Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 48

Cara Buat QR Code OVO, DANA, SPay, QRIS Gratis untuk Olshop

0
buat-qr-code

Penasaran bagaimana membuat QR code free untuk DANA, OVO, ShopeePay, bank, QRIS, dll? Begini tips lengkap membuat kode QR sendiri dan gratis guna memaksimalkan transaksi bisnis online Anda!

Pemakaian QR code untuk transaksi bukanlah hal baru lagi. Uniknya, kini bisnis offline tradisional seperti warung dan UMKM pun sudah menyediakan metode pembayaran cashless (tanpa tunai) melalui QR code.

Pemakaian QR code sangat diminati karena memudahkan konsumen ketika berbelanja. Maka dari itu, yuk segera buat QR code sendiri mengikuti tutorial simpel dan lengkap berikut ini!

Cara Buat QR Code Gratis (DANA, OVO, ShopeePay, Bank, Dll.)

buat-qr-code

Ingin punya QR code transaksi sendiri? Tenang saja, kini ada banyak sekali cara buat QR code gratis yang bisa Anda coba. Berikut ini kami telah rangkum tutorial buat QR code free untuk berbagai platform cashless atau e-wallet kekinian:

  • OVO
  • DANA
  • ShopeePay
  • GoPay
  • QRIS
  • Bank

Cara Buat QR Code Pembayaran OVO

E-wallet OVO sudah dilengkapi fitur khusus untuk membuat QR code free sesuai kebutuhan Anda. Yang Anda perlukan hanyalah aplikasi OVO aktif dan koneksi internet stabil saja.

Begini tutorial membuat kode QR pada OVO:

  1. Login ke aplikasi OVO.
  2. Masuk ke beranda.
  3. Klik menu “Profile”.
  4. Gulir layar ke bawah > cari menu “QR Code”.
  5. Kode QR akun Anda akan muncul secara otomatis.

Kode tersebut sudah siap untuk langsung di-scan pembeli. Anda dapat menunjukkan kode secara langsung, atau menyimpannya dalam bentuk screenshot dan dicetak.

Cara Buat QR Code DANA

Agak tidak jauh dari OVO, cara buat kode QR gratis pada aplikasi DANA juga cukup simpel. Berikut tutorialnya:

  1. Pastikan Anda sudah memiliki aplikasi DANA terlebih dahulu.
  2. Buka aplikasi > login ke akun Anda.
  3. Klik menu “Request” di beranda utama app.
  4. Kode QR akan muncul secara otomatis.
  5. Klik tombol “Set Amount”, lalu masukkan nominal tagihan konsumen.
  6. Selesai. Tunjukkan kode QR pada pembeli agar bisa langsung di-scan.

Cara Buat QR Code ShopeePay

Nah, cara membuat kode pembayaran QR di Shopee (ShopeePay) agak sedikit berbeda dari DANA maupun OVO. Jika Anda bisa langsung mengakses menu kode QR pada kedua e-wallet sebelumnya, maka di Shopee tidak demikian.

Shopee memfasilitasi semua kebutuhan mitra bisnis (penjual/seller) di platform mereka, termasuk untuk membuat code QR gratis. Alhasil, Anda perlu mengajukan permintaan pembuatan QR code ke tim resmi Shopee.

Berikut caranya:

  1. Pastikan akun toko Shopee Anda sudah diverifikasi.
  2. Akun toko harus memenuhi syarat yakni tidak pernah mengajukan kode QR sebelumnya.
  3. Kontak laman tim customer service Shopee.
  4. Anda akan diminta untuk melengkapi identitas penjual, seperti:
  • Alamat jalan toko (Kota, Kabupaten, Provinsi, Kode Pos).
  • Nomor telepon akun yang aktif.
  • Username sesuai yang terdaftar di aplikasi.
  • Keterangan ingin mengajukan kode QR.
  1. Kirim seluruh informasi tersebut pada tim customer service.
  2. Selesai. Anda hanya perlu menunggu selama kurang lebih 19 hari kerja.

Tim Shopee akan memvalidasi, membuat dan mengirimkan code QR langsung kepada Anda. Apabila kode belum diterima hingga melebihi batas waktu, maka Anda bisa menghubungi kembali tim CS Shopee.

Anda juga dapat mengajukan komplain jika kode yang didapat tidak sesuai (terhubung ke akun toko yang lain) atau rusak (tidak dapat berfungsi ketika di-scan).

Cara Buat QR Code GoPay

Dimana letak menu QR code pada aplikasi GoPay? Banyak pengguna sering bingung mencari  menu QR code GoPay. Ternyata, ada dua mekanisme membuat kode QR sendiri untuk GoPay, yakni memakai aplikasi GoJek atau GoBiz (aplikasi merchant resmi GoJek).

Berikut tutorial keduanya:

1. Bikin QR Code GoPay dengan GoJek (Tanpa Daftar Merchant)

Aplikasi GoJek sudah mengganti menu kode QR pembayaran menjadi barcode pembayaran. Begini cara membuat barcode GoPay dari aplikasi GoJek:

  1. Buka aplikasi GoJek Anda.
  2. Klik menu “More” (“Lainnya”).
  3. Klik “Request” (“Minta”).
  4. Barcode pembayaran akan muncul secara otomatis.
  5. Simpan barcode dengan cara screenshot dan print, atau langsung tunjukkan ke hadapan pembeli agar di-scan.

2. Bikin QR Code GoPay dengan GoBiz (Daftar Merchant)

GoBiz adalah aplikasi khusus yang menampung semua mitra penjual GoJek. Anda juga bisa membuat barcode pembayaran GoPay lewat aplikasi GoBiz. Begini caranya:

  1. Buka aplikasi GoBiz.
  2. Klik menu “Transaksi”.
  3. Cari bagian pojok kanan atas layar > klik tombol “QR”.
  4. Barcode scan GoPay Anda akan muncul secara otomatis.
  5. Screenshot barcode dan print, atau langsung minta konsumen men-scan dari layar gadget Anda.

Cara Buat QR Code QRIS

Siapa yang tidak pernah mendengar QRIS? QRIS adalah layanan QR code paling populer di Indonesia. Kehebatan utama QRIS adalah bisa menerima pembayaran dari berbagai platform e-wallet atau bank.

Baca juga: QRIS adalah : QR Code Kekinian Penambah Omset

Maka dari itu, banyak pebisnis mengandalkan QRIS sebagai alamat utama pembayaran non tunai mereka. Inilah cara buat QRIS code untuk bisnis:

  1. Buka website https://qris.id/ dari browser Anda.
  2. Klik menu “Register”.
  3. Siapkan dokumen bisnis Anda (KTP, akte perusahaan, NPWP, nomor KK, dan lain-lain).
  4. Isi formulir pendaftaran.
  5. Daftarkan formulir.
  6. Tunggu proses validasi pengajuan QRIS selama 2 – 4 minggu.
  7. Apabila berkas Anda lolos validasi, tim akan mengirimkan NMID, username dan password akun QRIS baru Anda.
  8. Cek kinerja barcode baru Anda. Apabila terjadi error, silahkan hubungi kembali tim QRIS.

Baca juga: QRIS: Layanan Pembayaran dari BI dan Update Terbarunya!

Cara Buat QR Code Bank

Membuat kode QR yang mewakili akun bank bisnis juga tak kalah penting. Sebab terkadang, pelanggan lebih nyaman melunasi tagihan dengan cara transfer ke rekening bank penjual.

Namun Anda tak perlu cemas, sebab membuat kode QR akun bank juga sama praktis dan gratis seperti e-wallet. Anda bisa langsung mendapatkan barcode akun rekening pada aplikasi m-banking. Cara mengaksesnya adalah:

  1. Buka aplikasi m-banking Anda.
  2. Login ke akun rekening.
  3. Klik menu “Profile” > “QR Code” > kode akan muncul secara otomatis.

Silahkan simpan kode atau tunjukkan langsung pada pembeli seperti biasa.

Perlu diperhatikan juga, ada sejumlah m-banking yang meletakkan fitur QR code mereka di menu QRIS. Cara mengaksesnya adalah:

  1. Buka aplikasi m-banking > login ke akun.
  2. Cari bagian tengah bawah di beranda aplikasi.
  3. Klik menu “QRIS”.
  4. Muncul 3 opsi menu: pindah QR (untuk scan), kode bayar dan terima dana.
  5. Pencet tombol “Terima Dana”, dan QR kode rekening Anda akan muncul otomatis.

5 Manfaat QR Code untuk Kesuksesan Bisnis

Apa sajakah manfaat QR code sebagai alat pembayaran non tunai di toko? Berikut 5 manfaat QR code yang mungkin Anda belum sadari selama ini.

Mempermudah Transaksi

Manfaat kode QR yang pertama sudah pasti mempermudah transaksi non tunai di toko Anda. Anda tidak perlu khawatir kekurangan uang kembalian karena saldo yang masuk dipastikan pas dengan jumlah tagihan.

Menghindari Salah Perhitungan

QR code adalah alat pembayaran digital yang terhubung ke sistem komputer. Sistem e-wallet yang terkoneksi ke barcode bisa memotong saldo pembeli dan menransfernya ke rekening Anda dalam jumlah yang tepat. Alhasil, hal-hal seperti kesalahan nominal pembayaran dapat dihindari.

Memaksimalkan Pelayanan Konsumen

QR code juga mampu memaksimalkan kualitas pelayanan konsumen di toko Anda. Konsumen dapat menjadi lebih puas sebab transaksi mereka dapat terselesaikan dalam hitungan detik.

Mereka pun tidak perlu repot mengantre menunggu uang kembalian, atau bingung mencari uang receh untuk nominal pembayaran yang tak genap jumlahnya (seperti Rp10.500 atau Rp5.980).

Menambah Transaksi

Toko-toko yang menyediakan metode pembayaran dengan QR code terbukti lebih ramai dikunjungi ketimbang yang tidak. Terutama oleh anak-anak muda milenial yang memiliki kebiasaan cashless.

Jadi ayo tambahkan metode pembayaran kode QR sekarang dan raih lebih banyak konsumen dari biasanya!

Mudah Menagih Pelunasan Dimanapun Kapanpun

Manfaat QR code yang terakhir adalah mempermudah menagih pelunasan ke konsumen, baik secara online maupun offline. Bagaimana caranya?

Print dan tempel barcode QR Anda di posisi yang strategis pada kasir. Dengan begini, konsumen yang datang langsung ke toko dapat menscan barcode dan membayar di muka.

Sedangkan untuk konsumen online, Anda bisa memasang barcode toko di halaman check out website, atau mengirimkan barcode pembayaran melalui pesan chat. Selamat mencoba!

Demikianlah tutorial cara membuat kode QR untuk pembayaran online di berbagai platform e-wallet dan bank yang bisa Anda coba. Tidak sulit untuk membuat kode QR bisnis sendiri, bukan?

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Cloud Marketing Adalah : Pemasaran Online Tersukses Abad Ini

0
cloud-marketing.

 

Sudah menerapkan banyak strategi pemasaran online tapi belum ada yang sukses? Sudah waktunya beralih mencoba strategi pemasaran online cloud marketing.

Ada banyak strategi pemasaran online yang bisa Anda coba untuk meningkatkan omset jualan. Salah satunya adalah cloud marketing. Apa itu cloud marketing? Seperti apa cara kerja dan keuntungannya?

Mari langsung temukan jawaban selengkapnya pada review contoh digital marketing di Indonesia “Cloud Marketing” berikut ini!

Contoh-Contoh Digital Marketing di Indonesia

Kemajuan teknologi saat ini membawa dampak positif bagi perkembangan bisnis online. Tidak hanya memudahkan transaksi secara virtual, teknologi modern juga melahirkan banyak contoh digital marketing yang sukses, seperti:

Cloud Marketing

cloud-marketing. pemasaran online

Cloud marketing adalah strategi pemasaran online secara digital sekaligus disesuaikan secara personal mengikuti target pasar. Cloud marketing adalah taktik pemasaran paling dasar yang wajib dikuasai.

Email Marketing

Strategi pemasaran (iklan) yang dilakukan menggunakan media email promosi atau newsletter dikenal sebagai email marketing.

Online Marketing

Online marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan sepenuhnya melalui media internet, seperti website online shop, konten sosial media, email, iklan online, dan lain sebagainya.

Social Media Marketing

Salah satu turunan yang spesifik dari trik online marketing adalah social media marketing. Sosmed marketing berisi upaya promosi dan pembangunan image brand melalui sosmed, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lain.

Content Marketing

Salah satu contoh digital marketing di Indonesia dengan jumlah peminat yang tinggi. Anda bisa mempromosikan usaha lewat artikel, video, foto, atau infografis yang dibuat sendiri.

Search Engine Marketing (SEM)

Sesuai namanya, Search Engine Marketing berfokus pada peningkatan visibilitas, kunjungan dan pembelian pada situs Anda yang terdaftar di Google.

Inbound Marketing

Berbeda dari jenis-jenis digital marketing lainnya, inbound marketing berfokus menciptakan kesan positif dalam pelayanan konsumen.

Nah, strategi pemasaran online mana yang pernah Anda terapkan dari semua contoh digital marketing di Indonesia? Jika taktik marketing olshop Anda saat ini belum membuahkan hasil sesuai harapan, tidak ada salahnya mencoba taktik pemasaran cloud marketing.

Apa yang Dimaksud Pemasaran Online Cloud Marketing?

Cloud marketing adalah aktivitas marketing digital dengan tujuan utama meningkatkan pengalaman belanja konsumen. Taktik pemasaran digital ini akan membantu Anda lebih mudah menjangkau banyak konsumen dari berbagai sumber mulai dari website, Google, sosial media, email dan lain sebagainya.

Ketika menjalankan cloud marketing, seluruh aset bisnis, sumber daya, serta komponen marketing lainnya akan diintegrasikan ke sistem online. Jadi Anda dapat mengelola pemasaran dan transaksi secara virtual.

Keunggulan lain dari cloud marketing adalah sistem personalisasinya. Ketika menerapkan strategi pemasaran online ini, Anda akan lebih fokus menciptakan teknik marketing yang sesuai karakter konsumen. Alhasil produk Anda jadi lebih cepat laku di pasaran!

4 Keunggulan Pemasaran Online Cloud Marketing

cloud-marketing.. pemasaran online

Cloud marketing jauh lebih unggul dari berbagai aspek jika dibandingkan dengan taktik marketing lainnya. Inilah 4 keunggulan utama dari pemasaran cloud marketing:

1. Bisa Dikerjakan Dimana Saja Kapan Saja

Anda tidak perlu repot berpanas-panasan menghampiri calon pembeli hanya untuk menawarkan produk atau jasa. Seluruh aktivitas pemasaran dilakukan secara online dengan laptop, smartphone dan koneksi internet. Jadi, Anda bebas mengelola bisnis kapan saja dan dimana saja.

2. Murah dan Bisa Tanpa Biaya

Ingin berpromosi tapi belum punya budget? Tenang, strategi cloud marketing bisa dijalankan dengan sedikit, atau bahkan tanpa modal sama sekali!

Anda dapat memulai pemasaran online cloud marketing dengan mengandalkan sumber daya gratis yang dimiliki. Semisal membuat akun sosial media bisnis, konten artikel, foto katalog, dan relasi grup-grup sosmed yang diikuti.

3. Proses Pertumbuhan yang Cepat dan Signifikan

Bisnis Anda dapat bertumbuh lebih cepat dan signifikan memakai cloud marketing. Ada banyak perusahaan lokal maupun internasional yang mencapai kesuksesan kurang dari 10 tahun melalui pemasaran digital.

Pertumbuhan bisnis yang “kilat” seperti ini memang sangat mungkin terjadi, mengingat kemajuan teknologi yang juga pesat setiap tahunnya.

4. Lebih Gampang Branding Produk atau Jasa

Keunggulan terakhir dari pemasaran online cloud adalah memudahkan proses branding produk dan jasa di masyarakat. Cukup sekali posting artikel, foto atau video promosi saja ke internet, maka produk Anda sudah dapat dijangkau banyak orang dari berbagai wilayah. Praktis, bukan?

5 Manfaat Pemasaran Online Cloud Marketing

Sejumlah manfaat menerapkan cloud marketing adalah:

1. Mudah Memperkirakan Hasil Bisnis

Pertama, cloud marketing bisa langsung memberi gambaran ‘kasar’ seputar hasil penerapan trik marketing. Anda dapat memprediksi nilai bisnis di mata konsumen dengan mudah, begitu pula jumlah omset yang akan didapat.

Inilah mengapa perusahaan populer dunia sekelas Google juga mengandalkan pemasaran online cloud.

2. Mudah Memasarkan Produk secara Internasional

Siapa yang tidak mau produknya diburu banyak konsumen? Cloud marketing mampu mendobrak seluruh sekat-sekat batas wilayah dan waktu yang membatasi ruang gerak bisnis Anda.

Akibatnya, siapapun kini bisa menjadi calon pembeli toko Anda, baik konsumen lokal, nasional dan global internasional.

3. Mudah Menggali Customer Journey

Setiap bisnis pastilah memiliki customer journey yang khas dan beragam. Memahami customer journey terhadap bisnis merupakan hal penting, sebab mampu meningkatkan pelayanan dan kepuasan konsumen secara signifikan.

Sayangnya tidak semua pebisnis bisa melacak customer journey usahanya dengan tepat. Kabar baiknya, cloud marketing dapat turut membantu mengukur customer journey usaha Anda dari nol sampai hari ini.

4. Mudah Akrab dengan Pembeli

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, bisnis Anda bisa lebih “dekat” dengan pembeli lewat cloud marketing.

Setelah memahami data customer journey pengunjung toko Anda, kini waktunya memanfaatkan informasi tersebut ke dalam berbagai interaksi hangat dengan pembeli – misalnya interaksi di sosial media, konten email marketing, memberi penawaran produk favorit, dan lain-lain.

5. Mudah Memberi Produk Favorit Konsumen

Faktanya, setiap konsumen di toko online Anda pasti memiliki item favoritnya masing-masing. Ada yang suka buku novel remaja, fashion ala Korea, makanan ringan pedas, skincare, dan sebagainya. Di sinilah Anda perlu memahami kesukaan setiap konsumen agar produk yang ditawarkan cepat laku.

Tidak perlu bingung, strategi cloud marketing bisa membantu Anda meriset profil setiap konsumen dengan gampang. Jadi tidak perlu pusing menebak produk apa yang diminati pembeli saat ini!

4 Kiat Pemasaran Online Cloud Marketing yang Simpel dan Gratis

Tertarik mencoba strategi pemasaran online dengan cloud marketing? Anda bisa langsung mulai dengan mempraktekkan 4 kiat pemasaran online sederhana di bawah ini:

1. Kenali dan Pahami Pembeli Anda

Mula-mula, kenali dan pahami dulu siapa target konsumen Anda. Tahapan ini sangat penting supaya pemasaran online yang dipraktekkan membuahkan hasil sesuai cita-cita.

Memahami karakteristik dari target market Anda juga akan membantu peningkatan kualitas produk maupun pelayanan toko online saat ini. Pun apabila optimasi dilakukan secara berkala, bisnis Anda dipastikan akan banjir pembeli dengan sendirinya.

Hal-hal penting yang harus diperhatikan saat mempelajari konsumen target:

  • Apa produk atau jasa yang paling banyak dicari konsumen?
  • Mengapa konsumen mencari produk atau jasa tersebut?
  • Apa saja hal-hal yang disukai konsumen dari toko Anda?
  • Apa saja hal-hal yang tidak disukai mereka (bisa ditingkatkan kembali)?
  • Dari kalangan mana saja konsumen yang datang ke toko Anda (gender, pendidikan, daerah asal, usia, pekerjaan)?
  • Apa produk atau jasa yang paling banyak dibeli konsumen?
  • Mengapa konsumen membeli produk atau jasa tersebut?
  • Dan masih banyak pertanyaan lain yang bisa Anda riset sesuai kebutuhan.

2. Menentukan Target Penjualan

Setiap pemasaran online yang baik pasti memiliki target yang jelas di baliknya. Banyak bisnis online yang gagal berkembang karena tidak punya target penjualan yang pasti.

Target penjualan bisa mendorong pertumbuhan bisnis Anda ke arah yang lebih baik. Semisal pemasukan bisnis Anda di bulan ini mencapai 5 juta rupiah. Maka Anda bisa mengatur target penjualan untuk bulan depan sebesar 7-8 juta rupiah.

Target penjualan pun tidak melulu harus berupa omset pemasukan. Anda bisa membuat target untuk hal lain, seperti jumlah subscriber newsletter web bisnis, followers sosmed olshop, level eksposur brand, dan sebagainya.

Sejumlah pertanyaan penting dalam menentukan target penjualan:

  • Berapa angka penjualan bisnis saat ini?
  • Berapa angka penjualan yang mau diraih berikutnya?
  • Bagaimana cara terbaik untuk mewujudkan target penjualan tersebut?
  • Apa saja kekurangan yang menjadi penyebab tidak tercapainya target di masa lalu?
  • Apa inovasi baru yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah pencapaian target?

3. Jalankan Marketing dengan Konten Berkualitas

Sekarang waktunya mengeksekusi rencana cloud marketing yang telah dibuat! Nah, ketika menjalankan cloud marketing, ingatlah untuk selalu menggunakan konten-konten promosi berkualitas. Tujuannya tak lain agar pemasaran online berjalan lancar.

Kualitas konten sangat memengaruhi minat belanja dari calon konsumen. Pernahkah Anda tergiur ingin mencoba produk usai melihat foto/video katalognya? Inilah kekuatan konten promosi yang jarang disadari pebisnis.

Konten promosi berkualitas tinggi sangat ampuh menciptakan ekspektasi dan gambaran terbaik dari produk. Akibatnya, audiens jadi ingin memakai barang tersebut dan membelinya.

Selain itu, konten marketing berkualitas dapat sekaligus membangun kepercayaan masyarakat pada brand. Pastinya tidak ada yang mau berbelanja di toko yang konten promosinya tidak jelas, meragukan atau asal-asalan.

Tips membuat konten marketing berkualitas:

  • Gunakan gambar foto atau video yang jelas dan HD (high definition).
  • Jangan mengedit foto atau video secara berlebihan (seperti menambahkan filter dan kontras terlalu tinggi) karena dapat mengubah tampilan asli produk.
  • Sertakan caption menarik dengan trik copywriting cerdas.
  • Bebaskan daya kreasi Anda ketika membuat konten yang menarik.
  • Sertakan logo bisnis, nama atau warna utama brand supaya konten Anda punya ciri khasnya tersendiri.

4. Pilih Media Pemasaran Online yang Tepat

Tips terakhir, unggah konten pemasaran online Anda di media yang tepat. Jangan buat 1 konten untuk diunggah ke berbagai media, sebab setiap platform mempunyai ketentuan yang berbeda.

Misalnya Anda mempunyai konten marketing berupa video. Kemana Anda mau mengunggahnya? Saat ini ada banyak platform sosial media video yang bisa menjadi opsi, seperti:

  • YouTube: cocok untuk video-video berdurasi panjang seperti vlog dan review.
  • TikTok: media terbaik untuk video pendek kurang dari 1 menit.
  • Instagram: wadah bagi banyak tipe video, mulai dari video panjang (IGTV), video feeds, hingga video pendek kekinian (Stories dan Reels).

Sekarang Anda hanya perlu menyesuaikan video konten dengan media unggahannya. Jika video Anda berdurasi pendek, maka lebih baik mengunggahnya ke Instastories, IG Reels atau TikTok alih-alih YouTube.

Mengunggah konten marketing ke platform yang benar akan mempercepat proses penyebaran informasi ke masyarakat. Untuk itu, selalu pilih dan pertimbangkan media promosi yang mau digunakan, ya!

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar pemasaran online cloud marketing. Ingin tahu lebih banyak trik memaksimalkan omset bisnis yang simpel dan gratis? Tenang, semuanya kini bisa Anda dapatkan di MARKEY.

Jangan lewatkan ratusan update tips digital marketing terbaru hanya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (PlayStore dan AppStore) sekarang juga. Sampai bertemu lagi di artikel informatif selanjutnya!

Terkuak! Teknik Copywriting Terbaik untuk Deskripsi Produk

0
teknik-copywriting

Sering bingung bagaimana cara membuat deskripsi produk yang menarik bagi konsumen? Jangan khawatir, kini Anda sudah menemukan jawabannya! Di halaman ini telah terkuak teknik copywriting paling ampuh untuk membuat deskripsi produk terbaik.

Teknik copywriting adalah strategi menulis kebutuhan marketing paling jitu. Copywriting bisa diaplikasikan untuk berbagai tujuan, mulai dari membuat iklan, konten blog dan membuat deskripsi produk unggulan.

Penasaran bagaimana cara menulis deskripsi produk yang benar? Langsung simak jawabannya pada artikel belajar copywriting berikut ini! Pastikan membaca sampai akhir karena ada banyak contoh deskripsi produk yang menarik dan inspiratif.

Jenis-Jenis Teknik Copywriting Adalah

Masih banyak orang mengira teknik copywriting hanya terdiri dari satu jenis. Apakah Anda juga demikian? Faktanya, pemahaman tersebut keliru.

Teknik copywriting adalah strategi penulisan yang bisa “membujuk” pembacanya agar bertindak sesuai tujuan penulis. Akan tetapi, tujuan penulis kerap berbeda-beda. Ada yang menulis copy untuk mempromosikan bisnis (iklan), ada juga yang hanya menjelaskan deskripsi produk.

Tentunya teknik copywriting akan berbeda mengikuti tujuan masing-masing tulisan. Itulah mengapa teknik copywriting terbagi ke dalam berbagai kelompok, yakni:

Technical Copywriting

Inilah cara menulis deskripsi produk yang menarik. Berbekalkan pengetahuan technical copywriting, tulisan deksripsi produk atau jasa Anda sudah bisa memikat konsumen untuk berbelanja.

Brand Copywriting

Skill copywriting khusus untuk memperkenalkan brand bisnis Anda, visi misi, sejarah, sampai membangun image di mata masyarakat.

SEO Copywriting

teknik-copywriting.

Tata cara penulisan supaya artikel bisnis Anda bisa tembus di halaman pertama Google Search.

Marketing Copywriting

Artikel copywriting yang paling sering kita jumpai. Biasa digunakan untuk mempromosikan produk ke konsumen atau iklan.

Copywriting Direct Response

Tulisan copywriting untuk mendapatkan reaksi langsung berupa tindakan dari pembaca. Ciri-cirinya adalah banyak mengandung Call To Action (CTA)

Teknik copywriting ternyata cukup bervariasi, ya? Nah, kali ini kita akan berfokus pada technical copywriting sebagai cara menulis deskripsi produk yang menarik.

Apa Itu Copywriting Skill Technical?

Apa itu copywriting skill technical? Technical copywriting adalah tata cara menulis deskripsi produk maupun jasa yang terstruktur.

Tujuan teknik copywriting ini adalah memberikan pengetahuan, wawasan maupun pemahaman secara rinci pada konsumen terkait barang yang Anda jual. Semisal tata cara penggunaan produk, spesifikasi item, rincian pemesanan, khasiat, efek samping, dan seterusnya.

Technical copywriting punya peranan yang cukup penting dalam bisnis online. Faktanya hampir semua konsumen online mempertimbangkan deskripsi produk sebelum memutuskan pembelian. Mengingat mereka tak bisa melihat barang secara langsung di toko online, maka tulisan deskripsi menjadi satu-satunya jembatan informasi mereka.

Lewat deskripsi produk yang apik dan rinci, konsumen bisa memiliki gambaran item beserta keunggulannya. Yang paling penting, mereka dapat menentukan apakah fitur-fitur atau kandungan produk mampu memenuhi kebutuhan. Jika iya, maka secara otomatis konsumen akan membeli produk dagangan Anda.

Itulah mengapa belajar copywriting technical amat penting. Banyak orang menerapkan teknik copywriting ini untuk membuat deskripsi produk ataupun artikel di bidang jasa, pendidikan, kesehatan, dan IT.

Perbedaan Technical Copywriting dan Technical Writing

Terdapat satu istilah yang mirip dengan technical copywriting, yakni “technical writing”. Jangan sampai keliru, sebab keduanya ternyata sangat berbeda!

Technical writing adalah skill menulis instruksi, pedoman, atau prosedur pemakaian sebuah produk. Sementara technical copywriting mendeskripsikan produk pada konsumen sekaligus membujuk mereka agar mau memakainya. Tidak ada tata cara pemakaian yang bersifat teknis dalam deskripsi technical copywriting.

Gambaran lebih jelasnya dapat Anda simak pada contoh berikut:

Jenis Produk : Smartphone android keluaran terbaru
Jenis Tulisan Isi Tulisan Contoh Deskripsi
Technical copywriting ·  Mendeskripsikan fitur atau spesifikasi smartphone

·  Menjabarkan keunggulan baru smartphone

· Menjelaskan manfaat pemakaian smartphone pada pengguna

“Galau mau ganti HP baru? Yuk cobain smartphone android terbaru ini! Ponsel ini sudah dilengkapi OS Android 12 dan koneksi jaringan kencang 5G. Dilengkapi pilihan warna-warni pastel favorit milenial, kamu bisa tampil lebih kece dengan memakai smartphone android baru ini!”
Technical writing · Menjelaskan prosedur pemakaian smartphone “Berikut adalah cara aktivasi smartphone android baru:

1. Pastikan baterai ponsel telah terisi penuh.

2. Masukkan kartu SIM.

3. Nyalakan ponsel dan hubungkan langsung ke internet.

4. Login ke Playstore memakai akun Google.

5. Selesai.

 

Contoh Deskripsi Produk yang Menarik dengan Technical Copywriting

Masih bingung bagaimana cara membuat deskripsi produk yang ampuh memancing minat belanja konsumen? Sebagai pemula, Anda bisa belajar teknik copywriting dan mencari inspirasi dari contoh-contoh deskripsi produk yang menarik milik brand lain.

Berikut ini sejumlah contoh deskripsi produk yang menarik sebagai inspirasi awal:

Technical Copywriting Produk Bergaransi

Garansi penuh untuk produk yang tak sesuai deskripsi maupun foto katalog. Langsung tukar item Anda dan uang kembali 100%!

Technical Copywriting Smartphone

Inilah smartphone android tercanggih abad ini. Seri terbatas dengan kapasitas baterai 8000mAH, bikin aktivitas seru-seruanmu non stop 24 jam. Jadilah yang paling up-to-date dengan fitur kamera bokeh, sinyal 5G, kapasitas memori 256 GB, sekaligus case warna-warni pastel trendi favorit anak muda kekinian. Dapatkan sekarang di sini!

Technical Copywriting Jasa Laundry

Bingung cucian menumpuk tapi tak punya waktu atau tenaga mencuci sendiri? Serahkan semuanya pada ABC Laundry!

Cukup hubungi kontak di bawah ini, lalu cucian Anda akan segera beres kurang dari 3 jam. ABC Laundry juga menyediakan diskon dan delivery gratis ke lokasi Anda.

Technical Copywriting Baju (Fashion)

Tampil “couple” bareng idol KPOP favoritmu dengan t-shirt custom X yuk! Bahan baju dibuat dengan cotton combed 30s yang adem, ringan dan nyaman untuk pemakaian sehari-hari.

Tersedia dalam berbagai ukuran unisex dan warna custom, bebas pilih. Beli 2 pcs dan dapatkan diskon up to 50% sekarang juga.

Technical Copywriting Aplikasi Bisnis

Lapar tapi kerjaan masih numpuk? Download aplikasi APPKEY resto sekarang dan langsung pesan makanan hanya dari smartphone kamu. Praktis pesannya, cepat pengirimannya, dan pasti banyak diskonnya!

6 Cara Belajar Copywriting Technical untuk Pemula

Mempelajari teknik copywriting sejatinya mudah. Berikut ini 6 tips sederhana belajar copywriting terbaik untuk penulis pemula:

Pahami Tujuan, Spesifikasi dan Maksud Produk Anda

Tidak tahu mau menulis apa pada deskripsi? Bisa jadi penyebabnya adalah Anda belum mengenal betul produk/jasa yang hendak diulas.

Masih banyak pedagang yang tidak benar-benar mengenali produk/jasa yang mereka tawarkan. Mereka hanya mengetahui secara sepintas, lalu berfokus pada transaksi. Sebaiknya Anda menghindari sikap tersebut.

Ingat, tujuan technical copywriting adalah memperkenalkan produk demi menumbuhkan keinginan belanja. Mustahil meyakinkan konsumen mencoba produk kalau Anda selaku penjual masih tidak tahu-menahu fitur, keunggulan, serta tujuan pemakaian produk. Rasa penasaran konsumen justru dapat tumbuh tinggi apabila deskripsi produk dibuat semakin rinci dan apik.

Tips teknik copywriting:

  • Pelajari seluk-beluk dari produk maupun jasa yang mau ditulis.
  • Bila perlu, buat list informasi penting dari produk.
  • Tonjolkan fitur-fitur menarik atau keunggulan produk/jasa.
  • Buat informasi yang rinci, mulai dari informasi umum (seperti nama produk) sampai khusus (fitur dan keunggulan).
  • Buat tujuan penulisan dan sesuaikan isi tulisan dengan goal
  • Sebutkan informasi-informasi produk/jasa dengan bahasa yang jelas, lugas dan simpel.

Menulis Sesuai Fakta

Meskipun copywriting memuat unsur promosi dan persuasif (bujukan) pada konsumen, Anda tetap harus menulis poin-poin deskripsi sesuai fakta. Dilarang melebih-lebihkan informasi karena akan beresiko menimbulkan kekecewaan kelak.

Tak jarang muncul kasus komplain karena produk asli tidak sesuai dengan deskripsi. Brand Anda bisa dipandang negatif apabila sering menulis deskripsi yang hiperbola dari aslinya.

Selipkan Unsur Humanis

Kunci teknik copywriting yang sukses selanjutnya adalah selalu menyelipkan unsur humanis. Jangan hanya sekadar menjabarkan keunggulan atau fitur produk saja. Cobalah untuk mengemas setiap informasi agar terkesan lebih friendly.

Coba bandingkan tulisan deskripsi berikut:

“Smartphone android terbaru dengan kamera 8 MP dan fitur bokeh canggih”.

Dengan yang ini:

Kamera 8 MP dan fitur bokeh terbaru dari smartphone ini akan membantumu lebih mudah jepret foto selfie ala selebgram kekinian. Yakin tidak mau coba?”

Sangat terasa perbedaannya, bukan? Konsumen jelas akan lebih tertarik mencoba kamera smartphone setelah membaca kalimat deskripsi yang kedua. Inilah kekuatan unsur humanis yang wajib Anda selipkan dalam setiap tulisan copy!

Tips teknik copywriting:

  • Menulis untuk pembaca asli (manusia), bukan mesin Google.
  • Kemas tulisan dari sisi konsumen. Bayangkan diri Anda sebagai calon pengguna produk – kira-kira seperti apa gaya tulisan yang akan menarik minat Anda?
  • Buat tulisan senatural mungkin, tidak perlu menggunakan bahasa yang terlalu kaku.
  • Boleh menggunakan kata-kata gaul kekinian dalam bentuk yang sopan serta santun.
  • Selipkan unsur emosi pada tulisan untuk memperkuat unsur humanis.

Belajar dari Pesaing

Anda selalu bisa belajar menulis dari artikel milik pesaing bisnis. Lakukan riset guna mengetahui cara menulis deskripsi produk yang digunakan oleh perusahaan sejenis di luar Anda. Dari sini Anda dapat menemukan banyak inspirasi kiat-kiat copywriting technical yang sukses.

Tips teknik copywriting:

  • Pelajari strategi copywriting yang digunakan kompetitor, bukan mencontek tulisan mereka (plagiat).
  • Lakukan riset pada perusahaan yang ranah usahanya sama dengan Anda (semisal sesama di bidang kuliner, IT, kesehatan, pendidikan, dan seterusnya).
  • Cari tahu strategi kompetitor dalam menyusun tulisan sesuai target audiens.
  • Gunakan alat-alat riset SEO yang tersedia di internet.

Gunakan Headline/Judul yang Menarik

Tips belajar copywriting selanjutnya adalah menggunakan headline (judul) yang menarik. Tulisan deskripsi tetap memerlukan judul sebagai “pemancing awal” rasa penasaran konsumen.

Judul juga bisa memberitahu konsumen bahwa produk Anda sesuai dengan apa yang mereka telusuri. Setelahnya, barulah mereka akan mengklik kolom deskripsi guna memperoleh info lebih lengkap.

Tips teknik copywriting:

  • Selipkan kata kunci yang mencerminkan produk, menarik dan banyak ditelusuri konsumen.
  • Gali kata kunci menggunakan tool riset keywords.
  • Buat judul yang singkat, padat, jelas.
  • Boleh berkreasi menyisipkan sedikit unsur clickbait pada judul.

Sertakan Ajakan Persuasif (CTA)

Terakhir, tutup tulisan deskripsi Anda dengan kalimat-kalimat “bumbu persuasif” yang sifatnya mengarahkan konsumen untuk bertindak usai membaca deskripsi. Contohnya seperti mengajak membeli produk, menambah produk ke keranjang, share produk, klaim voucher, dan lain-lain.

Dorongan persuasif bisa memengaruhi konsumen agar benar-benar mau membeli produk; tidak hanya sekadar membaca deskripsi. Beberapa contoh kalimat persuasif adalah:

  • Langsung pesan produk ini sekarang, stok terbatas!
  • Dapatkan combo cashback dan diskon untuk pembelian khusus hari ini.
  • Klik di sini untuk memesan produk, ya!
  • Segera masukkan produk ke keranjang sebelum kehabisan!
  • Yakin tidak mau jadi yang pertama merasakan manfaat jasa kami? Pesan layanannya sekarang di sini.

Tips teknik copywriting:

  • Tentukan kalimat ajakan terbaik sesuai dengan tujuan tulisan.
  • Letakkan Call To Action di akhir tulisan (penutup).
  • Tulis kalimat ajakan dengan sopan dan semenarik mungkin.

Demikianlah pembahasan terkait apa itu copywriting skill technical. Sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara membuat deskripsi produk terbaik. Jadi tunggu apa lagi? Segeralah mulai menulis dan raup keuntungan bisnis sebanyak-banyaknya!

Temukan lebih banyak artikel belajar copywriting maupun tips digital marketing lainnya di MARKEY. Klik https://markey.id/ atau baca gratis di MARKEY APP (Playstore & AppStore). Sampai bertemu lagi!

Baca juga

TOP 5 Jasa Pembuatan Website Semarang

0
jasa-web-semarang

Butuh jasa pembuatan website dan digital marketing terbaik di Semarang? Berikut ini ada 5 jasa website Semarang murah yang wajib Anda coba.

Faktanya, memiliki website saja masih belum cukup untuk menggapai kesuksesan berbisnis online. Website Anda tidak bisa menarik pembeli tanpa didukung oleh strategi digital marketing. Alhasil, bisnis Anda wajib mempunyai website sekaligus strategi digital marketing yang baik.

Nah, kabar baiknya sekarang sudah ada banyak jasa pembuat website Semarang yang turut menyediakan jasa digital marketing murah. Langsung simak rekomendasi jasa buat website Semarang berikut ini, yuk!

5 Jasa Pembuatan Website Semarang Terbaik & Jasa Digital Marketing Murah

jasa pembuatan website semarang

1. ARDATA

Rekomendasi jasa pembuatan website Semarang pertama adalah Ardata. Software house Semarang ini menyediakan jasa pembuat website Semarang termurah dan profesional sesuai yang Anda perlukan.

Ardata menjual website murah untuk berbagai kategori bisnis, di antaranya:

  • Website ecommerce (toko online) – praktis menampilkan barang dagangan Anda ke masyarakat secara online.
  • Website pemesanan tiket dan travel – mudah menjual layanan travel wisata secara lengkap.
  • Website profil perusahaan – bangun kredibilitas usaha Anda di mata konsumen lewat situs resmi milik sendiri.
  • Website universitas, sekolah dan instansi pendidikan – menampilkan informasi pendaftaran, jasa, dan aktivitas lembaga pendidikan Anda ke konsumen.
  • Website referral (MLM) – sarana terbaik membangun bisnis referral MLM Anda secara online.
  • Website bisnis laundry – tawarkan layanan laundry Anda ke sebanyak mungkin pelanggan via website; bisa sekaligus pesan jasa dari situs.
  • Website media berita – website khusus berisi kumpulan artikel atau berita seputar niche bisnis; bisa menjadi situs pendamping untuk web bisnis utama.
  • Website landing page – mengoptimalkan penjualan produk atau jasa; banyak digunakan ketika Anda memasang iklan Google Adwords.

Setiap website di Ardata memiliki paket harga yang berbeda. Ada paket web profil seharga 1,5 juta, web ecommerce seharga 3 juta, dan situs custom. Anda bebas memilih sendiri harga pengembangan web. Khusus paket web custom, harga, spesifikasi serta waktu pengerjaan bergantung pada tingkat erumitan web pesanan.

Seluruh harga jual website murah di atas sudah mencakup hal-hal berikut:

  • Layanan buat website Semarang yang langsung ditangani oleh tim IT ahli.
  • Jasa pembuat website Semarang lengkap mulai dari rancangan fitur, desain website, server, hosting, dan lain-lain.
  • Hasil situs yang mobile friendly, responsive, dan mempunyai kecepatan loading tinggi.
  • Dukungan maintenance (pemeliharaan error dan update) selama setahun full.
  • Fitur-fitur komplit pada web: desain custom, copywriting, sertifikat SSL, domain, hosting, email, sinkronisasi dengan Facebook Pixel, dan integrasi Webmaster Tool serta Google Console.

Tak lupa, Ardata juga menyediakan jasa digital marketing murah mencakup optimasi SEO Google serta jasa sosial media marketing. Layanan web dan digital marketing tersedia terpisah, jadi, Anda dapat memilih servis mana yang paling dibutuhkan.

Tertarik? Simak informasi lengkap seputar jual website murah Ardata di https://ardata.co.id/jasaweb/.

2. APPKEY

Mau punya website olshop secanggih dan selengkap brand ternama, tapi dengan harga murah meriah? Sudah pasti APPKEY punya solusinya.

APPKEY menjual website murah custom sesuai kebutuhan usaha Anda. Berbeda dari jasa website Semarang lainnya, APPKEY mempersilakan Anda memilih sendiri desain, spesifikasi, hingga fitur-fitur yang dikehendaki dalam web pesanan.

Di APPKEY, Anda bisa membeli beragam tipe website bisnis seperti:

  • Website ecommerce, olshop, UMKM, maupun mall online.
  • Website jasa kurir, ojek online, dan taksi online.
  • Website klinik dokter online.
  • Website organisasi, profil bisnis, lembaga, sekolah, universitas.
  • Website bisnis rental mobil dan travel wisata.
  • Website B2B.
  • Website usaha real estate.
  • Website kuliner dan restoran.
  • Website custom sesuai keinginan Anda.

Tim APPKEY telah memiliki segudang pengalaman dalam mengembangkan situs maupun aplikasi bisnis online. Harganya pun selalu dipastikan ramah di kantong plus bisa dinegosiasikan kapan saja.

Keuntungan lainnya dari APPKEY adalah:

  • Desain website custom sesuai image brand, serta dibuat langsung oleh desainer (bukan sekadar template web design).
  • Fitur website lengkap dan terbaru, begitu juga dengan komponen pembangun sistem website secara keseluruhan (hosting, domain, server, SSL, dll.).
  • Tampilan website sederhana sehingga mudah dioperasikan siapa saja.
  • Gratis konsultasi masalah bisnis atau perancangan situs dengan tim digital marketing profesional.
  • Layanan bantuan penggunaan, maintenance, sampai bimbingan tata cara pemakaian web.
  • Jaminan garansi dan perlindungan sistem serta data website dari hack.
  • Paket pengembangan website + aplikasi (android dan iOS) dengan harga terjangkau jika Anda ingin meraup keuntungan maksimal.
  • Jasa digital marketing murah yang siap membantu Anda menyusun strategi bisnis online sukses.

Cuma di APPKEY saja Anda bisa mendapatkan servis software bisnis selengkap ini! Penasaran seperti apa tampilan maupun rincian fitur canggih web buatan APPKEY? Tenang, APPKEY juga melampirkan seluruh portofolio karya web yang bisa Anda simak langsung di situs resminya.

Mari lihat portofolio, rincian biaya, atau langsung mulai konsultasi perdana Anda dengan APPKEY di https://appkey.co.id/website/. Hubungi APPKEY sekarang juga supaya tak ketinggalan beragam promo menariknya!

3. WAHIDEV

Software house Semarang Wahidev juga salah satu jasa pembuat website Semarang yang murah dan bergaransi. Jasa website Semarang Wahidev sudah berpengalaman dalam mengembangkan beragam situs bisnis, seperti:

  • Web aplikasi (WebApp).
  • Web portal media berita.
  • Web company profile.
  • Web bisnis online (ecommerce).
  • Web custom (bebas request sesuai kebutuhan Anda).

Tidak perlu meragukan kualitas jasa website Semarang ini, sebab seluruh tim IT-nya diklaim telah memiliki sertifikasi developer tingkat nasional. Selain itu, keunggulan jasa buat website Semarang satu ini mencakup:

  • Full support dari tim developer profesional berpengalaman.
  • Jaminan bantuan maintenance dan optimasi situs.
  • Desain website custom sesuai profil bisnis, sekaligus dioptimalkan secara UI/UX.
  • Rancangan website difokuskan menurut target atau kebutuhan usaha Anda.
  • Layanan customer service yang cepat tanggap.
  • Website mobile friendly, SEO friendly dan punya daya loading cepat.

Software house Semarang Wahidev juga menyediakan banyak portofolio hasil karya yang bebas disimak sebagai bahan referensi awal. Jadi, Anda bisa langsung punya gambaran terkait bentuk serta spesifikasi website jika memesan layanan Wahidev.

Terkait rincian harga dan tata cara pemesanan, Anda dianjurkan untuk melakukan konsultasi awal dengan tim di muka. Simak info selengkapnya di https://wahidev.com/jasa-pembuatan-website/.

4. WEBHOSTMU

Butuh jasa pembuatan website Semarang yang sekaligus menyediakan servis “spare part” web? Software house Semarang Webhostmu bisa jadi solusi terbaik.

Terkadang sebuah website bisa mengalami kendala pada bagian-bagian tertentu saja, seperti server, hosting atau domainnya. Di sini, jasa website murah Webhostmu tidak hanya menyediakan pembangunan situs bisnis custom saja. Mereka juga memfasilitasi perbaikan komponen web secara khusus.

Webhostmu adalah jasa pembuat website Semarang terbaik jika Anda mencari service lengkap seputar:

  • Hosting – SSD powered hosting.
  • Server – litespeed website server.
  • Registrasi domain.
  • WordPress auto installer.
  • Fast SSL security (sertifikat SSL).
  • Unlimited email bisnis,
  • Desain website bisnis profesional (disertai portofolio).
  • Dan lain sebagainya!

Tak berhenti sampai di sana, Webhostmu juga menghadirkan berbagai artikel tips dan trik gratis seputar digital marketing. Anda hanya perlu mengunjungi situs blog Webhostmu saja.

Ingin tahu lebih banyak seputar jasa website Semarang ini? Kunjungi langsung jasa pembuatan website Semarang “Webhostmu” di https://webhostmu.com/biaya/biaya-jasa-pembuatan-website-di-semarang.html

5. MAXI WEB DESIGN

Rekomendasi jasa pembuatan website Semarang terakhir adalah Maxi Web Design. Maxi Web menerima pembuatan situs bisnis custom di area Semarang dan kota lain di Indonesia dengan harga terjangkau.

Jasa buat website Semarang Maxi tidak kalah dibandingkan software-software house yang telah dijabarkan sebelumnya. Website pesanan Anda akan dipastikan memiliki kecanggihan seperti:

  • Website yang fleksibel dan mudah digunakan siapa saja, termasuk user pemula.
  • Bebas custom tipe dan fitur website (web toko online, real estate, rental mobil dan alat berat, profil perusahaan, bisnis furnitur, lembaga, organisasi, sekolah dan masih banyak lagi).
  • Dilengkapi jasa digital marketing murah berupa optimasi SEO Google Search.
  • Desain website mobile friendly dan responsive.

Maxi Web Design juga salah satu jasa digital marketing murah yang bisa Anda coba di Semarang. Jasa digital marketing murahnya mencakup optimalisasi SEO, Google Adwords dan Facebook Ads bisnis.

Mau mencoba jasa pembuatan website Semarang “Maxi Web Design”? Mulai konsultasi pertama Anda langsung di https://maxiwebdesign.com/about-us/.

Demikianlah 5 rekomendasi jasa pembuatan webite Semarang terbaik, disertai jasa digital marketing murah untuk memaksimalkan performa bisnis online Anda. Sudah menemukan layanan yang paling Anda butuhkan?

Yuk follow terus tutorial, tips, serta rekomendasi seputar bisnis online terbaru dari MARKEY. Terhubung langsung dengan berbagai artikel gratis hanya di https://markey.id/ atau MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

6 Jasa Web Design Bisnis Murah & PRO di Solo (Surakarta)

0
jasa-web-design

Pernahkah Anda mengunjungi sebuah website dan merasa tidak nyaman karena web designnya buruk? Ya, hal seperti itu sangat mungkin terjadi dan bisa menimbulkan masalah serius. Apalagi jika situs Anda ditujukan untuk bisnis online.

Tampilan web desain yang jelek memperbesar peluang ‘kabur’-nya konsumen, lantaran merasa tak nyaman atau bingung dengan isi web. Pastinya Anda tidak mau masalah ini menimpa usaha Anda.

Nah, untuk Anda yang tampilan web designnya masih belum memuaskan tak perlu berkecil hati. Kini sudah hadir 6 jasa desain website profesional terbaik di Solo (Surakarta) yang siap melayani kebutuhan Anda. Yuk langsung disimak ulasan selengkapnya berikut ini!

Waspada! 12 Ciri Web Design yang Buruk

Sebelum mengintip daftar rekomendasi jasa desain website murah di Solo, ayo kenali dulu ciri-ciri dari web desain template yang buruk.

Mengetahui tampilan situs yang jelek tentu akan mempermudah Anda saat mengoptimalkan situs sendiri nantinya. Berikut ini ciri-ciri desain website yang sepatutnya dihindari:

  • Tidak punya satu tema yang menjadi fokus atau ciri khas brand.
  • Terlalu banyak menggunakan tema atau konsep dalam 1 halaman.
  • Loading page website terlalu lama.
  • Website tidak terbuka optimal mengikuti bentuk layar gadget (tidak mobile friendly).
  • Susunan teks, gambar dan komponen website berantakan.
  • Tombol menu navigasi terlalu banyak dan padat.
  • Komposisi warna terlalu kontras, atau terlalu banyak warna sehingga membuat ‘sakit mata’.
  • Background website terlalu ramai dan mengaburkan isi konten.
  • Menu atau tombol website tidak merespon saat diklik.
  • Link tidak berubah warna, broken (rusak), atau membuka halaman dan iklan yang tidak relevan ketika diklik.
  • Terlalu banyak iklan atau widget yang bersifat distraksi.
  • Tampilan website terlalu standar, atau sangat terlihat memakai template default.

Apakah situs Anda masih memiliki masalah di atas? Jika iya, maka Anda harus segera memperbaikinya sebelum muncul masalah-masalah baru yang lebih serius!

6 Jasa Web Design Custom Terbaik di Solo (Surakarta)

web-design

Web design template memegang peranan penting dalam menciptakan kenyamanan pengunjung situs Anda. Ibarat ungkapan ‘dari mata turun ke hati’, tampilan web design template yang baik sudah pasti akan membuat konsumen Anda betah, nyaman dan tertarik berbelanja di toko Anda.

Inilah dia 6 jasa desain website murah sekaligus profesional di Solo yang siap mengupdate tampilan web desain Anda saat ini:

1. SOLO DESAIN

Rekomendasi jasa desain website profesional di Surakarta pertama adalah Solo Desain. Perusahaan IT ini menghadirkan layanan khusus desain situs-situs personal, bisnis, maupun organisasi atau lembaga. Semuanya tersaji lengkap dengan harga jasa desain website yang murah meriah!

Solo Desain menyediakan pembangunan situs dari awal sampai ke desainnya. Jadi Anda bisa memesan layanan desain saja, ataupun sekalian dengan website baru canggih jika membutuhkan. Sejumlah keuntungan jasa Solo Desain mencakup:

  • Desain website custom untuk beragam kategori (web bisnis online, web sekolah, hotel, restoran, bisnis wisata dan hotel, situs pemerintah, dan sebagainya).
  • Desain situs mobile friendly, dapat beroperasi maksimal meski digunakan dari smartphone.
  • Dilengkapi menu editor website khusus untuk mempermudah Anda mengelola tampilan dan isi konten secara praktis.
  • Desain dan konten dioptimalkan secara SEO (SEO friendly) sehingga situs mudah dikenali sistem Google.
  • Pengerjaan situs yang terjadwal dan cepat selama 15 sampai 30 hari kerja.
  • Tersedia bantuan support online kapanpun Anda mengalami masalah saat pemakaian.

Tertarik mencoba? Simak informasi jasa web design portfolio ini selengkapnya di https://solodesain.co.id/.

2. APPKEY

Berikutnya ada jasa desain website profesional APPKEY yang sudah mempunyai banyak sekali portofolio web desain ciamik.

Keunggulan utama APPKEY adalah menghadirkan desain yang unik sekaligus tepat mencirikan jiwa bisnis Anda. Desain situs Anda tidak hanya sekadar template, melainkan disesuaikan dengan tipe produk maupun usaha jasa Anda pada konsumen. Alhasil, desain setiap situs dirancang sangat personal lengkap dengan fitur-fitur yang menyesuaikan kebutuhan.

APPKEY telah merancang beragam jenis desain web dari berbagai industri. Sebut saja web ecommerce, klinik atau dokter online, bisnis kurir, kuliner, taksi online, dan masih banyak lagi. Apapun tipe usaha Anda, tim APPKEY pasti akan merancang desain Anda semaksimal mungkin.

Pun tidak seperti jasa desain website murah lainnya, APPKEY memiliki kinerja desain web yang terstruktur:

  1. Konsultasi dengan klien untuk mengetahui tujuan atau target situs bisnis.
  2. Menyusun konsep situs sesuai tujuan.
  3. Merancang desain situs yang pas sesuai target maupun request Anda.
  4. Membuat coding pemrograman sekaligus mengujinya untuk menghindari error.
  5. Merilis situs dan desainnya yang sudah siap.

Sejumlah keuntungan lain memakai jasa desain website profesional APPKEY:

  • Harga jasa desain website murah dan bisa dinegosiasikan.
  • Support garansi serta maintenance penuh yang ditangani langsung oleh tim IT handal.
  • Bebas request tampilan desain sesuai keinginan.
  • Boleh pilih sendiri fitur-fitur website yang ingin dimasukkan.
  • Desain dioptimalkan secara mobile friendly, jadi dapat diakses dari semua jenis gadget.
  • Seluruh fitur dipastikan responsive dan mempunyai kecepatan loading tinggi.
  • Tersedia banyak web design portfolio yang bisa dijadikan referensi atau pilihan awal.

Jadi mau tunggu apa lagi?  Ayo hubungi APPKEY sekarang juga di https://appkey.co.id/.

3. DIGITAL WEBSITE

Digital Website adalah rekomendasi jasa desain website profesional berikutnya. Anda bisa mengandalkan layanan mereka untuk pembuatan desain situs bisnis, UMKM, sekolah, blog, hotel wisata, klinik online, properti real estate dan seterusnya.

Jasa Digital Website bisa menjadi pertimbangan karena layanannya yang cepat, murah dan tepat sesuai target bisnis Anda. Lebih mudah puaskan konsumen lewat fitur-fitur responsif yang disertakan dalam desain web Anda.

Beberapa keunggulan layanan Digital Website:

  • Fitur dan tampilan desain responsif.
  • Desain mobile friendly, website bisa terbuka optimal di smartphone, tablet ataupun komputer.
  • Tersedia layanan SEO website.
  • Bebas custom tampilan website Anda semaunya.
  • Support customer service 24 jam untuk berbagai keluhan atau masalah.
  • Harga jasa desain website lengkap mulai dari 800 ribu per tahun.

Tak lupa, Digital Website turut menyediakan beragam web design portfolio yang bisa Anda simak langsung di https://digitalwebsite.id/jasa-website-solo/. Untuk pemesanan juga bisa langsung ke alamat situs yang sama, ya!

4. AJAK ONLINE

Sedang mencari jasa web design template unik yang pas untuk bisnis? Tepat sekali, platform Ajak Online menyediakan kebutuhan yang Anda cari.

Berbagai koleksi web design template sesuai industri bisnis tersaji lengkap plus bisa langsung Anda pilih. Mulai dari template toko online, agen travel wisata, bisnis perusahaan dan lain sebagainya.

Setiap tipe template juga hadir dalam sejumlah opsi layout, model dan warna masing-masing. Alhasil Anda bisa langsung pilih mau menggunakan desain yang mana. Mau buat website bisnis baru pun bisa, sebab Ajak Online memang menyediakan service pembangunan situs bisnis dan aplikasi.

Akan tetapi rincian harga jasa desain website Ajak Online bersifat kondisional sesuai request yang diajukan. Setiap klien disarankan untuk melakukan konsultasi awal sebelum pemesanan langsung di https://ajakonline.com/.

5. TEBAR.CO.ID

Masih belum menemukan jasa desain webite profesional yang bagus sesuai kebutuhan? Tebar.co.id mungkin bisa menjadi pertimbangan berikutnya.

Tebar.co.id menjanjikan pembangunan desain situs bisnis yang memiliki karakter kuat dan eksklusif. Seluruh bentuk rancangan tampilan situs Anda akan disesuaikan dengan keunikan bisnis, mulai dari komposisi warna, logo, icon dan foto-foto serta video pendukung situs.

Suara Anda akan selalu diutamakan oleh desainer. Bahkan Anda juga diperbolehkan turut andil mengatur penataan konten per halaman situs selama proses desain berlangsung.

Sejumlah keuntungan yang bisa diraih dari layanan desain Tebar.co.id adalah:

  • Konsultasi gratis dengan tim berpengalaman untuk menentukan kebutuhan website.
  • Dukungan maintenance serta customer service.
  • Desain ditangani langsung oleh desainer berpengalaman
  • Tersedia beragam pilihan harga jasa desain website dan bisa dipilih, mulai dari 1,75 juta sampai 3,5 juta rupiah.
  • Banyak web design portfolio yang dapat dijadikan referensi pilihan awal.

Lihat lebih banyak informasi dan tata cara pemesanan layanan desain dari situs Tebar.co.id: https://www.tebar.co.id/jasa-web-design/

6. WONGSO ONLINE DESAIN

Terakhir ada Wongso Online Desain  yang merupakan freelancer jasa desain website murah profesional. Meskipun berbasis freelance, namun kualitas desain yang dihadirkannya tak kalah modern dan bagus sekelas layanan perusahaan IT.

Layanan Wongso Online terbuka untuk seluruh kawasan Indonesia, seperti Solo, Bali, dan lain-lain. Di samping service desain web bisnis, mereka juga membuka jasa optimasi SEO, pembuatan web bisnis custom, serta optimasi page speed loading (loading kecepatan situs).

Anda bisa memperoleh informasi harga dan mekanisme perancangan desain selengkapnya lewat konsultasi langsung di https://wongso.my.id/.

Demikianlah ulasan 6 jasa desain webite profesional di kawasan Solo atau Surakarta. Yuk langsung mulai benahi atau update tampilan situs Anda demi meraup keuntungan bisnis yang lebih maksimal!

Temukan lebih banyak informasi menarik seputar dunia bisnis online hanya dari MARKEY. Baca gratis ratusan artikel digital marketing terbaru di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

3 Jasa Buat Aplikasi Android Custom Murah & Cepat di Solo

0
android-developer

Di era serba teknologi saat ini, Anda bisa dicap ‘ketinggalan zaman’ jika berbisnis tanpa menggunakan aplikasi mobile android. Untuk itulah, kini telah hadir 3 jasa buat aplikasi android murah, cepat, dan bergaransi di wilayah Solo atau Surakarta!

Siapapun kini bisa memiliki app android sendiri yang bagus dan canggih. Tidak perlu repot membuat aplikasi android sendiri, langsung serahkan semua kebutuhan bisnis online Anda pada 3 jasa aplikasi android murah di bawah ini.

3 Jasa Buat Aplikasi Android Solo : Cepat, Murah dan Bisa Custom

buat-aplikasi-android

Tahukah Anda? Faktanya, permintaan buat aplikasi android di Indonesia sangat tinggi belakangan ini. Salah satu penyebabnya adalah jumlah pengguna smartphone dan aplikasi android yang lebih banyak ketimbang iOS.

Akibatnya, banyak sekali bisnis di Tanah Air yang merilis aplikasi android sendiri guna mempermudah memanjakan konsumen. Jadi tak heran jika jasa pembuatan aplikasi mobile android sekarang menjamur di berbagai wilayah, termasuk Solo atau Surakarta.

Nah, untuk Anda yang tengah bingung mencari jasa aplikasi android toko online terbaik Solo, langsung intip rekomendasinya berikut ini ya!

1. TOEKANG DIGITAL

Rekomendasi jasa aplikasi android murah dan bagus di Solo yang pertama adalah Toekang Digital. Layanan jasa buat aplikasi android ini menghadirkan pengembangan APK murah untuk beragam tipe usaha:

  • Buat aplikasi android bisnis online (ecommerce).
  • Aplikasi media dan advertising.
  • Aplikasi finance perbankan online.
  • Aplikasi pendidikan (sekolah, kursus, dll.).
  • Aplikasi kesehatan (klinik dokter online).
  • Aplikasi lembaga pemerintahan.
  • Aplikasi bisnis properti (real estate).
  • Aplikasi bisnis manufaktur.

Cukup lengkap pilihannya, bukan? Anda cukup memberitahu ingin buat aplikasi android seperti apa pada jasa pembuatan aplikasi mobile Toekang Digital dan mereka akan langsung memprosesnya.

Fitur-fitur esensial dari jasa pembuatan aplikasi mobile Toekang Digital juga komplit, mencakup:

  • Push notifikasi aplikasi.
  • Gateway metode pembayaran online.
  • Pembuat QR kode dan scan.
  • Penanda geo lokasi bisnis.
  • Custom formulir pemesanan atau pembelian produk.
  • Fitur chart grafik.
  • Fitur shared media (foto, file dan video).
  • Login ke sosial media.

Terkait rincian prosedur pemesanan maupun harga pembuatan aplikasi android bisa Anda langsung konsultasikan dengan tim dari Toekang Digital di https://toekangdigital.com/jasa-aplikasi-android/

2. APPKEY

Penawaran lengkap dan menarik berikutnya datang dari APPKEY. Kepopuleran APPKEY sebagai jasa aplikasi android toko online tak perlu diragukan, sebab perusahaan IT ini telah sukses memenuhi kebutuhan aplikasi berbagai klien se-Indonesia.

Di APPKEY, Anda bisa memesan beragam aplikasi android custom sesuai jenis usaha dengan harga pembuatan aplikasi android termurah. APPKEY menyediakan jasa pembuatan aplikasi android untuk:

  • Aplikasi ecommerce, toko online, UMKM yang mirip seperti aplikasi olshop ternama saat ini (misal Shopee, Tokopedia, Lazada, dll.).
  • Aplikasi kurir dan pengantaran.
  • Aplikasi taksi dan ojek online modern secanggih dan sepraktis Gojek, Grab, Uber, dll.
  • Aplikasi bisnis real estate dan properti.
  • Aplikasi klinik, konsultasi dokter dan rumah sakit online (seperti Halodoc dan Alodokter).
  • Aplikasi restoran dan kuliner online, dan masih banyak lagi!

Lebih uniknya lagi, Anda bisa me-request desain beserta fitur-fitur di aplikasi! Tampilan app Anda tidak akan dibuat dengan template standar selayaknya jasa pembuatan aplikasi mobile lain. APPKEY mempunyai desainer berpengalaman yang siap merancang tampilan app yang menarik, mencirikan image bisnis, dan mudah dipahami pengguna.

Lalu, Anda bebas memilih, menambah ataupun memesan fitur custom yang diperlukan guna meraih target bisnis. Setiap aplikasi bisinis android APPKEY sudah dilengkapi fitur standar berupa:

  • Push notification – mempermudah konsumen menerima pemberitahuan secara live meski mereka sedang tidak memakai app.
  • Keranjang belanja – memiliki kapasitas besar untuk menampung sebanyak mungkin pesanan konsumen.
  • Stempel loyalitas – konsumen dapat mengumpulkan cap atau poin di setiap transaksi untuk ditukar menjadi hadiah. Mereka akan tertarik untuk terus berbelanja.
  • Panel admin – lebih praktis dan cepat mengelola bisnis Anda dalam 1 panel admin khusus.
  • Kupon voucher – beri voucher diskon menarik tak terbatas dan kapan saja pada konsumen.
  • GPS Navi – membantu konsumen melacak posisi pesanan, lokasi driver, atau mengetahui keberadaan toko Anda di sekitar mereka.
  • Feedback dan review – naikkan kualitas dan image brand lewat kumpulan review dan feedback pembeli.
  • News dan article – perkuat engagement pengguna memakai fitur news dan artikel. Anda bisa memposting beragam artikel edukatif dan soft selling untuk dinikmati pengguna setiap hari.

Masih ada banyak lagi keuntungan yang ditawarkan oleh APPKEY untuk bisnis Anda. Mulai dari proses pengembangan app cepat dengan basis android terbaru, gratis konsultasi kebutuhan atau masalah bisnis, hingga jaminan garansi maintenance seumur hidup.

Jadi mau tunggu apa lagi? Jangan ragu ceritakan aplikasi idaman Anda pada tim APPKEY. Kami akan mendengarkan, memberi arahan, serta menciptakan aplikasi terbaik Anda mulai dari hari ini.

Segera kontak jasa pembuatan aplikasi mobile APPKEY di: https://appshop.id/

3. ABSYSTEM

Terakhir ada Absystem yang menghadirkan layanan jasa aplikasi android murah untuk Anda. Absystem melayani pembuatan aplikasi android terintegrasi custom baik untuk kebutuhan individu, organisasi, perusahaan maupun pemerintah.

Keunggulan utama aplikasi mobile buatan Absystem adalah fleksibel dan tersinkronisasi langsung dengan aplikasi desktop. Alhasil Anda tidak perlu repot menyinkronkan data-data pengguna atau transaksi baru berkali-kali. Pembeli juga lebih leluasa karena bisa memakai aplikasi Anda dari smartphone ataupun PC komputer.

Untuk saat ini, Absystem membuka jasa aplikasi android murah untuk app bisnis, pendidikan dan permainan online. Kualitas jasa aplikasi android toko online pun tak perlu diragukan, sebab tim IT-nya menguasai banyak skill pemrograman: android dan iOS system, web server, networking, bahasa pemrograman PHP, Javascript, Ajax, HTML5, CSS3, dan lain-lain.

Tertarik mencoba jasa aplikasi android toko online Absystem? Simak informasi harga pembuatan aplikasi android, testimonial dan rincian lainnya secara langsung di https://absystem.id/.

Itulah dia 3 jasa aplikasi android murah yang tersedia di wilayah Solo atau Surakarta. Terkait rincian harga pembuatan aplikasi, masing-masing platform tentunya mempunyai penawaran yang berbeda tergantung dari spesifikasi fitur, waktu pengerjaan, dan lain-lain.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan jasa buat aplikasi android yang Anda minati sebelum memulai project. Selamat mencoba!

Temukan lebih banyak rekomendasi jasa IT, berita terbaru dan tips paling update seputar digital marketing hanya di MARKEY. Follow websitenya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore) sekarang juga. Sampai bertemu lagi!

Recommended! 7 Jasa Pembuatan Website Toko Online Surakarta

0
website-toko-online

Jasa pembuatan website toko online kini tersedia di berbagai wilayah Solo atau Surakarta. Apakah Anda tengah mencari rekomendasi jasa pembuatan website di Solo? Tepat sekali, kami punya 7 jasa website bisnis online terbaik se-Surakarta yang wajib Anda simak!

Kota Surakarta atau yang lebih terkenal dengan nama “Solo” adalah salah satu wilayah yang sangat maju di Indonesia. Anda bisa menemukan beragam jenis layanan jasa di kota ini, salah satunya adalah jasa pembuatan website murah dan berkualitas.

Mendapatkan website bisnis online yang lengkap, bagus dan murah sekarang sangatlah gampang. Layanan jasa website profesional di bawah ini pun sudah teruji kualitasnya dalam membuat berbagai situs olshop kekinian. Yuk langsung kita intip rekomendasinya bersama!

7 Jasa Pembuatan Website Toko Online Terbaik di Solo / Surakarta

jasa pembuatan website toko online

Inilah top 7 jasa pembuatan website murah dan berkualitas khusus area Solo:

1. BERKAH SOLO WEB

Rekomendasi jasa pembuatan website di Solo pertama adalah Berkah Solo Web. Perusahaan software ini menyediakan dua jenis layanan utama, yakni pembangunan website bisnis custom dan jasa SEO.

Berkah Solo Web menyediakan banyak contoh website bisnis sesuai kategori industri usaha Anda, mulai dari website bisnis online, rental mobil, restoran catering, travelling, jasa umroh dan seterusnya. Setiap fitur web pun disesuaikan langsung dengan kebutuhan bisnis.

Biaya pembuatan website bisnis online di sini terbagi menjadi empat paket yang dapat dipilih sendiri, yakni:

  • Paket standar: 1,8 juta (setahun pertama) / perpanjangan 800 per tahun berikutnya.
  • Paket premium: 3 juta (tahun pertama) / perpanjangan 2 juta per tahun.
  • Paket prioritas: 5 juta (tahun pertama) / perpanjangan 3 juta per tahun.
  • Paket unlimited: 8 juta (tahun pertama) / perpanjangan 4 juta per tahun.

Setiap paket di atas sudah mencakup fitur-fitur layanan seperti:

  • Gratis unlimited bandwidth.
  • Tema desain website premium dan responsif.
  • Gratis layanan perbaikan (maintenance).
  • Dukungan customer service.
  • Jasa optimasi SEO dan Google Adwords khusus untuk paket premium, prioritas dan unlimited.

Tertarik mencoba layanan Berkah Solo Web? Jika iya, Anda bisa menghubungi platform ini secara online maupun offline di:

2. APPKEY

Butuh jasa website profesional yang menyediakan contoh website bisnis umum, sekolah, jasa rental, kurir, klinik maupun travel? Tenang, semuanya tersedia lengkap di APPKEY.

APPKEY adalah jasa pembuatan website murah dan berkualitas yang siap memenuhi apapun kebutuhan Anda. Keunggulan utama APPKEY adalah bisa membuat website secanggih milik olshop ternama dengan harga murah. Fitur-fiturnya pun dipastikan lengkap, terbaru dan bebas kustom sendiri sesuai tipe website.

Sederet keunggulan jasa website profesional APPKEY antara lain:

  • Gratis konsultasi awal dengan tim IT profesional – Anda akan dibimbing mencari solusi paling tepat atas masalah bisnis, sekaligus negosiasi biaya pembuatan website bisnis.
  • Website dinamis dengan kecepatan loading tinggi – Buat konsumen lebih puas dengan fitur website yang mudah diakses dari semua tipe gadget (android, iOS, desktop).
  • Desain original custom – Mudah “tampil beda” di masyarakat lewat desain website yang simple, original sekaligus mencirikan karakter khas bisnis Anda.
  • Pilih sendiri fitur website Anda – Bebas tambah, edit dan sesuaikan fitur-fitur serta menu yang Anda inginkan pada website.
  • Jaminan garansi dan maintenance seumur hidup – Tim IT APPKEY akan turun tangan langsung kapanpun website Anda memerlukan perbaikan.
  • Paket hemat website + aplikasi – Mau mendapatkan hasil olshop yang lebih maksimal? Kembangkan bisnis Anda memakai paket website + aplikasi (iOS dan android), biaya pengembangannya jauh lebih hemat!

Dan masih ada banyak lagi keuntungan menarik menanti Anda di APPKEY! Jangan ragu menghubungi APPKEY sekarang karena hanya kami yang bisa mewujudkan rancangan website idaman Anda secepat dan semurah mungkin.

Simak berbagai contoh website bisnis (portofolio), dan mulai konsultasi kebutuhan olshop Anda di: https://appkey.co.id/

3. JOWO DEVELOPER

Selanjutnya ada Jowo Developer yang telah beroperasi sejak 2011 sebagai jasa pembuatan website di Solo. Platform Jowo Developer memiliki banyak layanan di bidang digital marketing, mulai dari pembuatan website bisnis online, aplikasi olshop, pasang iklan online Google, dan backlink SEO.

Keunggulan website buatan Jowo Developer juga tak jauh berbeda dari jasa pembuatan website toko online lain, yaitu:

  • Website bisnis online dipastikan masuk index sistem Google Search.
  • Bebas pilih paket dan biaya pembuatan website bisnis sesuai keinginan.
  • Tersedia lebih dari 40 template desain website yang bebas dipilih.
  • Website sudah dilengkapi domain, server, artikel SEO on page, backlink, serta unlimited space.

Terkait biaya pembuatan website bisnis, Jowo Developer punya 3 paket pilihan untuk Anda:

  • Paket web basic: Harga 1 juta rupiah dan perpanjangan 400 ribu per tahun. Tipe website yang dibuat adalah web katalog, company profile (profil perusahaan), landing page, dan web olshop standar lainnya.
  • Paket web premium: Harga 2,2 juta rupiah dan perpanjangan 400 ribu per tahun. Paket ini mencakup website olshop canggih, bisnis kuliner, pendidikan (sekolah), organisasi, klinik kesehatan, dan lain-lain.
  • Paket web custom: seluruh spesifikasi fitur, desain dan biaya pembuatan website bisnis custom ditentukan lewat diskusi awal dengan tim.

Anda bisa langsung mulai konsultasi pemesanan web Jowo Developer di:

  • Website: https://jowo.biz.id/
  • Alamat Kantor: Jalan Adi Sumarmo No. 121, RT. 01/RW. 05, Banjarsari, Kota Surakarta.

4. SOLO DESAIN

Solo Desain adalah layanan desain website di Kota Solo yang juga menghadirkan jasa pembuatan website toko online harga murah. Pun ada banyak promo website bisnis online dari Solo Desain khusus untuk Anda.

Solo Desain memberikan yang terbaik untuk website bisnis online Anda, seperti:

  • Dukungan sistem server berkapasitas besar.
  • Proses pengembangan website yang cepat dan terjadwal (15 – 30 hari kerja).
  • Website didesain agar SEO dan mobile friendly.
  • Layanan bantuan pengelolaan pengunjung situs, support jarak jauh dan analisa strategi bisnis.
  • Bantuan pendaftaran domain website oleh tim teknisi IT handal.
  • Gratis email bisnis, domain, hosting dan sertifikat SSL website.

Seluruh proses pembuatan website akan ditangani langsung oleh tim IT berpengalaman. Anda hanya perlu menyampaikan rancangan website bisnis online yang dimiliki, lalu sisanya akan dieksekusi oleh tim.

Bagaimana kalau sama sekali belum punya gambaran terkait model web bisnis terbaik? Tidak perlu khawatir, tim Solo Desain akan membantu membuatkannya untuk Anda selama sesi konsultasi. Seluruh rincian biaya pembuatan website bisnis juga dapat dibicarakan sekaligus saat diskusi.

Berminat mencoba jasa pembuatan website murah dan berkualitas ini? Silahkan hubungi Solo Desain di:

5. TEBAR.CO.ID

Masih belum menemukan contoh website bisnis sesuai keinginan? Anda bisa mengintip servis dari Tebar.co.id! Di sini ada banyak contoh website bisnis custom yang bisa dipesan dengan harga terjangkau.

Cukup sediakan budget sekitar 1,5 juta rupiah saja, kemudian website bisnis sudah bisa Anda miliki. Harga tersebut juga masih bisa dinegosiasi sesuai kebutuhan, fitur serta desain yang diharapkan lho. Jadi Anda bisa memperoleh situs bisnis yang 100% sesuai impian.

Tebar.co.id memfasilitasi perancangan berbagai tipe web custom seperti:

  • Website bisnis online dan ecommerce.
  • Website media portal berita.
  • Website instansi pendidikan dan sekolah.
  • Website company profile.
  • Website lembaga pemerintahan.
  • Website landing page.

Kelebihan yang ditawarkan Tebar.co.id tak jauh berbeda dari jasa pembuatan website di Solo lainnya. Setiap pemesanan sudah termasuk sistem web lengkap, gratis domain, email bisnis, dan template desain menarik.

Telusuri rincian contoh website bisnis dari Tebar.co.id beserta harganya masing-masing di:

6. DIGITAL WEBSITE

Kalau Anda mencari jasa pembuatan website di Solo untuk bisnis UMKM, maka Digital Website adalah solusinya. Jasa platform ini sudah dimanfaatkan oleh banyak bisnis, seperti Pancing123, Optimist.ID, Invito dan Gallery Harmoni.

Digital Website merupakan jasa website murah dan berkualitas yang wajib Anda coba. Kualitasnya pun sudah terbukti di di kalangan masyarakat Solo. Anda dapat memesan web bisnis UMKM, olshop, blog, situs arsitek, sekolah, bisnis real estate, sampai klinik secara lengkap di sini.

Tidak cuma sekadar membuatkan situs usaha saja, tim Digital Website turut serta mengoptimalkan web Anda menurut strategi SEO terbaru. Dijamin, dengan begini web olshop Anda akan lebih mudah dikenal masyarakat!

Keunggulan situs buatan Digital Website mencakup:

  • Bebas konsultasi dan nego harga web murah.
  • Unlimited bandwidth.
  • Proteksi website dan sistem keamanan terjamin.
  • Proses pengerjaan website cepat.
  • Desain website yang mobile friendly sekaligus responsif.

Rincian paket harga jasa website profesional Digital Website:

  • Paket standard: 1,2 juta – perpanjangan 1 juta per tahun (fasilitas: domain, unlimited bandwidth, desain premium, kapasitas storage 1 GB, gratis maintenance).
  • Paket premium: 1,8 juta – perpanjangan 1,2 juta per tahun (fasilitas: kapasitas storage 2 GB, domain, unlimited bandwidth, desain premium, gratis maintenance, SEO).
  • Paket profesional: 2,5 juta – perpanjangan 1,8 juta per tahun (fasilitas: 5 GB storage, domain, unlimited bandwidth, desain premium, gratis maintenance, SEO).
  • Paket bisnis: 3,5 juta – perpanjangan 2,5 juta per tahun (fasilitas: unlimited storage dan bandwidth, desain premium, gratis maintenance, SEO).

Simak portofolio dan info pemesanan jasa pembuatan website murah dan berkualitas Digital Website di:

7. BISNIZ.ID

Rekomendasi jasa pembuatan website toko online di Solo terakhir adalah Bisniz.id. Jasa website profesional ini menyediakan beraneka ragam situs untuk kebutuhan usaha kecil, perusahaan, reseller dropshipper, hingga freelancer.

Tersedia pula banyak contoh portofolio website buatan Bisniz.id yang dapat disimak sebagai referensi awal. Jadi Anda bisa langsung request ingin dibuatkan website seperti apa tanpa perlu punya rancangan sendiri.

Dari sisi harga, biaya web developer Bisniz.id termasuk kompetitif. Tersedia paket web standar (1,5 juta), paket normal (2,5 juta) dan web bisnis (5,5 juta). Setiap paket memiliki spesifikasi fitur berbeda-beda. Paket standar hanya memuat pengembangan situs saja, sementara paket bisnis mencakup pembuatan situs, desain, sampai optimasi SEO dan Google Ads.

Keunggulan lain dari jasa pembuatan website toko online ini adalah:

  • Pengerjaan langsung oleh tangan profesional dan cepat.
  • Website teroptimasi SEO friendly.
  • Ada jaminan garansi dan support center.
  • Bebas pilih tema serta fitur dari website.

Tertarik mengembangkan web di Bisniz.id? Anda bisa menghubungi jasa layanan ini langsung di: https://bisniz.id/ad/web-developer/

Demikianlah rekomendasi 7 jasa pembuatan website toko online di Solo. Segera pilih dan hubungi layanan developer di atas dan mulailah berbisnis online dari sekarang!

Temukan lebih banyak info, rekomendasi dan tips sukses bisnis online lainnya dari MARKEY. Baca gratis beragam artikel bisnis menarik di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

6 Kesalahan SEO Youtube yang Bikin Channel Sepi (+Solusi)

0
seo-youtube

Punya masalah video youtube sepi? Bisa jadi Anda melakukan 6 kesalahan YouTube SEO ini tanpa sadar. Segera cari tahu solusinya di sini agar channel YouTube cepat ramai view dan subscribers!

Salah satu strategi agar video Anda mudah ditemukan serta banyak ditonton masyarakat adalah dengan memanfaatkan SEO YouTube. Apa itu YouTube SEO? Mirip seperti SEO pada umumnya, taktik ini memuat rincian tata cara kerja YouTube sekaligus tips agar video kita berada di ranking 1.

Sayangnya, masih banyak orang tidak sadar telah melakukan 6 kesalahan yang mengakibatkan video YouTube sepi. Berikut ini ulasan 6 kekeliruan belajar YouTube SEO serta cara mengatasinya yang wajib Anda ketahui.

6 Kesalahan YouTuber Pemula (Masalah SEO YouTube)

seo-youtube.

Setiap orang pastinya pernah membuat kesalahan, termasuk ketika mencoba strategi YouTube marketing. Namun, jangan sampai kesalahan YouTuber pemula tersebut tak Anda kenali dan perbaiki.

Ada banyak sekali kesalahan YouTuber pemula yang tidak disadari keberadaannya. Akibatnya, muncul beragam masalah baru seperti video YouTube sepi dan penghabisan waktu, tenaga serta biaya yang sia-sia. Apakah Anda juga tengah mengalami masalah yang sama?

Anda tidak sendirian. Berikut ini adalah 6 kesalahan YouTuber pemula yang paling sering terjadi sepanjang masa:

Kesalahan SEO YouTube 1 : Thumbnail YouTube yang Buruk

Thumbnail adalah gambar ‘preview’ kecil yang mewakili video Anda ketika ditelusuri di platform YouTube. Coba perhatikan video-video buatan para YouTuber sukses rata-rata mereka semua pasti menggunakan thumbnail YouTube yang bagus.

Faktanya, thumbnail YouTube memang ampuh menambah rasa penasaran calon penonton Anda. Tampilan preview yang didesain apik juga seolah menjanjikan kualitas video yang bagus untuk ditonton. Alhasil, orang-orang tertarik menyimak vlog Anda.

Solusi tips mendesain thumbnail YouTube sesuai SEO :

  • Buat custom thumbnail YouTube yang menggambarkan isi video semenarik mungkin.
  • Upload thumbnail YouTube custom alih-alih memakai thumbnail default dari setting YouTube.
  • Boleh tampilkan foto atau video cuplikan terbaik dari isi konten sebagai thumbnail.
  • Tonjolkan produk atau orang penting yang jadi narasumber video Anda sebagai fokus utama thumbnail.
  • Bebas berkreasi menambahkan teks keyword, foto-foto, stiker, atau filter visual terbaik pada desain.

Kesalahan SEO YouTube 2 : Deskripsi Pendek Tanpa Keyword

Ketika belajar SEO di YouTube, Anda disarankan menulis deskripsi video dengan menyisipkan kata kunci (keyword). Sayangnya, banyak orang melupakan strategi tersebut pada prakteknya.

Kebanyakan orang berfokus memasang keyword video pada titik-titik tertentu seperti judul dan kolom tags. Padahal, deskripsi video adalah tempat terbaik untuk menyelipkan keyword-keyword utama maupun pendukung video.

Pihak YouTube sendiri pernah merilis pernyataan resmi bahwa tags tidak terlalu berperan mendukung hasil penelusuran video. Algoritma YouTube justru lebih banyak menggali informasi dari bagian deskripsi serta judul. Alhasil sebaiknya mulailah memaksimalkan menulis kolom deskripsi video Anda.

Menulis deskripsi memang pekerjaan yang susah-susah gampang. Tulisan keterangan harus ringkas, padat, jelas dan tak bertele-tele terlalu panjang agar mudah dicerna penonton.

Sebagai permulaan, cobalah menulis kolom deskripsi YouTube dengan struktur berikut:

  1. Kalimat pembuka.
  2. Deskripsi atau gambaran penting konten.
  3. Ajakan CTA (Call To Action).
  4. Kalimat penutup (bisa informasi kontak, jargon brand, hashtag yang relevan dengan isi video).

Tips tambahan menulis deskripsi YouTube :

  • Highlight bagian / permasalahan terpenting pada kalimat pembuka untuk menarik rasa penasaran penonton. Misalnya: “Sering merasa burn out akhir-akhir ini?” atau “Rahasia sukses bisnis ecommerce tanpa modal akhirnya terkuak!”
  • Sebar keyword video senatural mungkin.
  • Sama seperti SEO website pada umumnya, pilihlah satu keyword target yang sesuai dengan tujuan video.
  • Jangan mengulang informasi yang disampaikan dalam video ke deskripsi.

Kesalahan SEO YouTube 3 : Tidak ‘Meminta’ Interaksi

Studi dari Backlinko.com menunjukkan bahwa video-video dengan engagement tinggi (ramai like, komentar, share atau subscribe) lebih sering muncul di peringkat 1 rekomendasi YouTube.

Kenapa? Video yang menerima banyak interaksi dipandang berkualitas dan disukai penonton oleh sistem YouTube. Itulah mengapa para YouTuber sering ‘mengingatkan’ untuk memberi like, komentar atau subscribe pada video mereka.

Nah, cara ini sejatinya sangat mudah dan baik untuk meningkatkan engagement video. Hanya saja, banyak YouTuber pemula yang justru ‘malu-malu’ meminta feedback dari penontonnya. Jika Anda juga masih bersikap demikian, maka wajar video YouTube Anda selalu sepi.

Solusi tips meminta interaksi dari penonton :

  • Sisipkan ajakan memberi like atau subscribe pada bagian awal dan akhir video.
  • Selipkan CTA pada deskripsi video.
  • Jangan malu meminta feedback dari penonton demi meningkatkan kualitas channel.
  • Bisa gunakan ikon-ikon visual unik untuk mendorong penonton memberi like, subscribe atau share.
  • Ubah gaya narasi penjelasan video dengan menyelipkan diskusi kecil. Dari sini Anda bisa minta penonton memberi pendapat mereka di kolom komentar.

Kesalahan SEO YouTube 4 : Tidak Menambahkan Subtitle

Kesalahan YouTuber pemula berikutnya adalah tidak memberi subtitle pada video. YouTube memang memiliki fitur auto subtitle (pembuat caption subtitle otomatis). Namun sering kali isi subtitle otomatis tidak akurat dan membingungkan penonton, terutama jika subtitle berupa terjemahan dari bahasa lain.

Cukup banyak YouTubers tidak menyertakan subtitle di video mereka karena berbagai alasan. Ada yang memang malas, tidak tahu cara membuat subtitle, atau merasa penonton video mereka hanyalah orang lokal (sesama Indonesia). Tapi bisa saja kelak video Anda viral dan ditonton oleh warga negara lain, bukan?

Oleh sebab itu, usahakan meluangkan waktu membuat subtitle untuk mempermudah audiens menyimak isi video Anda. Selain warga asing, subtitle juga menolong kelompok-kelompok penyandang disabilitas dalam menikmati video. Jadi video Anda berpotensi mengumpulkan sebanyak mungkin view dari berbagai kalangan.

Video dengan subtitle buatan sendiri jelas lebih nyaman disimak dan mampu meningkatkan engagement.

Solusi tips membuat subtitle video :

  • Gunakan alat bantu pembuat subtitle untuk mempermudah kinerja.
  • Sesuaikan subtitle dengan kalimat narasi atau dialog video.
  • Jangan masukkan filler yang muncul spontan dalam percakapan seperti ‘em..’ ‘hm..’ ‘er..’ ke dalam subtitle.
  • Minimal sertakan subtitle dalam bahasa Inggris (bahasa internasional). Boleh membuat variasi subtitle berbagai bahasa jika Anda punya rekan kerja penerjemah bahasa asing lainnya.

Kesalahan SEO YouTube 5 : Tidak Merekomendasikan Video Lainnya

Sudahkah Anda merekomendasikan video Anda yang lain pada penonton? Promosi seperti ini juga bisa meningkatkan jumlah view serta subscribers channel secara langsung.

Memiliki sebuah video dengan ribuan likes adalah hal yang baik. Tapi kalau Anda mau memperoleh hasil maksimal dari YouTube marketing, maka alangkah baiknya memaksimalkan engagement di semua video pada channel Anda.

Sebuah channel yang seluruh videonya ramai penonton jauh lebih memikat dibandingkan channel dengan 1 atau 2 video yang sukses. YouTube adsense pun kerap diberikan pada channel yang ramai secara keseluruhan karena mempunyai traffic konsumen tinggi.

Sudah bagus jika salah satu video YouTube Anda berhasil viral atau tembus SEO YouTube. Namun jangan cepat berpuas diri. Inilah waktunya mempromosikan video Anda yang lain dan turut menjadikannya populer.

Solusi tips mempromosikan video YouTube lain :

  • Buat rangkaian video berseri dan arahkan penonton untuk mengecek kelanjutan pembahasan di video yang berikutnya.
  • Promosikan video-video yang masih bersangkutan dengan topik bahasan di akhir.
  • Gunakan kalimat-kalimat seperti “Ingin tahu lebih banyak? Tonton yang ini juga, yuk!”
  • Masukkan link video rekomendasi agar penonton bisa langsung klik tanpa repot mencari judul.

Kesalahan SEO YouTube 6 : Tidak Menganalisa Metrik Off Page

Kesalahan belajar YouTube SEO terakhir adalah tidak menganalisa metrik off page. Banyak YouTuber pemula yang masih awam dengan pentingnya metrik, sehingga mereka cenderung tak memerdulikannya.

Apa itu YouTube SEO metrik off page? Metrik off page adalah halaman khusus yang memberitahu aktivitas dari penonton channel Anda. Ia memuat info-info penting seperti:

  • Retensi audiens (seberapa lama durasi seseorang menonton video Anda).
  • Jumlah engagement (jumlah like, komentar, subscriber, share video).
  • Peresentase CTR atau Click Through Rate (jumlah orang yang mengklik video Anda setelah melihat thumbnail YouTube).

YouTuber yang memanfaatkan data metrik selalu lebih gampang sukses karena mereka tahu situasi dari penontonnya. Data metrik akan membantu Anda lebih mudah menentukan model thumbnail yang menarik perhatian, judul yang mengundang penonton, serta topik bahasan yang disukai audiens.

Jika dimanfaatkan dengan tepat, hasil analisa metrik off page akan sangat membantu melejitkan nama channel YouTube Anda.

YouTube Lebih Dari Sekadar Sosial Media Video

Ketika belajar perihal SEO di YouTube, sangat penting untuk selalu ingat bahwa YouTube lebih dari sekadar sosial media. Ia adalah platform video yang kompleks dan mengadopsi sistem kerja mirip seperti  Google.

Dulu, YouTube cuma digunakan sebagai media hiburan seperti menonton music video, film pendek, atau video-video lucu inspiratif. Seiring berjalannya waktu, kegunaan YouTube terus berkembang. Kini banyak orang memanfaatkan YouTube untuk menemukan berbagai informasi atau pertanyaan sehari-hari.

Bisa dibilang, YouTube adalah Google ‘versi visual’. Masyarakat yang enggan membaca artikel pasti akan lari ke beranda YouTube guna menemukan jawaban atas pertanyaannya. Jadi jangan asal membuat video, ya.  Kemaslah artikel informatif sebagai solusi menghindari masalah video YouTube sepi.

Demikianlah tips belajar SEO YouTube untuk pemula kali ini. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk menambah subscribers channel Anda.

Ingin tahu lebih banyak artikel belajar SEO YouTube untuk pemula lainnya? Semuanya kini terangkum lengkap dan gratis di MARKEY!

Yuk baca semuanya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan App Store). Sampai bertemu di tips belajar SEO YouTube untuk pemula lainnya, ya, sayonara!

 

Baca juga :