Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Iklan Endorsement VS Paid Promote: Mana yang Lebih Unggul?

Endorsement VS Paid Promote: Mana yang Lebih Unggul?

-

Ada dua contoh iklan media sosial yang sedang trend saat ini yakni paid promote dan endorsement. Anda yang sering berwara-wiri di media sosial seperti Instagram pasti akrab dengan dua jenis iklan online ini.

Dibandingkan dengan iklan-iklan tradisional, iklan media sosial dipilih banyak pebisnis online sebab lebih murah, unik, dan efektif dalam menggaet rasa ketertarikan masyarakat.

Kira-kira seperti apa sistem iklan endorsement dan paid promote secara lengkap? Mana pula iklan yang lebih efektif meningkatkan penjualan: endorsement ataukah paid promote? Yuk cari tahu jawabannya pada artikel edisi kali ini!

Apa Itu Endorsement dan Paid Promote?

iklan-media-sosial-2

Dunia bisnis online sedang berkembang pesat. Aneka produk, jasa dan bisnis berseliweran di timeline kita hampir di setiap menitnya. Setiap perusahaan selalu berlomba-lomba menjadi yang nomor satu merajai kompetisi bisnis.

Untuk itulah banyak pedagang online pun memutar otak mencari ide promosi yang paling beda dengan biasanya. Saat cara berpromosi menggunakan gambar dan caption terasa basi, beberapa pedagang mulai melirik dua metode iklan media sosial terbaru yaitu endorsement dan paid promote.

Pernahkah Anda mendengar dua istilah iklan media sosial ini sebelumnya? Endorsement dan paid promote adalah contoh iklan media sosial yang sangat mudah kita temui pada beragam platform medsos kekinian. Sekilas kedua contoh iklan media sosial ini tampak mirip. Padahal, endorsement influencer dan paid promote adalah dua hal yang berbeda.

Endorsement adalah iklan media sosial yang menggunakan jasa influencer. Endorsement memiliki arti tidakan seseorang yang memberi dukungan terhadap suatu hal tertentu. Dalam hal ini, orang yang melakukan endorsement mendukung produk yang sedang ia iklankan. Bentuk dukungan ini bisa beraneka ragam, namun hampir semua influencer melakukan endorsement dengan memberikan review positif.

Apa itu influencer? Untuk Anda yang baru mendengar istilah ini, influencer adalah orang-orang dengan kemampuan memberi pengaruh positif kepada masyarakat. Di Indonesia, para influencer biasa disamakan dengan selebriti media sosial ataupun YouTuber.

Jenis-jenis influencer pun beraneka ragam, ada influencer pendidikan, kecantikan, teknologi, aktivitas sosial, kesehatan, dan masih banyak lagi. Jadi, Anda bisa memilih sosok influencer yang sesuai dengan produk brand Anda.

Selain endorsement influencer, ada juga iklan media sosial paid promote. Sesuai namanya, paid berarti membayar, sedangkan promote adalah promosi. Sederhananya, paid promote adalah layanan berbayar untuk jasa promosi. Jika memilih metode iklan media sosial paid promote, Anda akan membuat kontrak promosi dengan penyedia jasa untuk membantu mengiklankan produk.

Setelah membayar, Anda harus mengirimkan konten yang hendak dipromosikan kepada penyelenggara paid promote. Kemudian, penyelenggara akan memposting konten Anda ke media sosial mereka. Bedanya dengan endorsement, umumnya tidak ada review terkait produk ke masyarakat di sistem paid promote. Selain itu, tipe penyelenggara paid promote bisa lebih luas seperti influencer, organisasi, komunitas, dan lain-lain.

Meski berbeda, tujuan dari kedua iklan ini sesungguhnya sama yakni mengiklankan produk atau jasa ke masyarakat umum pengguna medsos. Sistem promosi ini dirasa jauh lebih efektif karena tidak terlalu terlihat sebagai promosi.

Iklan biasa jelas jauh lebih mudah dilewati atau “skip” oleh masyarakat karena mereka merasa terganggu. Selain itu, endorsement dan paid promote lebih meyakinkan calon konsumen dengan menggunakan testimoni atau review.

Artikel terkait  Berbisnis Unik dengan Pinterest Indonesia

Sistem Iklan Paid Promote & Endorsement Influencer

iklan-media-sosial-1

Paid promote dan endorsement influencer memiliki kesamaan sistem yakni menggunakan pihak ketiga (influencer, komunitas, public figure, artis, dan lain-lain). Namun bagaimana sistem kedua iklan ini bekerja secara lebih tepatnya? Berikut ini adalah ulasan sistem kerja iklan paid promote dan endorsement influencer yang bisa Anda pelajari sebelum memutuskan untuk terjun beriklan.

Sistem Paid Promote

Pertama adalah sistem paid promote. Sistem paid promote umumnya hanya menampilkan gambar, video, foto, ataupun brosur untuk dipublikasikan di platform pengiklan. Cara kerjanya pun mudah. Anda sebagai pengiklan hanya cukup mencari platform penyedia paid promote yang terpercaya, membuat kontrak dan membayar sesuai tarif ditentukan, kemudian mengirimkan materi yang hendak diiklankan.

Biasanya, materi yang diiklankan ini sudah disertai dengan caption dari pengiklan. Jadi, tugas dari penyedia jasa paid promote hanyalah memposting apa yang Anda berikan. Jika ingin menggunakan jasa paid promote, maka Anda harus cermat memilih akun-akun berfollowers besar seperti akun milik vlogger, blogger, youtuber, selebgram, dan akun-akun komunitas terpercaya.

Pertimbangan pemilihan akun sebagai media promosi adalah hal yang utama dalam sistem paid promote. Hal ini tentunya untuk mencapai tujuan promosi ke masyarakat, maka followers dari akun yang mempromosikan iklan Anda haruslah asli alias bukan sistem robot atau bot.

Selain itu, akun yang mempromosikan iklan Anda haruslah linier dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Jangan sampai Anda memasang iklan makanan dan dipromosikan oleh akun di bidang seni. Ketidakcocokan topik ini akan membuat iklan Anda menjadi sia-sia. Sekali lagi, ingatlah 3 indikator utama dari memilih akun paid promote yakni memiliki banyak followers asli, terpercaya, dan sesuai dengan tema dari brand anda.

Sistem Endorsement

Berbeda dengan paid promote, sistem endorsement mengedepankan review dari para influencer yang bertugas mengiklankan produk Anda. Dalam sistem ini, Anda terlebih dahulu akan membuat kontrak dengan para influencer. Kemudian, Anda akan mengirimkan produk untuk direview ke alamat sang influencer.

Selebihnya, sang influencer akan mempromosikan produk Anda melalui konten yang ia buat di media sosialnya. Jadi anda tidak perlu repot lagi menyiapkan konten. Cukup kirimkan produk atau keterangan jasa yang ingin Anda promosikan. Sebagai catatan, jika Anda mengirimkan produk untuk direview ke influencer, biasanya produk tersebut akan menjadi hak milik influencer tersebut. Jadi, produk Anda tidak bisa ditarik kembali begitu promosi selesai.

Berbeda pula dengan promote yang pasti berbayar, endorsement bisa berbayar ataupun tidak. Ada influencer yang meminta pembayaran, namun ada juga yang cukup dibayar dengan produk yang diberikan. Semuanya bergantung pada kesepakatan dari Anda dengan sang influencer.

Untuk memilih influencer terbaik guna mempromosikan usaha Anda, perhatikan bagaimana citra yang dimiliki oleh influencer tersebut di masyarakat. Jika influencer memiliki citra yang baik, followers yang banyak, dan personal branding kuat, maka Anda bisa mengontak sang influencer untuk melakukan promosi.

Jangan memilih influencer yang kualitasnya masih abal-abal, karena kualitasnya meragukan. Ingat, kunci keberhasilan endorsement terletak pada personal branding yang dimiliki oleh sang influencer.

Artikel terkait  Panduan Awal Membangun Bisnis Blog Makanan Enak

Paid Promote VS Endorsement: Mana yang Lebih Untung?

iklan-media-sosial-3

Kita sudah membahas promosi iklan online paid promote dan endorsement. Kira-kira dari dua metode ini, manakah cara beriklan yang paling menguntungkan untuk online shop Anda? berikut adalah perbandingan paid promote dan endorsement dari sisi harga dan kesuksesan promosi. Perbandingan ini dapat anda jadikan pertimbangan sebelum memilih metode iklan terbaik bagi online shop Anda.

Harga

Perbandingan pertama datang dari harga. Harga paid promote dan endorsement jelas berbeda. Secara umum harga endorsement bisa jadi lebih mahal, apalagi jika Anda menggunakan jasa dari artis ternama, bintang sinetron, youtuber terkenal, dan influencer top.

Meski begitu harga endorsement bersifat lebih fleksibel dan bisa dinegosiasi dibandingkan dengan paid promote yang memiliki harga paket tetap. Sisi buruknya, masih ada kesempatan bagi para influencer untuk meminta tarif lebih selain meminta produk untuk diulas.

Meski demikian, baik endorsement ataupun paid promote memiliki sistem perhitungan harga yang sama. Semakin banyak jumlah followers yang dimiliki oleh akun pengiklan, maka tarif iklan akan menjadi semakin mahal.

Hal ini masuk akal, sebab akun-akun besar seperti influencer ataupun komunitas ternama tentunya memiliki banyak followers serta engagement di akun mereka. Sehingga, promosi Anda pun dapat dijangkau lebih luas oleh masyarakat. Agar tidak rugi, selalu pastikan secara rinci harga, syarat dan ketentuan paid promote dan endorsment dengan pihak penyedia jasa yang dipilih.

Tingkat keberhasilan

Perbandingan selanjutnya dilihat dari tingkat keberhasilan paid promote dan endorsement. Hal ini penting karena sangat menentukan sukses-tidaknya iklan yang disebarkan, mengingat tujuan Anda beriklan pastinya agar produk diketahui sebanyak mungkin orang, bukan?

Lalu, di antara paid promote dan endorse, mana yang paling sukses membawa keberhasilan promosi? Jawabannya ternyata kembali pada kebutuhan serta kemampuan Anda dalam menyewa jasa iklan. Setiap perusahaan tentunya memiliki jumlah modal dan target yang berbeda-beda. Untuk Anda yang memiliki modal lebih, maka tidak ada salahnya untuk mencoba sistem endorse.

Promosi endorsement yang menggunakan sistem review dan testimonial juga jauh lebih cocok untuk perusahaan dengan tujuan promosi membangun personal branding, meraih followers baru, dan meningkatkan citra brand di masyarakat.

Sedangkan untuk Anda yang menginginkan keuntungan cepat dan modal terbatas, Anda bisa mencoba sistem paid promote yang harganya jauh lebih murah. Metode paid promote juga banyak digunakan untuk perusahaan online yang baru pertama kali mencoba beriklan. Hal ini dikarenakan harganya yang murah, jadi tidak akan menyebabkan kerugian banyak andaikata pengiklanan tidak optimal.

Sayangnya, konten iklan Anda di paid promote tidak dapat bertahan lama. Saat durasi iklan sudah melebihi ketentuan, pihak penyedia paid promote akan menghapus iklan Anda dari postingan mereka. Jadi iklan Anda hanya berlangsung dalam kurun waktu tertentu sesuai kesepakatan. Selain itu, Anda akan sedikit lebih repot karena harus menyiapkan konten sendiri.

Apakah sistem endorsment jauh lebih menguntungkan? Jawabannya tetap tergantung pada kebutuhan dan tujuan Anda berpromosi. Kalau Anda ingin membangun citra produk secara instan, maka jasa endorsement artis adalah pilihan yang tepat. Image glamour dan khas dari seorang artis tentunya akan dengan cepat membangun image brand secara positif di masyarakat.

Sayangnya, belakangan ini banyak juga masyarakat yang sudah cerdas membedakan mana endorsement dan mana yang merupakan rekomendasi asli dari sang artis. Jadi, bukan tidak mungkin iklan endorse Anda gagal karena hal ini.

Demikianlah pembahasan kali ini terkait endorsement dan paid promote. Tertarikkah Anda untuk mencoba salah satu metode iklan ini? Silahkan sesuaikan metode beriklan Anda dengan kebutuhan, kondisi budget dan tujuan perusahaan, ya!

Jangan lupa juga ikuti website dan media sosial official Markey untuk tetap update dengan lebih banyak informasi menarik lainnya seputar dunia bisnis online.

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Belakangan ini kita sering mendengar perusahaan-perusahaan gadget yang menawarkan aneka produk nirkabel untuk lebih memudahkan aneka pekerjaan masyarakat. Biasanya, kita...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya