Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Internet marketing 5 Cara Menulis Contoh Copywriting yang Menarik dengan “FAB”

5 Cara Menulis Contoh Copywriting yang Menarik dengan “FAB”

-

Bingung bagaimana membuat contoh copywriting yang menarik perhatian konsumen? Sekarang Anda tidak perlu gusar lagi, karena ada formula FAB copywriting yang bisa digunakan!

Copywriting adalah salah satu strategi yang umum digunakan dalam dunia bisnis online. Berkat copywriting lah kita bisa menciptakan berbagai caption jualan menarik dan menggugah minat belanja konsumen.

Seperti apa itu formula FAB copywriting dan contoh copywriting yang menarik? Ayo pelajari apa itu copywwriting dan contohnya pada pedoman lengkap di bawah!

Apa Itu Copywriting dan Contohnya?

contoh-copywriting-yang-menarik

Pernahkah Anda membaca sebuah caption jualan menarik dan tertarik untuk membeli produk/jasa yang ditawarkan? Itulah efek ampuh dari contoh copywriting yang menarik!

Apa itu copywriting dan contohnya? Copywriting adalah sebuah strategi menawarkan dagangan melalui tulisan. Copywriting bisa dibedakan dari tulisan biasa dari kehadiran kalimat-kalimat persuasif (bujukan).

Sebuah teks copywriting pasti memiliki nuansa persuasif yang amat meyakinkan di dalamnya. Nah, kalimat-kalimat tersebutlah yang biasanya ampuh memikat pembaca untuk membeli produk.

Studi SEO terbaru menunjukkan, copywriting dalam content marketing bisa mengurangi biaya promosi lebih dari 60%. Selain itu, website Anda berpotensi memperoleh lebih banyak kunjungan dari masyarakat. Jadi double untungnya!

Meskipun copywriting digunakan agar pembaca mau membeli produk, nyatanya kekuatan copywriting jauh lebih hebat lagi.

Teknik copywriting bisa kita pakai untuk mengarahkan pembaca melakukan apa saja yang kita inginkan. Mulai dari membeli produk, mendaftar akun, mengontak customer service, mengklaim voucher, mencoba berlangganan, dan seterusnya. Menarik sekali, bukan?

Contoh Copywriting yang Menarik

Ada banyak sekali contoh-contoh copywriting yang menarik bisa kita temukan di internet. Copywriting paling mudah ditemukan di artikel promosi atau deskripsi sebuah produk.

Namun seiring perkembangan strategi SEO, copywriting kini bisa dimanfaatkan nyaris pada berbagai media pemasaran berbasis tulisan. Misalnya pada push notification, bilboard, e-mail marketing, caption sosial media, iklan online, sampai caption/deskripsi untuk YouTube dan podcast.

Formula FAB Copywriting Adalah

Setelah memahami apa itu copywriting dan contohnya, sekarang mari kita simak apa yang dimaksud dengan formula FAB copywriting.

Walaupun terkesan mudah, nyatanya menulis ala copywriting lumayan sulit. Penulis iklan dituntut untuk bisa mencuri perhatian pembaca dengan cepat, singkat dan padat. Kita tidak boleh bertele-tele saat menulis teks iklan.

Agar usaha copywriting kita tidak berakhir sia-sia, maka dirumuskanlah formula FAB copywriting. Apa itu?

Formula FAB copywriting adalah salah satu strategi menulis persuasif yang mudah untuk dilakukan. FAB sendiri merupakan singkatan dari unsur-unsur yang wajib ada dalam sebuah teks copywriting, yakni Feature (fitur), Advantage (kelebihan) dan Benefit (manfaat).

Sejatinya ada banyak sekali strategi copywriting yang bisa kita coba. Namun formula FAB copywriting adalah yang paling efektif sekaligus paling direkomendasikan oleh pakar-pakar SEO.

Formula FAB membantu para penulis untuk mengungkapkan fitur-fitur, kelebihan dan manfaat produk kepada konsumen. Alhasil, pembaca artikel bisa lebih tertarik atau penasaran terhadap produk dan membelinya.

Pedoman FAB sangat cocok untuk dicoba oleh penulis baru. Dengan formula ini, Anda bisa langsung menulis to the point, tidak bertele-tele, dan bagus hasilnya.

Artikel terkait  6 Target Penting Bisnis E-Commerce 2021 yang Wajib Anda Pegang agar Sukses Berkarir

3 Elemen Penting Formula FAB Copywriting

Inilah ketiga elemen penting yang wajib Anda kuasai untuk melaksanakan strategi FAB copywriting:

1. Feature (Fitur Produk)

Di bagian paling awal teks copywriting, Anda wajib menjelaskan perihal feature (fitur) produk yang Anda jual. Fitur memuat spesifikasi, karakteristik, deskripsi serta fakta-fakta lain seputar produk.

Deskripsi feature sangat penting dalam teks iklan karena konsumen tidak tahu apa yang Anda jual atau tawarkan. Jadi, mulai teks Anda dengan memberitahu mereka apa yang toko Anda jual.

Contoh: jika toko Anda menjual smartphone android, maka jelaskan fitur-fitur utama yang menjadikannya menarik dan layak untuk dicoba. Seperti kamera beresolusi tinggi, memori penyimpanan internal besar, dan fitur-fitur canggih menarik lainnya.

2. Advantage (Keunggulan)

Setelah memperkenalkan fitur produk, lanjutkan dengan memperlihatkan keunggulan produk. Bagian ini memuat hal-hal hebat yang bisa diberikan/dilakukan oleh produk-produk maupun jasa Anda.

Memaparkan advantage dalam tulisan iklan akan meningkatkan rasa ketertarikan pembaca terhadap produk yang Anda jual. Anda juga bisa menjelaskan sisi-sisi positif maupun inovasi pada produk yang tak bisa ditemukan pada item lain sejenis.

Contoh: advantage dari smartphone jenis terbaru adalah dilengkapi sistem android paling canggih. Alhasil pengguna bisa memakai smartphone untuk beragam keperluan sekaligus—hiburan, kerja, dan lain-lain.

3. Benefit (Manfaat)

Terakhir, tutup tulisan Anda dengan menjelaskan benefit (manfaat) yang bisa diterima konsumen jika mereka menggunakan produk/jasa Anda. Ketika membaca poin inilah konsumen akan semakin tergiur mencoba produk Anda.

Pada dasarnya, setiap orang membutuhkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya. Maka sangat masuk akal jika konsumen tertarik membeli barang yang membawa manfaat positif untuknya.

Contoh: berdasarkan contoh sebelumnya (produk smartphone), Anda bisa menulis berbagai manfaat smartphone android terbaru untuk pengguna. Seperti memudahkan kerja dan meningkatkan prestise diri karena smartphone terbaru nan canggih masih belum banyak digunakan di masyarakat.

7 Tahap Menulis Caption Jualan Menarik dengan Formula FAB Copywriting

Kita sudah memahami apa itu strategi FAB copywriting. Sekarang mari menyelam ke cara menulis caption jualan menarik dengan teknik tersebut!

Langsung saja, beginilah tahap-tahapannya:

1. Tulis Sesuai Urutan

Rumus F-A-B sudah memberikan Anda urutan yang tepat terkait susunan isi teks. Anda tidak perlu mencari strategi lain lagi. Mulailah menulis menurut urutan tersebut: 1) Feature, 2) Advantage dan 3) Benefit.

Jangan ubah susunan di atas karena akan menjadikan isi tulisan Anda berantakan serta tidak memikat minat pembaca lagi.

2. Identifikasi Feature

Lakukan identifikasi fitur-fitur yang ada di produk Anda. Sebagai penjual, sudah pasti Anda harus tahu lebih banyak soal produk ketimbang pembeli.

Fokuslah menggali fitur-fitur unik apa saja yang ada pada produk/jasa. Akan lebih baik jika Anda bisa menemukan fitur yang dapat ditonjolkan dalam promosi. Penekanan pada fitur-fitur tertentu bisa menjadi selling poin unik yang membedakan produk Anda dengan milik kompetitor.

3. Sisipkan Advantage Produk

Begitu selesai dengan fitur produk, lanjutkan dengan menambah advantage produk ke tulisan. Anda bisa menambahkan 1 sampai 2 advantage untuk setiap fitur. Dengan begini pembaca akan mengenali kegunaan dari setiap fitur yang ada pada produk.

Tekankan apa-apa saja kelebihan dari produk/jasa Anda di sini. Jika bingung, Anda bisa mulai dengan menjawab 2 pertanyaan ini:

  • Apa saja masalah yang bisa diselesaikan oleh produk/jasa Anda?
  • Mengapa produk ini relevan atau sesuai dengan kebutuhan konsumen?

4. Tutup dengan Benefit

Terakhir, tutup tulisan Anda dengan benefit yang bisa diperoleh konsumen ketika memakai produk/jasa. Untuk menulis bagian ini, Anda bisa menempatkan diri dari perspektif konsumen.

Tanyakan pada diri Anda sendiri: “Apa yang akan saya terima jika saya menggunakan produk ini?”.

Kebanyakan orang bingung menulis bagian benefit karena mereka tidak menempatkan diri dalam sudut pandang konsumen. Cobalah untuk mulai menggali apa saja kebutuhan-kebutuhan konsumen. Lalu apakah produk/jasa Anda bisa memenuhi hal-hal itu?

5. Pastikan Headline Tulisan Menarik

Pernah membaca bagian pertama sebuah tulisan dan langsung merasa tidak tertarik? Kebanyakan orang langsung berhenti membaca artikel atau caption postingan karena tulisan tidak menarik dari awal.

Bagian awal tulisan sering disebut sebagai headline. Ada juga yang menjelaskan bahwa headline adalah bagian judul serta paragraf pembuka artikel.

Headline memiliki peranan yang amat penting untuk menarik pembaca mau menyelami kalimat demi kalimat artikel promosi Anda. Studi SEO copywriting terbaru menunjukkan, hanya 20% (2 dari 10 orang) yang membaca artikel sampai tuntas. Sisanya? Mereka hanya membaca headline dan pergi.

Maka dari itu, pastikan headline tulisan Anda menarik dan memikat penasaran pembaca sampai akhir. Tidak ada salahnya juga untuk mencoba strategi tulisan clickbait agar tulisan Anda semakin memancing rasa penasaran audiens.

Artikel terkait  Mengintip Strategi Bisnis "Mira Beauty" yang Memaksimalkan Loyalitas Konsumen dengan Bot Asisten

6. Gunakan Kata-Kata Emosional yang Kuat

Bangunkan perasaan pembaca saat menyimak tulisan dengan menyelipkan kata-kata emosional ke artikel. Perbanyak kata kerja maupun kata sifat yang bisa menggugah emosi.

Sebisa mungkin tunjukkan bahwa Anda bersimpati pada masalah pembaca dan memiliki solusi terbaik bagi mereka. Libatkan juga call to action (CTA) agar pembaca tergerak untuk melakukan sesuatu, seperti membeli produk, mengklaim voucher, melihat katalog produk dan lain-lain.

7. Perbanyak Latihan

Tips terakhir, jangan lupa untuk perbanyak latihan menulis copywriting! Semakin banyak Anda berlatih, maka hasil tulisan pun dijamin akan semakin baik, padu dan tidak kaku. Mintalah bantuan pada orang lain untuk membaca dan menilai tulisan Anda. Jangan patah semangat dan selamat mencoba.

Nah itu dia pembahasan lengkap dari apa itu copywriting dan contohnya serta strategi formula FAB copywriting! Semoga penjabaran di atas bisa membantu Anda dalam membuat aneka caption jualan menarik, ya.

Yuk ikuti terus website MARKEY di https://markey.id/ agar tak ketinggalan lebih banyak strategi jitu sukses bisnis online terbaru! Bisa juga download aplikasi MARKEY di Google Play atau Apple Store untuk pengalaman membaca yang lebih praktis.

Sampai bertemu lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

11 Aplikasi Desain Jersey Terbaik Untuk Android

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Bisnis fashion atau baju...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya