Media Bisnis Online | by APPKEY

PemasaranInternet marketingCara Masuk FYP TikTok : Belajar Algoritma TikTok...

Cara Masuk FYP TikTok : Belajar Algoritma TikTok untuk Bisnis Online

-

Last Updated on June 23, 2022 by

Sudah capek-capek bikin video promosi olshop, tapi hasilnya tidak memuaskan? Video bisnis Anda susah masuk daftar video Tik Tok viral minggu ini? Bisa jadi akar masalahnya adalah Anda tidak tahu soal algoritma TikTok.

Cara promosi lewat TikTok memang terbilang unik dan seru. Tidak seperti sosial media video lainnya yang rumit, TikTok menyediakan cara termudah untuk membuat konten secara langsung. Juga ada banyak filter, fitur editing dan efek animasi yang bisa Anda kreasikan supaya video promosi tampak menarik.

Tetapi jangan asal sekadar joget dan rekam saja lho. Anda juga harus tahu bagaimana cara kerja algoritma TikTok supaya video Anda bisa masuk laman FYP (For Your Page). Apa itu FYP, algoritma TikTok dan tips cara promosi lewat TikTok yang 100% sukses? Semuanya sudah kami rangkum lengkap pada artikel berikut ini.

Baca juga : Tiktok Affiliate : Definisi, Cara Daftar & Omsetnya yang Selangit

Apa Itu Algoritma TikTok?

algoritma-tiktok-2

Istilah “algoritma” sangat sering muncul dalam topik bahasan teknologi karena peranannya yang sangat penting. Algoritma tidak hanya digunakan dalam sistem komputer saja, tetapi juga pada Google serta sosial media termasuk TikTok.

Walaupun sudah cukup lama dirilis, nama sosmed TikTok baru melejit viral di seluruh dunia pada tahun 2020 lalu. Platform ini mirip seperti YouTube, yakni sosial media khusus untuk konten video. Bedanya, TikTok mempunyai tampilan yang lebih ringkas, filter-filter yang khas dan lebih banyak konten seru seputar berbagai topik.

Itulah mengapa nama TikTok akhirnya populer, khususnya di kalangan anak muda. Sampai saat ini tercatat ada sekitar 800 juta pengguna TikTok dari seluruh dunia. Pesatnya perkembangan TikTok pun sukses menarik minat banyak orang untuk berbisnis di platform tersebut.

Salah satu kunci sukses berbisnis di TikTok adalah dengan mempelajari algoritmanya. Algoritma TikTok adalah cara-cara sistem TikTok memunculkan video yang tepat sesuai kesukaan penonton. Memahami Algoritma TikTok jelas akan mempermudah Anda membuat konten video yang bisa selalu muncul di FYP penonton.

Misteri TikTok Algoritma

Tidak semua orang memahami bagaimana cara kerja sistem algoritma di TikTok. Tidak sedikit pula orang yang kebingungan karena laman FYP TikTok cenderung tidak tertebak. Anda bisa menyimak banyak sekali video baru di FYP, baik dari orang-orang yang di-follow maupun yang tidak.

Sebagian orang mengernyitkan dahi karena mendapati konten yang kurang bagus kualitas rekaman gambarnya, tapi sukses menjadi video Tik Tok viral minggu ini. Sebaliknya, konten-konten yang bagus dan apik justru sepi penonton. Pengalaman-pengalaman “aneh” seperti itulah yang membuat banyak orang menyerah memahami algoritma Tik Tok.

Sistem tersebut cukup berbeda dari algoritma sosial media lainnya seperti Instagram. Algoritma Instagram masih jauh lebih terprediksi. Ketika Anda memfollow dan rajin memberi likes pada postingan akun-akun fashion, misalnya. Instagram akan mengerti bahwa Anda suka konten fashion, dan otomatis ia akan memunculkan lebih banyak rekomendasi postingan seputar topik tersebut.

Walaupun agak rumit dimengerti, memahami cara kerja algoritma di TikTok tetap dipandang sebagai bentuk investasi yang baik bagi kelangsungan bisnis jangka panjang. Pemahaman terkait algoritma akan membantu Anda lebih mudah mencapai target promosi (KPI marketing) di TikTok.

Artikel terkait  5 Kiat Reseller Paket Tanaman Hias Sukses Tanpa Modal

Dampak Positif Menguasai Algoritma Tik Tok

Kenapa orang-orang tetap berusaha mempelajari algoritma Tik Tok meskipun sulit dan penuh misteri? Jawabannya karena ada banyak dampak positif yang bisa Anda dapatkan dari konten yang viral di sosmed ini, terutama untuk bisnis.

Berikut beberapa manfaat dari sukses membuat video Tik Tok viral minggu ini:

  • Masuk ke laman FYP (For Your Page). Ada dua jenis tab TikTok, yaitu “Following” (berisi konten dari akun yang Anda ikuti) dan “FYP” (berisi konten-konten viral yang sesuai dengan selera Anda). Video-video yang masuk ke FYP dipastikan viral plus sukses mendulang banyak likes, comments dan share.
  • Video ditonton oleh lebih banyak pemirsa. Video yang pas sesuai karakteristik algoritma akan lebih mudah direkomendasikan untuk setiap pengguna TikTok. Hasilnya video Anda akan selalu ramai dan engaging (memikat).
  • Menambah followers dengan gampang. Video yang menarik akan mengundang penonton untuk memfollow akun TikTok Anda. Mereka tentu tidak ingin kelewatan update video baru.
  • Kampanye iklan Anda sukses mencapai target. Semakin banyak yang menonton video promosi bisnis Anda di TikTok, alhasil akan semakin besar pula kesuksesan kampanye iklan Anda. Orang-orang yang tadinya belum tahu bisnis Anda bisa langsung tertarik untuk berbelanja (menjadi konsumen baru).

Cara Algoritma TikTok Bekerja Membuat Konten Viral

algoritma-tiktok-3

Ada jutaan video TikTok yang beredar setiap harinya dan bisa kita simak. Namun tentunya TikTok tidak akan menampilkan semua video tersebut kepada Anda sekaligus. Berkat algoritma canggih, TikTok mempunyai mekanisme khusus untuk memilih, menyortir dan menampilkan video-video terbaik saja kepada setiap pengguna.

Rahasia algoritma di TikTok adalah sebuah sistem komputer khusus bernama Open Social Network. Sistem tersebut memungkinkan setiap pengguna TikTok memperoleh rekomendasi video dari pengguna lainnya. Terdapat pula beberapa indikator yang dipakai oleh TikTok saat memilih sebuah video yaitu:

  • Riwayat konten yang disukai.
  • Riwayat penelusuran topik, nama pengguna, lagu, atau hashtag.
  • Daftar orang-orang dan topik yang diikuti seorang pengguna.

Semisal Dina adalah pengguna TikTok yang menggemari konten-konten Kpop. Setiap hari Dina memberi likes dan komentar pada postingan TikTok Kpop; memfollow akun-akun kreator Kpop video; serta membagikan konten Kpop kesukaannya dari TikTok ke sosmed lain.

Alhasil, TikTok akan lebih banyak merekomendasikan konten Kpop di laman FYP Dina. Namun tetap tak menutup kemungkinan juga bagi Dina untuk melihat video viral tentang hal lain di laman FYP-nya. Sistem Open Social Network bisa bekerja setiap saat dan untuk semua orang, asalkan si pengunggah tidak mengatur akunnya dalam mode privat (terkunci).

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Algoritma Tik Tok

Ada sejumlah faktor yang bisa menentukan apakah video Anda masuk daftar video Tik Tok viral minggu ini atau tidak. Faktor-faktor tersebut antara lain:

1. Interaksi Pengguna

Faktor pertama adalah pola interaksi Anda dengan konten-konten yang ada di TikTok. Interaksi di sini mencakup video yang Anda sukai, bagikan, dan komentari setiap hari. Selain itu, peranan hashtag sangat berpengaruh terhadap popularitas video TikTok.

Semakin banyak pula video Anda menerima interaksi dari penonton, maka akan semakin tinggi ranking video Anda dalam kategori hashtag. Contoh: Anda memposting konten promosi skincare dengan hashtag #bisnisskincare. Jika konten Anda berhasil mendapat ribuan interaksi, otomatis video Anda akan muncul pertama kali di jajaran hashtag #bisnisskincare.

Ranah cakupan interaksi pengguna di TikTok adalah yang terluas dibandingkan sosial media lain. Bahkan Anda bisa lho mendapat banyak interaksi dengan membuat video memakai lagu atau filter yang lagi hits. Sama seperti hashtag, pengguna bisa mendapatkan daftar rekomendasi konten berdasarkan filter atau lagu yang dipakai di TikTok.

2. Setting Akun Pengguna

Sistem algoritma juga bisa bekerja menentukan konten terbaik ketika Anda membuat akun. Saat mengatur setting akun TikTok pertama kali, Anda diarahkan untuk memilih topik-topik konten yang disuka.

Misal Anda memilih konten tertentu seperti bisnis online. Pilihan tadi akan memengaruhi konten yang Anda tonton nanti di TikTok. Jadi konten seputar bisnis onlinelah yang akan paling sering Anda lihat.

Pengguna juga bisa menyortir sendiri kalau ada tipe konten yang tak sesuai minat mereka.

3. Tingkat Penyelesaian Menonton

Terakhir ada faktor “Completion Rates” atau tingkat penyelesaian menonton sebuah video. Semakin banyak audiens yang menonton video Anda sampai tuntas, maka TikTok akan memberikan penghargaan berupa peluang viral yang lebih besar.

Video-video yang ditonton sampai habis oleh pengguna dinilai lebih berkualitas dan menarik oleh tim TikTok. Buktinya masyarakat betah menonton sampai akhir.

Artikel terkait  Inilah 11 Model Unik Notifikasi PopUp : Anti Diskip Pengunjung!

Cara Promosi Lewat TikTok Termudah, Dijamin Masuk FYP

Sekarang tibalah kita pada pembahasan spesial terkait cara promosi lewat TikTok yang sukses masuk FYP. Mari langsung saja ikuti tips-tips berikut ini:

1. Pastikan Kualitas Rekaman Baik

Kualitas rekaman yang baik akan menjadikan audiens betah menyimak konten Anda sampai akhir, memberi likes, komentar atau membagikan ulang postingan Anda ke sosmed lain. Jadi buatlah konten yang enak dan nyaman untuk ditonton. Tidak hanya sekadar jernih saja, usahakan konten Anda cukup estetik, memuat informasi dan suara yang jelas, serta disusun secara apik agar mudah dipahami isinya!

2. Pakai Musik yang Sedang Hits

Inilah keuntungan membuat konten di TikTok. Anda tidak perlu repot mencari musik dari perangkat lain. Cukup gunakan lagu-lagu yang sedang hits di TikTok supaya konten Anda lebih cepat viral.

3. Rajin Berinteraksi

Rajin berinteraksi dengan sesama pengguna TikTok lain juga bisa membantu konten Anda cepat viral masuk laman FYP. Selain itu, reputasi akun bisnis Anda bisa ikut terbangun perlahan-lahan di mata konsumen. Masyarakat akan lebih mudah mengingat brand bisnis yang selalu menanggapi interaksi mereka dengan ramah.

4. Pastikan Pengaturan Sudah Benar

Jangan lupa untuk memastikan hal-hal seperti lokasi dan preferensi bahasa di setting akun TikTok sudah benar. Informasi kecil-kecilan ini tetap bermanfaat untuk memperlancar distribusi video ke kelompok pemirsa yang tepat. Akun-akun yang berlokasi di Indonesia sudah pasti akan menerima lebih banyak update postingan video dari pengguna Indonesia juga. Promosi Anda jelas akan sia-sia kalau video justru kesasar ke timeline FYP pengguna luar negeri.

5. Ide Konten Kekinian dan Segar

Semua konten viral pasti mempunyai isi yang kekinian, segar dan unik. Orang-orang selalu menyukai bahasan video yang baru dan menarik. Jadi cobalah untuk membuat video promosi yang seru, antimainstream dan memuat info-info kekinian supaya asyik saat ditonton.

Anda tidak melulu harus melakukan promosi secara langsung (hard-selling). Beriklan sambil diselipi humor parodi, dance kekinian, membahas permasalahan/isu sosial, dan mengadaptasi lagu-lagu yang sedang populer adalah alternatif yang patut dicoba.

6. Menggunakan Hashtag

Perhatikan baik-baik setiap video yang lewat di beranda FYP Anda. Hampir semua video pasti menggunakan hashtag tertentu, minimal #FYP. Keberadaan hashtag berpengaruh besar terhadap kesuksesan video TikTok karena mempermudah sistem dalam menyortir kategori video sebelum ditampilkan ke pengguna.

Hashtag juga bisa membantu penonton mencari video bisnis Anda dengan gampang. Mulai hari ini, pastikanlah konten-konten TikTok Anda sudah dilengkapi hashtag.

7. Mengikuti Challenge Viral TikTok

Terakhir, Anda bisa mengikuti challenge-challenge yang lagi viral di TikTok. Trend tantangan atau challenge di TikTok memang tidak akan ada habisnya. Setelah sebuah challenge sukses viral, maka pasti akan muncul lagi tantangan seru lainnya.

Challenge TikTok bisa hadir dalam beragam bentuk. Mulai dari challenge dance, lagu, prank, photomodel, dan sebagainya. Selamat mencoba!

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar cara promosi lewat TikTok terbaik. Yuk perkaya lagi wawasan Anda dengan rajin membaca tips-trik gratis dari MARKEY! Follow website MARKEY di https://markey.id/ atau download aplikasinya gratis di Google Play demi kenyamanan membaca yang lebih maksimal.

Sampai bertemu lagi di topik dunia bisnis menarik berikutnya, sayonara!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Paket Aplikasi Android dan iOS

Pasang iklan

- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Mari mencobanya dengan...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

HOST ID dan NETWORK ID | Pengertian dan Contohnya

Perangkat komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari, ternyata memiliki jaringan yang rumit dan juga kompleks. Sebab, hingga saat ini...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak untuk Pemula

Belajar IT atau coding bisa dibilang hal yang tidak mudah apalagi bagi pemula. Karenanya memang butuh beberapa tahun untuk...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya