Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran SEO Membongkar Rahasia Cara Kerja Algoritma Instagram Terbaru 2021

Membongkar Rahasia Cara Kerja Algoritma Instagram Terbaru 2021 [Pedoman Terlengkap]

-

Siapa yang tidak mengenal nama Instagram? Di era media sosial saat ini, Instagram adalah salah satu platform yang sangat populer di kalangan masyarakat. Faktanya, saat ini sudah ada sekitar 69,2 juta pengguna Instagram dari berbagai kalangan di dunia. Angka tersebut pun masih dapat bertambah menjadi lebih tinggi lagi.

Mengapa besarnya jumlah pengguna Instagram ini penting? Tentu saja karena seiring berjalannya waktu, Instagram menjelma tidak hanya sebagai sebuah platform media sosial biasa untuk mencari hiburan. Masyarakat mulai menggunakan Instagram sebagai tempat mencari dan menemukan produk atau jasa secara online. Oleh sebab itulah, belakangan ini kita bisa menjumpai banyak online shop di Instagram.

Instagram adalah tempat terbaik untuk melakukan branding dan meningkatkan jumlah pembelian produk online. Di Instagram pun, Anda bisa melakukan branding toko online dengan sangat mudah, berinteraksi dengan konsumen kapan saja, dan memasarkan iklan produk secara gratis setiap hari. Apalagi sekarang Instagram sudah dilengkapi dengan banyak ragam fitur bisnis online yang bisa mempermudah aktivitas pengelolaan bisnis!

Tertarik menggunakan Instagram untuk berbisnis? Sebelumnya, Anda perlu mengetahui dengan seksama bagaimana cara kerja dasar atau algoritma dari Instagram itu sendiri. Apa itu algoritma Instagram dan apa pengaruhnya bagi bisnis Anda? Yuk kita temukan langsung jawaban lengkapnya bersama-sama pada artikel edisi kali ini. Selamat membaca!

Apa Itu Algoritma Instagram? Inilah Algoritma Instagram 2021 Terbaru

algoritma-ig-2

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana cara agar postingan Instagram Anda bisa muncul di bagian teratas atau mudah dilihat oleh banyak orang? Jika iya, berarti Anda sedang mempertanyakan perihal “algoritma” pada Instagram.

Bahkan jika Anda adalah pengguna lama Instagram, mungkin Anda sempat kaget saat mengetahui adanya perubahan urutan postingan feeds yang sudah tidak lagi berdasarkan kronologi di tahun 2021 ini.

Faktanya, Instagram bukan sekadar media sosial biasa. Hal ini terbukti saat publik dikejutkan dengan pernyataan dari Julian K. Gutman, sang Product Lead Instagram terkait perubahan total algoritma Instagram baru-baru ini. Ia menuturkan bahwa algoritma Instagram terbaru akan lebih banyak berhubungan dengan komunikasi, frekuensi serta engagement postingan atau aktivitas dari user.

Berita ini sukses membuat para influencer, digital marketer dan pemilik brand bisnis di Instagram kebingungan. Saat sistem algoritma Instagram berubah, otomatis Anda harus memutar otak guna membangun engagement postingan yang baik dan kuat. Tujuannya tentu saja, agar usaha yang Anda bangun di Instagram bisa tetap ramai terjangkau pengunjung.

Namun apa itu algoritma Instagram? Sederhananya, algoritma adalah sistem digital yang bisa mempermudah Anda menemukan konten yang Anda minati di suatu platforms. Jadi, konten-konten pada timeline Instagram Anda sesungguhnya tidak hanya datang dari akun-akun yang Anda follow, melainkan juga dari konten yang pernah Anda sukai atau beri tanda “likes”.

Semisal Anda menyukai postingan video kucing lucu dan sering memberi likes, komentar atau share terhadap postingan tersebut. Instagram bisa mengetahui bahwa Anda menyukai konten tentang kucing, sehingga postingan terkait kucing bisa dimunculkan di bagian teratas feeds atau timeline Anda.

Selain itu, sistem algoritma Instagram juga akan membantu menghubungkan Anda dengan user lain yang sering diajak berinteraksi. Instagram bisa “membaca” interaksi Anda dengan akun-akun lainnya, entah itu teman, keluarga, pacar, dan lainnya.

Nantinya, Instagram akan lebih sering menampilkan postingan mereka di timeline Anda. Dengan kata lain, algoritma Instagram terbaru bisa memprediksi siapa saja follower terdekat Anda sekaligus menampilkan informasi terbaru dari mereka sesering mungkin.

Dari sisi bisnis digital, algoritma Instagram dapat dimanfaatkan untuk mempermudah bisnis mencapai target branding. Semakin hafal Anda dengan gerak-gerik atau cara kerja dari algoritma Instagram, maka akan semakin baik pula performa akun Instagram bisnis yang Anda miliki.

Hasilnya, setiap postingan Anda bisa menjangkau sebanyak mungkin likes, engagement dan juga konvensi penjualan baru. Inilah mengapa Instagram cocok dinobatkan sebagai aplikasi media sosial dengan peluang bisnis online terbaik abad ini!

Artikel terkait  4 Info Baru SEO 2021 yang Wajib Anda Praktekkan untuk Masa Depan Bisnis Lebih Cerah

Aspek-Aspek Penting dalam Sistem Algoritma Instagram 2021

algoritma-ig-3

Algoritma Instagram sering diupdate secara berkala untuk menciptakan pelayanan penggunaan yang lebih baik dari sebelumnya. Jadi, Anda tidak bisa bergantung pada sistem algoritma Instagram tahun lalu untuk memaksimalkan bisnis tahun ini.

Jika Anda melakukannya, maka postingan-postingan Anda justru akan ‘tenggelam’ dan kalah saing karena tidak bisa memenuhi standar algoritma Instagram yang berlaku.

Sama seperti tahun sebelumnya, algoritma Instagram di tahun 2021 pun memiliki sejumlah aspek penting yang wajib Anda ketahui kalau ingin sukses melakukan branding di platform ini. Apa sajakah aspek-aspek tersebut? Berikut jawabannya:

Instagram Story

2021 adalah masa kejayaan bagi fitur Instagram Story. Instagram Story adalah fitur Instagram yang muncul di beranda (feed) pengguna namun berada di posisi paling atas. Seseorang bisa mengupload foto atau video ke Instagram Story dan postingan tersebut hanya akan bertahan selama 24 jam jika tidak disimpan ke dalam menu highlight di profil user.

Meskipun memiliki durasi masa waktu penayangan yang singkat, Instagram Story terbukti ampuh untuk meningkatkan engagement selayaknya Instagram post biasa. Postingan Instagram Story yang muncul di beranda user juga biasanya didasarkan pada engagement seperti komentar, likes, view, reaction, DM, dan sebagainya. Semakin sering seseorang merespon Instagram Story Anda, maka akan semakin besar pula peluang bagi Story Anda untuk muncul pertama kali di beranda mereka.

Selain engagement, algoritma Instagram Story juga bisa didasari oleh waktu upload karena di tahun ini, Instagram mengedepankan pemberian update paling baru dari setiap akun pada penggunanya. Semakin rajin Anda memposting, atau semakin baru waktu konten Anda terpublish, maka konten Stories Anda akan tampil paling terdepan dalam beranda followers.

Explore Page

Selain Instagram Stories, perbedaan baru juga tampak di Explore Page (laman eksplor) dari Instagram. Halaman ini ditujukan untuk pengguna supaya bisa menemukan konten dengan memasukkan keyword atau hashtag.

Konten yang tampil di Explore juga didasari oleh sistem algoritma Instagram berdasarkan jumlah interaksi yang pernah didapatkan sebelumnya. Namun, konten-konten di Explore cenderung merupakan postingan dari akun-akun yang tidak atau belum difollow user.

Hal ini disengaja supaya user bisa menemukan lebih banyak akun yang belum mereka ketahui. Apabila user tertarik dengan konten Anda dari Explore, maka besar kemungkinan ia akan memfollow akun Anda.

Di tahun 2021 ini, Explore tidak hanya mempertimbangkan penelusuran via hashtag atau keyword saja. Explore versi terbaru sudah dimaksimalkan dengan pencarian advanced untuk memunculkan hasil penelusuran berdasarkan performa caption, tampilan visual dan hashtag dari konten yang Anda unggah.

Tampilan IG Feeds

Selanjutnya adalah Instagram Feeds yang tentu sudah sangat kita kenal baik. Di bagian ini, Anda bisa menemukan aneka postingan berupa foto atau video yang juga akan terpampang di bagian profil Instagram. Ketika seorang user mengunjungi profil Instagram Anda, maka ia bisa menemukan konten postingan di feeds maupun di stories.

Terdapat sejumlah faktor yang secara signifikan memengaruhi tampilan post feed dari akun bisnis Anda ke timeline followers. Faktor-faktor tersebut antara lain:

Engagement

Algoritma Instagram mengedepankan konten dari akun yang memiliki engagement tinggi, kuat atau paling dekat dengan seorang user. Jika Anda sering berinteraksi dengan followers atau sering membagikan konten yang memikat untuk menarik respon followers, maka besar sekali kemungkinan bagi postingan Anda untuk muncul pertama kali di timeline mereka.

Frekuensi / Durasi Pemakaian

Frekuensi pemakaian ini merujuk pada seberapa lama waktu yang dihabiskan oleh seseorang di Instagram. Kalau seorang user bisa menghabiskan waktu berjam-jam di IG, maka otomatis, mereka bisa melihat lebih banyak konten update terbaru dari following ataupun followersnya.

Bahkan bukan tak mungkin user tersebut akan “kehabisan” konten untuk disimak, sehingga algoritma IG akan bertindak merekomendasikan postingan baru untuk dilihat. Algoritma IG akan membantu memilihkan postingan baru dari akun yang belum difollow namun tetap sesuai dengan riwayat interaksi / engagement mereka.

Artikel terkait  Tips Mudah Mengoptimalkan Konten Pemasaran B2B dengan Teknik Kata Kunci

Minat User

Di tahun 2021 ini, postingan feed IG tidah muncul berdasarkan kronologi tetapi minat atau kesukaan dari user tersebut. Semisal seorang user sangat menyukai kopi, maka Instagram bisa menampilkan postingan terkait kopi di posisi teratas beranda.

Sistem ini juga memungkinkan algoritma Instagram untuk menampilkan aneka tipe postingan tertentu yang pernah disukai oleh user. Semisal Anda menjual produk buku novel, maka tipe postingan Anda yang bertemakan buku akan lebih sering muncul di feed user Instagram yang gemar melihat-lihat postingan terkait buku.

Algoritma Instagram yang satu ini juga turut memprioritaskan postingan yang disertai hashtag. Hashtag akan mempermudah algoritma Instagram untuk menemukan konten Anda.

Waktu Unggahan

Meskipun feed IG tidak lagi diurutkan berdasarkan waktu posting, tetapi waktu masih menjadi salah satu faktor penentu algoritma Instagram. Performa postingan Instagram Anda akan menjadi semakin maksimal jika diposting pada waktu followers sedang aktif-aktifnya di Instagram. Semisal mayoritas followers Anda paling sering online di jam 7 malam, maka post konten Anda di waktu tersebut supaya bisa langsung tercapai oleh user dan memperoleh engagement.

Untuk mengetahui kapan waktu unggahan terbaik dari akun Anda, Anda bisa mengadakan survey kecil-kecilan ke followers dengan fitur polling atau menggunakan software Instagram Analytics yang sudah banyak tersedia gratis di Play Store

Suggestion (Halaman Rekomendasi)

Beranjak dari Feeds, kini kita tiba di fitur baru Instagram 2021 yaitu Suggestion (halaman rekomendasi). Suggestion berfungsi sesuai namanya yaitu memberikan rekomendasi postingan baru yang sesuai dengan minat atau kesukaan mereka. Biasanya, Suggestion akan bekerja ketika seorang user sudah menyimak semua konten update baru dari akun-akun yang mereka follow.

Suggestion memberikan rekomendasi konten sejenis dengan kesukaan user namun dari akun-akun yang belum mereka follow. Harapannya tentu saja supaya user yang belum memfollow akun Anda bisa “terpancing untuk memfollow” setelah menyimak konten. Sebagai catatan penting, halaman Suggestion hanya menampilkan konten-konten yang topiknya relevan dengan kesukaan user. Halaman ini tidak akan menampilkan konten berbau clickbait, konten repost, lomba atau giveaway.

Instagram Shop/Bisnis

Sistem algoritma Instagram terakhir datang dari fitur paling anyar IG di tahun 2021 yaitu Instagram Shop atau Business. Di fitur ini, Anda bisa berbelanja produk langsung dari Instagram selayaknya pada sistem e-commerce.

Namun konten-konten fitur Instagram Shop akan ditampilkan dengan cara yang sama dengan Instagram Stories atau Feed. Tampilan konten Instagram Shop akan disesuaikan dengan minat dari user. Jika Anda berbisnis di bidang fashion, maka konten Anda bisa lebih sering muncul di timeline user yang gemar melihat-lihat produk fashion.

Uniknya, Instagram post akan mengedepankan produk-produk yang kemungkinan besar akan dibeli oleh user. Untuk melancarkan tugas ini, algoritma Instagram akan bekerja menilai performa dari postingan dengan meninjau engagement yang tercipta antara akun brand dengan user.

Jadi, tugas utama Anda adalah memikirkan cara terbaik untuk memaksimalkan engagement antara akun brand dengan user. Bagaimana caranya? Yuk langsung kita simak kelanjutan pembahasannya berikut ini.

Artikel terkait  Pedoman 17 Langkah SEO Paling Lengkap (Terbaru 2021) | Pencarian Keywords – Penentuan Tautan

Tips Simpel Memaksimalkan Engagement dan Mengungguli Algoritma Instagram 2021

algoritma-ig-1

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, sistem algoritma Instagram selalu berubah. Algoritma dari Instagram bekerja dengan mengaplikasikan metode machine-learning, di mana algoritma user akan selalu menyesuaikan dengan setiap aktivitas dan data-data dari user di setiap menitnya.

Jadi agar tidak kalah saing, Anda perlu senantiasa memaksimalkan engagement dengan memanfaatkan prinsip-prinsip algoritma Instagram yang telah dijelaskan di atas. Caranya pun tidak sulit, cukup ikuti 5 tips simpel berikut ini:

Memposting di Jam Aktif

Tips pertama adalah memposting konten saat followers Anda sedang aktif-aktifnya. Cari tahu di jam-jam mana saja followers Anda sedang online di Instagram dengan bantuan aplikasi atau media sosial management tool yang bisa diunduh gratis di Google Play Store. Memposting di jam aktif akan memberi peluang besar untuk postingan Anda mendapatkan respon atau engagement sesegera mungkin dari followers.

Selain itu, kebiasaan memposting di jam aktif ini juga akan memenuhi hasrat keinginan followers Anda yang cenderung gemar menyimak informasi terupdate dari sosial media.

Konsisten dalam Memposting

Rajin memposting terbukti efektif dalam meningkatkan engagement akun brand. Semakin sering Anda memposting, maka engagement yang dihasilkan menjadi lebih besar di setiap postingannya, begitupun sebaliknya.

Followers dapat berhenti mengikuti akun Anda gara-gara melihat akun yang “sepi” dan tidak bermanfaat lagi untuk mereka ikuti. Namun kalau Anda rajin memposting unggahan baru baik konten feed ataupun stories  maka followers akan tetap merasa akun Anda penting untuk tetap difollow.

Membangun Interaksi

Banyak orang berpikir begini: “Banyak followers otomatis sama dengan terkenal.” Alhasil, bisnis jual-beli followers sempat booming karena banyak orang ingin memiliki banyak followers secara instan. Padahal langkah ini sesungguhnya keliru.

Saat ini ada banyak brand yang beredar di Instagram dengan ribuan followers namun sangat minim akan likes, komentar dan share di setiap postingan mereka. Bukannya sukses mendulang untung, akun-akun seperti ini justru dinilai mencurigakan oleh calon konsumen yang selektif. Sebab sudah sangat jelas tidak masuk akal ada akun yang punya banyak followers tapi justru sepi interaksi.

Kunci sukses yang benar adalah Anda harus membangun engagement yang baik, bukan hanya sekadar memiliki banyak followers. Dengan begini, akun Anda bisa memiliki banyak followers dan banyak engagement sekaligus. Alhasil, kredibilitas dari brand juga akan bertambah.

Bangun interaksi dengan followers Anda di setiap postingan yang dipublikasikan. Ada beragam bentuk interaksi yang bisa Anda coba, seperti memancing followers berkomentar dengan membuat caption berisi ajakan berpendapat, mengadakan sesi tanya-jawab, hingga sering membalas setiap DM, komentar dan mentions dari followers.

Memakai Hashtag yang Relevan

Cara selanjutnya adalah selalu menyertakan hashtag yang relevan. Hashtag dikenal sebagai jalan pintas bagi user untuk menemukan konten-konten tertentu secara cepat di laman Explore, Instagram Feeds, Suggestion dan Instagram Shop. Oleh sebab itu, hashtag mampu membawa postingan Anda mencapai target audiens yang tepat dan relevan dengan niche bisnis.

Yuk mulai coba gunakan hashtag di setiap postingan Anda untuk meningkatkan visibilitas dan engagement postingan! Supaya semakin unik dan turut membangun branding, Anda bisa menyelipkan hashtag khusus yang cuma dimiliki oleh brand Anda saja, seperti jargon. Semisal pada e-commerce Tokopedia yang menggunakan hashtag jargon “Selalu Ada Selalu Bisa”. Jadi, calon konsumen bisa semakin mengingat image khas dari brand Anda.

Artikel terkait  Mengenal Tren E-commerce Facebook Shops 2021 Beserta Panduan Lengkapnya

Maksimalkan Dukungan Backlink untuk Instagram Shop

Tips terakhir, Anda bisa memaksimalkan dukungan backlink untuk Instagram Shop. Backlink bisa Anda dapatkan dengan mudah jika toko online Anda sudah mempunyai website atau aplikasi khusus sendiri.

Nantinya, Anda cukup mengaktifkan Instagram Shop dan menautkan katalog produk di web atau app ke Instagram Shop saja. Lalu ketika ada user yang tertarik dengan produk, mereka bisa mengklik link untuk diarahkan langsung ke toko online dan berbelanja. Sangat praktis!

Namun bagaimana jika Anda belum punya website atau app toko sendiri? Tenang, Anda tidak perlu cemas karena APPKEY memberikan penawaran menarik untuk mengembangkan app bisnis online sendiri dalam 1x pembayaran saja! Nantinya, Anda sudah bisa memperoleh paket lengkap mulai dari konsultasi kebutuhan bisnis bersama pakar ahli, pengembangan app, hingga bantuan perilisan app dan optimalisasi perbaikan error pasca rilis.

Aplikasi Online Shopping by APPKEY ini pun turut dilengkapi dengan beragam fitur fungsional yang bisa menunjang performa isnis Anda dengan sangat mudah. Beberapa kecanggihan yang hanya ada di Online Shopping by APPKEY ini antara lain:

  • Kebebasan kustomisasi tampilan serta pilihan fiturnya supaya sesuai dengan ciri khas online shop Anda.
  • Dilengkapi berbagai fitur belanja online paling lengkap dan mudah untuk dioperasikan siapa saja, mulai dari anak muda hingga orang dewasa.
  • Aplikasi fleksibel yang bisa dijalankan pada iOS atau Android dan “tahan banting” karena bisa memuat banyak traffic user sekaligus.
  • Memiliki sinkronisasi data real-time yang akurat dan tepat.
  • Loading aplikasi yang cepat, anti lelet dan dilengkapi sistem proteksi keamanan paling baru. Jadi, app ini sangat aman untuk digunakan dalam berbagai sistem transaksi online (kartu kredit, debit, transfer bank, e-wallet, e-money dan sebagainya).

Tidak perlu ragu-ragu lagi, Anda bisa segera mengembangkan app bisnis sendiri di APPKEY langsung dengan mengklik link https://appshop.co.id/appshopping/. Yuk jangan ragu lagi karena keuntungan bisnis online bersama APPKEY sudah menanti persis di depan mata Anda!

Demikianlah pembahasan kali ini terkait algoritma di Instagram. Kesimpulannya, di tahun 2021 ini, algoritma pada Instagram bekerja dengan cara menganalisa aktivitas user. Berbekal informasi yang telah kami paparkan di atas, sekarang Anda bisa memaksimalkan akun dan postingan Instagram Anda agar tetap unggul di timeline para followers Anda!

Semoga artikel ini mampu menambah wawasan Anda guna menyusun strategi untuk meningkatkan engagement di platform Instagram. Jangan lupa juga untuk membaca artikel menarik lainnya dari MARKEY, ya, sampai jumpa!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya