Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Pedoman Membuat Giveaway Kekinian yang Sukses Menarik Minat Konsumen...

Pedoman Membuat Giveaway Kekinian yang Sukses Menarik Minat Konsumen [Terlengkap 2021]

-

Anda pasti sudah sering mendengar istilah giveaway. Tapi, sudahkah Anda tahu bagaimana cara mengadakan giveaway yang sukses menarik minat masyarakat?

Giveaway adalah acara yang paling banyak ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Tentu saja, sebab siapa yang tidak ingin mendapatkan beragam hadiah menarik secara gratis? Bahkan, banyak contoh giveaway Indonesia yang menjanjikan hadiah mahal seperti smartphone terbaru, emas dan mobil!

Giveaway Indonesia belakangan ini sedang menjadi trend tersendiri. Selain menjanjikan banyak hadiah bagi konsumen, giveaway adalah salah satu strategi pemasaran produk yang tergolong efektif. Namun agar promosi produk tersebut berhasil, Anda harus bisa membuat contoh giveaway yang menarik dan sukses.

Menyelenggarakan giveaway Indonesia sesungguhnya sangat gampang, lho! Penasaran bagaimana caranya? Yuk langsung saja ikuti pedoman dan tips lengkap membuat contoh giveaway menarik yang telah kami rangkum khusus untuk Anda berikut ini!

Apa Itu Giveaway?

giveaway-1

Sering mendengar istilah giveaway tapi tidak tahu apa artinya? Giveaway adalah salah satu strategi marketing online yang sedang populer saat ini. Istilah giveaway diambil dari bahasa Inggris yang berarti “hadiah” atau “memberikan hadiah”.

Jadi, giveaway adalah strategi promosi online dengan membagi-bagikan hadiah gratis mengikuti syarat-syarat tertentu. Peserta yang sudah mengikuti syarat giveaway bisa berkesempatan untuk memenangkan hadiah.

Biasanya syarat ikut giveaway juga sederhana, seperti membagikan postingan, memfollow akun bisnis, menjawab kuis, atau memberikan komentar sebanyak-banyaknya. Syarat-syarat ini telah ditentukan sebelumnya oleh panitia giveaway atau pengelola bisnis. Dengan adanya giveaway, sebuah akun bisnis bisa lebih mudah mendapatkan followers dan interaksi di sosial media.

Dalam dunia marketing online, ada dua contoh giveaway yang biasa dilakukan yaitu:

Sponsor Giveaway

Sponsor giveaway merupakan pilihan terbaik untuk bisnis online yang baru berdiri dan belum banyak diketahui masyarakat. Sesuai namanya, sponsor giveaway memiliki pihak ketiga yang bertugas sebagai sponsor atau host.

Host inilah yang bertugas mengatur semua aktivitas giveaway, mulai dari membuat pengumuman giveaway, menyediakan hadiah, sampai mengundi dan mengumumkan pemenang. Anda hanya perlu membayar jasa giveaway dari host saja.

Kebanyakan giveaway Indonesia dilakukan oleh host seperti ini. Sponsor giveaway juga cocok untuk menambah jumlah interaksi dan pengetahuan publik terhadap brand toko online Anda. Anda juga bisa mendapatkan lebih banyak followers setelah mengikuti sponsor giveaway.

Self Giveaway

Tipe kedua adalah self giveaway alias giveaway yang dilakukan sepenuhnya oleh Anda sendiri. Anda bisa mengatur ketentuan giveaway, pengumuman, durasi, hingga tipe hadiah yang akan diberikan kepada para peserta.

Berbeda dengan sponsor giveaway, self giveaway lebih banyak dilakukan oleh bisnis-bisnis besar berpengalaman. Mereka juga biasanya sudah memiliki alokasi modal khusus untuk mengadakan giveaway.

Artikel terkait  Mau Buka Bisnis Online? Yuk Kenali 7 Cara Kerja E-Commerce Terbaru 2021 Ini!

3 Manfaat Utama Melakukan Giveaway untuk Bisnis Online Anda

giveaway-2

Mengapa Anda wajib mencoba strategi giveaway untuk bisnis? Tidakkah giveaway justru merugikan karena Anda membagi-bagikan hadiah gratis untuk masyarakat?

Ternyata, giveaway justru memberikan keuntungan yang besar untuk bisnis online Anda. Beberapa keuntungan dari giveaway adalah:

1. Mempromosikan Bisnis dan “Mulut ke Mulut”

Promosi dari mulut ke mulut masih sangat efektif sampai hari ini untuk memasarkan produk atau jasa. Hal ini dikarenakan faktor psikologi manusia. Studi membuktikan 90% orang tidak ragu membeli sebuah produk yang direkomendasikan orang-orang terdekatnya.

Nah, cara termudah untuk membangkitkan promosi mulut ke mulut atas toko Anda adalah dengan mengadakan giveaway. Semakin sering orang-orang membicarakan toko Anda, maka bisnis dan produk Anda akan semakin cepat terkenal dan dilirik pembeli.

Dalam strategi marketing online, promosi dari mulut ke mulut ini bisa dilakukan menggunakan review pembeli produk Anda atau testimoni pemenang giveaway.

2. Meningkatkan Popularitas Toko Online Anda

Manfaat kedua giveaway adalah memaksimalkan popularitas dari toko online Anda. Hasilnya, toko Anda bisa tampak menonjol dan menungguli para pesaing lainnya.

Promosi yang dilakukan dengan giveaway bisa meningkatkan jumlah calon konsumen potensial, komunikasi dengan konsumen, dan akan ada lebih banyak lagi masyarakat yang mengenal apa bisnis Anda.

Giveaway juga bisa menumbuhkan loyalitas konsumen untuk berbelanja di toko Anda. Melalui interaksi dan komunikasi yang menarik di media sosial, Anda bisa mengakrabkan diri dengan konsumen. Untuk itu, Anda bisa mengadakan giveaway yang syaratnya memberi feedback dan kritik tentang produk dan jasa Anda.

Jangan lupa untuk memilah semua masukan dari konsumen dan menggunakan saran yang bermanfaat untuk memperbaiki pelayanan. Dijamin konsumen Anda akan semakin senang dan nyaman berbelanja di toko Anda karena mengetahui saran mereka didengarkan.

3. Promosi yang Hemat Biaya

Banyak masyarakat awam mengira giveaway merupakan aktivitas yang membuang-buang uang alias pemborosan budget. Padahal kenyataannya justru sebaliknya.

Dengan mengadakan giveaway, Anda justru sedang mengadakan promosi yang hemat biaya. Anda bisa menyiapkan hadiah sesuai budget yang ada untuk mendapatkan interaksi, jumlah followers dan keuntungan lainnya secara maksimal.

Banyak penelitian marketing membuktikan bahwa giveaway jauh lebih murah dibandingkan memasang iklan online yang lebih mahal. Dalam sistem giveaway, Anda bisa menentukan biaya hadiah yang hendak diberikan.

Tak peduli hadiah yang diberikan kecil atau besar, jumlah audiens dan jangkauan promosi yang diperoleh akan tetap banyak karena orang-orang saat ini selalu gemar mengikuti giveaway.

+5 Cara Simpel Mengadakan Giveaway yang Sukses untuk Pemula

giveaway-3

Anda sudah melihat ragam keuntungan dari mengadakan giveaway. Bagaimana, sudahkah Anda siap untuk memulai giveaway bisnis sendiri?

Yuk mulai giveaway sukses Anda mulai dari hari ini dengan mengikuti 5 langkah simpel berikut:

1. Buat Tujuan Giveaway

Pertama-tama, tentukan tujuan utama dari giveaway Anda. Tujuan ini nantinya akan mempermudah Anda dalam membuat peraturan giveaway.

Ada beberapa tujuan umum dari giveaway, seperti:

  • Mempromosikan produk atau jasa (Anda bisa meminta peserta giveaway membagikan postingan produk atau jasa ke sosial media mereka masing-masing).
  • Menambah followers (Buat syarat giveaway di mana peserta wajib memfollow akun bisnis Anda)
  • Mendekatkan diri atau menjadi lebih akrab dengan masyarakat (Mintalah peserta giveaway untuk meninggalkan komentar sebanyak-banyaknya di postingan akun bisnis Anda).

Dan lain sebagainya! Anda masih bisa menentukan sendiri apa tujuan dari melaksanakan giveaway. Pastikan giveaway yang dilakukan memiliki tujuan jelas agar masyarakat tidak merasa tertipu.

2. Membuat Persyaratan dan Ketentuan Giveaway

Masih menyambung poin di atas, setelah Anda punya tujuan giveaway yang tepat kini waktunya membuat syarat dan ketentuan giveaway.

Syarat dan ketentuan ini adalah hal-hal yang harus dipatuhi oleh peserta giveaway supaya mereka berkesempatan untuk memenangkan hadiah. Untuk mendapatkan semakin banyak peserta giveaway, ada baiknya Anda mencantumkan syarat yang mudah dan praktis.

Sebab biasanya, orang-orang merasa malas mengikuti giveaway yang syaratnya panjang, rumit dan banyak. Jadi buatlah ketentuan dan aturan bermain giveaway yang simpel serta mudah diikuti.

3. Tentukan Hadiah Giveaway

Waktunya menentukan hadiah! Anda harus cermat dalam menentukan hadiah giveaway karena hadiah yang ditawarkan bisa memengaruhi jumlah peserta giveaway.

Namun hadiah yang menarik tidak otomatis berarti hadiah mahal dan mewah, ya. Anda tetap bisa mengatur hadiah giveaway sesuai budget.

Semisal Anda memiliki produk best seller alias produk paling diminati di toko. Nah, Anda bisa memberikan produk tersebut sebagai hadiah giveaway kepada peserta. Orang-orang pun pastinya senang bisa mendapatkan hadiah bermanfaat secara gratis di giveaway.

Saat menentukan hadiah giveaway, Anda perlu memastikan tingkat kegunaan dari produk. Maksudnya, perhatikan hadiah yang diberikan, apakah hadiah tersebut bermanfaat bagi konsumen? Tak peduli apapun jenis hadiahnya, selama hadiah yang diberikan bisa bermanfaat, maka acara giveaway Anda akan ramai peserta.

Artikel terkait  8 Konsep Video Promosi yang Menarik di 2021 untuk Mendapat Banyak Pelanggan

4. Membuat Pengumuman dengan Hashtag Khusus

Setelah semua persiapan siap, kini waktunya membuat pengumuman giveaway dan mempostingnya ke media sosial akun Anda. Posting informasi giveaway ke media sosial serajin mungkin agar semakin banyak orang bisa mengetahui acara ini dan berpartisipasi.

Saat memposting informasi giveaway, jangan lupa untuk membubuhkan hashtag khusus, ya. Hashtag bisa bermanfaat untuk mempermudah orang-orang dalam menemukan postingan giveaway Anda. Bahkan, hashtag khusus dengan jargon unik bisa sekaligus menunjukkan kampanye promosi dan nama brand Anda di masyarakat.

Contoh hashtag unik untuk giveaway misalnya: #promosi1212, #giveawayIndonesia #giveawaykekinian dan lain-lain. Kalau bisnis Anda punya jargon khas sendiri, Anda bisa memanfaatkannya sebagai hashtag.

5. Mengumumkan Pemenang

Tahap terakhir dari momen giveaway tentu saja mengumumkan pemenang. Anda bisa mengumumkan pemenang giveaway di media sosial agar semua peserta bisa dengan mudah menyimak sesi pengumuman.

Akan lebih bagus lagi jika Anda memposting pengumuman giveaway di media sosial tempat Anda memposting informasi giveaway. Semisal Anda menyebarkan informasi giveaway di Instagram. Maka pengumumannya juga bisa diposting di Instagram pula.

Agar lebih profesional, Anda juga bisa memposting pengumuman pemenang giveaway di website bisnis atau aplikasi. Hal ini juga akan membantu konsumen terhindar dari informasi palsu atau penipuan.

Bonus Tips Giveaway

Mudah bukan cara mengadakan giveawaynya? Nah, supaya semakin sukses, Anda bisa melengkapi acara giveaway Anda dengan bonus tips berikut ini:

  • Bekerjasama dengan brand tertentu: perluas jangkauan giveaway Anda melalui kerjasama dengan brand lain yang masih menjual produk setipe dengan Anda. Semisal Anda memiliki bisnis camilan kekinian, maka Anda bisa mengadakan giveaway dengan pengusaha camilan lainnya. Jumlah peserta giveaway dan promosi yang dicapai pun bisa menjadi semakin luas melalui perpaduan giveaway ini.
  • Jangan mengadakan giveaway terlalu sering: cukup adakan giveaway di momen tertentu saja. Terlalu sering mengadakan giveaway hanya akan membuat Anda boros dan membuat masyarakat bosan mengikuti giveaway. Sebaiknya, adakan giveaway di momen-momen spesial seperti hari raya, harbolnas, ulang tahun perusahaan atau ketika bisnis Anda mencapai prestasi tertentu semisal 500 ribu followers.
  • Menargetkan peserta atau audiens yang pas: usahakan agar giveaway Anda lebih banyak diikuti oleh audiens yang cocok dengan jenis bisnis Anda. Pasalnya, peserta giveaway bisa lebih mudah dipancing menjadi calon pembeli potensial apabila produk Anda cocok dengan kebutuhan mereka. Semisal Anda mengelola toko baju distro dan mengadakan giveaway. Sasaran utama Anda pastilah anak-anak muda karena pelanggan utama distro adalah generasi milenial.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini seputar tutorial yang benar dalam mengadakan giveaway yang sukses dan anti gagal!

Kalau Anda ingin dibantu oleh tenaga ahli profesional berpengalaman dalam urusan promosi toko online, Anda bisa menghubungi APPKEY di https://appkey.co.id/sns-marketing/ . APPKEY adalah jasa penyedia layanan website dan aplikasi bisnis ternama di Indonesia yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Tim APPKEY akan dengan senang hati membantu semua kebutuhan bisnis online Anda kapan saja. Yuk diskusikan solusi terbaik dari masalah bisnis online Anda bersama kami, gratis!

Terima kasih juga sudah mengikuti artikel sampai di sini. Nantikan lebih banyak bahasan menarik lainnya seputar tips sukses bisnis online hanya dari Markey. Sampai jumpa!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya