Media Bisnis Online | by APPKEY

PemasaranInternet marketing6 Cara Menggunakan Twitter Space untuk Strategi Bisnis Baru

6 Cara Menggunakan Twitter Space untuk Strategi Bisnis Baru

-

Last Updated on June 25, 2022 by

Sudah pernah mencoba fitur Twitter Space android? Twitter Space adalah fitur yang sedang populer sekaligus bermanfaat untuk mendukung marketing olshop, lho.

Twitter Space adalah ruang baru yang super fresh di linimasa sosmed Twitter. Pasalnya, fitur ini memungkinkan kita untuk berdiskusi dengan banyak orang secara langsung melalui audio seperti Clubhouse. Sangat unik, bukan?

Yuk langsung saja kita simak cara menggunakan Twitter Space android sebagai alat promosi olshop yang menarik pada artikel berikut ini! Selamat membaca.

Baca juga : 7 Cara Agar Twitter Rame untuk Olshop & Freelancer Termudah!

Apa Itu Twitter Space?

twitter-space

Twitter versi terbaru kini telah dilengkapi dengan fitur Space. Apa itu?

Mengutip dari laman website resmi Twitter, Twitter Space adalah media untuk melakukan percakapan audio secara langsung. Percakapan di Space dilakukan dalam bentuk grup yang bersifat publik. Jadi, siapapun bisa bergabung semaunya ke Space Anda, baik followers Anda ataupun bukan (pendatang baru).

Twitter Space adalah fitur terbaik untuk mendekatkan brand dengan masyarakat. Dalam forum Space, semua orang bisa mendengarkan atau berbicara semaunya. Space menjadi sangat menarik dan diminati karena menyediakan pengalaman berbincang yang begitu nyata serta real-time.

Dimana Anda bisa menemukan Space? Ketika dijalankan, Space Anda akan muncul otomatis di bagian atas beranda (timeline) Twitter. Anda juga men-tweet link Space demi meraih lebih banyak lagi partisipan online.

Para pemirsa juga tidak perlu khawatir salah masuk forum Space atau ketinggalan jadwal penayangan. Sebab, Twitter Space android menyediakan informasi mendetil terkait siaran seperti judul acara, nama akun host, jadwal Space, dan sesi siaran (sedang berlangsung atau telah selesai).

Artikel terkait  Consumer Insight Marketing: 4 Cara Mudah Memahami Konsumen

Cara Menggunakan Twitter Space

Bagaimana cara menggunakan Twitter Space? Banyak pengguna baru mengira mengadakan sesi Space itu sulit, tapi ternyata tidak. Inilah cara menggunakan Twitter Space termudah:

  1. Pastikan Anda sudah menggunakan aplikasi Twitter versi terbaru. Space kini tersedia untuk android dan iOS.
  2. Klik tombol “+” (atau tombol Tulis Tweet) agak lama hingga muncul bubble kecil berlogo berlian. Ini adalah ikon dari Space. Klik tombol tersebut.
  3. Alternatif lainnya, klik foto profil akun Anda di sisi atas beranda dan pilih menu Space.
  4. Buat Space baru. Langsung beri nama acara dan klik “Mulai Space Anda” untuk menjalankan siaran detik itu juga.
  5. Tapi jika Anda ingin menjalankan Space pada waktu tertentu, pilih opsi “Jalankan Nanti”. Jangan lupa untuk memasukkan tanggal dan waktu Space nantinya agar bisa dimulai otomatis.
  6. Begitu Space berjalan, host (pembuat Space) bisa mengklik ikon audiens untuk menjadikannya seorang co-host. Nantinya host dan maksimal 2 co-host bisa berbicara di Space.
  7. Pemirsa lainnya juga bisa berpartisipasi untuk mengobrol di Space dengan cara mengetuk tombol “Permintaan” yang terletak di bawah tanda microfon. Audiens baru bisa bicara jika host telah memberikan izin.
  8. Jika dibutuhkan, Anda bisa mengaktifkan tambahan teks subtitle untuk pendengar yang memerlukan support subtitle.
  9. Terakhir, jangan lupa tweet link Space ke timeline publik supaya lebih banyak orang lagi bergabung dengan siaran Anda. Kemudian cukup mengklik tombol “Membagikan Melalui Tweet”.

6 Twitter Strategi Bisnis dengan Fitur Space

Banyak pakar SEO menilai Space mempunyai potensi besar untuk meningkatkan interaksi, engagement dan branding olshop di dunia maya khususnya pada platform Twitter. Promosi lewat Space dipastikan jauh lebih ampuh dibanding Tweet biasa.

Tapi seperti apa Twitter strategi bisnis yang baik dengan Space? Tidak perlu risau, sebagai permulaan, Anda bisa mencoba 6 ide interaksi berikut ini lewat Space:

Wawancara Live dengan Ahli

Akhir-akhir ini masyarakat menggemari sesi wawancara live dengan seorang ahli dari ranah tertentu misalnya pakar kecantikan, dokter spesialis, ahli keuangan, dan lain-lain. Anda bisa memanfaatkan kesempatan Space untuk menggelar sesi wawancara live bersama seorang pakar.

Semisal bisnis Anda bergerak di industri kecantikan dan skin care, maka Anda bisa mengundang dokter ahli kulit untuk diwawancarai via Space. Dijamin sesi Space Anda tidak akan sepi karena masyarakat selalu antusias mendengar talkshow gratis yang kaya wawasan!

Tak hanya menguntungkan audiens dengan edukasi gratis, pihak brand juga dipastikan lebih mudah terkenal di kalangan masyarakat awam. Orang-orang akan mengingat brand Anda karena pernah mengundang narasumber ternama dalam acaranya. Jadi secara tak langsung Anda sudah melakukan promosi.

Tanya Jawab (Q&A)

Space Twitter strategi bisnis kedua adalah dengan mengadakan tanya jawab alias Q&A (questions and answers). Strategi ini banyak dilakukan marketer karena praktis, tidak perlu aplikasi tambahan, sekaligus memikat.

Hasil riset juga menunjukkan bahwa Twitter Space android belakangan paling banyak dimanfaatkan untuk sesi Q&A brand.

Sesi tanya jawab bisa membawa banyak keuntungan bagi brand sekaligus konsumen, seperti:

  • Menumbuhkan keakraban bisnis dengan masyarakat.
  • Menanamkan perasaan mengayomi dan pelayanan prima dalam benak konsumen.
  • Membantu menjawab semua pertanyaan, kritik dan saran dari pembeli.
  • Mengumpulkan aspirasi dari pelanggan untuk memperbaiki kinerja toko, dan masih banyak lagi.

Diskusi Trending Topic

Twitter terkenal sebagai gudangnya isu, berita serta trending topic terhangat. Setiap hari selalu ada topik-topik bahasan menarik yang viral diperbincangkan di sosmed ini.

Nah, Anda juga bisa lho membuka diskusi terkait berita atau trending topic hari ini lewat Twitter Space. Audiens pastinya akan tertarik untuk bergabung dalam Space karena informasi yang dibahas sedang ‘panas’.

Brand yang gemar membahas isu-isu terkini juga akan mendapat image positif karena dinilai selalu up to date dengan perkembangan dunia luar. Namun terdapat beberapa trik yang harus Anda turuti jika ingin mengadakan Space dengan cara ini:

  • Usahakan mencari dan mempelajari beberapa sumber referensi yang valid agar sesi diskusi berjalan terarah, faktual dan berbobot. Masyarakat juga akan memandang Anda sebagai brand yang baik karena serius memaparkan fakta.
  • Bisa undang pakar/ahli terkait isu yang dibahas supaya diskusi kian menarik.
  • Tidak perlu mendiskusikan semua isu. Cukup pilih topik yang masih berkaitan dengan industri/ranah bisnis Anda. Jangan sampai Anda membahas berita di luar ranah bisnis (misalnya membahas topik otomotif padahal Anda berbisnis di ranah kuliner).

Konten Edukasi Interaktif

Ide Twitter strategi bisnis menarik dengan Space selanjutnya adalah memberi konten edukatif secara interaktif pada audiens.

Masyarakat era kekinian terbukti lebih menggemari konten-konten yang bersifat edukatif. Mereka tidak tertarik lagi menyimak iklan produk mentah alias hardselling. Sudah dipastikan, semua konten hardselling akan langsung di-skip masyarakat.

Untuk itu, cobalah lebih menekankan konten promosi yang bersifat softselling (promosi tidak secara langsung) lewat Space. Anda bisa membagikan informasi pengetahuan unik yang berkaitan dengan jenis produk/jasa untuk memancing rasa penasaran warga. Kemudian, hubungkan topik bahasan dengan keunggulan produk/jasa di bagian akhir.

Ada banyak sekali jenis konten edukatif yang bisa dipaparkan lewat Space. Contohnya seperti tips dan trik, DIY (Do It Yourself), kisah-kisah behind the screen, atau penjelasan sekaligus tanya jawab terkait produk/jasa.

Artikel terkait  Bingung Mengecek YouTube Viewers? Gunakan +5 Tools Ini Yuk!

Launching Produk Real-Time

Punya produk baru yang ingin dipromosikan lewat Space? Kenapa tidak! Anda bisa meluncurkan produk/jasa terbaru dengan mudah via fitur Twitter ini.

Cukup adakan sesi Space dan perkenalkan produk atau jasa Anda pada audiens di sana. Jelaskan apa jenis produk/jasa, keunggulan serta manfaatnya serinci mungkin supaya pendengar tertarik mencoba.

Tapi bagaimana jika orang-orang tidak mau mendengarkan sesi promosi ini? Untuk mengakalinya, Anda bisa mempromosikan diskon khusus launching yang hanya dibagikan untuk peserta Space. Dijamin, deh, produk Anda akan auto diserbu!

Mengumpulkan Kritik dan Saran

Sudah mencoba kelima inspirasi di atas? Masih ada satu lagi ide Twitter strategi bisnis unik lewat Space, yakni dengan mengumpulkan kritik dan saran dari konsumen.

Sesi ini bisa Anda adakan beberapa saat setelah launching produk (seperti yang dijelaskan poin sebelumnya). Sesi Space akan memudahkan Anda untuk mengumpulkan seluruh kritik, saran dan masukan dari pengguna produk/jasa sebagai bahan inovasi plus evaluasi.

Sering kali ide-ide inovasi justru datang dari kebutuhan masyarakat. Hal ini sejatinya masuk akal mengingat konsumen adalah pihak yang menggunakan produk secara langsung. Jadi mereka tahu persis apa-apa saja kekurangan dan kelebihan produk.

Jangan takut untuk mengumpulkan kritik dan saran dari pembeli. Brand yang sering meminta masukan dari pelanggan terbukti lebih disukai dan dianggap memprioritaskan kebutuhan masyarakat. Kritik yang membangun akan mempermudah usaha Anda melangkah lebih maju di masa depan. Selamat mencoba!

Itu dia pembahasan artikel kali ini terkait cara menggunakan Twitter Space untuk bisnis. Selain keenam ide di atas, Anda masih bisa berinovasi mengadakan live Twitter Space sesuai keinginan dan kreasi masing-masing.

Jadi mau tunggu apa lagi? Yuk segera perbarui Twitter strategi bisnis Anda dengan fitur Space, dijamin ampuh menarik lebih banyak calon pembeli mulai hari ini!

Butuh lebih banyak artikel Twitter strategi bisnis menarik lainnya? Semuanya bisa Anda dapatkan langsung di MARKEY. Follow websitenya di https://markey.id atau download aplikasinya di Google Play dan Apple Store untuk mendapat ratusan tips bisnis online terbaru gratis. Sampai bertemu lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Paket Aplikasi Android dan iOS

Pasang iklan

- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Mari mencobanya dengan...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

HOST ID dan NETWORK ID | Pengertian dan Contohnya

Perangkat komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari, ternyata memiliki jaringan yang rumit dan juga kompleks. Sebab, hingga saat ini...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak untuk Pemula

Belajar IT atau coding bisa dibilang hal yang tidak mudah apalagi bagi pemula. Karenanya memang butuh beberapa tahun untuk...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya