Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Internet marketing Penunjang Marketing Bisnis Anda dalam Tren Instagram Saat Ini

Penunjang Marketing Bisnis Anda dalam Tren Instagram Saat Ini

-

Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari marketing bisnis pada platform Instagram Anda pada tahun ini, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Pada artikel ini, kami akan membagikan tren IG untuk memantapkan strategi marketing bisnis Anda di tahun ini, sehingga Anda bisa meraih lebih banyak followers, meningkatkan engagement, dan mendapatkan lebih banyak income dari platform, dan pastinya menciptakan peningkatan penjualan Anda dalam platform Instagram.

Tren Instagram untuk Marketing Bisnis Anda di tahun ini

Jika Anda menggunakan Instagram untuk marketing bisnis Anda atau masih mempertimbangkan hal ini, penting untuk tetap selalu mengikuti tren IG. Instagram memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan ; 500+ juta periksa platform setiap hari.

Selain itu, 90% Instagrammer mengikuti bisnis di platform, dengan basis pengguna yang besar, Anda akan mudah tersesat dalam keramaian. Dengan berfokus pada tren marketing IG yang ditulis pada artikel ini, Anda akan dapat membangun strategi pemasaran Instagram yang efektif dan membuat konten berkualitas tinggi dan membuat pengikut Anda bersemangat.

Baca juga : Tips SEO Instagram untuk Meningkatkan Jangkauan Anda

1. Stiker Tautan Instagram Akan Tumbuh dalam Popularitas

Setahun yang lalu, kami memperkirakan bahwa lebih banyak merek akan menggunakan fitur geser ke atas untuk membuat tautan di Instagram Stories mereka, daripada harus bergantung pada tautan tunggal di bio mereka. Namun, Instagram punya ide lain tentang ini, mereka menghentikan fitur swipe-up Agustus lalu.

Stiker Tautan adalah stiker interaktif terbaru yang dapat Anda tambahkan ke Cerita Anda, seperti kebanyakan stiker Instagram, Stiker Tautan memiliki tampilan yang relatif konsisten berbentuk blok persegi panjang dengan URL di latar belakang putih.

Meskipun Instagram pada awalnya membatasi akses ke stiker Tautkan ke akun dengan lebih dari 10.000 pengikut (kriteria yang sama dengan fitur Gesek ke Atas), mereka membuatnya tersedia untuk semua orang mulai akhir Oktober 2021.

Baca juga : Trend dan Tips Instagram Marketing Terbaru!

2. Cerita Instagram Mungkin Menjadi Lebih Panjang

Menjelang akhir tahun ini, Instagram sedang menguji Stories berdurasi 60 detik. Sebelumnya, mereka memecah video yang lebih panjang di Stories menjadi potongan 15 detik.

Bersamaan dengan ini, Anda sekarang dapat menambahkan musik dan efek ke video penuh, tidak lagi membatasi diri Anda untuk melapisi segmen 15 detik.
Ini memberi orang yang melihat Stories Anda kesempatan untuk menonton dengan lebih sedikit gangguan. Ini juga menawarkan peluang baru bagi Anda untuk membuat konten yang menceritakan kisah Anda dan menarik minat audiens target Anda.

3. Bahkan Lebih Banyak Cerita Instagram

marketing-bisnis

Sejak diluncurkan pada Agustus 2016, Instagram Stories telah menjadi sangat ramai di kalangan influencer selebgram. Meltwater berpendapat, sekitar 86,6% pengguna Instagram memposting Stories, dan hampir 80%brand mengatakan bahwa IG Stories memiliki dampak signifikan pada konten yang influencer bagikan tentang merek mereka.

Tidak hanya itu, hampir 90% influencer mempublikasikan konten menggunakan Stories, dengan 63% di antaranya mengatakan mereka akan menggunakan Stories “lebih sering” di tahun mendatang. Instagram dengan bangga menyatakan bahwa lebih dari 500 juta akun menggunakan Instagram Stories setiap hari.

Memiliki strategi yang efektif untuk IG Story Anda adalah hal penting untuk mendapatkan hasil maksimal dari fitur ini. Sebaiknya manfaatkan fungsi yang user friendly, jajak pendapat, penggeser emoji, stiker, dan lainnya untuk mendorong interaksi Anda dengan pengikut.

Artikel terkait  Email Marketing Adalah? Perbedaannya dengan Email Magazines dan Manfaatnya

4. Merek dan Pembuat Konten Akan Terhubung Lebih Baik di Instagram Menggunakan Fitur

Konten Bermerek Terbaru dari Instagram. Instagram menguji coba berbagai fitur konten bermerek selama tahun 2021. Hasilnya, kini mereka memiliki alat baru yang membantu pembuat konten dan merek terhubung dan berkolaborasi di platform melalui kemitraan merek, perdagangan, dan banyak lagi.

Kreator kini dapat menambahkan merek yang berpartisipasi yang mereka minati untuk bekerja sama ke daftar merek pilihan mereka, memberi mereka prioritas saat merek mencari pembuat konten.

Instagram juga telah membuat bagian di Direct Message untuk “pesan kemitraan”, tempat merek dan pembuat konten menemukan dan mengelola kemitraan konten bermerek mereka. Merek dapat menggunakan data dan filter unik untuk menemukan dan memilih pembuat konten terbaik untuk kampanye mereka. Mereka dapat mengatur daftar pendek untuk mengelola beberapa kampanye dengan mudah.

5. Kreator Akan Meningkatkan Penggunaan Afiliasi Instagram dan Fitur Toko Baru

Instagram memperkenalkan berbagai cara bagi pembuat konten untuk memperoleh penghasilan di platform pada tahun 2021. Salah satu kemajuannya adalah kemampuan bagi pembuat konten tertentu untuk menandai produk dari merek tempat mereka bekerja atau menggunakan Toko jika mereka memiliki lini produk sendiri.

Instagram sekarang sedang menguji alat afiliasi asli yang memungkinkan pembuat konten menemukan produk baru yang tersedia saat checkout, membagikannya dengan pengikut mereka, dan mendapatkan komisi untuk pembelian yang mereka dorong.

Saat orang-orang menemukan postingan afiliasi dari pembuat konten yang menampilkan produk yang diberi tag, mereka melihat “memenuhi syarat untuk mendapatkan komisi” di bagian atas postingan, memperjelas bahwa pembelian mereka membantu mendukung pembuat konten tersebut.

Ini memberikan cara baru untuk bermitra dan memberi penghargaan kepada pembuat konten yang membagikan produk mereka. Dan kreator yang telah memiliki lini produk sendiri kini dapat menautkan tokonya ke profil pribadi selain profil bisnis, sehingga mereka dapat menampilkan dan menjual produk secara langsung kepada penggemar.

Mereka juga dapat mendirikan toko baru dan mendorong kegembiraan dengan peluncuran produk eksklusif dari aplikasi Instagram dengan menautkan akun mereka dengan mitra merchandise terpilih.

6. Konten (Masih) Berpengaruh Terhadap Marketing Bisnis Anda

Sudah hal lumrah bahwa konten masih menjadi hal penting untuk pertimbangan ketika melakukan strategi pemasaran IG Anda. Ada beberapa tools content marketing yang bisa membantu Anda membuat konten Instagram yang berkualitas tanpa memikirkan untuk menekankan nilai produksi.

Sementara lebih banyak konten trending sedang ramai, Anda masih perlu memastikan bahwa konten Anda menarik perhatian audiens Instagram Anda. Instagram users menjadi semakin baik dalam menentukan apakah konten yang mereka lihat orisinal dan otentik, sebagian besar berkat akun seperti Humans of New York dan influencer yang membagikan kegagalan mereka juga, alih-alih menghancurkan feed mereka dalam proses menunjukkan keberhasilan.

Anda malah melihat bahwa postingan mereka rata-rata menampilkan gambar berkualitas tinggi dan menarik, ini memberikan kredibilitas pada merek Anda.

7. Penggunaan Reels Akan Meningkat

Instagram Reels, tanggapan Instagram terhadap TikTok, memungkinkan pengguna membuat dan mengedit konten video berdurasi pendek masing-masing 15 detik. Reels diluncurkan pada Agustus 2020 dan saat ini tersedia di lebih dari 50 negara.

Sementara influencer TikTok yang telah membangun pengikut di platform tidak mungkin melompat keluar hanya karena Instagram memiliki pesaing TikTok, Reels adalah pilihan yang bagus untuk memanfaatkan content, trend, serta challenge seperti dalam platform TikTok tanpa harus berpindah platform.

Merek dapat memanfaatkan Reels IG dalam strategi pemasaran mereka dalam beberapa cara. Sebagai permulaan, bahkan jika Anda tidak akan membuat konten di TikTok, Anda dapat membayar banyak untuk tetap mengetahui apa yang terjadi dalam platform.

Kemudian Anda bisa menjadi salah satu content creator pertama yang meluncurkan tren tersebut di Reels IG, dan juga membantu untuk memudahkan Instagram Reels melalui konten informatif. Ciptakan konten tentang hal-hal yang Anda ketahui lalu bagikan dengan audiens instagram Anda.

8. Lebih Banyak Konten Live Instagram

Penggunaan IG Live meroket di tahun 2020 dan 2021. Menurut Business Insider, penggunaan IG Live meningkat 70% dalam satu bulan (April 2020), ini tidak aneh karena mengingat peristiwa sekitar sebulan dalam Lockdown untuk mengurangi penyebaran COVID- 19.

Para peneliti percaya bahwa peningkatan ini terjadi karena manusia tidak diciptakan untuk tetap terisolasi dari orang lain untuk waktu yang lama, orang-orang beralih ke sosmed. Saat dunia mulai terbuka pada akhir 2021, tetapi ancaman Omicron masih mengintai, ini jelas bahwa COVID-19 masih menyebabkan malapetaka pada interaksi sosial kita. Itu memperkirakan bahwa konten IG Live masih cukup aman dalam menciptakan dan memperhatikan popularitasnya.

9. Belanja Dalam Aplikasi

Semakin banyak konsumen yang beralih ke internet untuk kebutuhan belanja mereka mulai dari pakaian, makanan, hingga kendaraan. Karena banyak pembeli sudah menggunakan IG untuk menemukan produk baru, masuk akal jika IG menciptakan pengalaman yang user friendly dalam berbelanja bahkan tanpa meninggalkan platform. Ketika pandemi terus menggagalkan rencana hingga 2022, konsumen cenderung meningkatkan aktivitas belanja online mereka.

Di aplikasi seluler Instagram, Postingan yang Dapat Dibeli muncul di umpan Anda dengan tas belanja kecil di sudut kiri bawah, dan Anda dapat mengetuk produk untuk melihat informasi lebih lanjut tentangnya. Instagram sekarang juga memiliki bagian belanja, jadi jika Anda tertarik untuk berjualan di Instagram, sekarang saatnya untuk memulai.

Artikel terkait  Aplikasi Shopee vs Aplikasi Lazada? | Mana yang Cocok untuk Mendukung Bisnis Anda?

10. Tab Explore

Semua platform media sosial memiliki tujuan yang sama: mempertahankan pengguna di platform selama mungkin. Untuk itu, Instagram telah membuat tab Explore, dan itu berhasil! Lebih dari 200 juta user IG mengakses tab explore setiap harinya untuk menemukan hal baru dalam mencari hiburan selain dari feeds.

Melalui penyempurnaan tab yang berkelanjutan, sehingga lebih mudah digunakan dan dinavigasi, kemungkinan besar waktu di tab explore akan bertambah hingga tahun 2022. Tab explore menawarkan pintasan kepada pengguna untuk menemukan konten yang menarik minat mereka dengan cepat dari Video Instagram, perjalanan, arsitektur, dekorasi, gaya, makanan, dan banyak lagi.

Hal ini membuat merek dan influencer menjadi lebih penting dari sebelumnya untuk masuk ke tab explore sehingga mereka dapat memperoleh akses ke pengguna yang tertarik dengan konten mereka tetapi belum mengikuti akun mereka. Tentu saja, tidak ada cara yang pasti untuk hal tersebut.
Tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang Anda menuju lebih dekat dengan hal tersebut:

• Gunakan hashtag IG yang tepat

• Menemukan waktu terbaik untuk posting konten Anda

• Menambahkan lokasi Anda untuk menjangkau pengikut lokal

• Sertakan ajakan bertindak untuk menciptakan lebih banyak engagement

• Terlibat dengan audiens Anda

Harapkan untuk melihat persaingan di antara merek dan influencer sepanjang tahun 2022 saat mereka bersaing untuk mendapatkan tempat yang didambakan pada tab explore Instagram.

11. Pemasaran Konten Lintas Platform yang Sedang Tren

marketing-bisnis

Sementara itu, platform media sosial cenderung menyukai konten orisinal, gulir cepat dalam feed di platform apapun itu, saat ini banyak konten campuran lintas platform contohnya seperti meme, challenge, GIF, efek khusus, dan hal menarik lainnya.

Dari semua sosmed, IG sangat mahir dalam pengenalan fitur terupdate yang memungkinkan usernya membuat konten yang berkualitas sama dengan yang mereka posting di platform lain.
Sekarang Meta telah membeli GIPHY dan berencana untuk mengintegrasikannya ke IG,

Anda juga dapat melihat lebih banyak pemasaran GIF dalam Instagram, selain konten bergaya TikTok yang ditawarkan Instagram melalui Reels dan konten video berdurasi panjang yang disediakan melalui Video Instagram.

Penutup

Menciptakan kehadiran brand yang kuat di IG adalah bagian besar dari strategi marketing bisnis media sosial yang menjanjikan. Terbukti menjadi platform terbaik untuk para influencer dalam berkarya, menyediakan alat dan bahkan tutorial yang membantu brand menjangkau dan terlibat dengan followers.

Karena IG terus berkembang, menambahkan fitur menarik yang memudahkan user untuk tetap setia dalam platform, influencer dab brand yang telah membangun pasar dalam platform akan merasa semakin penting dalam memfokuskan upaya mereka dalam platform Instagram.

Dengan tren Instagram diatas untuk pemasaran Anda di tahun ini telah kami bahas, Anda memiliki lebih dari cukup untuk membantu Anda menciptakan strategi pemasaran Instagram yang resiko berhasilnya tinggi, menarik perhatian dan efektif digunakan yang nantinya akan sangat membantu Anda mengungguli pesaing bisnis Anda dalam setiap langkah yang dilakukan. Jadi untuk apalagi menunggu, perhatikan dengan seksama dan pelajari lalu lakukan semua tips-tips yang sudah dijelaskan diatas.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan menjadi refrensi untuk Anda dalam marketing bisnis Anda di tahun ini, dan jangan lupa untuk download MARKEY | Media Bisnis Online di Google Play Anda, karena masih banyak ulasan dan ide-ide, serta artikel menarik lainnya hanya untuk Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Bisnis fashion atau baju...

Facebook Ads Adalah : Panduan Utama Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya