Media Bisnis Online | by APPKEY

PemasaranInternet marketingTop 7 Isu Viral di Sosial Media yang Bisa...

Top 7 Isu Viral di Sosial Media yang Bisa Mendongkrak Marketing Bisnis Anda

-

Last Updated on February 10, 2022 by

Kunci rahasia iklan yang menarik adalah memanfaatkan isu viral di sosial media. Coba Anda perhatikan baik-baik. Ada cukup banyak iklan kekinian dibuat memadukan isu-isu yang lagi viral di sosial media.

Salah satu contoh adalah iklan Tokopedia yang beberapa waktu lalu tayang di TV. Tokopedia me-remix lagu viral TikTok “Ampun Bang Jago” dengan lirik promosi fitur COD terbarunya. Begitu juga dengan jasa Pos Indonesia yang membuat konten TikTok memanfaatkan isu viral dari selebriti TikTok Sisca Kohl.

Iklan yang mengadaptasi isu viral di sosial media banyak dipakai karena terbukti selalu sukses menarik perhatian konsumen. Ingin tahu cara bersosial media marketing strategi dengan iklan viral selengkapnya? Yuk simak langsung pembahasan khusus dari MARKEY berikut ini!

Mengapa Beriklan dengan Isu Viral di Sosial Media?

viral-marketing-1

Jangan biarkan topik, isu ataupun konten yang lagi viral di sosial media 2021 lewat begitu saja! Pasalnya, Anda bisa memanfaatkan konten-konten tersebut sebagai bahan social media marketing strategi bisnis.

Belakangan ini, pertumbuhan aktivitas dan penggunaan sosial media semakin meningkat di banyak negara, termasuk Indonesia. Banyaknya orang yang menyimak sebuah konten dalam sehari bisa saja menjadikannya viral dengan mudah. Apalagi kalau konten tersebut mempunyai keunikan dan isu yang menarik untuk dibahas.

Ketika semua orang di sosial media membicarakan sebuah konten yang viral, maka di sanalah peluang bagi bisnis Anda untuk ikut “nimbrung” dengan masyarakat. Anda bisa mengadaptasi beberapa konten viral sebagai bahan marketing.

Tindakan memanfaakan isu viral di sosial media sebagai bahan promosi sudah dikenal cukup lama di dunia bisnis, lho. Trik ini bernama “Viral Marketing” dan masih menjadi bagian dari social media marketing strategi.

Membuat konten iklan dari hal-hal viral tentunya memiliki keuntungan spesial untuk bisnis Anda, seperti:

  • Mendongkrak eksistensi dan reputasi bisnis dengan cepat, sebab konten yang lagi viral di sosial media 2021 selalu seru untuk dibahas. Siapa tahu, konten Anda juga akan kebagian sorotan dari audiens di sosial media!
  • Menjadi solusi saat kekurangan ide promosi. Mencari ide promosi bukan perkara gampang. Jika Anda dan tim sedang mentok atau kehabisan ide tidak ada salahnya mencari referensi dari isu-isu viral di sosmed.
  • Bisa menekan budget iklan. Kebanyakan iklan yang dibuat dari konten viral hanya memakan budget kecil. Supaya menarik dan sukses, Anda dituntut untuk lebih banyak berkreasi bukan lebih banyak mengeluarkan modal biaya.

7 Trend Marketing Viral yang Bisa Anda Jadikan Bahan Iklan

Sudah siap membuat konten iklan tapi tidak tahu dimana mencari inspirasinya? Tenang saja, berikut kami sajikan 7 trend marketing yang lagi viral tahun ini untuk melancarkan social media marketing strategi Anda:

Artikel terkait  ASO vs SEO : Mana yang Terbaik untuk Memaksimalkan Aplikasi Bisnis?

1. Pemakaian Meme Kocak untuk Iklan

Salah satu konten yang paling banyak dicari dan dinikmati di sosial media adalah meme. Meme merupakan aneka foto atau video humor jenaka. Banyak orang menikmati meme selain karena gratis, konten hiburan ini seringkali relevan dengan kehidupan di dunia nyata.

Ada juga beberapa jenis meme yang bisa digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan khusus kepada pemirsanya. Keunikan khas meme inilah yang menjadikannya sebagai konten eksklusif dan pas untuk meningkatkan engagement dengan konsumen.

Akibatnya banyak bisnis yang menggunakan konten meme untuk beriklan. Anda bisa mencari meme yang sedang viral hari ini di sosmed lalu memodifikasinya sedikit. Hasilnya, Anda akan memperoleh konten promosi baru yang jenaka sekaligus kekinian!

2. Konten Pemberantasan Hoax

Sejumlah pakar digital dan jurnalistik menilai bahwa jumlah kabar hoax/palsu di sosial media tahun 2021 meningkat tajam. Peningkatan isu-isu hoax ini terjadi lantaran jumlah penggunaan internet yang terus bertambah selama pandemi Covid-19.

Tentu saja kehadiran berita-berita palsu ini sukses meresahkan banyak pihak. Namun di sisi lain, bisnis Anda bisa mengambil kesempatan melakukan soft-selling sembari memberantas hoax.

Anda bisa turut berpartisipasi membantu masyarakat supaya terhindar dari hoax dengan merilis konten-konten asli, original ataupun mengutip dari sumber terpercaya. Jika suatu hari Anda mendapati komunitas sosmed tengah membicarakan isu hoax, segera cari tahu kebenarannya dan publikasikan informasi yang benar.

Tindakan sederhana ini bisa membuat nama bisnis Anda ikut terdongkrak di masyarakat. Usaha Anda akan dipandang sebagai perusahaan yang kredibel, peduli terhadap masyarakat dan terpercaya. Anda tetap boleh menyelipkan komentar jenaka berbau promosi pada postingan untuk meningkatkan interaksi dengan konsumen.

3. Perbanyak Pemakaian TikTok sebagai Platform Promosi

video-tiktok

TikTok adalah sosial media yang layak mendapat penghargaan di tahun ini sebagai “Rajanya Sosmed”. Hal ini bukanlah tanpa sebab. Semenjak dirilis dari tahun 2019 dan berkembang sampai hari ini, angka pertumbuhan pengguna sosial media berbasis video tersebut telah melebihi angka 200%.

Anda jelas tidak boleh melewatkan kesempatan menggaet audiens di TikTok! Terlebih lagi sekarang TikTok menghadirkan fitur bisnis untuk memudahkan pedagang online membuat toko dan konten promosi. Simak lebih jauh artikel trik sukses promosi di TikTok pada artikel spesial MARKEY di sini.

4. Promosi Lewat Chat (Percakapan)

Trend marketing 2021 terbaru lainnya adalah berpromosi lewat fitur chat. Strategi promosi kekinian ini dikenal juga dengan nama “Conversational Marketing” (Marketing dengan Percakapan).

Sesuai namanya, Anda melakukan promosi secara langsung dengan menghubungi konsumen via aplikasi chat misalnya WhatsApp, Direct Message Twitter, LINE, KakaoTalk, dan lain-lain. Trik ini sejatinya mirip dengan e-mail marketing. Perbedaannya hanya terletak pada media yang digunakan saja.

Ketika melakukan conversational marketing, Anda bisa langsung menawarkan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan atau kesukaan personal konsumen Anda. Jadi bentuk penawaran yang diberikan ke setiap konsumen bisa berbeda-beda, tergantung pada apa yang mereka suka.

Cara ini dinilai ampuh untuk meningkatkan penjualan, sebab konsumen selalu sulit melewatkan penawaran produk/jasa yang pas dengan kebutuhan dan minat mereka.

5. Konten Pengetahuan (Educational Content)

Selanjutnya ada bentuk konten pengetahuan (educational) yang juga marak diminati masyarakat tahun ini. Masyarakat modern sudah tidak lagi tertarik dengan konten-konten promosi terbuka dan lugas (hard-selling). Mereka akan langsung mengabaikan konten yang sepenuhnya berbau promosi.

Tetapi beda ceritanya dengan strategi educational content. Anda bisa membuat dan membagikan beragam konten berisi pengetahuan atau fakta terbaru; tips dan trik; DIY (Do-It-Yourself) alias tutorial membuat sesuatu dan sebagainya kepada konsumen.

Konten-konten educational dipandang lebih menarik bagi audiens karena ada saja hal-hal yang menjadi pengetahuan atau inspirasi baru bagi mereka. Setelah topik bahasan selesai dipaparkan, Anda bisa menyelipkan ajakan-ajakan halus (CTA) pada postingan, seperti memfollow akun, membagikan postingan, dan melihat-lihat produk di website.

Semakin sering Anda memposting konten-konten bermanfaat seperti ini, maka hasilnya juga akan semakin baik. Akun olshop Anda akan segera ramai dipenuhi oleh followers baru yang tak mau ketinggalan tips dan trik menarik dari Anda.

6. Bekerja Sama dengan Influencer Viral

Isu viral tidak hanya datang dari konten. Banyak influencer dan selebriti juga menjadi bahan perbincangan hangat sehari-hari dan viral baik karena prestasi, sensasi, atau hal-hal lain yang mereka lakukan di sosial media dan kehidupan nyata.

Bekerja sama dengan para influencer yang sedang viral bisa menjadi jalan pintas untuk mempromosikan bisnis Anda ke masyarakat. Influencer adalah orang-orang dengan pengaruh khusus di masyarakat. Mereka bisa dengan gampang menggerakkan massa dan mempengaruhi audiens karena banyak orang sudah mempercayai kualitas reputasinya. Jadi ketika seorang influencer mempromosikan produk Anda, maka dijamin deh, orang-orang akan segera tertarik mencoba produk tersebut!

Tapi Anda tetap harus cermat dan hati-hati memilih influencer untuk diajak bekerja sama. Saat ini ada banyak influencer lokal yang justru viral karena sensasi negatif. Demi menjaga nama baik bisnis, sebaiknya pilihlah influencer yang berprestasi positif untuk diajak kerja sama.

Artikel terkait  10 Taktik Pemasaran Bisnis Online untuk Raih Omset 50 Juta

7. Mencoba Social Shopping

social-shopping

Trend marketing terakhir yang booming di tahun ini adalah “Social Shopping”. Social shopping adalah inovasi fitur “ecommerce” yang dirilis oleh sosial media. Dengan fitur ini, pemirsa konten Anda bisa langsung membeli produk dengan mengklik konten saja. Super canggih!

Fitur social shopping hadir lantaran pemakaian ecommerce yang sudah menjadi lifestyle baru bagi masyarakat Indonesia. Agar lebih praktis dan tak perlu bolak-balik membuka banyak aplikasi, pihak sosial media merilis fitur belanja langsung pada media mereka.

Contoh fitur ini ada banyak di sosial media kesayangan kita. Misalnya Instagram Shopping, Facebook Bisnis Page, Pinterest Shop, TikTok Business dan lain-lain. Pun Anda bisa turut menerapkan beberapa trik berikut demi melancarkan strategi social shopping:

  • Rajin memposting konten di sosmed. Kreasikan konten dengan beragam topik hangat atau viral supaya lebih memikat.
  • Buat konten-konten edukasi sebagai selingan konten iklan.
  • Aktif berinteraksi dengan konsumen di kolom komentar, chat DM, mengadakan mini quiz atau merepost ulang unggahan mereka yang menyebutkan produk Anda.
  • Lengkapi profil sosmed Anda dengan informasi rinci bisnis, foto profil jelas, dan bio atau deskripsi singkat menarik. Ini penting supaya konsumen percaya bahwa akun Anda asli.

Demikianlah pembahasan berbagai trend marketing yang banyak digunakan oleh pebisnis online tahun ini. Kalau mau tahu lebih banyak tips, trik dan inspirasi promosi bisnis online kekinian, maka jangan lupa untuk mendownload aplikasi MARKEY gratis di Google Play!

Ada banyak artikel pedoman bisnis online gratis yang bisa Anda baca dari MARKEY. Follow juga sosial media dan website kami di https://markey.id/ agar tak ketinggalan update. Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Paket Aplikasi Android dan iOS

Pasang iklan

- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Mari mencobanya dengan...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

HOST ID dan NETWORK ID | Pengertian dan Contohnya

Perangkat komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari, ternyata memiliki jaringan yang rumit dan juga kompleks. Sebab, hingga saat ini...

Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak untuk Pemula

Belajar IT atau coding bisa dibilang hal yang tidak mudah apalagi bagi pemula. Karenanya memang butuh beberapa tahun untuk...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya