Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Dasar Pemasaran Apa Itu Marketing Mix 7p?

[ Dasar-Dasar Service Marketing ] Apa Itu Marketing Mix 7p?

-

Penargetan pemasaran layanan tidak berwujud menjadi semakin penting dalam kegiatan pemasaran. Dalam artikel kali ini, saya ingin menjelaskan konsep pemasaran jasa dan kerangka dasar untuk menerapkannya, “7P”, bersama dengan contohnya.

Tinjauan Pemasaran Layanan

Tinjauan-Pemasaran
Sebelum berkembangnya marketing mix 7P dalam pembauran pemasaran (marketing mix) dulu istilah ini dikenal dengan istilah 4P (Product, Price, Placement, and Promotion) 4P diadvokasi pada 1960-an ketika pemasaran massal dikembangkan untuk barang berwujud seperti mobil dan peralatan rumah tangga.

Pada tahun 1970-an, 4P berguna sebagai strategi pemasaran di berbagai bidang seperti informasi, keuangan, perjalanan, dan makanan serta minuman. Lalu setelahnya berkembanglah 7P yang merupakan bauran pemasaran layanan di mana 4P McKersey ditambahkan oleh Philip Kotler dengan tiga elemen P lainnya.

Pemasaran layanan mengacu pada strategi pemasaran yang memperhitungkan karakteristik unik untuk industri jasa dan layanan sebagai fungsi aksesori produk.

Artikel terkait  Strategi Penetapan Harga Produk di Pasaran

Karakteristik Layanan

Mengenal-Marketing
7P, mencirikan karakteristik layanan sebagai berikut.

Tidak Berwujud (Intangibility)

Jasa tidak dapat dilihat, didengar, dirasa, atau dicium sebelum dibeli. Artinya jada adalah sesuatu yang tidak berwujud. Benda merupakan obyek, alat atau benda yang bisa dinilai dari bentuk dan fungsinya, sedangkan jasa adalah suatu perbuatan (pelayanan), kinerja (performance) atau usaha.

Misalnya, perusahaan usaha Anda bergerak di bidang kuliner. Orang tidak akan bisa mecicipi rasa keleszatan masakan Anda apabila belum menggunakan jasa Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memvisualisasikan layanan Anda, coba terbitkan beberapa testimoni dari client yang merasa puas terhadap layanan Anda melalui postingan abik gambar maupun video yang dapat Anda bagikan melalui social media.

Tidak Dapat Dipisahkan (Inseparability)

Layanan Anda dengan client menjadi penting dan tidak terpisahkan karena jasa harus dijual duhulu dan setelah nya diproduksi secara khusus dan dikonsumsi pada waktu yang bersamaan.

Maka yang perlu Anda lakukan adalah meningkatkan kualitas dan layanan dalam membangun hubungan saling percaya dengan client.

Selain itu, Anda sebagai penyedia layanan harus ada pada saat client membutuhkan, oleh karena itu Anda perlu membangun mekanisme untuk menangani banyak konsumen sekaligus agar lebih efesien.

Keragaman (Variability)

Jasa disebut beragam karena menghasilkan banyak variasi jenis dan kualitas yang dihasilkan tergantung pada siapa (who), kapan (when), dan di mana (where) jasa tersebut dihasilkan. Artinya kualitas layanan atau jasa bervariasi tergantung pada siapa yang menyediakannya dan kapan dapat menyediakannya, dan sulit untuk selalu memberikan kualitas yang sama ini disebut dengan nonstandardized out-put.

Contoh: Setiap penata rambut disebuah salon memiliki keterampilan yang berbeda-beda dan hasilnya pun tidak sama dengan penata yang lain. Hal ini juga berlaku pada juru masak/ chef disebuah rumah makan atau restoran.

Oleh karena itu, kelola lah usaha Anda untuk mempertahankan kualitas secara konstan walau tiap individu memiliki keterampilan yang berbeda.

Artikel terkait  Cara Menentukan Harga Jual Produk

Tidak Tahan Lama (Perishability)

Tidak tahan lama dan tidak dapat disimpan, hal ini dikarenakan sifatnya yang tidak berwujud. Misalnya, Anda tidak dapat membawa kamar hotel tempat Anda menginap kerumah Anda, melainkan Anda hanya diberikan kunci atau kartu sesuai lama waktu Anda menginap.

Oleh karena itu, manajemen permintaan dan manajemen persediaan diperlukan. Misalnya, dalam kasus hotel, diskon digunakan untuk merangsang permintaan selama jam non-puncak, dan karyawan paruh waktu diperkerjakan untuk membantu selama jam sibuk.

Namun karakteristik yang satu ini tidak berlaku pada beberapa jenis jasa. Contohnya seperti jasa menjahit baju, fotografi dan lainnya.

Mengenal Marketing Mix 7P

7P
Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai marketing mix 7P, mari membahas mengenai marketing mix 7P terlebih dahulu. Pengertian bauran pemasaran (marketing mix) menurut kotler (2005:17) adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk terus-menerus mencapai tujuan pemasaran di pasar sasaran.

Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran merupakan seperangkat alat yang digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan.

Marketing mix 7P merupakan gabungan dari 4P dan 3P yang bertujuan untuk mengoptimalkan pemasaran yang Anda lakukan dan berikut adalah variabel-variabel dan penjelasan secara rinci.

Product (Produk)

Produk merupakan segala bentuk hasil usaha  yang ditawarkan untuk dikonsumsi sehingga bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat. Jika Anda ingin sukses menjalankan strategi marketing mix, Anda harus dapat membuat dan menghasilkan produk atau jasa dengan kualitas yang bersaing dan memiliki suatu keunikan. Dengan begitu, produk atau jasa Anda secara otomatis dapat meningkatkan daya saing di pasaran.

Price (Harga)

Harga adalah sejumlah uang yang harus dibayar oleh pengguna Anda untuk dapat menikmati produk yang Anda tawarkan. Pelanggan akan membeli produk yang Anda tawarkan, jika pengorbanan yang dikeluarkan sesuai dengan manfaat yang ia ingin dapatkan dari produk yang Anda tawarkan.

Fokus Anda adalah bagaimana caranya agar dapat membuat pelanggan atau calon pembeli potensial merasa pengeluarannya sesuai dengan apa yang dia dapat.

Tempat (Place)

Tempat/ lokasi adalah tempat di mana perusahaan Anda berdiri. Semakin strategis tempat bisnis Anda, semakin besar juga keuntungan yang akan diperoleh. Dengan lokasi yang strategis, konsumen atau calon pelanggan dapat lebih mudah menemukan dan menjangkau bisnis Anda, sehingga transaksi penjualan lebih mudah terjadi.

Promosi (Promotions)

Strategi marketing mix ini berfokus pada masalah promosi bisnis, seperti bagaimana cara memasarkan produk, media apa yang digunakan,dan lainnya. Promosi merupakan salah satu strategi marketing yang memiliki tujuan sebagai berikut:

  • Mengidentifikasi dan menarik konsumen baru.
  • Mengomunikasikan produk baru.
  • Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang telah dikenal secara luas.
  • Menginformasikan kepada konsumen tentang peningkatan kualitas produk.

People

People mengacu pada semua orang yang terlibat, baik yang memberikan layanan kepada pelanggan, termasuk karyawan, orang terkait, dan subkontraktor, di lingkungan bisnis mereka. Tidak masalah bagi pelanggan apakah penyedia layanan adalah karyawan perusahaan mereka atau karyawan perusahaan mitra. Semua harus memberikan layanan yang memuaskan pelanggan di bawah kendali mereka sendiri.

Proses (Proses Bisnis / Proses Penjualan)

Proses mengacu pada berbagai metode penyediaan layanan kepada pelanggan. Untuk memberikan layanan berkualitas tinggi, perlu untuk meningkatkan CRM dan meningkatkan efisiensi di pusat pelanggan, misalnya, dan perlu untuk meninjau proses penjualan untuk meningkatkan metode pembayaran.

Artikel terkait  Arti Pemasaran : Pengertian dan Definisi Pemasaran (Lengkap)

Physical Evidence (Bukti fisik)

Singkatnya, bukti fisik memberikan keamanan dan keamanan kepada pelanggan. Ini mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan Anda sekaligus menghilangkan kecemasan pelanggan dan memvisualisasikan keamanan, seperti sertifikat dan kontrak, keterlacakan yang dengan jelas mengidentifikasi produsen makanan, dan lainnya.

Perusahaan perlu mempertimbangkan marketing mix 7P mana yang akan mereka perkuat untuk menghasilkan laba. Urutan bauran pemasaran 7P ini tidak terlalu penting untuk dipraktikkan, tetapi perlu mempertimbangkan keseimbangan, sinergi, dan konsistensi masing-masing.

Ini adalah kerangka kerja untuk merancang apa yang dapat dicapai dengan menggabungkan apa yang 7P diperkuat dan digabungkan untuk mencapai tujuan, untuk membedakan dari pesaing dan membangun keunggulan.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya