Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Internet marketing Media Baru untuk Promosi Bisnis Anda? Yuk, Coba Instagram...

Media Baru untuk Promosi Bisnis Anda? Yuk, Coba Instagram Shopping!

-

Instagram merupakan salah satu sosial media yang populer dan sudah biasa dipergunakan untuk mempromosikan produk atau jasa.

Namun baru-baru ini Instagram mengeluarkan fitur baru, yaitu Instagram Shopping.

Fitur ini merupakan media promosi milik Instagram dengan tampilan yang lebih modern dan sophisticated, dengan fitur-fitur menarik yang lebih dapat meningkatkan penjualan Anda.

Seperti apakah itu Instagram Shopping?

Yuk, disimak pembahasannya!

Instagram Shopping alias IG Shopping

Fitur yang satu ini merupakan fitur milik Instagram terbaru yang memungkinkan para pemilik akunnya untuk memberi nama produk dan tag harga pada foto produk atau story yang mereka posting di Instagram, sehingga konsumen dapat mengetahui harga barang yang dijual secara langsung tanpa harus mengunjungi sosial media atau website tertentu untuk mengetahui produk tersebut.

Fitur ini merupakan respon Instagram terhadap banyaknya orang yang memanfaatkan Instagram, mulai dari bisnis kecil hingga brand-brand besar.

Dikembangkan untuk mendukung bisnis dan brand, fitur satu ini berbentuk seperti etalase digital, sehingga para pebisnis atau kreator dapat menjajakan produknya lewat Instagram, layaknya di sebuah marketplace.

Alasan Dikeluarkannya Fitur Terbaru Instagram

instagram-shopping-1

Pada awalnya, Instagram merupakan sosial media yang banyak digunakan untuk berbagi foto dan video.

Namun, seiring berjalannya waktu, banyak penggunanya yang menggunakan sosial media ini untuk mempromosikan produk atau layanan bisnisnya.

Terdapat satu milliar orang yang menggunakan Instagram setiap bulannya, kemudian terdapat dua ratus juta orang yang mengunjungi akun bisnis atau profil bisnis di Instagram setiap harinya. Kemudian, sosial media yang satu ini juga memiliki strategi sosial media marketing yang baik, sehingga fitur ini menjadi media penjualan yang kuat.

Dikarenakan faktor-faktor tersebut, sosial media yang satu ini mengeluarkan fitur terbaru ini, untuk menarik kesempatan yang lebih baik lagi, yang tentunya dapat menguntungkan Anda dalam berbisnis.

Terdapat fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk dalam fitur ini.

Diantaranya sebagai berikut!

Artikel terkait  Tingkatkan Rating Bisnis Anda dengan Tips Terbaik Mendapatkan Google Review

Fitur-Fitur Instagram Shopping

instagram shopping

Fitur terbaru milik Instagram ini memiliki fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan, diantaranya sebagai berikut!

Toko

Fitur ini merupakan sebuah etalase dimana seseorang dapat mempromosikan produk-produknya, dengan tampilan yang dapat disesuaikan.

Terdapat tips yang dapat dilakukan berkaitan dengan fitur ini, seperti, gunakan CTA yang jelas, sebagai contoh Perricone MD untuk memberitahu pengunjung cara membeli produk di Instagram. Dan jangan lupa untuk selalu memperbaharui bio profil untuk dapat memberi tahu pengunjung store cara berbelanja di store.

Halaman Detail Produk

Fitur ini berfokus pada produk, berisi semua informasi yang relevan berkaitan dengan produk, seperti harga, deskripsi terperinci dan media. PDP menampilkan semua media yang melabeli produk tersebut di Instagram, sehingga pengunjung dapat melihat berbagai variasi penggunaan suatu produk.

Belanja dari Kreator

Fitur satu ini membuat seseorang dapat berbelanja produk mode inspiratif yang merupakan karya kreator favorit mereka. Langsung melalui fitur ini! Namun fitur ini baru tersedia untuk pelaku bisnis yang menggunakan proses pembayaran.

Toko Instagram

Fitur ini merupakan destinasi belanja dalam fitur Instagram terbaru ini dimana seseorang dapat menemukan produk dan merk yang mereka sukai di seluruh bagian Instagram.

Koleksi

Fitur ini memudahkan bisnis untuk dapat menyesuaikan tokonya dengan menggunakan sentuhan editorial, yaitu dengan cara mengkategorikan produk berdasarkan tema.

Label Belanja

Fitur yang satu ini membuat seorang pebisnis dapat menyoroti produk dari katalognya yang terletak di fitur Cerita dan Beranda. Dengan begitu orang-orang dapat mencari tahu produk tersebut lebih lanjut.

Bisnis di AS yang menggunakan proses pembayaran di Instagram juga dapat menyoroti produk di keterangan postingan dan di bio mereka sendiri melalui fitur Penyebutan Produk.

Outdoor Voices menggunakan fitur ini dengan konten yang bersifat non-komersial autentik yang konsisten dengan brand mereka.

Artikel terkait  Cara-Cara Terampuh Menarik Konsumen Bisnis Melalui Aplikasi

Proses Pembayaran di Instagram

Fitur yang satu ini memiliki Facebook Pay, membuat seseorang dapat membeli produk dengan aman dan praktis, tanpa harus keluar dari aplikasi. Namun sebuah bisnis yang tidak menggunakan Proses Pembayaran di Instagram masih dapat menggunakan fitur belanja lain yang mengarah ke luar situs agar pembelian dapat diselesaikan.

Iklan dengan Label Produk

Iklan dengan label produk dapat memaksimalkan jangkauan sebuah produk dengan cara mempromosikan postingan yang dilengkapi dengan fitur belanja.

Selain itu seseorang dapat membuat iklan dari nol di fitur Pengelola Iklan, sehingga materi iklan menjadi lebih fleksibel. Fitur ini juga dapat mengarahkan seseorang ke situs web milik pelaku bisnis atau proses pembayaran native di Instagram.

Peluncuran Produk

Fitur ini merupakan fitur yang dapat digunakan oleh seorang pebisnis untuk mengumumkan peluncuran produk. Orang-orang dapat mengetahui lebih dulu mengenai detail produk kemudian mengatur pengingat untuk membelinya begitu produk tersebut mulai dijual.

Sayangnya, fitur ini baru tersedia untuk pebisnis yang menggunakan fitur Proses Pembayaran.

Live Shopping

Fitur ini dapat membuka akses ke channel baru bagi pebisnis yang mengaktifkan fitur Proses Pembayaran. Pebisnis dapat menjual produk mereka melalui Siaran Langsung Instagram. Selain itu, dapat menjalin koneksi yang lebih mendalam secara real time merupakan keuntungan yang dapat diperoleh melalui fitur ini.

Iklan di Instagram

Sebanyak 84% pengguna Instagram cenderung belanja dari bisnis kecil.

Karena itu, jangkau orang baru dan tumbuhkan pengikut, dengan cara menciptakan postingan menarik yang dapat dimanfaatkan untuk menjadi iklan.

Terdapat beberapa jenis iklan yang dapat Anda manfaatkan, diantaranya sebagai berikut!.

Iklan Stories

Seseorang dapat melengkapi akunnya dengan iklan di Instagram Stories. Keuntungan yang didapatkan adalah hubungan dengan lebih dari lima ratus juta akun yang menggunakan Instagram Stories.

Artikel terkait  Ingin Jadi UX Writer? Ini Tugas yang Harus Anda Pahami

Iklan Foto

Kisah bisnis pun dapat diceritakan melalui kanvas materi iklan yang sederhana dan menarik.

Iklan Video

Seseorang pun dapat menggunakan iklan video dengan kualitas visual yang sama seperti iklan foto, ditambah dengan kekuatan penampilan, suara, dan gerakan. Bagikan video dengan durasi hingga 120 detik dengan format lanskap atau persegi.

Iklan Koleksi

Fitur Koleksi dapat memberikan inspirasi visual, kemudian membantu pengunjung online store, menelusuri, menemukan dan membeli produk. Seorang pebisnis pun dapat menceritakan cerita yang menarik, dengan berfokus pada produk atau gaya hidup, melalui video atau gambar, atau pun gabungan dari keduanya.

Iklan Dijelajahi

Perluas iklan akun kepada pengunjung yang melakukan pencarian minat di luar akun-akun yang diikuti! Anda dapat mempelajari cara membuatnya di fitur terbaru Instagram ini dan ciptakan iklan milik Anda sendiri!

Seorang pebisnis pun dapat membeli iklan di fitur terbaru Instagram ini.

Beli, jalankan, dan lacak iklan di Instagram dengan salah satu dari tiga cara ini!

Yaitu melalui aplikasi, pengelola iklan dan partner Instagram.

Terdapat manfaat yang dapat diperoleh jika seorang pebisnis menggunakan iklan di fitur Instagram terbaru ini.

Artikel terkait  Tidak Banyak yang Tahu! Inilah Perbedaan Trik Marketing Online SNS dan Email Bulletin

Opsi Penargetan Tepat Sasaran

Seorang pebisnis dapat menggunakan opsi penargetan tepat sasaran melalui fitur terbaru Instagram ini. Melalui opsi-opsi yang dapat diatur, ia dapat mengatur orang-orang yang akan ditargetkan untuk produk buatannya, sebagai contoh, melalui, Minat, Perilaku, Lokasi, Demografi, Pelanggan Khusus, dan Pelanggan Serupa. Selain itu seorang pebisnis juga dapat melakukan penargetan otomatis untuk menarik minat pengunjung.

Mendapatkan Brand Awareness

Seorang pebisnis akan mendapatkan brand awareness akan produk atau layanan, aplikasi maupun bisnis.

Pertimbangan

Melalui iklan yang seorang pebisnis buat, pengunjung akun dapat mencari tahu produk atau layanan seorang pebisnis melalui situs Web, Tayangan Video, atau Jangkauan dan Frekuensi.

Konversi

Iklan di fitur ini juga dapat meningkatkan penjualan produk, unduhan pada aplikasi seluler, bahkan jumlah pengunjung yang datang pada akun Anda!

Dikarenakan semua fitur-fitur yang dimiliki oleh fitur Instagram yang satu ini, mulai dari Toko, Label Produk, Toko Instagram, bahkan iklan-iklan, membuat fitur Instagram yang satu ini memiliki keunggulan-keunggulan, diantaranya sebagai berikut!

Keunggulan Instagram Shopping

Terdapat keunggulan fitur terbaru Instagram ini yang dapat membuat Anda memilih untuk mempromosikan produk Anda melalui fitur ini.

Menjangkau Audiens yang Lebih Luas

Fitur yang satu ini dapat digunakan untuk memasarkan produk dengan lebih luas dengan cara yang lebih tepat. Dikarenakan sosial media Instagram merupakan salah satu sosial media yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Jumlah penggunanya mencapai 59,8 juta orang pada Oktober 2020. Sekitar 130 juta pengguna pun mengetuk unggahan fitur Instagram ini untuk memahami lebih lanjut mengenai sebuah produk.

Instagram pun menjadi tempat untuk mencari dan menemukan produk atau brand baru, selain menjadi tempat untuk bersosialiasi. Dikarenakan hal tersebut, sekitar tujuh puluh persen orang gemar berbelanja menggunakan Instagram atau menemukan produk baru.

Memudahkan Konsumen untuk Berbelanja

Fitur Instagram yang satu ini juga memungkinkan sebuah brand memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik. Melalui foto, video ataupun Instagram Story, seseorang dapat mempromosikan produknya, dengan begitu pengunjung online store-nya dapat mengetahui informasi lebih lanjut mengenai suatu produk.

Terdapat fitur Collection, sebuah katalog produk yang dibagi ke dalam beberapa kategori, memudahkan pengunjung online store untuk melihat-lihat. Fitur Product Launches juga dapat meningkatkan ketertarikan calon konsumen terhadap produk yang akan diluncurkan.

Meningkatkan Traffic Website Toko Online

Fitur yang satu ini juga dapat meningkatkan penjualan secara langsung melalui aplikasi, atau dapat juga mengarahkan langsung ke website online store untuk mengetahui detail produk lebih lanjut.

Dengan begitu, jumlah konsumen atau traffic website online store akan meningkat. Hal ini sangat dibutuhkan mengingat sebuah bisnis akan lebih meningkat dan dipercayai oleh konsumen jika memiliki website.

Menjaga Hubungan dengan Konsumen

Selain dapat mempromosikan produk sembari bersosialiasi, hubungan dan kepuasan konsumen juga dapat terjaga dikarenakan proses berbelanja praktis dan informasi lengkap yang disediakan oleh fitur Instagram yang satu ini.

Terdapat fitur-fitur yang dapat digunakan untuk melayani konsumen, sebagai contoh, konsumen dapat mengirimkan DM atau meninggalkan komentar pada foto atau video di fitur Instagram tersebut.

Promosi yang Lebih Mudah dan Beragam

Foto, video hingga Live pada Instagram Story dapat digunakan untuk mempromosikan suatu produk. Selain itu fitur Shopping Ads dapat dipergunakan dan bekerja sama dengan influencer melalui fitur Shopping for Creators juga memungkinkan di fitur Instagram yang satu ini.

Hal menarik dari Shopping for Creators adalah, setiap unggahan dari influencer akan memiliki label Paid Partnership with (nama brand), dengan begitu orang-orang yang melihatnya dapat langsung mengetahui dengan siapa sebuah produk ber-patner.

Menarik, bukan, fitur Instagram yang satu ini?

Hal menarik lainnya dari fitur Instagram yang satu ini, terdapat katalog yang dipergunakan untuk mempromosikan produk dengan cara yang lebih menarik, dan katalog tersebut dapat dibuat dengan cara mengintegrasikannya dengan Shopify atau Big Commerce, sebuah perusahaan perdagangan elektronik asal Kanada yang mengembangkan perangkat lunak untuk toko daring dan sistem kasir ritel dan perusahaan teknologi publik yang menyediakan platform e-commerce SaaS.

Apabila Anda ingin mengaktifkan fitur Instagram yang satu ini, memiliki website online store yang menjual produk fisik adalah hal yang dibutuhkan.

Lalu, bagaimana cara membuat fitur terbaru Instagram ini?

Caranya yaitu sebagai berikut!

Artikel terkait  Social Media Marketing Adalah? Pentingnya Untuk Bisnis

Cara Membuat Instagram Shopping

Seperti yang telah dipahami bersama, fitur Instagram yang satu ini merupakan fitur terbaru yang menarik yang dapat menarik minat calon pembeli.

Terdapat syarat yang harus dipenuhi sebelum Instagram dan Facebook meninjau dan memberi akses, diantaranya sebagai berikut.

  1. Akun Instagram yang digunakan merupakan akun bisnis;
  2. Harus menjual produk dalam bentuk fisik. Jasa atau pelayanan belum dapat diperkenalkan di fitur milik Instagram ini;
  3. Akun Instagram harus terhubung dengan akun Facebook Page Bisnis;
  4. Akun bisnis Instagram harus memenuhi standar kebijakan perdagangan yang disediakan Instagram dan Facebook. Terdapat page khusus untuk melihat kebijakan tersebut;
  5. Terhubung dengan katalog produk milik Facebook. Katalog baru dapat dibuat atau dapat dihubungkan juga dengan katalog yang sudah ada.

Apabila semua persyaratan diatas sudah terpenuhi, maka fitur terbaru Instagram ini dapat diaktifkan.

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping

Setelah Facebook dan Instagram memberikan akses, maka selanjutnya aktifkan fitur tersebut di profil, dengan cara:

  1. Buka profil Instagram;
  2. Buka Setting;
  3. Pilih “Business”;
  4. Pilih “Sign Up for Business”, kemudian;
  5. Pilih “Accept Term”.

Facebook dan Instagram akan meninjau akun Instagram terlebih dahulu dan biasanya proses ini membutuhkan waktu beberapa hari atau beberapa lama lagi. Ketika akun sudah tervefirikasi, Instagram dapat memberikan notification kepada pemilik akun.

Setelah itu, Anda dapat menandai produk, memberi tag pada postingan atau story, atau bahkan memberikan tag pada konten lama yang sudah di-posting sebelumnya.

Demikian informasi mengenai fitur terbaru Instagram Shopping, yang dapat menjadi sarana terbaru untuk mempromosikan produk Anda.

Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat untuk Anda dalam mempromosikan produk Anda.

Terima kasih!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya