Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Iklan Pedoman Praktis Membuat Iklan PPC Evergreen Google Adwords untuk...

Pedoman Praktis Membuat Iklan PPC Evergreen Google Adwords untuk Pemula

-

Pernahkah Anda mendengar istilah iklan PPC Evergreen? Tahukah Anda bahwa iklan PPC Evergreen sangat bermanfaat bagi bisnis online?

Iklan PPC Evergreen adalah iklan yang dibutuhkan oleh banyak bisnis kekinian. Ini dikarenakan karakteristik dari evergreen adalah bisa digunakan dalam jangka waktu panjang, praktis dan lebih murah dibandingkan iklan musiman (seasonal).

Nah, Anda beruntung karena artikel kali ini akan membahas terkait seluh-beluk iklan PPC evergreen mulai dari konsep, manfaat hingga pedoman cara membuat iklan PPC menggunakan Google Adwords.

Yuk langsung saja kita simak penjelasan detilnya pada artikel edisi kali ini. Pastikan untuk menyimak sampai tuntas supaya tidak ada informasi yang terlewat, ya!

Mengenal Iklan PPC Evergreen untuk Bisnis Online

Iklan PPC adalah istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga Anda selaku marketer atau pebisnis online, bukan? Iklan PPC adalah singkatan dari Pay Per Click alias “Dibayar Per-Klik”. Jadi, iklan PPC adalah iklan yang baru akan Anda bayar ongkosnya ketika ada audiens yang mengklik iklan Anda dari sebuah website atau media sosial.

Iklan PPC adalah iklan yang sangat cocok untuk digunakan di dunia bisnis modern masa kini mengingat sekarang adalah era kejayaan internet. Masyarakat kekinian sudah jarang menonton TV, membaca majalah, apalagi menyimak pamflet dan baliho. Sebagai gantinya, semua informasi dan iklan produk atau jasa didapatkan dari dunia maya melalui iklan PPC.

Anda juga akan menerima lebih banyak keuntungan ketika menjalankan iklan PPC ini, antara lain bisa beriklan dengan lebih efektif, efisien dan hemat (ekonomis). Namun tahukah Anda bahwa iklan PPC yang baik adalah iklan PPC Evergreen?

PPC Evergreen adalah iklan online yang tak lekang oleh waktu. Tidak seperti iklan-iklan musiman yang hanya mengikuti suatu trend di momen khusus, iklan PPC Evergreen bisa digunakan untuk berpromosi selama setahun penuh dan bisa mendulang leads setiap hari. Anda juga tidak perlu mengedit atau memperbaharui iklan PPC Evergreen ini. Sangat praktis, bukan?

Perbedaan Iklan PPC Biasa (Non-Evergreen) dan Evergreen

iklan-ppc

Tidak banyak pebisnis yang sudah paham betul apa perbedaan utama antara iklan PPC biasa (non-evergreen) dan evergreen. Kalau Anda juga belum paham perbedaan iklan PPC biasa dan Evergreen, maka ini penjelasannya:

Iklan PPC biasa adalah iklan yang bersifat sementara atau temporal karena mereka mengikuti trend yang sedang marak saat itu. Iklan-iklan PPC non-evergreen biasanya menyajikan informasi paling baru, inovasi produk terbaru yang sesuai dengan trend dan hal-hal viral lainnya di saat tertentu untuk membuat audiens tertarik.

Dengan kata lain, iklan PPC non-evergreen adalah iklan-iklan yang bersifat musiman. Semisal Anda mempromosikan baju lebaran model terbaru di bulan Ramadan. Atau mungkin Anda mempromosikan belanja gratis ongkir all item untuk periode tanggal cantik seperti 4.4.

Sementara iklan PPC Evergreen bersifat kebalikannya. Konten-konten pada iklan Evergreen memuat topik-topik yang tak lekang oleh waktu, seperti informasi brand Anda atau fitur-fitur unggulan dari produk yang bertahan untuk jangka panjang.

Memang jika dibandingkan, maka iklan PPC Evergreen tidak tampak “semencolok” iklan PPC reguler yang mengandalkan trend. Namun terlepas dari keterbatasan ini, PPC Evergreen sangat cocok untuk mempromosikan bisnis Anda kepada calon konsumen yang belum pernah sama sekali berbelanja di toko Anda. Sebab, iklan PPC Evergreen “menjual” keunggulan produk dan eksistensi brand dari masa awal berdiri sampai saat ini.

Umumnya, calon konsumen baru cenderung lebih suka mempelajari lebih lanjut tentang bisnis sebelum mempertimbangkan keputusan berbelanja di sana. Bahkan menurut hasil survey, lebih dari 80% konsumen baru suka berbelanja di brand yang mempunyai kepopularitasan tinggi dan terbukti berkualitas.

Artikel terkait  Standar Influencer Marketing Terbaru dan Pekerjaan Sampingan Menggunakan Media Sosial

3 Manfaat Utama Beriklan PPC Evergreen untuk Bisnis Online

iklan-1-1

Apa saja kira-kira manfaat dari beriklan PPC Evergreen untuk bisnis online Anda? Jawabannya ada banyak sekali! Berikut ini kami rangkum 3 manfaat utama beriklan PPC Evergreen untuk Anda:

1. Mengungguli Kompetisi Bisnis

Jika Anda memasang iklan PPC Evergreen, maka bisnis Anda bisa dengan lebih mudah mengungguli persaingan bisnis. Iklan PPC Evergreen memungkinkan Anda untuk melakukan bid keyword pencarian, sehingga Anda bisa menguasai lebih banyak domain keyword dan mendominasi SERP Google.

Selain itu, calon konsumen bisa lebih sering mengunjungi website toko dan menyimak konten-konten Anda karena iklan PPC Evergreen yang selalu terpasang selama setahun di internet.

2. Mengoptimalkan Jumlah Leads Iklan

Jumlah lead yang bisa didapatkan dari iklan Evergreen tidak perlu diragukan lagi. Bahkan tanpa perlu mengeluarkan usaha sama sekali, sistem iklan PPC Evergreen tetap bisa menghasilkan leads dalam sehari. Iklan Evergreen dapat digunakan semaunya tanpa perlu update sehingga iklan Anda juga dapat berjalan dengan stabil tanpa ribet.

3. Mendapatkan Lebih Banyak Engagement

Mengingat konten iklan Evergreen dapat berjalan sepanjang tahun, maka konten ini dapat menghasilkan lebih banyak engagement dibandingkan iklan seasonal yang berlangsung sementara. Anda juga bebas menentukan konten apa yang paling kuat menciptakan engagement publik, baik dari pelanggan lama/tetap maupun pelanggan baru.

Cara Membuat Iklan PPC Menggunakan Google Adwords

google-adwords

Iklan PPC Evergreen bisa dibuat di mana saja: Google, Facebook, Instagram hingga Twitter. Namun dari semua platform tersebut, iklan Google PPC masih menjadi pilihan favorit masyarakat sampai hari ini. Oleh sebab itu, kali ini kami akan memaparkan cara membuat iklan PPC menggunakan Google Adwords khusus untuk Anda.

Google Adwords atau Google Ads adalah platform iklan milik Google yang sudah ada sedari 2018 sampai sekarang. Sesuai namanya, Google Ads adalah fitur khusus dari Google untuk memperlihatkan iklan-iklan berbayar di laman penelusuran Google.

Semisal ada seorang user yang menelusuri keyword sesuai niche iklan Anda, maka iklan Anda akan otomatis ditampilkan di bagian teratas hasil penelusuran. Otomatis, iklan Anda akan langsung diklik user. Praktis, bukan?

Beriklan di Google Adwords sangat diminati karena Google mempunyai pasar pengguna terbesar dibandingkan platform lain. Di Indonesia saja, Google mendominasi penguasaan search engine hingga 97%. Pun cara membuat iklan PPC menggunakan Google Adwords tidak sulit. Begini langkah-langkahnya:

  1. Buka laman Google Ads di https://ads.google.com/intl/id_id/home/
  2. Buat akun Google Anda sendiri atau akun Google untuk bisnis Anda. Nantinya, akun inilah yang akan Anda gunakan untuk beriklan di Google Adwords. Untuk membuat akun Google, langkahnya sama seperti saat membuat akun Gmail (Google Mail). Lewati langkah ini jika Anda sudah punya akun Gmail yang bisa dipakai.
  3. Login ke Google Ads dengan akun Gmail.
  4. Setelah login, Anda bisa memilih salah satu dari 3 goals atau tujuan beriklan di Adwords, yaitu:
  • Menaikkan jumlah pengunjung toko secara langsung (offline). Cocok untuk Anda yang mengelola usaha fisik seperti café, restaurant dan sejenisnya.
  • Mengunjungi website toko online Anda. Sesuai namanya, goals ini cocok untuk Anda yang mengutamakan bisnis di platform website dan ingin memaksimalkan jumlah visit, traffic, engagement dan lain-lain.
  • Menaikkan transaksi melalui phone call / panggilan telepon dari konsumen. Goals ini cocok untuk bisnis yang mayoritas transaksinya dilakukan via telepon.
  1. Tentukan lokasi dan jangkauan usaha Anda. Fungsinya adalah untuk mempermudah penampilan iklan secara local SEO. Cukup input alamat toko Anda saja pada kolom yang disediakan atau mengklik pin di peta digital Google.
  2. Tentukan kategori bisnis yang Anda kelola supaya sistem Google bisa lebih mudah menampilkan iklan pada target audiens yang sesuai. Di sini Anda akan diminta untuk memasukkan informasi terkait bisnis, kategori bisnis dan deskripsi.
  3. Membuat copy iklan sebanyak 30 karakter (untuk headline) dan 80 karakter (untuk isi iklan). Copy iklan adalah tampilan promosi yang akan muncul di laman search engine ketika penelusuran dilakukan. Anda juga bisa memasukkan foto untuk memperkuat promo yang sedang berlangsung, meski opsi ini sejatinya bersifat opsional.
  4. Atur estimasi biaya atau budget yang akan dikenakan setiap kali iklan Anda diklik oleh user. Anda bebas mengatur estimasi budget dengan biaya terendah atau sesuai dengan budget yang ada. Jangan lupa untuk memilih metode pembayaran terbaik dan paling pas untuk Anda, semisal dengan transfer bank, e-wallet atau kartu kredit.

Selesai! Iklan PPC Anda sudah siap untuk beredar dengan baik di laman Google. Sangat praktis dan mudah, ya!

Artikel terkait  Cara Menggunakan Google Ads Indonesia Bagi Pemula

Bonus: Memilih Topik PPC Evergreen Terbaik untuk Diiklankan

Anda telah menyimak terkait apa itu PPC Evergreen dan bagaimana cara membuat iklan PPC dengan Google Adwords. Sebagai bonus, kami turut sajikan cara-cara praktis memilih topik konten terbaik untuk diiklankan dalam PPC Evergreen.

Mengingat PPC Evergreen adalah iklan untuk durasi panjang tahunan, maka jelas sangat penting untuk Anda agar memilih konten yang selalu relevan untuk diiklankan. Banyak pebisnis awam masih bingung bagaimana cara memilih topik konten terbaik untuk diiklankan secara Evergreen.

Apakah Anda juga mengalami masalah yang sama? Tidak perlu pusing lagi, Anda bisa langsung memilih salah satu dari ide-ide konten di bawah ini:

Keuntungan Produk atau Brand

Salah satu alasan mengapa orang-orang mau mengklik iklan Anda adalah karena mereka ingin mendapatkan keuntungan dari produk atau brand Anda. Jadi, fokuskan keuntungan produk atau brand Anda untuk diiklankan secara PPC Evergreen. Anda bisa menambahkan sejumlah keyword relevan terkait keuntungan produk / brand ini agar peredaran iklan menjadi semakin optimal.

Brand Awareness

Salah satu topik populer untuk iklan PPC Evergreen adalah brand awareness alias fitur “About Us” yang dimiliki oleh website Anda. Anda bisa mempromosikan misi utama dari bisnis atau target audiens utama untuk menarik sebanyak mungkin rasa penasaran dari calon konsumen baru. Perkenalkanlah bisnis Anda dengan sebaik-baiknya, ya!

Harga Jasa atau Produk

Siapa yang tidak ingin mendapatkan produk atau jasa berkualitas dengan harga murah? Jika jasa atau produk yang Anda tawarkan memiliki harga yang kompetitif atau bahkan lebih terjangkau dibandingkan bisnis lainnya, maka jangan ragu lagi untuk menonjolkan harga tersebut ke dalam iklan PPC Anda!

Kredibilitas

Banyak konsumen, apalagi konsumen baru cenderung takut mengklik iklan dari perusahaan yang tidak mereka kenal atau tidak jelas kredibilitasannya. Jadi, promosikanlah kredibilitas dan kualitas dari brand Anda kepada konsumen melalui iklan PPC Evergreen. Anda bisa mempromosikan review atau testimoni yang dipunyai brand.

Fitur

Terakhir, tentu saja Anda bisa mempromosikan fitur-fitur unggulan yang dimiliki oleh produk atau service di perusahaan Anda. tentunya bisnis Anda bisa mempunyai fitur, keunggulan dan value produk / jasa yang berbeda dan bahkan lebih baik dibandingkan milik kompetitor.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini seputar iklan PPC Evergreen! Sangat menarik dan menambah wawasan kita seputar dunia periklanan, bukan? Selamat mencoba memasang iklan PPC Evergreen demi memaksimalkan omset dengan tips-tips di atas, ya.

Tapi kalau Anda masih bingung dan membutuhkan bantuan lebih lanjut terkait strategi beriklan online, maka jangan ragu untuk menghubungi APPKEY di https://appkey.co.id/ ! APPKEY adalah jasa layanan pengembangan web dan aplikasi yang juga turut memfasilitasi bantuan online marketing. Melalui tangan-tangan profesional berpengalaman dan harga super terjangkau, APPKEY siap membantu memenuhi apapun kebutuhan dan kesulitan Anda selama berbisnis online.

Jadi tunggu apa lagi, segera hubungi APPKEY di https://appkey.co.id/ dan raih kesuksesan bisnis online Anda mulai dari sekarang. Sampai jumpa di APPKEY!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya