Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 47

Bingung Cara Buat Aplikasi Jualan? Ini 8 Jasa App Semarang

0
jasa-aplikasi-semarang

Pernah bermimpi ingin punya aplikasi online sendiri? Mimpi tersebut sekarang dapat terwujud dalam sekejap melalui 8 jasa buat aplikasi android terbaik di Semarang berikut ini!

Dewasa ini hampir semua orang menggunakan aplikasi online, khususnya untuk berjualan. Namun masih sedikit pebisnis yang menguasai cara buat aplikasi android sendiri. Di sisi lain, kita memerlukan aplikasi ecommerce canggih agar tak ketinggalan zaman.

Tidak perlu cemas, apalagi repot-repot belajar cara buat aplikasi android otodidak. Yuk langsung pesan aplikasi olshop Anda sekarang juga dari 8 rekomendasi jasa pembuat aplikasi online terbaik di Semarang ini!

8 Cara Buat Aplikasi Online Termudah (Jasa Buat Aplikasi Semarang)

cara-buat-aplikasi.

Berbisnis online dengan aplikasi android terbukti mendatangkan omset 2x lipat lebih besar. Ini karena Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna android terbanyak saat ini.

Jadi, jangan sampai Anda melewatkan peluang emas berbisnis memakai aplikasi android! Dapatkan aplikasi pertama Anda dari 8 android software house di Semarang berikut ini:

1. TECH AREA

Tech Area adalah software developer terbaik di kawasan Semarang dan sekitarnya. Tim Tech Area menguasai cara-cara buat aplikasi android bisnis terbaik, dengan sistem yang fleksibel serta mempunyai daya intuitif tinggi. Dijamin, aplikasi bisnis pesanan Anda akan tampil unggul mengalahkan kompetitor-kompetitor lain.

Anda dapat memesan aplikasi android custom sesuai kebutuhan atau langsung pilih dari kategori yang ada. Tech Area membuka jasa buat aplikasi android SIP (Sistem Informasi Perusahaan), aplikasi invoice, manajemen gudang, serta app ecommerce.

Seluruh layanan buat aplikasi android di Tech Area secara umum mencakup:

  • Pengerjaan aplikasi yang terstruktur dan lengkap, mulai dari analisa kebutuhan sampai pembangunan prototipe desain UI/UX.
  • Gratis maintenance aplikasi selama 1 bulan pertama.
  • Tersedia laporan progres pembuatan aplikasi setiap minggu.
  • Pemasangan Google Adwords untuk mempromosikan aplikasi baru.
  • Project ditangani langsung oleh tim IT profesional.
  • Biaya dan waktu pengerjaan aplikasi menyesuaikan request dan tingkat kompleksitas app.

Tertarik membuat aplikasi jualan online di Tech Area? Hubungi langsung layanan software ini di https://techarea.co.id/jasa-pembuatan-aplikasi-android/.

2. APPKEY

Ingin punya aplikasi bisnis online secanggih Shopee atau Tokopedia, tapi budget Anda terbatas? Tenang, APPKEY punya solusinya!

APPKEY adalah jasa buat aplikasi android dan iOS yang mengutamakan kebutuhan bisnis Anda. Tersedia berbagai kategori aplikasi bisnis online yang dapat dipesan, seperti:

  • Ecommerce, toko online, UMKM online.
  • Restoran dan kuliner.
  • Kurir, ekspedisi dan pengiriman barang.
  • Taksi dan ojek online (seperti Gojek, Grab dan Maxim).
  • Klinik dokter dan konsultasi online (sekelas Halodoc dan Alodokter).
  • Real estate (jual beli maupun sewa properti).

Di samping itu pun, Anda tetap dapat mengajukan pengembangan aplikasi custom sesuai keinginan atau bentuk bisnis lainnya. Cukup konsultasikan ide-ide Anda, lalu tim IT bersertifikat APPKEY akan segera mengeksekusi cara buat aplikasi android Anda.

Beragam keuntungan jasa buat aplikasi APPKEY lainnya:

  • Gratis konsultasi awal seputar kebutuhan, masalah bisnis atau penyusunan rancangan aplikasi dengan staf ahli khusus.
  • Gratis maintenance atau bantuan pemeliharaan aplikasi seumur hidup.
  • Desain aplikasi sesuai ciri khas brand, didesain langsung oleh desainer, tidak sekadar memakai template.
  • Bebas pilih dan atur fitur aplikasi demi memaksimalkan performa app.
  • Biaya bisa dinegosiasikan sesuai kondisi modal Anda.
  • Bantuan tutorial pemakaian sampai mahir.
  • Garansi perlindungan app dari hal-hal tak diinginkan, seperti hack, error, atau masalah-masalah lain selama pengembangan.
  • Uji aplikasi dan bantuan perilisan app ke Playstore. Konsumen bisa langsung download app dengan praktis.
  • Dan masih banyak lagi!

Bagaimana, yakin tidak mau mencoba membuat aplikasi jualan online Anda di APPKEY? Yuk hubungi APPKEY di https://appshop.co.id/, dan dapatkan promo menarik lainnya sekarang juga!

3. WAHIDEV

Wahidev juga salah satu jasa pembuatan aplikasi android andalan di wilayah Semarang. Layanan pengembang perangkat lunak yang satu ini telah berpengalaman membuat banyak aplikasi android UMKM, olshop, sekolah, sampai organisasi pemerintahan maupun swasta.

Di samping menguasai cara buat aplikasi android terbaru, tim Wahidev juga menawarkan beragam keuntungan bagi kliennya:

  • Tim pengembang profesional serta kreatif.
  • Gratis konsultasi awal terkait pengembangan aplikasi, serta analisis masalah bisnis Anda.
  • Desain aplikasi dipastikan menarik dengan daya guna (seperti tombol, menu dan icon) yang maksimal.
  • Aplikasi mampu meloading konten dengan baik.
  • Tersedia support dan maintenance untuk setiap aplikasi.

Cari tahu lebih banyak info, penawaran dan juga portofolio pembuatan aplikasi jualan online dari Wahidev di https://wahidev.com/.

4. COTEZSKA

Selanjutnya masih ada servis pembuat aplikasi android Cotezska yang dapat Anda coba hubungi.

Cotezska menangani permintaan aplikasi dari berbagai wilayah Kota Solo, mulai dari Salatiga, Demak, Magelang, Kudus, Kedal, Pati, dan seterusnya. Anda dapat menghubungi platform ini secara online maupun offline (langsung).

Sedikit berbeda dari jasa pengembang lain, Cotezska membuat aplikasi android dengan Java dan dalam format “.APK”. Satu file APK tersebut nantinya akan berisi file-file penyusun aplikasi android lengkap, dengan akhiran .apk.

Kemudian, cara buat aplikasi android yang seperti ini membawa keuntungannya tersendiri, yaitu:

  • Pemakaian aplikasi yang lebih optimal.
  • Sistem dapat dikonfigurasi dengan lebih maksimal sesuai kebutuhan.
  • Privasi data yang terjaga, sebab sistem android hanya mengakses hal-hal yang dibutuhkan.

Tertarik membuat aplikasi di sini? Layanan Cotezska saat ini menerima pengembangan aplikasi android toko online, chat messenger, katalog virtual, ekspedisi, klinik, sampai game android. Informasi pemesanan selengkapnya dapat disimak di https://cotezska.org/jasa-pembuatan-aplikasi-android.html.

5. RECTMEDIA

Kalau Anda ingin aplikasi bisnis yang kaya akan fitur, maka pilihlah Rectmedia sebagai developer android andalan Anda. Aplikasi ecommerce buatan Rectmedia sudah dilengkapi seluruh fitur esensial, seperti:

  • Push notification.
  • Live chat dengan pembeli atau penjual.
  • Login ke sosial media.
  • GPS dan penanda lokasi olshop (geolokasi).
  • Formulir pemesanan produk maupun ajuan keluhan.
  • QR code scanner dan generator.
  • Pembayaran online (payment gateway).

Seluruh fitur di atas tersusun lengkap, rapi dan praktis digunakan dalam aplikasi buatan Rectmedia. Cukup paparkan ide, konsep atau kebutuhan aplikasi Anda saja, lalu tim pengembang akan membuatkannya sesuai request. Simpel, bukan?

Anda juga dapat memesan aplikasi bisnis dari berbagai kategori, misalnya online shop, klinik kesehatan, pendidikan, finance, real estate, media dan iklan, sampai organisasi sekaligus. Apapun latar belakang usaha Anda saat ini, tenang saja, Rectmedia developer pasti siap untuk membantu!

Mulai konsultasi perdana Anda dengan Rectmedia di https://rectmedia.com/jasa-pembuatan-aplikasi-mobile-terbaik-semarang/

6. REFOURMA

Tak kalah dari yang lain, Refourma turut menyediakan servis pembuatan aplikasi android dari dasar alias nol. Seluruh layanan Refourma dikemas dalam harga terjangkau, menyesuaikan dengan rancangan app serta modal Anda.

Refourma adalah agensi digital Semarang yang dinaungi oleh CV Sinergi Mitra Solusindo. Anda tidak perlu lagi meragukan kemampuan software house ini, pasalnya, mereka telah menangani berbagai klien di kota-kota besar Indonesia maupun luar negeri.

Ingin tahu lebih banyak seputar desain, fitur, maupun spesifikasi aplikasi android Reforma? Langsung meluncur ke halaman “Portofolio” pada situs resmi mereka di https://refourma.com/. Konsultasi awal dapat dilakukan dengan mengisi formulir pada menu “Konsultasi”, atau menghubungi contact person yang tertera di website.

7. CAN CREATIVE

Memiliki nama yang unik sekaligus semangat optimistis, CAN Creative sukses menjadi perusahaan multimedia dengan berbagai layanan. Salah satunya adalah pengembangan aplikasi android untuk bisnis (e-commerce).

Can Creative berdiri dari tahun 2015 silam. Sampai sekarang, mereka telah menangani banyak klien dari berbagai industri bisnis. Sejumlah tawaran keuntungan yang dimiliki CAN Creative mencakup:

  • Support call center 24/7 untuk mengatasi apapun keluhan maupun pertanyaan Anda.
  • Pengembangan aplikasi dengan fokus desain terbaik demi menciptakan kenyamanan pemakaian.
  • Proyek dikerjakan langung oleh tim IT yang profesional berpengalaman.
  • Menyediakan banyak kategori pengembangan app: ecommerce, bisnis olahraga, kesehatan, real estate, pariwisata, event, pendidikan, dan lain-lain (custom).
  • Alur pengerjaan yang terstruktur dan dibimbing.

Untuk Anda yang tertarik mencoba, silahkan simak informasi lebih lanjut seputar jasa CAN Creative hanya di https://can.co.id/ ya!

8. CROCODIC

Rekomendasi jasa pengembang aplikasi android terakhir di Kota Solo atau Semarang adalah Crocodic. Tim Crocodic pun tak kalah mahir menguasai cara-cara buat aplikasi android model terbaru.

Software house Crocodic sudah banyak mengembangkan aplikasi bisnis, penjualan dan pelaporan untuk perusahaan ternama lokal Indonesia. Sebut saja Indomaret, Angkasa Pura, Bank Mandiri, Honda dan EPSON Printer. Aplikasi Anda bisa jadi sama canggihnya dengan milik brand-brand besar tersebut!

Beragam keunggulan utama dari jasa servis Crocodic adalah:

  • Bantuan perancangan aplikasi disertai analisis kebutuhan yang mendalam.
  • Desain UI/UX aplikasi sesuai ciri khas brand Anda.
  • Sistem aplikasi unggulan, dilengkapi proteksi data dan anti crash (error).
  • Layanan maintenance perbaikan yang cepat.
  • Kategori pembuatan aplikasi bisnis online custom sesuai keinginan Anda.

Simak informasi selengkapnya terkait tata cara konsultasi, pemesanan maupun portofolio aplikasi android buatan Crocodic di https://crocodic.com/

Itulah 8 jasa buat aplikasi android di Semarang yang siap membuatkan aplikasi bisnis online Anda. Jadi tunggu apa lagi? Segera hubungi kontak developer pilihan Anda dan langsung miliki aplikasi olshop android pertama Anda hari ini juga!

Temukan lebih banyak tips, trik serta rekomendasi menarik seputar dunia bisnis online hanya dari MARKEY. Kunjungi websitenya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

Cara Membuat Zoom Webinar Kekinian yang Sukses, 100% Ampuh!

0
zoom-webinar

Sedang mencari cara membuat webinar dengan Zoom? Ingin tahu rahasia Zoom webinar yang seru, antusias dan ramai penonton? Selamat, Anda sudah menemukan jawabannya di sini!

Webinar adalah aktivitas yang ramai dilakukan masyarakat saat ini, khususnya semenjak guncangan pandemi. Di samping keperluan sekolah dan kantor, faktanya acara webinar online juga bermanfaat untuk mempromosikan bisnis ke masyarakat.

Mari langsung simak bagaimana kiat-kiat dan cara membuat webinar dengan Zoom yang menarik untuk promosi produk/jasa. Dijamin, acara webinar Anda akan selalu full book peserta!

Apa Itu Zoom Webinar?

Zoom adalah sebuah aplikasi konferensi video, atau panggilan video jarak jauh yang marak digunakan abad ini. Meskipun baru populer pasca pandemi, nyatanya Zoom telah dikembangkan sedari tahun 2013 oleh Eric Yuan, seorang insinyur teknologi.

Aplikasi Zoom terkenal akan beragam manfaatnya dalam dunia komunikasi, antara lain:

  • Zoom Webinar: mengadakan acara webinar online.
  • Zoom Room: ruang tunggu dan diskusi di mana peserta dapat berinteraksi sebelum acara.
  • Zoom Meeting: membuka dan menjalankan sesi rapat atau pengajaran online.
  • Zoom Phone dan Chat: fitur chat personal maupun publik di antara peserta

Selain kaya akan fungsi, Zoom amat diminati lantaran ukurannya yang kecil, tak memakan banyak memori, namun kualitas video call tetap HD dan jernih. Mengadakan seminar Zoom juga sangat mudah, baik bagi orang dewasa hingga anak-anak (pelajar).

Cara Membuat Webinar dengan Zoom

zoom-webinar

Bagaimana cara membuat webinar dengan Zoom? Membuat sesi webinar sendiri (atau menjadi host) dapat dilakukan dengan 2 metode praktis seperti berikut:

Cara Menjadi Host Zoom Webinar di Laptop

  1. Buka situs Zoom (https://zoom.us/) atau download aplikasinya yang versi desktop.
  2. Login ke Zoom memakai akun Gmail.
  3. Klik menu host yang terletak di bagian kanan atas beranda.
  4. Klik tombol panah ke arah bawah.
  5. Klik Start With Video.
  6. Pilih New Meetings. Selesai. Kini Anda adalah penyelenggara acara webinar online!

Kini Anda hanya perlu mengundang peserta untuk bergabung melalui menu invite. Ada beberapa cara mengundang penonton bergabung ke webinar Anda, seperti menyalin link room, mengirimi email, atau mengundang kontak Zoom Anda.

Cara Menjadi Host Zoom Webinar di Smartphone (Android)

  1. Download Zoom di Playstore.
  2. Login ke Zoom memakai akun Gmail.
  3. Klik Start Meeting.
  4. Buka pengaturan > cari personal meeting ID dan password.
  5. Salin kedua informasi tersebut dan bagikan sebagai undangan mengikuti webinar ke peserta. Selesai!

Sekarang Anda hanya perlu menunggu peserta memasuki ruangan lewat link yang telah dibagikan. Jika ingin membuat meeting secara berkala, gunakan fitur schedule dan upcoming. Di sini Anda dapat mengatur jadwal untuk sesi live webinar berikutnya. Praktis, bukan?

5 Kiat Membuat Zoom Webinar Promosi Bisnis yang Seru dan Sukses

Acara webinar Zoom bisa jadi solusi inovatif guna mempromosikan bisnis Anda kepada masyarakat luas. Calon konsumen bisa memperoleh informasi lebih lengkap dan akurat terkait produk/jasa dalam sesi diskusi webinar.

Masalahnya, tidak semua orang tahu bagaimana persiapan webinar Zoom yang baik dan benar. Kalau Anda juga memilki masalah yang sama saat ini, yuk coba praktekkan 5 strategi webinar Zoom simpel di bawah ini:

1. Pilih Topik Zoom Webinar Anda

Setiap persiapan webinar dimulai dengan penentuan topik bahasan selama acara. Apa yang mau Anda bahas pada pemirsa Zoom? Kira-kira info webinar seperti apa yang sedang ramai dicari saat ini?

Di tahap ini juga Anda sebaiknya menentukan tujuan yang hendak dicapai melalui sesi Zoom webinar. Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah menentukan strategi guna mencapainya.

Cara memilih topik webinar:

  • Tanya langsung pada audiens melalui survey kecil-kecilan.
  • Baca-baca kembali komentar dan chat dari konsumen yang pernah Anda terima.
  • Sesuaikan topik dengan tujuan acara (mempromosikan produk/jasa, menawarkan promo, launching item baru, membangun image, dan lain-lain).
  • Usahakan memilih topik yang mampu memberi manfaat positif pada konsumen.

Contoh topik webinar yang menarik:

  • Perusahaan brand skincare mengadakan Zoom webinar edukasi terkait bahaya skincare abal-abal. Di akhir acara, Anda dapat mempromosikan keunggulan produk ke peserta.
  • Organisasi manajemen SDM membuat diskusi Zoom tentang cara melamar kerja dan membuat CV. Ketika sesi, selipkan tawaran jasa konsultasi CV dengan harga murah pada peserta

2. Susun Materi dan Alur Acara

Kebanyakan orang tidak tahu bahwa ada banyak sekali jenis acara webinar online. Faktanya, seminar Zoom online bisa dibawakan dalam berbagai cara seperti:

  • Presentasi atau ceramah: penonton hanya menyimak informasi dari narasumber (satu arah).
  • Diskusi interaktif: materi dibawakan dengan tanya jawab aktif (dua arah).
  • Kelas webinar: seminar terbagi dalam berbagai sesi dan bisa disertai penugasan selayaknya di sekolah.
  • Campuran presentasi dan diskusi.

Setelah memilih topik, langkah berikutnya adalah memilih tipe pelaksanaan acara serta menyusun materi yang hendak dibawakan. Materi juga bisa dikemas dalam berbagai bentuk menarik, contohnya:

  • Slide PPT (Power Point).
  • Gambar/foto.
  • Video/film.
  • Gif
  • Modul
  • AR (augmented reality), dan lain-lain.

Terakhir, jangan lupa memilih narasumber dan membuat run down acara. Narasumber haruslah orang yang memiliki kualifikasi atau ahli di bidang yang sesuai dengan topik. Contohnya, mendatangkan investor profesional sebagai pembicara webinar seputar saham.

Membuat run down acara juga tak kalah penting. Timeline run down akan membagi sesi webinar ke tahap-tahapan yang runut dengan alokasi waktu terperinci. Anda boleh menyelipkan ice breaking dan fun games dalam sesi run down supaya webinar jadi semakin menarik!

3. Pilih Waktu Acara

Kira-kira, kapan masyarakat mau meluangkan waktu untuk mengikuti acara Anda? Ini adalah pertanyaan penting lainnya yang harus Anda jawab.

Memilih waktu pelaksanaan webinar tak bisa dilakukan sembarangan. Salah-salah, bisa jadi acara Anda justru sepi penonton. Nyatanya orang-orang tidak mau meninggalkan aktivitas penting untuk mengikuti webinar.

Jadi, cara terbaik menentukan waktu webinar adalah dengan riset aktivitas target audiens. Setiap bisnis punya target konsumen mereka masing-masing, termasuk perusahaan Anda saat ini.

Cari tahu pada waktu apa konsumen paling aktif bersosial media (online), seperti di malam hari atau saat weekend tiba. Dari sini kita bisa tahu kapan momen terbaik untuk berwebinar.

4. Cek Kesiapan Perangkat Anda

Selanjutnya, cek kesiapan seluruh perangkat, aplikasi dan koneksi yang Anda punya sebelum memulai webinar. Hal ini penting demi menjaga kenyamanan serta kelancaran acara.

Aplikasi Zoom sendiri mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Di satu sisi, aplikasi video conference ini sangat mudah digunakan, praktis dan dilengkapi fitur-fitur yang lengkap.

Akan tetapi durasi pemakaian akun Zoom free (non premium), biasanya dibatasi selama 45 menit untuk 1x meeting. Jumlah partisipan yang bisa bergabung ke Zoom free dan premium juga berbeda.

Selain itu, cek juga kondisi dari gadget (komputer, laptop dan smartphone) yang hendak dipakai. Bisakah kamera dan microfon-nya berfungsi? Apakah aplikasi Zoom didukung oleh sistem dan kapasitas perangkat? Bagaimana kualitas speaker dari perangkat Anda?

Terakhir, pastikan koneksi internet dapat bekerja dengan baik. Sering sekali acara webinar gagal karena masalah gangguan koneksi.

5. Lakukan Promosi Webinar dan Follow Up

Persiapan webinar Zoom yang sukses adalah mempromosikan acara Anda. Bagaimana mungkin acara Anda diketahui penonton tanpa adanya promosi?

Promosi webinar juga kerap dikaitkan langsung dengan sesi pendaftaran. Konsep ini sama dengan registrasi seminar pada umumnya. Saat pendaftaran pun Anda dapat mematok harga awal (early bird), harga umum, atau membuat webinar gratis dengan slot terbatas.

Tips tambahan promosi webinar yang sukses:

  • Manfaatkan sosial media untuk mempromosikan info webinar seluas mungkin.
  • Gunakan kata-kata pemancing seperti “Slot terbatas” atau “Diskon khusus bagi pendaftar awal”.
  • Informasikan siapa narasumber unggulan dari acara Anda.
  • Sertakan secara lengkap judul acara, topik, cara singkat registrasi, waktu, dan link pendaftaran.

Setelah selesai membuka promosi dan pendaftaran, lanjutkan dengan mengirim pengingat (follow up) peserta pada momen-momen tertentu. Terdapat 2 jenis follow up yang sering dilakukan brand host webinar, yaitu follow up sebelum dan sesudah. Apa bedanya?

Follow up sebelum acara bertujuan untuk mengingatkan calon peserta untuk datang ke webinar. Informasi pengingat dapat Anda kirim via email ataupun postingan sosial media pada H-7, H-3 atau H-1 webinar.

Sedangkan follow up setelah acara berfokus untuk menambah jumlah penjualan (sales) pasca kegiatan. Anda dapat mengirimkan informasi tawaran webinar baru, mengirimkan rekaman webinar, atau sekadar meminta feedback dari peserta. Tujuannya supaya konsumen terus mengingat nama brand Anda.

Itulah serangkaian cara membuat Zoom webinar yang tepat. Selamat mencoba kiat-kiat di atas agar sesi webinar Anda ramai audiens, ya!

Follow terus MARKEY (https://markey.id/) atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore), dan dapatkan ratusan artikel tips sukses bisnis online secara gratis setiap hari. Sampai bertemu lagi!

Baru! 12 Google SEO Forum Gratis Terbaik untuk Belajar SEO

0
google-seo

Mau belajar lebih banyak seputar Google SEO langsung dari ahlinya? Yuk bergabung ke 9 forum SEO Google terbaik berikut ini! Ada banyak mentor SEO ahli berpengalaman yang siap membagi ilmunya secara gratis untuk Anda, lho.

Mempelajari cara kerja SEO sekarang tidak perlu lagi lewat kelas-kelas berbayar yang mahal. Tak sedikit orang mengandalkan komunitas SEO sebagai wadah diskusi sekaligus mengasah skill secara cuma-cuma. Tertarik bergabung juga?

Yuk langsung simak list forum SEO Indonesia dan dunia terbaik berikut ini!

9 Forum Google SEO Terbaik untuk Belajar SEO (Indonesia & Internasional)

google-seo-1

Inilah 9 komunitas SEO Indonesia dan internasional yang paling direkomendasikan saat ini untuk memperdalam skill SEO Anda:

1. Google Webmaster Help Community

Rekomendasi forum SEO Google pertama sudah pasti dipimpin oleh Google Webmaster Help Community. Mengingat Google adalah pengelola langsung sistem SEO, maka tak heran jika ia mempunyai forum SEO sendiri. Dengan kata lain, Anda bisa belajar cara kerja SEO langsung dari pemiliknya!

Siapapun bebas bergabung ke forum Google Webmaster Help Community. Di sini, Anda bisa memperoleh banyak ilmu dan contoh-contoh SEO terbaru setiap bulan dalam bentuk utas diskusi.

Komunitas SEO ini sepenuhnya bersifat online dengan banyak fitur pembelajaran yang bermanfaat, seperti:

  • List kategori topik diskusi seputar SEO.
  • Kolom pencarian topik materi.
  • Laman khusus pertanyaan seputar produk atau servis dari Google.
  • Opsi “view all post” untuk membuka banyak pertanyaan dan jawaban seputar SEO.
  • Laman diskusi “ask now”, dan masih banyak lagi.

Bergabunglah dengan komuitas SEO Google Webmaster Help Community di https://productforums.google.com/forum/#!forum/webmasters

2. Wicked Fire Google SEO Forum

Berikutnya ada Wicked Fire, sebuah komunitas SEO dan digital marketing dengan jumlah member melebihi 200 ribu orang. Di sini, Anda bisa bertemu dengan beragam internet marketer berpengalaman, developer, ahli SEO, dan juga webmaster (pemilik sekaligus pengelola web).

Uniknya, Wicked Fire turut menyediakan laman khusus untuk bertransaksi bagi para member. Anda dapat memasarkan aneka tips dan trik sukses bisnis online sekaligus mempromosikan usaha dengan bebas di sini.

Bentuk informasi yang disajikan Wicked Fire juga sama seperti Google Webmaster Help Community, yaitu berupa utas. Sampai saat ini, Anda sudah bisa membaca lebih dari 140 ribu utas dari berbagai topik plus contoh SEO.

Wicked Fire sangat direkomendasikan jika mau belajar seputar cara memaksimalkan traffic web, membuat konten marketing, melakukan affiliate marketing, dan sejenisnya.

Simak lebih banyak info dari forum SEO Google Wicked Fire di https://www.wickedfire.com/

3. Tanya Digital SEO Forum

Mencari forum SEO Indonesia? Forum Google SEO Tanya Digital adalah salah satu rekomendasi yang pantas dilirik.

Tanya Digital adalah salah satu agensi digital marketing lokal yang juga menyediakan wadah diskusi bagi pegiat-pegiat SEO Tanah Air. Komunitas SEO Indonesia ini menyajikan cukup banyak topik belajar cara kerja SEO dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Anda bebas memilih dan mempelajari apapun materi yang diinginkan secara mandiri. Jika mengalami kesulitan, Anda bisa langsung menghubungi moderator (admin) yang sedang online di forum. Mau berdiskusi dengan sesama member di forum juga bisa langsung lewat fitur chat atau komentar yang tersedia.

Keunggulan lainnya, Anda dapat mengakses informasi dari forum ini tanpa login akun pengguna. Penasaran? Langsung meluncur ke laman komunitas SEO Indonesia milik Tanya Digital di https://tanyadigital.com/forum/Forum-SEO-Search-Engine-Optimization

4. Warrior Forum

Warrior Forum menyediakan dua jenis membership yang bisa Anda pilih ketika bergabung: free dan premium member. Tentunya fasilitas yang diterima akan berbeda, bergantung pada jenis keanggotaan yang dipilih.

Untuk keanggotaan gratis, Anda hanya perlu mendaftar memakai akun Google atau Gmail. Setelahnya Anda sudah bisa mengakses ribuan utas ilmu cara kerja SEO untuk berbagai level (pemula, menengah dan pro).

Namun member berstatus free tidak bisa mengakses sejumlah fitur premium dalam forum. Member gratis juga tidak bisa memakai tool SEO premium, atau mengikuti kelas belajar SEO yang diadakan langsung oleh para ahli di forum ini.

Meski demikian, status free sejatinya sudah cukup kalau Anda baru mau memulai belajar seputar dunia optimasi Google SEO. Apabila ingin mencoba premium member, Anda dapat mencoba masa trial selama 1 bulan, sebelum membayar USD $97 per tahun.

Bergabunglah dengan Warrior Forum di http://www.warriorforum.com/search-engine-optimization/

5. Quora

Belum lengkap rasanya jika kita tidak membahas Quora ketika membicarakan forum online.

Siapa yang tidak tahu Quora? Inilah platform komunitas online terbesar di seluruh dunia abad ini. Topik bahasannya sangat lengkap, beragam dan up to date dengan isu-isu paling baru, termasuk untuk pembahasan Google SEO.

Di Quora, Anda bisa membaca atau menjawab pertanyaan sebanyak mungkin dan gratis. Cukup daftarkan diri dengan email atau sosial media, lalu Anda sudah bisa mempelajari banyak hal di sini seperti:

  • Tips dan trik Google SEO, digital marketing, dunia IT.
  • Kisah-kisah motivasi dan pelajaran hidup.
  • Informasi kesehatan fisik, mental, dan lifestyle.
  • Budaya pop kekinian (K-POP, entertainment Indonesia, Hollywood, J-POP, dll).
  • Isu-isu yang sedang trending, dunia kerja, dan masih banyak lagi.

Jika Anda ingin mempelajari seputar SEO di Quora, cukup ketik kata kunci pembahasan yang mau ditelusuri pada menu pencarian. Atau, Anda dapat mem-follow kategori “digital marketing” yang tersedia di Quora. Secara otomatis timeline beranda Anda akan dipenuhi oleh post-post terbaru seputar topik tersebut.

Bergabung dengan Quora sekarang di https://quora.com/

6. Digital Point

Tahukah Anda? Digital Point dinobatkan sebagai salah satu forum SEO Google terbesar dengan topik diskusi menembus 2 juta. Total jumlah pengikutnya pun sukses mencapai 800 orang lebih se-internasional.

Digital Point secara khusus mewadahi diskusi SEO beragam tipe search engine seperti Google, Bing, Yahoo, Brave, dan seterusnya. Setiap pembahasannya pun sangat lengkap, rinci dan terstruktur rapi guna memudahkan proses belajar.

Semisal Anda mengklik kategori Google SEO. Selanjutnya, Anda akan mendapat pilihan topik sejenis Adsense Google, Google Analytics, Google Shopping, dan lain-lain.

Bagaimana cara mendaftar ke Digital Point? Tenang, Anda hanya perlu login ke forum SEO ini menggunakan akun Facebook saja. Semuanya gratis!

Kunjungi forum Digital Point sekarang di https://forums.digitalpoint.com/

7. Forum SEO Sekolah Koding

Satu lagi forum SEO Indonesia yang ramah pengguna awam, yakni Forum SEO Sekolah Koding. Tersedia 2 menu utama yang dapat Anda akses di komunitas ini, yaitu Belajar (sesi kelas upgrade skill) dan Nongkrong (forum diskusi).

Keunggulan utama forum Sekolah Koding terletak pada pembawaannya yang santai, menggunakan bahasa Indonesia sehari-hari, serta tampilan web yang simpel. Jadi tak perlu waktu lama untuk Anda cepat belajar maupun bergaul dengan sesama member lainnya.

Semua pertanyaan dan hasil diskusi dapat Anda cari menggunakan fitur search, pilih kategori, maupun mengklik ‘cards’ yang tersedia di beranda. Pengguna pun tak diwajibkan login untuk sekadar membaca utas diskusi, kecuali kalau Anda mau ikut menjawab pertanyaan dari user lain.

Hanya saja Anda harus selektif memilih topik diskusi, sebab, forum Sekolah Koding turut menyajikan topik seputar pengembangan website (programming) di samping SEO Google.

Berminat untuk join? Yuk mampir ke forum Sekolah Koding di https://sekolahkoding.com/forum/tag/seo?page=3

8. Komunitas SEO Moz

Selain menyediakan tool-tool SEO premium, digital agensi Moz kini juga membuka komunitas khusus diskusi SEO-nya sendiri.

Para pengguna Moz kebanyakan sudah bergabung langsung ke platform interaktif ini. Ada banyak utas dan artikel kaya wawasan yang wajib disimak demi memaksimalkan praktek SEO Anda di sini.

Seluruh informasi pun dipastikan kredibel sebab ditulis langsung oleh pakar-pakar SEO Moz. Jadi tak heran kalau banyak orang dari berbagai negara mengandalkan halaman Q&A Moz sebagai sumber jawaban mereka.

Meski bisa digunakan gratis, Anda baru bisa memberi komentar, like, atau membuat utas sendiri apabila terdaftar sebagai pengguna Moz Pro. Jika tidak, maka Anda hanya dapat membaca artikelnya saja.

Bergabung menjadi member komunitas online Moz di https://moz.com/community/q/recent

9. SEO Chat

Rekomendasi forum SEO populer terakhir abad ini adalah SEO Chat. Komunitas ini tak kalah ramai dibanding nama-nama yang telah dijelaskan sebelumnya.

SEO Chat mewadahi diskusi seputar topik optimalisasi search engine Google. Ada banyak kiat-kiat jitu meningkatkan kualitas website, cara sukses tembus rank 1 Google, sampai optimalisasi pemasaran sosmed, iklan per klik, traffic web, dan sejenisnya.

Di samping itu, turut hadir tool-tool SEO gratis untuk memenuhi pekerjaan Anda – misalnya riset keyword, pembangunan backlink, optimalisasi sosmed dan web mobile friendly, serta affiliate marketing. Semuanya bisa langsung diakses gratis!

Catatan penting: semua tool SEO di SEO Chat baru bisa digunakan gratis apabila Anda sudah aktif membuat utas atau berdiskusi dengan orang lain.

Daftarkan diri Anda sekarang juga ke komunitas SEO Chat di https://seochat.io/

4 Tips Aman Belajar Cara Kerja SEO di Forum

Nah, kita sudah melihat sejumlah rekomendasi forum SEO yang bisa diikuti untuk belajar maupun menambah relasi bisnis. Akan tetapi, ada 4 hal yang perlu diperhatikan agar sesi belajar Anda benar-benar membuahkan hasil sekaligus aman, antara lain:

1. Selalu Aktif Berdiskusi

Sebisa mungkin aktiflah berdiskusi dengan member forum lainnya. Uji pengetahuan Anda dengan memberanikan diri menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pengguna lain. Dari sinilah Anda bisa tahu apakah pemahaman saat ini sudah tepat, atau masih ada insight-insight menarik lainnya.

Aktif berdiskusi juga membuka kesempatan baik bagi Anda untuk dikenal lebih banyak orang dalam forum. Bisa saja Anda mendapat lebih banyak relasi yang bermanfaat bagi bisnis di sini.

2. Patuhi Aturan Forum

Meskipun diskusinya terlihat “santai” dan “akrab”, tetaplah ingat bahwa setiap forum pasti memiliki aturan yang berlaku di dalamnya. Peraturan tersebut ditetapkan guna menjaga fungsi sekaligus kenyamanan forum.

Orang-orang yang melanggar aturan forum pastinya akan dikenakan sanksi seperti di-report atau langsung dikeluarkan dari grup. Maka dari itu, selalu patuhi aturan dari forum SEO yang Anda ikuti ya!

3. Pilih Forum dengan Materi Terstruktur

Hampir semua forum punya pembahasan yang lengkap dan luas dari berbagai topik. Namun tidak semuanya menyusun utas materi mereka dengan rapi. Salah-salah, Anda justru bingung mau menyimak informasi dari mana.

Jika Anda ingin belajar dengan lebih mudah, sebisa mungkin pilihlah forum yang menyusun menu pembahasan mereka dengan baik. Minimal, kategori pembahasan disusun secara jelas dan mudah diakses.

4. Selalu Cross Check Informasi

Tidak semua informasi dalam forum bisa Anda telan mentah-mentah. Kita tidak pernah tahu apakah informasi dari member lain sudah benar dari sumber terpercaya, atau justru merupakan misinformasi. Belum lagi terkadang muncul link-link spam yang tak jelas dalam forum online.

Guna menyiasatinya, selalu lakukan cross check data yang Anda terima di forum dengan referensi-referensi terpercaya (buku, website resmi, atau dari mentor). Bertanya pada user verified dalam forum juga bisa menjadi solusi praktis untuk memastikan kebenaran info.

Selamat mencoba!

Demikianlah ulasan rekomendasi forum Google SEO untuk diikuti, beserta tips-tips aman belajar darinya. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Follow terus MARKEY (https://markey.id/) atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore) untuk mendapat ratusan info update gratis seputar SEO dan digital marketing lainnya. Sampai bertemu lagi!

Cara Gabung Survey Online Berbayar, Mudah Dapat Uang di HP!

0
survei-online

Bingung mencari ide bisnis modal HP dan kuota saja? Ayo coba ikuti survey online berbayar!

Survey online berbayar adalah ide bisnis modal HP dan kuota yang mulai naik daun. Siapapun dapat memperoleh income tambahan dari ide bisnis tanpa modal satu ini, mulai dari pelajar, ibu rumah tangga, sampai karyawan.

Bagaimana cara bergabung ke survey online agar mendapat bayaran? Tanpa basa-basi lagi, langsung simak ulasan lengkap seputar bisnis survey online dibayar rupiah terbaru di bawah ini!

Apa Itu Survey Online Berbayar?

survey-online-berbayar

Saat ini sudah ada banyak sekali ide cemerlang berbisnis modal HP dan kuota saja. Salah satunya yang sedang populer adalah survey online berbayar.

Survey online berbayar (dikenal juga dengan paid online survey) adalah pekerjaan sederhana yang bisa dikerjakan siapa saja. Anda akan digaji jika berhasil menjawab kuesioner milik berbagai perusahaan.

Setiap kuesioner umumnya mempunyai bayaran yang berbeda-beda per sekali mengisi kuesioner. Namun sampai saat ini, mayoritas paid online survey terbukti membayar dalam mata uang dollar.

Bagaimana cara bergabung? Anda hanya perlu menelusuri situs-situs penyedia survey online dengan kata kunci seperti “paid survey online” atau “survey online free”.

Selanjutnya, daftarkan diri Anda ke situs penyedia survey, lengkapi data diri, dan mulailah menjawab kuesioner yang ada. Bayaran akan langsung masuk ke akun Anda setiap kali ada kuesioner yang berhasil terselesaikan.

Akhirnya, Anda bisa deh mencairkan dana ke rekening jika saldo sudah mencukupi syarat minimal penarikan. Cukup mudah, bukan?

Apakah Survey Online Berbayar Itu Asli?

Banyak orang masih bertanya-tanya, apakah survey yang dibayar itu sungguh-sungguh asli? Apakah benar ada survey yang memberi kita bayaran berupa uang?

Jawabannya adalah iya. Sebagian besar paid survey online adalah resmi dan benar-benar memberikan bayaran.

Namun mengapa ada survey online free yang bersedia membayar pendapat kita? Sesungguhnya, survey berbayar adalah taktik marketing terpenting dari banyak perusahaan.

Anda adalah masyarakat yang memiliki pandangan terhadap kualitas sebuah brand. Maka dari itulah, riset sangat penting bagi perusahaan. Melalui survey, mereka bisa mengetahui produk atau jasa yang pas dengan selera, minat, dan kebutuhan masyarakat saat ini.

Sayangnya, kelemahan survey gratis biasa adalah sulit mendapatkan responden. Sedikit sekali orang yang berminat meluangkan waktu menjawab pertanyaan perusahaan secara cuma-cuma. Alhasil diciptakanlah strategi baru berupa survey berbayar.

Survey berbayar ini sukses menjadi win-win solution yang menguntungkan semua pihak. Perusahaan bisa memperoleh data sesuai kebutuhan, sementara partisipan (masyarakat) mendapat bayaran atas waktu, data serta pendapat mereka.

10 Website Survey Online Dibayar ke Rekening Bank 100% Asli

Bingung mau mencoba survey online yang mana? Saking banyaknya web penyedia survey online free, sering kali bingung memilih situs survey online dibayar yang berkualitas.

Tak perlu khawatir lagi! Kami telah mengumpulkan 10 situs survey online dibayar ke rekening bank yang bisa langsung Anda coba berikut ini:

1. iPanel : Survey Online Berbayar

iPanel adalah situs penyedia sampling online berbayar internasional. Jumlah pengguna iPanel ada banyak sekali dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Ia juga resmi tercatat dalam 10 web paid survey online terbaik dunia.

Keunggulan utama iPanel adalah memiliki ribuan survey yang dapat langsung diisi dan dibayar dalam hitungan jam. Anda bisa memperoleh 1.000 sampai 5.000 poin untuk 1 survey, belum termasuk bonus besar dari lucky draw.

Setiap poin bisa ditukar dalam berbagai bentuk hadiah. Mulai dari kupon belanja brand ternama, voucher ecommerce, sampai saldo dollar via PayPal. Di samping itu, iPanel tersedia juga dalam versi khusus bahasa Indonesia.

Kunjungi iPanel Indonesia di https://id.ipanelonline.com/

2. ClixSense

Tak kalah menarik dari iPanel, ClixSense merupakan media riset dan survey online terbesar di Amerika. Ia pun telah beroperasi sejak 2007 sampai hari ini.

Awalnya, ClixSense adalah portal bisnis sampingan dengan cara klik iklan yang tersaji di web (PTC atau Paid To Click). Lalu di tahun 2012, ClixSense berganti haluan menjadi situs riset online paling terpercaya dengan bayaran lengkap untuk setiap partisipannya.

Sampai sekarang tercatat bahwa ClixSense telah membayar lebih dari USD 33 juta ke seluruh responden mereka dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Kunjungi ClixSense di http://www.clixsense.com/

3. ViewFruit

Selain punya nama yang unik, keuntungan ViewFruit adalah jumlah minimal saldo untuk penarikannya yang rendah.

Platform paid survey online ini hanya mematok poin sekitar 1500, dengan 200 – 500 poin yang bisa diperoleh per survey. Jadi Anda hanya perlu kira-kira 3x isi survey untuk mencairkan dana!

ViewFruit adalah situs survey online dibayar rupiah yang cukup populer di Indonesia. Jumlah kuesionernya sangat banyak dan sering, alhasil, Anda bisa semakin mudah dan cepat mendapat pemasukan dari sini.

Bagaimana dengan legalitasnya? ViewFruit dikelola langsung oleh grup Paneland dari Cina. Sampai sekarang web ini telah diandalkan banyak perusahaan lebih dari 32 negara sebagai media riset marketing mereka.

Kunjungi ViewFruit di https://id.viewfruit.com/

4. Mobrog

Berikutnya ada Mobrog yang dikelola oleh perusahaan riset asal Jerman bernama Spendid Research. Tujuan utama survey dari Mobrog adalah untuk meneliti seputar digital marketing via aplikasi desktop (komputer) dan smartphone.

Mobrog akan membayar Anda sebesar 7.000 sampai 45.000 dollar per satu kuesioner. Sama seperti situs-situs survey lain, pembayaran upah akan ditransfer menggunakan PayPal.

Anda tidak perlu takut bergabung menjadi member, pasalnya, Mobrog telah resmi terdaftar di lebih dari 51 negara termasuk Indonesia. Anda hanya perlu mendaftarkan email ke web Mobrog lalu menunggu pesan berisi link kuesioner untuk segera diisi.

Sayangnya, jumlah survey Mobrog tidak begitu banyak dibandingkan platform lainnya. Rata-rata responden hanya memperoleh 1 – 2x tawaran kuesioner dalam sebulan.

Kunjungi Mobrog di https://www.mobrog.com/en/

5. Global Test Market

Mau mendapat pemasukan yang berlimpah dari survey online free? Web Global Test Market bisa jadi opsi terbaik untuk dicoba.

Global Test Market telah dipercaya mengelola survey selama 17 tahun lamanya, dan oleh lebih dari 49 negara di dunia. Banyak orang juga suka mengisi kuesioner GTM karena ada banyak kategori topik yang dapat dijawab, seperti film, kuliner, otomotif, lifestyle, kesehatan, dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan ulasan review beraneka produk dan jasa. Setiap survey akan dihargai 10 poin, dan jumlah minimal penarikan adalah 1000 poin (setara USD $50).

Kunjungi Global Test Market di https://www.globaltestmarket.com/?lang=E

6. Toluna Influencers (Toluna)

Toluna Influencers atau Toluna adalah situs survey online dengan bayaran yang bisa mencarikan kuesioner secara otomatis. Anda hanya perlu mendaftar lewat sosial media, mengisi data diri, lalu selebihnya sistem yang akan memilihkan kuesioner terbaik sesuai kriteria Anda.

Toluna juga salah satu situs survey online dibayar rupiah populer di Indonesia. Sama seperti iPanel, Toluna punya versi full berbahasa Indonesia yang akan memudahkan Anda ketika bekerja mengisi survey.

Jumlah minimal reward yang bisa ditukar di Toluna adalah 10.000 poin. Nantinya poin tersebut dapat ditukar sebagai saldo PayPal atau voucher belanja di beragam online shop.

Kunjungi Toluna Influencers di https://id.toluna.com/

7. Opinion World

Rekomendasi situs survey online dibayar rupiah berikutnya adalah Opinion World. Setiap 1000 poin yang berhasil Anda kumpulkan di sini bisa ditukar dengan uang USD $10 atau setara 140 ribu rupiah.

Opinion World adalah portal online survey yang cukup berpengaruh di dunia. Seluruh pendapat yang terkumpul di situs ini sering disampaikan langsung pada pimpinan-pimpinan brand ternama berbagai industri.

Maka dari itu, setiap kuesioner yang Anda isi di Opinion World sudah pasti akan dibayar mahal. Layanan survey online ini juga hadir dalam bahasa Indonesia seperti yang lain.

Kunjungi Opinion World di https://www.opinionworld.co.id/

8. YouGov Indonesia

Anda punya minat di bidang politik? Pas sekali, ada survey YouGov Indonesia yang membutuhkan opini Anda!

YouGov Indonesia adalah platform riset online untuk dunia bisnis dan politik. Data-data kuesioner yang dikumpulkan di YouGov banyak dimanfaatkan perusahaan besar maupun instansi pemerintahan dari banyak negara.

Setiap member YouGov akan mendapat 2 sampai 3 survey setiap bulan untuk diisi. Anda pun akan dibayar 25 – 500 poin per 1 survey. Untuk pencairan dana ke rekening, Anda harus mempunyai minimal 5000 poin atau setara 25 dolar Singapura.

Kunjungi YouGov Indonesia di https://id.yougov.com/id/

9. PanelPlace

PanelPlace juga menjanjikan keuntungan tak kalah besar. Dengan berhasil mengumpulkan 5000 poin saja, maka Anda sudah bisa mendapat pemasukan sebesar 250 ribu rupiah. Inilah salah satu survey online dibayar ke rekening bank yang wajib Anda coba!

Di samping hadiah uang, PanelPlace juga menyediakan banyak hadiah voucher belanja dan pulsa gratis. Masih sama seperti situs-situs survey berbayar lain, Anda wajib memiliki PayPal agar bisa menarik upah.

Kunjungi PanelPlace di https://www.panelplace.com/

10. SurveyOn

Rekomendasi web survey online dibayar ke rekening bank yang terakhir adalah SurveyOn. Situs ini memberikan 4.000 – 6.000 poin untuk setiap kuesioner yang Anda selesaikan.

Batas minimal pencairan dananya juga tergolong rendah, hanya 20.000 poin saja untuk ditukar dengan USD $2. Itu berarti Anda sudah bisa dibayar setiap mengerjakan 4 – 5 survey per hari.

Pun tak hanya melalui survey saja, situs SurveyOn juga memiliki banyak permainan menarik untuk mengumpulkan poin seperti polling kilat (quick poll). Bagaimana, tertarik untuk mencoba SurveyOn?

Kunjungi SurveyOn di https://www.surveyon.com/.

Cara Mendaftar Survey Online Berbayar

Cara mendaftar survey online dibayar rupiah ternyata sangat gampang! Berikut ini cara mendaftar ke berbagai platform survey online free:

  1. Buka situs survey online yang Anda ingin coba.
  2. Daftarkan diri Anda menggunakan email atau sosial media.
  3. Lengkapi data diri Anda dengan benar.
  4. Pengguna baru umumnya akan menerima survey identitas diri. Jawablah pertanyaan tersebut dengan jujur.
  5. Jika sudah, Anda akan langsung menerima poin sebagai imbalan.
  6. Lanjutkan dengan mengisi lebih banyak kuesioner yang tersedia.
  7. Apabila poin telah terkumpul cukup banyak, lakukan penarikan saldo mengikuti pedoman masing-masing platform.

Catatan penting: cara ini dapat diaplikasikan pada semua web survey online, akan tetapi, ada baiknya untuk tetap menyimak syarat dan ketentuan survey yang diberlakukan setiap platform. Jangan lupa siapkan akun PayPal untuk mempermudah proses penarikan saldo, ya!

Plus Minus Survey Online Berbayar

Survey online yang praktis menyimpan berbagai sisi positif dan negatif di dalamnya. Ada baiknya untuk mencermati poin-poin tersebut sebelum benar-benar memulai ide bisnis modal HP dan kuota satu ini.

Keuntungan utama survey online adalah sangat praktis dan sederhana. Anda tidak perlu punya skill khusus, berkonsentrasi keras, atau bersusah payah demi memperoleh pemasukan tambahan. Waktu pengerjaannya pun rata-rata singkat, hanya sekitar 10 – 20 menit per kuesioner.

Selain itu, survey online juga tidak menetapkan jawaban yang salah dan benar seperti ujian. Penyelenggaran hanya ingin mengetahui pendapat Anda terhadap brand, jadi, ingatlah untuk selalu menjawab dengan jujur.

Namun sisi buruknya, masih ada oknum-oknum penipu berkedok survey berbayar. Selalu waspada dan hindari tawaran survey dengan profit besar mencurigakan. Biasanya penipu mengiming-imingi keuntungan lebih tinggi jika Anda bersedia membeli sebuah produk, kit, atau bahkan crypto.

Demikianlah pembahasan ide bisnis modal HP dan kuota dengan survey online yang dibayar. Ingin tahu lebih banyak peluang bisnis tanpa modal lainnya? Temukan semuanya sekarang di MARKEY (https://markey.id/) atau MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

 

AIDA Singkatan dari? | Kupas Tuntas Rumus AIDA Copywriting!

0
aida-copywriting

Mau tulisan promosi atau artikel Anda ramai klik? Yuk mulai coba gunakan teknik AIDA copywriting dari sekarang!

Teknik AIDA copywriting adalah salah satu rumus copywriting sukses yang banyak digunakan sampai hari ini. Kalau Anda sering kebingungan mencari cara menulis artikel yang memikat, maka pas sekali, AIDA copywriting adalah solusi terbaik untuk segera dicoba.

Yuk langsung pelajari seperti apa teknik AIDA copywriting selengkapnya pada review rumus copywriting di bawah ini!

Baca juga : Terkuak! Teknik Copywriting Terbaik untuk Deskripsi Produk

AIDA Singkatan Dari Attention, Interest, Desire & Action

AIDA singkatan dari

Sudahkah Anda pernah mendengar nama rumus copywriting “AIDA”? AIDA bukan hanya sekadar nama trik copywriting saja, lho.

Apa itu AIDA copywriting? Bagi yang belum tahu, AIDA singkatan dari 4 elemen penting yang menjadi tujuan utama dalam artikel pemasaran online. AIDA singkatan dari Attention (perhatian), Interest (kesukaan), Desire (keinginan), serta Action (tindakan).

Seluruh elemen AIDA sebaiknya selalu dipegang ketika Anda menulis artikel promosi, blog, atau content marketing website. Sebab, seluruh komponen AIDA akan membantu Anda melahirkan tulisan yang sangat menarik untuk dibaca.

Selain itu juga, artikel-artikel yang berpedoman pada AIDA sangat ampuh mempengaruhi tindakan pembaca selanjutnya. Misalnya seperti membeli produk, berlangganan newsletter, mengklaim penawaran, dan lain-lain.

Sejarah dan Penemu AIDA Copywriting

Siapa yang menciptakan konsep unik kepenulisan AIDA ini? Jawabannya adalah seorang pebisnis sekaligus kepala pemasaran di tahun 1898 bernama E. St. Elmo Lewis.

Tidak hanya mengagas ide AIDA singkatan dari Attention, Interest, Desire dan Action saja, Lewis juga turut mendalami proses interaksi antar penjual dan konsumen dalam sebuah promosi.

Rumus AIDA mempunyai tujuan utama memaksimalkan penjualan lewat promosi tertulis. Lewis akhirnya mempelajari tata cara mempengaruhi pemikiran melalui tulisan guna mencapa goal tersebut. Kemudian pada akhirnya, teknik AIDA copywriting berhasil diciptakan.

Keberhasilan AIDA copywriting mengantarkan Lewis sebagai pelopor rancangan iklan tertulis. Rumus yang dibuatnya merupakan temuan berharga dalam dunia marketing yang dilestarikan sampai melebihi 100 tahun. Hebatnya lagi, teknik AIDA pun masih relevan baik untuk pemasaran tradisional maupun digital.

4 Unsur Rumus Copywriting AIDA

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, AIDA singkatan dari Attention, Interest, Desire dan Action. Masih belum banyak yang tahu apa maksud, tujuan dan fungsi dari setiap komponen rumus copywriting ini.

Berikut adalah ulasan dari setiap komponen teknik AIDA copywriting:

Attention (Perhatian)

Unsur pertama dalam singkatan AIDA adalah attention yang berarti “perhatian”. Setiap tulisan artikel bisnis apalagi yang bertujuan “membujuk” konsumen agar mau berbelanja harus memiliki kekuatan dalam menarik perhatian audiens.

Tantangan utama Anda kini terletak pada cara menarik perhatian calon pembaca. SilverPop menemukan fakta mencengangkan, bahwa, setiap artikel hanya punya rata-rata 8 detik untuk menarik minat baca seseorang.

Waktu tersebut tentunya sangat singkat untuk mencuri perhatian calon konsumen Anda. Namun jika artikel Anda gagal menciptakan kesan kuat dalam benak pemirsa di detik-detik pertama, maka bersiaplah untuk langsung kalah saing dengan kompetitor lainnya.

Interest (Kesukaan)

Elemen penting kedua adalah interest, alias “kesukaan” atau “ketertarikan”. Setelah artikel sukses menggenggam perhatian audiens, kini ia harus mampu menjaga ketertarikan pembaca selama mungkin.

Pernahkah Anda mengklik sebuah artikel dengan judul menarik, lalu langsung menutupnya kembali karena isinya biasa saja? Hati-hati, tindakan tersebut bisa menimbulkan bounce rate dan menurunkan ranking SEO website dalam jangka panjang.

Sebaliknya, semakin lama pengunjung menyimak artikel-artikel di website Anda, maka Google akan menilai situs Anda berbobot dan disukai masyarakat. Alhasil, Google pasti merekomendasikan web Anda di halaman pertama mereka.

Jadi, usahakan agar isi artikel tidak membuat pembaca bosan, ya!

Desire (Keinginan)

Menarik perhatian dan minat baca saja masih belum cukup. Supaya artikel Anda berhasil menciptakan transaksi online baru, Anda harus menyelipkan unsur desire (keinginan) ke dalamnya.

Banyak orang sering terkecoh ketika menulis poin ini, sebab desire memang sepintas tampak mirip dengan interest. Akan tetapi tujuan kedua elemen tersebut sejatinya sangat jauh berbeda.

Goal utama desire adalah membujuk, menciptakan dan meyakinkan pembaca agar mau menggunakan produk atau jasa yang dipromosikan dalam tulisan. Sedangkan interest hanya sebatas mempertahankan minat dan rasa penasaran audiens ketika membaca. Maka dari itu, tahapan penulisan desire umumnya lebih mendalam dan kuat secara emosional.

Action (Tindakan)

Poin terakhir dalam singkatan AIDA adalah action (tindakan). Kebanyakan penulis copy menutup artikel mereka dengan ajakan, arahan atau perintah halus untuk melakukan sesuatu. Poin ini juga dikenal dengan nama CTA (Call To Action).

Ada banyak sekali model-model CTA yang bisa Anda selipkan dalam artikel. Biasanya penulis menyesuaikan kalimat ajakan tersebut dengan tujuan utama artikel.

Contohnya, jika Anda ingin pembaca membeli produk yang diulas dalam artikel, maka kalimat CTA yang benar adalah: “Pesan produk X sekarang juga, stok terbatas!” atau “Khusus hari ini! Pembelian produk A langsung dapat gratis ongkir 100% tanpa minimal belanja,” dan lain-lain.

Beberapa contoh tujuan dari Call To Action adalah:

  • Menciptakan penjualan baru.
  • Mengisi survey online.
  • Mengklaim voucher atau belanja dengan diskon.
  • Mengunduh sesuatu dari website.
  • Mendaftar program atau berlangganan newsletter (subscribe).
  • Bergabung dengan afiliasi marketing, dan lain-lain.

Contoh AIDA Copywriting

Kabar baiknya, kini kita bisa dengan mudah menemukan contoh AIDA copywriting dari brand-brand di sekitar kita. Ada banyak sekali tulisan yang menggunakan teknik ini, misalnya pada:

  • Deskripsi produk di ecommerce.
  • Artikel gratis di blog dan website.
  • Katalog promosi olshop.
  • Postingan feed sosial media bisnis.

Seperti apa contoh AIDA copywriting? Untuk menambah pemahaman Anda, coba simak contoh AIDA copywriting pada artikel “Aplikasi Rideshare: Peluang Usaha Menjanjikan” sekaligus analisa sederhananya berikut ini.

1. Contoh Attention

Artikel Aplikasi Rideshare menarik perhatian pembaca dengan kalimat judulnya yang memikat, yakni “Aplikasi Rideshare: Peluang Usaha Menjanjikan”.

Ketika melihat judul, pembaca akan langsung penasaran dengan apa yang dimaksud peluang usaha menjanjikan baru memakai aplikasi rideshare. Otomatis, mereka akan mengklik artikel dan membaca isinya.

2. Contoh Interest

Paragraf-paragraf awal artikel memperlihatkan contoh pembangunan interest tulisan yang baik. Contohnya adalah kalimat:

  • Pasar aplikasi rideshare seperti Uber, Gojek dan Grab telah menjadi peluang usaha yang berkembang sangat pesat. Dalam kondisi pasar ini, ternyata ada perusahaan yang juga menjual paket pembuatan aplikasi dengan fungsi sama dan jauh lebih murah.”

Bagian ini memberikan wawasan secara langsung pada audiens terkait peluang baru bisnis di bidang transportasi online. Biasanya, pembaca yang baru mengetahui sebuah informasi akan terus membaca artikel demi melengkapi wawasan mereka.

Sisi menarik lainnya dari kalimat di atas terletak pada “..ada perusahaan yang juga menjual aplikasi serupa Grab dan Gojek namun jauh lebih murah”. Konsumen pun penasaran dan terus menggali lebih dalam guna mengetahui seperti apa layanan yang dimaksud.

3. Contoh Desire

Bagian isi artikel seterusnya diisi dengan poin-poin keunggulan dari jasa yang ditawarkan di awal. Tujuannya tak lain supaya pembaca memiliki minat yang lebih kuat untuk mencoba jasa aplikasi yang ditawarkan. Contoh kalimatnya adalah:

  • APPSHOP NAVI merupakan layanan paket pembuatan aplikasi serupa Gojek dan Grab dari APPKEY.
  • Kami memberikan layanan pembuatan aplikasi yang murah agar banyak orang bisa menggunakan
  • Kami mengembangkan aplikasi semurah dan semudah mungkin.
  • Banyak pelanggan telah menghubungi kami untuk pengembangan aplikasi rideshare, sebab mereka ingin mengikuti kesuksesan Grab dan Gojek.
  • Uniknya, Anda pun dapat turut mengedit sendiri isi, fitur dan desain dari aplikasi

Bagian-bagian yang dicetak tebal pada kalimat di atas adalah keunggulan-keunggulan yang ditawarkan aplikasi rideshare ke pembaca. Desire pembeli bisa dengan mudah terbentuk hanya dengan menyelipkan manfaat atau keunggulan produk seperti contoh di atas!

4. Contoh Action

Terakhir, artikel ditutup dengan tombol-tombol CTA yang bisa diklik pembaca untuk memesan app atau mengetahui informasi lebih lanjut. Terdapat pula informasi kontak perusahaan secara ringkas guna membantu konsumen dalam mengajukan pemesanan.

5 Cara Sederhana Mempraktekkan AIDA Copywriting

Tertarik mencoba AIDA copywriting untuk tulisan marketing Anda? Yuk ikuti 5 kiat sederhana AIDA copywriting berikut ini:

1. Segera Tarik Perhatian Audiens di Awal

Jangan buang-buang waktu dengan basa-basi tak penting di artikel. Segera tarik perhatian calon pembaca Anda dengan memakai judul, headline dan kalimat pembuka yang memikat.

Semakin cepat artikel Anda menumbuhkan pemikiran, “Inilah solusi yang saya butuhkan!” dalam diri konsumen, maka hasilnya akan semakin baik. Untungnya sekarang ada banyak strategi yang bisa dicoba untuk menarik perhatian pembaca, seperti:

  • Menggunakan judul yang clickbait.
  • Sajikan buyer persona dalam artikel.
  • “Tembak” langsung dengan masalah dan solusinya secara sepintas.
  • Sertakan gambar sesuai isi artikel, tapi ampuh memancing rasa penasaran.

2. Gunakan Kata-Kata Pembangkit Minat

Bangun dan jaga interest pembaca memakai kata-kata yang efektif membangkitkan minat. Sebisa mungkin hindari gaya penulisan monoton, bertele-tele dan ramai dengan istilah-istilah sulit maupun typo.

Beberapa contoh kalimat yang mengandung interest adalah:

  • Khasiat yang super instan dan praktis, mampu menurunkan 10 kg berat badan kurang dari 1 bulan.
  • Sudah banyak yang membuktikan serum A sangat ampuh mengusir jerawat dalam 3 hari.
  • Psst! Ini dia rahasia sukses banjir endorse ala selebgram kekinian. Sudah tahu, belum?

Selain itu, selipkan sebanyak mungkin variasi informasi guna memperkaya ulasan Anda. Contohnya adalah jabaran data, kondisi ideal, studi kasus, dan alasan-alasan mengapa produk atau jasa Anda harus dicoba oleh pembaca. Tulisan yang berbobot dan kaya informasi juga akan dipandang menarik.

3. Membangun Emosi Tulisan

Kunci sukses setiap tulisan adalah memiliki unsur emosi yang kuat di dalamnya, sama seperti sebuah cerita, gosip ataupun curhatan yang sering Anda dengar dari rekan-rekan setiap hari.

Unsur emosi membuat tulisan Anda jauh lebih hidup dan melekat erat dalam benak pembaca. Anda dapat membangun emosi tulisan dengan strategi sederhana, seperti turut bersimpati dengan masalah pembaca, membagikan ulasan testimoni, atau menceritakan sisi humanis brand.

Gunakan juga kata-kata pembangkit emosi seperti:

  • Tidak perlu cemas, kami punya solusinya.
  • Anda tidak sendirian menghadapi masalah ini.
  • Kami dengan senang hati akan selalu membantu Anda.
  • Kami mengerti sulitnya menghadapi hal tersebut.
  • Terima kasih telah memercayakan solusi masalah Anda pada kami.
  • Untuk Anda yang telah berjuang keras selama pandemi, Anda luar biasa!

4. Sebutkan Manfaat Produk

Jangan lupa untuk menyebutkan manfaat produk dalam tulisan, seperti pada contoh AIDA copywriting di atas. Pemaparan manfaat atau keunggulan dari produk bisa membangun keinginan kuat membeli produk dalam benak pembaca.

Cara termudah mempraktekkan kiat ini adalah dengan mempelajari betul-betul manfaat dari produk atau jasa yang hendak di ulas. Setelahnya barulah jabarkan semua keunggulan tersebut, namun tanpa terlalu melebih-lebihkannya (hiperbola).

5. Waktunya Menyelipkan CTA (Call To Action)

Tutup artikel Anda dengan selipan CTA yang pas sesuai isi tulisan. Gunakan kata-kata yang persuasif (membujuk secara halus) dan sopan agar konsumen tak merasa seperti diperintah mentah-mentah.

Jangan sertakan banyak CTA dalam 1 artikel, sebab bisa membuat konsumen merasa risih. Terlalu sering “meminta” konsumen membeli produk menimbulkan kesan negatif bahwa brand Anda hanya peduli pada penjualan, alih-alih berdedikasi membantu masalah audiens.

Tidak ada aturan baku terkait penempatan Call To Action. Namun biasanya, CTA diselipkan pada bagian akhir (penutup) artikel, maupun pada posisi lain yang dirasa strategis.

Kalau masih bingung dan butuh referensi peletakkan CTA, Anda dapat mempelajarinya dari artikel milik kompetitor lain.

Demikianlah ulasan lengkap seputar AIDA copywriting, mulai dari definisi, unsur-unsur, contoh dan kiat-kiat mempraktekkannya. Semoga ulasan di atas mampu menambah wawasan dan strategi content marketing Anda, ya!

Temukan lebih banyak tips sukses bisnis online gratis hanya dari MARKEY (https://markey.id) atau MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sayonara!

Apa Itu CRM Marketing? Arti & Contoh Close Range Marketing

0
close-range-marketing

Pernah melihat iklan saat mengakses WiFi publik? Ini adalah contoh dari CRM marketing, alias Close Range Marketing. CRM adalah taktik pemasaran online unik yang bisa membantu mendongkrak popularitas toko Anda!

Lebih dari 90% orang mengandalkan media-media mainstream untuk mempromosikan bisnisnya, seperti sosial media, situs olshop, dan aplikasi ecommerce. Pastinya Anda sendiri juga sudah pernah mempromosikan usaha lewat media-media tersebut.

Sosmed, web dan aplikasi olshop memang opsi terbaik untuk menjangkau konsumen yang jauh. Akan tetapi, performa mereka belum tentu efektif dalam aktivitas promosi jarak dekat. Sebagai gantinya, Anda bisa mengandalkan strategi CRM (Close Range Marketing).

Mari langsung cari tahu apa itu CRM marketing beserta contoh-contohnya pada ulasan selengkapnya berikut ini!

Apa Itu CRM Marketing?

Sudah pernah mendengar apa itu CRM marketing? CRM marketing adalah singkatan dari Close Range Marketing, yang juga merupakan salah satu jenis digital marketing.

Strategi CRM mungkin tidak seterkenal jenis-jenis pemasaran online lainnya, seperti sosial media marketing, Search Engine Marketing (SEM), Call To Action, dan seterusnya. Namun jangan salah, Close Range Marketing punya sifat khusus yang menjadikannya unik dan ampuh menggaet konsumen.

CRM adalah pilihan terbaik, terutama kalau Anda ingin menarik keuntungan dari konsumen terdekat di sekitar Anda. Sesuai namanya, “close range” dalam bahasa Indonesia memiliki arti “dalam jangkauan (dekat)”.

Cara Kerja CRM Marketing Adalah

Lalu seperti apa cara kerja dari strategi Close Range Marketing? Mirip seperti pemasaran online pada umumnya, strategi CRM bekerja dengan perangkat digital (gadget) plus koneksi internet.

Bedanya, di sini Anda hanya memanfaatkan alat-alat yang bisa bekerja, atau dilengkapi fasilitas koneksi WiFi dan Bluetooth. Contohnya seperti laptop, tablet dan smartphone. Mengapa? Dalam CRM, marketer akan menggunakan koneksi WiFi dan Bluetooth untuk mengirimkan konten promosi pada konsumen.

WiFi dan Bluetooth menjadi media yang paling diandalkan dalam Close Range Marketing karena sifatnya sebagai saluran digital jarak dekat dan terbatas (hanya dalam hitungan meter). Iklan baru bisa tersebar ketika ada gadget yang terhubung ke saluran WiFi atau Bluetooth yang Anda aktifkan.

Semisal, konsumen A menyambungkan smartphonenya pada layanan free WiFi dari toko Anda. Kemudian mereka bisa melihat sejumlah iklan produk terpampang di halaman landing koneksi begitu sinyal WiFi terhubung ke perangkat.

Contoh lainnya, konsumen menerima pesan berisi penawaran yang masuk ketika ponsel terhubung ke Bluetooth. Mereka bisa menerima semua iklan Anda setelah mengklik tombol ‘oke’ untuk mengizinkan pesan masuk.

2 Contoh CRM Marketing Adalah

crm-marketing

Ada dua jenis sekaligus contoh CRM marketing, yaitu WiFi marketing dan Bluetooth marketing. Berikut penjelasan dari setiap tipe Close Range Marketing selengkapnya.

1. WiFi Marketing

Siapa bilang kita tidak bisa memanfaatkan WiFi untuk marketing? WiFi adalah singkatan dari Wireless Fidelity. Pun umumnya, orang-orang mengenal WiFi sebagai salah satu bentuk koneksi internet tanpa kabel.

Ternyata WiFi juga bisa bermanfaat dalam agenda pemasaran bisnis online kita melalui “WiFi marketing”. WiFi marketing merupakan inovasi baru mempromosikan layanan atau produk ke konsumen secara real time. Taktik CRM ini mulai populer karena terbukti ampuh membangun kedekatan brand dengan pembeli secara langsung dengan mudah via smartphone.

Nah, Anda bisa turut meningkatkan sejumlah aspek penting dalam bisnis memakai WiFi marketing, seperti:

  • Mengetahui insight dan karakteristik konsumen yang datang ke toko Anda.
  • Menggali lebih banyak informasi baru perihal persona customer Anda (perilaku konsumen, minat, latar belakang identitas, dan lain-lain).
  • Menambah kualitas pelayanan secara langsung yang dapat turut meningkatkan frekuensi kunjungan mereka ke toko.
  • Membantu mengumpulkan data lebih lengkap untuk proses analisis audiens.
  • Bisa mengiklankan berbagai kampanye bisnis lewat landing page

Cara memulai WiFi marketing pun sangat gampang! Semisal Anda sudah memiliki toko fisik sendiri saat ini. Selanjutnya, Anda hanya perlu memasang jaringan WiFi dan membuka free akses bagi konsumen. Strategi WiFi marketing ini sudah sangat banyak dilakukan oleh bisnis-bisnis seperti restoran, kafe, dan coworking space.

Nantinya Anda bisa mengumpulkan data konsumen atau melakukan beragam trik marketing yang sudah dijelaskan di atas untuk memaksimalkan pendapatan.

2. Bluetooth Marketing

Contoh CRM marketing yang kedua adalah Bluetooth marketing. Bluetooth sudah lama menjadi fitur unggulan pada telepon genggam, dan masih cukup populer saat ini. Bahkan laptop dan komputer tablet kekinian pun turut dilengkapi sistem koneksi Bluetooth.

Bluetooth marketing adalah strategi promosi CRM antar 2 gadget atau lebih dengan media perantara koneksi Bluetooth. Melalui sambungan tersebut, kita bisa mengirimkan beragam konten promosi sejenis pesan teks iklan, foto banner penawaran, video marketing, dan lain-lain kepada orang lain.

Keunggulan utama Bluetooth marketing terletak pada sifatnya yang berlandaskan persetujuan pengguna. Tidak seperti iklan online biasa yang muncul begitu saja, di sini audiens punya kendali penuh menentukan apakah mereka mau menerima iklan atau tidak.

Jika calon konsumen penasaran dengan penawaran Anda, mereka bisa mengklik ‘oke’ ketika notifikasi Bluetooth menyampaikan ada pesan iklan yang masuk dari toko. Begitu juga sebaliknya.

Cara ini memastikan iklan yang Anda buat sepenuhnya bermakna dan tak ‘sekadar angin lalu’ bagi konsumen. Sebab, orang-orang yang memilih menerima iklan biasanya memang tertarik dengan produk atau jasa, sekaligus merupakan calon pembeli serius.

Keuntungan lainnya, brand Anda tidak akan dicap negatif akibat terlalu sering menampilkan iklan yang mengganggu aktivitas pengunjung.

Keunggulan dan Kekurangan CRM Marketing

Close Range Marketing merupakan strategi yang menarik dan unik. Namun di baliknya tetap ada sejumlah keunggulan dan kekurangan yang harus Anda waspadai.

Keunggulan menerapkan Close Range Marketing adalah:

  • Memaksimalkan penjualan dari konsumen sekitar dengan mudah.
  • Peluang keberhasilan iklan sangat tinggi karena sasaran audiensnya lebih spesifik.
  • Mengutamakan persetujuan audiens dan menghindari bentuk spam.
  • Menjaga kenyamanan pembeli yang berkunjung, karena konten iklan muncul pada laman khusus yang tak menutupi isi konten penting seperti pada iklan website.
  • Meminimalisir kemunculan kesan negatif pada brand.

Di sisi lain, kekurangan utama dari Close Range Marketing sudah tentu daya jangkaunya yang sempit. Kembali lagi, konsep dari strategi CRM memang berfokus pada konsumen lokal sekitar saja. Jadi, sangat tidak tepat mengandalkan strategi promosi ini untuk menggaet konsumen dalam cakupan luas.

Sangat disarankan untuk menggabungkan taktik CRM dengan metode pemasaran online jarak jauh lain seperti sosial media marketing, website, SEM / SEO, dan lain-lain guna memperoleh omset bisnis maksimal. Anda juga dapat mengoptimalkan penjualan lokal bisnis memakai beragam tips SEO lokal terbaru.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar apa itu CRM marketing. Semoga ulasan di atas mampu menambah wawasan, inspirasi maupun inovasi marketing bagi usaha Anda saat ini!

Ingin tahu lebih banyak kiat-kiat unik sukses berbisnis online? Yuk dapatkan semuanya hanya di MARKEY! Cukup klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore), dan langsung temukan berbagai artikel digital marketing terbaru spesial hanya untuk Anda.

Sampai bertemu lagi!

 

Cara Buat QR Code OVO, DANA, SPay, QRIS Gratis untuk Olshop

0
buat-qr-code

Penasaran bagaimana membuat QR code free untuk DANA, OVO, ShopeePay, bank, QRIS, dll? Begini tips lengkap membuat kode QR sendiri dan gratis guna memaksimalkan transaksi bisnis online Anda!

Pemakaian QR code untuk transaksi bukanlah hal baru lagi. Uniknya, kini bisnis offline tradisional seperti warung dan UMKM pun sudah menyediakan metode pembayaran cashless (tanpa tunai) melalui QR code.

Pemakaian QR code sangat diminati karena memudahkan konsumen ketika berbelanja. Maka dari itu, yuk segera buat QR code sendiri mengikuti tutorial simpel dan lengkap berikut ini!

Cara Buat QR Code Gratis (DANA, OVO, ShopeePay, Bank, Dll.)

buat-qr-code

Ingin punya QR code transaksi sendiri? Tenang saja, kini ada banyak sekali cara buat QR code gratis yang bisa Anda coba. Berikut ini kami telah rangkum tutorial buat QR code free untuk berbagai platform cashless atau e-wallet kekinian:

  • OVO
  • DANA
  • ShopeePay
  • GoPay
  • QRIS
  • Bank

Cara Buat QR Code Pembayaran OVO

E-wallet OVO sudah dilengkapi fitur khusus untuk membuat QR code free sesuai kebutuhan Anda. Yang Anda perlukan hanyalah aplikasi OVO aktif dan koneksi internet stabil saja.

Begini tutorial membuat kode QR pada OVO:

  1. Login ke aplikasi OVO.
  2. Masuk ke beranda.
  3. Klik menu “Profile”.
  4. Gulir layar ke bawah > cari menu “QR Code”.
  5. Kode QR akun Anda akan muncul secara otomatis.

Kode tersebut sudah siap untuk langsung di-scan pembeli. Anda dapat menunjukkan kode secara langsung, atau menyimpannya dalam bentuk screenshot dan dicetak.

Cara Buat QR Code DANA

Agak tidak jauh dari OVO, cara buat kode QR gratis pada aplikasi DANA juga cukup simpel. Berikut tutorialnya:

  1. Pastikan Anda sudah memiliki aplikasi DANA terlebih dahulu.
  2. Buka aplikasi > login ke akun Anda.
  3. Klik menu “Request” di beranda utama app.
  4. Kode QR akan muncul secara otomatis.
  5. Klik tombol “Set Amount”, lalu masukkan nominal tagihan konsumen.
  6. Selesai. Tunjukkan kode QR pada pembeli agar bisa langsung di-scan.

Cara Buat QR Code ShopeePay

Nah, cara membuat kode pembayaran QR di Shopee (ShopeePay) agak sedikit berbeda dari DANA maupun OVO. Jika Anda bisa langsung mengakses menu kode QR pada kedua e-wallet sebelumnya, maka di Shopee tidak demikian.

Shopee memfasilitasi semua kebutuhan mitra bisnis (penjual/seller) di platform mereka, termasuk untuk membuat code QR gratis. Alhasil, Anda perlu mengajukan permintaan pembuatan QR code ke tim resmi Shopee.

Berikut caranya:

  1. Pastikan akun toko Shopee Anda sudah diverifikasi.
  2. Akun toko harus memenuhi syarat yakni tidak pernah mengajukan kode QR sebelumnya.
  3. Kontak laman tim customer service Shopee.
  4. Anda akan diminta untuk melengkapi identitas penjual, seperti:
  • Alamat jalan toko (Kota, Kabupaten, Provinsi, Kode Pos).
  • Nomor telepon akun yang aktif.
  • Username sesuai yang terdaftar di aplikasi.
  • Keterangan ingin mengajukan kode QR.
  1. Kirim seluruh informasi tersebut pada tim customer service.
  2. Selesai. Anda hanya perlu menunggu selama kurang lebih 19 hari kerja.

Tim Shopee akan memvalidasi, membuat dan mengirimkan code QR langsung kepada Anda. Apabila kode belum diterima hingga melebihi batas waktu, maka Anda bisa menghubungi kembali tim CS Shopee.

Anda juga dapat mengajukan komplain jika kode yang didapat tidak sesuai (terhubung ke akun toko yang lain) atau rusak (tidak dapat berfungsi ketika di-scan).

Cara Buat QR Code GoPay

Dimana letak menu QR code pada aplikasi GoPay? Banyak pengguna sering bingung mencari  menu QR code GoPay. Ternyata, ada dua mekanisme membuat kode QR sendiri untuk GoPay, yakni memakai aplikasi GoJek atau GoBiz (aplikasi merchant resmi GoJek).

Berikut tutorial keduanya:

1. Bikin QR Code GoPay dengan GoJek (Tanpa Daftar Merchant)

Aplikasi GoJek sudah mengganti menu kode QR pembayaran menjadi barcode pembayaran. Begini cara membuat barcode GoPay dari aplikasi GoJek:

  1. Buka aplikasi GoJek Anda.
  2. Klik menu “More” (“Lainnya”).
  3. Klik “Request” (“Minta”).
  4. Barcode pembayaran akan muncul secara otomatis.
  5. Simpan barcode dengan cara screenshot dan print, atau langsung tunjukkan ke hadapan pembeli agar di-scan.

2. Bikin QR Code GoPay dengan GoBiz (Daftar Merchant)

GoBiz adalah aplikasi khusus yang menampung semua mitra penjual GoJek. Anda juga bisa membuat barcode pembayaran GoPay lewat aplikasi GoBiz. Begini caranya:

  1. Buka aplikasi GoBiz.
  2. Klik menu “Transaksi”.
  3. Cari bagian pojok kanan atas layar > klik tombol “QR”.
  4. Barcode scan GoPay Anda akan muncul secara otomatis.
  5. Screenshot barcode dan print, atau langsung minta konsumen men-scan dari layar gadget Anda.

Cara Buat QR Code QRIS

Siapa yang tidak pernah mendengar QRIS? QRIS adalah layanan QR code paling populer di Indonesia. Kehebatan utama QRIS adalah bisa menerima pembayaran dari berbagai platform e-wallet atau bank.

Baca juga: QRIS adalah : QR Code Kekinian Penambah Omset

Maka dari itu, banyak pebisnis mengandalkan QRIS sebagai alamat utama pembayaran non tunai mereka. Inilah cara buat QRIS code untuk bisnis:

  1. Buka website https://qris.id/ dari browser Anda.
  2. Klik menu “Register”.
  3. Siapkan dokumen bisnis Anda (KTP, akte perusahaan, NPWP, nomor KK, dan lain-lain).
  4. Isi formulir pendaftaran.
  5. Daftarkan formulir.
  6. Tunggu proses validasi pengajuan QRIS selama 2 – 4 minggu.
  7. Apabila berkas Anda lolos validasi, tim akan mengirimkan NMID, username dan password akun QRIS baru Anda.
  8. Cek kinerja barcode baru Anda. Apabila terjadi error, silahkan hubungi kembali tim QRIS.

Baca juga: QRIS: Layanan Pembayaran dari BI dan Update Terbarunya!

Cara Buat QR Code Bank

Membuat kode QR yang mewakili akun bank bisnis juga tak kalah penting. Sebab terkadang, pelanggan lebih nyaman melunasi tagihan dengan cara transfer ke rekening bank penjual.

Namun Anda tak perlu cemas, sebab membuat kode QR akun bank juga sama praktis dan gratis seperti e-wallet. Anda bisa langsung mendapatkan barcode akun rekening pada aplikasi m-banking. Cara mengaksesnya adalah:

  1. Buka aplikasi m-banking Anda.
  2. Login ke akun rekening.
  3. Klik menu “Profile” > “QR Code” > kode akan muncul secara otomatis.

Silahkan simpan kode atau tunjukkan langsung pada pembeli seperti biasa.

Perlu diperhatikan juga, ada sejumlah m-banking yang meletakkan fitur QR code mereka di menu QRIS. Cara mengaksesnya adalah:

  1. Buka aplikasi m-banking > login ke akun.
  2. Cari bagian tengah bawah di beranda aplikasi.
  3. Klik menu “QRIS”.
  4. Muncul 3 opsi menu: pindah QR (untuk scan), kode bayar dan terima dana.
  5. Pencet tombol “Terima Dana”, dan QR kode rekening Anda akan muncul otomatis.

5 Manfaat QR Code untuk Kesuksesan Bisnis

Apa sajakah manfaat QR code sebagai alat pembayaran non tunai di toko? Berikut 5 manfaat QR code yang mungkin Anda belum sadari selama ini.

Mempermudah Transaksi

Manfaat kode QR yang pertama sudah pasti mempermudah transaksi non tunai di toko Anda. Anda tidak perlu khawatir kekurangan uang kembalian karena saldo yang masuk dipastikan pas dengan jumlah tagihan.

Menghindari Salah Perhitungan

QR code adalah alat pembayaran digital yang terhubung ke sistem komputer. Sistem e-wallet yang terkoneksi ke barcode bisa memotong saldo pembeli dan menransfernya ke rekening Anda dalam jumlah yang tepat. Alhasil, hal-hal seperti kesalahan nominal pembayaran dapat dihindari.

Memaksimalkan Pelayanan Konsumen

QR code juga mampu memaksimalkan kualitas pelayanan konsumen di toko Anda. Konsumen dapat menjadi lebih puas sebab transaksi mereka dapat terselesaikan dalam hitungan detik.

Mereka pun tidak perlu repot mengantre menunggu uang kembalian, atau bingung mencari uang receh untuk nominal pembayaran yang tak genap jumlahnya (seperti Rp10.500 atau Rp5.980).

Menambah Transaksi

Toko-toko yang menyediakan metode pembayaran dengan QR code terbukti lebih ramai dikunjungi ketimbang yang tidak. Terutama oleh anak-anak muda milenial yang memiliki kebiasaan cashless.

Jadi ayo tambahkan metode pembayaran kode QR sekarang dan raih lebih banyak konsumen dari biasanya!

Mudah Menagih Pelunasan Dimanapun Kapanpun

Manfaat QR code yang terakhir adalah mempermudah menagih pelunasan ke konsumen, baik secara online maupun offline. Bagaimana caranya?

Print dan tempel barcode QR Anda di posisi yang strategis pada kasir. Dengan begini, konsumen yang datang langsung ke toko dapat menscan barcode dan membayar di muka.

Sedangkan untuk konsumen online, Anda bisa memasang barcode toko di halaman check out website, atau mengirimkan barcode pembayaran melalui pesan chat. Selamat mencoba!

Demikianlah tutorial cara membuat kode QR untuk pembayaran online di berbagai platform e-wallet dan bank yang bisa Anda coba. Tidak sulit untuk membuat kode QR bisnis sendiri, bukan?

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Cloud Marketing Adalah : Pemasaran Online Tersukses Abad Ini

0
cloud-marketing.

 

Sudah menerapkan banyak strategi pemasaran online tapi belum ada yang sukses? Sudah waktunya beralih mencoba strategi pemasaran online cloud marketing.

Ada banyak strategi pemasaran online yang bisa Anda coba untuk meningkatkan omset jualan. Salah satunya adalah cloud marketing. Apa itu cloud marketing? Seperti apa cara kerja dan keuntungannya?

Mari langsung temukan jawaban selengkapnya pada review contoh digital marketing di Indonesia “Cloud Marketing” berikut ini!

Contoh-Contoh Digital Marketing di Indonesia

Kemajuan teknologi saat ini membawa dampak positif bagi perkembangan bisnis online. Tidak hanya memudahkan transaksi secara virtual, teknologi modern juga melahirkan banyak contoh digital marketing yang sukses, seperti:

Cloud Marketing

cloud-marketing. pemasaran online

Cloud marketing adalah strategi pemasaran online secara digital sekaligus disesuaikan secara personal mengikuti target pasar. Cloud marketing adalah taktik pemasaran paling dasar yang wajib dikuasai.

Email Marketing

Strategi pemasaran (iklan) yang dilakukan menggunakan media email promosi atau newsletter dikenal sebagai email marketing.

Online Marketing

Online marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan sepenuhnya melalui media internet, seperti website online shop, konten sosial media, email, iklan online, dan lain sebagainya.

Social Media Marketing

Salah satu turunan yang spesifik dari trik online marketing adalah social media marketing. Sosmed marketing berisi upaya promosi dan pembangunan image brand melalui sosmed, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lain.

Content Marketing

Salah satu contoh digital marketing di Indonesia dengan jumlah peminat yang tinggi. Anda bisa mempromosikan usaha lewat artikel, video, foto, atau infografis yang dibuat sendiri.

Search Engine Marketing (SEM)

Sesuai namanya, Search Engine Marketing berfokus pada peningkatan visibilitas, kunjungan dan pembelian pada situs Anda yang terdaftar di Google.

Inbound Marketing

Berbeda dari jenis-jenis digital marketing lainnya, inbound marketing berfokus menciptakan kesan positif dalam pelayanan konsumen.

Nah, strategi pemasaran online mana yang pernah Anda terapkan dari semua contoh digital marketing di Indonesia? Jika taktik marketing olshop Anda saat ini belum membuahkan hasil sesuai harapan, tidak ada salahnya mencoba taktik pemasaran cloud marketing.

Apa yang Dimaksud Pemasaran Online Cloud Marketing?

Cloud marketing adalah aktivitas marketing digital dengan tujuan utama meningkatkan pengalaman belanja konsumen. Taktik pemasaran digital ini akan membantu Anda lebih mudah menjangkau banyak konsumen dari berbagai sumber mulai dari website, Google, sosial media, email dan lain sebagainya.

Ketika menjalankan cloud marketing, seluruh aset bisnis, sumber daya, serta komponen marketing lainnya akan diintegrasikan ke sistem online. Jadi Anda dapat mengelola pemasaran dan transaksi secara virtual.

Keunggulan lain dari cloud marketing adalah sistem personalisasinya. Ketika menerapkan strategi pemasaran online ini, Anda akan lebih fokus menciptakan teknik marketing yang sesuai karakter konsumen. Alhasil produk Anda jadi lebih cepat laku di pasaran!

4 Keunggulan Pemasaran Online Cloud Marketing

cloud-marketing.. pemasaran online

Cloud marketing jauh lebih unggul dari berbagai aspek jika dibandingkan dengan taktik marketing lainnya. Inilah 4 keunggulan utama dari pemasaran cloud marketing:

1. Bisa Dikerjakan Dimana Saja Kapan Saja

Anda tidak perlu repot berpanas-panasan menghampiri calon pembeli hanya untuk menawarkan produk atau jasa. Seluruh aktivitas pemasaran dilakukan secara online dengan laptop, smartphone dan koneksi internet. Jadi, Anda bebas mengelola bisnis kapan saja dan dimana saja.

2. Murah dan Bisa Tanpa Biaya

Ingin berpromosi tapi belum punya budget? Tenang, strategi cloud marketing bisa dijalankan dengan sedikit, atau bahkan tanpa modal sama sekali!

Anda dapat memulai pemasaran online cloud marketing dengan mengandalkan sumber daya gratis yang dimiliki. Semisal membuat akun sosial media bisnis, konten artikel, foto katalog, dan relasi grup-grup sosmed yang diikuti.

3. Proses Pertumbuhan yang Cepat dan Signifikan

Bisnis Anda dapat bertumbuh lebih cepat dan signifikan memakai cloud marketing. Ada banyak perusahaan lokal maupun internasional yang mencapai kesuksesan kurang dari 10 tahun melalui pemasaran digital.

Pertumbuhan bisnis yang “kilat” seperti ini memang sangat mungkin terjadi, mengingat kemajuan teknologi yang juga pesat setiap tahunnya.

4. Lebih Gampang Branding Produk atau Jasa

Keunggulan terakhir dari pemasaran online cloud adalah memudahkan proses branding produk dan jasa di masyarakat. Cukup sekali posting artikel, foto atau video promosi saja ke internet, maka produk Anda sudah dapat dijangkau banyak orang dari berbagai wilayah. Praktis, bukan?

5 Manfaat Pemasaran Online Cloud Marketing

Sejumlah manfaat menerapkan cloud marketing adalah:

1. Mudah Memperkirakan Hasil Bisnis

Pertama, cloud marketing bisa langsung memberi gambaran ‘kasar’ seputar hasil penerapan trik marketing. Anda dapat memprediksi nilai bisnis di mata konsumen dengan mudah, begitu pula jumlah omset yang akan didapat.

Inilah mengapa perusahaan populer dunia sekelas Google juga mengandalkan pemasaran online cloud.

2. Mudah Memasarkan Produk secara Internasional

Siapa yang tidak mau produknya diburu banyak konsumen? Cloud marketing mampu mendobrak seluruh sekat-sekat batas wilayah dan waktu yang membatasi ruang gerak bisnis Anda.

Akibatnya, siapapun kini bisa menjadi calon pembeli toko Anda, baik konsumen lokal, nasional dan global internasional.

3. Mudah Menggali Customer Journey

Setiap bisnis pastilah memiliki customer journey yang khas dan beragam. Memahami customer journey terhadap bisnis merupakan hal penting, sebab mampu meningkatkan pelayanan dan kepuasan konsumen secara signifikan.

Sayangnya tidak semua pebisnis bisa melacak customer journey usahanya dengan tepat. Kabar baiknya, cloud marketing dapat turut membantu mengukur customer journey usaha Anda dari nol sampai hari ini.

4. Mudah Akrab dengan Pembeli

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, bisnis Anda bisa lebih “dekat” dengan pembeli lewat cloud marketing.

Setelah memahami data customer journey pengunjung toko Anda, kini waktunya memanfaatkan informasi tersebut ke dalam berbagai interaksi hangat dengan pembeli – misalnya interaksi di sosial media, konten email marketing, memberi penawaran produk favorit, dan lain-lain.

5. Mudah Memberi Produk Favorit Konsumen

Faktanya, setiap konsumen di toko online Anda pasti memiliki item favoritnya masing-masing. Ada yang suka buku novel remaja, fashion ala Korea, makanan ringan pedas, skincare, dan sebagainya. Di sinilah Anda perlu memahami kesukaan setiap konsumen agar produk yang ditawarkan cepat laku.

Tidak perlu bingung, strategi cloud marketing bisa membantu Anda meriset profil setiap konsumen dengan gampang. Jadi tidak perlu pusing menebak produk apa yang diminati pembeli saat ini!

4 Kiat Pemasaran Online Cloud Marketing yang Simpel dan Gratis

Tertarik mencoba strategi pemasaran online dengan cloud marketing? Anda bisa langsung mulai dengan mempraktekkan 4 kiat pemasaran online sederhana di bawah ini:

1. Kenali dan Pahami Pembeli Anda

Mula-mula, kenali dan pahami dulu siapa target konsumen Anda. Tahapan ini sangat penting supaya pemasaran online yang dipraktekkan membuahkan hasil sesuai cita-cita.

Memahami karakteristik dari target market Anda juga akan membantu peningkatan kualitas produk maupun pelayanan toko online saat ini. Pun apabila optimasi dilakukan secara berkala, bisnis Anda dipastikan akan banjir pembeli dengan sendirinya.

Hal-hal penting yang harus diperhatikan saat mempelajari konsumen target:

  • Apa produk atau jasa yang paling banyak dicari konsumen?
  • Mengapa konsumen mencari produk atau jasa tersebut?
  • Apa saja hal-hal yang disukai konsumen dari toko Anda?
  • Apa saja hal-hal yang tidak disukai mereka (bisa ditingkatkan kembali)?
  • Dari kalangan mana saja konsumen yang datang ke toko Anda (gender, pendidikan, daerah asal, usia, pekerjaan)?
  • Apa produk atau jasa yang paling banyak dibeli konsumen?
  • Mengapa konsumen membeli produk atau jasa tersebut?
  • Dan masih banyak pertanyaan lain yang bisa Anda riset sesuai kebutuhan.

2. Menentukan Target Penjualan

Setiap pemasaran online yang baik pasti memiliki target yang jelas di baliknya. Banyak bisnis online yang gagal berkembang karena tidak punya target penjualan yang pasti.

Target penjualan bisa mendorong pertumbuhan bisnis Anda ke arah yang lebih baik. Semisal pemasukan bisnis Anda di bulan ini mencapai 5 juta rupiah. Maka Anda bisa mengatur target penjualan untuk bulan depan sebesar 7-8 juta rupiah.

Target penjualan pun tidak melulu harus berupa omset pemasukan. Anda bisa membuat target untuk hal lain, seperti jumlah subscriber newsletter web bisnis, followers sosmed olshop, level eksposur brand, dan sebagainya.

Sejumlah pertanyaan penting dalam menentukan target penjualan:

  • Berapa angka penjualan bisnis saat ini?
  • Berapa angka penjualan yang mau diraih berikutnya?
  • Bagaimana cara terbaik untuk mewujudkan target penjualan tersebut?
  • Apa saja kekurangan yang menjadi penyebab tidak tercapainya target di masa lalu?
  • Apa inovasi baru yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah pencapaian target?

3. Jalankan Marketing dengan Konten Berkualitas

Sekarang waktunya mengeksekusi rencana cloud marketing yang telah dibuat! Nah, ketika menjalankan cloud marketing, ingatlah untuk selalu menggunakan konten-konten promosi berkualitas. Tujuannya tak lain agar pemasaran online berjalan lancar.

Kualitas konten sangat memengaruhi minat belanja dari calon konsumen. Pernahkah Anda tergiur ingin mencoba produk usai melihat foto/video katalognya? Inilah kekuatan konten promosi yang jarang disadari pebisnis.

Konten promosi berkualitas tinggi sangat ampuh menciptakan ekspektasi dan gambaran terbaik dari produk. Akibatnya, audiens jadi ingin memakai barang tersebut dan membelinya.

Selain itu, konten marketing berkualitas dapat sekaligus membangun kepercayaan masyarakat pada brand. Pastinya tidak ada yang mau berbelanja di toko yang konten promosinya tidak jelas, meragukan atau asal-asalan.

Tips membuat konten marketing berkualitas:

  • Gunakan gambar foto atau video yang jelas dan HD (high definition).
  • Jangan mengedit foto atau video secara berlebihan (seperti menambahkan filter dan kontras terlalu tinggi) karena dapat mengubah tampilan asli produk.
  • Sertakan caption menarik dengan trik copywriting cerdas.
  • Bebaskan daya kreasi Anda ketika membuat konten yang menarik.
  • Sertakan logo bisnis, nama atau warna utama brand supaya konten Anda punya ciri khasnya tersendiri.

4. Pilih Media Pemasaran Online yang Tepat

Tips terakhir, unggah konten pemasaran online Anda di media yang tepat. Jangan buat 1 konten untuk diunggah ke berbagai media, sebab setiap platform mempunyai ketentuan yang berbeda.

Misalnya Anda mempunyai konten marketing berupa video. Kemana Anda mau mengunggahnya? Saat ini ada banyak platform sosial media video yang bisa menjadi opsi, seperti:

  • YouTube: cocok untuk video-video berdurasi panjang seperti vlog dan review.
  • TikTok: media terbaik untuk video pendek kurang dari 1 menit.
  • Instagram: wadah bagi banyak tipe video, mulai dari video panjang (IGTV), video feeds, hingga video pendek kekinian (Stories dan Reels).

Sekarang Anda hanya perlu menyesuaikan video konten dengan media unggahannya. Jika video Anda berdurasi pendek, maka lebih baik mengunggahnya ke Instastories, IG Reels atau TikTok alih-alih YouTube.

Mengunggah konten marketing ke platform yang benar akan mempercepat proses penyebaran informasi ke masyarakat. Untuk itu, selalu pilih dan pertimbangkan media promosi yang mau digunakan, ya!

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar pemasaran online cloud marketing. Ingin tahu lebih banyak trik memaksimalkan omset bisnis yang simpel dan gratis? Tenang, semuanya kini bisa Anda dapatkan di MARKEY.

Jangan lewatkan ratusan update tips digital marketing terbaru hanya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (PlayStore dan AppStore) sekarang juga. Sampai bertemu lagi di artikel informatif selanjutnya!