Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Internet marketing 9 Tren Live Shopping Inovatif dan Mudah Curi Atensi...

9 Tren Live Shopping Inovatif dan Mudah Curi Atensi Pembeli

-

Live shopping adalah strategi marketing online yang sedang ramai digunakan saat ini. Taktik ini mengombinasikan penjualan tradisional dan online secara dinamis.

Penjual dapat memperlihatkan bentuk asli produk sembari menjelaskan keunggulan produk kepada penonton selama sesi live. Lalu konsumen yang tertarik dapat langsung memesan produk sesuai arahan penjual. Praktis sekali, bukan?

Tingkat keberhasilan live shopping di Indonesia juga cukup tinggi. Studi dari Ipsos memperlihatkan lebih dari 70% orang pernah menonton live shop; dan hampir 60% membeli produk dari sana.

Tertarik mencoba metode live streaming shopping? Nah, pas sekali, berikut kami punya 9 tren live shopping inovatif yang ampuh menarik perhatian calon konsumen. Yuk langsung saja kita simak bersama!

9 Tren Live Shopping Terbaru dan Inovatif untuk Ramaikan Olshop

live shopping

Bagaimana cara agar sesi live shopping olshop kita ramai ditonton? Selain memastikan kualitas koneksi dan kejernihan video, Anda juga harus aktif meramaikan acara dengan ide-ide segar yang membuat audiens penasaran.

Tidak perlu bingung, Anda dapat memulai sesi live streaming yang menarik dengan 9 tren inovatif berikut ini:

1. Bagi-Bagi Diskon

Semua orang menyukai diskon dan promo. Apalagi jika diskon tersebut hanya berlangsung selama live streaming. Para penonton live pun pasti akan terdorong untuk membeli produk impian mereka karena takut kehabisan promo.

Jangan lupa untuk selalu menghitung margin profit dan besar diskon yang bisa diberikan agar Anda tidak merugi, ya.

2. Interaktif Dua Arah

Live streaming menjadi dua kali lebih seru karena memungkinkan interaksi dua arah antara penyiar dan penonton. Apapun yang Anda ucapkan akan langsung terdengar ke audiens, dan mereka bisa memberi tanggapan lewat kolom komentar atau reaction.

Dari sini Anda dapat membangun keakraban dengan para pemirsa. Jangan ragu untuk meminta audiens memberi tanggapan, menjawab pertanyaan, atau memotivasi mereka untuk membeli produk sebelum live berakhir.

3. Live Shop di Ecommerce

Mengadakan live streaming di ecommerce kini menjadi tren semenjak fitur live ditambahkan ke platform tersebut. Strategi ini dinilai lebih praktis karena konsumen bisa langsung memesan produk memakai fitur check out ecommerce. Penjual pun tidak perlu repot mengirim banyak link dagangan dan memberi arahan ke penonton.

4. Live Streaming di Sosial Media

Selain ecommerce, platform sosial media juga banyak digunakan untuk live streaming bisnis. Beberapa sosmed memang menyediakan fitur live stream yang praktis, sebut saja Instagram, Facebook dan TikTok.

Keuntungan utama live di sosmed adalah lebih mudah mendulang traffic dan engagement karena jumlah penggunanya mencapai ratusan juta orang dari berbagai wilayah. Jadi acara Anda bisa dihadiri sebanyak mungkin orang, baik yang merupakan followers atau bukan.

Keunggulan sosmed sebagai media live streaming bisnis pun diyakini akan melampaui ecommerce. Ini karena sejumlah sosial media mulai menghadirkan fitur belanja selayaknya ecommerce, misalnya TikTok Shop dan Instagram Shopping.

5. Kolaborasi dengan Influencer

Inovasi strategi live shopping berikutnya adalah berkolaborasi bersama influencer. Banyak brand pernah mencoba strategi ini dan rata-rata terbukti sukses mendulang profit.

Influencer adalah orang-orang dengan pengaruh yang kuat di masyarakat. Apalagi jika nama mereka tengah naik daun dan mempunyai banyak penggemar. Dengan menggandeng influencer, acara Anda akan lebih ramai ditonton, dipercaya dan disukai masyarakat.

Namun bekerjasama dengan influencer tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anda harus mempunyai modal sesuai tarif sang selebriti. Selain itu, jangan asal pilih tokoh sensasional. Pastikan memilih influencer yang sesuai dengan ranah bisnis Anda, misalnya seorang beauty influencer jika Anda berbisnis di bidang kecantikan.

6. Copywriting Judul Bombastis

Beri judul acara Anda menggunakan teknik copywriting yang memikat. Judul-judul bombastis akan memancing warganet untuk mengklik link join live streaming.

Menulis judul acara yang menarik tidak begitu sulit. Anda dapat menggunakan kata-kata pemancing perhatian seperti “Diskon Besar-Besaran”, “Promo Khusus” dan “Hanya Hari Ini!”. bisa juga dengan menonjolkan poin terpenting dari kegiatan, misalnya jenis produk yang dijual.

Contoh:

  • Diskon besar-besaran semua skincare bagi penonton live shop hari ini!
  • Obral baju anak model Korea terbaru. Harga promo khusus + gratis ongkir.
  • End year sale cuci gudang toko buku 70% off.

7. Umumkan dengan Flyer

Jadikan acara live shop Anda lebih booming melalui serangkaian pengumuman. Mengumumkan informasi detail acara dari jauh-jauh hari akan membangun antusiasme khalayak dengan baik.

Anda bisa menggunakan flyer atau brosur digital dengan desain kreatif agar promosi berjalan lancar. Cantumkan poin-poin yang mengundang rasa penasaran, seperti topik live, info diskon, waktu dan tempat pelaksanaan. Kemudian sebarkan flyer di berbagai sosmed.

8. Prime Time Show

Pemilihan waktu live streaming dapat memengaruhi jumlah penonton. Sesi live hendaknya dilakukan saat mayoritas followers sedang online (prime time) supaya lebih banyak penonton.

Setiap bisnis bisa memiliki prime time show yang berbeda karena mengikuti karakter target audiens masing-masing. Sebagai contoh, hasil riset melaporkan bahwa 80% followers Anda aktif membuka sosmed di pukul 7 malam. Singkatnya, pukul 7 malam itulah prime time Anda.

Cara lainnya adalah dengan mengikuti sesi prime time universal, yakni waktu-waktu senggang diketahui secara umum. Contohnya seperti jam makan siang, weekend, atau jam pulang kerja di atas pukul 5 sore.

9. Aesthetic Display

Tren live streaming terakhir yang tak kalah penting adalah menggunakan display yang menarik dan estetik.

Latar menjadi hal penting dalam live streaming yang sayangnya masih sering diabaikan sejumlah orang. Semakin apik background dan properti yang Anda pakai, otomatis audiens akan semakin betah dan percaya dengan penawaran Anda.

Sebisa mungkin pilih lokasi yang mendukung tema atau tujuan acara live. Semisal Anda ingin berjualan baju, maka tampilkanlah koleksi-koleksi baju dagangan memakai rak gantung. Apabila diperlukan, Anda juga bisa menghias lokasi agar tampak lebih estetik dan rapi.

Artikel terkait  10 Cara Jago Jualan di Instagram dengan Link Bio IG

Manfaat Berjualan Online dengan Live Shopping

live shopping

Mengapa online shop kekinian wajib mencoba live streaming shopping? Faktanya, taktik pemasaran ini sudah terbukti ampuh menarik banyak konsumen dan omset hingga jutaan rupiah dalam sekali sesi live.

Selain itu, masih ada beberapa manfaat positif yang bisa Anda raih saat berjualan secara live seperti:

  • Meningkatkan loyalitas konsumen. Anda bisa mengakrabkan diri pada audiens melalui interaksi yang hangat dan akrab saat live.
  • Mengetahui minat masyarakat. Feedbackdan engagement yang Anda peroleh ketika live streaming dapat menjadi patokan minat masyarakat terhadap produk/jasa.
  • Meningkatkan rasa kepercayaan pembeli.Calon pembeli akan lebih mempercayai kualitas produk karena mereka melihat bentuk asli produk saat sesi live.
  • Memungkinkan tawar-menawar. Salah satu kekurangan bisnis online adalah tidak bisa ditawar. Namun streaming live shopmemungkinkan pembeli untuk bernegosiasi dengan penjual.
  • Memudahkan komunikasi secara real time.Pembeli bisa lebih leluasa bertanya atau berpendapat pada penjual dalam sesi live.
  • Memberikan pengalaman belanja yang baru.Semua orang menyukai hal-hal baru. Alhasil, live streaming Anda akan menarik perhatian banyak orang yang penasaran dengan gaya belanja online interaktif.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar inovasi-inovasi live streaming shop. Semoga tips di atas bermanfaat untuk melariskan sesi live shopping bisnis Anda, ya!

Ikuti terus update berita, info dan strategi digital marketing terbaru hanya di MARKEY. Baca gratis ratusan artikelnya setiap hari dengan mengklik https://markey.id/ atau mendownload MARKEY APP di Playstore dan Appstore. Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Bisnis fashion atau baju...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya