Last Updated on July 11, 2023 by appkey
Instagram baru saja merilis fitur terbarunya, “Reels”, pada bulan Juni 2021 lalu. Tidak perlu waktu lama, topik Instagram Reels segera mencuat dan ramai diperbincangkan. Indonesia pun tak kalah heboh dengan adanya tagar dan trending topik “Instagram Reels Indonesia” kala itu.
Instagram Reels Indonesia menjadi trending topik bukan tanpa alasan. Fitur tersebut dinilai mempunyai tampilan dan cara kerja yang persis seperti TikTok. Alhasil banyak orang menganggap Instagram sengaja “mencontek” ketenaran TikTok. Namun tidak sedikit juga orang menikmati konten-konten Reels seperti halnya TikTok.
Mumpung sedang menjadi trending topik, yuk cari tahu bagaimana cara menggunakan Instagram Reels untuk mempromosikan bisnis! Mari kenalan dengan kelebihan fitur Instagram Reels Indonesia dan cara ber-Instagram Reels marketing pada artikel berikut ini.
Baca juga : Trend dan Tips Instagram Marketing Terbaru!
Daftar Isi
Pengertian Instagram Reels
Gaya tampilan aplikasi TikTok yang unik terbukti sukses menginspirasi banyak orang. TikTok memang jauh lebih praktis dan dinamis dibandingkan media sosial khusus video lain (seperti YouTube dan Instagram). Cukup dengan scroll layar saja, pengguna sudah bisa menyimak ratusan video pendek dalam sehari tanpa henti.
Baru-baru ini Instagram akhirnya secara terang-terangan mengikuti jejak TikTok. Melalui fitur terbarunya, “Instagram Reels”, Instagram membawa kenyamanan TikTok ke platformnya. Hal ini disambut baik oleh sebagian besar pengguna setia IG.
Instagram Reels adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat atau menikmati video pendek persis seperti TikTok. Anda bisa menambahkan musik pengiring, teks, dan beragam editan atau filter ke Reels. Instagram Reels dan TikTok nyaris tidak ada bedanya!
Kemiripan dan Perbedaan Reels VS TikTok
Jika diamati, terdapat sejumlah persamaan dan perbedaan antara TikTok dan Instagram Reels. Kedua media sosial ini memungkinkan Anda untuk membuat video sepuasnya.
Hampir semua filter khas TikTok juga bisa ditemukan di Instagram Reels. Seperti video efek Augmented Reality, slow-motion, filter warna-warni cerah, dan seterusnya.
Satu-satunya perbedaan mencolok antara Reels dan TikTok terletak pada durasinya. 1 video TikTok bisa dibuat hingga 1 menit (60 detik), sedangkan durasi Reels hanya 15 detik saja seperti layaknya Instagram Stories.
Lokasi-Lokasi Penayangan Instagram Reels
Pada bagian mana Anda bisa menemukan konten-konten Instagram Reels? Ada 4 cara bagi seorang pengguna Instagram untuk bisa menemukan konten video Reels, yakni:
- Muncul secara otomatis di feeds Instagram. Cara ini dimungkinkan hanya kalau Anda memfollow akun kreator video tersebut. Kapanpun ia membuat sebuah Reels baru, Anda secara otomatis bisa menonton videonya dari feeds.
- Mencari audio yang digunakan oleh sebuah Reels. Video-video Reels akan ikut muncul di hasil pencarian audio.
- Mengklik hashtag yang digunakan oleh sebuah Reels.
- Menjelajahi isi trending Reels yang tersedia di menu Explore IG.
3 Alasan Khusus Bisnis Anda Harus Mencoba Cara Promosi Instagram Reels
Ketenaran Instagram Reels melahirkan sebuah strategi baru di dunia bisnis online: “Instagram Reels Marketing”. Sesuai namanya, Instagram Reels marketing adalah kumpulan strategi marketing/promosi online yang dilakukan memakai Instagram Reels.
Kenapa kita harus mencoba Instagram Reels marketing? Soalnya ada 3 alasan khusus mengapa cara promosi Instagram Reels ini efektif untuk bisnis online Anda, yaitu:
1. Cara Baru Meningkatkan Popularitas Toko
Tak lama setelah dirilis, fitur Instagram Reels sudah banyak digunakan oleh pengguna IG. Bahkan tidak sedikit juga masyarakat tertarik mencoba IG karena “kepo” dengan fitur Reels. Tingginya jumlah pemirsa Reels setiap harinya menjadi peluang bagus untuk Anda mencoba meningkatkan popularitas toko.
Selain itu TikTok juga terkenal sebagai tanah kelahiran beragam konten viral. Banyak sekali konten video, ide challenge, hingga musik yang jadi viral berkat TikTok. Sekarang dengan adanya Reels yang mirip TikTok, muncul kesempatan baru bagi kita untuk mempopulerkan usaha hingga viral!
2. Dijangkau Lebih Banyak Pemirsa
Jumlah penikmat Reels tidak perlu diragukan lagi. Walaupun fitur Reels berawal dari TikTok, nyatanya Instagram tetaplah sosial media terbesar abad ini.
Untuk kawasan Indonesia saja, jumlah pengguna Instagram ada sebanyak 62,9 juta orang. Sementara untuk kawasan internasional seluruh dunia, ada sebanyak 1 miliar orang jumlah pengguna jika IG ditotal. Bayangkan ada berapa banyak audiens baru yang bisa Anda raih jika mencoba cara promosi Instagram Reels ini!
Angka tersebut juga masih jauh tak tertandingi, termasuk oleh TikTok yang notabene banyak melahirkan konten viral. Sampai tahun 2021 ini, jumlah pengguna TikTok di seluruh dunia baru menyentuh angka 689,17 juta pengguna saja.
3. Menjangkau Generasi Milenial dan Gen Z
Pada abad ini sebagian besar masyarakat terbagi ke dalam dua tipe generasi: generasi Z (Gen Z) dan milenial. Mereka semua adalah calon pembeli potensial bisnis Anda, terutama Gen Z yang pada tahun ini memasuki usia dewasa dan berpenghasilan. Sementara kaum milenial masih merupakan anak-anak yang belum berpenghasilan.
Kebanyakan bisnis online terlalu fokus menarik perhatian milenial sehingga lupa dengan kehadiran Gen Z. Padahal menurut studi, Gen Z adalah populasi terbesar pengguna sosial media, khususnya TikTok.
Kehadiran Instagram Reels menjadi peluang bagi pebisnis online untuk menggaet sebanyak mungkin Gen Z supaya mau beralih dari TikTok. Olshop Instagram Anda berkesempatan 2x lebih besar untuk mendapat konsumen baru dari kalangan Gen Z.
5 Cara Menggunakan Instagram Reels untuk Bisnis
Reels bukan fitur iklan berbayar dari Instagram. Semua konten promosi yang Anda buat dengan Reels 100% terhitung sebagai strategi marketing konten. Jadi keefektifan promosi Anda sepenuhnya bergantung pada isi serta daya tarik konten Reels yang dibuat.
Jadi bagaimana cara membuat Instagram Reels yang bagus untuk promosi usaha? Mari langsung ikuti 5 cara simpel berikut ini:
1. Kenali Terlebih Dahulu Fitur-Fitur Reels
Seperti kata pepatah “Tak kenal maka tak sayang,” Anda harus mengenali terlebih dahulu apa saja fitur-fitur Reels sebelum bisa membuat konten yang baik.
Meskipun sama-sama produk Instagram, Reels memiliki fitur dan cara pembuatan yang berbeda lho dari IGTV, konten Carousel, atau Instagram Stories. Maka alangkah baiknya untuk Anda mengenali betul bagaimana cara membuat dan menggunakan Reels.
Jika Anda sudah terbiasa dengan fitur-fitur Reels, maka selanjutnya Anda bisa membuat konten dengan gampang. Begini tutorial ringkasnya:
- Update aplikasi Instagram Anda terlebih dahulu. Fitur Reels hanya tersedia pada Instagram versi terbaru.
- Buka aplikasi IG terbaru, lalu buka kamera khusus Instagram dengan cara menggeser ke kanan.
- Klik fitur “Reels” atau ikon film kecil di bagian bawah layar kamera. Dari sini Anda sudah bisa mulai merekam video Reels.
- Durasi Reels yang bisa dibuat minimal 3 detik, maksimal 15 detik. Setelah selesai merekam, Anda bisa mempercantik Reels dengan menambahkan teks, musik, efek/filter yang tersedia.
- Setelah semua beres, langsung upload Reels ke Stories atau posting ke feeds.
2. Jangan Takut Menuangkan Ide-Ide Kreatif Anda
Kunci utama Instagram Reels marketing sukses adalah berani menuangkan ide-ide kreatif ke dalam konten. Konten-konten yang menarik, unik dan inovatif merupakan primadona di Reels. Semakin unik dan orisinil konten Anda, maka peluang viralnya akan lebih besar dan cepat.
Studi psikologi menyebutkan bahwa masyarakat selalu menyukai hal-hal yang baru. Ketika konten Reels Anda mampu menghadirkan topik baru atau dikemas dengan cara yang belum pernah dilakukan sebelumnya, maka engagement bisnis Anda akan otomatis meningkat tajam.
3. Rancang Isi Konten Anda
Selalu buat rancangan atau peta konsep isi konten Reels Anda. Walaupun Reels hanya berdurasi 15 detik, tapi dampaknya bisa luar biasa kalau isinya tepat dan menarik.
Sebagai seorang konten kreator, Anda tidak boleh menyepelekan soalan durasi. Di sini yang terpenting adalah isi konten Anda, bukan seberapa panjang durasi video. Isi video yang panjang berjam-jam pun belum tentu bagus, bukan?
Durasi 15 detik Reels juga nyatanya menjadikan banyak pembuat konten kebingungan. Apa saja yang harus diisi dalam video berdurasi sesingkat itu? Kalau Anda juga masih bingung, cobalah gunakan pedoman singkat berikut ini untuk merancang konten Reels pertama Anda:
- Masukkan pesan-pesan unik atau khusus dari brand. Apa yang ingin Anda sampaikan kepada konsumen?
- Buat tujuan konten, baik untuk jangka pendek ataupun jangka panjang (on-going) seperti mempertahankan engagement dengan konsumen.
- Anda bisa menggunakan isu-isu viral atau trending topik sebagai inspirasi bahan untuk menarik minat penonton.
- Pastikan video Anda berkualitas baik (HD) supaya nyaman ditonton.
- Durasi video 3 – 15 detik, jadi buatlah video yang lugas dan tidak berbelit-belit.
- Lebih banyak berpromosi secara halus (soft-selling). Semisal mengaitkan produk atau jasa sebagai solusi atas permasalahan yang dihadapi konsumen.
4. Fokus Pada Engagement (Interaksi) dengan Konsumen
Tidak hanya untuk memperkenalkan produk, Instagram Reels marketing juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan engagement (interaksi) dengan konsumen. Buatlah konten video yang interaktif dan memancing rasa penasaran konsumen. Hasilnya, mereka akan tertarik untuk berinteraksi seperti berkomentar, memberi likes, dan membagikan Reels.
5. Kenali Target Audiens Anda
Supaya konten Reels Anda bisa membangun engagement dengan baik, Anda perlu mengenali dulu target audiens/penonton Reels. Siapa saja orang-orang menjadi target cara promosi Instagram Reels Anda? Membuat isi video yang sesuai dengan minat penonton akan mempercepat konten mendapat perhatian dan menjadi viral di masyarakat.
Berikut adalah beberapa pertanyaan yang bisa Anda jadikan acuan dalam proses menentukan target audiens Reels:
- Siapa kelompok masyarakat yang ingin Anda sasar? Konten untuk orang dewasa bisa berbeda jauh dari konten kesukaan remaja.
- Untuk apa Instagram Reels Anda? Apa yang membedakan promosi di Reels dengan promosi pada platform lainnya?
- Apa kesukaan atau minat dari target audiens Anda? Semakin baik Anda mengenal tentang konsumen, maka akan semakin mudah Anda membuat konten Reels yang mereka sukai.
Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini seputar cara menggunakan Instagram Reels untuk bisnis! Terima kasih sudah mengikuti sampai di sini. Yuk cari tahu lebih banyak artikel tips dan cara promosi Instagram lainnya dari MARKEY! Download aplikasinya sekarang di sini, atau kunjungi website MARKEY di https://markey.id/.
Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya dari MARKEY, ya, sampai jumpa!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.