Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Iklan Aplikasi TikTok Semakin Populer, Yuk Coba Beriklan Lewat TikTok

Aplikasi TikTok Semakin Populer, Yuk Coba Beriklan Lewat TikTok

-

Ada ratusan juta pengguna aktif TikTok di seluruh dunia, sebab TikTok memberikan peluang besar bagi pengiklan. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengedit dan berbagi video singkat dengan beragam filter, efek, dan musik kekinian yang ada di dalamnya.

Banyaknya opsi dan membludaknya pengguna aktif di TikTok membuat aplikasi ini menjadi benar-benar popular dan mengguncang dunia pemasaran.

Berbagai brand kelas atas dan ternama seperti Apple Music, Nike, Fenty Beauty, telah menggunakan iklan TikTok untuk mempromosikan produk mereka dalam kampanye yang unik dan menarik secara visual.

Platform Iklan TikTok tidak seperti kebanyakan pendahulunya. Jika digunakan secara efektif, ini dapat membantu Anda memanfaatkan salah satu kumpulan pengguna yang paling menguntungkan.

Namun, tidak semua bisnis dapat memanfaatkan penawaran unik TikTok. Sebab ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum Anda mengeluarkan seluruh waktu dan tenaga dalam beriklan TikTok. Pertimbangkan 2 hal dibawah ini:

Target Demografis Bisnis Anda

Apabila anak muda merupakan salah satu target sasaran utama bisnis Anda, iklan TikTok dapat menjadi investasi yang berharga. Ada sekitar 66% pengguna TikTok yang berusia dibawah 30 tahun, 41% berusia 16-24 tahun.

Jika sasaran Anda ternyata adalah orang-orang yang berumur lebih tua daripada itu, ada baiknya Anda mundur dari sekarang sebab platform ini bukanlah platform yang tepat untuk audience bisnis Anda.

Anggaran untuk Beriklan di TikTok

video-tiktok

Sementara bisnis yang lebih besar seperti Nike, Disney, dan Grubhub dengan cepat beriklan di TikTok untuk mendorong tayangan besar, iklan TikTok mungkin kurang terjangkau untuk bisnis yang lebih kecil.

Karena iklan di platform baru dan langka, mereka datang dengan biaya premium yang dimulai dari rata-rata $10 atau sekitar Rp142.094 per CPM dan dapat mencapai total anggaran $300.000 atau Rp426.2847.155 untuk kampanye yang lebih besar. Selain itu, kampanye TikTok memerlukan investasi minimum $500 atau Rp7.104.745 sehingga mungkin tidak cocok untuk bisnis Anda jika Anda mencari opsi periklanan yang lebih terjangkau dan dapat diprediksi.

Jika Anda memutuskan iklan TikTok adalah investasi yang layak untuk bisnis Anda, berikut cara memulainya.

1. Buat Akun Iklan TikTok

Yang pertama harus Anda lakukan adalah mengunjungi halaman beranda Iklan TikTok dan klik tombol Buat Iklan. Proses pengaturannya belum online sepenuhnya, sebab iklan TikTok masih dalam versi beta. Ketika Anda mengklik tombol tersebut, sebuah formulir akan muncul yang meminta detail untuk menyiapkan akun Anda.

Saat Anda sudah selesai mengirim informasi yang dibutuhkan, pihak TikTok akan menghubungi Anda untuk mengatur akun Iklan TikTok Anda. Dibutuhkan waktu hingga 48 jam untuk menerima akun Anda. Setelah Anda melakukannya, proses pembuatan iklan akan relatif mudah.

2. Buat Kampanye Iklan TikTok

Pilih tab Kampanye Pada dashboard Iklan TikTok di bagian atas halaman, kemudian klik tombol buat. Lankah berikutnya, pilih tujuan kampanye iklan Anda. Pada tulisan ini, Anda dapat memilih dari tiga opsi: Lalu Lintas, Konversi, dan Pemasangan Aplikasi.

Untuk menetapkan anggaran Anda di tingkat kampanye, pilih salah satu opsi Anggaran Harian atau Anggaran Total di bawah Pengaturan. Perhatikan bahwa anggaran harian dan anggaran total setidaknya harus Rp7.104.745.

Artikel terkait  Panduan Awal Membangun Bisnis Blog Makanan Enak

3. Atur Penempatan, Detail, dan Penargetan Iklan TikTok Anda

Langkah selanjutnya adalah membuat grup iklan untuk kampanye Anda dan memilih penempatan serta penargetan Anda.

Selain itu, ada juga pilihan untuk penempatan otomatis, di mana TikTok menentukan di mana iklan Anda akan berkinerja terbaik dan menempatkannya di sana. Setelah Anda memilih penempatan pilihan, ikuti petunjuk untuk memasukkan semua detail yang diperlukan untuk mulai menjalankan iklan Anda, termasuk URL, nama tampilan, gambar, dan kategori yang relevan.

Anda juga dapat memilih hingga 20 kata kunci untuk mendeskripsikan situs web atau aplikasi Anda, yang kemudian akan digunakan untuk mencocokkan produk Anda dengan audiens yang tepat.

Pada bagian Penargetan memungkinkan Anda untuk menentukan audiens target. Tetapkan parameter untuk usia, lokasi, jenis kelamin, minat, Bahasa. perangkat, dan lain-lain untuk menarik audiens yang tepat ke iklan Anda.

Jika Anda ingin menargetkan sekelompok orang tertentu pada iklan TikTok, Anda dapat membuat audiens khusus dengan mengunggah ID pengguna TikTok yang ada. Cukup unggah ID dengan format CSV, TXT, atau ZIP.

4. Kontrol Belanja, Durasi, dan Sasaran Iklan Tiktok Anda

iklan-1-1

Tetapkan Anggaran dan Jadwal

Di bagian Anggaran & Jadwal, tetapkan anggaran untuk grup iklan. Anda dapat memilih anggaran harian (jumlah yang ingin Anda belanjakan setiap hari) atau anggaran total (jumlah total yang bersedia Anda belanjakan selama durasi jadwal).

Pilih Opsi Kecepatan

Selanjutnya, tetapkan kecepatan anggaran Anda, yang menentukan kecepatan pengeluaran anggaran Anda. Opsi Pengiriman standar memberikan ruang keluar anggaran Anda secara merata di seluruh durasi kampanye, sementara opsi Percepat menghabiskan anggaran secepat mungkin selama waktu yang dijadwalkan.

Pilih Sasaran Pengoptimalan Anda

Sasaran pengoptimalan Anda mencerminkan metrik utama yang ingin Anda capai dengan kampanye Anda. Anda dapat memilih untuk mengoptimalkan grup iklan Anda untuk Konversi, Klik, atau Tayangan dan penawaran Anda akan dioptimalkan berdasarkan tujuan yang Anda pilih.

Jika Anda memilih Konversi sebagai sasaran, iklan Anda akan ditayangkan kepada orang-orang yang kemungkinan besar berkonversi untuk produk atau layanan Anda.

Untuk melacak semua tindakan yang menandakan konversi (misalnya, unduhan aplikasi atau pengiriman formulir), buat peristiwa konversi dengan mengklik Pustaka dan memilih Konversi.

Dari sini, putuskan apakah Anda ingin menyiapkan pelacakan konversi untuk  pemasangan aplikasi  atau elemen tertentu  dari laman landas Anda  melalui piksel.

Sasaran konversi diberi harga menggunakan metode penawaran CPC (biaya pengoptimalan per klik), yang memastikan iklan Anda akan ditampilkan kepada pengguna yang kemungkinan besar akan melakukan tindakan yang diharapkan.

Dengan CPC, Anda menawar pada biaya konversi individual yang Anda harapkan, tetapi kemudian membayar dengan BPK (biaya per klik). Iklan TikTok secara otomatis menyesuaikan tawaran berdasarkan pengaturan tawaran Anda, menarik biaya kampanye Anda mendekati harga target Anda.

Jika Anda memilih Klik sebagai tujuan menyeluruh untuk grup iklan Anda, Anda akan ditagih berdasarkan BPK, dengan iklan Anda dioptimalkan untuk mendorong klik sebanyak mungkin. Terakhir, jika Anda menetapkan Tayangan sebagai tujuan, iklan Anda akan ditagih berdasarkan CPM (biaya per seribu), yang menunjukkan harga seribu tayangan.

Artikel terkait  Berbisnis Unik dengan Pinterest Indonesia

5. Optimalkan Iklan TikTok Anda

Saat membuat pengambilalihan merek atau iklan bergambar dalam aplikasi, pastikan Anda menggunakan gambar beresolusi tinggi karena visual iklan akan mengambil alih seluruh layar pengguna dan sangat terlihat.

Fokus hanya pada satu ajakan bertindak (CTA) untuk mengoptimalkan tautan pengalihan Anda. Sebagai gambaran, jika Anda meminta pengguna untuk mendownload aplikasi Anda dan mengakses kode kupon melalui situs Anda, Anda mungkin akan membingungkan beberapa penonton dengan mengarahkan mereka ke layar download aplikasi Anda.

Untuk salinan iklan, perhatikan bahwa iklan TikTok menyediakan sedikit ruang untuk menjelaskan apa pun dengan kata-kata. Deskripsi iklan dibatasi hingga 80 karakter. Karena semua deskripsi iklan muncul di bagian bawah layar, pastikan untuk menempatkan elemen kreatif utama Anda di tengah layar untuk menghindari kemacetan.

Kesimpulan

Pastikan terlebih dahulu, apakah bisnis Anda memiliki peluang beriklan di TikTok, mulai dari sasaran audience dan biaya yang akan dikeluarkan nantinya. Setelah Anda yakin untuk memulai beriklan di TikTok ikuti langkah-langkah diatas dan pastikan tidak ada yang terlewatkan. Panduan langkah demi langkah akan membantu Anda menavigasi dan memulai dalam waktu singkat.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya