Media Bisnis Online | by APPKEY

PemasaranMarketing strategyDefinisi dan Contoh Copywriting Conversational

Definisi dan Contoh Copywriting Conversational [Terlengkap!]

-

Last Updated on May 28, 2022 by appkey

Conversational copywriting adalah contoh copywriting yang menghipnotis para pembaca. Trik copywriting satu ini sedang banyak digunakan, lho, khususnya di sosial media seperti Instagram.

Tidak cuma sanggup memberi informasi penting ke audiens, conversational copywriting adalah tips promosi online shop yang menarik, tidak kaku sekaligus profesional. Ada banyak sekali manfaat dari mengaplikasikan contoh copywriting satu ini ke olshop Anda!

Jadi seperti apa itu conversational copywriting? Bagaimana pula cara mengaplikasikannya ke tulisan?

Baca juga : Terkuak! Teknik Copywriting Terbaik untuk Deskripsi Produk

Contoh Copywriting Conversational : Definisi

contoh-copywriting

Ketika mendengar kata “copywriting”, maka yang terlintas di benak kita pastinya tulisan artikel atau caption berbau iklan. Tapi tahukah Anda bahwa saat ini sudah ada banyak jenis dan contoh copywriting yang lebih fresh dan memikat?

Salah satu bentuk copywriting yang menghipnotis adalah conversational copywriting (copywriting percakapan). Di sini, penulis tidak menjabarkan keunggulan produk dalam bentuk narasi panjang, melainkan mengubahnya dalam bentuk dialog.

Alhasil, pembaca teks copywriting jenis ini akan merasa seolah-olah dirinya tengah bercakap-cakap dengan Anda. Penulisan copywriting conversational juga dinilai lebih menarik karena isinya yang lebih ringkas, padat dan jelas.

Bahasa Tulis vs Bahasa Lisan

Bahasa tulis dan bahasa lisan sejatinya berbeda. Sebelum mencoba menulis conversational copywriting, ada baiknya Anda memahami dengan betul gaya bahasa tulis (teks) dan bahasa percakapan (lisan).

Bahasa tulis cenderung bersifat lebih formal, kaku dan terstruktur dari awal sampai akhir. Sedangkan bahasa percakapan tidak. Bahasa lisan jauh lebih santai, menimbulkan kesan akrab dan hangat.

Namun karena copywriting tetap berbentuk tulisan/teks, maka kita perlu memodifikasi dan menyesuaikan beberapa hal dari percakapan lisan. Ini karena ada sejumlah kata di bahasa lisan yang “terdengar aneh” atau kurang pas dalam bentuk tulis.

Alhasil kita tidak boleh asal menjiplak bahasa lisan ke bentuk teks.

4 Keuntungan Copywriting Conversational

Ada 4 keuntungan utama dari penggunaan tips promosi online shop copywriting conversational. Apa sajakah? Ini jawabannya:

1. Banyak Digunakan di Sosial Media

Gaya penulisan ala percakapan sedang marak digunakan di sosial media akhir-akhir ini, seperti Instagram dan Twitter. Conversational copywriting menjadi contoh copywriting Instagram karena lebih ringkas dan to the point.

Sosial media memang terkenal memiliki space (ruang) yang terbatas. Tidak ada orang yang mau membaca artikel panjang lebar di sana. Alhasil, penerapan conversational copywriting adalah contoh copywriting Instagram terbaik.

2. Bisa untuk Website

Walaupun banyak diterapkan sebagai contoh copywriting Instagram dan Twitter, nyatanya trik copywriting conversational juga tetap cocok diaplikasikan untuk website biasa, lho.

Akhir-akhir ini banyak studi bisnis online menunjukkan bahwa masyarakat cenderung melakukan tektik membaca skimming. Artinya mereka hanya membaca bagian-bagian tertentu, bukan keseluruhan artikel.

Untuk itulah Anda bisa mempraktekkan teknik menulis conversational supaya artikel yang panjang bisa diringkas sekaligus lebih mudah dipahami. Konsumen dijamin akan lebih tertarik menyimak artikel Anda hingga tuntas.

Artikel terkait  9 Rencana Pemasaran Produk Makanan Online yang Laris Manis

3. Akrab dan Profesional dengan Konsumen

Tidak cuma menjadi copywriting yang menghipnotis pembeli, strategi conversational juga mampu menambah keakraban bisnis dengan audiens.

Masyarakat abad ini sudah meninggalkan kesan bisnis yang kaku untuk menjaga keprofesionalitasan. Sekarang Anda bisa tetap profesional sembari bersikap ramah, sopan, ceria, bahkan menebar guyonan/humor dalam iklan.

Nah, conversational copywriting adalah salah satu trik jitu untuk membangun keakraban dengan audiens sekaligus tetap profesional. Tidak ada salahnya menulis teks iklan persuasif dengan gaya bahasa santai tetapi tetap profesional dan serius.

4. Mudah Memperlihatkan Empati pada Audiens

Manfaat terakhir dari menggunakan contoh copywriting Instagram conversational adalah Anda lebih mudah memperlihatkan empati pada audiens secara online.

Masyarakat zaman sekarang sudah sangat cerdas membedakan materi iklan dan bukan. Ketika menyadari teks yang sedang mereka baca ternyata adalah iklan, secara otomatis mereka akan mengabaikan artikel tersebut.

Namun conversational copywriting yang menghipnotis menyediakan strategi yang unik. Anda dapat menulis dengan memosisikan diri sebagai pembaca. Alhasil masyarakat akan menilai bahwa bisnis Anda memerhatikan kebutuhan dan kenyamanan mereka tidak hanya sebatas mengiklankan produk.

4 Tips Membuat Copywriting yang Menghipnotis

Tertarik untuk mencoba copywriting conversational ini? Tidak perlu bersusah payah. Kini ada 4 tips simpel untuk membuat copywriting yang menghipnotis, khususnya dalam bentuk conversational. Begini tutorialnya:

1. Buat Kalimat yang Singkat, Padat, Jelas

Jika artikel copywriting biasa cenderung panjang lebar, maka tidak demikian halnya dengan copywriting conversational. Di sini Anda justru harus ahli mengatur tulisan supaya tetap singkat, padat dan jelas.

Seperti layaknya percakapan biasa secara lisan yang pendek, usahakan teks conversational juga dibuat seperti itu. Apakah ada ketentuan panjang pendek kalimat untuk copywriting conversational? Jawabannya tidak.

Setiap orang bisa menyesuaikan sendiri berapa panjang kalimat yang ingin mereka gunakan dalam teks conversational. Ada penulis yang mematok maksimal 13 kata saja dalam 1 kalimat; ada pula yang 10 kata atau 20.

Jadi silahkan atur sendiri panjang pendek kalimat teks sesuai kebutuhan Anda, ya! Pastikan panjang kalimat tetap mumpuni untuk menyampaikan informasi sekaligus enak dibaca.

2. Pahami Gaya Audiens

Pahamilah bagaimana gaya bicara dari audiens marketing Anda. Ingat, setiap orang faktanya mempunyai cara dan gaya bercakap-cakap yang berbeda.

Perbedaan ini dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Misalnya saja latar belakang pendidikan, gender, usia, hingga minat atau ketertarikan mereka terhadap sesuatu.

Menyesuaikan gaya kepenulisan copywriting dengan gaya audiens amat penting supaya iklan Anda bisa disimak. Anda sendiri mungkin juga tidak nyaman membaca teks yang gaya penyampaiannya tidak sesuai style pribadi, bukan?

Anda bisa mencoba melakukan survey atau analisis awal untuk menggali demografi dari audiens. Dari sanalah Anda bisa mengetahui gaya kepenulisan copywriting yang pas digunakan.

3. Jangan Pakai Jargon atau Kata-Kata Sulit

Sebisa mungkin hindari penggunaan jargon, istilah atau kata-kata asing yang sulit dipahami target audiens Anda. Hal ini penting supaya audiens bisa lebih mudah memahami informasi yang disampaikan.

Akan lebih baik jika Anda memakai kosakata umum yang gampang dipahami; atau sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jika terpaksa menggunakan kosakata asing, jangan lupa untuk menyertakan penjabaran arti kata tersebut di sebelahnya.

Ingat, selalu sesuaikan isi narasi tulisan dengan tingkat pengetahuan pembaca Anda. Menulis untuk pembaca awam pastinya akan berbeda dengan pembaca yang sudah lebih berpengalaman atau ahli dalam suatu topik.

Artikel terkait  7 Strategi Mengembangkan Bisnis Klinik Kecantikan Terbaik untuk Pemula

4. Berceritalah Pada Audiens

Setiap teks copywriting yang menghipnotis pasti memiliki unsur cerita di dalamnya. Orang-orang lebih tepengaruh mencoba produk yang dilengkapi “kisah testimoni” di baliknya ketimbang membaca deskripsi produk biasa.

Meskipun teks conversational bersifat lebih singkat, bukan berarti Anda tidak bisa menyelipkan kisah menarik sekaligus menggugah emosi di dalamnya. Anda bisa menceritakan beragam keunggulan produk dalam beberapa kalimat ringkas supaya pembaca tertarik membeli.

Jangan ragu untuk terus berlatih demi menemukan gaya kepenulisan terbaik!

Demikianlah pembahasan tips promosi online shop kali ini seputar conversational copywriting. Semoga pembahasan di atas bisa menambah wawasan dan strategi bisnis online Anda, ya!

Yuk temukan lebih banyak tips promosi online shop terbaru gratis setiap hari hanya dari MARKEY. Sampai bertemu di artikel berikutnya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Paket Aplikasi Android dan iOS

Pasang iklan

- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Mari mencobanya dengan...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

HOST ID dan NETWORK ID | Pengertian dan Contohnya

Perangkat komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari, ternyata memiliki jaringan yang rumit dan juga kompleks. Sebab, hingga saat ini...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak untuk Pemula

Belajar IT atau coding bisa dibilang hal yang tidak mudah apalagi bagi pemula. Karenanya memang butuh beberapa tahun untuk...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya