Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Mencoba Terobosan Viral Marketing | Bikin Bisnis Laris dengan...

Mencoba Terobosan Viral Marketing | Bikin Bisnis Laris dengan Sensasi

-

Masihkah Anda mengingat kejadian viralnya video “Odading Mang Oleh” beberapa waktu lalu di dunia maya? Viralnya video review Odading Mang Oleh merupakan awal dari ramainya gerobak dagang gorengan Odading oleh masyarakat yang penasaran.

Meski mungkin saja video tersebut murni dibuat karena iseng dan tanpa diduga berakhir viral, namun kejadian di atas adalah contoh viral marketing yang nyata terjadi di masyarakat Indonesia.

Apa yang dimaksud dengan viral marketing? Pernahkah Anda mendengar istilah viral marketing sebelumnya?

Belakangan ini, banyak perusahaan mulai mencoba strategi bisnis viral marketing. Berawal dari banyaknya konten-konten yang menjadi viral di dunia maya dan menjadi sorotan selama berhari-hari, orang-orang mulai tertarik mengombinasikan kekuatan engagement konten viral dengan strategi bisnis. Dari sini, istilah viral marketing lahir.

Konon, viral marketing adalah trik bisnis yang disinyalir mampu meningkatkan brand awareness dan konversi penjualan secara signifikan. Ingin tahu lebih banyak seputar bagaimana cara kerja viral marketing?

Yuk langsung saja kita simak pembahasan seputar ‘apa yang dimaksud dengan viral marketing’ pada artikel edisi kali ini. Selamat membaca!

Apa yang Dimaksud dengan Viral Marketing?

viral-marketing-2

Saat memasarkan produk di media sosial, tujuan (goals) yang kita incar tentunya jumlah engagement dari followers dengan konten. Engagement sendiri adalah jumlah interaksi akun-akun di dunia maya dengan konten maupun akun kita, entah itu memberikan likes, comment, share atau memfollow akun bisnis Anda.

Sayangnya, memancing jumlah engagement yang tinggi merupakan tantangan yang susah-susah gampang.

Di sisi lain, belakangan ini kita banyak menemukan konten-konten viral berseliweran di dunia maya. Konten viral adalah konten-konten dengan jumlah engagement tinggi dan menjadi topik pembicaraan masyarakat luas selama kurun waktu tertentu.

Ada konten yang viral selama berhari-hari hingga berbulan-bulan, sebelum akhirnya digantikan dengan konten viral lain.

Saking seringnya konten viral bermunculan, akhirnya muncullah ide untuk menggabungkan teknik viral ini dengan strategi marketing. Sederhananya, istilah viral marketing adalah cara-cara perusahaan agar bisa menjadikan konten promosi produknya viral di masyarakat.

Pada contoh viral marketing video ‘Odading Mang Oleh’ di atas, Anda telah melihat bagaimana sebuah video yang viral bisa menarik rasa penasaran dan antusiasme banyak masyarakat untuk akhirnya mencoba Odading dari lapak Mang Oleh.

Hal tersebut terbukti pada beberapa hari setelah video Odading Mang Oleh viral di jagat maya, banyak pemberitaan di televisi yang menyoroti antrean di gerobak odading milik Mang Oleh. Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa viral marketing adalah trik yang sangat powerful dan efektif untuk memancing konsumen.

Namun selain cerita Odading tersebut, masih ada banyak contoh viral marketing lainnya yang bisa kita temukan di internet. Semisal postingan Tokopedia yang mengumumkan bahwa mereka akan mengadakan konser dengan bintang utama K-Pop Star “BTS”. Topik ini serta merta viral, menjadikan nama Tokopedia viral di ruang media massa.

Jika Anda pernah mempertanyakan mengapa ada konten-konten yang bisa viral sementara konten lainnya tidak, maka inilah jawabannya: pemilik akun tersebut memakai strategi viral marketing. Kira-kira, apa kelebihan viral marketing sehingga brand Anda wajib mencoba trik bisnis yang satu ini? Yuk simak jawabannya di pembahasan berikutnya. Keep scrolling, ya!

Artikel terkait  Pengertian, Fungsi dan Tujuan Iklan yang Bermanfaat Untuk Pemasaran Bisnis Anda

Apa Kelebihan Viral Marketing?

Apa kelebihan viral marketing sehingga banyak perusahaan mencoba untuk membuat konten-konten penuh sensasi demi meraih engagement? Untuk yang belum tahu, beberapa manfaat viral marketing adalah:

Pemasaran Termudah

Viral marketing adalah trik pemasaran yang paling mudah. Mengapa? Cobalah perhatikan kembali setiap konten viral yang beredar di media sosial. Siapakah kira-kira yang menjadikan konten tersebut viral? Benar, jawabannya adalah warganet itu sendiri.

Viral tidaknya sebuah konten bergantung pada seberapa menarik konten tersebut menurut seseorang yang melihatnya. Pada dasarnya, masyarakat suka me-repost atau men-share konten yang menurut mereka menarik, lucu, atau bermanfaat ke orang lain.

Dari sini, konten Anda berkesempatan menjadi viral berkat bantuan ‘share’ dari pengguna media sosial.

Dapat dikatakan bahwa viral marketing adalah strategi promosi WOM (Word of Mouth). Anda cukup menyebarkan 1 konten yang sangat mencolok, nyeleneh, atau tidak biasa. Sisanya, masyarakat sendiri yang dengan suka rela menyebarkan konten Anda seluas-luasnya hingga menjadi viral. Mudah, bukan?

Awareness Masyarakat Sangat Tinggi

Keuntungan selanjutnya dari viral marketing adalah ampuh menumbuhkan awareness masyarakat yang sangat tinggi terhadap brand ataupun produk Anda. Konten viral mempermudah produk Anda dilihat oleh masyarakat yang sebelumnya tidak mengenal produk sama sekali. Namun setelah menonton konten viral produk, orang tersebut kini mengenal nama brand Anda.

Lebih jauh lagi, masyarakat juga bisa lebih mudah untuk selalu mengingat produk Anda karena produk berkaitan dengan konten viral yang ia tonton. Dari sinilah, masyarakat bisa mulai tertarik untuk mencoba membeli produk Anda.

Bisa Masuk Media Berita

Manfaat terakhir dari viral marketing adalah brand Anda berkesempatan besar untuk diliput media massa. Belakangan ini, media massa seperti berita TV dan media online juga sedang gemar-gemarnya mewartakan informasi-informasi yang sedang viral ke masyarakat. Bahkan tidak sedikit media berita ternama seperti CNN dan Redaksiana yang sengaja menyediakan rubrik khusus untuk konten-konten viral.

Informasi yang viral lebih mudah untuk menarik perhatian media massa, seperti pada contoh video viral Odading Mang Oleh. Salah satu media televisi sengaja meliput kondisi lapak dagangannya yang dibanjiri pembeli setelah video review produk makanan yang ia jual menjadi viral di media sosial.

Peliputan brand oleh media massa ini menjadi bonus promosi tak langsung yang gratis serta menguntungkan perusahaan. Alhasil, brand Anda akan semakin dikenal oleh masyarakat seluruh Indonesia atau bahkan dunia.

Bagaimana Cara Kerja Viral Marketing?

Tibalah kita pada pertanyaan penting lainnya seputar trik bisnis unik ini: bagaimana cara kerja viral marketing?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, viral marketing adalah trik pemasaran yang memanfaatkan dua hal: 1) media massa, dan 2) rasa antusiasme dan penasaran masyarakat. Kata ‘viral’ pada viral marketing adalah kunci utama dari kesuksesan trik pemasaran ini. Saat membuat konten, ingatlah bahwa tujuan utama Anda adalah mencapai engagement yang tinggi.

Mula-mula, Anda harus melakukan brainstorming. Konten-konten yang viral umumnya mempunyai sisi unik dan ‘tidak biasa’ yang berani dilakukan oleh sang pembuat konten. Semisal aksi dari tim Lazada beberapa waktu lalu ketika mempromosikan diskon besar-besaran di lapak mereka.

Lazada berani dengan sengaja memasang baliho dalam posisi terbalik untuk menjadikan konten promosi mereka trending. Aksi yang tidak biasa ini sukses menjadikan konten iklan mereka viral dan meraih penjualan yang tinggi.

Dalam membuat konten viral jangan sampai Anda melanggar batas-batas norma dan etika semata-mata untuk membuat konten yang viral. Tetaplah hormati norma-norma dan aturan adat yang berlaku agar konten viral Anda tidak berbalik dihujat oleh warganet sehingga memperburuk nama brand.

Jika konten promosi Anda sudah baik dan unik, maka Anda bisa menyebarkannya ke media sosial untuk mulai dilihat oleh banyak orang. Selebihnya, persebaran konten bergantung pada antusiasme masyarakat. Kalau konten Anda dinilai sangat menarik menurut masyarakat, maka bersiaplah untuk menjadi viral!

Tetapi kalau Anda masih ragu bagaimana cara membuat konten viral yang baik, maka Anda harus membaca penjelasan berikutnya di bawah ini.

Artikel terkait  Catat! Inilah Waktu Terbaik Untuk Memposting di Media Sosial Selama Pandemi

Ingin Mencoba Viral Marketing? Ikuti Strategi Berikut Ini

viral-marketing-1

Ada 5 tips dan trik simpel yang bisa Anda coba praktekkan untuk membuat konten-konten viral. Kelima trik tersebut adalah:

Membuat Konten yang Emosional

Kunci keviralan konten promosi terletak pada seberapa jauh konten berhasil menumbuhkan rasa emosi dalam diri seseorang yang melihatnya. Jika konten Anda tidak berhasil menumbuhkan rasa emosional dalam diri yang melihatnya, maka konten Anda tidak akan bisa viral.

Hal ini dikarenakan emosi dan perasaan merupakan faktor internal terkuat dari seseorang untuk membuat keputusan, termasuk dalam hal menyebarkan konten atau membeli produk. Lebih baik, cobalah untuk membuat konten yang positif sekaligus bisa menumbuhkan aneka perasaan emosional dari masyarakat seperti rasa gembira, haru, takjub, dan lain-lain.

Menyebarkan Konten di Target yang Tepat

Selanjutnya, jangan lupa untuk meriset target sasaran iklan yang tepat. Agar konten iklan Anda bisa lebih cepat dan mudah menarik perhatian audiens, maka iklan pun harus disebarkan di channel dan menyasar kelompok-kelompok sasaran yang tepat.

Apakah iklan Anda menyasar anak-anak muda atau orang dewasa? Apakah iklan Anda tentang produk khusus wanita, pria atau semua orang? Kalau iklan Anda disebarkan ke kelompok masyarakat yang salah, maka konten Anda akan langsung discroll begitu saja dan tidak dilihat karena mereka tidak tertarik dengan produk yang dibahas.

Melibatkan Selebriti atau Influencer

Anda bisa melibatkan jasa endorsement atau review dari selebriti dan influencer sebagai langkah awal memviralkan produk. Trik ini pun banyak digunakan oleh perusahaan besar sekalipun, sebab bintang televisi mempunyai kesan dan posisi khusus di masyarakat.

Kapanpun seorang seleb memakai atau merekomendasikan produk, maka masyarakat juga akan merasa tertarik untuk mencoba produk yang sama. Seolah-olah ada prestise tersendiri karena bisa memakai produk yang sama dengan yang dipakai oleh sang selebriti.

Contoh brand yang memakai influencer atau seleb untuk mempromosikan produknya ada banyak sekali. Seperti Tokopedia yang mengundang grup K-Pop BTS ke eventnya, GoJek yang menjadikan Pevita Pearce sebagai sosok utama iklan, atau Lazada yang membuat iklan dengan artis-artis kelas dunia seperti Lee Min Ho dan Agnez Mo.

Trend Jacking

Apa itu trend jacking? Trend jacking adalah trik memanfaatkan isu-isu lain yang sedang viral sebagai konten promosi. Anda bisa memakai cara trend jacking untuk mendapatkan inspirasi membuat konten viral dan mudah diingat.

Contoh pemakaian trend jacking adalah Shopee yang mengadaptasi lagu viral “Baby Shark” sebagai jingle iklan, atau Tokopedia yang memodifikasi lagu viral TikTok untuk iklan terbarunya. Ayo coba perhatikan lagi konten-konten viral apa yang bisa Anda manfaatkan sebagai inspirasi konten sendiri?

Artikel terkait  BtoB juga Membutuhkan Pemasaran Seluler! Peran Aplikasi dalam Kisah Sukses

Selalu Pakai Hashtag

Jangan pernah menyepelekan kekuatan hashtag saat menyebarkan konten di media sosial, ya. Hashtag memiliki segudang fungsi untuk persebaran konten di media sosial, mulai dari memudahkan user menemukan konten, melacak persebaran campaign iklan, hingga menjadikan konten lebih mudah untuk viral.

Anda bisa membuat hashtag khusus yang unik untuk menarik perhatian masyarakat, semisal hashtag viral Tokopedia ketika mendatangkan BTS yaitu: #TokopediaXBTS dan #KonserBTSdiWIB.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang viral marketing. Tertarik untuk mencoba strategi promosi yang tidak biasa ini? Semoga pembahasan artikel edisi kali ini mampu menambah wawasan Anda tentang strategi viral marketing, ya!

Terima kasih sudah mengikuti sampai di sini, nantikan lebih banyak artikel menarik dan informatif lainnya seputar dunia martech hanya dari Markey. Sampai jumpa!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Pemasaran Internal : Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Dalam dunia bisnis, pihak-pihak yang terlibat di dalamnya harus mengetahui dan mengerti mengenai strategi pemasaran. Dengan demikian, setiap pihak...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya