Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy 6 Trik Mudah Memanfaatkan “Clubhouse App” untuk Promosi Bisnis...

6 Trik Mudah Memanfaatkan “Clubhouse App” untuk Promosi Bisnis Online

-

Pernah mendengar nama aplikasi “Clubhouse”? Forum obrolan online berbasis audio ini sempat viral pada awal tahun 2021 dan masih digunakan banyak orang sampai hari ini. Ternyata, Clubhouse app adalah channel sosial media baru yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis online Anda, lho!

Clubhouse menjadi viral karena sifatnya yang “eksklusif” hanya orang-orang yang diundang oleh host sajalah yang bisa bergabung dan mengobrol di Clubhouse. Aplikasi ini sekilas mirip dengan podcast dan radio, hanya saja obrolan bersifat langsung antara orang-orang yang tergabung dalam ruang obrolan.

Lalu seperti apa cara kerja dari Clubhouse marketing? Bagaimana tips dan trik bagi pemula untuk mempromosikan bisnis online dengan aplikasi podcast eksklusif baru ini?

Yuk cari tahu jawaban selengkapnya langsung pada pembahasan berikut ini!

Apa Itu Clubhouse?

aplikasi-club-house

Mengobrol di sosial media memang menyenangkan, apalagi kalau kita berkumpul dalam sebuah forum beranggotakan orang-orang dengan minat yang sama dengan kita. Tetapi terkadang, metode chat dengan cara mengetik membuat jari-jari tangan lelah bukan main. Padahal obrolan sedang berlangsung seru-serunya.

Itulah mengapa Clubhouse app adalah aplikasi ngobrol di dunia maya yang didesain dengan cara baru. Alih-alih menggunakan teks seperti aplikasi chatting lainnya, Anda bisa mengobrol di Clubhouse dengan berbicara secara langsung.

Para pengguna Clubhouse app bisa saling mengobrol dalam sebuah chat-room yang terisi belasan sampai puluhan orang. Anda bebas berdiskusi, mengemukakan opini dan mendengarkan cerita dari orang lain secara gratis. Anda pun bebas memilih ruang obrolan dengan berbagai topik untuk diikuti.

Inovasi baru dari aplikasi Clubhouse inilah yang sukses menjadikannya populer dan bernilai 1 juta Dollar Amerika dalam waktu sekejap. Clubhouse dirilis oleh Rohan Seth dan Paul Davidson di tahun 2020 lalu. Tak lama kemudian, aplikasi ini sukses diunduh oleh 2 juta pengguna dari seluruh dunia.

Cara Daftar Clubhouse dan Memakainya

Sebelum bisa menggunakan Clubhouse, tentunya Anda harus tahu terlebih dahulu cara daftar Clubhouse. Hanya pengguna terdaftar dan mempunyai akun resmi sajalah yang bisa bebas mengobrol secara virtual di Clubhouse. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab cara daftar Clubhouse ternyata segampang membuat akun sosmed biasa.

Ayo dicatat! Cara daftar Clubhouse app adalah:

  1. Download aplikasi Clubhouse di Google Play Store (untuk Android) atau Apple App Store (untuk iOS). Setelah selesai instalasi app pada smartphone, segera buka aplikasinya.
  2. Masuk ke aplikasi dan buat akun dengan e-mail aktif ataupun nomor telepon. Jika sudah, Anda bisa melanjutkan ke beranda aplikasi. Di sinilah Anda bisa menemukan banyak chat-room dengan beraneka macam topik yang bebas dipilih.
  3. Pilihlah chat-room dengan topik yang diminati. 1 topik obrolan bisa memuat banyak chat-room di dalamnya. Anda bisa memilih ruang obrolan yang sedang aktif atau berdasarkan jadwal siaran masing-masing untuk diikuti.
  4. Di setiap chat-room juga terdapat daftar nama pengguna lainnya yang berminat dengan topik tersebut. Anda bebas memfollow mereka untuk menambah relasi.
  5. Ketika sesi obrolan dimulai, tampilan layar aplikasi akan langsung memunculkan percakapan yang sedang berlangsung. Jika ingin berpendapat, Anda bisa klik tombol “Angkat Tangan” (Raise Hand). Hanya saja hal itu tidak berarti Anda bisa langsung mengobrol setelahnya. Izin untuk berbicara tetap diatur oleh moderator (host) ruang obrolan supaya alur percakapan berjalan dengan rapi.

Selain bergabung dengan chat-room orang lain, Anda juga diperbolehkan untuk menjadi host dan membuat ruang obrolan sendiri! Begini caranya:

  1. Login ke aplikasi Clubhouse. Pada bagian beranda atas, cari icon berbentuk amplop dan klik. Nantinya Anda akan menemukan daftar orang-orang yang bisa diundang dari kontak smartphone Anda.
  2. Pilih profil orang yang mau diundang ke sesi obrolan dan klik menu “Invite”. Mereka akan secara otomatis menerima SMS berisi ajakan untuk bergabung ke Clubhouse, lengkap dengan link untuk mendownload dan login ke app.
  3. Buat sebuah ruang obrolan baru dengan fitur “Buat Obrolan”. Anda bebas memilih mau mengatur ruang obrolan agar bisa diikuti semua pengguna Clubhouse (umum), atau bersifat selektif dengan memilih daftar following Anda atau orang-orang tertentu.
  4. Tunggu hingga semua orang bergabung, kemudian obrolan bisa dimulai seperti biasa. Sekarang tugas Anda adalah sebagai host atau moderator yang memandu jalannya sesi obrolan, seperti mengarahkan siapa yang berbicara pertama, kedua dan seterusnya.

3 Keunggulan Aplikasi Clubhouse untuk Bisnis

social-media-marketing-2

Tidak hanya sekadar untuk ngobrol, beberapa manfaat dan keunggulan lain dari Clubhouse app adalah:

1. Aman, Privat dan Eksklusif

Beberapa orang takut mengobrol di sosial media karena percakapan mereka bisa disadap secara tanpa sadar oleh pihak ketiga. Namun hal tersebut tidak akan terjadi di Clubhouse. Ini berkat salah satu sifat bawaan aplikasi yang eksklusif dan sangat privat.

Orang-orang hanya bisa mengikuti ruang obrolan Clubhouse jika mereka diundang atau diterima masuk oleh host. Kalau tidak menerima link undangan atau tidak diterima oleh host, maka sudah pasti Anda tidak bisa bergabung ke chat-room pilihan.

Dengan begini, amat kecil kemungkinan bagi penyusup untuk bisa bergabung dan mencuridengar obrolan Clubhouse.

Artikel terkait  Bisnis Jasa Website Anda Sepi? Segera Lakukan 8 Cara Gaet Konsumen yang Ampuh Berikut Ini!

2. Mudah Menjalin Relasi Baru

Kekuatan Clubhouse marketing terletak pada kemudahannya dalam menjalin relasi baru. Ketika memilih sebuah topik di Clubhouse, Anda bisa bertemu dengan orang-orang lain yang meminati topik sejenis. Jadi Anda dapat dengan gampang menambah relasi atau kenalan baru. Siapa tahu, orang yang Anda baru kenal di Clubhouse bisa menjadi rekan kerja yang baik di masa depan untuk memajukan bisnis?

Bahkan katanya Clubhouse juga sering digunakan oleh bisnis-bisnis besar ternama untuk membuat forum obrolan dengan masyarakat umum. Ini berarti Anda berkesempatan untuk terhubung dan belajar langsung dengan pebisnis-pebisnis hebat dan profesional!

3. Media Promosi yang Bebas Spam

Anda juga tidak perlu takut sesi mengobrol dengan audiens tercemari oleh spam. Sistem Clubhouse sudah dilengkapi dengan algoritma khusus dan filter spam. Aplikasi bisa secara otomatis menghapus berbagai kata-kata kasar, menyinggung, rasis dan lainnya yang dapat disesuaikan sendiri.

Pun Anda sebagai host bisa turut mengatur apa-apa saja yang boleh dibahas dan tidak selama sesi obrolan berlangsung. Semisal Anda mengadakan sesi mengobrol seputar tips mendirikan bisnis dan menyelipkan promosi halus terkait jasa atau produk unggulan Anda di dalamnya. Aturlah sedemikian rupa supaya hanya Anda saja yang boleh memberi promosi kepada audiens agar konten iklan tidak tumpang tindih dalam forum.

5 Kiat Clubhouse Marketing Pemula untuk Mempromosikan Bisnis Online

social-media-marketing-1

Promosi online adalah hal yang penting. Tanpa berpromosi, mustahil bisnis Anda bisa diketahui banyak orang dan dikunjungi konsumen. Kabar gembiranya, sekarang ada banyak jalan untuk mempromosikan bisnis secara online. Salah satunya adalah dengan Clubhouse.

Clubhouse marketing baru-baru ini tumbuh dan berkembang seiring dengan tingginya pemanfaatan aplikasi tersebut oleh masyarakat. Berikut adalah 5 kiat khusus untuk mempromosikan bisnis dengan strategi Clubhouse marketing:

1. Gencarkan Strategi Promosi Mulut-Ke-Mulut

Mengingat Clubhouse adalah aplikasi chatting berbasis audio, maka sudah tentu Anda harus melancarkan strategi promosi mulut-ke-mulut. Anda bisa mulai mencoba meyakinkan audiens dalam ruang obrolan untuk memahami dan terhanyut ke dalam kisah unik bisnis Anda. Pada akhirnya, mereka pun akan tertarik untuk mencoba menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Anda bisa mempromosikan usaha secara soft-selling dengan lebih gampang memakai Clubhouse. Plus, Anda tidak perlu takut membuat konsumen bosan, karena pada dasarnya manusia suka mendengarkan kisah orang lain. Apalagi kalau Anda berbagi cerita secara detil dan menutupnya dengan bukti hasil yang memuaskan.

Menurut psikologi, orang-orang umumnya mudah merasa simpati dan tertarik dengan sebuah produk ketika mengetahui bahwa permasalahan yang dihadapi orang lain sama dengan dirinya. Jadi usahakan untuk membangun cerita yang meyakinkan, memiliki masalah yang umum (bisa menimpa siapa saja), dan lengkap dengan solusi yang membantu.

2. Manfaatkan Topik Sosial yang Sedang Trend

Banyak orang mengira promosi online adalah aktivitas memasarkan produk atau jasa saja. Padahal tidak selalu. Anda bisa membicarakan berbagai topik sosial yang sedang trend agar sesi obrolan tidak “kering” atau membosankan.

Isu-isu sosial yang sedang hangat selalu asik untuk dibahas dan membuat audiens semangat untuk menyimaknya. Anda bisa membuka sesi diskusi terkait topik-topik tersebut dan menyelipkan promosi halus di dalamnya.

Akan lebih bagus lagi jika topik yang dibahas berkaitan dengan produk atau jasa Anda. Semisal Anda membahas topik mahalnya biaya sewa kendaraan online saat ini, sembari menyelipkan jasa taxi online yang Anda rintis sendiri dan bertarif lebih murah.

3. Kumpulkan Kritik dan Saran dari Konsumen

Tips selanjutnya, manfaatkan juga Clubhouse untuk mengumpulkan semua kritik dan saran dari konsumen. Salah satu kiat sukses berpromosi online adalah senantiasa mengevaluasi bisnis dari sudut pandang konsumen.

Sebagai sasaran dari bisnis, sudah pasti Anda ingin menyenangkan konsumen, bukan? Maka dari itu, mendengarkan setiap masukan dari mereka amat penting. Anda tidak akan pernah tahu apa saja masalah yang dihadapi konsumen karena Anda tidak benar-benar berada di posisi mereka.

Melalui aplikasi Clubhouse, Anda bisa mengadakan sesi diskusi terkait sisi baik dan buruk pelayanan perusahaan dengan masyarakat. Atau, Anda bisa mengadakan forum berisi para pengusaha dari industri yang sama dengan bisnis Anda supaya bisa saling sharing pengalaman, keluh-kesah dan tips.

Artikel terkait  Tepat Menentukan Harga Produk Bersama iPrice | Pembanding Harga E-Commerce No 1 Se-Indonesia

4. Berikan Pengumuman Melalui Clubhouse

Setelah Anda mempunyai cukup banyak penggemar dan popularitas di Clubhouse, sekarang Anda bebas menggunakan aplikasi untuk mengumumkan lebih banyak penawaran dari bisnis kepada audiens. Para pengikut Anda pasti akan selalu menanti-nanti kabar terbaru dari bisnis Anda dan ingin membicarakannya supaya mereka tahu lebih banyak informasi.

Walaupun topik yang dibahas adalah seputar bisnis, ingatlah untuk tetap mengedepankan isu-isu menarik dan nilai-nilai positif selama sesi diskusi berlangsung. Semisal bisnis Anda mengumumkan akan merilis produk dengan kemasan yang ramah lingkungan.

Selain mengumumkan perubahan bentuk kemasan, beritahu audiens Anda apa tujuan Anda beralih metode pengemasan, manfaatnya, dan tunjukkan bahwa bisnis Anda ingin turut berkontribusi pada pemeliharaan lingkungan sekitar melalui langkah-langkah kecil.

Dengan begini, audiens Clubhouse tidak hanya akan mengetahui perubahan kemasan produk Anda tetapi juga makna dan nilai positif yang terdapat di baliknya. Akhirnya reputasi bisnis Anda di mata masyarakat pun akan meningkat.

5. Kembangkan Perusahaan dengan Berelasi

Tips terakhir adalah selalu usahakan untuk menambah relasi Anda di Clubhouse. Kemudahan terhubung dengan sesama pebisnis maupun masyarakat bisa menjadi kesempatan emas untuk mendorong perkembangan bisnis Anda. Terutama karena di Clubhouse Anda berkesempatan untuk berada di ruang obrolan bersama pebisnis profesional maupun ternama.

Tidak ada salahnya untuk menambah relasi dengan siapa saja yang Anda temui dari Clubhouse. Bisa saja kelak Anda akan membutuhkan bantuan mereka untuk keperluan bisnis, atau sebaliknya. Bisnis Anda sudah selangkah lebih maju berkat banyak “channel” yang Anda dapatkan dari Clubhouse.

Demikianlah pembahasan kali ini seputar Clubhouse marketing! Ayo temukan lebih banyak tips dan materi belajar strategi marketing online gratis lainnya dari MARKEY. Supaya lebih mudah dalam membaca, Anda bisa mendownload aplikasinya langsung di sini.

Sampai bertemu lagi di artikel edisi selanjutnya, sayonara!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya