Last Updated on March 6, 2023 by
Saat ini, membeli makanan cepat saji tidak hanya bisa dilakukan dengan cara makan di restoran langsung (dine-in) saja. Ada cukup banyak orang yang tidak sempat duduk dan makan di restoran karena terlalu sibuk atau malas bepergian. Untuk itu, banyak restoran menghadirkan solusi berupa aplikasi delivery makanan untuk layanan pesan antar (delivery) atau dengan mengambil sendiri (self pickup).
Sayangnya, tidak semua layanan pesan antar berlangsung dengan baik. Kadangkala makanan diantar terlalu lama, waktu pengiriman yang tidak tepat sehingga pembeli kesulitan bertemu kurir, atau pengiriman terhambat akibat cuaca buruk.
Namun sekarang ada kabar gembira untuk Anda yang tidak suka menunggu layanan pesan antar yang terlalu lama! Sebuah layanan bisnis makanan online asal San Fransisco bernama Snackpass menghadirkan fitur unik bernama “Ambil Sendiri (Self Pickup)” yang menjadikan sistem pesan makanan via aplikasi delivery makanan menjadi semakin praktis. Bahkan, fitur ini juga mulai diadaptasi oleh layanan Go-Food dan GrabFood Indonesia baru-baru ini, lho.
Seperti apa mekanisme dan keuntungan fitur ambil sendiri pesanan di restoran ini? Yuk kita intip review lengkapnya pada artikel edisi kali ini. Selamat membaca!
Daftar Isi
Solusi Praktis Order Makan Super Cepat dengan Fitur “Ambil Sendiri”
Durasi jam makan siang yang terbatas dan padat mendorong banyak orang ingin mendapat makanan secepat mungkin. Fitur pesan makan online “Ambil Sendiri (Self Pickup)” pun diciptakan sebagai solusi supaya setiap orang bisa memesan makanan dan mengambilnya tanpa perlu mengantre sama sekali.
Ide fitur “Ambil Sendiri” pesanan ini dihadirkan oleh perusahaan bisnis makanan online bernama Snackpass. Bisnis makanan Snackpass ini digagas oleh tiga orang yaitu Jonathan Cameron, Jamie Marshall dan Kevin Tan. Bisnis ini juga sudah beroperasi sejak 2017 lalu sampai hari ini.
Snackpass berfokus menghadirkan layanan ambil sendiri pesanan di berbagai restoran lokal di sekitar tempat tinggal pengguna. Sesuai namanya, layanan ambil sendiri (self pickup) adalah sistem di mana pembeli bisa mengambil sendiri makanan yang sudah ia pesan via aplikasi.
Semisal Anda memesan menu makan siang di sebuah aplikasi delivery makanan. Dengan mengaktifkan fitur ambil sendiri, makanan Anda tidak akan diantar oleh kurir ke lokasi Anda. Tetapi, justru Anda sendiri lah yang harus mengambil pesanan tersebut ke restoran (take-away).
Inovasi yang satu ini tergolong unik sekaligus revolusioner dalam industri bisnis makanan online. Pasalnya, fitur ambil sendiri jauh lebih praktis dan cepat daripada sistem pesanan take-away, drive-thru ataupun delivery dengan kurir. Konsumen bisa memesan makanan dan membayar via aplikasi sembari dalam perjalanan ke restoran. Setibanya di tempat makan, konsumen hanya perlu mengambil pesanan saja. Mudah, bukan?
Layanan ambil sendiri dari Snackpass ini tak hanya memudahkan konsumen, tetapi juga para pemilik restoran. Dulu, banyak pebisnis kuliner yang menerima pesanan via telepon merasa cemas karena pesanan tidak diambil ke restoran oleh pembeli. Namun dengan adanya aplikasi bisnis makanan online Snackpass, saldo e-wallet konsumen langsung otomatis terpotong ketika mereka memesan makanan. Jadi konsumen harus mengambil pesanan mereka agar tidak rugi.
Manfaat layanan ambil sendiri ini pun akhirnya sukses menjadikan Snackpass sebagai aplikasi bisnis online terbaik yang digunakan banyak restoran di seluruh Amerika Serikat.
Diadaptasi oleh Go-Food dan GrabFood Indonesia
Baru-baru ini, fitur pesan makanan dan ambil sendiri juga diadaptasi oleh jasa Go-Food dan GrabFood di Indonesia. Fitur ambil sendiri ini dirasa paling cocok untuk memfasilitasi layanan pesan makan online di masa pemulihan akibat pandemi saat ini.
Untuk Anda yang kurang nyaman bertatap muka dengan kurir pengantar makanan, maka layanan ambil sendiri bisa menjadi solusi yang pas. Cukup pesan makanan dari rumah atau di tengah perjalanan menuju restoran dan bayar dengan e-wallet. Setibanya di restoran, Anda hanya perlu mengambil makanan dan langsung pulang. Tidak perlu repot lama-lama mengantri lagi!
Selain itu, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya administrasi tambahan jika menggunakan fitur ambil sendiri. Justru sebaliknya, beberapa toko menyediakan diskon untuk pembeli yang memesan dengan fitur ambil sendiri. Cara ini jauh lebih menguntungkan ketimbang menggunakan jasa kurir karena ada ongkos kirim untuk pemesanan delivery dengan kurir.
Namun sayangnya, layanan ambil sendiri ini masih tersedia untuk mitra-mitra restoran terpilih saja. Jadi tidak semua restoran bisa mengaplikasikan layanan ambil sendiri pesanan ini.
Cara Menggunakan Fitur Ambil Sendiri di Bisnis Makanan Online
Menggunakan fitur ambil sendiri saat memesan makanan di aplikasi online rupanya tidak sulit. Secara umum, Anda bisa mengikuti alur pemesanan seperti di bawah ini:
- Buka aplikasi order makanan online Anda.
- Pilih restoran yang tersedia di kategori “ambil sendiri”.
- Pilih menu makanan yang hendak dipesan. Masukkan ke keranjang.
- Setelah semua pesanan dipastikan benar, lanjutkan transaksi dengan metode pembayaran online transfer bank atau e-wallet.
- Pesanan akan diproses. Anda juga akan mendapatkan notifikasi setelah pesanan siap untuk diambil ke restoran.
- Silahkan ambil makanan Anda ke restoran! Begitu pesanan diambil, jangan lupa menekan tombol konfirmasi pesanan selesai, ya. Konfirmasi diperlukan sebagai bukti bahwa pesanan Anda sudah diambil dari restoran.
Pembatalan Pesanan oleh Konsumen
Bagaimana jadinya kalau pesanan yang telah dipesan tiba-tiba dibatalkan oleh konsumen? Setiap aplikasi pesan makan online memiliki kebijakannya masing-masing. Semisal layanan Snackpass yang langsung memotong saldo konsumen ketika memesan makanan, sehingga pesanan tidak dapat dibatalkan.
Layanan Go-Food juga tidak menyediakan tombol pembatalan pesanan ketika pesanan sudah selesai dibuat. Sedangkan layanan GrabFood masih menyediakan formulir online untuk diisi pihak restoran apabila ada konsumen yang tidak mengambil pesanan mereka.
Sembari mengisi formulir, pengelola restoran juga akan diminta untuk melampirkan foto makanan yang sudah disiapkan, foto struk pesanan dan informasi restoran.
10 Keuntungan Self Pickup untuk Bisnis Makanan Online
Ternyata, ada 10 keuntungan yang bisa didapat jika bisnis restoran Anda dilengkapi dengan fitur ambil sendiri lho! Apa sajakah? Berikut jawabannya:
1. Bisa Mendapat Lebih Banyak Keuntungan
Sebagai sebuah inovasi baru, tentunya ada lebih banyak masyarakat yang tertarik untuk mencoba menggunakan layanan ambil sendiri makanan ke restoran. Bahkan menurut hasil survey, ada sekitar 60% lebih masyarakat kawasan Asia yang penasaran dan tertarik untuk menggunakan layanan ambil sendiri pesanan ke restoran. Alhasil, bisnis Anda bisa lebih banyak meraup keuntungan karena ada banyak pembeli yang ingin mencoba fitur ini di resto Anda.
2. Didukung dengan Sistem Pembayaran Online
Transaksi di restoran Anda dapat menjadi semakin mudah karena layanan ambil sendiri umumnya dilengkapi dengan sistem pembayaran online e-wallet. Untuk menghindari kerugian berupa pembeli yang tiba-tiba berubah pikiran, sistem ambil sendiri yang Anda pakai bisa memotong saldo e-wallet konsumen secara otomatis ketika konsumen mengkonfirmasi pemesanan.
Dengan begini, konsumen tidak akan “plin-plan” atau seenaknya membatalkan pesanan ketika makanan sudah selesai dibuat. Anda juga akan terbantu karena sistem pembayaran online otomatis sangat memudahkan dalam mengumpulkan biaya transaksi dari setiap pembeli.
3. Bisa Dipadukan dengan Voucher
Siapa yang tidak suka voucher belanja dan diskon? Tentunya semua orang akan tergiur dan semangat berbelanja ketika tersedia voucher belanja gratis siap pakai.
Banyak aplikasi pesan makan online memadukan layanan ambil sendiri dengan voucher belanja dan diskon. Alhasil, konsumen bisa semakin untung dan hemat karena tidak perlu membayar ongkos kirim makanan dan menggunakan voucher belanja. Jumlah pembeli di toko Anda juga akan meningkat karena orang-orang ingin memanfaatkan voucher yang ada.
4. Efisien Memaksimalkan Kenyamanan Konsumen
Layanan pesan online dan ambil sendiri ini terbukti sangat efisien dalam memaksimalkan kenyamanan konsumen. Orang-orang tidak perlu repot mengantre ketika berada di restoran atau membayar ongkos kurir yang mengantarkan pesanan ke rumah. Cukup pesan makanan dari mana saja dan kapan saja, nantinya makanan bisa diambil langsung ke restoran tanpa perlu antre.
Fitur ambil sendiri ini sangat cocok untuk memudahkan kelompok masyarakat sibuk dalam memesan makanan siap saji setiap hari. Alhasil bukan tidak mungkin layanan ambil sendiri ini akan berkembang pesat dan populer di kota-kota besar.
5. Tampil Beda Mengungguli Bisnis Pesaing Lain
Inilah kesempatan Anda untuk berinovasi menghadirkan layanan baru guna mengungguli bisnis kuliner milik kompetitor. Ketika bisnis pesaing lain masih sibuk di layanan tradisional berupa pesan antar dan makan di restoran langsung, restoran Anda sudah menghadirkan layanan baru ambil sendiri. Dijamin bisnis Anda akan lebih banyak dilirik masyarakat dan unggul.
6. Memberikan Ruang Keleluasaan bagi Konsumen
Sistem self pickup di bisnis makanan online juga menyediakan ruang keleluasaan bagi konsumen saat bertransaksi. Ada kalanya konsumen tidak bisa meninggalkan pekerjaan, namun harus mengambil pesanan sesuai jam yang ditentukan kurir online.
Atau, konsumen justru sedang tidak berada di lokasi pengantaran ketika kurir delivery tiba. Tentunya mereka tidak bisa menerima pesanan, dan juga menyulitkan para kurir.
Namun dalam sistem self pickup, konsumen bebas menentukan sendiri pada pukul berapa mereka hendak datang ke resto untuk mengambil order. Pihak store juga dapat segera menyiapkan pesanan menjelang jam kedatangan pembeli.
7. Tidak Perlu Bayar Ongkos Kirim
Banyak konsumen juga mengeluhkan besarnya biaya ongkos kirim dan pengemasan makanan di bisnis-bisnis makanan online. Namun jika Anda mengaktifkan fitur self pickup, secara otomatis konsumen tidak perlu membayar ongkos kirim atau pengemasan tambahan bagi makanan.
Keuntungan pun akan terasa lebih menggiurkan jika Anda menyediakan diskon khusus bagi pemesanan self pickup. Dijamin, orang-orang akan segera tertarik mendownload aplikasi bisnis makanan online sukses Anda dan langsung memesan menu favorit mereka!
8. Proses Pesanan Lebih Cepat
Manfaat fitur self pickup bagi bisnis makanan online sukses berikutnya adalah mempercepat proses pesanan. Orderan konsumen akan langsung masuk ke sistem resto secara real time, sehingga pembeli bisa langsung bersantap usai menjemput pesanan.
Mereka tidak perlu menunggu sedetikpun selayaknya orang-orang yang memesan di gerai ataupun secara delivery. Jadi konsumen bisa tetap beraktivitas seperti biasa selagi pesanan disiapkan pihak resto. Tidak akan ada waktu pelanggan yang terbuang sia-sia.
9. Bisa Mengecek Pesanan dan Berkonsultasi dengan Pelayan
Kita tidak pernah tahu kapan stok makanan habis di resto. Hal ini bisa menimbulkan masalah, apalagi jika sinkronisasi info pesanan tidak akurat dengan kondisi asli di kedai. Mungkin Anda pernah melihat kasus konsumen marah-marah terhadap bisnis makanan online akibat masalah tersebut.
Penyediaan self pickup juga menjadi cara ampuh meminimalisir ketidakpuasan pembeli di bisnis makanan online sukses. Jika pesanan konsumen ternyata tidak tersedia, pelayan dapat langsung bernegosiasi tatap muka dengan konsumen dan menjelaskan situasinya. Anda juga bisa menawarkan menu terbaik lainnya sebagai bentuk kompensasi.
10. Meningkatkan Pendapatan Bisnis Makanan Online
Seluruh manfaat layanan self pickup di atas tentunya akan berujung pada peningkatan omset bisnis makanan online Anda. Inovasi ini pun masih terbilang cukup baru, alias, belum banyak diaplikasikan resto-resto lokal. Menambah fitur ambil sendiri seperti ini tentunya dapat melejitkan nama usaha makanan Anda sebagai top bisnis makanan sukses di Indonesia!
Dapatkan Aplikasi Delivery Makanan Online Milik Anda Sendiri di Sini!
Menarik sekali bukan strategi berbisnis makanan dengan aplikasi pesan antar yang praktis? Sekarang, siapapun bisa menyediakan layanan pesan antar dengan menggunakan aplikasi bisnis online terbaik “Delivery Multi Toko” dari APPKEY.
Delivery Multi Toko adalah aplikasi bisnis online terbaik yang bisa memuat beragam jenis toko, restoran maupun franchise yang tersedia di wilayah Anda sekaligus. Aplikasi Delivery Multi Toko ini sangat cocok untuk bisnis makanan hingga toko kelontong UMKM. Nantinya, Anda bisa menyediakan layanan pesan antar (delivery) ataupun ambil sendiri ke toko menggunakan aplikasi bisnis online terbaik satu ini!
Ada banyak juga keuntungan yang menanti Anda di aplikasi Delivery Multi Toko, antara lain:
- Mendukung beragam jenis pembayaran mulai dari uang tunai, e-wallet, transfer bank, token, kartu kredit dan seterusnya.
- Konsumen bebas mengatur titik area pengiriman sendiri menggunakan maps dan GPS yang tersedia di smartphone masing-masing. Jadi tidak perlu cemas lagi meskipun posisi rumah atau toko Anda berada di tempat yang kurang strategis seperti masuk ke dalam gang kecil.
- Mudah digunakan siapa saja meskipun baru pertama kali mengelola toko online tanpa pengalaman. Ini karena setiap fitur pengelolaan toko dikumpulkan di satu panel admin khusus yang praktis.
Cara pakai aplikasi bisnis online terbaik Delivery Multi Toko juga sangat praktis. Konsumen Anda hanya perlu mencari toko terbaik yang menyediakan kebutuhannya, memasukkan pesanan ke keranjang belanja, dan membayar sekaligus mengonfirmasi pengantaran pesanan.
Pesanan akan diantar secara otomatis ke titik yang telah ditentukan konsumen sebelumnya. Begitu selesai, konsumen juga dapat memberikan review berupa bintang untuk menilai seberapa puas ia terhadap pelayanan toko.
Jadi tunggu apalagi? Segera bangun bisnis restoran online Anda dengan praktis bersama APPKEY! Dapatkan aplikasi Delivery Multi Toko dan konsultasi rencana bisnis gratis bersama tim ahli APPKEY dengan mengklik link: https://appshop.co.id/delivery-multi-toko/. Penawaran baik ini tidak akan datang dua kali, jadi kami tunggu kehadiran Anda sekarang juga, ya. Sampai jumpa!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.