Last Updated on February 2, 2023 by
Twitter Create kini hadir untuk memfasilitasi para kreator berkarya di Twitter. Anda pun bisa memperoleh pendapatan baru dengan memaksimalkan fitur Twitter yang satu ini. Tertarik mencoba?
Tingginya angka pengguna Twitter di seluruh dunia membuka peluang bisnis yang menarik, baik untuk perusahaan maupun konten kreator. Dari sinilah muncul beragam strategi Twitter marketing yang bertujuan menarik engagement sebanyak mungkin.
Kali ini Twitter menghadirkan menu spesial yang memudahkan konten kreator memonetisasi hasil karyanya. Fitur tersebut bernama Create. Penasaran apa itu Twitter Create, manfaat dan cara menggunakannya? Tanpa basa-basi lagi, mari simak penjelasan selengkapnya terkait Create di bawah ini!
Daftar Isi
Apa Itu Twitter Create?
Twitter Create adalah menu terbaru Twitter yang berisi serangkaian tools pembuatan konten interaktif. Dengan memanfaatkan fitur ini, para kreator atau selebtwit bisa lebih leluasa menciptakan berbagai konten yang interaktif dan menarik.
Tak hanya itu saja, Anda juga bisa meraih lebih banyak peluang monetisasi di Twitter jika mampu memaksimalkan daya guna fitur Create dengan tepat. Create juga tersedia bagi akun Twitter resmi perusahaan bisnis yang memudahkan tim marketer mempelajari insight Twitter marketing mereka.
Informasi detail terkait Create bisa Anda akses di https://create.twitter.com/, atau langsung mengakses menunya pada side bar di aplikasi Twitter versi terbaru (android dan iOS).
Siapa yang Bisa Menggunakan Twitter Create?
Fitur Create bisa diakses oleh siapa saja, namun fitur-fiturnya lebih dikhususkan untuk orang-orang yang berbisnis di Twitter. Hal ini mencakup konten kreator, influencer, selebriti, dan perusahaan (brand official).
Selengkapnya, inilah kategori profil Twitter yang direkomendasikan untuk upgrade menjadi pengguna Create:
- Konten Kreator (Creators): Orang-orang menciptakan berbagai konten inspiratif, bermakna, edukatif, dan/atau menghibur. Contohnya Twitter thread.
- Podcaster (Podcasters): Konten kreator podcast di Twitter. Konten dibuat dalam bentuk audio dengan beragam pembahasan menarik, contohnya Twitter Spaces dan voice note.
- Penulis (Writers): Akun para penulis yang rutin menyebarkan ide-ide menariknya di Twitter dalam bentuk thread ataupun tautan website/blog eksternal.
- Portal Berita (News): Official accountdari media massa online yang populer di suatu negara maupun internasional. Contohnya The Jakarta Post, BBC News, dan VoA.
- Industri Entertainment (Film, TV): Para aktris, aktor, sutradara yang juga aktif berkicau di Twitter.
- Industri Game (Gamers): Para streamers game online, atlet e-sport, pengembang game, dan akun resmi komunitas game tertentu.
- Industri Olahraga (Sports): Mencakup para komentator, pelatih (coach), pemain dan akun resmi penggemar cabang dan tim olahraga tertentu.
- Musisi: Seniman musisi solo, band, boy/girl group, dan akun resmi agensi musik.
- Bisnis Profit: Akun resmi perusahaan yang berkembang di Twitter.
- Organisasi Non Profit: Komunitas/organisasi nirlaba yang berusaha menumbuhkan awareness seluas-luasnya di Twitter. Contohnya KitaBisa, Change.org, dan American Heart Association.
9 Fitur Penting Layanan Create di Twitter
Pengguna Twitter for Create akan mendapat banyak fitur tambahan dan eksklusif yang tidak ada di layanan Twitter biasa. Apa sajakah itu? Berikut jawabannya:
1. Twitter Blue
Pengguna Twitter yang mengupgrade akunnya ke layanan Create bisa langsung mendapat akses ke menu spesial “Twitter Blue”. Pun terdapat banyak kelebihan baru dari Twitter Blue, antara lain:
- Mencari tweet yang tersimpan di bookmark.
- Mengedit tweet yang sudah diposting.
- Memasang tanda centang biru pada profil sendiri (tanpa perlu verifikasi).
- Menunda pengunggahan konten di Twitter selama satu menit (Undo Tweet).
- Lebih banyak pilihan custom layout profil Twitter sehingga akun Anda bisa tampak lebih profesional.
- Dan masih banyak lagi update fitur premium yang kelak akan hadir menyusul.
2. Twitter Spaces
Spaces adalah fitur ngobrol langsung antara pengguna Twitter. Namun tidak seperti interaksi umum di Twitter yang berupa teks, di sini Anda bisa mengobrol sahut-menyahut secara verbal (audio) dengan orang lain.
Pengguna yang memulai Spaces akan disebut host, dan bisa membuat room yang terbuka bagi publik. Di dalam room inilah aksi bercakap-cakap terjadi. Anda bisa berdiskusi secara real time membahas topik apa saja dengan semua orang di Twitter.
Dulunya fitur Spaces tersedia bagi semua pengguna Twitter. Namun seiring berjalannya waktu, pihak pengembang merasa bahwa Spaces lebih berguna jika dikelola oleh para kreator, perusahaan, influencer dan podcaster.
Adapun versi terbaru Twitter Space kini menghadirkan lebih banyak fitur canggih, yaitu:
- Recorded Spaces: mode siaran ulang untuk sesi diskusi yang telah terlewat.
- Ticketed Spaces: tiket pendaftaran berbayar untuk orang-orang yang ingin masuk ke agenda space Anda. Dari sini Anda bisa memonetisasi layanan Spaces.
- Super Follows: memberikan akses awal kepada audiens yang berlangganan Spaces Anda. Fitur masih terbatas hanya untuk beberapa negara saja.
3. Tweet Deck
Sering bingung memikirkan ide-ide konten Twitter terbaik? Tidak perlu khawatir. Sekarang Anda bisa memaksimalkan performa setiap konten tweet melalui menu Tweet Deck.
Tweet Deck adalah dashboard analisis khusus Twitter yang memuat beragam matriks penilaian sekaligus indikator-indikatornya. Insight tersebut mencakup traffic, view, engagement dan impresi dari konten Twitter Anda.
Seluruh data Tweet Deck dijamin akurat dan realtime karena diambil langsung dari sistem internal Twitter. Tentunya fitur ini sangat bermanfaat untuk memetakan strategi content marketing di Twitter dan mengevaluasi hasilnya–apalagi jika Anda turut memperhatikan poin-poin penting Twitter analytics ketika menelaah data.
4. Twitter Tip
Sesuai namanya, menu Twitter Tip berfungsi untuk menampung dukungan dari para followers Anda dalam bentuk donasi sukarela (tip). Tidak seperti layanan subscribing per bulan, sistem Twitter Tip lebih bebas serta tidak mengikat. Siapapun bebas memberikan tip sesuai kemauannya. Lalu seluruh uang yang terkumpul akan disalurkan langsung ke rekening Anda.
5. Twitter Analytics
Cara kerja Twitter Analytics mirip seperti Tweet Deck. Bedanya, Tweet Deck berfokus mengecek performa setiap postingan tweet Anda. Namun Twitter Analytics mempunyai daya jangkau analisa yang lebih luas, yakni secara keseluruhan dari profil Anda.
Banyak kreator dan tim marketing bisnis yang mengandalkan fitur ini guna mengetahui sejauh apa dampak/pengaruh kinerja mereka di Twitter. Dari sini pun Anda bisa mendapatkan lebih banyak inspirasi terkait konten-konten yang bekerja paling baik dan yang tidak; pola interaksi audiens dengan Anda; dan lebih banyak lagi ide strategi menguntungkan lainnya.
6. Twitter Moment
Ada juga fitur Moment yang tak kalah bermanfaat. Moment adalah tools Create yang berfungsi sebagai ‘sorotan’ atas karya-karya terbaik Anda. Kurang lebih fungsinya mirip seperti Highlight di Instagram.
Cukup buat sebuah grup memakai Moment lalu kumpulkanlah konten-konten buatan Anda kesana. Tweet-tweet tadi secara otomatis akan langsung tersusun berdasar urutan waktu, mulai dari yang paling lama hingga terbaru (ditandai dengan keterangan “You’re Up to Date”).
7. Twitter Communities
Jangan lupa untuk membangun keakraban dengan para followers Anda! Fakta di lapangan membuktikan bahwa kreator yang ramah cenderung lebih mudah disukai dan terkenal.
Nah, mendekatkan diri ke orang lain di Twitter kini jadi kian mudah berkat adanya fitur Communities. Fungsi utama fitur ini adalah menambah peluang interaksi di kalangan pengguna Twitter dengan berbagai cara:
Pertama, orang-orang dengan minat yang sama bisa bergabung ke halaman khusus untuk berkenalan dan mengobrol.
Kedua, tweet Anda dapat dipromosikan secara otomatis mengikuti keyword topik yang Anda gunakan di dalamnya. Semisal Anda menulis tweet tentang boygroup K-Pop BTS. Algoritma Twitter dapat merekomendasikan postingan tersebut ke orang-orang yang mengikuti topik K-Pop dan Musik.
8. Twitter Media Studio
Tidak cuma konten tertulis (thread) saja yang bisa dimonetisasi di Twitter, konten video juga bisa. Anda dapat menggunakan menu Media Studio untuk mengiklankan konten video di Twitter.
Pengguna pun diperbolehkan memilih sendiri iklan yang mau disematkan ke tayangan video, lengkap dengan durasi, jadwal penayangan, dan target audiens sasaran. Kombinasikan tools ini dengan Analytics dan Tweet Deck agar strategi marketing Anda lebih tepat sasaran.
9. Twitter Amplify Sponsorship
Fitur Create yang terakhir adalah Amplify Sponsorship. Melalui menu ini, Anda bisa menyisipkan iklan ke video-video original unggahan sendiri, mirip seperti pada Twitter Media Studio.
Bedanya, materi-materi iklan Amplify tersemat dalam video yang “tak sengaja” viral tetapi sudah terunggah. Contohnya seperti video meme lucu atau rekaman-rekaman yang kebetulan sukses mengundang perhatian warganet.
Dengan kata lain, fitur Amplify membantu Anda memaksimalkan peluang monetisasi yang ada di setiap unggahan. Pun semakin panjang durasi tayangan iklan, maka makin besar pula profit yang Anda dapat.
Aneka Ragam Manfaat Twitter Create bagi Kreator
Mengapa content creator Twitter sebaiknya beralih menjadi pengguna Create? Tentunya fitur terbaru Twitter ini menyimpan banyak ragam manfaat yang menguntungkan para kreator; salah satunya adalah memaksimalkan engagement sekaligus keuntungan promosi via konten.
Selain itu, inilah sejumlah manfaat lainnya dari layanan Create Twitter yang sayang untuk dilewatkan:
- Mempermudah penumbuhan brand awareness dari kreator ke masyarakat.
- Menambah daya jangkau sebuah tweet. Postingan Anda bisa disimak oleh lebih banyak orang dan direkomendasikan di berbagai timeline
- Memberi kesempatan bagi tweet untuk menjadi sorotan berdasarkan topik yang sedang viral.
- Memaksimalkan potensi interaksi terhadap konten (retweet, like, komentar dan quote retweet) dari sesama pengguna Twitter.
- Menambah followers pada akun Twitter Anda.
- Menciptakan peluang transaksi dari orang-orang yang tertarik dengan konten penawaran Anda.
- Memudahkan kreator menganalisis performa konten yang diunggah ke Twitter. Semua insight terangkum lengkap, akurat dan real time dalam satu dashboard.
- Mempermudah kreator melakukan diversifikasi konten (memposting dan mengelola beragam jenis konten dalam satu akun). Anda bisa memposting Spaces, Thread dan jenis-jenis konten Twitter menarik lainnya tanpa perlu membuat banyak akun.
- Menata jadwal pengunggahan konten. Anda dapat mengatur timeline konten menggunakan fitur khusus yang ada di Tweet Deck.
Cara Mendaftar Twitter Create
Tertarik mencoba fitur-fitur Twitter premium ini? Anda bisa langsung berlangganan menu Create dan Twitter Blue dengan 10 langkah simpel berikut ini:
- Mengakses website Twitter atau menginstal aplikasi Twitter di smartphone.
- Login ke akun Twitter Anda (jika punya). Apabila belum punya akun, silahkan lakukan registrasi menggunakan nomor telepon atau alamat email yang aktif.
- Klik “Profil” Twitter Anda sendiri. Sebuah sidebar akan muncul dari sisi kiri layar.
- Klik menu “Alat Profesional” di bagian bawah sidebar.
- Anda akan menemukan dua opsi: “Twitter untuk Profesional” dan “Monetisasi”. Ketuk opsi pertama untuk mengaktifkan layanan Create.
- Pilih “Setuju & Lanjutkan”, lalu aktivasi langganan.
- Pahami rincian syarat dan ketentuan langganan, mulai dari tarif, cara pembayaran dan aturan-aturan lainnya.
- Pilih metode pembayaran yang diinginkan.
- Konfirmasi pembayaran Anda.
- Selesai! Kini akun Twitter Anda sudah resmi menjadi akun profesional (creator) dan mendapat akses baru ke fitur-fitur Create.
Penting untuk diingat di sini bahwa terdapat perbedaan harga langganan Create di Twitter. Pengguna yang berlangganan via website akan dikenakan tarif sekitar $8 USD (125,000 IDR), sedangkan untuk Twitter for iOS seharga $11 (172,000 IDR).
Demikianlah pembahasan lengkap terkait Twitter Create untuk para kreator. Semoga ulasan tutorial di atas membantu Anda jadi lebih mudah berkarya di Twitter, ya!
Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.