Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 2

15 Contoh Service Excellence di Berbagai Usaha Kekinian

0
contoh-service-excellence

Service excellence adalah kunci utama mempertahankan kesetiaan pelanggan. Namun seperti apa contoh service excellence yang baik dan benar?

Setiap bisnis wajib mengetahui tata cara memanjakan konsumen masing-masing. Hal ini penting agar toko Anda tidak pernah sepi pembeli. Adapun proses memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen sering disebut sebagai service excellence.

Bagaimana dengan usaha Anda sendiri? Sudahkah Anda melayani konsumen dengan maksimal? Atau, Anda justru masih bingung dengan contoh-contoh service excellence?

Tepat sekali, berikut ini kami telah rangkum berbagai contoh service excellence dari beragam bidang usaha. Anda bisa langsung mengikutinya demi memaksimalkan kualitas bisnis sendiri!

13 Contoh Service Excellence di Beragam Bidang Usaha [Wajib Ditiru!]

contoh-service-excellence-1

Kepuasan konsumen selalu menjadi hal nomor satu dalam bisnis, baik yang bergerak di bidang jasa ataupun menjual produk.

Namun nyatanya masih banyak juga yang belum mengetahui bentuk-bentuk pelayanan konsumen yang baik (service excellence). Maka dari itu, yuk simak berbagai contoh service excellence dari beragam bidang usaha berikut ini:

1. Contoh Service Excellence di Rumah Sakit

Contoh service excellent yang pertama datang dari bisnis medis, seperti rumah sakit, klinik dan puskesmas.

Selain sigap dan fokus menangani penyakit dan keluhan pasien, rumah sakit Anda tetap harus memenuhi poin-poin penting pelayanan konsumen seperti:

  • Menyediakan ruang tunggu yang aman dan nyaman bagi keluarga pasien.
  • Memberikan pelayanan pengobatan yang jelas dan transparan.
  • Mengantongi izin operasi secara legal dari badan hukum.
  • Mengedepankan pertolongan pertama bagi pasien, khususnya yang masuk UGD.
  • Senantiasa bersikap ramah dalam menanggapi pertanyaan, keluhan, permintaan dan kebutuhan pasien.

2. Service Excellence di Bank

Bank adalah perusahaan dengan contoh pelayanan publik yang baik untuk ditiru selanjutnya. Bagi Anda yang tengah mengelola bisnis perbankan, kami sarankan untuk menerapkan contoh-contoh excellent service berikut ini:

  • Membukakan pintu, menyapa, dan mengarahkan nasabah sesuai tujuan mereka.
  • Menyediakan petugas security untuk menjamin rasa aman konsumen ketika bertransaksi.
  • Melayani seluruh kebutuhan nasabah dengan ramah, sopan, dan cekatan.
  • Menyediakan alur pelayanan yang jelas, terstruktur dan transparan.
  • Menerima seluruh keluhan dan pertanyaan klien, serta menyelesaikannya dengan baik.

3. Service Excellence di Toko Produk dan Ritel

Khusus untuk bisnis jualan produk atau ritel, Anda dapat menerapkan contoh pelayanan konsumen seperti:

  • Memastikan stok selalu ready atau tersedia. Pantaulah jumlah stok secara berkala, dan segera isi ulang produk yang hampir habis. Dengan begini, konsumen akan selalu senang dan puas sebab bisa memenuhi kebutuhan di toko Anda.
  • Menyambut pelanggan dengan sopan, ramah dan penuh kesabaran.
  • Menuntun pengunjung mencari produk-produk sesuai kebutuhannya.
  • Bersedia menjawab dan menjelaskan informasi terkait produk yang ditanyakan oleh konsumen.
  • Sebisa mungkin menyediakan produk-produk yang sedang trending, viral atau best-seller. Sangat besar peluang masyarakat membeli produk yang sedang naik daun.

4. Contoh Service Excellence di Supermarket

Pelayanan konsumen di supermarket tidak jauh berbeda dengan ritel. Ketika ada konsumen, usahakan untuk menyambut mereka dengan senyum, sapaan ramah, atau kalimat seperti, “Selamat datang, adakah yang bisa kami bantu?”.

Setelah pelanggan selesai berbelanja, Anda bisa membantu menghitung jumlah harga pesanan dan menawarkan produk atau diskon lain kepada mereka. Ucapkan pula terima kasih kepada konsumen sebelum mereka meninggalkan toko Anda.

5. Service Excellence di Lembaga Kursus, Pelatihan & Bimbingan Belajar

Tidak hanya bisnis jual-beli produk, usaha-usaha yang bergerak di bidang jasa juga wajib menyediakan service excellence yang baik. Salah satunya adalah lembaga kursus, pelatihan dan bimbel.

Beberapa contoh sikap excellent services di lembaga kursus adalah:

  • Menyambut pelajar dengan hangat, ramah dan sopan.
  • Menyediakan tenaga pengajar yang berkompeten, tahu cara membimbing siswa, serta ahli di bidangnya.
  • Menerima diskusi dengan siswa terkait kesepakatan metode belajar.
  • Mempersiapkan diri dan materi pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan siswa.

6. Contoh Service Excellence di Toko Online (Online Shop)

Bisnis online saat ini sedang naik daun. Selain karena mudah, online shop juga tidak memakan banyak biaya modal. Alhasil banyak orang tertarik mengembangkannya.

Meskipun online shop bisa dikelola dengan praktis via aplikasi ecommerce, jangan sampai Anda tidak memberi pelayanan konsumen yang baik, ya. Beberapa contoh excellent service khusus untuk online shop misalnya:

  • Menjawab seluruh pesan, keluhan dan pertanyaan dari konsumen.
  • Berusaha untuk menjawab pesan masuk secara cepat (fast response).
  • Memberikan informasi terkait pesanan secara jelas.
  • Menyediakan klaim garansi atau pengembalian barang yang rusak dan tidak sesuai katalog.
  • Menyusun metode check out pesanan dengan simpel dan praktis.
  • Menghadirkan fitur-fitur belanja online yang menguntungkan konsumen, seperti klaim diskon, cashback, keranjang belanja, dan lain-lain.

7. Service Excellence di Hotel

Hotel terkenal sebagai bisnis dengan pelayanan dan keramahtamahan tingkat tinggi. Service excellence sangat menentukan rating bintang sebuah hotel. Semakin banyak konsumen yang puas dengan layanan Anda, maka semakin terkenal pula nama hotel Anda.

Lalu seperti apa bentuk pelayanan hotel yang baik? Jawabannya cukup sederhana. Anda bisa menerapkan poin-poin berikut:

  • Menyambut tamu yang baru tiba dengan 3S (Senyum, Salam, Sapa).
  • Menyediakan jasa vallet parking dan bellboy untuk membantu tamu membawa barang-barang mereka.
  • Menanggapi permintaan, pertanyaan, hingga keluhan dari tamu dengan sigap.
  • Membersihkan dan menata kembali kamar hotel ketika tamu sedang bepergian.
  • Menjaga sanitasi dan kebersihan ruangan kamar hotel seperti mengganti seprai, menyapu, mengepel, mengganti perabotan sekali pakai untuk tamu (seperti sikat gigi, handuk, sabun, dll).
  • Menjaga privasi data-data tamu.

8. Service Excellence Layanan Delivery

Contoh pelayanan konsumen terbaik selanjutnya datang dari usaha delivery (pesan antar makanan). Perusahaan Pizza Hut memberikan contoh excellence service yang bisa Anda tiru. Mereka memberikan “garansi uang kembali” jika makanan pesanan tiba lebih lama dari seharusnya.

Taktik tersebut terbukti ampuh membangun rasa penasaran sekaligus kesan baik di benak konsumen. Konsumen jadi merasa “lebih aman” dan “tetap untung” meski harus mengalami kondisi pengiriman yang buruk. Alhasil mereka akan lebih betah menggunakan jasa Anda.

9. Service Excellence Restoran

Cukup banyak restoran kekinian menyediakan promo spesial atau gratis makanan/minuman bagi pelanggan yang berulang tahun. Salah satunya adalah Starbucks.

Member Starbucks bisa memperoleh kue gratis di hari ulang tahun mereka. Strategi service excellence ini bisa Anda tiru demi mempererat loyalitas konsumen.

Selain memberikan kado khusus pada konsumen, masih ada lebih banyak contoh pelayanan konsumen di bidang restoran misalnya:

  • Menjaga kehigienisan tempat makan, dapur, dan pesanan konsumen. Pun apabila terjadi hal tak diinginkan yang merusak makanan, Anda harus dengan sigap mengganti pesanan dengan yang baru.
  • Menyediakan ruang makan yang nyaman, tidak terlalu sempit atau berisik.
  • Menyediakan layanan pesan antar online sehingga konsumen bisa tetap berbelanja tanpa perlu datang ke resto.

10. Service Excellence Bisnis Gadget

Khusus untuk bisnis jual-beli gadget, Anda bisa menyediakan excellence service berupa terima tukar tambah.

Gadget smartphone dan laptop sering mengalami pembaharuan dan penurunan harga di masyarakat. Alhasil, sistem tukar tambah bisa membantu konsumen mendapat produk impian dengan harga terjangkau.

Anda juga dapat memberikan garansi dalam jangka waktu lama (1 atau 2 tahun) bagi setiap pembelian gadget. Kehadiran garansi dapat menambah rasa keamanan dan kepercayaan konsumen terhadap brand.

11. Service Excellence Butik atau Toko Pakaian

Apakah Anda tertarik membuka bisnis butik? Usaha di bidang fashion memiliki arus pergerakan yang cepat. Supaya bisnis bisa bertahan, maka Anda harus menjaga hubungan dengan konsumen melalui beberapa trik service excellence ini:

  • Rutin memperbaharui informasi terkait stok produk atau koleksi busana pada konsumen. Banyak orang tertarik membeli pakaian-pakaian keluaran terbaru. Toko Anda pun bisa mendapat rating lebih tinggi karena dianggap up to date.
  • Berikan penawaran produk sesuai selera, minat, atau riwayat belanja konsumen.
  • Bangun komunikasi dua arah yang baik dengan konsumen. Jangan hanya getol mengabari konsumen ketika ingin menawarkan produk. Selalu balas pesan mereka kapanpun dimanapun.

12. Service Excellence di Perusahaan Asuransi

Bentuk service excellence yang paling menonjol di bisnis asuransi adalah sikap menghormati keputusan pelanggan. Semisal Anda sudah menawarkan berbagai produk asuransi pada konsumen, namun pada akhirnya mereka tidak jadi membeli.

Situasi seperti itu sangat sering terjadi dan Anda mungkin merasa kecewa. Akan tetapi, Anda harus mengedepankan sikap profesional serta menghargai keputusan pembeli.

Jangan sekali-kali menunjukkan wajah kecewa apalagi marah-marah karena akan membuat konsumen merasa tidak nyaman. Berlapang dadalah, lalu bangkit mencari konsumen yang lain.

13. Service Excellence di Toko Kosmetik atau Bisnis Skincare

Contoh terakhir datang dari bisnis kosmetika atau skincare. Bisnis skincare juga sangat marak digeluti dewasa ini. Target konsumennya pun beragam, mulai dari remaja, wanita, hingga pria.

Jika ingin bisnis skincare Anda sukses, maka usahakanlah untuk selalu mengenali kebutuhan pelanggan Anda. Mengetahui permasalahan konsumen beserta solusinya menjadi kunci utama keberhasilan usaha produk kecantikan masa kini.

Selain itu, hargai pula privasi konsumen. Banyak konsumen merasa kurang nyaman membeli skincare secara langsung di toko karena ‘terlalu diawasi’ gerak-geriknya oleh sales.

Akan lebih baik jika Anda bertanya pada konsumen terlebih dahulu apabila mereka membutuhkan bantuan saat berbelanja. Selebihnya, cukup ikuti kemauan pembeli saja.

Pun untuk menghindari hal-hal tak diinginkan seperti pencurian, Anda dapat memasang kamera CCTV yang mengawasi areal toko dengan lebih baik.

Demikianlah 13 contoh service excellence dari berbagai jenis usaha masa kini. Cukup mudah, bukan? Yuk segera praktekkan contoh-contoh pelayanan konsumen di atas pada bisnis sendiri!

Follow terus MARKEY karena ada ratusan tips dan trik bermanfaat terkait bisnis online spesial khusus untuk Anda. Baca gratis sekarang juga hanya di https://markey.id/ atau MARKEY APP. Sampai bertemu lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

10 Strategi Pemasaran Aplikasi yang Lagi Viral, Apa Saja?

0
strategi-pemasaran-aplikasi

10 strategi pemasaran aplikasi berikut ini sedang ramai digunakan bisnis-bisnis dan startup dunia, lho. Anda wajib mencobanya sekarang juga supaya aplikasi lebih cepat populer dan menghasilkan profit maksimal.

Banyak orang masih bingung mencari metode pemasaran aplikasi yang tepat. Padahal, memasarkan aplikasi baru tidak terlalu sulit kalau Anda menguasai tips dan triknya.

Anda beruntung, kali ini kami punya 10 taktik promosi aplikasi yang mudah, murah, dan cepat mendatangkan keuntungan. Tanpa basa-basi lagi, yuk langsung cobain semua strategi pemasaran aplikasi terbaik berikut ini!

10 Strategi Pemasaran Aplikasi Terbaik yang Cepat Menghasilkan Profit Besar

strategi-pemasaran-aplikasi

Selayaknya produk dan jasa, aplikasi yang Anda buat juga harus dipromosikan secara berkala ke konsumen. Promosi akan membantu pengguna merasakan dampak positif app Anda dalam keseharian mereka.

Sedangkan dari sisi bisnis, besar-kecilnya jumlah pengguna aplikasi mempengaruhi langsung jumlah profit yang didapat. Anda juga bisa lebih cepat balik modal pengembangan app dan memperbesar skala usaha.

Namun bagaimana cara memasarkan aplikasi yang baik? Tidak perlu cemas, langsung praktekkan 10 strategi unggulan berikut ini yuk!

1. Fokus pada Kebutuhan User

Tips pemasaran aplikasi yang pertama adalah fokus pada kebutuhan pengguna. Marketing yang berfokus pada kebutuhan user 61% lebih sukses dibandingkan promosi yang mengutamakan karakteristik konsumen (menurut hasil riset terbaru dari perusahaan AdTech global bernama Bango).

Hal ini terjadi karena adanya perubahan gaya belanja masyarakat secara umum. Konsumen kini memprioritaskan layanan app yang memenuhi kebutuhan mereka dari berbagai aspek: fitur fungsional, kemudahan pemakaian, harga, nilai estetika, hingga privasi.

Meskipun mengetahui karakteristik pembeli tetap penting, mengedepankan ‘what users buy’ (apa yang dibeli konsumen) kini disarankan supaya promosi aplikasi Anda lebih cepat mendulang hasil.

2. ASO (App Store Optimization)

ASO adalah strategi pemasaran aplikasi yang wajib Anda lakukan selanjutnya. Menurut pengertiannya, ASO adalah proses meningkatkan visibilitas aplikasi di toko app seperti Google Playstore dan Apple AppStore.

ASO mempunyai konsep kerja yang sejenis dengan SEO. Semakin baik optimalisasi ASO Anda, otomatis makin mudah aplikasi ditemukan calon pengguna.

Persaingan aplikasi di AppStore dan Playstore nyatanya memang sangat ketat. Sampai saat ini tercatat ada ratusan juta aplikasi yang terposting di platform ini. Maka dari itu, mengoptimalkan nilai visibilitas aplikasi sangat penting agar app menghasilkan lebih banyak profit.

3. Kampanye Retensi Aplikasi

Retensi adalah persentase user aktif sebuah aplikasi setelah beberapa waktu tertentu. Setiap aplikasi memiliki nilai retensi pengguna yang berbeda.

Besar persenan retensi sebuah aplikasi biasanya selalu berubah. Ada yang nilainya bertambah seiring berjalannya waktu, atau sebaliknya.

Retensi pun sering dijadikan dasar patokan retargeting ads. Pasalnya dari nilai retensi inilah kita dapat mengetahui nilai umur pengguna (LTV), ROAS, dan cara-cara mencegah pengguna menguninstal aplikasi.

Para pengiklan cenderung menjalankan kampanye ulang setelah satu minggu user menginstal aplikasi di smartphone mereka. Pengulangan promosi dapat mempertahankan masa penggunaan app selama mungkin.

4. Strategi Pemasaran Aplikasi SEO

Selain mengoptimalisasikan ASO, gencarkan juga promosi aplikasi Anda secara SEO. Tujuannya adalah untuk menjaring pengguna baru yang menelusuri kata kunci aplikasi kita di Google.

Semisal Anda memproduksi aplikasi ecommerce. Dengan SEO, nama app Anda bisa muncul di halaman 1 Google ketika ada yang menelusuri keyword “aplikasi ecommerce” atau sejenisnya. Akibatnya, app Anda akan mendapat lebih banyak klik serta download.

Namun SEO hanya bisa dipraktekkan pada halaman website saja tidak seperti ASO pada halaman Playstore. Maka dari itu Anda bisa melancarkan pemasaran aplikasi berbasis SEO di media blog, landing page, atau website utama brand.

Ada juga yang menautkan landing page dengan halaman Playstore demi meraih hasil optimalisasi yang lebih kuat. Tidak ada salahnya juga untuk mengikuti strategi yang satu ini.

5. Memanfaatkan Rating Konsumen

Ingin memasarkan aplikasi tanpa modal sama sekali? Cobalah untuk memanfaatkan rating penilaian konsumen di AppStore dan Playstore!

Rating bisa menjadi senjata terbaik untuk memikat calon-calon pengguna baru aplikasi. Kebanyakan orang cenderung tidak berpikir panjang untuk mencoba aplikasi bintang 4,5 ke atas. Mereka akan langsung yakin bahwa aplikasi tersebut berkualitas baik.

Namun bagaimana caranya agar konsumen mau memberikan penilaian? Strateginya cukup mudah, yaitu dengan meminta langsung kepada konsumen. Anda bisa memasang pesan pop up di app atau mengajak pengguna memberi rating lewat kampanye sosmed.

Jangan lupa menanggapi seluruh komentar, kritik, pertanyaan dan saran yang aplikasi Anda terima. Hal ini penting demi menjaga hubungan serta image brand di masyarakat.

6. Mailing List

Email marketing atau mailing list tidak hanya efektif untuk memasarkan produk, tapi juga aplikasi. Taktik ini mempunyai daya tarik konsumen yang cukup tinggi, sekitar 80-81%.

Anda juga dapat mengustomisasi mailing list sehingga isinya benar-benar pas dengan kebutuhan. Otomatis masyarakat akan tertarik menginstal aplikasi Anda detik itu juga.

Tak berhenti sampai di sana, taktik promosi aplikasi via email mempunyai nilai plus tersendiri yaitu bergerak dengan persetujuan. Seluruh konten pemasaran dikirim atas permintaan konsumen sendiri, sehingga mengefektifkan biaya pembuatan dan menghindari spam.

7. Menentukan KPI

Jangan lupa untuk menentukan KPI pemasaran aplikasi. Strategi ini akan membantu Anda dalam mengukur, memantau sekaligus mengefisiensikan promosi aplikasi secara umum.

KPI juga bermanfaat untuk menggali aspek-aspek terbaik dan terburuk dari aplikasi Anda. Hasilnya, promosi dapat lebih mudah dimaksimalkan.

Terdapat sejumlah faktor KPI yang perlu dikelola jika Anda ingin mencoba strategi pemasaran aplikasi ini, yakni:

  • DAU: Daily Active User (Pengguna Aktif Harian).
  • WAU: Weekly Active User (Pengguna Aktif Mingguan).
  • MAU: Monthly Active User (Pengguna Aktif Bulanan).
  • CPM: Cost per Mille (Biaya per Mille).
  • CPA: Cost per Acuisition (Biaya per Akuisisi).
  • CPI: Cost per Instalation (Biaya per Instalasi).
  • CTR: Click Through Rate (Rasio Klik Tayang).
  • Tingkat Konversi, Retensi, dan jumlah pengguna yang berhenti memakai app.

8. Akuisisi Pengguna Premium

Pernahkah Anda menggunakan aplikasi gratis lalu mendapat penawaran beralih ke premium? Ini adalah contoh pemasaran aplikasi dengan metode akuisisi pengguna.

Anda bisa menawarkan masa pemakaian gratis (free trial) selama beberapa lama seperti 7 hari, 14 hari, atau 1 sampai 3 bulan. Dari sini, pengguna baru dapat “mencicipi” kehebatan seluruh fitur aplikasi.

Pada akhirnya mereka akan tertarik berlangganan premium karena sudah nyaman, terbiasa dan mendapat manfaat nyata dari aplikasi. Anda tidak perlu lagi repot-repot membujuk pengguna meng-upgrade paket app.

9. Influencer Marketing

Siapa bilang strategi pemasaran aplikasi tidak bisa dengan bantuan influencer? Justru nama aplikasi Anda akan lebih cepat populer kalau diendorse oleh influencer, lho.

Promosi influencer terbukti selalu membawa hasil yang besar bagi bisnis, tak terkecuali pemasaran aplikasi. Faktanya saat ini hampir 90% konsumen berdatangan mencoba membeli produk atau jasa usai melihat review dari influencer kesayangan mereka.

Pengaruh influencer atau selebriti online akan sangat membantu pemasaran app Anda, terutama jika brand Anda masih tergolong baru. Daya jangkau konten influencer amat luas sehingga efektif untuk membangun brand awareness dalam waktu singkat.

Namun pastikan influencer yang Anda ajak kerjasama sesuai dengan tipe aplikasi Anda. Semisal Anda membuat aplikasi fitness dan olahraga, maka lakukan endorse dengan influencer di bidang yang sama.

10. Marketing Sosial Media dan Game Online

Sosial media dan game online adalah sarana pemasaran aplikasi yang mudah dan efektif lainnya. tentunya Anda wajib memanfaatkan dua media ini mengingat banyaknya jumlah pengguna sosmed setiap harinya.

Seseorang terbukti bisa menghabiskan hingga berpuluh-puluh jam di dunia maya, baik untuk bekerja, belajar, hingga menyimak hiburan. Maka dari itu besar sekali kemungkinan aplikasi Anda dikenali banyak orang kalau dipromosikan via sosmed.

Beberapa contoh metode pemasaran aplikasi di sosial media adalah:

  • Kampanye sosmed.
  • Promosi lewat konten edukatif dan menghibur.
  • Sharing review aplikasi.
  • Mengadakan quiz, giveaway, webinar, dan lain-lain.

Anda juga dapat memasang iklan promosi app di game online. Taktik ini dikenal dengan nama in app marketing dan sudah marak dilakukan. Iklan pemasaran Anda dapat diselipkan dalam jeda pergantian sesi atau level game, sehingga tidak mungkin di-skip pengguna.

Itulah dia 10 strategi pemasaran aplikasi terbaik yang banyak digunakan marketer kekinian. Adakah taktik yang sudah pernah Anda coba dari seluruh poin di atas?

Yuk ikuti terus MARKEY agar tidak ketinggalan info-info menarik lainnya seputar bisnis online. Baca gratis seluruh artikel informatifnya sekarang juga hanya di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

4 Kiat dan Manfaat Influencer untuk Meramaikan Bisnis Anda

0
manfaat-influencer

Manfaat influencer bagi bisnis online salah satunya adalah mempopulerkan nama usaha di masyarakat. Namun tahukah Anda, bahwa ada lebih banyak lagi manfaat influencer yang tak kalah menjanjikan?

Pemasaran melalui influencer masih gencar dilakukan oleh banyak brand. Berbagai perusahaan berlomba-lomba menggaet artis lokal maupun luar untuk memperkenalkan produk/jasa ke masyarakat.

Sebut saja seperti kampanye GoJek dan BTS, atau kolaborasi seleb TikTok viral Kak Jill dengan brand make up Madame Gie. Tentunya promosi-promosi ini digencarkan dengan alasan khusus, salah satunya produk/jasa lebih cepat terkenal berkat “didongkrak” oleh sang influencer.

Nah selain itu pun masih ada lagi 4 manfaat influencer yang tak boleh dilewatkan setiap bisnis online. Apa sajakah? Yuk langsung simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

4 Manfaat Influencer untuk Bisnis Online Kekinian dan Masa Depan

manfaat-influencer-1

Influencer marketing merupakan strategi promosi yang wajib Anda lirik. Mengapa?

Taktik pemasaran ini terbukti menyimpan banyak manfaat positif bagi olshop, baik yang berupa jangka panjang maupun pendek. Bisnis Anda pun bisa tumbuh lebih cepat dengan strategi influencer ini.

Mengutip dari hasil riset terbaru Impact.com, berikut adalah sejumlah manfaat influencer marketing bagi olshop kekinian:

1. Mencegah Konsumen Melewati Iklan

Tidak ingin iklan Anda di-skip begitu saja oleh konsumen? Kini hadir solusi agar iklan Anda disimak setiap orang, yakni dipromosikan lewat jasa influencer!

Survey global Impact di berbagai negara maju Eropa, Asia, Amerika Utara dan Australia menemukan bahwa 73% brand meraup keuntungan promosi yang tinggi berkat influencer. Hampir semua materi promosi produk/jasa mereka sukses mendapat engagement tinggi ketika diposting oleh selebriti.

Selaras dengan hal tersebut, 75% brand sukses menumbuhkan awareness produk yang luar biasa di masyarakat berkat influencer marketing. Produk/jasa yang disampaikan influencer lebih berpeluang disimak karena dikemas dengan gaya unik, menarik, serta mengundang penasaran.

Interaksi konsumen juga lebih mudah dipancing karena para influencer cenderung aktif memasarkan sebuah produk atau jasa. Iklan-iklan yang interaktif terbukti lebih memikat perhatian. Maka dari itu jangan heran kalau video marketing seperti Reels dan Stories lebih marak beredar daripada pamflet atau flyer.

2. Menambah Nilai Orisinalitas Brand

Benefit influencer marketing yang kedua adalah mampu menambah nilai keaslian atau originalitas brand. 85% konsumen yakin bahwa konten influencer punya nilai original yang lebih tinggi daripada konten lain.

Kepercayaan ini mulai muncul dan menguat sejak banyak kreator memperlihatkan cara pembuatan konten mereka, alias behind the scene. Konten-konten ini punya dampak yang super positif karena memperlihatkan nilai effort (perjuangan), original, dan kreativitas sang kreator.

Hasilnya para penonton akan memercayai keaslian konten endorsement tersebut. Mereka berpikir bahwa produk atau jasa yang ditampilkan oleh influencer memang sungguh berkualitas, sehingga layak untuk dicoba.

3. Memperluas Peluang Kemitraan

Manfaat influencer lainnya yang tak kalah mencengangkan adalah mampu memperluas peluang kemitraan bisnis Anda. Brand yang punya hubungan baik dengan influencer ternyata mampu menarik lebih banyak organisasi, individu, hingga investor!

Influencer atau Brand Ambassador (BA) kini dilihat sebagai wajah perusahaan. Alhasil kualitas serta dampak influencer juga akan ikut memengaruhi image brand.

Semakin baik hubungan bisnis dan influencer di mata komunitas, maka makin besar pula ketenaran yang bisa diraih. Dalam hal ini juga termasuk peluang orang lain membeli produk Anda, menawarkan kolaborasi, atau menginvestasikan modal usaha.

Satu-kesatuan perusahaan dan influencer juga mendorong bisnis memilih promotor dengan image yang selaras. Misalnya brand eksklusif sekelas Louis Vuitton, Gucci, dan Dior diendorse oleh artis Hollywood dan miliarder kelas atas.

Sedangkan perusahaan yang mengusung konsep humanis dan merakyat lebih memilih kerjasama dengan influencer yang humoris, misalnya para komedian, seleb sosmed milenial, dan lain-lain.

4. Mempererat Hubungan Brand dan Konsumen

Influencer marketing juga bermanfaat untuk mempererat hubungan brand dan konsumen. Tidak perlu khawatir iklan Anda sepi penonton karena nyatanya, konten influencer selalu dinanti-nantikan oleh banyak orang.

Keakraban influencer dengan para followersnya juga mempermudah postingan Anda mendulang banyak engagement, baik berupa komentar, like hingga datang langsung ke toko online Anda.

Baru! 4 Kiat Influencer Marketing yang Terbukti Ampuh Melariskan Dagangan

Anda sudah melihat apa saja manfaat influencer yang menguntungkan bagi perkembangan bisnis. namun pertanyaan berikutnya adalah, “Bagaimana caranya bisnis Anda mendapat seluruh keuntungan dari endorsement influencer?”

Jawabannya ternyata cukup sederhana. Anda hanya perlu mempraktekkan 4 kiat berikut supaya kerjasama bisnis dengan influencer mendatangkan hasil yang optimal:

1. Lakukan Seleksi Influencer

Setiap bisnis punya kriteria pemilihan influencer yang berbeda-beda. Namun satu hal yang terpenting adalah pilihlah influencer dengan image atau reputasi sesuai bisnis Anda.

Seperti yang sempat dijelaskan sebelumnya, influencer kini dipandang sebagai wajah brand. Anda boleh memilih siapa saja yang dirasa sanggup mewakili nama baik perusahaan.

Jadi sudah tidak ada lagi “keharusan” memilih influencer berfollowers jutaan agar kampanye Anda sukses. Influencer kecil sekalipun bisa menghasilkan keuntungan yang signifikan, asalkan nilai reputasinya tepat dengan brand serta tujuan kampanye.

Sejumlah tips memilih dan menyeleksi influencer:

  • Pastikan portofolionya menarik sesuai tujuan pemasaran Anda.
  • Pilih influencer dari industri yang sama dengan bisnis Anda. Semisal Anda berbisnis jual-beli produk gadget, maka gunakanlah jasa endorse selebriti di bidang IT.
  • Komunikasikan syarat, metode, dan tarif kerjasama sebelum membuat keputusan dengan influencer.

2. Sesuaikan Strategi Influencer dengan Selera Konsumen

Konsumen kekinian hanya mau menyimak konten yang sesuai selera mereka. Jadi mau tak mau Anda harus menyesuaikan strategi influencer dengan selera audiens.

Penelitian terbaru mendapati bahwa penonton muda lebih suka menyimak konten dengan unsur visual yang kuat. Misalnya seperti konten bertema aesthetic dengan gambar-gambar cantik khas Instagram, filter foto warna-warni pastel, dan sejenisnya.

Ada juga kelompok yang lebih suka nonton karya artis TikTok micro (dengan followers <100 ribu) daripada selebriti sungguhan. Ini karena para seleb TikTok micro suka memposting konten lucu, edukatif, dan bertema kehidupan sehari-hari.

Di sinilah Anda harus cermat menilai selera audiens yang menjadi target market. Akurasi pilihan sosok influencer, isi dan cara penyampaian konten akan memperbanyak engagement yang diraih.

3. Jalin Hubungan Jangka Panjang yang Bernilai dengan Influencer

Berusahalah menjalin hubungan jangka panjang dengan nilai positif bersama influencer. Tips ini akan membantu Anda meningkatkan kualitas serta ketenaran brand di masyarakat.

Brand yang sering gonta-ganti influencer cenderung dipandang negatif oleh warganet. Alih-alih terkesan inovatif, audiens justru akan menduga brand Anda bermasalah sehingga tidak ada satupun influencer yang betah bekerjasama.

Sebaliknya, hubungan brand-influencer yang positif dan awet bisa memperkuat kesan baik di benak calon pembeli. Bisnis Anda akan dinilai berkualitas dan tahu cara memperlakukan influencer sehingga masyarakat tertarik untuk ikut mendukung usaha Anda.

Namun Anda juga tetap harus tahu kapan sebaiknya memberhentikan kerjasama, seperti ketika brand ambassador terbukti melakukan skandal yang menyeret nama baik serta karirnya.

Brand yang kekeuh mempertahankan ambassador berperangai buruk juga bisa ikut terkena getahnya. Orang-orang akan mengira brand Anda sama problematiknya selayaknya si influencer.

Daripada mengorbankan reputasi, lebih baik sudahi kerjasama Anda sesegera mungkin. Akan tetapi jangan lupa beritahu audiens mengapa influencer tersebut diberhentikan.

4. Kedepankan Hubungan Mutualisme

Ciptakanlah jalinan kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak. Tidak hanya brand Anda yang mendapat keuntungan, tapi juga para influencer yang diajak kerjasama.

Mayoritas konten kreator saat ini menginginkan kerjasama yang adil dan setara. Mereka tidak mau diperlakukan selayaknya bawahan, tetapi sebagai mitra kerja dengan kendali sendiri pada alur produksi konten endorsement.

Komunikasi dan kejujuran merupakan kunci utama di sini. Cobalah untuk memikirkan kembali benefit yang bisa Anda sediakan pada influencer, mulai dari gaji, kompensasi, hingga hal-hal lainnya yang dirasa perlu untuk diberikan.

Pun apabila masih terdapat kendala, jangan ragu untuk mengomunikasikan secara terbuka terkait pembagian profit pada pihak yang bersangkutan. Selamat mencoba!

Itulah aneka ragam manfaat influencer bagi bisnis online beserta kiat-kiat baru agar kampanye Anda lebih sukses. Yuk padukan tips di atas dengan strategi bisnis inovatif lainnya di MARKEY.

Baca sekarang ratusan artikel inspiratif seputar digital marketing di https://markey.id/ atau MARKEY APP, gratis! Sampai bertemu lagi di pembahasan seru berikutnya, ya!

Terkuak! 6 Tips Influencer Endorsement Sukses untuk Pemula

0
influencer-endorsement

Influencer endorsement adalah strategi promosi kekinian yang paling marak dilakukan. Beragam jenis bisnis, mulai dari rintisan hingga brand ternama, berbondong-bondong menggaet influencer demi memperkenalkan produk dan jasanya ke masyarakat.

Kenapa influencer endorsement sangat digandrungi? Faktanya, pengaruh aktivitas “endorsement” dari influencer sosial media terbilang tidak main-main.

Para influencer sangat dicintai oleh masyarakat, sehingga mereka dapat dengan mudah membujuk orang-orang untuk mencoba sesuatu hal termasuk produk/jasa tertentu. Alhasil, tak heran kalau banyak brand tertarik bekerjasama dengan para selebriti ini.

Namun melakukan endorsement tidak boleh dengan cara yang sembarangan. Anda harus mengetahui kiat-kiat ampuh strategi endorsement supaya promosi sukses mendatangkan konsumen.

Apa sajakah rahasia tersebut? Yuk langsung scroll ke bawah untuk mengungkap jawabannya!

Inilah Keuntungan Influencer Endorsement untuk Olshop Masa Kini

influencer-endorsement

Pernahkah Anda terpikir untuk mempromosikan bisnis dengan bantuan influencer? Jika belum, mungkin Anda akan tertarik mencoba strategi endorse setelah membaca kumpulan fakta mengejutkan di bawah ini!

Studi terbaru dari MediaCom menyebut bahwa lebih dari 51% konsumen online tertarik membeli produk atau jasa yang dipromosikan oleh influencer sosial media. Angka yang sangat besar ini menunjukkan dengan jelas betapa besar pengaruh selebriti sosmed dewasa ini.

Hasil tersebut didapat dari survei yang dilakukan pada masyarakat Inggris. Tim peneliti juga mendapati tingginya persentase keinginan belanja online akibat dorongan influencer sebesar 71% (Pinterest), 61% (TikTok), 58% (podcast), 56% (Instagram), 58% (Twitter), dan 57% (Facebook).

Pencapaian fantastis tersebut terjadi bukan tanpa sebab. Kehadiran influencer dan konten kreator lebih cepat disukai berkat dampak positif yang mereka bagikan, baik itu berupa wawasan baru, hiburan seru, maupun inspirasi unik tersendiri.

Banyak orang juga menjadikan mereka sebagai “panutan”, terutama anak-anak muda serta remaja. Influencer dipandang sebagai sosok yang keren dan menginspirasi, alhasil semakin banyak orang mendengarkan “rekomendasi” dari mereka termasuk rekomendasi produk atau jasa.

Dari segi keberlangsungan bisnis, survei MediaCom menemukan 55% konsumen langsung membeli produk usai menyimak rekomendasi influencer dan 72% memilih membeli setelah menonton influencer kesayangannya mendemonstrasikan cara pakai produk/jasa beserta hasil akhirnya.

Sedangkan dari segi loyalitas konsumen, ada sekitar 30% orang berlangganan suatu produk/jasa karena influencer favoritnya menjadi Brand Ambassador tetap perusahaan tersebut. Mereka percaya bahwa brand pasti mempunyai kualitas baik dari seberapa lama influencer ‘betah’ bekerjasama dengannya.

Jika Anda tertarik mencoba kerjasama influencer endorsement, maka ada baiknya untuk lebih berhati-hati. Jangan sembarangan memilih influencer karena hal ini bisa memengaruhi penilaian dan image brand di mata konsumen!

6 Strategi Influencer Endorsement Ampuh dan Praktis untuk Pemula

Sudah siap mencoba strategi influencer endorsement? Nah, jangan lupa terapkan 6 tips berikut ini agar promosi influencer Anda sukses besar meraup banyak profit:

1. Tentukan Target Penonton atau Konsumen

Bingung memilih influencer yang tepat untuk diajak kerjasama? Jangan khawatir, Anda bisa mulai dengan menentukan target penonton kontennya terlebih dahulu.

Menentukan target audiens selalu menjadi poin pertama dari setiap strategi pemasaran, termasuk endorsement influencer.

Ingat, goals utama Anda adalah menjaring konsumen sebanyak-banyaknya lewat promosi. Sedangkan influencer hanyalah “perantara” brand dengan masyarakat.

Contoh perencanaan strategi endorsement yang tepat adalah seperti ini:

Misalnya brand Anda menjual produk-produk kebutuhan ibu dan bayi. Otomatis, konsumen Anda adalah para ibu yang memiliki bayi atau ibu-ibu muda.

Selebihnya Anda hanya perlu menentukan influencer mana yang memiliki pengaruh positif di kalangan para ibu muda tadi.

2. Tentukan Target Promosi

Setelah mengetahui target audiens dan calon kandidat influencer, lanjutkan dengan menentukan target promosi Anda.

Setiap konten endorse faktanya mempunyai tujuan yang berbeda-beda. Ada yang diarahkan untuk menambah followers olshop, memperkenalkan produk, atau menyebarkan info promo.

Menentukan target promosi sangat diperlukan karena akan memengaruhi strategi endorsement. Apabila strategi endorse tidak sesuai target, tentu saja promosi Anda akan berakhir sia-sia.

Contoh bentuk endorsement yang sesuai dengan target marketing adalah:

Anda ingin meningkatkan penjualan produk skincare melalui promosi endorse. Untuk itu, Anda bisa mempromosikan promo flash sale atau diskon gila-gilaan melalui influencer.

3. Memilih Influencer sesuai Kebutuhan

Sekarang tibalah waktunya untuk memilih influencer sesuai kebutuhan marketing (target promosi dan target audiens)!

Biasanya terdapat dua jenis influencer yang bisa Anda ajak kerjasama, yaitu micro influencer dan macro influencer. Apa bedanya?

Perbedaan utama micro dan macro influencer adalah jumlah followers-nya. Micro influencer adalah seseorang yang mempunyai pengikut sosial media berkisar dari 1.000 sampai 100.000 orang. Otomatis dampak pengaruhnya tidak sebesar macro influencer.

Sedangkan macro influencer mempunyai followers lebih dari 100 ribu orang. Pengaruh mereka bisa jauh lebih tinggi dibandingkan micro influencer. Pun tak menutup kemungkinan dampak macro influencer bisa sampai ke luar negeri.

Namun tentunya harga macro influencer berkali-kali lipat dari micro. Maka dari itu Anda wajib mensurvey seluruh syarat, ketentuan, tarif dan return yang bisa dihasilkan oleh calon influencer pilihan.

4. Jangan Ragu Berkonsultasi dengan Influencer

Anda akan bekerjasama dengan seorang influencer atau selebriti. Maka dari itu, jangan takut berkonsultasi secara langsung dengan mereka.

Mengapa? Ini karena para influencer yang akan berhubungan langsung dengan masyarakat. Mereka lebih memahami karakteristik followers, tipe konten dan strategi yang efektif memikat audiens.

Influencer juga perlu memastikan konten endorse tidak memuat hal-hal negatif yang bisa merusak nama baik mereka. Mereka wajib mengenali produk/jasa Anda sedetil mungkin, apalagi saat ini ada banyak sekali kasus endorsement yang merugikan karir influencer.

Namun kembali lagi, setiap brand bebas menentukan sendiri strategi endorsement yang diinginkan. Ada juga influencer yang menerima materi yang sudah disiapkan oleh perusahaan.

Agar tidak salah langkah, selalu sempatkan waktu berkomunikasi atau bernegosiasi dengan influencer pilihan, ya! Pastikan Anda membicarakan hal-hal berikut dengan sang influencer:

  • Ketentuan kerjasama, seperti jumlah postingan, waktu dan frekuensi postingan, serta bentuk/tipe konten.
  • Hal-hal yang boleh dan tidak untuk dibahas dalam postingan.
  • Tarif per postingan.
  • Mekanisme pembuatan konten.
  • Benefit atau keuntungan bagi influencer dan brand, dan lain-lain.

5. Kenali Platform yang Dipakai Influencer

Tips sukses influencer endorsement berikutnya adalah mengenali platform promosi yang digunakan. Setiap influencer mempunyai platform pilihan masing-masing. Contohnya Ria Ricis yang terkenal di YouTube, sedangkan Awkarin lebih populer di Instagram.

Anda dapat memilih influencer yang tepat berdasarkan platform andalan mereka. Kembali lagi, sesuaikanlah platform dan influencer dengan target audiens Anda.

Semisal calon mayoritas konsumen Anda adalah pecinta TikTok. Jadi bekerjasamalah dengan seleb-seleb TikTok seperti Sisca Kohl. Memposting konten endorse di platform kesukaan audiens akan memperbesar peluang produk/jasa Anda ditemukan oleh calon konsumen.

6. Evaluasi dan Ukur Hasil Kampanye

Tips terakhir, lakukan evaluasi dan ukur hasil kampanye endorsement yang sudah dilakukan. Evaluasi merupakan proses yang penting guna mengetahui tingkat keberhasilan promosi.

Namun bagaimana cara mengukur hasil endorse influencer? Bukankah kita tidak memiliki akses ke dashboard maupun statistik para influencer tersebut?

Tenang, Anda tetap dapat mengamati ada tidaknya dampak kampanye dari perubahan pada akun toko online Anda. Misalnya seperti:

  • Terdapat penambahan jumlah followers, subscribers, atau viewers
  • Terjadi peningkatan engagement di konten-konten Anda (komentar, like, share).
  • Terjadi penambahan jumlah kunjungan langsung ke toko, maupun traffic ke online shop.
  • Terdapat peningkatan konversi, transaksi, dan lain-lain.

Selain dengan pengamatan sederhana di atas, cobalah juga untuk menghitung persentase dan angka-angka pencapaian bisnis pasca endorsement. Lalu bandingkan dengan kondisi sebelumnya. apakah terjadi perubahan?

Kalau jawabannya adalah “iya”, itu berarti Anda sudah memperoleh dampak positif dari endorsement influencer. Selamat!

Demikianlah pembahasan lengkap terkait strategi influencer endorsement untuk pemula. Yuk langsung coba metode pemasaran ini dan raih pemasukan bisnis sebanyak-banyaknya!

Ingin dapat lebih banyak tips, rahasia, dan inspirasi sukses berbisnis online kekinian? Follow terus MARKEY di https://markey.id atau download MARKEY APP sekarang juga, karena ada ratusan artikel bisnis informatif yang kami rangkum khusus untuk Anda. Sampai bertemu lagi!

Content Placement SEO Murah Terlengkap (100% Bergaransi!)

0
content-placement-1

Butuh jasa content placement SEO yang lengkap, murah dan terpercaya untuk semua jenis bisnis? Jangan khawatir, karena Anda sudah menemukan jawabannya di sini!

Placement content adalah taktik pemasaran website yang murah dan mudah dilakukan. Strategi ini sangat membantu meningkatkan popularitas bisnis di masyarakat sekaligus mempercepat laju penjualan.

Apa itu placement content, manfaat dan cara melakukannya? Yuk langsung simak informasi selengkapnya berikut ini!

Pengertian Content Placement

content-placement-1

Content placement adalah trik marketing website berupa pemasangan konten artikel milik orang lain di lapak Anda.

Semisal Anda mempunyai website dengan reputasi dan jumlah traffic yang tinggi. Kepopuleran website Anda lantas menarik minat pebisnis lain untuk bekerjasama mempromosikan usaha mereka.

Akhirnya, Anda pun membuka layanan placement content di mana Anda bersedia memposting artikel iklan dari suatu perusahaan dengan tarif tertentu. Strategi promosi ini sangat sering dilakukan karena terbukti mampu mendongkrak nama bisnis dengan cukup cepat.

Apakah Content Placement sama dengan Iklan Web?

Pemasangan konten promosi memang termasuk ke dalam trik digital marketing. Akan tetapi, bentuknya berbeda dari iklan web biasa.

Konten placement umumnya hanya berupa artikel tulisan seperti postingan blog biasa. Sedangkan iklan website berupa banner online yang “ditempelkan” pada berbagai sisi website atau berupa pop up di konten.

Materi promosi konten juga bisa disiapkan sendiri oleh perusahaan (penyewa jasa) atau dibuatkan oleh pengelola blog/web sesuai kesepakatan dan tarifnya.

4 Manfaat Instan dari Jasa Content Placement

Mengapa Anda harus mencoba strategi promosi yang satu ini? Tentunya karena ada banyak manfaat instan yang bisa langsung diraih perusahaan Anda lewat jasa placement content, seperti :

1. Lebih Cepat Mempopulerkan Nama Bisnis

Nama produk, jasa, atau toko Anda bisa lebih cepat terkenal jika dipromosikan melalui platform yang sudah terkenal.

Bayangkan Anda memakai jasa placement content dengan 100 ribu pembaca aktif setiap harinya. Otomatis nama perusahaan atau produk Anda bisa langsung dikenal oleh 100 ribu orang saat itu juga!

2. Toko Anda Jadi Sering Muncul di Urut 1 Google

Siapa yang tidak ingin situs olshopnya muncul di urutan pertama Google? Sudah menjadi rahasia umum bahwa 90% pembaca hanya mengklik artikel di posisi teratas Google saja.

Jasa konten placement bisa membantu mewujudkan cita-cita tersebut dengan mudah, lho. Website placement populer tentunya sudah didukung oleh optimasi SEO berkualitas. Alhasil konten promosi Anda bisa melejit di nomor 1 tanpa perlu bersusah payah.

3. Mendapat Banyak Support Backlink

Support backlink selalu dicari oleh web-web toko online kekinian. Semakin banyak link pendukung yang Anda miliki, maka makin besar pula kesempatan web toko online Anda masuk halaman 1 Google.

Namun mengumpulkan backlink yang organik tidak semudah kedengarannya. Anda mungkin harus membuat banyak konten dan bersusah-payah menaikkan reputasi web sebelum orang lain tertarik memakai platform Anda sebagai referensi mereka (backlink).

Untungnya taktik memasang konten bisa menyederhanakan tugas rumit tersebut. Kerjasama placement secara otomatis memberikan situs baru Anda lebih banyak backlink dengan instan. Para pembaca juga bisa dengan mudah mendatangi situs Anda usai membaca artikel.

4. Praktis Membangun Reputasi Brand di Masyarakat

Terakhir, strategi pemasangan konten dapat membantu membangun reputasi brand Anda di masyarakat. Ini karena konten artikel dinilai lebih user friendly dan informatif bagi masyarakat.

Penulis sengaja mengemas materi secara soft selling, tidak spamming, dan langsung mencantumkan link toko untuk membantu pembaca yang berminat mencoba produk/jasa.

Otomatis, jumlah pembaca artikel promosi jauh lebih besar ketimbang iklan-iklan model lainnya.

Ketentuan Jasa Content Placement APPKEY

Tertarik mencoba promosi usaha lewat jasa pemasangan konten? Pas sekali! Anda bisa langsung mencoba jasa pemasangan konten spesial dari APPKEY!

Mengapa APPKEY? Kami menyediakan jasa pemasangan konten web lengkap yang murah sekaligus bergaransi untuk seluruh kategori bisnis se-Indonesia.

Mulai dari UMKM, start up, bisnis rumahan sampai perusahaan ternama semuanya bisa pasang konten blog dengan harga terjangkau di sini.

Selain itu, APPKEY mempunyai banyak website media dengan ratusan ribu pembaca setiap harinya. Anda juga bisa memposting konten untuk audiens lokal Indonesia maupun luar negeri dalam 1 paket hemat.

Seluruh artikel kami juga sudah teroptimasi SEO dan selalu sukses tembus halaman 1 Google. Alhasil, konten iklan Anda bisa lebih cepat mendatangkan konsumen harian sesuai target.

1. Layanan Placement Content APPKEY

Tidak seperti layanan placement lain, APPKEY memungkinkan Anda untuk memasang artikel dengan beragam cara: mengirimkan karya sendiri, menggunakan jasa penulis profesional, dan memasang konten di situs luar negeri.

Berikut adalah rincian lengkap layanan publikasi konten promosi di situs-situs APPKEY:

  1. Artikel yang Ditulis/Dikirim oleh Klien
  2. Artikel harus sesuai dengan niche website-website APPKEY dan tetap memuat poin-poin yang informatif serta bermanfaat bagi audiens.
  3. Tulisan harus memenuhi standar dan ketentuan kepenulisan APPKEY, termasuk sudah ditulis menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar, mengikuti EYD dan kaidah dasar SEO.
  4. Anda dapat mengirimkan artikel dalam format Microsoft Word (.doc atau .docx) ke alamat email APPKEY.
  5. Tim editor APPKEY berhak untuk mengecek, mengedit dan menyesuaikan kembali bagian-bagian dalam artikel yang dirasa kurang sesuai dengan standar kami termasuk pula judul dan struktur artikel.
  6. Tim editor APPKEY akan selalu memberitahukan alasan pengeditan artikel kepada klien terlebih dahulu.
  7. Artikel yang Ditulis oleh Penulis Profesional APPKEY
  8. Apabila klien ingin artikel promosinya disediakan oleh tim penulis APPKEY, maka kami akan menyiapkan tulisan sesuai informasi, masukan ataupun request dari Anda.
  9. Tim penulis juga dapat mengumpulkan informasi dari situs-situs perusahaan klien.
  10. Klien dapat memeriksa kesesuaian tema dengan isi artikel yang sudah dibuat sebelum persetujuan penayangan.
  11. Tim akan memproses revisi dari klien sesegera mungkin.
  12. Ketentuan Placement Content di Situs Luar Negeri
  13. Jika konten ditulis oleh klien: artikel akan melalui proses penerjemahan dengan biaya khusus. (Ketentuan harga layanan terjemahan akan ditentukan secara terpisah dari ketentuan ini.)
  14. Jika konten disiapkan oleh penulis APPKEY: artikel akan langsung disiapkan lengkap sesuai permintaan dan dalam bahasa target. Namun biaya penerjemahan tetap dibebankan kepada klien. (Ketentuan harga layanan terjemahan akan ditentukan secara terpisah dari ketentuan ini.)
  15. Klien dengan target website lokal maupun luar negeri wajib memilih salah satu paket pemasangan konten APPKEY. Daftar paket dapat disimak di bagian akhir artikel.

2. Aturan Konten Promosi APPKEY

Demi menjaga kenyamanan pembaca dan menaati aturan Google, terdapat beberapa hal yang wajib diperhatikan klien terkait isi konten yang dilarang:

  1. Dilarang memposting konten yang membahas hal-hal negatif seperti judi, trading saham ilegal, konten dewasa dan pornografi, Blog AGC, dan seterusnya.
  2. Dilarang mengunggah konten dengan SARA atau isu-isu tertentu yang bisa menggiring opini dan keributan di masyarakat.
  3. Dilarang menulis konten yang berisikan ajakan kekerasan dan hal lain yang bertentangan dengan hukum serta undang-undang yang berlaku di Indonesia.

3. Prosedur Pemesanan Content Placement APPKEY

  1. Terdapat 3 (tiga) paket placement content yang dapat dipilih oleh klien, yakni basic, standard dan premium.
  2. Wajib sertakan nama perusahaan, link situs profil perusahaan (company profile site), nomor telepon, alamat email dan alamat perusahaan untuk kebutuhan pengiriman invoice dan atau informasi lainnya sehubungan dengan layanan kami. (Bisa dikirimkan lewat email atau kontak yang tertera).
  3. Tim APPKEY akan mengirimkan invoice setelah Anda memilih paket layanan placement.
  4. Anda dapat melakukan pembayaran melalui transfer ke rekening bank yang kami sediakan dalam kurun waktu 2 x 24 jam sejak tanggal yang tertera di invoice.
  5. Setelah pembayaran terkonfirmasi, tim APPKEY akan mengarahkan Anda ke tahap selanjutnya.
  6. Apabila Anda tidak melakukan pembayaran sesuai dengan ketentuan di atas, maka pemesanan dianggap batal. Silahkan menghubungi kami kembali apabila Anda ingin melanjutkan pemesanan.
  7. Ketentuan waktu publikasi konten akan ditetapkan secara terpisah dari ketentuan ini.

4. Daftar Paket Content Placement APPKEY

  PAKET BASIC PAKET STANDARD PAKET PREMIUM
Durasi penayangan Selamanya Selamanya Selamanya
Jumlah backlink 1 1 2 (+Bonus: link artikel klien akan dimasukkan di konten artikel APPKEY terpopuler)
Ketentuan gambar Disiapkan oleh klien:

·  1 thumbnail (size): 1100 x 619

·  1 ilustrasi artikel (size): 1000 x 667

· Sesuai materi/isi konten, bebas copyright.

Disiapkan langsung oleh tim APPKEY dengan persetujuan dari klien. Disiapkan langsung oleh tim APPKEY dengan persetujuan dari klien.
Pilihan penempatan artikel Sesuai niche dan tema media APPKEY (kategori konten, dll.) Sesuai niche dan tema media APPKEY (kategori konten, dll.) Sesuai niche dan tema media APPKEY (kategori konten, dll.)
Pembuatan artikel oleh tim penulis APPKEY Tidak Ya (1 artikel 500 kata; isi sesuai permintaan atau request klien) Ya (1 artikel 500 kata; isi sesuai permintaan atau request klien)
Bonus posting di Facebook APPKEY Tidak Ya Ya
Harga Rp 350.000 (sudah termasuk pajak) Rp 500.000 (sudah termasuk pajak) Rp 750.000 (sudah termasuk pajak)
Ketentuan lain ·  Artikel disiapkan oleh klien

·  Artikel wajib bebas plagiarisme

·  Artikel akan diedit kembali oleh tim editor.

 

*catatan penting: Rincian harga bisa berubah sewaktu-waktu nantinya mengikuti perubahan situasi dan kondisi. Klien disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu sebelum pemesanan.

Jadi mau tunggu apa lagi? Yuk segera order jasa content placement APPKEY di sini selagi masih banyak slot tersedia!

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi tim APPKEY via WhatsApp, e-mail, atau simak penjelasan selengkapnya di https://markey.id/content-placement atau di https://appkey.id/content-placement/

3 Masalah Umum Konten Marketing dan Cara Mudah Mengatasinya

0
konten-marketing

Sudah yakin konten marketing Anda efektif menjaring minat pembeli? Yuk pastikan dulu konten-konten pemasaran Anda sudah bebas dari 3 masalah umum ini!

Memposting konten pemasaran merupakan strategi terbaik untuk memperkenalkan produk atau jasa ke masyarakat. Banyak brand saat ini mengunggah konten buatan sendiri karena lebih murah, simpel dan efektif.

Bahkan Anthony Welgemoed, CEO dari Ziflow, mengakui perusahaannya mendulang banyak keuntungan dari konten marketing. Konten pemasaran baginya sangat ampuh dalam menarik konsumen baru, mempertahankan loyalitas pelanggan, serta membedakan brandnya dari kompetitor.

Tapi sayangnya, peningkatan produksi konten bisa berujung pada masalah baru. Tingginya persaingan antar konten mendorong marketer membuat banyak konten setiap hari, dan terkadang, terjadi kesalahan-kesalahan yang tidak kita sadari di dalamnya.

Lalu apa sajakah masalah-masalah dalam konten pemasaran kekinian? Tanpa basa-basi lagi, mari langsung meluncur ke bawah untuk menemukan jawaban sekaligus solusi simpel membuat konten marketing yang baik!

3 Masalah Konten Marketing yang Bikin Sepi View

konten-marketing-1

Konten yang susah payah Anda buat justru sepi penonton (view)? Bisa jadi Anda masih melakukan tiga kesalahan berikut ini tanpa disadari.

Inilah 3 masalah umum dalam pembuatan konten marketing yang wajib diantisipasi:

1. Isi Konten Marketing kurang Jelas

Masalah pertama, konten Anda mungkin masih kurang jelas isinya.

Ketidakjelasan konten bisa terjadi dalam tahap perancangan konsep, pembuatan isi, hingga distribusinya ke platform. Masalah ini masih sering menimpa banyak konten kreator, baik yang bekerja mandiri atau tim.

Ketidakjelasan konsep konten dapat menyerang banyak pihak, termasuk tim marketing Anda. Anggota tim akan kebingungan mencari cara terbaik mengeksekusi ide konten, sehingga hasilnya jadi kurang optimal.

Begitu juga dari sisi konsumen. Penyampaian pesan iklan yang “abu-abu” akan membingungkan audiens, menurunkan image perusahaan, serta yang paling fatal gagal membujuk masyarakat agar mau membeli produk Anda.

2. Umpan Balik yang Berceceran

Membuat konten pemasaran yang bagus sering kali tidak mudah. Untuk itu, banyak brand mengandalkan kesuksesan kampanye mereka di tangan tim konten kreator handal berpengalaman.

Namun bekerja dalam tim juga tidak gampang, terutama dari segi pengumpulan feedback (umpan balik). Semakin banyak orang terlibat dalam tim konten, otomatis umpan balik terkait konten bisa datang dari mana saja dan kapan saja.

Pun sering kali feedback-feedback tersebut tidak dikumpulkan atau dicatat dengan rapi. Nah, hal inilah yang bisa berujung pada masalah baru.

Feedback yang relevan dan akurat adalah hal penting untuk meningkatkan kualitas konten marketing. Seluruh anggota tim kreator Anda wajib memberi masukan dan persetujuan demi menghindari error pasca publikasi.

Banyak sekali nama brand yang tercoreng akibat konten mereka masih berisi kesalahan info walau sudah dirilis. Tentunya akan sangat memalukan jika kesalahan tersebut “lolos” dari mata tim editor perusahaan namun diungkap oleh warganet.

3. Mengurangi Pemanfaatan Sumber Daya

Masalah konten kreator marketing yang ketiga adalah terlalu mengurangi pemanfaatan sumber daya perusahaan. Hal ini terjadi akibat kekeliruan kreator ketika menanggapi permintaan konsumennya.

Masyarakat digital sekarang menginginkan lebih banyak konten seru di hampir semua platform online. Tuntutan ini akhirnya memaksa tim pemasaran untuk memproduksi lebih banyak konten secara gila-gilaan.

Marketer cenderung mencari cara praktis membuat konten low budget demi memenuhi target posting harian. Hasil survey dari Ziflow juga menunjukkan hampir 50% pemasar tidak memakai teknologi dan sumber daya yang mereka punya.

Mereka justru ‘salah langkah’ mengorbankan sumber daya seperti anggota tim dengan alasan efisiensi pengeluaran. Anda mungkin menduga bahwa mempekerjakan sedikit orang adalah langkah terbaik ketika harus membuat banyak konten.

Sayangnya Anda salah besar. Mengganti kreator dengan aplikasi atau template konten simpel justru memperbesar kemonotonan konten. Konsumen tidak akan tertarik menyimak promosi Anda karena dinilai mirip, membosankan, dan kurang kreatif.

Yang lebih berbahaya, mempekerjakan sedikit pegawai dengan tugas selangit akan memperbesar potensi burn out. Mereka akan mulai kehabisan ide segar untuk dijadikan bahan promosi.

3 Solusi Simpel Membuat Konten Marketing yang Memikat

Anda sudah mengetahui masalah yang sering muncul ketika membuat konten pemasaran. Sekarang tiba waktunya untuk mengatasi semua problem tersebut!

Tidak apa-apa kalau konten Anda masih jauh dari kata sempurna saat ini. Masih belum terlambat untuk memperbaiki kekeliruan tersebut dengan 3 solusi simpel berikut ini:

1. Fokuskan Tujuan Konten Anda

Tahan dulu keinginan Anda untuk mengambil gambar atau menulis caption konten yang menarik! Sebelum mulai membuat materi pemasaran, ada baiknya menentukan tujuan, pesan dan fokus utama konten Anda terlebih dahulu.

Setiap konten pemasaran wajib mempunyai goals yang ingin dicapai, seperti:

  • Meningkatkan engagement (komentar, like, share, view, repost, dan lain-lain).
  • Menambah jumlah followers atau subscribers.
  • Mempererat hubungan brand dengan audiens.
  • Memperkenalkan produk atau jasa ke masyarakat
  • Mendorong konsumen untuk membeli produk baru.
  • Mendatangkan pembeli-pembeli potensial baru, dan lain-lain.

Hindari memasukkan lebih dari 1 – 2 tujuan dalam sebuah konten. Hal ini penting demi menjaga fokus Anda maupun audiens.

Misalnya konten pertama Anda hanya ditujukan untuk memperkenalkan produk. Kemudian konten kedua mengajak konsumen memfollow akun sosial media brand. Lalu konten ketiga meyakinkan konsumen membeli produk lewat review khasiat, dan seterusnya.

Tentunya Anda bisa menetapkan sendiri goals yang ingin dicapai lewat setiap konten pemasaran. Namun pastikan agar tujuan tersebut tersampaikan dengan jelas; mulai dari isi pesan, narasi, kalimat CTA, waktu posting, platform terbaik, dan lain-lain.

2. Buat Checklist Isi Konten

Tips kedua, buatlah checklist isi konten agar Anda tidak melewatkan hal-hal yang penting—mulai dari ide brainstorming, tren terkini, data kebutuhan konsumen, hingga feedback dari seluruh anggota tim.

Seluruh ide dan masukan wajib ditampung supaya tim marketing Anda tidak kekurangan bahan pemasaran. Kumpulkan seluruh umpan balik masukan yang Anda terima, lalu pilih mana saja yang perlu diaplikasikan.

Cara termudah mendapat masukan adalah dengan mengadakan diskusi. Berikut beberapa tips diskusi yang bisa Anda coba:

  • Tugaskan seseorang menjadi moderator yang memimpin sekaligus mengarahkan sesi brainstorming ide konten.
  • Tugaskan satu orang lagi sebagai notulen dalam setiap sesi rapat, diskusi, maupun evaluasi konten.
  • Gunakan alat-alat bantu kerja kolaborasi seperti Google Workspace dan Trello supaya setiap orang bisa memberi feedback dengan rapi.
  • Latih komunikasi dan sikap terbuka (transparansi) antar karyawan supaya terbiasa menerima beragam jenis masukan, baik yang positif dan negatif.
  • Selalu lakukan cross check sebelum perilisan konten.
  • Buat survey kecil-kecilan untuk menampung feedback dari audiens terhadap konten. Anda juga bisa membaca masukan warganet dari kolom komentar konten.

Setelah selesai merangkum seluruh ide masukan, beri juga kesempatan bagi seluruh kreator konten mengecek poin-poin checklist. Cara ini tidak hanya bermanfaat untuk menyempurnakan kampanye, tetapi juga bisa mempererat kerjasama tim Anda.

3. Manfaatkan Sumber Daya Tim dan Evaluasi Rutin

Anda tidak harus memberhentikan konten kreator terbaik di tim demi menekan budget konten. Justru sebaliknya, manfaatkanlah sumber daya yang Anda punya semaksimal mungkin supaya hasil yang diraih lebih besar.

Jangan sering-sering merekrut orang baru karena hasilnya akan lebih boros ketimbang memberdayakan karyawan lama. Lebih baik beri pelatihan rutin untuk mengasah skill, ilmu dan ide-ide tim Anda. Dari sini mereka akan mampu membuat lebih banyak konten menarik.

Memaksimalkan kegunaan tools pembuat konten juga termasuk langkah yang bagus. Anda bisa berlangganan aplikasi premium untuk menggunakan lebih banyak fitur canggih sesuai kebutuhan.

Mengapa tidak memakai template gratis saja? Template memang lebih simpel dan cepat, namun setiap konten kreator wajib tahu kapan waktunya berhenti mengandalkan format yang sudah jadi ini.

Konsumen digital kekinian sudah sangat cerdas. Mereka menginginkan konten yang segar dan unik yang mana keduanya tidak ada dalam template biasa. Oleh karena itulah membuat konten sendiri jauh lebih disarankan.

Terakhir jangan lupa untuk mengadakan evaluasi progres kinerja tim. Evaluasi dapat membantu mencegah pemborosan modal dengan menyetop konten pemasaran yang gagal dan memaksimalkan yang sukses.

Itulah aneka permasalahan yang masih sering ditemui dalam pembuatan konten marketing beserta solusinya. Yuk segera perbaiki isi konten agar konsumen lebih tertarik mencoba produk atau jasa Anda!

Temukan lebih banyak tips dan trik bisnis online yang ampuh dan sukses hanya di MARKEY. Baca gratis sekarang juga di https://markey.id/ atau download via MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

2 Kunci Manajemen Pemasaran untuk Meningkatkan Omset Olshop

0
manajemen-pemasaran

Ingin mendapat hasil penjualan online shop yang lebih banyak? Gampang sekali, Anda hanya perlu mengoptimalkan dua kunci rahasia manajemen pemasaran berikut ini!

Banyak orang penasaran bagaimana cara meningkatkan omset online shop dengan cepat. Jawabannya ternyata cukup sederhana, yakni dengan menerapkan ilmu manajemen marketing atau pemasaran.

Akan tetapi Anda tidak perlu mempelajari banyak trik sekaligus. Cukup terapkan 2 poin terpenting dari manajemen pemasaran ini saja dan omset bisnis Anda sudah bisa melejit bak kilat!

Penasaran apa saja kiat-kiatnya? Yuk langsung simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Manajemen Pemasaran

Marketing adalah bidang keilmuan yang kompleks. Ada banyak teknologi, taktik, dan alat-alat yang diklaim bisa mempercepat kesuksesan bisnis setiap orang.

Namun banyak orang telah membuktikan bahwa menguasai manajemen pemasaran jauh lebih ampuh untuk meraup omset besar dengan cepat.

Manajemen marketing adalah komponen penting yang wajib dijalankan setiap bisnis. Pengertian manajemen pemasaran adalah aktivitas mengukur, menganalisis, dan mengoptimalkan strategi marketing sebuah perusahaan demi meraih target pasar yang sesuai.

Maka dari itu, bisnis akan lebih cepat maju jika Anda menguasai manajemen marketing yang tepat begitu pula sebaliknya.

2 Strategi Manajemen Pemasaran untuk Menambah Omset dengan Cepat

manajemen-pemasaran

Semua orang tentu ingin meraup keuntungan bisnis dengan mudah, banyak, dan cepat. Kabar gembiranya, sekarang Anda benar-benar bisa mendapat omset tinggi dengan cepat lewat 2 trik management pemasaran berikut ini :

1. Eksperimen Manajemen Pemasaran

Tips manajemen marketing sukses yang pertama adalah memberanikan diri untuk bereksperimen.

Eksperimen yang dimaksud di sini adalah aktivitas menguji, mencoba, dan mengukur hasil dari strategi pemasaran yang Anda buat. Strategi ini wajib dicoba karena sangat ampuh khususnya untuk mengefektifkan kinerja bisnis.

Mengapa begitu? Sebab faktanya, kita tidak pernah tahu strategi pemasaran mana yang akan sungguh-sungguh berhasil.

Tim Anda mungkin sudah berjuang merancang trik pemasaran yang kreatif saat ini. Namun apakah ada jaminan 100% bahwa strategi tersebut akan berhasil saat dijalankan? Jawabannya tetap “tidak”.

Mulai dari tim Anda, vendor, agensi, mitra, influencer, hingga mentor bisnis Anda sekalipun tidak ada yang bisa memprediksi situasi pasti di lapangan. Itulah mengapa uji coba dan penilaian menjadi hal yang penting.

Selain karena unsur “ketidakpastian” tersebut, masih ada lebih banyak faktor yang menentukan berhasil-tidaknya sebuah strategi pemasaran. Sebut saja perubahan kebiasaan konsumen, inovasi teknologi, tingkat kompetisi antar penjual, bahkan budaya dan tren sehari-hari di masyarakat.

Seluruh perubahan tersebut sangat mungkin untuk menjungkirbalikkan laju marketing Anda. Namun eksperimen akan membantu Anda mengungkap caraa promosi mana yang memberikan hasil terbaik pada perusahaan.

Hasil eksperimen juga akan memberikan banyak data yang akurat terkait kondisi target konsumen. Dengan begini, Anda tidak perlu “menebak-nebak” kebutuhan konsumen dan isi materi iklan terbaik untuk disampaikan.

Beberapa aspek yang bisa Anda uji dalam manajemen marketing antara lain:

  • ROI (Return On Investment).
  • Tingkat konversi (conversion rate).
  • Persentase traffic dan sumber kunjungan konsumen ke website olshop.
  • Biaya pemasangan iklan online dan keuntungannya.
  • Dan masih banyak lagi.

2. Optimalisasi Pemasaran

Selain eksperimen, optimalisasi pada management pemasaran juga merupakan hal yang penting dilakukan. Pengoptimalan akan membantu bisnis Anda bertumbuh lebih pesat.

Optimalisasi adalah proses membuat peningkatan usaha secara konstan dan bertahap. Melalui proses teratur ini, pemasaran dapat berjalan lebih efektif alias mendatangkan untung besar dan sedikit modal.

Inilah mengapa banyak bisnis kekinian memilih fokus pada optimalisasi pemasaran mereka. Bisnis akan lebih cepat tenggelam jika tidak dioptimalkan pemasarannya. Namun di sisi lain, tidak semua marketer memahami maksud optimalisasi pemasaran yang benar.

Ada banyak sekali tim yang mengoptimalkan promosi mereka dengan cara memposting konten iklan terus-menerus. Cara ini nyatanya belum tentu efektif untuk mendatangkan pembeli ke toko kita.

Optimalisasi manajemen pemasaran tidak semata-mata memposting lebih banyak promosi. Sejumlah studi di bidang marketing membuktikan taktik ini justru menghabiskan lebih banyak biaya, waktu dan tenaga untuk hasil yang tak seberapa.

Lalu bagaimana cara mengoptimalkan management pemasaran yang tepat?

Pertama, kumpulkan data-data yang tepat. Data akan memberitahu Anda peluang untuk memaksimalkan promosi supaya iklan berhasil menggaet konsumen.

Kedua, fokuskan proses optimalisasi pemasaran Anda. Banyak orang sering kebingungan memilih aspek mana yang harus dimaksimalkan dalam usaha mereka. Namun Anda bisa langsung mulai dari dua area ini:

  • Bagian yang mempunyai dampak tertinggi (alias, poin yang paling memikat konsumen untuk bertransaksi).
  • Bagian yang bisa direalisasikan oleh tim marketing Anda.

Ketiga, manfaatkan hasil eksperimen untuk memulai optimalisasi. Kedua poin management pemasaran ini sejatinya saling berkaitan.

Ini karena kadang kala, kita tidak tahu persis bagian yang benar-benar memerlukan peningkatan. Misalnya landing page Anda tidak mendatangkan pengunjung sebanyak kompetitor, padahal bentuk desain laman Anda sudah mirip dengan miliknya.

Dari masalah inilah kita harus segera mengevaluasi diri. Uji coba akan mengungkap kenapa ide-ide pemasaran Anda gagal atau berhasil. Selanjutnya, Anda hanya perlu mengaplikasikan poin-poin yang positif untuk menyempurnakan iklan. Cukup mudah, bukan?

Keempat, lakukan optimalisasi secara menyeluruh. Hal ini juga terbukti membantu meningkatkan kualitas usaha di mata konsumen.

Semisal Anda menemukan strategi email marketing baru yang sukses menciptakan banyak pesanan. Cobalah untuk mengembangkan trik yang sama pada konten sosial media, landing page, dan iklan-iklan Anda yang lain lalu review hasilnya.

Siapa tahu langkah kecil ini justru memperbesar peluang bisnis Anda meraup omset hingga melampaui target!

Terakhir, selalu konsisten dalam mengoptimalkan bisnis Anda. Seluruh ide marketing brilian Anda akan terbuang sia-sia tanpa upaya yang konsisten. Kerahkan juga sikap-sikap positif dalam tim seperti rajin bekoordinasi, berkolaborasi dan berkomunikasi yang baik agar implementasi pemasaran berjalan sesuai harapan.

Strategi Manajemen Pemasaran yang Terbaik

Mungkin Anda bertanya-tanya, manakah yang lebih baik antara melakukan “eksperimen” dan “optimalisasi”? Strategi mana yang sebaiknya digalakkan demi mencapai kemajuan usaha?

Sebagian besar pebisnis masih lebih menekankan pada optimalisasi marketing. Mereka berpegang teguh pada prinsip “semakin banyak promosi sama dengan semakin besar profitnya”.

Tak jarang juga, pebisnis-pebisnis ini lupa melakukan evaluasi karena terlalu fokus berpromosi. Akibatnya hasil yang diperoleh tetap tidak sesuai target.

Maka dari itu, sebisa mungkin seimbangkan porsi antara optimalisasi dengan eksperimen atau penilaian strategi. Anda boleh menerapkan berbagai inovasi baru ke dalam iklan, namun jangan sampai lupa untuk mengukur hasilnya.

Apabila strategi baru tersebut tidak begitu menguntungkan, maka cepat-cepatlah untuk mengganti dengan yang lain. Namun jika hasilnya positif, segera aplikasikan trik yang sama pada seluruh channel marketing Anda.

Itulah dia dua kunci rahasia manajemen pemasaran yang bisa Anda coba untuk meningkatkan hasil penjualan. Yuk segera aplikasikan tipsnya mulai dari sekarang!

Mau mendapat lebih banyak tips jualan online yang bermanfaat? Baca MARKEY solusinya! Ikuti terus update info dan tips sukses bisnis hanya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai jumpa lagi!

4 Perubahan Besar Mobile Marketing Terbaru, Segera Terapkan!

0
mobile-marketing-1

Ada empat perubahan baru dalam strategi mobile marketing yang terbukti mendatangkan lebih banyak pembeli. Apa sajakah tren dan inovasi tersebut?

Mobile marketing adalah metode pemasaran yang paling banyak diterapkan saat ini. Keberhasilan taktik marketing ini tentu disebabkan oleh tingginya jumlah penggunaan smartphone di masyarakat.

Iklan-iklan yang disebar via smartphone punya peluang lebih besar untuk dilihat konsumen. Namun sekadar memposting iklan saja terbukti belum cukup. Anda wajib berinovasi dengan empat taktik marketing mobile berikut ini agar brand makin disukai konsumen.

Apa saja kiat-kiatnya? Yuk langsung simak jawaban selengkapnya di bawah ini!

4 Inovasi Baru Mobile Marketing Online Shop : Bikin Konsumen Makin Loyal

mobile-marketing

Bentuk pemasaran mobile saat ini bermacam-macam. Mulai dari SMS marketing, notifikasi A2P (Application to Person; aplikasi ke pengguna), sosial media, bluetooth marketing, dan masih banyak lagi.

Meski tampaknya banyak perusahaan memakai strategi marketing mobile, tapi ternyata, tidak sedikit juga ritel yang ragu-ragu menjalankan model iklan ini. Terutama pemasaran mobile dengan metode A2P.

Penyebabnya adalah metode A2P dan website mobile friendly yang masih menggunakan sistem cookies. Cookies dapat mengumpulkan dan menyimpan data penting pengunjung toko online Anda.

Biasanya, data-data cookies dikelola untuk keperluan marketing. Namun faktanya tidak semua konsumen senang datanya dikumpulkan oleh perusahaan. Bagaimana dengan bisnis Anda saat ini? Apakah strategi pemasaran online Anda masih menggunakan cookies?

Nah, sekarang sudah bukan zamannya mengandalkan perangkat sejenis cookies dalam pemasaran mobile karena bisa menurunkan kepercayaan konsumen. Masih ada banyak kiat marketing mobile yang bernilai positif menurut konsumen.

Inilah empat strategi inovatif mobile marketing yang menambah loyalitas konsumen Anda:

1. Meminta Persetujuan Konsumen

Selalu minta persetujuan konsumen sebelum melakukan pemasaran mobile. Konsumen harus diberi kesempatan memilih “iya” atau “menerima, dan “tidak” atau “menolak” segala bentuk aktivitas marketing dari perusahaan.

Bayangkan misalnya diri Anda sendiri yang menerima iklan-iklan tak sesuai kebutuhan. Rasanya pasti menjengkelkan, bukan? Konsumen Anda juga merasakan hal yang sama.

Hampir semua orang ingin memilih iklan produk/jasa apa yang ingin mereka tonton. Biasanya pun, konsumen hanya mau menerima penawaran sesuai kebutuhan atau minat mereka.

Meminta persetujuan seperti ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan transparansi hubungan brand dengan komunitas. Pelanggan dapat mengetahui data-data apa saja yang bisa diberikan atau diambil oleh perusahaan, lalu digunakan untuk apa. Mereka tidak perlu khawatir terjadi hal-hal yang tak diinginkan terkait data.

Tak sampai di situ saja, Anda juga harus memaparkan feedback positif yang bisa diperoleh konsumen atas partisipasi mereka. Hal ini sering disebut sebagai “pertukaran nilai pemasaran mobile” dan efektif meningkatkan loyalitas sekaligus kepercayaan pembeli.

Tips tambahan:

Gunakanlah fitur-fitur mobile marketing canggih yang Anda miliki untuk melaksanakan seluruh aktivitas di atas. Misalnya:

  • Menampilkan pop up berisi syarat dan ketentuan transaksi pada konsumen.
  • Menyematkan barcode pada sisi-sisi strategis toko untuk meningkatkan
  • Menginformasikan info-info penting pada konsumen melalui push notifications real time.
  • Dan masih banyak lagi

2. Menjalin Interaksi yang Real Time dengan Konsumen

Cara menciptakan pemasaran mobile yang efektif dan meyakinkan selanjutnya adalah menjalin interaksi real time dengan konsumen.

Pemakaian chatbot dan pesan instan yang marak akhir-akhir ini justru menimbulkan efek negatif. Konsumen zaman now bisa dengan mudah membedakan mana pesan otomatis serta pesan asli yang ditulis dari hati-ke-hati.

Terlalu sering melayani konsumen dengan pesan bot dapat menurunkan antusiasme pelanggan pada brand Anda. Mereka akan berpikir bahwa toko Anda enggan melayani mereka dengan tulus. Apalagi, bot tidak mempunyai emosi dan tidak bisa menanggapi keluhan yang spesifik.

Jadi sebisa mungkin jalinlah interaksi yang real time dan “hangat” dengan konsumen Anda secara rutin. Seimbangkan pemakaian chatbot dengan berbalas pesan langsung pada konsumen di jam-jam operasional. Manfaatkan juga fitur chat mobile untuk mempermudah komunikasi.

Tips tambahan:

Cari tahu waktu terbaik mengirim pesan dengan memantau jam-jam konsumen mengecek ponsel mereka. Seseorang cenderung langsung mengecek pesan yang mereka terima saat sedang aktif menggunakan ponsel. Otomatis, pesan Anda tidak akan di-skip.

3. Ciptakan Pemasaran yang Loyal

Gabungkan unsur loyalitas ke dalam trik mobile marketing Anda. Cara ini ampuh supaya pelanggan tidak mudah berpaling ke penawaran lainnya.

Setiap brand punya cara sendiri untuk menumbuhkan loyalitas konsumen masing-masing. Salah satunya – sekaligus yang paling populer – adalah mengadakan program membership atau loyalti.

Strategi ini sangat mudah dilakukan dengan pemasaran via smartphone. Namun ternyata, mengandalkan program membership saja masih belum cukup menjadikan seseorang setia pada brand Anda.

Konsumen tetap mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan membeli produk/jasa apa. Seperti bagaimana cara pelayanan yang mereka terima, tingkat kepuasan berbelanja pelanggan sebelumnya, harga, diskon yang tersedia, dan lain-lain.

Tapi Anda bisa menyiasati hal ini dengan menciptakan pemasaran yang sepenuhnya berorientasi pada konsumen. Strategi ini lebih ampuh“mendorong” orang-orang agar mau datang ke toko Anda tanpa banyak pertimbangan lain.

Selipkan lebih banyak perhatian pada kebutuhan konsumen melalui fitur-fitur mobile marketing. Misalnya:

  • Mengirimkan survey kepuasan pelanggan.
  • Melayani keluhan lewat chat secara personal.
  • Memberi bonus program membership.
  • Mendorong engagement lewat aneka postingan seru bermanfaat.
  • Dan masih banyak lagi.

Meski sederhana, cara-cara seperti inilah yang lebih efektif menumbuhkan perasaan “dihargai” dalam benak konsumen. Akibatnya, mereka akan lebih loyal pada brand Anda.

4. Menjadi Ahlinya Pelanggan

Inovasi pemasaran mobile yang terakhir adalah: Anda harus mampu menjadi ahlinya pelanggan. Apa maksudnya?

Pemasar dituntut untuk bisa menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan. Minimal, Anda harus tahu permasalahan mereka diikuti rekomendasi produk atau jasa yang sesuai.

Konsumen akan lebih puas jika Anda selalu bisa menjawab pertanyaan mereka. Begitu juga sebaliknya. Pembeli pasti akan menilai kualitas bisnis Anda buruk kalau sering menjawab “tidak tahu”.

Mengenali jati diri pelanggan juga tidak sulit dengan memanfaatkan aplikasi smartphone untuk riset marketing gratis. Kumpulkan seluruh data yang diperlukan dengan konsen (persetujuan) konsumen, lalu olah supaya Anda tahu apa yang menjadi kebutuhan utama pembeli.

Era Baru Mobile Marketing di Masa Depan

Strategi marketing mobile masih sangat relevan untuk diterapkan pada bisnis saat ini. Lebih dari 90% orang berinteraksi dengan produk atau jasa menggunakan smartphone mereka. Maka dari itu, tugas Anda sejatinya ialah mengoptimalkan iklan mobile yang sudah disebar saat ini.

Ambil contoh pemasaran SMS marketing. Studi digital marketing menemukan bahwa SMS penawaran mempunyai tingkat keterbacaan 90%. Pun para pengguna smartphone selalu mengklik SMS yang mereka terima dalam kurun waktu 90 detik.

SMS juga termasuk strategi marketing mobile yang paling sukses karena bisa menjangkau semua jenis konsumen mulai dari muda-mudi hingga orang tua, semua tahu bagaimana cara membaca atau mengirim SMS.

Tingkat konversinya juga tinggi, bisa mencapai 45% kalau Anda menggunakan call to action yang memikat. Pun selain SMS, trik marketing mobile lain juga tidak kalah menjanjikan.

Demikianlah pembahasan empat inovasi terbaru mobile marketing. Yuk segera aplikasikan keempat poin di atas agar taktik pemasaran Anda menjadi lebih berkembang!

Temukan lebih banyak kiat sukses bisnis online lainnya hanya di MARKEY. Baca gratis sekarang juga via website https://markey.id/ atau MARKEY APP (tersedia di Playstore dan AppStore).

Sampai bertemu lagi!