Media Bisnis Online | by APPKEY

PemasaranMarketing strategyTrend dan Tips Instagram Marketing Terbaru!

Trend dan Tips Instagram Marketing Terbaru!

-

Last Updated on November 13, 2023 by APPKEY-HERI

Tahukah Anda bahwa trend and tips Instagram marketing di tahun ini berbeda dibandingkan tahun sebelumnya? Selayaknya sifat dari trend pada umumnya yang selalu berubah-ubah, tidaklah mengherankan jika beragam rekomendasi tips dan tools pemasaran instagram selalu berganti. Untuk itulah Anda wajib selalu mengikuti perkembangan trend yang ada agar bisnis tidak dicap “ketinggalan zaman”.

Dewasa ini, mempromosikan produk atau branding via Instagram sudah menjadi sebuah kebiasaan di masyarakat. Pasalnya, lebih dari 70% orang terbukti membeli sebuah produk atau mencoba sebuah jasa pasca melihat iklannya di Instagram. Peluang yang sangat menjanjikan ini tidak boleh Anda sia-siakan!

Anda beruntung karena kami sudah merangkum update trend dan tips Instagram marketing paling baru di tahun ini. Pastikan untuk membaca sampai tuntas, ya, supaya Anda bisa segera mempraktekkan tips-tips berikut ini dengan optimal. Selamat membaca!

Baca juga : Tips SEO Instagram untuk Meningkatkan Jangkauan Anda

8 Tips Instagram Marketing Paling Baru yang Wajib Anda Coba

Siapa yang tidak mengenal platform Instagram? Media sosial berbasis utama foto dan video pendek ini sangat disukai oleh masyarakat seluruh dunia. Namun, tak hanya sebatas untuk membangun relasi sosial saja, Instagram juga salah satu platform berbisnis terbaik. Kalau Anda tertarik membranding bisnis lewat IG, maka cobalah 9 tips Instagram marketing berikut supaya semakin sukses:

1. Optimalkan Feed IG Bisnis Anda

Tips Instagram marketing pertama adalah mengoptimalkan feed atau timeline dari Instagram Anda sendiri. Yang dimaksud dengan optimalisasi tampilan feeds ini yaitu dengan menghadirkan aneka postingan yang cocok dengan niche dari brand. Sehingga, para follower Anda bisa menerima satu rangkaian informasi dengan tema yang konsisten.

Pada dasarnya ada dua tipe konten yang bisa diunggah di tampilan Instagram Anda yakni video dan gambar. Untuk video Instagram timeline, Anda bisa membuat video singkat maksimal 1 menit berdimensi 1080 X 1350 (landscape) dan 1080 X 608 (portrait).

Berikutnya ada beberapa jenis gambar atau foto yang bisa anda unggah ke Instagram timeline, yaitu:

  • Gambar edukasi seperti tips dan infografis terkait isu seputar niche bisnis.
  • Gambar behind the scene dari aktivitas bisnis, seperti pembuatan produk dan pengemasan paket untuk meningkatkan rasa kepercayaan konsumen terhadap kualitas produk.
  • Memposting ulang gambar dari followers yang mereview produk Anda.
  • Memposting foto dari influencer saat menggunakan produk Anda.
  • Ucapan hari raya atau hari-hari penting disertai selipan promosi dan diskon untuk merayakan hari tersebut.

Baca juga : Terkuak! Ini Trend Marketing yang Disukai Konsumen Kekinian

2. Memakai Akun IG Bisnis

instagram ads, instagram marketing

Kalau Anda ingin serius berbisnis di Instagram, maka sebaiknya Anda mulai dengan menggunakan akun atau profil khusus Instagram bisnis. Tidak seperti di tahun-tahun sebelumnya di mana Anda bisa menggunakan akun Instagram biasa untuk berbisnis, tahun ini para pebisnis online yang ingin membesarkan usahanya di platform IG wajib untuk menggunakan akun IG bisnis sendiri.

Sesuai namanya, akun Instagram bisnis ini sangat berbeda dibandingkan dengan akun Instagram personal. Akun Instagram bisnis akan memudahkan calon konsumen mengontak toko Anda. Selain itu, profil Instagram bisnis akan lebih memberikan kesan profesional kepada target audience.

Kemudian, akun Instagram bisnis memiliki beberapa fitur atau Instagram marketing tools yang jelas tidak akan Anda temukan di akun Instagram personal, seperti fitur statistik dari insight. Fitur Insight sangat bermanfaat untuk menganalisis performa dari setiap postingan promosi Anda.

Bagaimana cara membuat akun Instagram bisnis? Caranya sangat mudah!

  • Pertama, buat akun pribadi seperti biasa menggunakan email dan nomor telepon aktif.
  • Begitu Anda memiliki akun pribadi, selanjutnya Anda hanya perlu masuk ke menu pengaturan.
  • Cari bagian “akun” dan klik menu “beralih ke akun profesional”.
  • Terakhir, pastikan bahwa akun bisnis Instagram Anda sudah diatur ke menu “publik”, bukan “privat”. Dengan begini, siapapun dapat dengan mudah melihat-lihat laman akun Instagram bisnis Anda.

3. Perbanyak Instagram Stories

Tips Instagram marketing yang satu ini sangat menonjol belakangan ini. Ya, jika Anda ingin meningkatkan awareness atau kesadaran publik terhadap eksistensi brand Anda secara signifikan, maka ada baiknya Anda mulai rajin untuk mengunggah Instagram Stories. Sebab, pengguna IG saat ini lebih suka melihat Stories ketimbang feeds.

Instagram Stories tidak sama dengan jenis postingan pada timeline Instagram. Stories hanya bertahan selama 24 jam sebelum terhapus dengan sendirinya. Akan tetapi, posisi Stories biasanya berada di bagian paling atas dari timeline. Berkat posisi inilah, orang-orang yang membuka Instagram cenderung langsung membuka rangkaian Stories dan berkesempatan lebih besar untuk melihat konten Anda.

Kemudian, Instagram Stories pun dapat dibuat menggunakan beragam Instagram marketing tools yang canggih, seperti filter, stiker, emoji atau menggunakan alat-alat editor video dan foto eksternal seperti Canva, PicsArt dan InVideo.

Instagram Stories pun memiliki banyak keuntungan, seperti:

  • Sangat mudah untuk dishare.
  • Mudah merepost konten dari orang lain.
  • Bisa men-tag akun seseorang.
  • Audiens bisa langsung mereply atau merespon terhadap postingan Stories melalui kolom komentar dan emoji reaction.
  • Bisa mengunggah Stories dalam jumlah yang tidak terbatas dalam satu waktu.

Ada banyak tipe-tipe Instagram Stories yang bisa Anda buat dan unggah di Instagram, lho. Beberapa di antaranya adalah:

  • Polling untuk berinteraksi dengan followers (bermain games, menerima saran dan kritik, dan melakukan riset kecil)
  • Swipe-up untuk mengarahkan audience menyimak informasi lebih detil ke website eksternal.
  • Highlight untuk menampung semua Stories meskipun sudah lewat dari batas waktu 24 jam dan secara permanen.
  • Mempromosikan giveaway dan menarik banyak orang untuk mengikutinya mengingat konten Stories hanya bisa bertahan selama 24 jam. Jadi, mereka pun akan merasa “terdesak” dan memilih untuk mengikuti kontes sebelum kehabisan waktu.
  • Pengumuman via Instagram yang bisa berupa update produk baru atau peluncuran promo dan diskon di toko Anda.
Artikel terkait  Cara Kreatif Membuat Video Testimoni Kekinian & Banyak View

4. Posting Tepat Waktu

instagram marketing

Tak hanya sebatas membuat konten-konten menarik, Anda harus selalu tahu kapan waktu yang tepat untuk memposting konten-konten tersebut ke Instagram. Hal ini penting karena setiap audiens memiliki waktu yang berbeda-beda untuk membuka Instagram.

Selain itu, kecenderungan Instagram yang menunjukkan postingan terbaru bisa menjadi bumerang apabila Anda memposting konten di waktu yang salah. Semisal Anda memposting konten pada pukul 1 siang, sedangkan traffic tinggi Instagram terjadi ketika pukul 6 sore.

Alhasil, hal tersebut membuat konten Anda akan otomatis tenggelam oleh postingan-postingan yang baru dipublikasikan di jam 6 sore. Ini karena Instagram lebih mengedepankan postingan-postingan yang baru rilis ketimbang postingan lama meskipun hanya berselang beberapa jam saja.

Lalu kapan waktu terbaik untuk memposting konten di Instagram? Menurut hasil studi CoSchedule, sangat disarankan untuk memposting konten di Instagram pada pukul 2 siang dan pukul 8-9 pagi sebanyak 1-2 kali publikasi sehari demi menghindari spam.

5. Maksimalkan Profil IG Bisnis

Tips Instagram marketing berikutnya adalah memaksimalkan profil IG bisnis Anda. Ini adalah langkah yang sangat sederhana namun masih banyak diabaikan. Padahal, profil IG bisnis yang optimal bisa mempermudah audiens menemukan usaha Anda. Sistem IG pun tahun ini amat mempertimbangkan keaslian bisnis online melalui seleksi profil. Jadi, jangan malas untuk memaksimalkan profil IG bisnis Anda!

Ada sejumlah cara untuk memaksimalkan profil IG bisnis, yaitu:

  • Gunakan username yang sederhana, simpel, dan mudah diingat konsumen supaya mereka tidak kesulitan menemukan akun Anda.
  • Buat bio IG yang menarik dan mencirikan bahwa akun IG adalah asli milik brand Anda.
  • Pakai foto profil yang sesuai dan mencirikan brand (bisa icon unggulan dari toko).
  • Anda bisa menginput CTA (Call To Action) untuk mengarahkan konsumen melakukan sesuatu. Semisal, “Klik di sini untuk mendapatkan promo pengguna baru!”.

Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, selalu berdayakan aneka fitur IG bisnis karena akun Instagram bisnis mempunyai beberapa fitur yang tidak ada di akun Instagram personal. Ketika Anda menggunakan akun Instagram bisnis, maka jangan lupa untuk memberdayakan fitur-fitur tersebut supaya kinerja dari profil IG bisnis Anda bisa menjadi semakin optimal.

Saat ini pun para pengelola toko online di Instagram hampir sebagian besar sudah menggunakan fitur-fitur IG bisnis ini untuk mempermudah pengelolaan bisnis masing-masing. Beberapa fitur bermanfaat yang bisa Anda manfaatkan di IG bisnis adalah Instagram Ads atau iklan Instagram, quick reply di kolom Stories, swipe up dan tombol kontak profil bisnis.

6. Maksimalkan Engagement

instagram, instagram marketing

Salah satu tujuan dari menerapkan Instagram marketing service adalah meraih engagement dalam jumlah besar. Semakin besar engagement yang bisa Anda raih di IG, maka akan semakin baik pula efeknya terhadap perkembangan brand.

IG pun merupakan tempat terbaik untuk meraih engagement tinggi dengan gampang. Beberapa langkah yang bisa Anda tempuh antara lain:

Sharing Data dengan Konsumen

Ambil contoh Spotify yang merilis trend Spotify Wrapped di akhir tahun lalu. Dalam trend ini, Spotify mengajak setiap pengguna setianya untuk melihat kembali apa saja lagu yang mereka sering dengarkan selama setahun. Contoh sharing data seperti ini bisa menjadi langkah unik dan menarik untuk membangun hubungan akrab dengan konsumen Anda.

Langkah yang sama juga ditempuh oleh Shopee yang memberikan “rekam perjalanan belanja” setiap user melalui catatan laporan akhir tahun. Di sana terdapat rangkuman jumlah total belanja, jumlah voucher dan cashback yang digunakan, dan produk yang paling disukai user. Anda bisa mencoba mengaplikasikan trik trend yang serupa.

Bookmarked Content

Maksudnya adalah membuat konten yang bisa disimpan dalam fitur bookmark IG. Biasanya, user akan memilih menyimpan konten yang menarik atau bermanfaat bagi dirinya, sehingga mereka akan menyimak konten tersebut berulang kali.

Perjalanan Bersama Konsumen

Beberapa brand sengaja membuat postingan berisi perjalanan dan jatuh bangun mereka bersama konsumen. Konten-konten seperti ini mampu menunjukkan bagaimana Anda berterimakasih atas segenap kontribusi konsumen terhadap perjalanan brand.

7. Hashtag Unik Khas Brand

Trend pemakaian hashtag masih menjadi primadona dalam Instagram marketing service kekinian. Hashtag akan membantu audiens untuk menemukan konten-konten Anda dengan mudah. Apalagi jika Anda sering menggunakan hashtag unik seperti tagline atau jargon brand di setiap postingan Anda. IG pun turut mensupport penelusuran berbasis hashtag ini dengan menghadirkan fitur search explore hashtag.

Artikel terkait  Mau Jualan Keluar Negeri? Pasang Amazon Ads, Begini Caranya!

8. IGTV

Tips Instagram marketing terakhir adalah menggunakan IGTV alias Instagram TV. Instagram TV adalah salah satu service pemasaran instagram yang sedang menjadi trend belakangan ini. IGTV memungkinkan audiens menonton video IG dengan durasi yang panjang tanpa perlu berpindah platform. Sampai saat ini pun sudah ada banyak pengamat IT yang memprediksi bahwa IGTV kelak akan menyaingi kesuksesan YouTube.

Kalau Anda ingin mengupload konten marketing di IGTV, maka usahakan untuk membuat video berdurasi 1-15 menit, berukuran tidak lebih dari 3 GB, format MP4, dan memiliki rasio 16:9 atau 9:16 dengan resolusi minimal 720 pixel.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini mengenai tips terbaru berpromosi di IG. Kalau Anda masih bingung dan perlu berkonsultasi dengan tenaga ahli profesional di bidang digital marketing, maka jangan ragu untuk mengontak APPKEY di https://appkey.co.id/.

APPKEY sangat memahami betapa rumitnya menyusun strategi digital marketing bagi sejumlah orang, khususnya yang belum mempunyai pengalaman di bidang bisnis online. Oleh sebab itu, kami menghadirkan jasa konsultasi lengkap dengan pengembangan website dan aplikasi bisnis tercanggih untuk melancarkan bisnis Anda. Semua tersaji lengkap all-in-one untuk apapun kebutuhan bisnis digital Anda!

Ayo jangan ragu hubungi APPKEY sekarang juga di https://appkey.co.id/ dan raihlah kesempatan besar untuk mendapatkan aneka penawaran menarik yang telah menanti Anda. sampai jumpa!

Baca juga


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Paket Aplikasi Android dan iOS

Pasang iklan

- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Mari mencobanya dengan...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

HOST ID dan NETWORK ID | Pengertian dan Contohnya

Perangkat komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari, ternyata memiliki jaringan yang rumit dan juga kompleks. Sebab, hingga saat ini...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak untuk Pemula

Belajar IT atau coding bisa dibilang hal yang tidak mudah apalagi bagi pemula. Karenanya memang butuh beberapa tahun untuk...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya