Last Updated on May 10, 2022 by
Kecanggihan teknologi sekarang sudah merambah ke dunia bisnis tradisional. Jika diperhatikan, belakangan ini ada banyak sekali toko kelontong, warung, hingga restoran kecil yang menyediakan pembayaran dengan QR Code “QRIS”.
Pernahkah Anda mendengar apa itu QRIS sebelumnya? Pemakaian QRIS untuk transaksi juga diminati bukan tanpa alasan. Pasalnya, QRIS adalah teknologi pembayaran digital simpel yang bisa meningkatkan omset bisnis dengan mudah.
Ingin tahu bagaimana cara daftar QRIS serta manfaatnya untuk mengoptimalkan bisnis Anda? Yuk langsung simak penjelasan lengkapnya pada ulasan berikut ini!
Daftar Isi
Apa Itu QRIS? Mengenal Teknologi Pembayaran Masa Kini
Saat ini, kita semakin mudah dalam melakukan pembayaran berkat teknologi. Jika dulu semua tagihan bisa dilunasi hanya dengan uang tunai, sekarang sudah ada teknologi e-wallet dan barcode untuk membayar belanjaan.
Di Indonesia sendiri ada banyak alat pembayaran non-tunai yang sah dan populer digunakan masyarakat. QRIS adalah salah satunya. Apa itu QRIS?
Meskipun sempat viral dan gencar diiklankan oleh pemerintah, nyatanya masih banyak juga orang yang belum tahu apa itu QRIS. QRIS adalah sebuah teknologi QR Code yang memungkinkan pembeli terhubung dengan akun rekening penjual.
Pembeli bisa menransfer uang kepada pemilik usaha dengan hanya men-scan QR Code QRIS saja. Kepraktisannya inilah yang menjadikan banyak pedagang memilih mendaftar QRIS untuk mengoptimalkan bisnisnya.
Sedangkan nama QRIS sendiri merupakan sebuah singkatan. Kepanjangan QRIS adalah “Quick Response Code Indonesia Standard”.
Apa Itu QR Code dan Cara Kerjanya?
Teknologi QR Code sesungguhnya sudah banyak dimanfaatkan di masyarakat. Sebelum diinovasikan sebagai alat pembayaran, QR Code umumnya dipakai untuk mendeteksi label produk.
QR Code umumnya berbentuk persegi (kotak) dengan garis-garis abstrak hitam putih di dalamnya. Dalam dunia teknologi, garis-garis abstrak tersebut adalah kode matriks dua dimensi. Agar bisa bekerja dan dideteksi dengan baik pun, QR Code umumnya dilengkapi dengan beragam penanda khusus: modul hitam titik atau persegi, penanda tiga pola di masing-masing sudut, dan kemampuan menyimpan data karakter tersendiri.
Cara pakai QR Code cukup sederhana. Sebagai penjual, Anda hanya perlu menempelkan QR Code yang siap discan pada posisi yang strategis loket kasir dan halaman pembayaran pada e-commerce/website bisnis.
Nah, kapanpun konsumen hendak membayar, mereka hanya perlu menscan kode tersebut dengan beragam aplikasi QR Code atau e-wallet. Praktis, bukan?
QRIS adalah QR Code yang Dilindungi Bank Indonesia
Bagaimana dengan sistem keamanannya? Apakah aplikasi QRIS terpercaya?
Anda tidak perlu khawatir karena QRIS sudah dilindungi, diawasi dan bekerja dalam aturan standar Bank Indonesia. Bahkan Anda bisa mendaftar QRIS dari berbagai bank negeri atau swasta yang beroperasi di dalam negeri.
Akun rekening bisnis Anda akan disinkronisasikan dalam bentuk QRIS QR Code. Tujuannya tentu saja supaya setiap transaksi langsung masuk dan diamankan ke dalam rekening.
4 Manfaat Utama QRIS untuk Bisnis Online dan Offline
Mengapa Anda wajib menambahkan metode pembayaran QRIS ke bisnis? Tentunya ada segudang manfaat yang bisa diperoleh lewat QRIS, yakni:
1. Fleksibel dan Nyaman bagi Konsumen
Konsumen kebetulan tidak bawa uang cash yang pas dan tidak ada kembalian di mesin kasir? Tenang, Anda bisa mengarahkan mereka untuk membayar lewat QRIS.
Melalui QRIS, pembeli bisa membayar pesanan mereka dalam jumlah pas tanpa ribet. Mereka hanya perlu membuka aplikasi e-wallet atau m-banking masing-masing, menscan kode, masukkan nominal tagihan dan konfirmasi pembayaran.
QRIS juga terintegrasi dengan semua bank atau e-wallet, jadi konsumen bebas mau membayar lewat mana saja.
2. Hemat Biaya
Cara daftar QRIS ternyata tidak memakan banyak modal, jadi sangat cocok untuk digunakan oleh pebisnis kecil sekalipun. Biaya pembuatan QRIS hanya dikenakan sekali di awal dan mempunyai tarif yang terjangkau. Namun ada baiknya Anda berkonsultasi dengan pihak QRIS atau bank yang Anda gunakan karena setiap bank mempunyai syarat dan ketentuannya masing-masing.
3. Akurasi Tingkat Tinggi
Tidak perlu takut rincian transaksi bisnis tercecer, keliru atau hilang sebab QRIS dilengkapi sistem komputer pintar. Sistem tersebut secara otomatis merekam seluruh riwayat pemasukan dan pengeluaran usaha Anda. Akibatnya, tingkat kesalahan catatan transaksi jauh lebih kecil ketimbang dihitung manual.
4. Cepat Beres, Tak Perlu Antre
Manfaat terakhir memakai QRIS adalah meningkatkan kualitas pelayanan toko Anda. Konsumen tidak perlu antre lama menunggu Anda menghitung dan mencari uang kembalian. Semua diatur oleh komputer pintar yang secara otomatis memotong saldo konsumen sesuai tagihan pesanan. Super praktis!
Dua Model Pembayaran QRIS
Ada dua jenis model pembayaran yang dapat Anda lakukan dengan QRIS, yakni Merchant Presented Mode dan Customer Presented Mode. Apa perbedaan dan kegunaan masing-masing? Ini jawabannya:
Merchant Presented Mode
Merchant Presented Mode QRIS adalah sistem di mana penjual yang memperlihatkan kode QR untuk discan pengunjung. Ketika konsumen hendak membayar, cukup tunjukkan kode QRIS bisnis Anda kepada mereka.
Supaya lebih efektif, Anda bisa menempelkan kode tersebut di dekat mesin kasir (untuk bisnis offline) atau memasangnya di halaman check-out (untuk bisnis online). Konsumen tinggal mengeluarkan smartphone dan menscan kode tersebut untuk memproses pembayaran.
Customer Presented Mode
Berkebalikan dengan sistem sebelumnya, di sini konsumenlah yang akan menunjukkan kode QR QRIS kepada penjual. Pihak kasir tinggal menscan kode tersebut dengan alat scanner yang dimiliki. Biasanya kode-kode seperti ini sering juga disebut sebagai “Kode Bayar”.
Meski kode ditunjukkan oleh konsumen, nominal tagihan juga tetap akan menyesuaikan dengan jumlah belanjaan konsumen. Jadi konsumen tidak bisa memanipulasi harga yang harus dibayar.
Cara ini umumnya hanya berlaku untuk pembayaran secara tatap muka di toko-toko offline. Fitur Customer Presented Mode baru-baru ini populer setelah adanya inovasi pesan makan online tapi ambil sendiri (self-pick up).
Baca juga: 5 Keuntungan Bisnis Makanan dengan Fitur Ambil Sendiri di Resto
Cara Daftar QRIS : Mudah dan Praktis untuk Pemula
Nah, Anda sudah tahu banyak seputar apa itu QRIS untuk bisnis. Sekarang tibalah kita pada pembahasan yang penting dan sudah dinanti-nanti: cara daftar QRIS untuk pemula.
Sampai hari ini, tercatat sudah ada 4,3 juta bisnis di seluruh Indonesia yang menggunakan QRIS sebagai salah satu alat transaksi. Pastinya jangan sampai Anda kehilangan konsumen hanya karena belum update pakai QRIS!
Yuk langsung persiapkan diri dan kebutuhan mendaftar QRIS dengan mengikuti langkah-langkah runut di bawah ini:
1. Kunjungi Laman Website QRIS
Pendaftaran QRIS bisa dilakukan dari laman website resminya di www.qris.id/register. Di sana sudah tersedia pedoman runut untuk memudahkan Anda dalam mendaftar QRIS.
Alternatif lainnya, Anda juga bisa mendaftar QRIS via layanan InterActive. InterActive adalah perusahaan teknologi yang banyak memfasilitasi produk IT di Indonesia.
Untuk mengakses QRIS di InterActive, Anda bisa mengklik www.interactive.co.id/qris/register. Namun pembuatan QRIS lewat InterActive akan dibebankan biaya awal sebesar 25 ribu rupiah.
2. Persiapkan Dokumen Bisnis Anda
Jangan lupa siapkan beberapa dokumen terkait bisnis Anda demi memenuhi syarat dan ketentuan yang disediakan pihak QRIS. Adapun dokumen yang diperlukan adalah:
- KTP pemilik usaha (file jpg/jpeg/gambar).
- Akte Perusahaan milik bisnis Anda (file jpg/jpeg/gambar).
- NPWP perusahaan (file jpg/jpeg/gambar).
- Nomor KK sesuai KTP (nomor ini diinput secara manual pada form registrasi).
- Surat Kuasa Asli, jika Anda adalah wakil dari perusahaan (file jpg/jpeg/gambar).
3. Mengisi Formulir
Setelah semua berkas siap, lanjutkan dengan mengisi formulir yang sudah disediakan di website QRIS. Upload juga dokumen yang dibutuhkan pada kolom yang ditentukan. Terakhir, lakukan tanda tangan online di halaman “Formulir Syarat dan Ketentuan QRIS yang Berlaku”.
4. Menunggu Validasi Data
Di sini mau tak mau Anda harus sabar. Proses validasi data dan dokumen di QRIS umumnya memakan waktu paling cepat 2 minggu, dan paling lambat 1 bulan.
Jika data sudah valid, Anda bisa melanjutkan registrasi ke PT. Penyelesaian Transaksi Elektronik Nasional (PTEN). Kemudian Anda akan mendapatkan NMID (National Merchant ID) yang sah untuk digunakan dalam transaksi.
5. Mendapat Username dan Password
Proses cara daftar QRIS belum selesai setelah Anda mendapat NMID. Bisnis-bisnis yang sudah lolos sampai tahap ini akan mendapat username dan password otomatis dari pihak QRIS via email. Username dan password ini adalah akses menuju akun QRIS bisnis Anda. Anda juga akan langsung mendapatkan barcode yang bisa digunakan untuk transaksi.
6. Desain dan Cek Kualitasnya
Tahap terakhir, Anda akan dibantu untuk melakukan desain barcode. Tujuan desain ini adalah supaya barcode QRIS Anda sesuai dengan tampilan standar QRIS menurut ASPI (Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia).
Kualitas barcode juga akan dicek kembali oleh tim QRIS supaya bisa benar-benar digunakan untuk menerima transaksi. Proses pengecekan umumnya berupa pemeriksaan nama usaha dan uji tes scan barcode dengan aplikasi e-wallet.
Download QRIS Gratis dan Mudah Di Sini
Tertarik untuk mulai menggunakan QRIS? Anda juga bisa lho mendownload QRIS dalam bentuk aplikasi demi menunjang kenyamanan transaksi. Aplikasi QRIS ini juga gratis 100% dari Google Play Store.
Download QRIS dari Google Play via link https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bdv.qris. Alternatif lainnya, Anda boleh mendownload QRIS dari websitenya di https://qris.id/homepage/ . Selamat mencoba!
Demikianlah pembahasan lengkap artikel MARKEY kali ini seputar alat pembayaran canggih: QRIS! Yuk follow website MARKEY di https://markey.id/ untuk mendapatkan lebih banyak artikel informatif seru seputar dunia bisnis digital. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.