Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran SEO Inilah Alasan Mengapa Skill Menulis Sangat Dibutuhkan Dalam Dunia...

Inilah Alasan Mengapa Skill Menulis Sangat Dibutuhkan Dalam Dunia Marketing

-

Pandemi Covid-19 merupakan sebuah krisis yang telah mengubah dunia dan gaya hidup kita secara drastis. Adanya pandemi ini, membuat peralihan ke dunia digital menjadi jauh lebih cepat dari sebelumnya.

Hal ini dibuktikam dengan jumlah yang mencengangkan dari hasil pencarian Google  yang meningkat dari 3,5 miliar pada tahun 2019 menjadi 6 miliar pada tahun 2020. Lebih dari sebelumnya, banyak bisnis yang beralih ke web untuk memasarkan produk mereka dan tetap bertahan selama waktu yang tidak dapat diprediksi.

Jika Anda pernah berpikiran untuk belajar copywriting, ini adalah kesempatan besar bagi Anda untuk memulai karir tersebut, sebab bisnis yang kini beralih ke online maupun digital membutuhkan seseorang yang mempunyai skill menulis materi iklan/konten yang dapat disampaikan dengan baik ke calon konsumen merek/brand, orang-orang dengan keahlian seperti ini disebut sebagai copywriter.

Tidak hanya marketing, setiap industry di dunia ini membutuhkan keahlian copywriting, mulai dari organisasi nirlaba, industri perawatan kesehatan, pelatih kehidupan, spesialis kesehatan mental juga membutuhkan seseorang dengan keahlian copywriting.

Copywriter melakukan lebih dari sekedar menulis teks iklan. Orang ini adalah peneliti yang berdedikasi, pembelajar yang cepat, editor yang detail, dan penulis ulang yang gesit. Seorang copywriter adalah bunglon, yang dapat berbaur menjadi merek satu klien untuk waktu yang singkat, kemudian mengubah warna agar sesuai dengan yang diinginkan kliennya yang lain.

Lalu, kemampuan apa saja yang dibutuhkan oleh seseorang agar dapat melatih skill menulis agar menjadi seorang copywriter yang baik? Pada artikel kali ini, saya akan mengupas tuntas keterampilan apa yang Anda butuhkan untuk menjadi seorang copywriter terkemuka.

Mari kita lihat 6 keterampilan copywriting terbaik yang sering diabaikan oleh orang-orang.

1. Hard Skill: Keterampilan Menulis Percakapan

copywriting-2

Tahukah Anda, bahwa hard selling tidak bagus diterapkan sebagai strategi pemasaran suatu brand/ merek? Hard selling adalah tanda pasti bahwa sebuah bisnis tidak mengenal pelanggannya, tidak mengetahui produk maupun layanannya.

Oleh karena itu, seorang copywriter sangat dibutuhkan untuk bisa terampil dalam skill menulis percakapan.

Saya ambil contoh, Anda akan mendengar teman Anda dengan penuh perhatian ketika dia menceritakan mengenai suatu produk yang dia sukai. Ada sesuatu tentang nada suara mereka yang menarik minat Anda.

Sebagai seorang penulis Anda harus dapat bersikap komunikatif dan bayangkan diri Anda memberi tahu seorang teman bahwa Anda peduli dengan produk yang benar-benar akan mengubah hidupnya.

2. Soft Skill: Empati

Seorang copywriter harus bisa memperlihatkan empati kepada calon konsumen. Anda membutuhkan kemampuan ini untuk masuk ke posisi calon konsumen dan melihat dunia melalui mata mereka.

Coba buatlah pertanyaan seperti: Apa kegelisahan atau hal-hal yang membuat mereka dilema? Apa tujuan dan keinginan terbesar mereka? dan lain-lain. Dengan begitu Anda dapat membuat tulisan yang mampu menyentuh hati calon konsumen Anda.

3.Hard Skill: Pengetahuan Seo

Banyak orang mengira copywriting adalah iklan televisi aneh yang menjual peralatan dapur sembarangan, tetapi kali ini dengan kata-kata tertulis sebagai medianya. Meskipun copywriting adalah tentang menjual, sebenarnya ini lebih dari yang Anda bayangkan.

Misalnya, copywriter sering ditugaskan untuk membuat salinan web yang kuat untuk SEO. Ini penting di dunia di mana SEO mendorong lalu lintas 1000% lebih tinggi daripada media sosial organic lainnya.

Artikel terkait  SEO Blogspot | Cara Optimasi SEO di Blogspot

4. Soft Skill: Kreativitas

Copywriting bukan tentang memuat email atau halaman arahan dengan jargon dan daftar statistik tanpa akhir. Ini tentang menceritakan kisah yang dapat dikaitkan dengan pembaca. Untuk menjadi copywriter yang hebat, Anda perlu belajar bagaimana mengubah salinan penjualan lama menjadi sesuatu yang baru.

Saat calon konsumen Anda mengangguk, tertawa, dan menangis bersama Anda, Anda akan menciptakan ikatan dengan mereka yang akan membuat mereka melihat Anda berada di pihaknya.

Cobalah untuk berlatih dengan keterampilan mendongeng. Bayangkan skenario di mana orang berjuang dengan poin rasa sakit atau sedih yang dialami calon konsumen Anda, dan buat cerita yang menarik di sekitar mereka.

Misalnya, jika Anda menjual buku yang berjudul How to Win Friends and Influence People, coba ceritakan ketika Anda yang sedang berada ditengah pesta, namun malah menyibuKkan diri dengan memeriksa email selama 20 menit karena tidak tahu apa yang harus dikatakan atau dilakukan dikondisi seperti itu.

5.Hard Skill: Strategi Konten

copywriting-1

Seperti disebutkan di atas, copywriting yang kuat seperti membujuk seorang teman baik untuk membeli sesuatu yang akan meningkatkan hidupnya. Masalahnya adalah, bagaimana jika Anda tidak tahu siapa teman itu, bagaimana dia berbicara atau bagaimana Anda harus memanggilnya?

Saat Anda mempelajari strategi konten, Anda belajar menyatukan potongan-potongan teka-teki pemasaran konten Anda. Anda belajar bagaimana berbicara dengan audiens Anda menggunakan persona audiens, bagaimana menjadi konsisten dalam percakapan Anda dengan mereka, dan bagaimana menjadi unik di dunia di mana banyak pesan pemasaran dirilis setiap hari. Berikut adalah langkah-langkahnya:

a. Kenali audiens Anda

Langkah pertama dalam memodifikasi tulisan Anda untuk audiens tertentu adalah menggunakan penelitian untuk menentukan apa yang ingin diketahui orang tersebut. Ini bisa dilakukan dengan banyak cara, misalnya:

  1. Survei feedback email ke pelanggan baru.
  2. Tanyakan tim penjualan tentang pertanyaan paling umum yang memiliki prospek.
  3. Undang pengikut media sosial untuk mengisi kuesioner singkat.

Saat Anda mengumpulkan informasi, Anda dapat mulai memvisualisasikan siapa pembaca atau pelanggan Anda pada umumnya. Dengan wawasan ini, Anda dapat melanjutkan ke langkah kedua: yakni membangun persona audiens .

b. Buat persona

Misalnya Anda adalah perusahaan bola lampu yang mencoba mencari tahu siapa yang benar-benar tertarik dengan produk Anda. Melalui penelitian, Anda mungkin menemukan bahwa pelanggan target Anda adalah CEO berusia 50-an yang mencari cara untuk mengurangi jumlah uang yang dihabiskan perusahaannya untuk penerangan atau mungkin dia berusia 30-an yang merawat orang tuanya yang sudah lanjut usia dan ingin tahu cara meningkatkan visibilitas di rumah mereka.

Kedua persona audiens ini memiliki pertanyaan, kekhawatiran, dan alasan yang sangat berbeda untuk melakukan pembelian bola lampu. Siapapun pelanggan Anda, dan apapun dilema utama mereka, bicaralah dengan mereka. Jawab pertanyaan mereka melalui konten Anda.

Ketika CEO itu membaca artikel Anda tentang mengapa jenis bola lampu tertentu dapat menurunkan biaya perusahaan, dia akan ingat bahwa Anda tidak hanya memiliki solusi untuk masalahnya, tetapi juga memiliki pengetahuan dan keahlian untuk mendukungnya. Dia akan lebih memercayai nasihat Anda.

Tips yang bisa saya berikan untuk meningkatkan keterampilan ini adalah dengan mempelajari dasar-dasar strategi konten, meskipun Anda tidak berencana untuk menjadi ahli strategi konten.

Artikel terkait  Penerapan SEO Blog (Langkah-Langkah dan Penerapan)

6. Soft Skill: Rasa Ingin Tahu

Sebagai copywriter, Anda harus menjadi seorang excavator. Anda perlu menjawab beberapa pertanyaan seperti:

  1. Bagaimana cara kerja produk ini?
  2. Mengapa produk ini lebih baik dari yang lain?
  3. Keingintahuan Anda akan mendorong Anda untuk menemukan semua jawaban.

Bangkitkan keingintahuan Anda dengan menanyakan lima pertanyaan tersebut tentang setiap produk yang Anda buat. Pikiran yang ingin tahu akan membantu Anda menemukan daftar panjang fakta menarik yang dapat Anda gunakan untuk menghasilkan tulisan yang bisa menarik calon konsumen.

Penutup

Setiap merek membutuhkan copywriting yang baik untuk menarik pelanggan dan meyakinkan mereka untuk terlibat dengan perusahaan dengan cara tertentu.

Tetapi menuangkan semua upaya itu ke dalam penelitian, mengembangkan persona dan menulis akan hilang jika bukan untuk pemasaran konten; merek perlu menunjukkan bahwa mereka benar-benar peduli dengan masalah konsumen mereka.

Dengan menggabungkan dua konsep copywriting dan pemasaran konten, perusahaan dapat menciptakan kehadiran online yang kuat yang tidak hanya menumbuhkan niat baik dan kepercayaan, tetapi juga menghasilkan prospek.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Pemasaran Internal : Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Dalam dunia bisnis, pihak-pihak yang terlibat di dalamnya harus mengetahui dan mengerti mengenai strategi pemasaran. Dengan demikian, setiap pihak...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya