Last Updated on June 11, 2022 by
Bagaimana Anda bisa menonjol dengan lebih dari jutaan pengguna Instagram? SEO Instagram adalah tempat yang bagus untuk melangkah. Menampilkan konten Anda di halaman hasil pencarian dapat membantu memperluas jangkauan Anda.
Memahami cara kerja SEO Instagram sangat penting untuk bisnis apa pun yang ingin terhubung dengan pengikut baru. Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara Anda dapat memahami dan benefit dari SEO Instagram.
Daftar Isi
Apa itu SEO Instagram?
SEO dalam Instagram berarti mengoptimalkan konten Instagram Anda untuk ditemukan di hasil pencarian. Saat seseorang mencari kata kunci atau hashtag yang relevan di kotak pencarian Instagram, Anda ingin akun atau konten Anda muncul di dekat bagian atas dari daftar pencarian.
Baca juga : Trend dan Tips Instagram Marketing Terbaru!
Faktor peringkat SEO Instagram
SEO (secara umum) adalah sedikit seni/ilmu dan tidak ada formula pasti (berubah-ubah) dalam meroketkan akun Anda ke peringkat teratas pencarian. Tetapi, Instagram terbuka tentang sinyal yang digunakannya untuk menentukan peringkat hasil pencarian.
Berikut cara mengukur apa yang dilihat pengguna ketika mereka menggunakan bilah pencarian Instagram.
Bilah Pencarian
Sudah biasa bahwa apa yang dicari pengguna dalam bilah pencarian adalah hal paling penting. Berdasarkan pencarian, Instagram mencari nama pengguna (username), bio (Profil Instagram), keterangan, tagar, dan lokasi yang relevan.
Anda perlu memahami istilah penelusuran apa yang digunakan orang untuk mencari konten seperti milik Anda. Google Analytics dapat membantu memberi Anda wawasan tentang istilah yang digunakan orang untuk menelusuri bisnis Anda.
Aktivitas pengguna
Ini termasuk hastag dan following user Anda dan yang berinteraksi dengan pengguna, dan postingan apa saja yang pernah mereka temukan sebelumnya. Akun dan hastag yang berinteraksi dengan user di peringkat lebih tinggi daripada yang rendah.
Berikut adalah hasil pencarian ketika pencarian kata “travel” dari akun Instagram:
Empat akun teratas yang direkomendasikan sama sekali berbeda. Karena saya tidak memiliki riwayat mengikuti dan terlibat dengan akun travel dari profil Instagram tersebut, Instagram mengeluarkan sinyal lain untuk memperkuat hasil pencarian.
Pahami tagar yang kemungkinan akan Anda gunakan dan digunakan oleh audiens target Anda, dan dorong keterlibatan dengan postingan Anda. Seseorang yang menggunakan penelusuran lebih cenderung melihat konten dari merek yang pernah berinteraksi dengan mereka sebelumnya, meskipun mereka (belum) mengikuti merek tersebut.
Sinyal popularitas
Konten yang sudah populer kemungkinan besar akan mendapat peringkat tinggi dalam hasil pencarian. Instagram menentukan popularitas menggunakan sinyal seperti jumlah klik, suka, bagikan, dan ikuti untuk akun, tagar, atau tempat.
Memposting pada waktu yang tepat untuk memicu keterlibatan dan keterlibatan awal tersebut menandakan popularitas dan memberi konten Anda dorongan pencarian saat masih relevan dan segar.
(Penggunaan tagar mendatangkan jangkauan baru diluar daftar pengikut Anda)
5 taktik SEO Instagram untuk meningkatkan jangkauan Anda
1. Optimalkan profil Instagram Anda untuk pencarian
Profil Instagram Anda (bio Instagram) adalah tempat terbaik untuk memasukkan kata kunci dan istilah pencarian yang relevan. SEO bio Instagram dimulai dengan username, pilih username dan profil yang relevan dengan konten Anda.
Dan yakinkan untuk menambahkan keyword yang relevan di bio Instagram Anda. Siapa dan tentang apa itu semua? Konten seperti apa yang dapat diharapkan orang (dan mesin pencari Instagram) ditemukan dalam akun Anda?
Terakhir, pastikan untuk menyertakan link di bio Anda jika itu relevan dengan bisnis Anda. Hanya akun Bisnis dan Kreator yang dapat menambahkan lokasi, jadi ini hanyalah satu alasan lagi untuk beralih ke akun profesional jika Anda belum melakukannya.
Untuk menambahkan link website untuk SEO bio Instagram, buka aplikasi Instagram dan klik ikon profil Anda. Ketuk Edit Profil, lalu Opsi Kontak dan masukkan link Anda, sespesifik mungkin yang Anda inginkan. Anda dapat memasukkan alamat website Anda jika itu relevan, atau cukup gunakan hastag yang sesuai. Pastikan Anda mengaktifkan menu untuk Tampilkan info kontak Anda.
Sumber @rizuchin
Link website Anda akan muncul di halaman profil Anda di aplikasi dan di Instagram versi web. Tetapi, begitu Anda melampirkan link website ke akun Anda, itu adalah sinyal peringkat ke mesin pencari Instagram terlepas dari apakah audiens Anda menggunakan aplikasi atau web.
2. Gunakan hashtag yang tepat
Meskipun sudah lama dianggap sebagai trik orang dalam untuk menyembunyikan tagar di komentar, Instagram kini telah mengungkapkan bahwa keyword dan tagar harus muncul langsung di deskripsi teks untuk memengaruhi hasil pencarian.
Mereka juga baru-baru ini membagikan beberapa tip tagar khusus untuk muncul di hasil pencarian:
- Gunakan hanya hashtag yang relevan.
- Gunakan kombinasi tagar yang terkenal, khusus, dan spesifik (berbasis merek atau kampanye).
- Batasi hashtag hingga 3 hingga 5 per posting.
- Jangan memakai tagar yang tak relevan atau terlalu umum seperti #explore.
Pengguna Instagram lumayan terkejut dengan rekomendasi tentang pembatasan jumlah hashtag. Sedangkan, Instagram memungkinkan penggunaan hingga 30 hastag per postingan. Tapi dari Instagram sudah menjelaskan: “Jangan menggunakan terlalu banyak hashtag, dengan menambahkan 10-20 tagar belum tentu membantu Anda mendapatkan jangkauan baru.”
Jadi, apa tagar SEO terbaik untuk Instagram?
Itu tergantung pada bisnis Anda dan audiens, dan ntuk mengetahui hastag mana yang telah menyumbangkan lalu lintas ke postingan Anda, perhatikan Insight Instagram Anda. Insight untuk postingan apapun itu akan memberi tahu Anda berapa jumlah tayangan untuk postingan tersebut yang berasal dari hastag/tagar.
Jika Anda telah menggunakan banyak hastag/tagar, analitik Instagram tidak bisa memberi tahu Anda secara spesifik hastag/tagar mana yang berhasil. Tetapi jika Anda mengerucutkan penggunaan pada 3 sampai 5 hastag/tagar yang direkomendasikan, Anda harusnya bisa menentukan hastag/tagar mana yang secara konsisten menyumbangkan lalu lintas terbanyak ke akun Anda.
Anda juga bisa mengandalkan social listening untuk memantau hashtag apa saja yang digunakan oleh audiens target Anda, pesaing, dan hingga influencer dalam industri Anda. Terakhir, Anda dapat menggunakan bilah pencarian Instagram untuk menemukan keyword yang populer dan mempelajari hastag apa yang diminati oleh orang-orang yang Anda ikuti (Ini memungkinkan akan sinkron dengan audiens Anda juga).
Buka bilah jelajahi Instagram dan ketik hashtag (termasuk simbol hastag/#) ke dalam menu pencarian. Anda akan melihat orang mana yang Anda ikuti yang sudah mengikuti tag ini. Jika Anda mencari tagar umum (seperti #travel), Anda juga akan menemukan beberapa tagar yang lebih spesifik dan dapat memberikan keseimbangan yang baik untuk kombinasi umum, ceruk/niche, dan spesifikasi yang disarankan Instagram.
Hasil dari pencarian untuk keyword apapun itu, juga menyertakan tab hastag. Klik untuk melihat hashtag apa yang paling populer untuk keyword tersebut, bersama dengan jumlah total posting untuk masing-masing hastag yang digunakan.
3. Gunakan kata kunci yang tepat
Sebelumnya, pencarian Instagram tidak mempertimbangkan kata kunci dalam teks deskripsi, tetapi tampaknya sekarang berubah. Instagram saat ini secara khusus merekomendasikan untuk memasukkan keyword yang relevan dalam deskripsi untuk menemukan postingan.
Hal itu karena mereka mengubah cara hasil pencarian postingan yang ditampilkan. Sebelumnya, hasil pencarian hanya menampilkan akun, hastag/tagar, dan lokasi yang relevan.
Sekarang, hasil penelusuran juga menyertakan halaman hasil keyword yang dimaksudkan untuk menjelajah. Hal ini merupakan kabar baik untuk merek/brand yang kurang dikenal, karena memberi kesempatan baru yang lebih baik untuk menemukan konten mereka tanpa mencari nama akun secara spesifik.
Mengklik salah satu akun dari hasil keyword (ditunjukkan dengan simbol kaca pembesar) akan membuka satu halaman full konten untuk dijelajahi. Buka bilah pencarian lalu perhatikan tab hastag/tagar, yang dapat membantu Anda menemukan tagar paling populer untuk setiap keyword.
Jadi, bagaimana Anda memilih keyword target Anda? Penelitian yang Anda lakukan pada langkah di atas untuk mengetahui hashtag/tagar terbaik Anda akan memberi Anda beberapa petunjuk pertama saja. Alat analisis akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak wawasan.
Misalnya, penggunaan Google Analytics untuk melihat keyword apa saja yang mengarahkan lalu-lintas ke situs web Anda. Ini mungkin kandidat yang terbaik untuk dicoba dalam postingan Anda selanjutnya.
4. Tambahkan teks alternatif ke gambar
Teks alternatif dalam Instagram sama seperti teks alternatif di web, ini adalah deskripsi teks dari gambar atau video yang membuat postingan dapat diakses oleh pengguna yang memiliki gangguan penglihatan. Hal ini juga memberikan deskripsi konten jika foto itu sendiri gagal dimuat (biasanya ada konten yang gagal dimuat karena terlibat dengan pelanggaran hak cipta, atau mengandung konten sensitif).
Teks alternatif Instagram juga memiliki keuntungan membantu Instagram lebih memahami apa yang ada di konten Anda, dan karena itu lebih memahami apakah itu relevan dengan pencarian tertentu. Semisal Anda hanya mengunggah sebuah postingan biasa-biasa saja, tetapi agak mengandung tindakan yang mengarah kepada kesensitifan konten, teks alternatif akan membantu postingan Anda tetap aman
Instagram menggunakan teknologi pengenalan objek untuk membuat deskripsi otomatis pada setiap foto yang diunggah oleh penggunanya. Informasi ini juga akan memberikan informasi terhadap algoritma Instagram dan hasil penelusuran tentang konten foto/video Anda.
Tentu saja, teks alternatif otomatis tidak akan pernah sedetail teks alternatif yang dibuat oleh manusia/penggunanya. Misalnya, teks alternatif yang dibuat secara otomatis untuk foto berikut yang akan di posting dalam akun Instagram.
Foto itu jelas gambar sebuah gunung, tetapi teks alternatif Instagram hanya mengklasifikasikannya sebagai “bunga dan alam”. Sementara saya menggunakan kata “Puncak Gunung Semeru (Peak of Semeru Mountain)” dalam keterangan saya, menyediakan teks alternatif khusus di sini akan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi mereka yang memiliki gangguan penglihatan serta mengirimkan sinyal teks alternatif SEO Instagram yang lebih baik.
Untuk menambahkan teks alternatif saat Anda memposting foto/video/konten, klik “Pengaturan Lanjutan” di bagian bawah layar tempat Anda menulis teks deskripsi/caption. Di bawah ada menu “Pengaturan Lanjutan” klik, lalu tulis Teks Alternatif dan tambahkan deskripsi foto menggunakan kata kunci yang relevan.
Untuk menambahkan teks alternatif ke foto yang sudah ada (sudah diunggah), buka foto dan ketuk ikon tiga titik dipojok kanan atas, lalu ketuk Edit. Di kanan bawah gambar, tap bagian Edit Teks Alternatif, lalu masukkan teks alternatif Anda, lalu ketuk tanda centang biru.
Teks alternatif ini jauh lebih akurat, dan menyertakan keyword yang mungkin digunakan orang untuk menelusuri konten serupa seperti konten Anda. Ini merupakan strategi pengoptimalan Instagram yang gampang.
5. Pertahankan akun yang berkualitas
Hasil penelusuran Instagram juga didasarkan pada Pedoman Rekomendasi Instagram, itu berarti akun yang melanggar pedoman tersebut akan muncul lebih rendah dalam hasil pencarian atau bahkan tidak muncul di pencarian sama sekali (Pelanggaran hak cipta, konten sensitif, konten yang mengandung SARA).
Perhatikan bahwa “Pedoman Rekomendasi” lebih ketat dibandingkan dengan “Pedoman Komunitas”. Singkatnya, jika Anda melanggar Pedoman Komunitas, konten Anda akan dihapus dari Instagram, dan jika Anda melanggar Pedoman Rekomendasi, konten Anda akan tetap muncul di platform, tetapi akan jauh lebih sulit ditemukan.
Penelusuran Instagram menghindari rekomendasi konten yang “berkualitas rendah, tidak menyenangkan, atau sensitif,” serta konten yang “mungkin tidak pantas untuk pemirsa yang dibawah umur”. Beberapa contoh spesifik tentang apa yang TIDAK boleh dilakukan meliputi:
- Clickbait atau engagedbait
- Klaim kesehatan yang berlebihan
- Konten tidak asli disalin dari sumber lain (Plagiat)
- Klaim atau konten yang menyesatkan (Pornografi, SARA, Kekerasan, dll)
- Membeli suka untuk postingan yang diunggah
Penutup
SEO dalam Instagram sangat berpengaruh terhadap menambah jangkauan baru terhadap akiun bisnis Anda. Baik Anda yang berbisnis berupa barang atau bahkan Anda yang berbisnis di bidang jasa, semua membutuhkan jangkauan organik yang bertujuan untuk menaikkan nama/brand Anda terhadap khalayak.
Karena semua hal mulai apa itu SEO dalam Instagram, hingga tips-tips SEO dalam instagram sudah dibahas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan menjadi refrensi untuk Anda dalam mengembangkan bisnis Anda dalam akun Instagram yang sesuai dengan SEO Instagram.
Dan jangan lupa untuk download MARKEY | Media Bisnis Online di Google Play Anda serta nyalakan lonceng notifikasi update artikel kami, karena masih banyak ulasan, tips, serta artikel menarik lainnya khusus untuk Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!
Baca juga
Membongkar Rahasia Cara Kerja Algoritma Instagram Terbaru
Strategi Membuat Konten Instagram yang Menarik Pelanggan
Tingkatkan Jumlah Followers Instagram Bisnis dengan Cara Ini
Trend dan Tips Instagram Marketing Terbaru!
Instagram Call To Action Adalah? | Belajar Copywriting IG
Penunjang Marketing Bisnis Anda dalam Tren Instagram Saat Ini
Instagram Analysis Traffic : Pengertian dan Kegunaan untuk Toko Online Anda
Cara Menemukan Waktu Terbaik untuk Memposting di Instagram
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.