Last Updated on May 20, 2022 by
Aplikasi discord adalah sosial media baru yang ngetred di masyarakat, khususnya para gamers. Tapi jangan salah! Ternyata ada lho cara menggunakan discord untuk mendukung strategi penjualan online.
Kemajuan teknologi dan dampak positifnya untuk dunia bisnis terus berkembang dewasa ini. Salah satunya adalah penggunaan aplikasi discord untuk marketing.
Apa itu discord dan cara pakainya untuk mempromosikan bisnis kita? Yuk simak ulasan lengkapnya pada artikel discord marketing kali ini, selamat membaca!
Daftar Isi
Aplikasi Discord Adalah
Sebelum menyelami strategi discord marketing, tentunya kita harus berkenalan terlebih dahulu dengan aplikasi discord. Pernahkah Anda mendengar nama aplikasi sosial media yang satu ini sebelumnya?
Aplikasi discord adalah nama yang populer di kalangan pecinta game (komunitas gamers). Aplikasi discord adalah sosial media berbasis suara (voice chat) yang bisa digunakan untuk bercakap-cakap dengan banyak orang.
Discord terkenal karena sangat bermanfaat mendukung sesi permainan para gamers. Lewat discord, para pemain bisa saling berkomunikasi dengan mudah. Pengguna hanya perlu berbicara seperti biasa untuk mengirim pesan chat.
Aplikasi sosmed unik ini dirilis pertama kali pada 2015. Namun ia baru terkenal karena banyak digunakan dalam permainan Among Us game yang sempat viral di tahun 2020 lalu.
Discord menyediakan layanan voice chat yang lebih baik dibandingkan fitur livechat bawaan aplikasi game biasa. Saat ini, discord bisa dipakai pada smartphone android atau iOS, hingga perangkat komputer berbasis Mac, Windows dan Linux.
Baca juga : 10 Cara Jualan Online Laris di WhatsApp Tanpa Modal Terbaru
2 Cara Menggunakan Discord
Mengetahui cara menggunakan discord juga penting sebelum mulai berpromosi di sosmed tersebut. Promosi bisa berjalan lebih lancar jika Anda sudah menguasai cara menggunakan discord.
Ada sejumlah cara menggunakan discord yang tepat. Begini tutorialnya:
Cara Menggunakan Discord di Smarphone
- Download aplikasi discord dari Google Play atau Apple Store.
- Tunggu hingga aplikasi selesai terinstal pada smartphone.
- Buka aplikasi discord, lalu login atau sign up akun pengguna baru.
- Setelah masuk ke discord, mulailah membuat server/grup obrolan. Klik tanda “+” pada bagian bubble sebelah kiri layar.
- Klik “Create Server”, masukkan nama ruang obrolan.
- Jika sudah, klik lagi tombol “Create Server”.
- Selesai! Anda akan mendapatkan halaman khusus berisi link grup obrolan discord. Link tersebut bisa Anda share ke sosmed lain agar lebih banyak orang tertarik bergabung ke ruang discord.
Cara Menggunakan Discord di PC / Komputer
Bagaimana jika kita ingin membuat discord di PC atau komputer? Ternyata, memakai discord di PC tidak jauh berbeda dari smartphone.
- Download aplikasi discord dari website discord.com.
- Login atau sign up akun baru.
- Klik tanda “+” pada bubble di deret kiri beranda aplikasi.
- Khusus aplikasi discord PC, di sini ada kategori khusus grup obrolan—misalnya server game, grup belajar/studi, obrolan biasa dengan teman dan lain-lain.
- Anda bisa mengklik kategori grup yang paling sesuai/diinginkan untuk diikuti. Mau membuat grup obrolan baru sendiri juga tetap bisa. Cukup klik “Create Server”, masukkan nama dan konfirmasi.
- Begitu server obrolan selesai dibuat, Anda akan menerima halaman khusus berisi link server yang bisa dishare ke sosmed lain. Untuk mulai bicara, klik tombol “Voice Channel” pada menu General.
Discord Marketing Adalah
Tidak cuma cocok untuk berkomunikasi saat main game saja, aplikasi discord adalah alat promosi baru yang bisa memaksimalkan omset penjualan Anda.
Trik berpromosi dengan discord disebut discord marketing. Promosi via aplikasi discord bisa dilakukan dengan simpel, gratis dan real-time. Maksudnya, info promosi yang Anda sebar akan langsung sampai ke konsumen persis saat itu juga.
Sekarang pun banyak orang menggunakan discord untuk beragam keperluan, tidak hanya bermain game. Jadi Anda hanya perlu bergabung ke grup atau server discord yang topik obrolannya “nyambung” alias cocok dengan domain bisnis.
Discord juga bisa lho dipakai sebagai sarana komunikasi internal perusahaan Anda. Misalnya Anda membuat grup discord khusus untuk divisi penjualan, tim managerial, atau tim produksi. Berkomunikasi dengan discord dijamin lebih cepat dan mudah.
4 Keunggulan Discord Marketing
Apa saja keunggulan discord marketing untuk kita? Berikut 4 kelebihan discord marketing yang belum banyak diketahui pebisnis online:
1. 100% Gratis
Semua fitur esensial dalam aplikasi discord bisa Anda pakai secara gratis! Tidak ada fitur premium ataupun berbayar sama sekali. Mendaftar akun discord juga gratis tanpa embel-embel syarat dan ketentuan lain di baliknya.
Meskipun gratis, promosi Anda di discord tetap terjamin 100% optimal tersebar ke audiens. Ini sangat berbeda dibandingkan sosmed lain yang baru memaksimalkan promosi setelah kita memasang fitur ads berbayar.
2. Sosmed Tanpa Algoritma
Discord adalah sosmed pertama yang tidak melibatkan algoritma dalam penggunaannya. Inilah perbedaan mencolok antara discord dan sosial media populer lain.
Biasanya setiap sosmed memiliki algoritma tersendiri. Sederhananya, algoritma adalah sistem komputer yang membantu memilah dan merekomendasikan konten sesuai kesukaan/minat pengguna. Alhasil kita harus benar-benar menguasai tips trik SEO algoritma per sosmed supaya konten promosi tidak “tenggelam”.
Tapi discord sungguh-sungguh mendobrak sistem tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa discord sama sekali tidak memakai algoritma apapun dalam sistemnya.
Kinerja discord sangat simpel. Selama masih ada member atau audiens dalam server discord yang Anda buat, maka semua pesan Anda termasuk pesan promosi pasti akan langsung tersampaikan ke mereka.
3. Aman dan Anti Spam
Ketika banyak sosial media sulit dikontrol isinya, maka discord justru sangat mudah dikendalikan. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa sosial media juga kaya akan spam dan pesan-pesan negatif yang mengganggu.
Demi menjaga kenyamanan pengguna, sistem discord telah memblokir lebih dari 4 juta user yang terbukti melakukan spam. Admin grup juga memiliki kuasa untuk menghapus pesan dan memblokir akun spam yang masuk ke grup discord.
Sistem keamanan juga ditingkatkan oleh pihak discord melalui link undangan bergabung ke grup. Anda kini tidak bisa sembarangan bergabung ke grup discord jika tidak punya kode unik/link undangan dari admin.
4. Bisa Membangun Komunitas Bisnis
Manfaat discord terakhir adalah bisa digunakan untuk membangun komunitas bisnis (brand community). Discord bisa menjadi tempat terbaik untuk Anda berkumpul dengan orang-orang yang tertarik atau menyukai produk-produk Anda.
Komunikasi pun dapat berjalan lebih lancar dengan discord karena pesan-pesan konsumen bisa langsunng dibalas saat itu juga. Berbeda dengan pesan di sosmed lain yang bisa “tertumpuk” dan tak kunjung dibalas (tidak real time).
Interaksi langsung dengan audiens terbukti bisa meningkatkan brand engagement dan reputasi bisnis lebih baik di mata masyarakat. Jadi mau tunggu apa lagi? Segera mulai strategi penjualan online baru Anda dengan discord!
6 Strategi Penjualan Online dengan Discord
Sekarang tibalah kita pada pembahasan yang paling ditunggu: strategi penjualan online dengan aplikasi discord. Sudah tidak sabar untuk mencoba?
Tidak perlu pusing-pusing, Anda bisa langsung mencoba 6 strategi penjualan online di discord berikut ini—dijamin gratis dan simpel untuk pemula!
Maksimalkan Voice Channel
Selain voice chat, fitur unggulan discord yang ramai digunakan untuk promosi marketing adalah voice channel. Voiche chat tidak sama dengan voice channel, ya!
Voice channel adalah fitur yang memungkinkan kita untuk bertukar video dan audio dengan member grup discord. Fitur ini sederhananya mirip dengan video call.
Nah, untuk marketing, Anda bisa memanfaatkan voice channel untuk mengadakan beragam aktivitas menarik yang menarik perhatian konsumen. Misalnya mengadakan webinar bisnis, kelas online ataupun talkshow gratis via discord.
Banyak orang pasti akan tertarik bergabung ke acara online ini! Kemudian Anda bisa menyelipkan promosi jasa/produk/layanan selama sesi berlangsung.
Share Artikel Bisnis
Siapa bilang discord tidak bisa dipakai untuk menyebar konten promosi bisnis berupa artikel? Selain berkomunikasi lewat suara dan video, Anda tetap bisa membagikan konten berupa link ke seluruh member dalam grup discord.
Hebatnya lagi, link yang Anda sebar via discord bisa disebarkan kembali ke sosial media lain. Semisal ada member grup yang menyukai artikel bisnis Anda. Maka dia bisa membagikannya entah itu ke channel discord lain ataupun ke sosial media pribadi miliknya (selain discord).
Moderasi Konten Discord
Jangan lupa melakukan moderasi konten-konten marketing yang Anda sebar di discord. Tujuannya tak lain untuk menjaga kenyamanan pemakaian discord.
Moderasi adalah penyesuaian konten yang Anda buat. Moderasi penting dilakukan agar konten bisa dinikmati oleh orang-orang yang tepat.
Konten yang tidak dimoderasi berpeluang sangat besar untuk menimbulkan masalah di kemudian hari. Seperti dibaca oleh orang yang tak sesuai usianya, memicu keributan, menyinggung pengguna, dan lain-lain.
Sesungguhnya tidak hanya konten discord saja yang memerlukan moderasi. Apapun konten marketing yang Anda buat dan sebar di internet harus dipastikan sudah aman isinya sebelum diposting.
Tips moderasi konten:
- Filter usia audiens dengan isi konten. Sebaiknya ikuti kebijakan resmi layanan discord untuk pengguna (user minimal berusia 13 tahun). Anda juga bisa menerapkan kebijakan khusus kepada orang-orang yang bergabung ke grup (misalnya berusia minimal 17 tahun).
- Buat konten yang ramah dan punya manfaat positif bagi pembaca.
- Hindari konten-konten yang membahas topik sensitif/menyinggung/vulgar.
- Selalu hargai dan jaga keamanan serta privasi audiens discord.
Kelola Aktivitas di Channel dan Server Discord
Lakukan seluruh aktivitas promosi Anda di channel dan server discord saja agar lebih rapi, tertata dan jelas audiens targetnya. Ya, channel dan server adalah dua tempat yang berbeda dalam dunia discord. Apa perbedaannya?
Server adalah “grup besar” yang dimiliki oleh bisnis Anda. Semisal Anda memiliki grup besar (server) bernama “BISNIS DROPSHIPPER”.
Di dalam server ada grup-grup yang lebih kecil dan spesifik topik obrolannya bernama channel. Misalnya grup “BISNIS DROPSHIPPER” mempunyai sub grup kecil bernama “DROPSHIPPER SKINCARE”, “DROPSHIPPER KPOP MERCH”, dan “DROPSHIPPER FASHION”.
Terlihat jelas perbedaannya, bukan? Seseorang yang bergabung ke server discord bebas memilih channel dengan bahasan spesifik yang sesuai minatnya.
Tawarkan Layanan Customer Service
Customer service adalah komponen penting dalam bisnis online. Belakangan ini pun, hampir semua bisnis menyediakan layanan customer service via sosial media karena lebih praktis dan gratis.
Discord juga bisa Anda gunakan untuk melayani kritik, saran dan pertanyaan konsumen secara online. Platform ini dipastikan cocok untuk mengatasi beragam keluhan pembeli karena Anda bisa berkomunikasi dengan mereka secara langsung.
Komunikasi di discord juga bisa diatur secara personal atau private. Apabila konsumen punya keluhan, segera arahkan mereka untuk mengobrol dengan Anda dalam ruang obrolan personal (bukan grup).
Buat Ruang Eksklusif
Keunggulan discord marketing yang terakhir adalah bisa untuk membangun ruang komunitas yang eksklusif bagi masyarakat. Promosi eksklusif biasanya mempunyai daya tarik yang spesial dan lebih memikat, lho.
Ketika sebuah brand mengumumkan event yang menarik dan bersifat eksklusif, maka jumlah peminatnya akan melonjak tajam. Masyarakat akan berlomba-lomba mendaftar agar bisa ikut ke acara yang Anda selenggarakan. Taktik ini sering berhasil untuk meningkatkan antuisasme masyarakat terhadap event bisnis.
Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar dunia discord marketing. Eits, masih ada lebih banyak lagi tips dan trik promosi online sosmed lainnya dari MARKEY, lho! Yuk follow websitenya di https://markey.id/ atau download aplikasinya di Google Play dan Apple Store.
Sampai bertemu lagi di pembahasan strategi penjualan online lainnya, ya!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.