Last Updated on October 3, 2023 by appkey
Segmentasi pelanggan adalah proses pembagian klien menjadi kelompok berdasarkan ciri-ciri yang sama, memungkinkan perusahaan memberikan pengalaman yang lebih personal dan optimal bagi setiap pelanggan. Dengan menerapkan segmentasi, bisnis dapat mencapai tingkat keterbukaan email hingga 14,31% lebih tinggi dibandingkan dengan pesan yang tidak tersegmentasi. Alat segmentasi berbasis AI bisa menjadi solusi optimal dalam menangani tantangan segmentasi. Dilansir dari influencermarketinghub.com, berikut pembahasan detil tentang segmentasi, tantangan yang ada, dan bagaimana AI bisa menjadi solusi dalam memaksimalkan proses ini. Yuk disimak!
Daftar Isi
Tantangan dan Kendala dalam Segmentasi Pelanggan
Berikut adalah tantangan yang dihadapi dalam segmentasi pelanggan. Empat masalah ini dapat membuat segmentasi menjadi sulit tanpa bantuan perangkat lunak.
1. Kualitas data
Kita hanya dapat melakukan segmentasi pelanggan dengan baik jika database kita berisi data yang akurat. Perangkat lunak diperlukan untuk mengidentifikasi data yang duplikat, usang (catatan usang), ambigu (karena ejaan yang salah, metode penandaan/kategorisasi, atau judul kolom yang menyesatkan), atau data yang tersembunyi (data tersimpan yang tidak digunakan oleh departemen lain).
2. Ukuran data
Kita harus mengumpulkan data yang cukup untuk mengidentifikasi motivasi dan perilaku pelanggan kita. Data tersebut dapat berasal dari berbagai sumber, seperti survei, formulir umpan balik, dan analisis. Mengumpulkan dan mengatur data dari semua saluran distribusi konten kita akan sulit dilakukan tanpa alat bantu AI. Di sisi lain, menggunakan teknologi ini dapat memberi kita peluang baru seperti segmen yang belum pernah kita jangkau di masa lalu, sehingga kita dapat menyesuaikan upaya pemasaran kita.
3. Luasnya segmen
Segmentasi yang terlalu sempit atau terlalu luas dapat menyebabkan salah tafsir terhadap wawasan data dan penargetan yang buruk untuk kampanye pemasaran. Segmentasi yang efektif memungkinkan kita untuk menjangkau kelompok yang memiliki daya beli yang pasti, dan solusi AI membantu dengan menampilkan kategori atau segmen yang telah ditentukan dan dapat disesuaikan.
4. Terkurasnya waktu
Analisis data dan pembuatan profil pelanggan membutuhkan waktu. Selain itu, kita juga perlu meluangkan waktu untuk mengidentifikasi yang tujuannya untuk membantu kita terhubung dengan segmen kita. Kita bisa mendapatkan hasil yang hampir instan melalui platform segmentasi AI yang mengotomatiskan proses ini.
Fitur Wajib dalam Alat Segmentasi Pelanggan AI
Apa saja fitur yang wajib dan harus ada dalam alat segmentasi AI? Platform segmentasi pelanggan berbasis AI terbaik harus menawarkan fungsi-fungsi sebagai berikut.
1. Organisasi data
Alat segmentasi AI berfungsi sebagai tempat penyimpanan utama semua data pelanggan kita. Alat ini akan memberikan kita gambaran terpadu tentang siapa klien kita, alasan mereka berbisnis dengan kita, dan apa yang mereka sukai dari upaya pemasaran kita.
2. Visualisasi dan distribusi laporan
Platform segmentasi menghasilkan laporan dengan bagan dan grafik yang menarik secara visual, membantu kita memahami analitik dan wawasan yang lebih baik daripada spreadsheet. Selain itu, alat ini memungkinkan kita untuk membagikan laporan statis atau dinamis.
3. Kustomisasi
Solusi segmentasi memungkinkan kita untuk menggunakan metrik di berbagai segmen. Jika skor promotor bersih kita menurun, alat AI harus dapat menunjukkan kepada kita pelanggan yang paling tidak puas dalam berbagai kategori, seperti kelompok usia, paket langganan, atau produk yang dibeli.
4. Skalabilitas
Segmentation AI dapat meningkatkan skala, secara otomatis mengumpulkan informasi dari pelanggan lama atau pelanggan baru, baik yang datang sedikit demi sedikit maupun banyak. Peningkatan klien dapat mengarah pada segmen pelanggan baru, yang kemungkinan besar membuka pelaporan khusus baru.
Rekomendasi Platform Segmentasi Pelanggan AI
Apa saja alat AI yang dapat membantu kita dalam hal segmentasi pelanggan? Berikut adalah beberapa rekomendasi platform yang dapat digunakan.
1. Peak.ai
Peak.ai menerima data dari berbagai sumber untuk menghasilkan profil pelanggan yang komprehensif, termasuk kebiasaan belanja dan potensi untuk berpindah. Platform ini mengelola data tersebut dalam satu sumber dan mengklasifikasikan ke dalam segmen berdasarkan atribut non-prediktif dan prediktif. Peak.ai dapat memprediksi perilaku konsumen seperti produk apa yang akan dibeli atau kapan email selanjutnya akan dibuka. Platform ini juga memungkinkan integrasi dengan sistem yang berinteraksi dengan pelanggan, seperti media sosial, CRM (customer relationship management), dan CDP (customer data platforms).
2. Optimove
Optimove adalah platform yang mengelola kampanye dan pengembangan pelanggan, menggabungkan data dari berbagai sumber untuk menyediakan model prediktif kustom. Platform ini melakukan segmentasi pelanggan melalui analisis kluster dan model matematis, mengelompokkan pelanggan ke dalam segmen mikro berdasarkan demografi, perilaku, dan aktivitas real-time. Fitur Optibot memungkinkan identifikasi tren dan wawasan dari segmen data. Optimove juga melacak pergeseran perilaku pelanggan antar segmen, memberikan pemahaman mendalam tentang perilaku selama siklus hidup pelanggan.
3. Glance
Glance adalah alat “autopilot” yang membantu tim pemasaran melakukan segmentasi dan membuat konten kontekstual. Dengan menggunakan teknologi AI Graph, Glance mengelompokkan kontak berdasarkan maksud dan kesiapan, memungkinkan fokus pada prospek berkualitas. Glance juga mengidentifikasi pembeli potensial, peluang upselling, dan klien berisiko churn. Setiap minggu, alat ini membuat hipersegmen yang dapat diekspor ke platform pemasaran kita. Glance juga memberikan rekomendasi konten sesuai hipersegmen. Alat ini bisa terintegrasi dengan berbagai platform pemasaran dan analisis populer, dan paling efektif untuk mereka yang memiliki minimal 2.500 kontak dan riwayat kampanye tiga bulan.
4. Visual Website Optimizer (VWO)
VWO adalah alat pengujian yang memudahkan kita untuk mengukur dampak eksperimen pada berbagai segmen dan mengoptimalkan situs web. VWO Data360 mengumpulkan data pelanggan dari berbagai titik kontak, membuat profil individu lengkap yang bisa digunakan tim kita untuk merencanakan eksperimen. Data ini dapat dikategorikan berdasarkan berbagai atribut pengunjung dan perilaku. VWO Personalize mencatat perilaku pengunjung, dari kunjungan pertama hingga pembelian pertama, membantu kita menciptakan perjalanan pengguna yang disesuaikan untuk meningkatkan retensi. Segmen ini dapat diekspor ke CRM dan platform keterlibatan klien.
5. Clearbit
Clearbit adalah perangkat lunak pengayaan data B2B, memungkinkan segmentasi pelanggan berdasarkan lebih dari 100 atribut. Ia memfasilitasi pencocokan profil pelanggan ideal untuk keterlibatan yang ditargetkan. Reveal adalah tool dari mereka, yang membantu mendeteksi ketika perusahaan target menunjukkan ketertarikan pada produk kita. Clearbit menggunakan sumber data publik dan pribadi untuk mengumpulkan dan memverifikasi data, memperbarui data perusahaan secara real time, dan memperbaiki data yang ketinggalan zaman atau tidak lengkap. Platform ini juga membantu menemukan pelanggan baru yang ideal.
6. Heap
Heap adalah platform yang menganalisis interaksi pelanggan dengan situs web atau aplikasi kita untuk mendapatkan wawasan yang mendalam. Tool ini membantu menemukan faktor apa yang mendorong atau menghalangi konversi dan retensi. Mengelompokkan pelanggan berdasarkan perilaku online mereka, Heap memungkinkan kita melihat segmen berdasarkan berbagai aktivitas dan menentukan langkah mana yang berkontribusi pada tujuan dan pendapatan perusahaan. Analisis ini dapat digunakan untuk memprioritaskan upaya, memodifikasi produk atau strategi, dan mempersonalisasi pengalaman pengguna.
7. BlastPoint
BlastPoint adalah alat yang menggunakan segmentasi data pelanggan untuk memberikan wawasan yang kaya dan prediktif. Alat ini memungkinkan kita membuat segmen berdasarkan data pelanggan kita dan memahami karakteristik klien melalui visualisasi yang disesuaikan. BlastPoint juga menyediakan data eksternal yang dapat digabungkan dengan data kita sendiri untuk mendapatkan wawasan lebih mendalam tentang perilaku pelanggan. Dengan bantuan AI, alat ini menampilkan kluster yang paling mungkin memenuhi tujuan bisnis kita, seperti adopsi teknologi baru atau penyelesaian pembayaran yang tertunda.
8. Graphite Note
Graphite Note menggunakan AI untuk memberikan wawasan perilaku pelanggan melalui deteksi pola otomatis, membantu identifikasi pelanggan yang paling berharga dan titik-titik masalah. Graphite Note memanfaatkan visualisasi untuk mempermudah pemahaman wawasan dari segmentasi. Ia menghubungkan data kita dengan template predefined yang memungkinkan prediksi untuk setiap segmen, memberikan nilai tambah pada strategi penjualan dan pemasaran kita.
9. Concured
Concured adalah platform AI yang meningkatkan konversi dan tampilan halaman melalui segmentasi pelanggan yang tepat. Mampu membuat kampanye yang sangat personal untuk segmen apapun, bahkan yang hanya berisi satu pelanggan. Cocok untuk bisnis yang rutin mempublikasikan konten, platform ini menawarkan analisis performa kompetitif dan topik yang menarik melalui fitur iPerform, iAudit, dan iCreate. Ada juga iPlan yang memfasilitasi kolaborasi dalam pembuatan konten. Concured mulai beroperasi setelah kode ditambahkan ke situs kita.
10. FullStory
FullStory adalah platform yang merekam interaksi pengguna dengan situs web atau aplikasi kita, menunjukkan tren perilaku sepanjang waktu. Fitur Autocapture melacak aktivitas seperti klik dan guliran/scroll, termasuk klik berkali-kali yang menandakan frustrasi pengguna. Kita dapat melihat data ini melalui ‘session replay’ atau ‘heatmaps’. FullStory memungkinkan pembuatan segmen berdasarkan berbagai kriteria perilaku. Ia juga melacak metrik penggunaan untuk menentukan faktor-faktor yang berhubungan dengan loyalitas atau perpindahan pelanggan.
Kesimpulan
Segmentasi pelanggan adalah hal yang penting dalam bisnis dan teknologi AI dapat mempermudah dan memaksimalkan proses ini. Ada empat tantangan utama dalam segmentasi: kualitas data, ukuran data, luasnya segmen, dan waktu yang dibutuhkan. Untuk mengatasi tantangan tersebut, alat berbasis AI dapat sangat membantu. Alat ini idealnya memiliki fitur seperti organisasi data, visualisasi dan distribusi laporan, kustomisasi, dan skalabilitas. Artikel ini juga memberikan rekomendasi 10 platform berbasis AI yang dapat digunakan, masing-masing platform memiliki fitur dan kelebihan unik yang dapat membantu perusahaan dalam melakukan segmentasi. Meski AI menjadi alat yang kuat untuk segmentasi, perusahaan juga bisa mulai dengan solusi data pelanggan jika belum siap untuk menggunakan AI. Tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman yang lebih personal dan optimal bagi setiap pelanggan, sehingga menghasilkan tingkat keterbukaan dan retensi yang lebih tinggi. Semoga informasi ini berguna ya!
Ingin mendapatkan lebih banyak tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.