Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Internet marketing 10 Cara Jago Jualan di Instagram dengan Link Bio...

10 Cara Jago Jualan di Instagram dengan Link Bio IG

-

Link bio IG adalah fitur khas IG yang sudah kita kenal dan bermanfaat. Tapi tahukah Anda, ternyata ada 10 strategi jago jualan di Instagram dengan memakai link bio saja?

Instagram adalah sosial media kekinian yang kaya akan fitur. Salah satunya adalah “link in bio Instagram”. Jika dimanfaatkan dengan baik, 1 fitur ini saja sudah bisa membantu kegiatan jualan di Instagram kita, lho.

Apa itu fitur link bio IG dan cara memanfaatkannya untuk jualan? Yuk simak ulasan selengkapnya pada artikel kali ini!

Link Bio IG Adalah

link bio ig

Anda pasti pernah melihat pengguna IG lain misalnya para admin olshop,  influencer atau selebriti mengucapkan kata-kata seperti, “Bisa cek link in bio Instagram kami, ya!

Rupanya ucapan tersebut ada maknanya tersendiri dalam dunia bisnis online, lho. Menurut para pakar SEO, link bio Instagram punya pengaruh tersendiri yang unik untuk mendorong performa akun bisnis online kita.

Tapi apa itu link bio Instagram? Sesuai namanya, link bio IG adalah tautan link/URL yang kita pasang pada bio profil Instagram. Link tersebut bisa kita masukkan saat mengedit profil, khususnya pada bagian “Situs Website External”.

Nantinya link tersebut bisa diklik oleh orang-orang yang mengunjungi profil IG olshop kita. Pun ketika di klik, para pengunjung bisa langsung beralih ke platform yang dimuat oleh link misalnya halaman e-commerce, formulir order barang, channel YouTube ataupun sosmed lainnya milik Anda.

3 Manfaat Pasang Link Bio IG

Banyak orang mengira pemasangan link in bio Instagram itu tidak penting atau tidak memengaruhi bisnis. Kenyataannya, anggapan tersebut adalah kekeliruan besar.

Terdapat perbedaan hasil yang cukup mencolok dari akun-akun IG yang memasang link bio dan yang tidak. Sudah jelas akun IG dengan link bio jauh lebih unggul dan menghasilkan untung.

Memangnya apa saja manfaat pasang link in bio Instagram? Inilah 3 keuntungan utamanya yang bisa Anda peroleh:

1. Meningkatkan Penjualan Bisnis

Link bio Instagram bisa membantu meningkatkan penjualan bisnis online Anda. Kehadiran link akan menarik perhatian calon pembeli lebih mudah. Apalagi jika Anda memasang link tentang penawaran diskon terbaru atau produk-produk best-seller.

Ingat, konsumen online lebih suka hal-hal yang praktis. Minat belanja mereka akan lebih kuat jika Anda membantu “menyuguhkan” cara belanja praktis atau klaim kupon diskon lewat tautan sekali klik.

2. Mendongkrak Traffic dan Promosi

Salah satu manfaat sosmed adalah memperkenalkan berbagai platform Anda ke masyarakat umum. Dengan sosmed seperti Instagram, aktivitas promosi bisa berlangsung lebih gampang.

Banyak orang melakukan strategi ini sampai sekarang. Mereka sengaja mencantumkan link website, YouTube, blog, atau platform bisnisnya yang lain ke bio IG supaya dikunjungi lebih banyak orang. Dengan begini, Anda punya kesempatan lebih besar menawarkan produk atau layanan ke calon pembeli.

3. Menambah Kualitas dan Kepercayaan

Maraknya toko-toko online palsu di Instagram membuat konsumen lebih selektif memilih toko untuk berbelanja. Nah, memasang link bio IG adalah salah satu cara terbaik untuk menambah kepercayaan calon pembeli.

Kehadiran link website olshop khusus yang terpercaya otomatis menambah rasa aman dan keyakinan calon konsumen. Pasalnya, website bisnis terbukti ampuh mempertegas keaslian dan kredibilitas bisnis online di benak masyarakat.

Artikel terkait  Pedoman Sukses dan Mudah Mengelola Bisnis Online Shop dari Nol

10 Cara Membuat Link Bio Instagram yang Efektif

link bio ig

Setelah mengetahui definisi dan manfaatnya, kini mari simak 10 cara membuat link bio Instagram yang efektif menjaring pembeli. Yuk segera simak dan praktekkan poin-poin rangkumannya:

1. Langsung Tempel Link ke Bio

Cara membuat link bio Instagram termudah adalah langsung menempel atau memasukkan tautan ketika mengedit profil IG olshop. Instagram sudah menyediakan kolom khusus untuk diisikan link eksternal yang bisa diklik pengunjung profil.

Begini caranya:

  1. Buka akun Instagram Anda, bisa lewat app atau web.
  2. Klik profil > klik tombol “Edit Profil”.
  3. Masuk ke halaman edit profil. Anda bisa mengedit nama, username, bio hingga menambahkan website.
  4. Klik kolom website/situs. Masukkan link yang ingin Anda pasang.
  5. Klik tanda “√” di pojok kanan atas untuk menyimpan perubahan.
  6. Selesai! Link eksternal sudah terpasang di profil IG Anda.

2. Gunakan Tools Link Bio IG

Cara membuat link bio Instagram lainnya adalah dengan memakai aplikasi atau tool link bio. Tool-tool ini berguna untuk menambahkan lebih dari satu link pada profil IG sekaligus menjadikannya lebih rapi.

Banya orang memilih menggunakan aplikasi tool link karena Instagram manual hanya bisa diisi oleh 1 link website. Jadi Anda harus mengganti link setiap kali ingin mempromosikan hal yang berbeda.

Cara tersebut jelas tidak efektif, apalagi kalau ada banyak link penting yang ingin dicantumkan bersamaan di bio IG—misalnya link website, link sosmed lain, link produk, dan lain-lain. Beberapa rekomendasi tool link IG yang bisa Anda coba pakai:

  • Linktree: tool link gratis terpopuler yang bisa mencantumkan banyak tautan sekaligus ke bio IG. Dilengkapi pula dengan fitur analisis traffic link dan edit logo di profil Linktree.
  • ShopGrid: tool link untuk menampilkan produk-produk bisnis Anda dalam bentuk katalog unik yang mudah ditelusuri.
  • Feedlink: tool untuk menambahkan link eksternal ke bio dan postingan feed IG. Sangat membantu konsumen langsung memesan produk yang mereka lihat di toko Anda.
  • Bio: dengan tool ini Anda bisa membuat custom nama link sesuka hati agar lebih mudah diingat pengunjung. Plus, Anda bisa menambah link tanpa jumlah maksimal.

3. Pamerkan Produk Best-Seller

Link yang Anda pasang di bio juga tidak boleh sembarangan. Trik jago jualan di Instagram dengan link akan mubazir kalau Anda memasang tautan yang salah.

Link in bio mempunyai kekuatan yang besar dalam memikat konsumen. Maka dari itu, usahakan memilih konten yang bermanfaat untuk dipromosikan lewat link. Sebagai langkah awal, Anda bisa mencoba mempromosikan produk best-seller ke link bio.

Menautkan link produk best-seller ke bio bisa menguntungkan Anda maupun konsumen. Calon pembeli dapat dengan mudah menemukan produk impian, sementara Anda bisa mendapat penjualan.

4. Gunakan Link “About Us” (Tentang Kami)

Tidak cuma link produk best-seller, para pedagang yang jago jualan di Instagram juga memasang link about us (tentang kami) pada bio profil. Laman tentang kami memuat seluruh identitas latar belakang perusahaan Anda—mulai dari nama, tujuan, visi misi, alamat, dan kisah di balik layar bisnis.

Laman about us sangat penting untuk diperkenalkan ke calon konsumen supaya mereka tahu persis apa bisnis Anda dan jadi lebih percaya.

5. Tautkan Link E-Commerce Populer

Punya akun di e-commerce populer (misalnya Shopee, Tokopedia, Lazada, Amazon dan sebagainya)? Jika iya, jangan lupa untuk menautkan link-link tersebut ke profil IG olshop!

Dewasa ini, hampir 80% konsumen berbelanja via e-commerce populer. Ini karena e-commerce menyediakan beragam toko, murah dan lengkap, serta kaya akan fitur belanja praktis. Selain itu, belanja di e-commerce dinilai jauh lebih aman karena menggunakan pembayaran dompet/e-wallet khusus.

Alhasil bukan tak mungkin calon konsumen Anda berharap bisa membeli produk Anda via e-commerce kesayangan masing-masing. Jadi selalu maksimalkan peluang dengan mencantumkan link akun e-commerce toko Anda ke profil IG.

6. Saling Hubungkan dengan Sosmed Lain

Perbanyak traffic ke sosmed bisnis Anda selain IG dengan tautan link eksternal. Semisal Anda punya akun YouTube, blog, Twitter, atau Facebook Page bisnis yang aktif digunakan untuk memposting konten promosi. Jangan ragu untuk ikut mempromosikan akun-akun tersebut lewat link bio IG.

Kita tidak pernah tahu kapan seseorang tertarik untuk membeli produk. Bisa saja kita menggaet lebih banyak konsumen karena mereka sering menonton konten-konten positif yang kita unggah.

7. Cantumkan Website Resmi Olshop

Perkuat branding dan kredibilitas bisnis dengan mencantumkan alamat website resmi milik olshop. Website tidak hanya membantu mendongkrak image usaha, tetapi juga bisa untuk:

  • Memposting lebih banyak produk jualan secara lengkap dan detil.
  • Mengaplikasikan trik SEO agar bisnis bisa tampil di peringkat 1 Google.
  • Mempermudah konsumen untuk pesan produk langsung lewat website.
  • Membagikan promo, diskon dan voucher lain untuk memaksimalkan penjualan.
  • Menyajikan beragam konten marketing yang berkaitan dengan promosi.
  • Menjadi sarana promosi bisnis gratis tanpa batas.

8. Aplikasikan Sistem Pre Order

Link di bio juga bisa Anda pakai untuk mempermudah sistem pre order produk terbaru di toko Anda. Tawarkan sampel gratis, hadiah bonus (freebies) atau slot promo pre order kepada semua orang yang mendaftar lewat link di bio IG.

Dari sini Anda bisa memperoleh banyak data penting konsumen, seperti alamat email dan nomor telepon yang bisa dikontak untuk penawaran/promosi jangka panjang.

9. Promosikan Lewat Mini Kontes (Giveaway)

Ajak followers Anda untuk mengklik tautan di bio lewat mini kontes atau giveaway. Cara ini selalu terbukti manjur untuk meningkatkan interaksi (engagement).

Semisal Anda mengadakan quiz giveaway di website olshop yang linknya tertaut di bio. Promosikan ringkasan info giveaway dan link website Anda lewat postingan IG. Jadi promosi Anda bisa tetap singkat, padat dan mudah dibaca.

Cara ini pun ampuh untuk meningkatkan traffic website. Bisa saja ‘kan pengunjung yang awalnya mengklik web untuk ikut giveaway jadi tertarik melihat-lihat produk jualan lebih detil?

Artikel terkait  Cara Mudah Mendapatkan Uang dengan Cepat & Halal

10. Analisis Kinerja Link secara Rutin

Cara membuat link bio instagram terakhir, lakukan analisis performa link in bio secara rutin. Cara ini penting supaya Anda tahu sudah seberapa efektif kinerja link Anda.

Beberapa hal yang bisa dianalisis dari link in bio adalah:

  • Jumlah orang yang mengklik link bio Anda.
  • Link yang paling banyak diklik pengunjung.
  • Link yang paling sedikit diklik pengunjung.
  • Asal atau sumber datangnya klik.
  • Link yang masih berfungsi dengan baik atau tiba-tiba rusak (broken), dan lain-lain.

Pengecekan rutin bermanfaat agar Anda bisa memaksimalkan promosi lewat link bio. Jangan sampai link yang Anda pasang ternyata rusak dan tak bisa diklik. Alhasil pengunjung pasti akan kesal dan tidak jadi tertarik melihat-lihat produk Anda.

Nah, itulah dia 10 tips jago jualan di Instagram dengan mudah memakai link in bio Instagram. Sudah siap untuk mencoba kesepuluh tips di atas? Semoga pembahasan kali ini mampu menambah wawasan Anda dan selamat mencoba, ya!

Yuk jadi semakin jago jualan di Instagram dengan ratusan artikel informatif gratis dari MARKEY. Ikuti terus website MARKEY di https://markey.id/ atau download versi appnya di Google Play dan Apple Store.

Sampai bertemu lagi di pembahasan berikutnya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

7 Dasar Belajar Komputer dengan Cepat Untuk Pemula

Apakah Anda ingin belajar komputer? Rasanya agak ketinggalan jika kita belum menguasai komputer di era modern yang serba digital...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya