebook Ads adalah bagian utama dari hampir setiap strategi media sosial. Dan jika Anda ingin postingan Anda ditayangkan pada laman Facebook, tentunya besar kemungkinan Anda harus membayar lebih untuk dapat menayangkan iklan di Facebook Ads.

Iklan di Facebook tampaknya menjadi salah satu cara paling cepat untuk memengaruhi jangkauan konten Anda. Meskipun ini bukan tanpa pertanyaan. Seberapa baik kerjanya? hasil seperti apa yang Anda dapatkan? Dan apa yang bisa Anda harapkan dari uang hasil jerih payah Anda?

Dalam artikel ini, Anda akan belajar Facebook Ads lebih dalam lagi serta tips dan trik sukses dalam memasarkan iklan produk Anda melalui Facebook Ads. Di sini akan dibahas pula kesalahan paling umum yang dilakukan para pemasar.

Apa Itu Facebook Ads

facebook-ads-2

Facebook Ads adalah fitur yang dimiliki oleh Facebook yang berfungsi untuk pemasar atau pemilik bisnis mempromosikan atau mengiklankan Fanpage yang telah dibuat oleh pemasar tersebut. Biasanya berisi iklan produk bisnis mereka. Dan Facebook Ads ini dapat memiliki jangkauan yang berbeda yang dapat diatur oleh pemasang iklan.

Artikel terkait  Menaklukkan Copywriting dengan Aplikasi Copywriter | Cepat, Mudah, Praktis

 

Cara Kerja Facebook Ads

facebook-ads-1

Facebook Ads kini hadir dalam beberapa variasi. Anda dapat mempromosikan Halaman Anda, posting di Halaman Anda, tindakan yang diambil pengguna, atau situs web Anda sendiri. Meskipun Facebook semakin meningkatkan fokus pada iklan asli dan menjaga lalu lintas di situsnya, Anda masih bisa berhasil mengirim pengguna ke situs web Anda.

Target Facebook Ads adalah pengguna yang didasarkan pada lokasi, demografis, dan informasi profil mereka. Banyak dari opsi ini hanya tersedia di Facebook. Setelah membuat iklan, Anda menetapkan anggaran dan tawaran untuk setiap klik atau seribu tayangan yang akan diterima iklan Anda. Pengguna kemudian melihat iklan Anda di bilah sisi Facebook.com.

Opsi iklan Facebook lainnya bagus untuk mendorong keterlibatan dan kesadaran mereka, tetapi iklan yang mendorong pengguna ke situs website pemasang iklan masih merupakan pilihan terbaik bagi pemasang iklan yang ingin mendapat respon langsung berupa transaksi penjualan.

Siapa yang harus menggunakan Facebook Ads

Banyak bisnis gagal dalam periklanan Facebook karena mereka tidak cocok. Anda harus selalu menguji saluran pemasaran baru,terutama sebelum permintaan menaikkan harga, tetapi pastikan untuk mempertimbangkan model bisnis Anda yang sesuai dengan jaringan.

Facebook Ads lebih seperti iklan bergambar daripada iklan pencarian. Mereka harus digunakan untuk menghasilkan permintaan, bukan memenuhinya. Pengguna ada di Facebook untuk terhubung dengan teman-teman mereka, bukan untuk menemukan produk untuk dibeli.

Bisnis yang berhasil dengan Facebook Ads meminta pengguna untuk mendaftar, bukan untuk membeli. Anda harus menggunakan low-friction conversion untuk sukses dalam mengiklankan produk Anda.

Pengunjung ke situs web Anda tidak  mencari  produk Anda. Dia mengklik iklan Anda pada kemauan. Jika Anda mengandalkan dia untuk segera membeli sesuatu untuk membuat ROI (return on investment) iklan Anda positif, Anda akan gagal.

Pengguna Facebook berubah-ubah dan cenderung mengklik kembali ke Facebook jika Anda meminta komitmen besar (pembelian) di muka. Alih-alih, mempertahankan konversi sederhana seperti mendaftar untuk layanan Anda, mengisi formulir petunjuk pendek, atau mengirimkan alamat email.

Bahkan jika Anda menjual produk, bukan layanan, Anda harus mempertimbangkan untuk fokus pada konversi antara pendaftaran dan nawala. Kemudian Anda dapat menjual produk Anda nanti melalui pemasaran email.

Artikel terkait  Apa Itu Endorsement : Pengertian dan Jenis - Jenisnya

 

Model Bisnis

Bahkan jika Anda hanya meminta alamat email pada awalnya, Anda akhirnya menghasilkan uang dari pengguna ini jika iklan Anda ingin menguntungkan.

Model bisnis terbaik yang cocok untuk Facebook Ads adalah menghasilkan pendapatan dari pengguna mereka dari waktu ke waktu, tidak sekaligus. Seorang pengguna mungkin telah memberi Anda emailnya, tetapi Anda harus membangun lebih banyak kepercayaan sebelum dia membeli apa pun.

Anda tidak harus bergantung pada satu pembelian besar darinya. Beberapa pembelian kecil lebih ideal. Transaksi harian dan situs berlangganan melalui Facebook Ads adalah contoh hebat model bisnis yang dapat berkembang di Facebook. Keduanya memiliki pelanggan yang nilai masa pakainya tersebar selama enam bulan atau lebih.

Biaya Facebook Ads di tahun 2020

facebook-ads-4

Budget atau biaya Facebook Ads adalah sejumlah nominal yang timbul sebagai akibat dari adanya iklan yang telah ditayangkan. Harga iklan Facebook Ads adalah sejumlah $50 untuk satu minggu atau kisaran Rp 750.000, sehingga dapat dikatakan harga iklan Facebook Ads sangatlah fleksibel.

Cara Mengatur Periklanan Pada Facebook Ads

Langkah 1: Tetapkan beberapa tujuan untuk Facebook Ads Anda

Sebelum Anda terjun dan membuat iklan, penting untuk terlebih dahulu memikirkan mengapa Anda beriklan dan apa yang ingin Anda capai. Dengan menetapkan sendiri beberapa sasaran sebelum ditayangkan dengan iklan, Anda juga memiliki sesuatu untuk mengukur kesuksesan Anda.

Misalnya, jika Anda ingin meningkatkan unduhan aplikasi seluler Anda melalui Facebook Ads, Anda dapat menetapkan sasaran 100 unduhan di bulan pertama. Ini juga akan membantu Anda ketika memilih tujuan yang benar untuk mengiklankan produk Anda melalui Facebook Ads. Berikut contoh tujuan yang dapat Anda tetapkan.

  • Meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda dari Facebook
  • Meningkatkan kehadiran di event usaha Anda
  • Menghasilkan prospek baru
  • Meningkatkan jangkauan konten Anda di Facebook
  • Meningkatkan keterlibatan pada Halaman Facebook Anda

Langkah 2. Buka Pengelola Iklan Facebook

Semua kampanye Facebook Ads diakses melalui alat pengelola Facebook Ads , yang dapat Anda akses melalui tautan langsung di facebook.com/ads, atau dengan mengklik “Kelola Iklan” di menu akun Facebook Anda, atau dengan mengklik dari CTA di Halaman Facebook Anda .

Setelah masuk ke pengelola Iklan, Anda dapat bernavigasi dengan menu di sisi kiri halaman. Untuk memulai dengan iklan pertama Anda, klik tombol biru di sudut kanan atas halaman.

Setelah masuk ke pengelola Iklan, Anda dapat bernavigasi dengan menu di sisi kiri halaman. Untuk memulai dengan iklan pertama Anda, klik tombol hijau di sudut kanan atas halaman.

Langkah 3. Pilih tujuan Anda

Ketika Anda mengklik untuk membuat Facebook Ads, Anda akan pergi ke halaman tempat Anda memilih tujuan untuk iklan Anda. Ada 15 opsi di sini untuk apa yang mungkin ingin Anda capai:

Kesadaran

Tujuan yang menghasilkan minat pada produk atau layanan Anda:

  • Tingkatkan postingan Anda
  • Promosikan halaman Anda
  • Jangkau orang-orang di dekat bisnis Anda
  • Tingkatkan kesadaran merek
  • Tingkatkan jangkauan Anda

Pertimbangan

Tujuan yang membuat orang mulai memikirkan bisnis Anda dan mencari informasi lebih lanjut tentangnya:

  • Kirim orang ke tujuan di atau dari Facebook
  • Dapatkan pemasangan aplikasi Anda
  • Tingkatkan kehadiran di acara Anda
  • Dapatkan penayangan video
  • Kumpulkan prospek untuk bisnis Anda

Konversi

Tujuan yang mendorong orang yang tertarik pada bisnis Anda untuk membeli atau menggunakan produk atau layanan Anda:

  • Tingkatkan konversi di situs web Anda
  • Tingkatkan keterlibatan dalam aplikasi Anda
  • Dapatkan orang untuk mengklaim penawaran Anda
  • Promosikan produk atau katalog
  • Dapatkan orang untuk mengunjungi toko Anda

Langkah 4: Tentukan audiens dan anggaran Anda

Menyesuaikan Target Audiens Anda

Langkah ini sangat penting untuk keberhasilan kampanye Iklan Facebook Anda. Audiens untuk iklan Anda dapat disesuaikan berdasarkan semua demografi berikut:

  • Lokasi, dimulai dengan negara, negara bagian, kota, kode pos, atau alamat, dan pemurnian lebih jauh dengan radius mil
  • Usia
  • Jenis kelamin
  • Bahasa
  • Minat- Facebook melihat minat seseorang, aktivitas, halaman yang mereka sukai, dan topik yang berkaitan erat
  • Perilaku- Hal-hal seperti perilaku pembelian dan niat, serta penggunaan perangkat
  • Koneksi- Pilih untuk menampilkan iklan kepada semua orang, hanya mereka yang terhubung ke Buffer, atau mereka yang tidak terhubung ke Buffer

Selain itu, dengan pengaturan Koneksi, Anda dapat memilih penargetan lanjutan, yang memungkinkan Anda memasukkan atau mengecualikan orang yang terhubung ke halaman, aplikasi, atau acara tertentu.

Anda juga dapat lebih lanjut menyesuaikan penargetan Anda menggunakan audiens khusus untuk menargetkan kembali orang-orang yang telah berinteraksi dengan bisnis Anda.

Contoh: Memilih audiens untuk iklan Buffer

Facebook merekomendasikan untuk mempersempit jangkauan Anda dengan cara yang ditargetkan untuk memaksimalkan dampak iklan Anda. Berikut contoh yang membuat target sangat sempit dengan eksperimen ini, memilih demografi audiens berikut:

  • Lokasi: Indonesia
  • Minat: Media sosial
  • Dikecualikan: Orang yang sudah menyukai Buffer
  • Umur: 18-65 +
  • Bahasa: Indonesia dan English (AS)

Ini memberi Anda perkiraan jangkauan hingga 3.200 orang dari 14 juta. 3.200 orang adalah berapa banyak yang bisa menjadi harapan untuk online setiap hari dan berpotensi melihat iklan Anda.

Menetapkan anggaran untuk Facebook Ads Anda

Setelah memilih audiens target Anda, selanjutnya Anda harus memilih berapa banyak yang ingin Anda belanjakan untuk iklan Anda. Ketika Anda menetapkan anggaran, penting untuk diingat bahwa angka ini mewakili jumlah maksimum uang yang ingin Anda belanjakan. Anda juga dapat menetapkan anggaran ke Harian atau Seumur Hidup:

  • Harian: Anggaran harian adalah rata-rata yang akan Anda belanjakan setiap hari.
  • Seumur Hidup: Anggaran seumur hidup adalah jumlah maksimum yang akan Anda belanjakan selama masa iklan Anda.

Langkah 5: Buat iklan Anda

Di sinilah ia menjadi sangat menyenangkan! Sekarang saatnya memilih gambar (atau video), judul, teks isi, dan di mana iklan Anda akan ditampilkan di Facebook. Untuk teks, Anda mendapatkan 90 karakter untuk membagikan pesan cepat yang akan muncul di atas gambar atau video Anda.

Ada dua cara untuk membuat iklan: Menggunakan postingan yang ada atau membuat iklan baru. Berikut ini sekilas pada kedua opsi tersebut.

Menggunakan postingan yang ada

Untuk jenis iklan tertentu, seperti meningkatkan postingan, Anda dapat membuat iklan menggunakan postingan yang sudah ada yang telah dibagikan di Halaman Facebook Anda.

Untuk melakukan ini, pilih opsi ‘Gunakan Posting yang Ada’ dari dashboard Pengelola Facebook Ads. Dari sini, Anda dapat memilih Halaman dari mana Anda ingin memilih posting dan memilih satu posting dari Halaman tersebut untuk digunakan sebagai iklan Anda

Membuat iklan baru

Jika Anda ingin membuat iklan dari kanvas kosong, tugas pertama adalah memilih format yang ingin Anda gunakan untuk iklan Anda. Iklan Facebook terlihat sedikit berbeda tergantung pada hasil yang Anda inginkan. Facebook saat ini menawarkan 5 format untuk iklan:

  • Carousel: Buat iklan dengan 2 atau lebih gambar atau video yang dapat digulir
  • Gambar tunggal: Buat hingga 6 variasi iklan Anda menggunakan 1 gambar
  • Video tunggal: Buat iklan dengan satu video
  • Rangkai salindia: Buat iklan video perulangan dengan hingga 10 gambar
  • Canvas: Ceritakan kisah yang lebih mendalam dengan menggabungkan gambar dan video

Catatan: Format yang tersedia untuk Anda akan bervariasi berdasarkan pada tujuan yang Anda tetapkan untuk iklan Anda selama Langkah 3 sedikit lebih awal dalam postingan ini.

Setelah format dipilih, Anda perlu menambahkan konten ke iklan Anda (gambar atau video dan salinannya). Bagian ini sangat penting untuk membuat iklan Anda menonjol di dalam umpan Facebook atau Instagram. Jika ingin iklan Anda sukses, harus dilengkapi dengan gambar dan salinan yang cukup menarik untuk membuat orang ingin mengklik.

Spesifikasi gambar atau video yang direkomendasikan biasanya ditempatkan di sebelah area pada layar tempat mengunggah konten Anda, tetapi sebagai aturan praktis:

Spesifikasi gambar:

  • Ukuran gambar yang disarankan: 1200 x 628 piksel
  • Rasio gambar: 1.91: 1
  • Untuk memaksimalkan pengiriman iklan, gunakan gambar yang mengandung sedikit atau tidak ada teks overlay.

Spesifikasi video:

  • Format: file .MOV atau .MP4
  • Resolusi: setidaknya 720p
  • Ukuran file: maks 2,3 GB.
  • Rasio aspek yang disarankan: layar lebar (16: 9)
  • Facebook: Maks 60 menit.
  • Instagram: Maks 60 detik.

Langkah 6: Pilih penempatan iklan Anda

Iklan penempatan menentukan di mana iklan Anda ditampilkan dan dengan Facebook Ads, Anda dapat memilih lokasi di mana iklan Anda akan muncul. Iklan dapat muncul di Umpan Berita seluler, Umpan Berita desktop, dan kolom kanan. Anda juga dapat membuat iklan untuk ditampilkan di Instagram.

Facebook merekomendasikan penggunaan penempatan default untuk tujuan yang Anda pilih, yang memungkinkan Facebook untuk mengoptimalkan penempatan untuk Anda guna mendapatkan hasil terbaik dengan biaya rata-rata keseluruhan termurah.

Namun, jika Anda ingin memilih penempatan Anda sendiri, Facebook merekomendasikan pilihan berikut, dikelompokkan berdasarkan tujuan pengiklanan Anda:

  • Tingkatkan kesadaran merek (termasuk pembelian Jangkauan& Frekuensi): Facebook dan Instagram
  • Tingkatkan postingan Anda (termasuk Jangkauan& Pembelian Frekuensi): Facebook dan Instagram
  • Dapatkan penayangan video (termasuk Pembelian Jangkauan& Frekuensi): Facebook dan Instagram
  • Dapatkan pemasangan aplikasi Anda: Facebook dan Instagram
  • Tingkatkan keterlibatan dalam aplikasi Anda: Facebook
  • Promosikan katalog produk: Facebook
  • Tingkatkan konversi di situs web Anda: Facebook
  • Kirim orang ke situs web Anda: Facebook

Langkah 7: Tempatkan pesanan Anda

Sekarang iklan Anda siap digunakan. Untuk mengirimkan iklan Anda klik tombol ‘Pesan’ di sudut kanan bawah halaman. Setelah iklan Anda dikirimkan, iklan tersebut akan ditinjau oleh Facebook sebelum iklan ditayangkan (Anda akan menerima email konfirmasi dari Facebook setelah iklan ditayangkan).

Artikel terkait  Ciri - Ciri Iklan yang Baik : Cara Menentukannya

Penawaran di Facebook Ads

Seperti pada jaringan iklan mana pun, penawaran strategis dapat berarti perbedaan antara laba dan pengujian yang gagal. Setelah Anda membuat iklan, Facebook akan memberikan rentang penawaran yang disarankan. Saat Anda baru memulai, tetapkan tawaran di dekat bagian bawah kisaran ini.

RKPT Anda akan segera mulai menentukan harga yang harus Anda bayar untuk lalu lintas. Jika RKT Anda tinggi, tawaran yang Anda sarankan akan berkurang. Jika RKPT Anda rendah, Anda harus menawar lebih banyak untuk setiap klik.

Selain volume klik, tawaran Anda juga akan menentukan seberapa banyak target audiens yang dapat Anda jangkau. Facebook menyediakan bagan yang bagus untuk setiap kampanye yang menunjukkan ukuran audiens target Anda dan seberapa banyak audiens yang telah Anda capai.

Meningkatkan tawaran Anda akan membantu iklan Anda menjangkau lebih banyak audiens target Anda. Jika iklan Anda berkinerja baik tetapi Anda mencapai kurang dari 75% dari target audiens Anda, Anda dapat meningkatkan tawaran Anda untuk mendapatkan lebih banyak klik.

Jika reaksi audiens Anda tinggi, frekuensi iklan Anda akan meningkat sehingga anggaran Anda pun akan meningkat, berapa kali seorang pengguna yang ditargetkan akan melihatnya.

Laman Landas

Mendapatkan klik hanyalah awal. Anda masih perlu pengunjung untuk mengonversi. Pastikan untuk mengirimnya ke halaman arahan yang ditargetkan. Anda tahu usia, jenis kelamin, dan minatnya, jadi tunjukkan padanya halaman yang akan menyelesaikan masalahnya.

Laman landas juga harus berisi formulir pendaftaran atau kotak kirim email yang akan Anda lacak sebagai konversi. Fokuskan halaman arahan pada   tindakan ini , bukan penjualan nanti. Jika Anda ingin pengunjung mendaftar ke buletin Anda, tunjukkan manfaatnya atau tawarkan hadiah gratis setiap mendaftarkan email mereka.

Cara Melacak Kinerja

Facebook tidak lagi menawarkan pelacakan konversi. Wawasan Facebook sangat bagus untuk data dalam Facebook tetapi tidak dapat memberikan informasi tentang pengguna yang telah meninggalkan situs.

Untuk melacak dengan benar kinerja Facebook Ads Anda adalah harus dengan menggunakan program analitik seperti Google Analytics, atau sistem back end Anda sendiri. Beri tag pada tautan Anda menggunakan pembuat URL Google atau tag pelacakan Anda sendiri.

Pelacakan Konversi

Seperti disebutkan di atas, pastikan untuk memisahkan kampanye dengan kelompok-kelompok kepentingan sehingga Anda dapat melihat kinerja masing-masing.

Anda dapat melacak menggunakan parameter utm_campaign. Gunakan parameter utm_content untuk membedakan antara iklan. Pelacakan tingkat iklan berguna saat menguji gambar yang menarik dan sebelum Anda menetapkan RKT dasar dan tingkat konversi.

Pelacakan Kinerja

Anda juga perlu memantau kinerja Anda dalam antarmuka Facebook. Metrik paling penting untuk dilacak adalah rasio klik-tayang. RKPT Anda memengaruhi jumlah klik yang akan Anda terima dan jumlah yang akan Anda bayarkan per klik.

Iklan dengan RKPT rendah akan berhenti ditayangkan atau menjadi lebih mahalIklan dengan RKPT tinggi akan menghasilkan klik sebanyak sesuai dengan anggaran Anda. Mereka juga akan lebih murah. Perhatikan CTR berdasarkan minat dan iklan untuk mempelajari audiens mana yang paling berhasil dan iklan mana yang cocok dengannya.

Bahkan kinerja iklan terbaik pun akan menurun seiring waktuSemakin kecil target audiens Anda, semakin cepat ini akan terjadi. Biasanya Anda akan melihat lalu lintas Anda mulai turun dalam 3-10 hari.

Ketika itu terjadi, segarkan iklan dengan gambar baru dan salin. Gandakan iklan Anda yang ada kemudian ubah gambar dan teks iklan. Jangan edit iklan yang ada. Hapus iklan yang tidak mendapat klik. Pada hari berikutnya, Anda akan melihat iklan baru yang menghasilkan tayangan dan klik.

Pantau kinerja gambar dari waktu ke waktu untuk melihat mana yang menghasilkan RKPT terbaik dan menjaga lalu lintas mereka paling lama. Anda dapat memutar gambar berkinerja tinggi kembali setiap beberapa minggu sampai mereka berhenti diklik sama sekali.

Itulah pembahasan mengenai Facebook Ads dengan tips dan trik untuk sukses mengiklankan produk Anda melalui Facebook Ads

[marketing-about]

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Belakangan ini kita sering mendengar perusahaan-perusahaan gadget yang menawarkan aneka produk nirkabel untuk lebih memudahkan aneka pekerjaan masyarakat. Biasanya, kita...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya