Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran SEO Update Lengkap SEO YouTube Tips 2021 yang Tak Boleh...

Update Lengkap SEO YouTube Tips 2021 yang Tak Boleh Anda Lewatkan

-

Ingin video YouTube Anda menjadi trend nomor 1 dengan mudah? Gampang, cukup ikuti aneka SEO YouTube tips paling update berikut ini!

Ya, tak hanya Google, YouTube juga menggunakan sistem SEO (Search Engine Optimalization) dalam menampilkan aneka video yang ditelusuri oleh penonton. Oleh sebab itulah, Anda wajib mengetahui apa saja SEO YouTube tips paling baru dan tepat agar bisa dipraktekkan ke channel pribadi atau bisnis. Dijamin, video Anda akan sukses mendapat banyak viewers dan adsense setelah mengaplikasikan trik SEO YouTube channel ini.

Penasaran seperti apa saja tipsnya? Mari langsung saja kita simak pembahasan lengkapnya bersama-sama pada artikel edisi kali ini. Pastikan membaca sampai tuntas supaya jumlah viewers YouTube Anda sukses meningkat, ya!

Apa Itu SEO YouTube?

youtube

Kebanyakan masyarakat tidak tahu bahwa YouTube juga mengaplikasikan sistem SEO seperti layaknya Google. SEO YouTube channel ini berguna untuk mempermudah sistem dalam menampilkan video-video terbaik ke pengguna.

Memang sudah bukan rahasia lagi bahwa YouTube adalah media sosial terbesar di abad ini. Terbukti ada sekitar 3 milyar traffic serta akses yang bisa diperoleh YouTube di setiap bulannya! Maka tak mengherankan jika angka yang sangat fantastis ini akhirnya sukses mengubah YouTube menjadi platform untuk berpromosi, mencari uang lewat adsense, hingga melakukan branding. Semakin tinggi view video YouTube, otomatis akan semakin besar juga penghasilan yang bisa diraih.

Cara termudah untuk meningkatkan jumlah view video di YouTube adalah dengan memanfaatkan aneka SEO YouTube tips yang ada. SEO YouTube adalah kumpulan langkah dan strategi praktis untuk mengoptimalisasi performa dan kualitas video Anda di YouTube.

Berbekalkan aneka strategi SEO YouTube channel, video Anda bisa lebih mudah muncul di peringkat pertama penelusuran YouTube, lalu mendapat lebih banyak klik dan view. Persis seperti di saat kita mengaplikasikan SEO untuk website.

Pedoman Lengkap SEO YouTube 2021 | Cara Praktis Supaya Video Trending di YouTube

Tujuan utama dari SEO YouTube tips adalah menjadikan video Anda berada di ranking 1 penelusuran setiap pengguna YouTube dan meraih klik dari mereka. Faktanya, hampir tidak ada pengguna YouTube yang mau repot men-scrolling sampai ke bagian terbawah untuk mencari sebuah video. Mereka dipastikan hanya akan menyimak video yang muncul di deretan teratas, terutama video di urutan nomor 1.

Mengaplikasikan SEO YouTube tips sejatinya tidak sulit. Kami telah merangkum berbagai tips SEO untuk YouTube ini ke dalam 5 tahapan sederhana dan praktis bagi YouTuber pemula maupun berpengalaman. Plus, kami juga menyertakan beragam rekomendasi SEO YouTube tool yang bermanfaat mempermudah tugas Anda saat membuat video terbaik.

Selalu Buat Video Berkualitas dan Relevan

Sistem YouTube meranking video-videonya berdasarkan tingkat relevansi isi video dengan kata kunci yang dimasukkan oleh user saat melakukan penelusuran. Video-video yang menduduki peringkat teratas biasanya adalah video yang paling sesuai isinya dengan kata kunci pencarian.

Namun tak terbatas sampai di situ saja, YouTube juga menilai kualitas dari sebuah video dengan memerhatikan unsur-unsur berikut:

Keaslian (Orisinalitas) Video

YouTube bisa mendeteksi apakah isi video Anda plagiat (meniru video orang lain) atau tidak. Terlebih jika video tersebut terbukti melanggar hak cipta karya orang lain. Tanpa segan-segan YouTube akan langsung menurunkan rating video atau mem-blacklist-nya dari daftar adsense supaya tidak bisa dimonetisasi.

Hanya video-video original lah yang bisa menduduki peringkat 1 YouTube. Jadi, cobalah untuk membuat konten dengan jujur mulai dari sekarang.

Kualitas Editing

Sudah baikkah kualitas editing video Anda? YouTube juga menyortir video-videonya berdasarkan kualitas editing masing-masing. Semakin baik kualitas editing, maka akan semakin mudah video Anda ditemukan oleh audiens.

Artikel terkait  Cara Menaikkan Peringkat Konten yang Sudah Usang Agar Bisa Tampil pada Peringkat Teratas

Thumbnail yang Menarik

Thumbnail yang menarik, bagus, clickbait dan membuat penasaran penonton dapat meningkatkan jumlah klik dan view secara signifikan. Apalagi jika Anda mampu mengombinasikan judul dan thumbnail yang memikat—dijamin video Anda akan kebanjiran penonton!

Durasi yang Pas

Terakhir, durasi video Anda bisa menentukan apakah konten layak untuk menerima adsense dan mudah diindeks keyword atau tidak. Khusus untuk Anda yang ingin mendapat adsense (iklan), pastikan video Anda berdurasi di atas 5 menit.

Lakukan Riset Keyword YouTube

Persamaan mendasar SEO Google dan SEO YouTube tips terletak pada cara audiens menemukan konten untuk disimak: dengan cara mengetik kata kunci ke kolom pencarian yang tersedia. Semisal seorang penonton ingin menyimak video tentang cara sukses berdigital marketing, maka ia bisa memasukkan keyword YouTube “tips bisnis online”.

Keyword YouTube menjadi kunci penentu ranking video Anda. Semakin umum keyword Anda, maka akan semakin sulit untuk video bersaing. Supaya lebih praktis dan tidak keliru memilih keyword YouTube, Anda bisa mengikuti tips sederhana berikut:

Gunakan Keyword Sesuai Niche

Apa topik utama dari channel YouTube Anda? Ada banyak jenis channel yang beredar di YouTube, seperti fashion, edukasi, bisnis, otomotif, kuliner, olahraga, kesehatan, IT, dan sebagainya. Untuk mempermudah video dijangkau oleh audiens, maka gunakanlah keyword-keyword sesuai dengan niche (topik utama) dari channel Anda.

Keyword sesuai niche ini bermanfaat untuk mempermudah sistem YouTube menemukan video Anda ketika audiens melakukan penelusuran terkait topik utama tadi. Semisal niche tema channel Anda adalah edukasi. Maka, gunakanlah keyword-keyword yang berkaitan dengan dunia edukasi seperti “pendidikan”, “pembelajaran”, “matematika”, “sekolah,” dan seterusnya.

Pemakaian keyword sesuai niche juga bermanfaat dalam melakukan branding channel. Audiens tentu akan senang menyimak video yang bersifat konsisten mulai dari judul, keyword, sampai ke isi pembahasan videonya.

Pakai Keyword Tools

Kemudian, jangan lupa gunakan SEO YouTube tool khusus untuk melacak keyword terbaik. Anda tidak bisa menebak-nebak atau mengarang keyword terbaik, karena setiap keyword mempunyai volume pencarian yang berbeda.

Selain itu, tools khusus untuk meriset keyword juga bermanfaat mempermudah Anda dalam memilih keyword sesuai niche yang banyak digunakan user. Cukup input topik utama video, maka selebihnya Anda sudah bisa memperoleh banyak rekomendasi keyword secara otomatis.

Beberapa keyword tool yang bisa Anda coba adalah: Google Keyword Planner, Semrush, Ahrefs,dan Ubersuggest.

Ikuti Trend Terbaru

Trend YouTube selalu berubah-ubah mengikuti dinamika masyarakat. Apapun yang sedang menjadi trending atau “viral” saat ini bisa jadi akan tergantikan dengan isu baru yang lebih menarik besok. Jadi, Anda harus jeli memerhatikan dan mengikuti trend terbaru supaya bisa mendulang lebih banyak viewers.

Selain itu, gunakanlah aneka keyword yang sesuai dengan trend terbaru supaya video berpeluang lebih besar untuk muncul di layar pengguna. Hal ini dikarenakan sifat masyarakat yang gemar menelusuri hal-hal berbau trend, ditambah fitur auto-completion dari YouTube yang bisa “merekomendasikan” keyword trending untuk ditelusuri.

Kalau Anda bingung bagaimana caranya mengetahui jenis-jenis trend setiap hari, cobalah untuk menggunakan SEO YouTube tool untuk melacak trend seperti: Google Trend, Synthesio, dan Tool Rush.

Artikel terkait  SEO itu Apa ? | Bagaimana Konsep Dasar dan Cara Kerjanya

Perhatikan Penempatan Keyword (Optimalisasi Metadata)

Setelah mendapatkan sejumlah keyword untuk digunakan pada video, kini Anda harus mengetahui di mana saja letak-letak penempatan keyword tadi.

Melakukan penempatan keyword yang tepat juga penting supaya sistem YouTube semakin mudah mendeteksi dan mencocokkan keyword dengan keterangan milik video Anda (proses index). Jika YouTube gagal melakukan index, maka video Anda tidak akan pernah muncul kehadapan audiens.

Adapun lokasi penempatan keyword yang baik di YouTube antara lain:

Judul

Lokasi pertama adalah judul video. Usahakan untuk menyelipkan keyword terbaik di beberapa karakter depan judul dan tidak melebihi 60 karakter. Semakin relevan perpaduan keyword dan judul, maka semakin besar pula peluang konten Anda muncul di halaman pertama pencarian YouTube.

Deskripsi

Setelah judul, keyword juga semestinya diselipkan pada kolom deskripsi video. Maksimal karakter yang bisa diinput untuk deskripsi adalah 1000. Usahakan untuk menyelipkan keyword di 2-3 baris pertama atau dalam 100 karakter awal.

Anda pun bisa mengkreasikan kolom deskripsi dengan ajakan CTA atau informasi menarik lainnya seputar video. Jangan lupa juga untuk menghindari typo (salah ketik), ya!

Thumbnail

Anda juga disarankan untuk meletakkan keyword secara proporsional di thumbnail video. Tidak perlu cemas, sebab teknologi YouTube yang canggih sudah mampu untuk mengenali tulisan di dalam gambar.

Hashtag

Hashtag yang diawali dengan simbol “#” juga bisa bermanfaat mempermudah audiens dalam melakukan penelusuran konten. Jadi, coba untuk menyelipkan keyword dalam balutan hashtag supaya konten video Anda tetap muncul ketika pemirsa mencari video secara spesifik dengan hashtag.

Tag dan First Tag YouTube

Keyword video juga harus dimasukkan ke bagian tag YouTube. Tag YouTube akan membantu algoritma YouTube dalam memahami isi dan konteks video. Biasakan untuk selalu menginput main keyword (kata kunci utama) di bagian first tag alias tag pertama, ya.

Promosikan Video YouTube

SEO YouTube tips selanjutnya adalah mempromosikan video dengan trik yang tepat. Promosi ini tentunya penting untuk menarik sebanyak mungkin penonton. Jadi, SEO YouTube tidak hanya berkutat pada optimalisasi kualitas video saja.

Ada banyak cara simpel untuk mempromosikan video YouTube Anda kepada warganet, di antaranya seperti:

  • Rajin men-share video di media sosial seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, dan Twitter.
  • Mengiklankan video dengan YouTube Ads.
  • Mengikuti komunitas sesuai niche dan menjalin relasi dengan para anggota di dalamnya.

Monitor dan Evaluasi Performa YouTube

SEO YouTube tips terakhir adalah melakukan monitoring performa video dan mengevaluasinya. YouTube menyediakan tool analytics khusus di bagian “Analytics” pada dashboard. Di sini, Anda bisa melihat langsung bagaimana daya jangkauan video, jumlah audiens, engagement, subscribers, dan durasi penonton menyimak konten Anda. Semua sudah tersaji lengkap, praktis dan gratis untuk Anda gunakan.

Berbekalkan data-data tersebut, Anda bisa dengan lebih mudah meninjau kekurangan dari video yang sudah dibuat. Alhasil, video-video berikutnya dapat dimaksimalkan dengan lebih baik lagi. Namun evaluasi ini harus Anda lakukan secara berkala (konsisten) demi menjaga kualitas dari setiap video pada channel Anda.

Artikel terkait  SEO Services Untuk Optimasi Konten yang Efektif

Bagaimana, sudah semakin siap untuk memantapkan karya video Anda di YouTube?

Mau Video YouTube Anda Jadi Trending No. 1 Dengan Mudah? Ini Rahasianya!

seo-youtube

Anda telah mengetahui seluruh tips SEO untuk YouTube di tahun ini. Membuat video di YouTube memang terlihat mudah, meski pada kenyataannya tidaklah demikian. Supaya bisa menghasilkan 1 video yang utuh dan bagus, Anda perlu melakukan perancangan konsep dengan matang, shooting dan editing, hingga optimalisasi SEO.

Proses yang panjang untuk 1 video memang terdengar melelahkan bagi sebagian orang. Namun kalau Anda ingin mempunyai video YouTube yang bagus tanpa repot, maka Anda bisa mengandalkan jasa MOVKEY (Movie Appkey)!

MOVKEY menyediakan jasa pembuatan aneka video secara lengkap sampai optimalisasi SEO-nya. Tim profesional kami akan membantu Anda mulai dari perencanaan tema dan daya tarik layanan, proses shooting dan editing, hingga pemasaran video dengan strategi terbaik untuk menduduki peringkat 1 YouTube!

Bersama MOVKEY, ada banyak tipe video yang bisa Anda buat dan kustomisasikan, seperti:

  • Video Branding Bisnis untuk menunjukkan daya tarik dari produk, layanan atau perusahaan Anda ke audiens.
  • Video Production atau Video Profile Bisnis yang langsung ditangani oleh tim art directors, desainer grafis, video shot dan copywriter profesional berpengalaman.
  • Video Marketing Web dan Aplikasi untuk mempercantik sekaligus menarik lebih banyak orang menggunakan web dan app buatan Anda.
  • Video Iklan produk serta jasa apapun dengan tingkat efisiensi tinggi. Iklan-iklan ini bisa Anda tayangkan di platform apa saja, mulai dari YouTube, media sosial, website, owned media, hingga iklan TV!

Sudah ada banyak klien yang mempercayakan MOVKEY untuk menggarap video-video terbaik mereka. Apakah kini giliran Anda untuk bergabung? Yuk hubungi kami sekarang juga di https://videoshot.co.id/ dan dapatkan penawaran terbaik yang sudah menanti Anda. sampai jumpa!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya