Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 47

8 Affiliate Marketing Indonesia Omset Besar [List Terbaru]

0
affiliate-marketing

Tertarik mencoba bisnis affiliate marketing? Yuk langsung bergabung ke 8 program affiliate marketing Indonesia terpopuler berikut ini!

Tidak perlu jauh-jauh mencari program affiliate marketing luar negeri, di Indonesia sendiri sudah ada banyak peluang bisnis ini dengan keuntungan beragam mulai dari profit jutaan rupiah, sampai mentor dan tips-tips belajar affiliate marketing gratis.

Lalu, siapa sajakah penyedia layanan affiliate marketing Indonesia terbaik dan mudah bagi pemula? Langsung simak list selengkapnya di bawah ini, ya!

8 Daftar Affiliate Marketing Indonesia Terbaik untuk Pemula

affiliate-marketing-indonesia.

Mendapatkan uang dari program affiliate marketing sangatlah gampang. Anda hanya perlu memilih layanan program yang diinginkan dan mendaftarkan diri sebagai member. Setelahnya, Anda sudah bisa mulai berbisnis mengikuti ketentuan dari masing-masing program.

Berikut ini 8 contoh affiliate marketing program yang bisa diikuti untuk pemula:

Baca juga : Afiliasi Adalah | Usaha Online yang Menguntungkan

1. Lazada Affiliate Marketing Indonesia

E-commerce Lazada Indonesia membuka program affiliate marketing dengan keuntungan berlimpah. Melalui layanan ini, Anda bisa memperoleh uang sendiri tanpa perlu berjualan atau menjadi seller Lazada.

Setiap member hanya perlu mempromosikan produk-produk Lazada ke sosial media masing-masing. Jika ada yang membeli produk tersebut lewat Anda, maka secara otomatis Anda akan diupah 7% per transaksi.

Program afiliasi Lazada juga sepenuhnya gratis tanpa biaya modal. Cukup daftarkan diri Anda sekarang juga ke https://www.lazada.co.id/lazada-affiliate-program/.

Cara Daftar Affiliate Marketing Indonesia “Lazada”:

  1. Buka situs atau aplikasi e-commerce Lazada.
  2. Login ke akun Lazada Anda, jika belum punya, buat akun pengguna terlebih dahulu.
  3. Cari menu “Affiliate Marketing Program”.
  4. Masukkan email dan kode verifikasi yang dikirimkan Lazada via email.
  5. Klik “Continue”.
  6. Lengkapi data diri Anda > “Continue”.
  7. Pilih jenis sosial media, website atau blog yang nantinya akan Anda gunakan dalam berpromosi > jika sudah, klik “Continue”.
  8. Baca syarat dan ketentuan mitra Lazada affiliate marketing > klik “Submit Now”.
  9. Terakhir, lengkapi data rekening bank Anda. Tahap ini bersifat opsional jika Anda sudah punya akun bank sendiri. apabila belum, tidak masalah untuk melewatkannya dan mengisi di lain waktu.
  10. Selesai! Kini Anda bisa langsung mengecek produk-produk apa saja untuk dipromosikan dan mulai bekerja.

2. Hostinger Affiliate Marketing

Anda punya blog, website atau channel YouTube di bidang IT? Pas sekali, cobalah untuk bergabung ke program affiliate marketing Indonesia dari Hostinger!

Hostinger membuka program kemitraan bagi blog, website dan channel YouTube berkualitas di bidang IT. Anda bisa mendapat komisi sebesar 60% per transaksi hanya lewat program ini saja, lho.

Bagaimana caranya? Daftarkan diri Anda ke https://www.hostinger.co.id/afiliasi, tunggu hingga proses verifikasi selesai, dan mulailah mempromosikan layanan Hostinger pada situs ataupun blog Anda.

Tidak cuma menjanjikan profit tinggi, Hostinger turut menyediakan materi iklan untuk dipasang hingga control panel khusus bagi member. Jadi Anda bisa lebih mudah mengelola kampanye iklan afiliasi beserta jumlah keuntungan yang didapat.

3. Omegasoft Affiliation Marketing

Masih dari ranah IT, perusahaan software e-commerce dan franchise “Omegasoft” membuka lowongan daftar program affiliate marketing dengan keuntungan 5% per penjualan.

Omegasoft adalah perusahaan yang menjual beragam aplikasi yang banyak dibutuhkan bisnis-bisnis kekinian, seperti aplikasi kasir (POS), akutansi online, e-commerce, hingga layanan franchise. Tentunya promosi Anda tidak akan sepi jika berhasil menyasar target yang tepat, seperti perusahaan atau UMKM yang marak di Indonesia.

Program afiliasi Omegasoft pun tak kalah praktis dan fleksibel, sebab bisa dikerjakan sepenuhnya secara online. Anda bisa bergabung dengan sosial media, blog ataupun website pribadi.

Bedanya, transfer komisi Omegasoft Affiliate dilakukan secara kolektif per bulan. Jadi sangat disarankan untuk mengumpulkan sebanyak mungkin transaksi demi meraih omset maksimal.

Tertarik mencoba? Silahkan mendaftar langsung di link berikut ini: https://omegasoft.co.id/about/affiliate/

4. Bli Bli Ecommerce

Selain Lazada, toko online lokal Bli Bli (Blibli.com) juga punya program affiliate marketing yang tak kalah simpel sekaligus menjanjikan!

Bli Bli adalah ecommerce milik anak perusahaan Djarum. Perusahaan ini telah beroperasi dari 2010, dan sampai saat ini masih termasuk salah satu mall online sukses di Tanah Air.

Nah, untuk layanan afiliasi marketingnya sendiri, Bli Bli menjanjikan komisi beragam dari 1% sampai 4% per transaksi. Bagi hasil akan dilakukan ketika konsumen membeli produk Bli Bli melalui link Anda, dan tidak melakukan cancel atau refund produk.

Semua orang juga dapat bergabung ke program ini, mulai dari pemilik blog/web, pengguna sosial media, YouTuber, mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga, dan lain-lain. Proses pendaftarannya dijamin cepat, praktis dan gratis!

Cara mendaftar affiliate marketing Indonesia “Bli Bli”:

  1. Buka situs atau aplikasi e-commerce Blibli.com.
  2. Klik tombol “Affiliate Program”.
  3. Klik “Daftar Sekarang”.
  4. Pilih “Sign Up”.
  5. Isi data diri lengkap dan sebenar-benarnya.
  6. Konfirmasi pendaftaran Anda.
  7. Selesai! Tim Bli Bli akan melakukan review pada akun Anda. Tunggu sampai Anda mendapat email proses selesai.

Cara mempromosikan produk Bli Bli Affiliate Marketing:

  1. Login ke akun Bli Bli Anda. Pastikan Anda sudah terdaftar sebagai member program affiliate marketing.
  2. Klik menu “Offers”.
  3. Pilih produk yang tersedia, baik pada menu “Live Offers” atau mencari sendiri lewat browse/search.
  4. Salin link produk (“Your Tracking Link”) dan gunakan untuk berpromosi di sosmed, blog, web atau YouTube channel. Selamat mencoba!

Perlu diperhatikan, uang komisi afiliasi Bli Bli baru dapat ditarik kalau sudah mencapai minimal 500.000 IDR (lokal) dan 10 juta IDR (internasional).

5. Nusantara Host

Mau dapat komisi hingga jutaan rupiah dalam 1x transaksi? Jika iya, maka Anda tidak boleh melewatkan layanan afiliasi dari Nusantara Host.

Nusantara Host menyediakan komisi 75% sampai 1 juta rupiah bagi setiap orang yang mempromosikan layanan domain dan hosting mereka. Ada 3 bentuk komisi besar yang bisa Anda kantongi sebagai member afiliasi Nusantara Host, yaitu:

  • Komisi 75% dari penjualan share hosting – per transaksi.
  • Komisi Rp400.000 dari penjualan VPS (Virtual Private Server) – per transaksi.
  • Komisi Rp1.000.000 dari penjualan Dedicated Server – per transaksi.

Tidak ada batasan bagi member untuk mengincar keuntungan yang mana saja. Anda hanya perlu memenuhi syarat pendaftar seperti sudah memiliki rekening bank sendiri, berusia minimal 17 tahun, dan sudah mengerti cara kerja affiliate marketing.

Begitu berhasil mendaftar, Anda akan menerima link URL affiliate untuk dipromosikan sekreatif mungkin. Misalnya dengan cara mengemas link jadi banner iklan web, atau konten sosial media.

Konsumen wajib membeli layanan Nusantara Host dari link tersebut supaya Anda bisa memperoleh komisinya. Penarikan upah dapat dilakukan setiap minggu dengan jumlah saldo pendapatan minimal 1 juta rupiah.

Lakukan registrasi ke program ini sekarang juga di: https://www.nusantarahost.co.id/affiliate.php.

6. Tiket Affiliate by Tiket.com

Siapa bilang affiliate marketing Indonesia mayoritas dari ranah teknologi? Perusahaan agen travel Tiket.com punya program kerjasama spesial untuk Anda yang suka berwisata.

Member Tiket Affiliate berkesempatan mendapat akses eksklusif ke berbagai voucher dan tiket perjalanan (pesawat, kereta, bus, dll) serta akomodasi (villa, hotel, dll) yang tak ditawarkan untuk publik.

Itu belum termasuk komisi persenan kalau Anda berhasil mengajak orang lain membeli layanan Tiket.com lewat link/kode afiliasi Anda. Namun komisi Tiket Afiliate hanya dapat ditarik per bulan melalui ajuan “Invoice” di website.

Sisi bagus lainnya, Anda tidak perlu bingung seandainya promosi yang dijalankan mengalami masalah tak terduga. Ini karena ada tim customer service yang siap menolong Anda belajar affiliate marketing kapanpun dimanapun.

Tertarik mencoba bisnis afiliasi bersama agen wisata populer Indonesia ini? Daftarkan diri Anda sekarang via email ke partner@tiket.com.

7. Matahari Mall

Siapa yang tidak kenal mega swalayan Matahari Mall? Tak mau ketinggalan, Matahari Mall turut membuka program afiliasi bagi Anda yang tertarik menambah rezeki dari rumah saja.

Terdapat 2 cara simpel bergabung menjadi member affiliate program Indonesia Matahari Mall, yakni:

Tata cara pendaftarannya cukup sederhana. Mulai dari mengisi formulir pendaftaran pada situs-situs di atas, menunggu proses verifikasi akun, dan memasang URL promosi yang telah disediakan Matahari Mall ke situs web/blog atau sosmed pribadi.

Tidak perlu takut lapak promosi Anda sepi, sebab, Anda bebas memilih sendiri mau mempromosikan produk apa. Di samping itu, nama Matahari Mall sudah sangat terkenal di kalangan warga Indonesia sebagai supermarket terlengkap penyedia beragam produk mulai dari fashion, kebutuhan rumah tangga, elektronik, lifestyle, dan kecantikan, lain-lain.

8. Afiliasi Traveloka

Traveloka membuka kesempatan berbisnis bagi konten kreator di bidang pariwisata (blogger, pengelola web, influencer dan YouTuber). Jangan sia-siakan kreativitas Anda hanya dengan sekadar mempromosikan tempat-tempat wisata. Inilah waktunya meraih keuntungan yang lebih banyak lagi berupa komisi langsung dari Traveloka!

Tak tanggung-tanggung, cakupan pasar Anda di program afiliasi ini bisa langsung go internasional. Pasalnya, Traveloka adalah agen travel Indonesia dengan cabang di berbagai negara tetangga. Sebut saja Thailand, Vietnam, dan Malaysia.

Daftarkan diri Anda sekarang ke program afiliasi Traveloka di https://www.traveloka.com/en-id/affiliate. Ikuti seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku supaya permohonan kerjasama Anda lebih cepat disetujui.

Setelahnya, Anda bisa deh langsung mempromosikan materi iklan yang disiapkan oleh tim Traveloka! Cara promosi ini akan terasa jauh lebih asyik karena tidak monoton memasarkan produk, tetapi juga membahas hal-hal seru bertema travelling.

Demikianlah 8 program afiliate marketing Indonesia dengan penawaran terbaik bagi pemula. Setiap layanan afiliasi mempunyai cara bergabung, jumlah komisi, hinga syarat dan ketentuan yang berbeda. Maka dari itu, jangan pernah lupa mencermati deskripsi setiap layanan yang ingin Anda ikuti. Selamat mencoba!

Temukan lebih banyak insight, review dan strategi sukses bisnis online lainnya hanya dari MARKEY. Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore) untuk langsung terhubung ke ratusan artikel digital marketing gratis. Sayonara!

Instagram Call To Action Adalah? | Belajar Copywriting IG

0
call-to-action-adalah

Call To Action adalah komponen wajib dalam semua jenis tulisan marketing termasuk caption promosi di Instagram. Yuk tambah penjualan olshop IG Anda sekarang semudah menambahkan Call To Action Instagram!

Menulis caption promosi yang biasa-biasa saja terbukti belum cukup untuk “mendorong” followers IG Anda membeli produk. Anda wajib membubuhkan Call To Action (CTA) di akhir tulisan supaya konsumen tergugah melakukan sesuatu usai menyimak postingan Instagram.

Apa itu Call To Action Instagram, contoh dan cara menulisnya? Yuk langsung simak pedoman teknik copywriting Instagram CTA yang benar berikut ini!

Baca juga : Tips SEO Instagram untuk Meningkatkan Jangkauan Anda

Pengertian Call To Action Adalah

call-to-action-adalah

Anda pasti sudah cukup sering mendengar istilah Call To Action atau CTA ketika belajar copywriting. Ternyata, CTA tidak hanya bermanfaat mendongkrak kualitas tulisan-tulisan artikel website saja, tetapi juga caption sosial media seperti Instagram.

Call To Action adalah kata-kata persuasif yang mendorong audiens untuk melakukan sesuatu usai membaca tulisan Anda. Bentuk CTA ada bermacam-macam, tergantung pada tujuan tulisan dan kreativitas Anda saat menyusunnya.

Namun, Call To Action pada caption sosial media lebih mengarah pada teknik direct response copywriting karena memancing tindakan pembaca saat itu juga setelah menyimak tulisan.

Baca juga : Terkuak! Teknik Copywriting Terbaik untuk Deskripsi Produk

Direct Copywriting Call To Action Adalah

Teknik copywriting dapat dibedakan menjadi dua kelompok menurut waktu pembaca memberi respon mereka. Mereka adalah long-term copywriting (jangka panjang) dan direct response copywriting (jangka pendek atau segera).

Sesuai namanya, long-term copywriting bertujuan menanamkan hal-hal penting dari bisnis agar diingat pembaca dalam jangka panjang. Contohnya adalah copywriting iklan yang diterbitkan berulang kali di koran, majalah, e-mail atau televisi.

Dalam long-term copywriting, respon pembaca tidak kita terima secara instan. Diperlukan sejumlah upaya persuasif untuk meyakinkan pembeli terhadap produk dimulai dari memperkenalkan produk, keunggulannya, memberi diskon, dan seterusnya.

Sementara direct response copywriting adalah kebalikannya. Teknik kepenulisan marketing satu ini memanfaatkan momen terkini dan perasaan audiens demi mendapatkan respon. Pengguna teknik direct marketing menginginkan hasil yang instan, segera, dan bersifat langsung.

Perpaduan caption dan CTA adalah contoh direct copywriting terbaik. Tulisan caption sengaja dibuat semenarik mungkin dengan bumbu “urgensi” supaya konsumen langsung bertindak tanpa berpikir. Hasilnya, Anda dapat meraih penjualan baru usai memposting konten promosi!

Beberapa contoh direct response copywriting di sosial media adalah:

  • Ajakan membeli produk yang ditawarkan.
  • Dorongan mencoba free trial dan berlangganan suatu jasa.
  • Download atau klaim hadiah gratis, freebies, kupon voucher.
  • Memberi follow, like, komentar atau share postingan.
  • Mengklaim voucher spesial dengan stok terbatas (limited).

Baca juga : 10 Contoh Copywriting Skincare yang Menghipnotis Konsumen

4 Fungsi Call To Action Instagram

Call To Action punya peranan yang sangat penting bagi pertumbuhan online shop Anda. Konsumen cenderung mengabaikan sebuah postingan tanpa CTA begitu selesai membacanya. Ini karena mereka merasa tidak ada lagi yang harus dilakukan setelah tahu isi postingan.

Ada banyak sekali ragam fungsi Call To Action Instagram, lho. Empat fungsi utama CTA adalah:

1. Membantu Mengarahkan Konsumen

CTA adalah petunjuk bagi konsumen. Tulisan CTA dapat memberi arahan apa yang harus dilakukan konsumen ketika tertarik dengan produk atau jasa kita. Misalnya contoh kalimat CTA, “Pesan segera produk X lewat DM!” atau “Klik di sini sekarang juga untuk order!”

2. Menambah Engagement

Postingan Instagram Anda sudah menarik tapi masih sepi interaksi atau engagement? Sebagian besar konsumen memang harus dipancing terlebih dahulu agar mau meninggalkan jejak pada unggahan kita.

Selipkan kata-kata CTA sebagai pemantik obrolan pada caption, seperti “Apa pendapatmu? Yuk tinggalkan komentar!” Dijamin jumlah engagement postingan IG Anda akan melejit tinggi!

3. Memperjelas Tujuan Konten

Setiap unggahan post sebaiknya memiliki tujuan masing-masing. Hal ini penting sebagai tolak ukur apakah konten yang kita buat berhasil menggapai tujuan atau tidak.

Kalimat Call To Action bisa membantu memperlihatkan tujuan setiap konten. Misalnya Anda ingin mendapat lebih banyak followers IG. Maka, tulisan copy yang tepat digunakan adalah “Yuk follow @akunbisnisanda supaya tidak ketinggalan update info terbaru!”

4. Menambah Kredibilitas Akun

Kehadiran akun palsu di Instagram bukanlah hal yang baru. Ada banyak sekali olshop-olshop palsu beredar dan menyesatkan masyarakat. Namun, kehadiran CTA bisa menyelamatkan bisnis Anda maupun konsumen dari penipuan.

Ciri utama akun Instagram palsu adalah tidak mau memakai CTA karena mereka menghindari komunikasi yang akrab dengan masyarakat. Berbeda dengan olshop-olshop asli berkualitas yang berusaha menjalin hubungan baik dengan konsumennya melalui Call To Action.

5 Contoh Copywriting Instagram dengan Call To Action Adalah

Call To Action adalah elemen pembantu komunikasi pembeli dengan penjual. Namun bagaimana cara meletakkan Call To Action ini, khususnya untuk tulisan di Instagram?

Inilah 5 contoh copywriting Instagram dengan CTA yang dapat dijadikan acuan awal saat membuat konten:

1. CTA di Highlight Instagram Stories

Contoh penempatan Instagram Call To Action adalah di penulisan judul highlight atau sorotan Instastories. Anda dapat menamai setiap sorotan memakai kata-kata singkat dengan “power” tertentu. Misalnya : “Order di Sini”, “Hubungi”, “Info Diskon”, “Giveaway”, dan lain-lain.

Manfaat menamai highlight IG dengan kata-kata Call To Action adalah:

  • Mudah dilihat audiens karena menu sorotan terletak di profil akun bagian atas.
  • Singkat, padat dan jelas instruksinya.
  • Lebih cepat mengarahkan konsumen menemukan informasi. Seperti menekan highlight “Cara Order” ketika mereka ingin memesan produk.

2. CTA di Konten Carousel

Lengkapi konten carousel Instagram Anda dengan strategi Call To Action marketing supaya pembaca tergerak melakukan sesuatu usai menyimak info seperti simpan postingan, share, memberi like atau komentar.

Instruksi Call To Action dapat dibubuhkan dalam slide foto carousel memakai icon-icon tertentu. Misalnya tanda panah yang mengarah pada tombol share, bookmark dan like di IG.

Anda juga bisa menyelipkan info kontak di bagian pojok bawah foto. Lewat cara ini, konsumen jadi tahu harus menghubungi siapa jika tertarik dengan penawaran.

3. CTA di BIO Instagram

Mau memasang CTA di bio profil Instagram? Tentu saja Anda boleh melakukannya! Justru, inilah Call To Action marketing termudah yang patut dicoba.

Buatlah deskripsi bio yang singkat plus disisipi Call To Action yang menarik. Contoh captionnya, “Olshop fashion no 1 se-Indonesia | Gabung reseller di sini”.

Caption “Olshop fashion no 1 se-Indonesia” adalah deskripsi utama terkait bisnis Anda. Sedangkan “Gabung reseller di sini” merupakan contoh copywriting CTA-nya. Simpel namun cukup jelas maksudnya, bukan?

4. CTA di Linktree

Linktree adalah alat bantu untuk merangkum banyak link eksternal ke dalam 1 tautan. Banyak olshop sengaja memasang linktree untuk menjaga kerapian profil mereka.

Anda bisa memasang linktree lengkap dengan teknik copywriting Instagram dengan cara yang sederhana:

  1. Kumpulkan semua link eksternal yang dimiliki (link sosmed lain, website, atau e-commerce Shopee, Tokopedia, dll).
  2. Masukkan semua link ke linktree.
  3. Jika sudah mendapat tautan linktree, salin dan pasang tautan di bio Instagram.
  4. Tulis CTA yang mengarahkan konsumen mengklik tautan tersebut. Contohnya “Informasi lengkap klik di sini”.
  5. Selalu pastikan link-link di linktree Anda bekerja dengan baik demi menjaga kepuasan pengunjung.

5. CTA di Wa.me

Selain linktree, meletakkan CTA di Wa.me juga sangat sering dilakukan pebisnis online. Wa.me adalah link eksternal yang menghubungkan kita pada pesan chat WhatsApp.

Semisal ada konsumen yang ingin bertanya atau memesan produk. Mereka hanya perlu menekan link Wa.me yang tersedia di profil bio Instagram, lalu langsung terhubung ke customer service.

Teknik copywriting Instagram di Wa.me tidak jauh berbeda dengan ulasan sebelumnya. cukup bubuhkan kalimat penjelas seperti “Pesan segera di sini” atau “Punya pertanyaan? Hubungi kami di sini” sebelum tautan Wa.me.

5 Cara Menulis Call To Action Instagram

Begini teknik copywriting Instagram dengan CTA yang benar, yuk langsung simak bersama!

1. Perhatikan Penempatan Call To Action

Tidak ada aturan baku terkait penempatan Call To Action di Instagram. Anda bebas menentukan hendak meletakkan CTA di bagian mana saja sesuai kebutuhan. Beberapa posisi terbaik untuk CTA adalah:

  • Bagian akhir caption postingan.
  • Tulisan keterangan pada Instagram stories.
  • Bio Instagram.
  • Di dalam gambar foto atau video konten.

2. Bangkitkan Emosi Pembaca

Selanjutnya, bangkitkan emosi pembaca Anda melalui tulisan. Cara ini sangat ampuh untuk menyukseskan Call To Action marketing.

Pembaca akan lebih tertarik menyimak info yang Anda sajikan apabila ada hal-hal dari konten yang menyentuh perasaan mereka. Maka dari itu, cobalah posisikan diri Anda dari kacamata konsumen agar lebih mudah memahami permasalahan mereka.

Ada banyak kosakata yang dapat digunakan untuk membangkitkan sisi emosional pembaca lewat CTA, yakni:

  • Pembangkit urgensi/kepentingan (hanya hari ini, stok terbatas, segera, buruan, kesempatan terakhir, dll)
  • Rasa simpati (jangan khawatir/cemas, kami mengerti)
  • Penawaran eksklusif (spesial untuk Anda, pra-registrasi, member only, slot/penawaran terbatas)
  • Sikap persuasif (gratis, dijamin, simpel, 100% ampuh, sukses, keren, dll).

Contoh penerapan strategi ini antara lain:

  • “Segera klaim voucher Anda di sini, stok terbatas!”

Kalimat CTA di atas membangkitkan perasaan takut kehabisan promo menarik.

  • Mari ikut jaga keindahan alam dengan beralih ke sedotan stainless sekarang, dapatkan promo pembelian spesial di sini”

Kalimat ini menyentuh sisi kepedulian masyarakat, dengan arahan CTA di akhir kalimat.

  • “Tidak perlu cemas, kami punya solusinya di sini!”

Kalimat ini mengandung unsur simpati sekaligus mengarahkan pembaca untuk terus menyimak informasi demi menuntaskan permasalahan mereka.

3. Singkat, Padat, Jelas

Sampaikan poin utama dari postingan Anda secara singkat, padat dan jelas (to the point). Faktanya, setiap pengguna Instagram hanya menyimak postingan selama sepersekian detik gara-gara banyaknya informasi yang tersaji di sini.

Jadi, buatlah caption konten yang ringkas. Hindari narasi yang bertele-tele. Jika mau menjelaskan produk/jasa secara lebih lengkap, Anda dapat mengarahkan pembaca untuk menyimak info di website lewat CTA.

Anda dapat belajar menulis caption pendek memakai tool-tool gratis penghitung kata seperti Letter Count atau Word Count. Fokuslah menggunakan kata-kata persuasif agar tulisan dan CTA semakin memikat dari detik pertama.

4. Padukan dengan Foto Menarik

Kekuatan utama Instagram adalah nilai visualnya yang tinggi. Perhatian audiens lebih mudah dipancing dengan foto, gambar atau video yang eye catching.

Menurut data Kissmetric, lebih dari 94% pengguna IG akan berhenti scrolling jika mereka melihat foto postingan yang menarik. Jadi sebisa mungkin curi perhatian audiens Anda dengan foto/video terlebih dahulu, baru dilanjutkan dengan copywriting dan CTA sesuai tujuan unggahan.

5. Sajikan Konten Berkualitas

Terakhir, sekadar mengutamakan Call To Action saja tidak cukup. Anda harus tetap memperhatikan kualitas dari konten Instagram yang diposting.

Konten yang hanya dipenuhi bumbu CTA akan terlihat seperti spam, pemaksaan, dan iklan mentah (hardselling), sehingga tidak diminati oleh konsumen. Ingat, audiens masa kini lebih menyukai konten-konten softselling dengan informasi non-promosi yang juga bermanfaat bagi pengembangan diri mereka sendiri.

Demikianlah pembahasan lengkap seputar teknik copywriting Instagram berbalut Call To Action. Yuk segera update caption-caption postingan IG Anda untuk memaksimalkan hasil penjualan hari ini!

Temukan lebih banyak lagi tips, trik dan rahasia sukses bisnis online gratis hanya di MARKEY. Follow https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore) sekarang juga, ya. Sampai bertemu lagi!

Bingung Cara Buat Aplikasi Jualan? Ini 8 Jasa App Semarang

0
jasa-aplikasi-semarang

Pernah bermimpi ingin punya aplikasi online sendiri? Mimpi tersebut sekarang dapat terwujud dalam sekejap melalui 8 jasa buat aplikasi android terbaik di Semarang berikut ini!

Dewasa ini hampir semua orang menggunakan aplikasi online, khususnya untuk berjualan. Namun masih sedikit pebisnis yang menguasai cara buat aplikasi android sendiri. Di sisi lain, kita memerlukan aplikasi ecommerce canggih agar tak ketinggalan zaman.

Tidak perlu cemas, apalagi repot-repot belajar cara buat aplikasi android otodidak. Yuk langsung pesan aplikasi olshop Anda sekarang juga dari 8 rekomendasi jasa pembuat aplikasi online terbaik di Semarang ini!

8 Cara Buat Aplikasi Online Termudah (Jasa Buat Aplikasi Semarang)

cara-buat-aplikasi.

Berbisnis online dengan aplikasi android terbukti mendatangkan omset 2x lipat lebih besar. Ini karena Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna android terbanyak saat ini.

Jadi, jangan sampai Anda melewatkan peluang emas berbisnis memakai aplikasi android! Dapatkan aplikasi pertama Anda dari 8 android software house di Semarang berikut ini:

1. TECH AREA

Tech Area adalah software developer terbaik di kawasan Semarang dan sekitarnya. Tim Tech Area menguasai cara-cara buat aplikasi android bisnis terbaik, dengan sistem yang fleksibel serta mempunyai daya intuitif tinggi. Dijamin, aplikasi bisnis pesanan Anda akan tampil unggul mengalahkan kompetitor-kompetitor lain.

Anda dapat memesan aplikasi android custom sesuai kebutuhan atau langsung pilih dari kategori yang ada. Tech Area membuka jasa buat aplikasi android SIP (Sistem Informasi Perusahaan), aplikasi invoice, manajemen gudang, serta app ecommerce.

Seluruh layanan buat aplikasi android di Tech Area secara umum mencakup:

  • Pengerjaan aplikasi yang terstruktur dan lengkap, mulai dari analisa kebutuhan sampai pembangunan prototipe desain UI/UX.
  • Gratis maintenance aplikasi selama 1 bulan pertama.
  • Tersedia laporan progres pembuatan aplikasi setiap minggu.
  • Pemasangan Google Adwords untuk mempromosikan aplikasi baru.
  • Project ditangani langsung oleh tim IT profesional.
  • Biaya dan waktu pengerjaan aplikasi menyesuaikan request dan tingkat kompleksitas app.

Tertarik membuat aplikasi jualan online di Tech Area? Hubungi langsung layanan software ini di https://techarea.co.id/jasa-pembuatan-aplikasi-android/.

2. APPKEY

Ingin punya aplikasi bisnis online secanggih Shopee atau Tokopedia, tapi budget Anda terbatas? Tenang, APPKEY punya solusinya!

APPKEY adalah jasa buat aplikasi android dan iOS yang mengutamakan kebutuhan bisnis Anda. Tersedia berbagai kategori aplikasi bisnis online yang dapat dipesan, seperti:

  • Ecommerce, toko online, UMKM online.
  • Restoran dan kuliner.
  • Kurir, ekspedisi dan pengiriman barang.
  • Taksi dan ojek online (seperti Gojek, Grab dan Maxim).
  • Klinik dokter dan konsultasi online (sekelas Halodoc dan Alodokter).
  • Real estate (jual beli maupun sewa properti).

Di samping itu pun, Anda tetap dapat mengajukan pengembangan aplikasi custom sesuai keinginan atau bentuk bisnis lainnya. Cukup konsultasikan ide-ide Anda, lalu tim IT bersertifikat APPKEY akan segera mengeksekusi cara buat aplikasi android Anda.

Beragam keuntungan jasa buat aplikasi APPKEY lainnya:

  • Gratis konsultasi awal seputar kebutuhan, masalah bisnis atau penyusunan rancangan aplikasi dengan staf ahli khusus.
  • Gratis maintenance atau bantuan pemeliharaan aplikasi seumur hidup.
  • Desain aplikasi sesuai ciri khas brand, didesain langsung oleh desainer, tidak sekadar memakai template.
  • Bebas pilih dan atur fitur aplikasi demi memaksimalkan performa app.
  • Biaya bisa dinegosiasikan sesuai kondisi modal Anda.
  • Bantuan tutorial pemakaian sampai mahir.
  • Garansi perlindungan app dari hal-hal tak diinginkan, seperti hack, error, atau masalah-masalah lain selama pengembangan.
  • Uji aplikasi dan bantuan perilisan app ke Playstore. Konsumen bisa langsung download app dengan praktis.
  • Dan masih banyak lagi!

Bagaimana, yakin tidak mau mencoba membuat aplikasi jualan online Anda di APPKEY? Yuk hubungi APPKEY di https://appshop.co.id/, dan dapatkan promo menarik lainnya sekarang juga!

3. WAHIDEV

Wahidev juga salah satu jasa pembuatan aplikasi android andalan di wilayah Semarang. Layanan pengembang perangkat lunak yang satu ini telah berpengalaman membuat banyak aplikasi android UMKM, olshop, sekolah, sampai organisasi pemerintahan maupun swasta.

Di samping menguasai cara buat aplikasi android terbaru, tim Wahidev juga menawarkan beragam keuntungan bagi kliennya:

  • Tim pengembang profesional serta kreatif.
  • Gratis konsultasi awal terkait pengembangan aplikasi, serta analisis masalah bisnis Anda.
  • Desain aplikasi dipastikan menarik dengan daya guna (seperti tombol, menu dan icon) yang maksimal.
  • Aplikasi mampu meloading konten dengan baik.
  • Tersedia support dan maintenance untuk setiap aplikasi.

Cari tahu lebih banyak info, penawaran dan juga portofolio pembuatan aplikasi jualan online dari Wahidev di https://wahidev.com/.

4. COTEZSKA

Selanjutnya masih ada servis pembuat aplikasi android Cotezska yang dapat Anda coba hubungi.

Cotezska menangani permintaan aplikasi dari berbagai wilayah Kota Solo, mulai dari Salatiga, Demak, Magelang, Kudus, Kedal, Pati, dan seterusnya. Anda dapat menghubungi platform ini secara online maupun offline (langsung).

Sedikit berbeda dari jasa pengembang lain, Cotezska membuat aplikasi android dengan Java dan dalam format “.APK”. Satu file APK tersebut nantinya akan berisi file-file penyusun aplikasi android lengkap, dengan akhiran .apk.

Kemudian, cara buat aplikasi android yang seperti ini membawa keuntungannya tersendiri, yaitu:

  • Pemakaian aplikasi yang lebih optimal.
  • Sistem dapat dikonfigurasi dengan lebih maksimal sesuai kebutuhan.
  • Privasi data yang terjaga, sebab sistem android hanya mengakses hal-hal yang dibutuhkan.

Tertarik membuat aplikasi di sini? Layanan Cotezska saat ini menerima pengembangan aplikasi android toko online, chat messenger, katalog virtual, ekspedisi, klinik, sampai game android. Informasi pemesanan selengkapnya dapat disimak di https://cotezska.org/jasa-pembuatan-aplikasi-android.html.

5. RECTMEDIA

Kalau Anda ingin aplikasi bisnis yang kaya akan fitur, maka pilihlah Rectmedia sebagai developer android andalan Anda. Aplikasi ecommerce buatan Rectmedia sudah dilengkapi seluruh fitur esensial, seperti:

  • Push notification.
  • Live chat dengan pembeli atau penjual.
  • Login ke sosial media.
  • GPS dan penanda lokasi olshop (geolokasi).
  • Formulir pemesanan produk maupun ajuan keluhan.
  • QR code scanner dan generator.
  • Pembayaran online (payment gateway).

Seluruh fitur di atas tersusun lengkap, rapi dan praktis digunakan dalam aplikasi buatan Rectmedia. Cukup paparkan ide, konsep atau kebutuhan aplikasi Anda saja, lalu tim pengembang akan membuatkannya sesuai request. Simpel, bukan?

Anda juga dapat memesan aplikasi bisnis dari berbagai kategori, misalnya online shop, klinik kesehatan, pendidikan, finance, real estate, media dan iklan, sampai organisasi sekaligus. Apapun latar belakang usaha Anda saat ini, tenang saja, Rectmedia developer pasti siap untuk membantu!

Mulai konsultasi perdana Anda dengan Rectmedia di https://rectmedia.com/jasa-pembuatan-aplikasi-mobile-terbaik-semarang/

6. REFOURMA

Tak kalah dari yang lain, Refourma turut menyediakan servis pembuatan aplikasi android dari dasar alias nol. Seluruh layanan Refourma dikemas dalam harga terjangkau, menyesuaikan dengan rancangan app serta modal Anda.

Refourma adalah agensi digital Semarang yang dinaungi oleh CV Sinergi Mitra Solusindo. Anda tidak perlu lagi meragukan kemampuan software house ini, pasalnya, mereka telah menangani berbagai klien di kota-kota besar Indonesia maupun luar negeri.

Ingin tahu lebih banyak seputar desain, fitur, maupun spesifikasi aplikasi android Reforma? Langsung meluncur ke halaman “Portofolio” pada situs resmi mereka di https://refourma.com/. Konsultasi awal dapat dilakukan dengan mengisi formulir pada menu “Konsultasi”, atau menghubungi contact person yang tertera di website.

7. CAN CREATIVE

Memiliki nama yang unik sekaligus semangat optimistis, CAN Creative sukses menjadi perusahaan multimedia dengan berbagai layanan. Salah satunya adalah pengembangan aplikasi android untuk bisnis (e-commerce).

Can Creative berdiri dari tahun 2015 silam. Sampai sekarang, mereka telah menangani banyak klien dari berbagai industri bisnis. Sejumlah tawaran keuntungan yang dimiliki CAN Creative mencakup:

  • Support call center 24/7 untuk mengatasi apapun keluhan maupun pertanyaan Anda.
  • Pengembangan aplikasi dengan fokus desain terbaik demi menciptakan kenyamanan pemakaian.
  • Proyek dikerjakan langung oleh tim IT yang profesional berpengalaman.
  • Menyediakan banyak kategori pengembangan app: ecommerce, bisnis olahraga, kesehatan, real estate, pariwisata, event, pendidikan, dan lain-lain (custom).
  • Alur pengerjaan yang terstruktur dan dibimbing.

Untuk Anda yang tertarik mencoba, silahkan simak informasi lebih lanjut seputar jasa CAN Creative hanya di https://can.co.id/ ya!

8. CROCODIC

Rekomendasi jasa pengembang aplikasi android terakhir di Kota Solo atau Semarang adalah Crocodic. Tim Crocodic pun tak kalah mahir menguasai cara-cara buat aplikasi android model terbaru.

Software house Crocodic sudah banyak mengembangkan aplikasi bisnis, penjualan dan pelaporan untuk perusahaan ternama lokal Indonesia. Sebut saja Indomaret, Angkasa Pura, Bank Mandiri, Honda dan EPSON Printer. Aplikasi Anda bisa jadi sama canggihnya dengan milik brand-brand besar tersebut!

Beragam keunggulan utama dari jasa servis Crocodic adalah:

  • Bantuan perancangan aplikasi disertai analisis kebutuhan yang mendalam.
  • Desain UI/UX aplikasi sesuai ciri khas brand Anda.
  • Sistem aplikasi unggulan, dilengkapi proteksi data dan anti crash (error).
  • Layanan maintenance perbaikan yang cepat.
  • Kategori pembuatan aplikasi bisnis online custom sesuai keinginan Anda.

Simak informasi selengkapnya terkait tata cara konsultasi, pemesanan maupun portofolio aplikasi android buatan Crocodic di https://crocodic.com/

Itulah 8 jasa buat aplikasi android di Semarang yang siap membuatkan aplikasi bisnis online Anda. Jadi tunggu apa lagi? Segera hubungi kontak developer pilihan Anda dan langsung miliki aplikasi olshop android pertama Anda hari ini juga!

Temukan lebih banyak tips, trik serta rekomendasi menarik seputar dunia bisnis online hanya dari MARKEY. Kunjungi websitenya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

Cara Membuat Zoom Webinar Kekinian yang Sukses, 100% Ampuh!

0
zoom-webinar

Sedang mencari cara membuat webinar dengan Zoom? Ingin tahu rahasia Zoom webinar yang seru, antusias dan ramai penonton? Selamat, Anda sudah menemukan jawabannya di sini!

Webinar adalah aktivitas yang ramai dilakukan masyarakat saat ini, khususnya semenjak guncangan pandemi. Di samping keperluan sekolah dan kantor, faktanya acara webinar online juga bermanfaat untuk mempromosikan bisnis ke masyarakat.

Mari langsung simak bagaimana kiat-kiat dan cara membuat webinar dengan Zoom yang menarik untuk promosi produk/jasa. Dijamin, acara webinar Anda akan selalu full book peserta!

Apa Itu Zoom Webinar?

Zoom adalah sebuah aplikasi konferensi video, atau panggilan video jarak jauh yang marak digunakan abad ini. Meskipun baru populer pasca pandemi, nyatanya Zoom telah dikembangkan sedari tahun 2013 oleh Eric Yuan, seorang insinyur teknologi.

Aplikasi Zoom terkenal akan beragam manfaatnya dalam dunia komunikasi, antara lain:

  • Zoom Webinar: mengadakan acara webinar online.
  • Zoom Room: ruang tunggu dan diskusi di mana peserta dapat berinteraksi sebelum acara.
  • Zoom Meeting: membuka dan menjalankan sesi rapat atau pengajaran online.
  • Zoom Phone dan Chat: fitur chat personal maupun publik di antara peserta

Selain kaya akan fungsi, Zoom amat diminati lantaran ukurannya yang kecil, tak memakan banyak memori, namun kualitas video call tetap HD dan jernih. Mengadakan seminar Zoom juga sangat mudah, baik bagi orang dewasa hingga anak-anak (pelajar).

Cara Membuat Webinar dengan Zoom

zoom-webinar

Bagaimana cara membuat webinar dengan Zoom? Membuat sesi webinar sendiri (atau menjadi host) dapat dilakukan dengan 2 metode praktis seperti berikut:

Cara Menjadi Host Zoom Webinar di Laptop

  1. Buka situs Zoom (https://zoom.us/) atau download aplikasinya yang versi desktop.
  2. Login ke Zoom memakai akun Gmail.
  3. Klik menu host yang terletak di bagian kanan atas beranda.
  4. Klik tombol panah ke arah bawah.
  5. Klik Start With Video.
  6. Pilih New Meetings. Selesai. Kini Anda adalah penyelenggara acara webinar online!

Kini Anda hanya perlu mengundang peserta untuk bergabung melalui menu invite. Ada beberapa cara mengundang penonton bergabung ke webinar Anda, seperti menyalin link room, mengirimi email, atau mengundang kontak Zoom Anda.

Cara Menjadi Host Zoom Webinar di Smartphone (Android)

  1. Download Zoom di Playstore.
  2. Login ke Zoom memakai akun Gmail.
  3. Klik Start Meeting.
  4. Buka pengaturan > cari personal meeting ID dan password.
  5. Salin kedua informasi tersebut dan bagikan sebagai undangan mengikuti webinar ke peserta. Selesai!

Sekarang Anda hanya perlu menunggu peserta memasuki ruangan lewat link yang telah dibagikan. Jika ingin membuat meeting secara berkala, gunakan fitur schedule dan upcoming. Di sini Anda dapat mengatur jadwal untuk sesi live webinar berikutnya. Praktis, bukan?

5 Kiat Membuat Zoom Webinar Promosi Bisnis yang Seru dan Sukses

Acara webinar Zoom bisa jadi solusi inovatif guna mempromosikan bisnis Anda kepada masyarakat luas. Calon konsumen bisa memperoleh informasi lebih lengkap dan akurat terkait produk/jasa dalam sesi diskusi webinar.

Masalahnya, tidak semua orang tahu bagaimana persiapan webinar Zoom yang baik dan benar. Kalau Anda juga memilki masalah yang sama saat ini, yuk coba praktekkan 5 strategi webinar Zoom simpel di bawah ini:

1. Pilih Topik Zoom Webinar Anda

Setiap persiapan webinar dimulai dengan penentuan topik bahasan selama acara. Apa yang mau Anda bahas pada pemirsa Zoom? Kira-kira info webinar seperti apa yang sedang ramai dicari saat ini?

Di tahap ini juga Anda sebaiknya menentukan tujuan yang hendak dicapai melalui sesi Zoom webinar. Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah menentukan strategi guna mencapainya.

Cara memilih topik webinar:

  • Tanya langsung pada audiens melalui survey kecil-kecilan.
  • Baca-baca kembali komentar dan chat dari konsumen yang pernah Anda terima.
  • Sesuaikan topik dengan tujuan acara (mempromosikan produk/jasa, menawarkan promo, launching item baru, membangun image, dan lain-lain).
  • Usahakan memilih topik yang mampu memberi manfaat positif pada konsumen.

Contoh topik webinar yang menarik:

  • Perusahaan brand skincare mengadakan Zoom webinar edukasi terkait bahaya skincare abal-abal. Di akhir acara, Anda dapat mempromosikan keunggulan produk ke peserta.
  • Organisasi manajemen SDM membuat diskusi Zoom tentang cara melamar kerja dan membuat CV. Ketika sesi, selipkan tawaran jasa konsultasi CV dengan harga murah pada peserta

2. Susun Materi dan Alur Acara

Kebanyakan orang tidak tahu bahwa ada banyak sekali jenis acara webinar online. Faktanya, seminar Zoom online bisa dibawakan dalam berbagai cara seperti:

  • Presentasi atau ceramah: penonton hanya menyimak informasi dari narasumber (satu arah).
  • Diskusi interaktif: materi dibawakan dengan tanya jawab aktif (dua arah).
  • Kelas webinar: seminar terbagi dalam berbagai sesi dan bisa disertai penugasan selayaknya di sekolah.
  • Campuran presentasi dan diskusi.

Setelah memilih topik, langkah berikutnya adalah memilih tipe pelaksanaan acara serta menyusun materi yang hendak dibawakan. Materi juga bisa dikemas dalam berbagai bentuk menarik, contohnya:

  • Slide PPT (Power Point).
  • Gambar/foto.
  • Video/film.
  • Gif
  • Modul
  • AR (augmented reality), dan lain-lain.

Terakhir, jangan lupa memilih narasumber dan membuat run down acara. Narasumber haruslah orang yang memiliki kualifikasi atau ahli di bidang yang sesuai dengan topik. Contohnya, mendatangkan investor profesional sebagai pembicara webinar seputar saham.

Membuat run down acara juga tak kalah penting. Timeline run down akan membagi sesi webinar ke tahap-tahapan yang runut dengan alokasi waktu terperinci. Anda boleh menyelipkan ice breaking dan fun games dalam sesi run down supaya webinar jadi semakin menarik!

3. Pilih Waktu Acara

Kira-kira, kapan masyarakat mau meluangkan waktu untuk mengikuti acara Anda? Ini adalah pertanyaan penting lainnya yang harus Anda jawab.

Memilih waktu pelaksanaan webinar tak bisa dilakukan sembarangan. Salah-salah, bisa jadi acara Anda justru sepi penonton. Nyatanya orang-orang tidak mau meninggalkan aktivitas penting untuk mengikuti webinar.

Jadi, cara terbaik menentukan waktu webinar adalah dengan riset aktivitas target audiens. Setiap bisnis punya target konsumen mereka masing-masing, termasuk perusahaan Anda saat ini.

Cari tahu pada waktu apa konsumen paling aktif bersosial media (online), seperti di malam hari atau saat weekend tiba. Dari sini kita bisa tahu kapan momen terbaik untuk berwebinar.

4. Cek Kesiapan Perangkat Anda

Selanjutnya, cek kesiapan seluruh perangkat, aplikasi dan koneksi yang Anda punya sebelum memulai webinar. Hal ini penting demi menjaga kenyamanan serta kelancaran acara.

Aplikasi Zoom sendiri mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Di satu sisi, aplikasi video conference ini sangat mudah digunakan, praktis dan dilengkapi fitur-fitur yang lengkap.

Akan tetapi durasi pemakaian akun Zoom free (non premium), biasanya dibatasi selama 45 menit untuk 1x meeting. Jumlah partisipan yang bisa bergabung ke Zoom free dan premium juga berbeda.

Selain itu, cek juga kondisi dari gadget (komputer, laptop dan smartphone) yang hendak dipakai. Bisakah kamera dan microfon-nya berfungsi? Apakah aplikasi Zoom didukung oleh sistem dan kapasitas perangkat? Bagaimana kualitas speaker dari perangkat Anda?

Terakhir, pastikan koneksi internet dapat bekerja dengan baik. Sering sekali acara webinar gagal karena masalah gangguan koneksi.

5. Lakukan Promosi Webinar dan Follow Up

Persiapan webinar Zoom yang sukses adalah mempromosikan acara Anda. Bagaimana mungkin acara Anda diketahui penonton tanpa adanya promosi?

Promosi webinar juga kerap dikaitkan langsung dengan sesi pendaftaran. Konsep ini sama dengan registrasi seminar pada umumnya. Saat pendaftaran pun Anda dapat mematok harga awal (early bird), harga umum, atau membuat webinar gratis dengan slot terbatas.

Tips tambahan promosi webinar yang sukses:

  • Manfaatkan sosial media untuk mempromosikan info webinar seluas mungkin.
  • Gunakan kata-kata pemancing seperti “Slot terbatas” atau “Diskon khusus bagi pendaftar awal”.
  • Informasikan siapa narasumber unggulan dari acara Anda.
  • Sertakan secara lengkap judul acara, topik, cara singkat registrasi, waktu, dan link pendaftaran.

Setelah selesai membuka promosi dan pendaftaran, lanjutkan dengan mengirim pengingat (follow up) peserta pada momen-momen tertentu. Terdapat 2 jenis follow up yang sering dilakukan brand host webinar, yaitu follow up sebelum dan sesudah. Apa bedanya?

Follow up sebelum acara bertujuan untuk mengingatkan calon peserta untuk datang ke webinar. Informasi pengingat dapat Anda kirim via email ataupun postingan sosial media pada H-7, H-3 atau H-1 webinar.

Sedangkan follow up setelah acara berfokus untuk menambah jumlah penjualan (sales) pasca kegiatan. Anda dapat mengirimkan informasi tawaran webinar baru, mengirimkan rekaman webinar, atau sekadar meminta feedback dari peserta. Tujuannya supaya konsumen terus mengingat nama brand Anda.

Itulah serangkaian cara membuat Zoom webinar yang tepat. Selamat mencoba kiat-kiat di atas agar sesi webinar Anda ramai audiens, ya!

Follow terus MARKEY (https://markey.id/) atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore), dan dapatkan ratusan artikel tips sukses bisnis online secara gratis setiap hari. Sampai bertemu lagi!

Baru! 12 Google SEO Forum Gratis Terbaik untuk Belajar SEO

0
google-seo

Mau belajar lebih banyak seputar Google SEO langsung dari ahlinya? Yuk bergabung ke 9 forum SEO Google terbaik berikut ini! Ada banyak mentor SEO ahli berpengalaman yang siap membagi ilmunya secara gratis untuk Anda, lho.

Mempelajari cara kerja SEO sekarang tidak perlu lagi lewat kelas-kelas berbayar yang mahal. Tak sedikit orang mengandalkan komunitas SEO sebagai wadah diskusi sekaligus mengasah skill secara cuma-cuma. Tertarik bergabung juga?

Yuk langsung simak list forum SEO Indonesia dan dunia terbaik berikut ini!

9 Forum Google SEO Terbaik untuk Belajar SEO (Indonesia & Internasional)

google-seo-1

Inilah 9 komunitas SEO Indonesia dan internasional yang paling direkomendasikan saat ini untuk memperdalam skill SEO Anda:

1. Google Webmaster Help Community

Rekomendasi forum SEO Google pertama sudah pasti dipimpin oleh Google Webmaster Help Community. Mengingat Google adalah pengelola langsung sistem SEO, maka tak heran jika ia mempunyai forum SEO sendiri. Dengan kata lain, Anda bisa belajar cara kerja SEO langsung dari pemiliknya!

Siapapun bebas bergabung ke forum Google Webmaster Help Community. Di sini, Anda bisa memperoleh banyak ilmu dan contoh-contoh SEO terbaru setiap bulan dalam bentuk utas diskusi.

Komunitas SEO ini sepenuhnya bersifat online dengan banyak fitur pembelajaran yang bermanfaat, seperti:

  • List kategori topik diskusi seputar SEO.
  • Kolom pencarian topik materi.
  • Laman khusus pertanyaan seputar produk atau servis dari Google.
  • Opsi “view all post” untuk membuka banyak pertanyaan dan jawaban seputar SEO.
  • Laman diskusi “ask now”, dan masih banyak lagi.

Bergabunglah dengan komuitas SEO Google Webmaster Help Community di https://productforums.google.com/forum/#!forum/webmasters

2. Wicked Fire Google SEO Forum

Berikutnya ada Wicked Fire, sebuah komunitas SEO dan digital marketing dengan jumlah member melebihi 200 ribu orang. Di sini, Anda bisa bertemu dengan beragam internet marketer berpengalaman, developer, ahli SEO, dan juga webmaster (pemilik sekaligus pengelola web).

Uniknya, Wicked Fire turut menyediakan laman khusus untuk bertransaksi bagi para member. Anda dapat memasarkan aneka tips dan trik sukses bisnis online sekaligus mempromosikan usaha dengan bebas di sini.

Bentuk informasi yang disajikan Wicked Fire juga sama seperti Google Webmaster Help Community, yaitu berupa utas. Sampai saat ini, Anda sudah bisa membaca lebih dari 140 ribu utas dari berbagai topik plus contoh SEO.

Wicked Fire sangat direkomendasikan jika mau belajar seputar cara memaksimalkan traffic web, membuat konten marketing, melakukan affiliate marketing, dan sejenisnya.

Simak lebih banyak info dari forum SEO Google Wicked Fire di https://www.wickedfire.com/

3. Tanya Digital SEO Forum

Mencari forum SEO Indonesia? Forum Google SEO Tanya Digital adalah salah satu rekomendasi yang pantas dilirik.

Tanya Digital adalah salah satu agensi digital marketing lokal yang juga menyediakan wadah diskusi bagi pegiat-pegiat SEO Tanah Air. Komunitas SEO Indonesia ini menyajikan cukup banyak topik belajar cara kerja SEO dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Anda bebas memilih dan mempelajari apapun materi yang diinginkan secara mandiri. Jika mengalami kesulitan, Anda bisa langsung menghubungi moderator (admin) yang sedang online di forum. Mau berdiskusi dengan sesama member di forum juga bisa langsung lewat fitur chat atau komentar yang tersedia.

Keunggulan lainnya, Anda dapat mengakses informasi dari forum ini tanpa login akun pengguna. Penasaran? Langsung meluncur ke laman komunitas SEO Indonesia milik Tanya Digital di https://tanyadigital.com/forum/Forum-SEO-Search-Engine-Optimization

4. Warrior Forum

Warrior Forum menyediakan dua jenis membership yang bisa Anda pilih ketika bergabung: free dan premium member. Tentunya fasilitas yang diterima akan berbeda, bergantung pada jenis keanggotaan yang dipilih.

Untuk keanggotaan gratis, Anda hanya perlu mendaftar memakai akun Google atau Gmail. Setelahnya Anda sudah bisa mengakses ribuan utas ilmu cara kerja SEO untuk berbagai level (pemula, menengah dan pro).

Namun member berstatus free tidak bisa mengakses sejumlah fitur premium dalam forum. Member gratis juga tidak bisa memakai tool SEO premium, atau mengikuti kelas belajar SEO yang diadakan langsung oleh para ahli di forum ini.

Meski demikian, status free sejatinya sudah cukup kalau Anda baru mau memulai belajar seputar dunia optimasi Google SEO. Apabila ingin mencoba premium member, Anda dapat mencoba masa trial selama 1 bulan, sebelum membayar USD $97 per tahun.

Bergabunglah dengan Warrior Forum di http://www.warriorforum.com/search-engine-optimization/

5. Quora

Belum lengkap rasanya jika kita tidak membahas Quora ketika membicarakan forum online.

Siapa yang tidak tahu Quora? Inilah platform komunitas online terbesar di seluruh dunia abad ini. Topik bahasannya sangat lengkap, beragam dan up to date dengan isu-isu paling baru, termasuk untuk pembahasan Google SEO.

Di Quora, Anda bisa membaca atau menjawab pertanyaan sebanyak mungkin dan gratis. Cukup daftarkan diri dengan email atau sosial media, lalu Anda sudah bisa mempelajari banyak hal di sini seperti:

  • Tips dan trik Google SEO, digital marketing, dunia IT.
  • Kisah-kisah motivasi dan pelajaran hidup.
  • Informasi kesehatan fisik, mental, dan lifestyle.
  • Budaya pop kekinian (K-POP, entertainment Indonesia, Hollywood, J-POP, dll).
  • Isu-isu yang sedang trending, dunia kerja, dan masih banyak lagi.

Jika Anda ingin mempelajari seputar SEO di Quora, cukup ketik kata kunci pembahasan yang mau ditelusuri pada menu pencarian. Atau, Anda dapat mem-follow kategori “digital marketing” yang tersedia di Quora. Secara otomatis timeline beranda Anda akan dipenuhi oleh post-post terbaru seputar topik tersebut.

Bergabung dengan Quora sekarang di https://quora.com/

6. Digital Point

Tahukah Anda? Digital Point dinobatkan sebagai salah satu forum SEO Google terbesar dengan topik diskusi menembus 2 juta. Total jumlah pengikutnya pun sukses mencapai 800 orang lebih se-internasional.

Digital Point secara khusus mewadahi diskusi SEO beragam tipe search engine seperti Google, Bing, Yahoo, Brave, dan seterusnya. Setiap pembahasannya pun sangat lengkap, rinci dan terstruktur rapi guna memudahkan proses belajar.

Semisal Anda mengklik kategori Google SEO. Selanjutnya, Anda akan mendapat pilihan topik sejenis Adsense Google, Google Analytics, Google Shopping, dan lain-lain.

Bagaimana cara mendaftar ke Digital Point? Tenang, Anda hanya perlu login ke forum SEO ini menggunakan akun Facebook saja. Semuanya gratis!

Kunjungi forum Digital Point sekarang di https://forums.digitalpoint.com/

7. Forum SEO Sekolah Koding

Satu lagi forum SEO Indonesia yang ramah pengguna awam, yakni Forum SEO Sekolah Koding. Tersedia 2 menu utama yang dapat Anda akses di komunitas ini, yaitu Belajar (sesi kelas upgrade skill) dan Nongkrong (forum diskusi).

Keunggulan utama forum Sekolah Koding terletak pada pembawaannya yang santai, menggunakan bahasa Indonesia sehari-hari, serta tampilan web yang simpel. Jadi tak perlu waktu lama untuk Anda cepat belajar maupun bergaul dengan sesama member lainnya.

Semua pertanyaan dan hasil diskusi dapat Anda cari menggunakan fitur search, pilih kategori, maupun mengklik ‘cards’ yang tersedia di beranda. Pengguna pun tak diwajibkan login untuk sekadar membaca utas diskusi, kecuali kalau Anda mau ikut menjawab pertanyaan dari user lain.

Hanya saja Anda harus selektif memilih topik diskusi, sebab, forum Sekolah Koding turut menyajikan topik seputar pengembangan website (programming) di samping SEO Google.

Berminat untuk join? Yuk mampir ke forum Sekolah Koding di https://sekolahkoding.com/forum/tag/seo?page=3

8. Komunitas SEO Moz

Selain menyediakan tool-tool SEO premium, digital agensi Moz kini juga membuka komunitas khusus diskusi SEO-nya sendiri.

Para pengguna Moz kebanyakan sudah bergabung langsung ke platform interaktif ini. Ada banyak utas dan artikel kaya wawasan yang wajib disimak demi memaksimalkan praktek SEO Anda di sini.

Seluruh informasi pun dipastikan kredibel sebab ditulis langsung oleh pakar-pakar SEO Moz. Jadi tak heran kalau banyak orang dari berbagai negara mengandalkan halaman Q&A Moz sebagai sumber jawaban mereka.

Meski bisa digunakan gratis, Anda baru bisa memberi komentar, like, atau membuat utas sendiri apabila terdaftar sebagai pengguna Moz Pro. Jika tidak, maka Anda hanya dapat membaca artikelnya saja.

Bergabung menjadi member komunitas online Moz di https://moz.com/community/q/recent

9. SEO Chat

Rekomendasi forum SEO populer terakhir abad ini adalah SEO Chat. Komunitas ini tak kalah ramai dibanding nama-nama yang telah dijelaskan sebelumnya.

SEO Chat mewadahi diskusi seputar topik optimalisasi search engine Google. Ada banyak kiat-kiat jitu meningkatkan kualitas website, cara sukses tembus rank 1 Google, sampai optimalisasi pemasaran sosmed, iklan per klik, traffic web, dan sejenisnya.

Di samping itu, turut hadir tool-tool SEO gratis untuk memenuhi pekerjaan Anda – misalnya riset keyword, pembangunan backlink, optimalisasi sosmed dan web mobile friendly, serta affiliate marketing. Semuanya bisa langsung diakses gratis!

Catatan penting: semua tool SEO di SEO Chat baru bisa digunakan gratis apabila Anda sudah aktif membuat utas atau berdiskusi dengan orang lain.

Daftarkan diri Anda sekarang juga ke komunitas SEO Chat di https://seochat.io/

4 Tips Aman Belajar Cara Kerja SEO di Forum

Nah, kita sudah melihat sejumlah rekomendasi forum SEO yang bisa diikuti untuk belajar maupun menambah relasi bisnis. Akan tetapi, ada 4 hal yang perlu diperhatikan agar sesi belajar Anda benar-benar membuahkan hasil sekaligus aman, antara lain:

1. Selalu Aktif Berdiskusi

Sebisa mungkin aktiflah berdiskusi dengan member forum lainnya. Uji pengetahuan Anda dengan memberanikan diri menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pengguna lain. Dari sinilah Anda bisa tahu apakah pemahaman saat ini sudah tepat, atau masih ada insight-insight menarik lainnya.

Aktif berdiskusi juga membuka kesempatan baik bagi Anda untuk dikenal lebih banyak orang dalam forum. Bisa saja Anda mendapat lebih banyak relasi yang bermanfaat bagi bisnis di sini.

2. Patuhi Aturan Forum

Meskipun diskusinya terlihat “santai” dan “akrab”, tetaplah ingat bahwa setiap forum pasti memiliki aturan yang berlaku di dalamnya. Peraturan tersebut ditetapkan guna menjaga fungsi sekaligus kenyamanan forum.

Orang-orang yang melanggar aturan forum pastinya akan dikenakan sanksi seperti di-report atau langsung dikeluarkan dari grup. Maka dari itu, selalu patuhi aturan dari forum SEO yang Anda ikuti ya!

3. Pilih Forum dengan Materi Terstruktur

Hampir semua forum punya pembahasan yang lengkap dan luas dari berbagai topik. Namun tidak semuanya menyusun utas materi mereka dengan rapi. Salah-salah, Anda justru bingung mau menyimak informasi dari mana.

Jika Anda ingin belajar dengan lebih mudah, sebisa mungkin pilihlah forum yang menyusun menu pembahasan mereka dengan baik. Minimal, kategori pembahasan disusun secara jelas dan mudah diakses.

4. Selalu Cross Check Informasi

Tidak semua informasi dalam forum bisa Anda telan mentah-mentah. Kita tidak pernah tahu apakah informasi dari member lain sudah benar dari sumber terpercaya, atau justru merupakan misinformasi. Belum lagi terkadang muncul link-link spam yang tak jelas dalam forum online.

Guna menyiasatinya, selalu lakukan cross check data yang Anda terima di forum dengan referensi-referensi terpercaya (buku, website resmi, atau dari mentor). Bertanya pada user verified dalam forum juga bisa menjadi solusi praktis untuk memastikan kebenaran info.

Selamat mencoba!

Demikianlah ulasan rekomendasi forum Google SEO untuk diikuti, beserta tips-tips aman belajar darinya. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Follow terus MARKEY (https://markey.id/) atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore) untuk mendapat ratusan info update gratis seputar SEO dan digital marketing lainnya. Sampai bertemu lagi!

Cara Gabung Survey Online Berbayar, Mudah Dapat Uang di HP!

0
survei-online

Bingung mencari ide bisnis modal HP dan kuota saja? Ayo coba ikuti survey online berbayar!

Survey online berbayar adalah ide bisnis modal HP dan kuota yang mulai naik daun. Siapapun dapat memperoleh income tambahan dari ide bisnis tanpa modal satu ini, mulai dari pelajar, ibu rumah tangga, sampai karyawan.

Bagaimana cara bergabung ke survey online agar mendapat bayaran? Tanpa basa-basi lagi, langsung simak ulasan lengkap seputar bisnis survey online dibayar rupiah terbaru di bawah ini!

Apa Itu Survey Online Berbayar?

survey-online-berbayar

Saat ini sudah ada banyak sekali ide cemerlang berbisnis modal HP dan kuota saja. Salah satunya yang sedang populer adalah survey online berbayar.

Survey online berbayar (dikenal juga dengan paid online survey) adalah pekerjaan sederhana yang bisa dikerjakan siapa saja. Anda akan digaji jika berhasil menjawab kuesioner milik berbagai perusahaan.

Setiap kuesioner umumnya mempunyai bayaran yang berbeda-beda per sekali mengisi kuesioner. Namun sampai saat ini, mayoritas paid online survey terbukti membayar dalam mata uang dollar.

Bagaimana cara bergabung? Anda hanya perlu menelusuri situs-situs penyedia survey online dengan kata kunci seperti “paid survey online” atau “survey online free”.

Selanjutnya, daftarkan diri Anda ke situs penyedia survey, lengkapi data diri, dan mulailah menjawab kuesioner yang ada. Bayaran akan langsung masuk ke akun Anda setiap kali ada kuesioner yang berhasil terselesaikan.

Akhirnya, Anda bisa deh mencairkan dana ke rekening jika saldo sudah mencukupi syarat minimal penarikan. Cukup mudah, bukan?

Apakah Survey Online Berbayar Itu Asli?

Banyak orang masih bertanya-tanya, apakah survey yang dibayar itu sungguh-sungguh asli? Apakah benar ada survey yang memberi kita bayaran berupa uang?

Jawabannya adalah iya. Sebagian besar paid survey online adalah resmi dan benar-benar memberikan bayaran.

Namun mengapa ada survey online free yang bersedia membayar pendapat kita? Sesungguhnya, survey berbayar adalah taktik marketing terpenting dari banyak perusahaan.

Anda adalah masyarakat yang memiliki pandangan terhadap kualitas sebuah brand. Maka dari itulah, riset sangat penting bagi perusahaan. Melalui survey, mereka bisa mengetahui produk atau jasa yang pas dengan selera, minat, dan kebutuhan masyarakat saat ini.

Sayangnya, kelemahan survey gratis biasa adalah sulit mendapatkan responden. Sedikit sekali orang yang berminat meluangkan waktu menjawab pertanyaan perusahaan secara cuma-cuma. Alhasil diciptakanlah strategi baru berupa survey berbayar.

Survey berbayar ini sukses menjadi win-win solution yang menguntungkan semua pihak. Perusahaan bisa memperoleh data sesuai kebutuhan, sementara partisipan (masyarakat) mendapat bayaran atas waktu, data serta pendapat mereka.

10 Website Survey Online Dibayar ke Rekening Bank 100% Asli

Bingung mau mencoba survey online yang mana? Saking banyaknya web penyedia survey online free, sering kali bingung memilih situs survey online dibayar yang berkualitas.

Tak perlu khawatir lagi! Kami telah mengumpulkan 10 situs survey online dibayar ke rekening bank yang bisa langsung Anda coba berikut ini:

1. iPanel : Survey Online Berbayar

iPanel adalah situs penyedia sampling online berbayar internasional. Jumlah pengguna iPanel ada banyak sekali dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Ia juga resmi tercatat dalam 10 web paid survey online terbaik dunia.

Keunggulan utama iPanel adalah memiliki ribuan survey yang dapat langsung diisi dan dibayar dalam hitungan jam. Anda bisa memperoleh 1.000 sampai 5.000 poin untuk 1 survey, belum termasuk bonus besar dari lucky draw.

Setiap poin bisa ditukar dalam berbagai bentuk hadiah. Mulai dari kupon belanja brand ternama, voucher ecommerce, sampai saldo dollar via PayPal. Di samping itu, iPanel tersedia juga dalam versi khusus bahasa Indonesia.

Kunjungi iPanel Indonesia di https://id.ipanelonline.com/

2. ClixSense

Tak kalah menarik dari iPanel, ClixSense merupakan media riset dan survey online terbesar di Amerika. Ia pun telah beroperasi sejak 2007 sampai hari ini.

Awalnya, ClixSense adalah portal bisnis sampingan dengan cara klik iklan yang tersaji di web (PTC atau Paid To Click). Lalu di tahun 2012, ClixSense berganti haluan menjadi situs riset online paling terpercaya dengan bayaran lengkap untuk setiap partisipannya.

Sampai sekarang tercatat bahwa ClixSense telah membayar lebih dari USD 33 juta ke seluruh responden mereka dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Kunjungi ClixSense di http://www.clixsense.com/

3. ViewFruit

Selain punya nama yang unik, keuntungan ViewFruit adalah jumlah minimal saldo untuk penarikannya yang rendah.

Platform paid survey online ini hanya mematok poin sekitar 1500, dengan 200 – 500 poin yang bisa diperoleh per survey. Jadi Anda hanya perlu kira-kira 3x isi survey untuk mencairkan dana!

ViewFruit adalah situs survey online dibayar rupiah yang cukup populer di Indonesia. Jumlah kuesionernya sangat banyak dan sering, alhasil, Anda bisa semakin mudah dan cepat mendapat pemasukan dari sini.

Bagaimana dengan legalitasnya? ViewFruit dikelola langsung oleh grup Paneland dari Cina. Sampai sekarang web ini telah diandalkan banyak perusahaan lebih dari 32 negara sebagai media riset marketing mereka.

Kunjungi ViewFruit di https://id.viewfruit.com/

4. Mobrog

Berikutnya ada Mobrog yang dikelola oleh perusahaan riset asal Jerman bernama Spendid Research. Tujuan utama survey dari Mobrog adalah untuk meneliti seputar digital marketing via aplikasi desktop (komputer) dan smartphone.

Mobrog akan membayar Anda sebesar 7.000 sampai 45.000 dollar per satu kuesioner. Sama seperti situs-situs survey lain, pembayaran upah akan ditransfer menggunakan PayPal.

Anda tidak perlu takut bergabung menjadi member, pasalnya, Mobrog telah resmi terdaftar di lebih dari 51 negara termasuk Indonesia. Anda hanya perlu mendaftarkan email ke web Mobrog lalu menunggu pesan berisi link kuesioner untuk segera diisi.

Sayangnya, jumlah survey Mobrog tidak begitu banyak dibandingkan platform lainnya. Rata-rata responden hanya memperoleh 1 – 2x tawaran kuesioner dalam sebulan.

Kunjungi Mobrog di https://www.mobrog.com/en/

5. Global Test Market

Mau mendapat pemasukan yang berlimpah dari survey online free? Web Global Test Market bisa jadi opsi terbaik untuk dicoba.

Global Test Market telah dipercaya mengelola survey selama 17 tahun lamanya, dan oleh lebih dari 49 negara di dunia. Banyak orang juga suka mengisi kuesioner GTM karena ada banyak kategori topik yang dapat dijawab, seperti film, kuliner, otomotif, lifestyle, kesehatan, dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan ulasan review beraneka produk dan jasa. Setiap survey akan dihargai 10 poin, dan jumlah minimal penarikan adalah 1000 poin (setara USD $50).

Kunjungi Global Test Market di https://www.globaltestmarket.com/?lang=E

6. Toluna Influencers (Toluna)

Toluna Influencers atau Toluna adalah situs survey online dengan bayaran yang bisa mencarikan kuesioner secara otomatis. Anda hanya perlu mendaftar lewat sosial media, mengisi data diri, lalu selebihnya sistem yang akan memilihkan kuesioner terbaik sesuai kriteria Anda.

Toluna juga salah satu situs survey online dibayar rupiah populer di Indonesia. Sama seperti iPanel, Toluna punya versi full berbahasa Indonesia yang akan memudahkan Anda ketika bekerja mengisi survey.

Jumlah minimal reward yang bisa ditukar di Toluna adalah 10.000 poin. Nantinya poin tersebut dapat ditukar sebagai saldo PayPal atau voucher belanja di beragam online shop.

Kunjungi Toluna Influencers di https://id.toluna.com/

7. Opinion World

Rekomendasi situs survey online dibayar rupiah berikutnya adalah Opinion World. Setiap 1000 poin yang berhasil Anda kumpulkan di sini bisa ditukar dengan uang USD $10 atau setara 140 ribu rupiah.

Opinion World adalah portal online survey yang cukup berpengaruh di dunia. Seluruh pendapat yang terkumpul di situs ini sering disampaikan langsung pada pimpinan-pimpinan brand ternama berbagai industri.

Maka dari itu, setiap kuesioner yang Anda isi di Opinion World sudah pasti akan dibayar mahal. Layanan survey online ini juga hadir dalam bahasa Indonesia seperti yang lain.

Kunjungi Opinion World di https://www.opinionworld.co.id/

8. YouGov Indonesia

Anda punya minat di bidang politik? Pas sekali, ada survey YouGov Indonesia yang membutuhkan opini Anda!

YouGov Indonesia adalah platform riset online untuk dunia bisnis dan politik. Data-data kuesioner yang dikumpulkan di YouGov banyak dimanfaatkan perusahaan besar maupun instansi pemerintahan dari banyak negara.

Setiap member YouGov akan mendapat 2 sampai 3 survey setiap bulan untuk diisi. Anda pun akan dibayar 25 – 500 poin per 1 survey. Untuk pencairan dana ke rekening, Anda harus mempunyai minimal 5000 poin atau setara 25 dolar Singapura.

Kunjungi YouGov Indonesia di https://id.yougov.com/id/

9. PanelPlace

PanelPlace juga menjanjikan keuntungan tak kalah besar. Dengan berhasil mengumpulkan 5000 poin saja, maka Anda sudah bisa mendapat pemasukan sebesar 250 ribu rupiah. Inilah salah satu survey online dibayar ke rekening bank yang wajib Anda coba!

Di samping hadiah uang, PanelPlace juga menyediakan banyak hadiah voucher belanja dan pulsa gratis. Masih sama seperti situs-situs survey berbayar lain, Anda wajib memiliki PayPal agar bisa menarik upah.

Kunjungi PanelPlace di https://www.panelplace.com/

10. SurveyOn

Rekomendasi web survey online dibayar ke rekening bank yang terakhir adalah SurveyOn. Situs ini memberikan 4.000 – 6.000 poin untuk setiap kuesioner yang Anda selesaikan.

Batas minimal pencairan dananya juga tergolong rendah, hanya 20.000 poin saja untuk ditukar dengan USD $2. Itu berarti Anda sudah bisa dibayar setiap mengerjakan 4 – 5 survey per hari.

Pun tak hanya melalui survey saja, situs SurveyOn juga memiliki banyak permainan menarik untuk mengumpulkan poin seperti polling kilat (quick poll). Bagaimana, tertarik untuk mencoba SurveyOn?

Kunjungi SurveyOn di https://www.surveyon.com/.

Cara Mendaftar Survey Online Berbayar

Cara mendaftar survey online dibayar rupiah ternyata sangat gampang! Berikut ini cara mendaftar ke berbagai platform survey online free:

  1. Buka situs survey online yang Anda ingin coba.
  2. Daftarkan diri Anda menggunakan email atau sosial media.
  3. Lengkapi data diri Anda dengan benar.
  4. Pengguna baru umumnya akan menerima survey identitas diri. Jawablah pertanyaan tersebut dengan jujur.
  5. Jika sudah, Anda akan langsung menerima poin sebagai imbalan.
  6. Lanjutkan dengan mengisi lebih banyak kuesioner yang tersedia.
  7. Apabila poin telah terkumpul cukup banyak, lakukan penarikan saldo mengikuti pedoman masing-masing platform.

Catatan penting: cara ini dapat diaplikasikan pada semua web survey online, akan tetapi, ada baiknya untuk tetap menyimak syarat dan ketentuan survey yang diberlakukan setiap platform. Jangan lupa siapkan akun PayPal untuk mempermudah proses penarikan saldo, ya!

Plus Minus Survey Online Berbayar

Survey online yang praktis menyimpan berbagai sisi positif dan negatif di dalamnya. Ada baiknya untuk mencermati poin-poin tersebut sebelum benar-benar memulai ide bisnis modal HP dan kuota satu ini.

Keuntungan utama survey online adalah sangat praktis dan sederhana. Anda tidak perlu punya skill khusus, berkonsentrasi keras, atau bersusah payah demi memperoleh pemasukan tambahan. Waktu pengerjaannya pun rata-rata singkat, hanya sekitar 10 – 20 menit per kuesioner.

Selain itu, survey online juga tidak menetapkan jawaban yang salah dan benar seperti ujian. Penyelenggaran hanya ingin mengetahui pendapat Anda terhadap brand, jadi, ingatlah untuk selalu menjawab dengan jujur.

Namun sisi buruknya, masih ada oknum-oknum penipu berkedok survey berbayar. Selalu waspada dan hindari tawaran survey dengan profit besar mencurigakan. Biasanya penipu mengiming-imingi keuntungan lebih tinggi jika Anda bersedia membeli sebuah produk, kit, atau bahkan crypto.

Demikianlah pembahasan ide bisnis modal HP dan kuota dengan survey online yang dibayar. Ingin tahu lebih banyak peluang bisnis tanpa modal lainnya? Temukan semuanya sekarang di MARKEY (https://markey.id/) atau MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

 

AIDA Singkatan dari? | Kupas Tuntas Rumus AIDA Copywriting!

0
aida-copywriting

Mau tulisan promosi atau artikel Anda ramai klik? Yuk mulai coba gunakan teknik AIDA copywriting dari sekarang!

Teknik AIDA copywriting adalah salah satu rumus copywriting sukses yang banyak digunakan sampai hari ini. Kalau Anda sering kebingungan mencari cara menulis artikel yang memikat, maka pas sekali, AIDA copywriting adalah solusi terbaik untuk segera dicoba.

Yuk langsung pelajari seperti apa teknik AIDA copywriting selengkapnya pada review rumus copywriting di bawah ini!

Baca juga : Terkuak! Teknik Copywriting Terbaik untuk Deskripsi Produk

AIDA Singkatan Dari Attention, Interest, Desire & Action

AIDA singkatan dari

Sudahkah Anda pernah mendengar nama rumus copywriting “AIDA”? AIDA bukan hanya sekadar nama trik copywriting saja, lho.

Apa itu AIDA copywriting? Bagi yang belum tahu, AIDA singkatan dari 4 elemen penting yang menjadi tujuan utama dalam artikel pemasaran online. AIDA singkatan dari Attention (perhatian), Interest (kesukaan), Desire (keinginan), serta Action (tindakan).

Seluruh elemen AIDA sebaiknya selalu dipegang ketika Anda menulis artikel promosi, blog, atau content marketing website. Sebab, seluruh komponen AIDA akan membantu Anda melahirkan tulisan yang sangat menarik untuk dibaca.

Selain itu juga, artikel-artikel yang berpedoman pada AIDA sangat ampuh mempengaruhi tindakan pembaca selanjutnya. Misalnya seperti membeli produk, berlangganan newsletter, mengklaim penawaran, dan lain-lain.

Sejarah dan Penemu AIDA Copywriting

Siapa yang menciptakan konsep unik kepenulisan AIDA ini? Jawabannya adalah seorang pebisnis sekaligus kepala pemasaran di tahun 1898 bernama E. St. Elmo Lewis.

Tidak hanya mengagas ide AIDA singkatan dari Attention, Interest, Desire dan Action saja, Lewis juga turut mendalami proses interaksi antar penjual dan konsumen dalam sebuah promosi.

Rumus AIDA mempunyai tujuan utama memaksimalkan penjualan lewat promosi tertulis. Lewis akhirnya mempelajari tata cara mempengaruhi pemikiran melalui tulisan guna mencapa goal tersebut. Kemudian pada akhirnya, teknik AIDA copywriting berhasil diciptakan.

Keberhasilan AIDA copywriting mengantarkan Lewis sebagai pelopor rancangan iklan tertulis. Rumus yang dibuatnya merupakan temuan berharga dalam dunia marketing yang dilestarikan sampai melebihi 100 tahun. Hebatnya lagi, teknik AIDA pun masih relevan baik untuk pemasaran tradisional maupun digital.

4 Unsur Rumus Copywriting AIDA

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, AIDA singkatan dari Attention, Interest, Desire dan Action. Masih belum banyak yang tahu apa maksud, tujuan dan fungsi dari setiap komponen rumus copywriting ini.

Berikut adalah ulasan dari setiap komponen teknik AIDA copywriting:

Attention (Perhatian)

Unsur pertama dalam singkatan AIDA adalah attention yang berarti “perhatian”. Setiap tulisan artikel bisnis apalagi yang bertujuan “membujuk” konsumen agar mau berbelanja harus memiliki kekuatan dalam menarik perhatian audiens.

Tantangan utama Anda kini terletak pada cara menarik perhatian calon pembaca. SilverPop menemukan fakta mencengangkan, bahwa, setiap artikel hanya punya rata-rata 8 detik untuk menarik minat baca seseorang.

Waktu tersebut tentunya sangat singkat untuk mencuri perhatian calon konsumen Anda. Namun jika artikel Anda gagal menciptakan kesan kuat dalam benak pemirsa di detik-detik pertama, maka bersiaplah untuk langsung kalah saing dengan kompetitor lainnya.

Interest (Kesukaan)

Elemen penting kedua adalah interest, alias “kesukaan” atau “ketertarikan”. Setelah artikel sukses menggenggam perhatian audiens, kini ia harus mampu menjaga ketertarikan pembaca selama mungkin.

Pernahkah Anda mengklik sebuah artikel dengan judul menarik, lalu langsung menutupnya kembali karena isinya biasa saja? Hati-hati, tindakan tersebut bisa menimbulkan bounce rate dan menurunkan ranking SEO website dalam jangka panjang.

Sebaliknya, semakin lama pengunjung menyimak artikel-artikel di website Anda, maka Google akan menilai situs Anda berbobot dan disukai masyarakat. Alhasil, Google pasti merekomendasikan web Anda di halaman pertama mereka.

Jadi, usahakan agar isi artikel tidak membuat pembaca bosan, ya!

Desire (Keinginan)

Menarik perhatian dan minat baca saja masih belum cukup. Supaya artikel Anda berhasil menciptakan transaksi online baru, Anda harus menyelipkan unsur desire (keinginan) ke dalamnya.

Banyak orang sering terkecoh ketika menulis poin ini, sebab desire memang sepintas tampak mirip dengan interest. Akan tetapi tujuan kedua elemen tersebut sejatinya sangat jauh berbeda.

Goal utama desire adalah membujuk, menciptakan dan meyakinkan pembaca agar mau menggunakan produk atau jasa yang dipromosikan dalam tulisan. Sedangkan interest hanya sebatas mempertahankan minat dan rasa penasaran audiens ketika membaca. Maka dari itu, tahapan penulisan desire umumnya lebih mendalam dan kuat secara emosional.

Action (Tindakan)

Poin terakhir dalam singkatan AIDA adalah action (tindakan). Kebanyakan penulis copy menutup artikel mereka dengan ajakan, arahan atau perintah halus untuk melakukan sesuatu. Poin ini juga dikenal dengan nama CTA (Call To Action).

Ada banyak sekali model-model CTA yang bisa Anda selipkan dalam artikel. Biasanya penulis menyesuaikan kalimat ajakan tersebut dengan tujuan utama artikel.

Contohnya, jika Anda ingin pembaca membeli produk yang diulas dalam artikel, maka kalimat CTA yang benar adalah: “Pesan produk X sekarang juga, stok terbatas!” atau “Khusus hari ini! Pembelian produk A langsung dapat gratis ongkir 100% tanpa minimal belanja,” dan lain-lain.

Beberapa contoh tujuan dari Call To Action adalah:

  • Menciptakan penjualan baru.
  • Mengisi survey online.
  • Mengklaim voucher atau belanja dengan diskon.
  • Mengunduh sesuatu dari website.
  • Mendaftar program atau berlangganan newsletter (subscribe).
  • Bergabung dengan afiliasi marketing, dan lain-lain.

Contoh AIDA Copywriting

Kabar baiknya, kini kita bisa dengan mudah menemukan contoh AIDA copywriting dari brand-brand di sekitar kita. Ada banyak sekali tulisan yang menggunakan teknik ini, misalnya pada:

  • Deskripsi produk di ecommerce.
  • Artikel gratis di blog dan website.
  • Katalog promosi olshop.
  • Postingan feed sosial media bisnis.

Seperti apa contoh AIDA copywriting? Untuk menambah pemahaman Anda, coba simak contoh AIDA copywriting pada artikel “Aplikasi Rideshare: Peluang Usaha Menjanjikan” sekaligus analisa sederhananya berikut ini.

1. Contoh Attention

Artikel Aplikasi Rideshare menarik perhatian pembaca dengan kalimat judulnya yang memikat, yakni “Aplikasi Rideshare: Peluang Usaha Menjanjikan”.

Ketika melihat judul, pembaca akan langsung penasaran dengan apa yang dimaksud peluang usaha menjanjikan baru memakai aplikasi rideshare. Otomatis, mereka akan mengklik artikel dan membaca isinya.

2. Contoh Interest

Paragraf-paragraf awal artikel memperlihatkan contoh pembangunan interest tulisan yang baik. Contohnya adalah kalimat:

  • Pasar aplikasi rideshare seperti Uber, Gojek dan Grab telah menjadi peluang usaha yang berkembang sangat pesat. Dalam kondisi pasar ini, ternyata ada perusahaan yang juga menjual paket pembuatan aplikasi dengan fungsi sama dan jauh lebih murah.”

Bagian ini memberikan wawasan secara langsung pada audiens terkait peluang baru bisnis di bidang transportasi online. Biasanya, pembaca yang baru mengetahui sebuah informasi akan terus membaca artikel demi melengkapi wawasan mereka.

Sisi menarik lainnya dari kalimat di atas terletak pada “..ada perusahaan yang juga menjual aplikasi serupa Grab dan Gojek namun jauh lebih murah”. Konsumen pun penasaran dan terus menggali lebih dalam guna mengetahui seperti apa layanan yang dimaksud.

3. Contoh Desire

Bagian isi artikel seterusnya diisi dengan poin-poin keunggulan dari jasa yang ditawarkan di awal. Tujuannya tak lain supaya pembaca memiliki minat yang lebih kuat untuk mencoba jasa aplikasi yang ditawarkan. Contoh kalimatnya adalah:

  • APPSHOP NAVI merupakan layanan paket pembuatan aplikasi serupa Gojek dan Grab dari APPKEY.
  • Kami memberikan layanan pembuatan aplikasi yang murah agar banyak orang bisa menggunakan
  • Kami mengembangkan aplikasi semurah dan semudah mungkin.
  • Banyak pelanggan telah menghubungi kami untuk pengembangan aplikasi rideshare, sebab mereka ingin mengikuti kesuksesan Grab dan Gojek.
  • Uniknya, Anda pun dapat turut mengedit sendiri isi, fitur dan desain dari aplikasi

Bagian-bagian yang dicetak tebal pada kalimat di atas adalah keunggulan-keunggulan yang ditawarkan aplikasi rideshare ke pembaca. Desire pembeli bisa dengan mudah terbentuk hanya dengan menyelipkan manfaat atau keunggulan produk seperti contoh di atas!

4. Contoh Action

Terakhir, artikel ditutup dengan tombol-tombol CTA yang bisa diklik pembaca untuk memesan app atau mengetahui informasi lebih lanjut. Terdapat pula informasi kontak perusahaan secara ringkas guna membantu konsumen dalam mengajukan pemesanan.

5 Cara Sederhana Mempraktekkan AIDA Copywriting

Tertarik mencoba AIDA copywriting untuk tulisan marketing Anda? Yuk ikuti 5 kiat sederhana AIDA copywriting berikut ini:

1. Segera Tarik Perhatian Audiens di Awal

Jangan buang-buang waktu dengan basa-basi tak penting di artikel. Segera tarik perhatian calon pembaca Anda dengan memakai judul, headline dan kalimat pembuka yang memikat.

Semakin cepat artikel Anda menumbuhkan pemikiran, “Inilah solusi yang saya butuhkan!” dalam diri konsumen, maka hasilnya akan semakin baik. Untungnya sekarang ada banyak strategi yang bisa dicoba untuk menarik perhatian pembaca, seperti:

  • Menggunakan judul yang clickbait.
  • Sajikan buyer persona dalam artikel.
  • “Tembak” langsung dengan masalah dan solusinya secara sepintas.
  • Sertakan gambar sesuai isi artikel, tapi ampuh memancing rasa penasaran.

2. Gunakan Kata-Kata Pembangkit Minat

Bangun dan jaga interest pembaca memakai kata-kata yang efektif membangkitkan minat. Sebisa mungkin hindari gaya penulisan monoton, bertele-tele dan ramai dengan istilah-istilah sulit maupun typo.

Beberapa contoh kalimat yang mengandung interest adalah:

  • Khasiat yang super instan dan praktis, mampu menurunkan 10 kg berat badan kurang dari 1 bulan.
  • Sudah banyak yang membuktikan serum A sangat ampuh mengusir jerawat dalam 3 hari.
  • Psst! Ini dia rahasia sukses banjir endorse ala selebgram kekinian. Sudah tahu, belum?

Selain itu, selipkan sebanyak mungkin variasi informasi guna memperkaya ulasan Anda. Contohnya adalah jabaran data, kondisi ideal, studi kasus, dan alasan-alasan mengapa produk atau jasa Anda harus dicoba oleh pembaca. Tulisan yang berbobot dan kaya informasi juga akan dipandang menarik.

3. Membangun Emosi Tulisan

Kunci sukses setiap tulisan adalah memiliki unsur emosi yang kuat di dalamnya, sama seperti sebuah cerita, gosip ataupun curhatan yang sering Anda dengar dari rekan-rekan setiap hari.

Unsur emosi membuat tulisan Anda jauh lebih hidup dan melekat erat dalam benak pembaca. Anda dapat membangun emosi tulisan dengan strategi sederhana, seperti turut bersimpati dengan masalah pembaca, membagikan ulasan testimoni, atau menceritakan sisi humanis brand.

Gunakan juga kata-kata pembangkit emosi seperti:

  • Tidak perlu cemas, kami punya solusinya.
  • Anda tidak sendirian menghadapi masalah ini.
  • Kami dengan senang hati akan selalu membantu Anda.
  • Kami mengerti sulitnya menghadapi hal tersebut.
  • Terima kasih telah memercayakan solusi masalah Anda pada kami.
  • Untuk Anda yang telah berjuang keras selama pandemi, Anda luar biasa!

4. Sebutkan Manfaat Produk

Jangan lupa untuk menyebutkan manfaat produk dalam tulisan, seperti pada contoh AIDA copywriting di atas. Pemaparan manfaat atau keunggulan dari produk bisa membangun keinginan kuat membeli produk dalam benak pembaca.

Cara termudah mempraktekkan kiat ini adalah dengan mempelajari betul-betul manfaat dari produk atau jasa yang hendak di ulas. Setelahnya barulah jabarkan semua keunggulan tersebut, namun tanpa terlalu melebih-lebihkannya (hiperbola).

5. Waktunya Menyelipkan CTA (Call To Action)

Tutup artikel Anda dengan selipan CTA yang pas sesuai isi tulisan. Gunakan kata-kata yang persuasif (membujuk secara halus) dan sopan agar konsumen tak merasa seperti diperintah mentah-mentah.

Jangan sertakan banyak CTA dalam 1 artikel, sebab bisa membuat konsumen merasa risih. Terlalu sering “meminta” konsumen membeli produk menimbulkan kesan negatif bahwa brand Anda hanya peduli pada penjualan, alih-alih berdedikasi membantu masalah audiens.

Tidak ada aturan baku terkait penempatan Call To Action. Namun biasanya, CTA diselipkan pada bagian akhir (penutup) artikel, maupun pada posisi lain yang dirasa strategis.

Kalau masih bingung dan butuh referensi peletakkan CTA, Anda dapat mempelajarinya dari artikel milik kompetitor lain.

Demikianlah ulasan lengkap seputar AIDA copywriting, mulai dari definisi, unsur-unsur, contoh dan kiat-kiat mempraktekkannya. Semoga ulasan di atas mampu menambah wawasan dan strategi content marketing Anda, ya!

Temukan lebih banyak tips sukses bisnis online gratis hanya dari MARKEY (https://markey.id) atau MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sayonara!

Apa Itu CRM Marketing? Arti & Contoh Close Range Marketing

0
close-range-marketing

Pernah melihat iklan saat mengakses WiFi publik? Ini adalah contoh dari CRM marketing, alias Close Range Marketing. CRM adalah taktik pemasaran online unik yang bisa membantu mendongkrak popularitas toko Anda!

Lebih dari 90% orang mengandalkan media-media mainstream untuk mempromosikan bisnisnya, seperti sosial media, situs olshop, dan aplikasi ecommerce. Pastinya Anda sendiri juga sudah pernah mempromosikan usaha lewat media-media tersebut.

Sosmed, web dan aplikasi olshop memang opsi terbaik untuk menjangkau konsumen yang jauh. Akan tetapi, performa mereka belum tentu efektif dalam aktivitas promosi jarak dekat. Sebagai gantinya, Anda bisa mengandalkan strategi CRM (Close Range Marketing).

Mari langsung cari tahu apa itu CRM marketing beserta contoh-contohnya pada ulasan selengkapnya berikut ini!

Apa Itu CRM Marketing?

Sudah pernah mendengar apa itu CRM marketing? CRM marketing adalah singkatan dari Close Range Marketing, yang juga merupakan salah satu jenis digital marketing.

Strategi CRM mungkin tidak seterkenal jenis-jenis pemasaran online lainnya, seperti sosial media marketing, Search Engine Marketing (SEM), Call To Action, dan seterusnya. Namun jangan salah, Close Range Marketing punya sifat khusus yang menjadikannya unik dan ampuh menggaet konsumen.

CRM adalah pilihan terbaik, terutama kalau Anda ingin menarik keuntungan dari konsumen terdekat di sekitar Anda. Sesuai namanya, “close range” dalam bahasa Indonesia memiliki arti “dalam jangkauan (dekat)”.

Cara Kerja CRM Marketing Adalah

Lalu seperti apa cara kerja dari strategi Close Range Marketing? Mirip seperti pemasaran online pada umumnya, strategi CRM bekerja dengan perangkat digital (gadget) plus koneksi internet.

Bedanya, di sini Anda hanya memanfaatkan alat-alat yang bisa bekerja, atau dilengkapi fasilitas koneksi WiFi dan Bluetooth. Contohnya seperti laptop, tablet dan smartphone. Mengapa? Dalam CRM, marketer akan menggunakan koneksi WiFi dan Bluetooth untuk mengirimkan konten promosi pada konsumen.

WiFi dan Bluetooth menjadi media yang paling diandalkan dalam Close Range Marketing karena sifatnya sebagai saluran digital jarak dekat dan terbatas (hanya dalam hitungan meter). Iklan baru bisa tersebar ketika ada gadget yang terhubung ke saluran WiFi atau Bluetooth yang Anda aktifkan.

Semisal, konsumen A menyambungkan smartphonenya pada layanan free WiFi dari toko Anda. Kemudian mereka bisa melihat sejumlah iklan produk terpampang di halaman landing koneksi begitu sinyal WiFi terhubung ke perangkat.

Contoh lainnya, konsumen menerima pesan berisi penawaran yang masuk ketika ponsel terhubung ke Bluetooth. Mereka bisa menerima semua iklan Anda setelah mengklik tombol ‘oke’ untuk mengizinkan pesan masuk.

2 Contoh CRM Marketing Adalah

crm-marketing

Ada dua jenis sekaligus contoh CRM marketing, yaitu WiFi marketing dan Bluetooth marketing. Berikut penjelasan dari setiap tipe Close Range Marketing selengkapnya.

1. WiFi Marketing

Siapa bilang kita tidak bisa memanfaatkan WiFi untuk marketing? WiFi adalah singkatan dari Wireless Fidelity. Pun umumnya, orang-orang mengenal WiFi sebagai salah satu bentuk koneksi internet tanpa kabel.

Ternyata WiFi juga bisa bermanfaat dalam agenda pemasaran bisnis online kita melalui “WiFi marketing”. WiFi marketing merupakan inovasi baru mempromosikan layanan atau produk ke konsumen secara real time. Taktik CRM ini mulai populer karena terbukti ampuh membangun kedekatan brand dengan pembeli secara langsung dengan mudah via smartphone.

Nah, Anda bisa turut meningkatkan sejumlah aspek penting dalam bisnis memakai WiFi marketing, seperti:

  • Mengetahui insight dan karakteristik konsumen yang datang ke toko Anda.
  • Menggali lebih banyak informasi baru perihal persona customer Anda (perilaku konsumen, minat, latar belakang identitas, dan lain-lain).
  • Menambah kualitas pelayanan secara langsung yang dapat turut meningkatkan frekuensi kunjungan mereka ke toko.
  • Membantu mengumpulkan data lebih lengkap untuk proses analisis audiens.
  • Bisa mengiklankan berbagai kampanye bisnis lewat landing page

Cara memulai WiFi marketing pun sangat gampang! Semisal Anda sudah memiliki toko fisik sendiri saat ini. Selanjutnya, Anda hanya perlu memasang jaringan WiFi dan membuka free akses bagi konsumen. Strategi WiFi marketing ini sudah sangat banyak dilakukan oleh bisnis-bisnis seperti restoran, kafe, dan coworking space.

Nantinya Anda bisa mengumpulkan data konsumen atau melakukan beragam trik marketing yang sudah dijelaskan di atas untuk memaksimalkan pendapatan.

2. Bluetooth Marketing

Contoh CRM marketing yang kedua adalah Bluetooth marketing. Bluetooth sudah lama menjadi fitur unggulan pada telepon genggam, dan masih cukup populer saat ini. Bahkan laptop dan komputer tablet kekinian pun turut dilengkapi sistem koneksi Bluetooth.

Bluetooth marketing adalah strategi promosi CRM antar 2 gadget atau lebih dengan media perantara koneksi Bluetooth. Melalui sambungan tersebut, kita bisa mengirimkan beragam konten promosi sejenis pesan teks iklan, foto banner penawaran, video marketing, dan lain-lain kepada orang lain.

Keunggulan utama Bluetooth marketing terletak pada sifatnya yang berlandaskan persetujuan pengguna. Tidak seperti iklan online biasa yang muncul begitu saja, di sini audiens punya kendali penuh menentukan apakah mereka mau menerima iklan atau tidak.

Jika calon konsumen penasaran dengan penawaran Anda, mereka bisa mengklik ‘oke’ ketika notifikasi Bluetooth menyampaikan ada pesan iklan yang masuk dari toko. Begitu juga sebaliknya.

Cara ini memastikan iklan yang Anda buat sepenuhnya bermakna dan tak ‘sekadar angin lalu’ bagi konsumen. Sebab, orang-orang yang memilih menerima iklan biasanya memang tertarik dengan produk atau jasa, sekaligus merupakan calon pembeli serius.

Keuntungan lainnya, brand Anda tidak akan dicap negatif akibat terlalu sering menampilkan iklan yang mengganggu aktivitas pengunjung.

Keunggulan dan Kekurangan CRM Marketing

Close Range Marketing merupakan strategi yang menarik dan unik. Namun di baliknya tetap ada sejumlah keunggulan dan kekurangan yang harus Anda waspadai.

Keunggulan menerapkan Close Range Marketing adalah:

  • Memaksimalkan penjualan dari konsumen sekitar dengan mudah.
  • Peluang keberhasilan iklan sangat tinggi karena sasaran audiensnya lebih spesifik.
  • Mengutamakan persetujuan audiens dan menghindari bentuk spam.
  • Menjaga kenyamanan pembeli yang berkunjung, karena konten iklan muncul pada laman khusus yang tak menutupi isi konten penting seperti pada iklan website.
  • Meminimalisir kemunculan kesan negatif pada brand.

Di sisi lain, kekurangan utama dari Close Range Marketing sudah tentu daya jangkaunya yang sempit. Kembali lagi, konsep dari strategi CRM memang berfokus pada konsumen lokal sekitar saja. Jadi, sangat tidak tepat mengandalkan strategi promosi ini untuk menggaet konsumen dalam cakupan luas.

Sangat disarankan untuk menggabungkan taktik CRM dengan metode pemasaran online jarak jauh lain seperti sosial media marketing, website, SEM / SEO, dan lain-lain guna memperoleh omset bisnis maksimal. Anda juga dapat mengoptimalkan penjualan lokal bisnis memakai beragam tips SEO lokal terbaru.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar apa itu CRM marketing. Semoga ulasan di atas mampu menambah wawasan, inspirasi maupun inovasi marketing bagi usaha Anda saat ini!

Ingin tahu lebih banyak kiat-kiat unik sukses berbisnis online? Yuk dapatkan semuanya hanya di MARKEY! Cukup klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore), dan langsung temukan berbagai artikel digital marketing terbaru spesial hanya untuk Anda.

Sampai bertemu lagi!