Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Caption-Caption Menarik yang Bagus Digunakan untuk Berpromosi di Instagram!

Caption-Caption Menarik yang Bagus Digunakan untuk Berpromosi di Instagram!

-

Ins-Ta-Gram!

Siapa yang tidak kenal Instagram, sosial media yang satu ini banyak dipergunakan untuk membagikan gambar dan foto, sehingga sering dianggap yang paling menarik, karena banyak menampilkan gambar-gambar dan foto yang menarik.

Namun, siapa sangka, melalui fitur-fitur-nya Instagram dapat dipergunakan untuk berpromosi, seperti post, hashtag, caption, bio dan follower. Semua ini merupakan strategi-strategi Instagram Marketing.

Masing-masing fitur tersebut memiliki pengaruhnya masing-masing, hashtag  contohnya, dapat membantu Anda untuk mengelompokkan foto dan video ke dalam suatu kategori tertentu, dengan begitu bisnis Anda jadi mudah ditemukan.

Atau caption, Anda bisa menuliskan kata-kata yang menarik perhatian calon audiens Anda. Tulisan yang berbeda, memiliki pengaruh yang berbeda, untuk audiens yang berbeda.

Lalu mengapa caption dapat dianggap lebih menarik?

Dengan membagikan foto dengan disertai caption pendukung yang menarik, akan menjadikan gambar postingan Anda menjadi lebih menarik juga!

Lalu, apa manfaatnya caption untuk Anda berpromosi? Yuk, sama-sama dicermati!

Caption Menarik di Instagram

Caption adalah kalimat singkat pendek yang mendukung gambar atau video yang diunggah ke sosial media, sesuai dengan keinginan masing-masing individu. Dengan adanya caption, Anda dapat menggambarkan keinginan atau perasaan Anda, bahkan maksud dari gambar atau video yang diunggah ke akun Instagram Anda.

Lalu, apa manfaat caption yang menarik untuk bisnis Anda?

Melalui caption yang menarik akan membuat postingan gambar atau video di Instagram Anda menjadi semakin terlihat keren juga menarik.

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, caption adalah suatu tulisan pendek. Tulisan pendek yang mengilustrasikan sesuatu bisa menjadi sebuah gambaran dari perasaan sang penulis.

Dengan adanya caption juga, postingan Anda bisa menjadi ungkapan yang mungkin bisa disadari oleh pembaca. Oleh karena itu, tidak jarang banyak yang menyisipkan suatu makna.

Manfaat Caption  bagi Pengguna Instagram!

caption-instagram-1

1. Memaknai Gambar atau Video

Salah satu fungsi caption adalah untuk memberi arti mengenai gambar atau video yang akan di-posting, seperti yang telah dipaparkan sebelumnya. Dengan adanya suatu penjelasan singkat dan menarik mengenai postingan Anda, akan memberikan gambaran ke pembaca mengenai maksud dan tujuan postingan Anda.

Tak jarang penjelasan singkat mengenai postingan Anda akan membuat gambar atau video postingan Anda semakin mudah ditebak. Tak jarang juga, penjelasan pada gambar atau video postingan Anda juga akan mendukung terhadap ketertarikan postingan Anda di sosial media.

2. Memberikan Suatu Pesan atau Makna

Pesan yang disampaikan penulis akan dibaca oleh para pengguna sosial media, dengan begitu juga akan menjadi suatu ajang untuk memberikan pesan kepada sesama pengguna sosial media. Pesan yang disampaikan pun bermacam-macam bentuknya.

Oleh karena itu dukungan caption untuk memberikan pesan semakin dipermudah untuk digunakan sekaligus diakses, dengan begitu pesan yang Anda sampaikan bisa tersampaikan ke pengguna sosial media lainnya.

Tanpa menggunakan surat personal pun, Anda juga dapat menggunakan caption untuk menyiratkan maksud tersembunyi. Tidak jarang, caption sering ditemui dengan kalimat puitis yang menggambarkan suatu makna. Tentunya hal ini juga akan mendukung postingan yang Anda post di sosial media Anda.

3. Menyatakan Suatu Perasaan

Perasaan apapun bisa Anda ceritakan dalam sebuah caption. Anda secara tidak langsung bisa menceritakan suatu perasaan, baik itu keresahan, kegembiraan, kesenduan, dan banyak hal lainnya, mengenai sesuatu.

Dengan menggunakan caption menarik yang cocok, dapat mendukung Anda untuk mengutarakan perasaan Anda.

Oleh karena adanya caption yang menarik, sosial media menjadi media untuk menyatakan perasaan Anda saat ini atau saat-saat tertentu, berbagi momen-momen dengan perasaan-perasaan tertentu, ke sesama pengguna sosial media lain, adalah hal yang biasa di sosial media.

Artikel terkait  Bagaimana Metode Pemasangan Tag Judul (Tag h) yang Tepat?

4. Kebutuhan Bisnis

Dengan adanya sosial media dapat meningkatkan profitabilitas bisnis Anda. Caption bisa dipergunakan untuk menjelaskan produk atau layanan bisnis yang Anda tawarkan. Sehingga berbagai produk menarik dapat diakses oleh para pengguna sosial media lain.

Dengan adanya caption tersebut, penggunaan sosial media untuk kepentingan bisnis akan semakin meningkat. Caption bisa menjelaskan suatu produk bahkan penjelasan untuk memesan produk yang Anda tawarkan.

Contoh-Contoh Caption Menarik untuk Promosi Bisnis Anda!

caption-instagram-2

1. Promosi dalam Bentuk Kalimat Permohonan

Melalui caption dengan kategori yang satu ini Anda tengah membujuk target audiens Anda untuk mengenal lebih jauh produk bisnis Anda. Gelitiklah rasa penasaran mereka terhadap produk atau layanan Anda melalui gambar atau video menarik yang dilengkapi dengan caption menarik, seperti:

  • “Lagi cari gadget murah? Yuk, klik tautan di bio kami yang satu ini!”
  • Don’t miss it! Yuk, cermati dan datangi agen resmi kami di kotamu!”

2. Promosi dengan Menggunakan Caption Menarik yang Menarik Perhatian!

Untuk caption yang satu ini, Anda bisa menggunakan kata-kata seperti ‘gratis’ atau ‘bonus’, karena pada umumnya orang-orang akan tertarik dengan hal-hal tersebut.

Kata-kata ini tetap saja akan menarik konsumen sampai kapanpun. Anda dapat menekankan lebih jauh soal kesempatan yang mungkin akan jarang ditemukan oleh calon pembeli Anda, dengan begitu Anda segera melakukan pembelian. Sebagai contoh, caption menarik tersebut adalah:

  • “Promo spesial khusus untukmu! Beli dua gratis satu!”
  • “Spesial! Hari ini saja! Gratis satu untuk setiap pembelian!”

3. Lakukan Promosi dengan Elemen yang Menantang!

Kategori caption menarik yang satu ini, menggunakan elemen yang menantang, menggunakan alam bawah sadar manusia, dan secara umum mereka akan langsung tertarik dengan kata-kata ujaran yang satu ini. Mereka calon audiens secara halus diingatkan untuk tidak melewatkan kesempatan langka yang Anda ciptakan!

  • “Diskon besar-besaran! Pesan sebelum habis!”
  • “Cuci gudang, off up to 50%!”

4. Promosi dengan Kata-Kata yang Catchy nan Menarik!

Kata-kata yang catchy yang menarik adalah strategi marketing yang tak lekang oleh waktu. Anda bisa merumuskan sendiri caption menarik yang gampang diingat sekaligus menarik perhatian.

Sebagai contoh:

  • “Produk import dari US, kualitas ori!”
  • The faster, the better!”

5. Promosi dengan Kata-Kata Lucu

Kata-kata yang lucu selalu berhasil menarik perhatian masyarakat, termasuk warganet. Gunakan saja berbagai istilah lucu yang ada, atau kreasikan sendiri caption menarik bisnismu!

  • “Udah gajian? Yuk, datang ke toko kami! Dompet tipismu itu lawanmu!”
  • Whassap, gejolak cinta es buah! Ada rasa baru!”

6. Menjelaskan Produk Terbaik Kamu!

Diakibatkan tingginya persaingan, penting sekali untuk menekankan unsur perbedaan produk atau bisnis Anda dibandingkan produk atau bisnis lainnya, agar calon konsumen Anda tertarik. Sebagai contoh:

  • “Produk resmi? Kami jagonya!”
  • “Jaminan asli? Kami yang berani!”

7. Berikan Penjelasan Mengenai Khasiat-nya!

Terkadang ada juga target audiens Anda yang ingin mencari suatu produk tertentu saja, tanpa  pemahaman jelas akan fungsi dan manfaatnya. Cobalah caption yang menarik yang lebih panjang untuk menjelaskan dampak produk milikmu agar pembeli dapat memahami produkmu!

  • “Bersihkan wajahmu, rasakan hasilnya!”
  • “Segarkan wajah dengan produk terbaik kami!”

8. Promosi dengan Memberikan Jaminan!

Jaminan atau produk bergaransi selalu menarik bagi konsumen. Hal ini dikarenakan adanya ketidak puasan setelah pembelian dilakukan, sehingga tambahan pelayanan ini, alias jaminan atau produk bergaransi, selalu menjadi nilai plus!

  • “Produk 100% asli! Palsu? Uang kembali!”
  • “Dijamin! Layanan satu tahun gratis, khusus pembelian hari ini!”

9. Promosi dengan Menggunakan Harga atau Angka!

Terkadang lebih mudah mencerna sesuatu dengan hanya menggunakan angka. Alasannya karena dengan menggunakan angka, Anda akan bisa lebih paham, Anda tidak perlu bertanya lagi, sebagai contoh:

  • “Beli hari ini, lebih hemat Rp.100.000,-!”

Anda pun tidak ada salahnya menyertakan harganya secara langsung untuk tujuan berpromosi. Apabila target audiens pembeli Anda tidak cocok, maka mereka juga bisa langsung beralih. Contoh caption yang tepat, misalnya:

  • “Pakaian branded 75.000,-!”

10. Promosi agar Ada Rasa Rugi Jika Target Audiens Anda Tidak Membeli

Anda juga bisa menciptakan caption menarik dan kreatif berupa bujukan halus bahwa penawaran yang Anda buat ini jarang terjadi. Harga maupun produk yang Anda tawarkan, beserta dengan kelebihannya di hari itu, hanya akan terjadi di hari itu saja, sehingga target audiens Anda akan takut ketinggalan.

  • “Punyai produk ini secepatnya! Jangan sampai kehabisan!”
  • “Hari ini murah, besok naik!”

11. Menjelaskan Bahwa Satu Produk Saja Tidak Cukup!

Anda juga bisa menyusun caption menarik dengan cara membujuk calon pasar Anda untuk melakukan pembelian lebih dari satu. Sebagai contoh:

  • “Dijamin langsung kecanduan, beli lima gratis satu!”
  • “Beli dua satu gratis satu! Yuk, sedekah dengan gebetanmu!”

12. Promosikan Bisnismu Melalui Harga yang Lebih Terjangkau

Promosi dengan harga yang terjangkau adalah hal yang biasa dalam dunia ini, karena itu pastikan bahwa promosi harga terjangkau menjadi bagian dari strategi caption menarik Anda.

Sebagai contoh:

  • “Produk murah, namun harga bersaing!”
  • “Harga baik, kualitas baik!”

Bagaimana?

Tentunya untuk menciptakan suatu caption yang menarik adalah hal yang susah-susah gampang, bukan?

Namun, Anda harus mencobanya terus hingga mendapatkan caption tepat yang dapat menarik perhatian target audiens Anda!

Caption yang Bagus Adalah Kunci Marketing Kekinian

social-media-marketing

Bisnis sekaligus marketing adalah hal yang biasa, tidak pernah terpisahkan sejak dulu kala. Jika sebelumnya marketing diaplikasikan dengan cara mengandalkan media cetak atau televisi, maka sekarang jaman sudah berubah.

Marketer yang andal tahu benar bahwa promosi terbaik saat ini adalah dengan menggunakan caption yang menarik, unik dan menjual.

Terlebih dengan semakin banyaknya jumlah kata yang dapat dituliskan di IG caption, maka semakin lebar pula kesempatan untuk merumuskan kalimat-kalimat menarik nan unik untuk menggaet konsumen.

Dampak positifnya adalah para pemilik bisnis, marketer andal, hingga masyarakat awam pun dapat mempromosikan produknya dengan leluasa.

Sebelumnya, dikarenakan terbatasnya jumlah karakter caption Instagram untuk fitur caption Instagram, orang-orang menjadi terbatas pula dalam hal mengkreasikan kata-kata untuk caption Instagram-nya.

Akibatnya sulit pula bagi orang lain untuk mendapatkan pesan yang ingin disampaikan oleh konten promosi produkmu.

Namun, sekarang sudah berbeda, dikarenakan seperti yang telah dipaparkan sebelumnya.

Oleh karena itu, dikarenakan adanya kesempata itu, pahami cara membuat caption yang bagus!

Instagram sendiri menjadi media sosial paling populer di dunia, disertai beragam fitur yang menarik, Instagram banyak disukai oleh orang-orang di dunia. Saking populer-nya banyak pengguna Instagram yang melakukan berbagai cara untuk mempercantik tampilan akun Instagram Anda.

Artikel terkait  Promosi Penjualan : Pengertian, Tujuan dan Jenis Promosi

Fitur-Fitur Menarik Instagram untuk Strategi Marketing-Mu!

Ada banyak sekali fitur-fitur lain di Instagram yang dapat Anda manfaatkan untuk membangun bisnis Anda, seperti post, follower, bio dan sebagainya.

Masing-masing fitur tersebut memiliki strategi sekaligus pengaruhnya tersendiri.

Sebagai contoh, post, ini adalah hal yang simpel yang biasa dilakukan oleh para pengguna Instagram. Tidak hanya untuk membagikan momen-momen penting Anda kepada para pengguna lain, tetapi untuk Anda, para kalangan pebisnis, ini adalah media untuk Anda mempromosikan diri Anda sekaligus bisnis Anda.

Kemudian dengan disertai caption menarik, semakin bersemaraklah video atau postingan yang Anda upload-kan ke akun Instagram Anda.

Langkah selanjutnya, bagikan postingan Anda yang disertai dengan caption yang menarik, dengan sekaligus menggunakan hashtag, dengan begitu saat Anda memperkenalkan produk Anda, tidak hanya diperkenalkan kepada kolega-kolega terdekat Anda, tetapi juga orang-orang lain. Dikarenakan postingan Anda juga dibagikan kepada masyarakat luas yang sesuai dengan kategori produk Anda.

Saat Anda sibuk mempromosikan bisnis Anda, dengan menggunakan konten-konten menarik sekaligus caption-caption menarik lainnya, kemudian dengan menggunakan hashtag Anda yang membuat bisnis Anda dapat dikenal oleh orang banyak dengan berdasarkan kategori produk tertentu, Anda dapat menciptakan follower-follower Anda sendiri.

Belum lagi, dengan adanya fitur bio yang disertai link tertentu, membuat seseorang dapat langsung mengunjungi akun Instagram tertentu, page, atau bahkan mungkin website.

Tentunya dengan menggunakan fitur-fitur yang memiliki pengaruhnya tersendiri ini, Anda dapat memperkenalkan diri Anda sekaligus bisnis Anda, dikarenakan dampaknya sekaligus tempat-tempat yang dipengaruhi yang berbeda-beda.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya