Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran SEO Strategi SEO 2021 : Berbagai Hal Tentang Featured Snippet...

Strategi SEO 2021 : Berbagai Hal Tentang Featured Snippet Google

-

Featured snippet Google adalah strategi SEO yang wajib Anda kuasai. Soalnya fitur ini bisa membantu konten promosi web bisnis Anda jadi lebih menonjol di posisi teratas Google.

Apa itu featured snippet Google, keuntungan dan cara kerjanya? Bagaimana juga cara membuat featured snipper SEO yang baik untuk menarik minat calon konsumen berkunjung ke web kita?

Yuk langsung saja kita simak ulasan selengkapnya pada artikel kali ini!

Strategi SEO : Definisi Featured Snippet Google

strategi seo

Pernahkah Anda menelusuri sebuah keyword di Google dan menemukan ringkasan pembahasan lengkapnya dalam sebuah kotak khusus? Nah, itulah yang dikenal sebagai featured snippet Google.

Snippet adalah kata bahasa Inggris yang berarti “potongan” atau “ringkasan”. Definisi snippet adalah potongan intisari informasi yang disuguhkan untuk mempermudah pembaca menemukan jawaban atas pertanyaannya.

Fitur snippet ini bisa kita jumpai dengan mudah di posisi teratas halaman 1 Google. Ia ditandai dengan kotak spesial yang memuat ringkasan penjelasan dari keyword yang ditelusuri pengguna.

Semisal Anda menelusuri keyword “ide bisnis tanpa modal.” Maka hasil snippet bisa memuat ringkasan poin-poin ide bisnis yang cocok.

Ringkasan jawaban dalam snippet bisa diambil dari website, URL/link halaman web, dan judul postingan yang memuat pembahasan keyword. Dengan melihat snippet, Anda tidak perlu lagi repot scroll ke bawah mencari informasi.

Snippet Berada di Ranking ke-0

Banyak orang mengira snippet Google adalah postingan yang menduduki posisi nomor 1. Padahal sesungguhnya tidak, lho.

Para pakar SEO sepakat bahwa snippet tidak sama dengan postingan web yang menduduki ranking satu Google. Featured snippet SEO Google berada di posisi yang lebih tinggi lagi, alias pada ranking nol. Pastinya snippet lebih mencuri perhatian pengguna Google ketimbang konten ranking 1, 2, 3 dan seterusnya.

Namun pihak Google telah menyatakan bahwa snippet tidak tampil di setiap penelusuran. Snippet hanya akan muncul jika sistem Google menilai konten website memuat jawaban terbaik sekaligus paling relevan dengan keyword yang ditelusuri.

Artikel terkait  Mengetahui SEO Negatif dan Cara Menangkalnya

4 Manfaat Strategi SEO Snippet Google

Kenapa kita harus berusaha agar konten web bisa tembus featured snippet Google? Jawabannya tak lain karena ada 4 manfaat positif dari snippet, yakni:

1. Meningkatkan Traffic 50%

Konten-konten yang sukses masuk snippet Google terbukti mendapat kenaikan pengunjung (traffic) sebesar 50%. Hal ini masuk akal, mengingat pengguna Google bisa langsung mendapat info yang mereka butuhkan dari snippet.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa orang-orang cenderung mengklik website atau artikel di posisi teratas pada search engine. Mereka tidak mau repot scroll ke bawah mencari informasi, kecuali website teratas belum memuat jawaban sesuai harapan.

2. Mendongkrak Ranking Website

Informasi dalam snippet kebanyakan dipilih dari artikel yang menduduki ranking satu Google. Jika artikel Anda tembus snippet, maka otomatis, ranking website Anda sudah naik, bagus kualitasnya, dan menjadi rekomendasi Google. Dijamin deh, orang-orang akan lebih banyak mengenal web Anda dibanding web lain!

3. Menambah Visibilitas

Potongan informasi yang jadi snippet tampak lebih menarik untuk dibaca ketimbang yang bukan. Pasalnya, snippet menyoroti informasi yang paling relevan dari artikel Anda dengan pertanyaan dari pengguna. Jadi orang-orang akan menggunakan artikel web Anda sebagai referensi utama mereka.

4. Gampang Muncul di Pencarian Spesifik

Keuntungan terakhir dari featured snippet SEO adalah memudahkan artikel kita muncul di tipe pencarian yang spesifik (penelusuran long-tail keyword). Ini karena snippet menjelaskan informasi dari keyword dengan rinci, spesifik dan lengkap. Jadi akan ada lebih banyak pengunjung baru datang ke website Anda!

4 Jenis Strategi SEO Snippet Google

Ternyata, snippet ditampilkan dalam empat jenis yang berlainan. Beda jenis snippet, maka berbeda pula strategi yang harus Anda aplikasikan supaya artikel bisa terpilih.

Keempat tipe snippet di Google yang populer antara lain:

1. Snippet Tabel

Snippet berbentuk tabel sering kali muncul di hasil penelusuran Google. Dengan format ini, pengguna bisa lebih cepat dan mudah mengetahui data informasi tentang nilai.

Snippet tabel umumnya memuat data-data berupa angka, unit pengukuran, konversi/turunan nilai atau data-data variabel. Contoh informasi yang cocok masuk snippet tabel misalnya:

  • Ukuran kertas, plastik, dan sejenisnya.
  • Perbandingan ukuran (misalnya kertas B4 dan A4).
  • Harga item yang dijual satuan dan grosir.
  • Berat benda.
  • Satuan pengukuran (m, cm, km, dan seterusnya).

2. Snippet Definisi/Paragraf

Tipe snippet kedua adalah definisi. Sesuai namanya, snippet ini memuat definisi, pengertian atau arti dari sebuah istilah/kata kunci.

Snippet definisi juga dikenal dengan nama snippet paragraf. Soalnya penjelasan definisi bisa dijabarkan dalam potongan atau bentuk paragraf. Dengan membaca snippet model ini, pengguna bisa memahami penjelasan keyword dengan mudah.

Snippet jenis paragraf pun terkadang bisa tampil dengan kombinasi gambar untuk memperjelas jawaban penelusuran. Dibandingkan dengan jenis-jenis snippet lain, snippet definisi adalah yang paling populer dimunculkan Google.

3. Snippet List Berurutan

Artikel Anda memuat informasi daftar (list) yang berurutan? Nah, artikel Anda tersebut bisa lho masuk ke dalam fitur snippet list berurutan.

Dalam snippet ini, data akan ditampilkan secara runut dari awal sampai akhir. Contoh topik yang bisa dimuat dalam snippet list berurutan misalnya:

  • Tutorial atau tahap-tahap melaksanakan sesuatu.
  • Daftar yang memiliki urutan waktu kejadian (misal “sejarah harga Crypto”, “tata cara membuat online shop sendiri”).
  • Aktivitas yang saling berkaitan (misal “cara kerja dropship”).

4. Snippet List Tidak Berurutan

Berkebalikan dengan tipe ketiga, snippet jenis terakhir juga berupa daftar tapi isinya tidak berurutan (acak). Data-data bebas ditampilkan secara acak karena tidak bersifat prosedural atau berkaitan satu sama lain.

Contoh topik yang masuk untuk snippet ini juga ada banyak sekali. Misalnya:

  • Daftar rekomendasi produk, ide, tools, dan seterusnya.
  • Kumpulan alasan, keuntungan atau kerugian dari melakukan sesuatu (misal “5 alasan memulai bisnis online”, “4 untung rugi reseller”).
  • Kumpulan ide yang bisa direkomendasikan (misal “30 ide bisnis dari rumah untuk mahasiswa).

Artikel terkait  Apa itu Customer Retention? Serta Tips Cara Mempertahankan Pelanggan

8 Cara Simpel untuk Tembus Snippet Google

strategi seo

Sudah kita ketahui bahwa Google memilih artikel-artikel tertentu untuk dijadikan snippet. Hanya artikel yang paling relevan dengan keyword, akurat menjawab masalah, dan berkualitas baik sajalah yang akan lolos masuk snippet.

Jadi bagaimana caranya supaya artikel kita bisa dilirik sistem snippet Google? Tidak perlu cemas, Anda bisa mencoba 8 trik SEO berikut ini:

1. Bentuk Paragraf Snippet-Friendly

Tips pertama, pastikan paragraf-paragraf dalam artikel Anda sudah “snippet-friendly” alias ramah snippet. Semakin baik kualitas paragraf tulisan Anda, maka akan semakin besar kesempatan artikel masuk snippet.

Tips:

  • Selipkan keyword ke paragraf, judul dan sub judul.
  • Jawab pertanyaan/permasalahan dengan singkat, padat, jelas di paragraf.
  • Tulis paragraf yang enak dibaca manusia atau natural.
  • Hindari kesalahan penulisan, typo, dan EYD.

2. Libatkan Keyword-Keyword Top

Ketika menulis artikel, pastikan Anda sudah menggunakan keyword-keyword yang ramai ditelusuri pengguna lain di Google. Keyword ngetrend bervolume pencarian tinggi adalah salah satu filter yang dipakai Google saat memilih artikel terbaik untuk ditampilkan ke pengguna.

Tips:

  • Lakukan riset keyword dengan alat-alat bantu gratis online seperti UberSuggest, Moz, Google Trend, KeywordTool.io, dan lain-lain.
  • Gunakan keyword yang sesuai dengan topik bahasan Anda.
  • Selipkan kombinasi long tail keyword dan short tail keyword dalam bahasan.

3. Ulas Topik-Topik Langganan Snippet

Ada sejumlah topik yang selalu jadi “langganan” muncul dalam snippet. Anda bisa mencoba mengulas topik tersebut dalam artikel.

Topik-topik yang kerap masuk snippet Google adalah:

  • Tutorial atau DIY (do it yourself): berisi tahap-tahap melakukan sesuatu yang bisa masuk snippet list.
  • Hitungan matematika: data-data satuan matematika bisa ditampilkan dalam bentuk snippet tabel.
  • Informasi kesehatan: gejala penyakit, prosedur pertolongan pertama sederhana, dan tips trik kesehatan yang bisa dimuat ringkas dalam snippet.
  • Persyaratan dan ketentuan: informasi rincian syarat dan ketentuan terkait sesuatu juga sering dikemas dalam versi singkat snippet supaya mudah dibaca.
  • Topik finansial/keuangan: informasi harga saham/crypto, nilai mata uang hari ini, atau perbandingan aset investasi lebih gampang dipahami dalam bentuk snippet.

4. Pakai Gambar dan Video yang Relevan

Snippet tidak selalu hadir dalam bentuk teks paragraf saja. Terkadang, snippet bisa muncul dalam bentuk kombinasi gambar, video dan teks.

Oleh karena itu, ingatlah untuk menggunakan gambar-gambar atau video pendukung artikel yang relevan dan menarik. Menyelipkan foto/video ke artikel juga mampu meningkatkan kualitas isi artikel Anda, sebab ada beberapa hal yang lebih nyaman dijabarkan dalam bentuk visual ketimbang teks.

Tips:

  • Pelajari tips SEO untuk gambar, foto dan video dalam konten artikel.
  • Gunakan tools-tools editing gambar atau video untuk mempermudah menambahkan foto/video.

5. Tulis Bahasan yang Bersifat Fakta

Snippet tidak menampilkan pembahasan yang bersifat fiktif atau khayalan. Fitur ini diperuntukkan untuk mempermudah pengguna Google menemuan jawaban faktual atas pertanyaan mereka.

Jadi tulislah artikel yang memuat info-info faktual dan akurat. Pastikan informasi yang Anda tulis benar, terupdate dengan isu terkini, dan bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya (valid dan ada referensi). Menulis artikel faktual dan menarik juga bisa membantu meningkatkan kredibilitas website bisnis Anda.

6. Artikel Menjawab Pertanyaan Google

Pernahkah Anda menemukan sejumlah pertanyaan dari Google ketika sedang melakukan penelusuran? Misalnya Anda menelusuri keyword “dokter gigi terbaik di jakarta”. Kemudian muncul sejumlah pertanyaan di bawah sub judul “Orang Lain Juga Menelusuri” – contohnya:

  • Apa saja fasilitas dokter gigi?
  • Berapa harga perawatan di dokter gigi?
  • Kapan jam operasional dokter gigi?

Nah, Anda bisa membuat artikel khusus yang menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Google supaya artikel bisa masuk snippet. Ketika pertanyaan Google diklik, sering kali muncul snippet yang merangkum jawabannya dengan lengkap.

7. Optimalkan SEO Website

Sekadar menulis konten saja tidak cukup. Agar tulisan bisa dilirik snippet, Anda juga harus mengoptimalkan SEO website secara keseluruhan.

Lakukan optimasi isi dan halaman website secara berkala. Selain itu, cek juga kecepatan loading web dan tata letak artikel guna memastikan tampilannya nyaman bagi pengunjung. Website yang isinya berkualitas dan maksimal menurut SEO dijamin lebih mudah menduduki ranking 1 dan snippet.

8. Informasi Memuat Data Angka

Tips lolos snippet terakhir adalah menulis artikel yang memuat data angka, seperti artikel matematika atau finansial. Menurut percobaan pakar SEO, artikel dengan data angka yang terupdate punya kesempatan lebih besar untuk lolos snippet Google. Tapi tetaplah menggunakan data angka yang relevan mendukung isi utama konten.

2 Kelemahan Featured Snippet

Walaupun fitur snippet Google sangat bermanfaat, nyatanya trik SEO satu ini tetap menyimpan kelemahan yang patut diwaspadai. Inilah 2 kelemahan utama yang bisa merugikan web bisnis dari snippet:

1. Snippet Membanjiri Hasil Penelusuran

Kehadiran snippet di posisi paling teratas Google menjadi ancaman serius bagi semua artikel yang masuk ke halaman pertama – termasuk artikel di peringkat nomor 1.

Snippet sudah memuat semua jawaban yang dibutuhkan oleh pengguna, alhasil semua artikel di bawahnya menjadi tak menarik lagi untuk disimak. Jadi akan sangat merugikan jika artikel atau web milik kompetitor yang dipilih sebagai snippet Google.

2. Pengguna Tak Tertarik Membaca Artikel Selengkapnya

Kelemahan kedua dari snippet adalah menjadikan pengguna Google tidak tertarik lagi membaca artikel Anda secara lengkap. Kebanyakan pengguna berpikir, “Kenapa harus membaca isi artikel secara utuh jika snippet sudah memuat semua jawaban yang dibutuhkan?”

Maka dari itu, featured snippet SEO bisa menjadi “senjata bumerang” bagi Anda. Sia-sia saja jika artikel Anda dimuat dalam snippet, tapi jumlah klik pengunjung website tidak bertambah sama sekali.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar featured snippet SEO Google. Semoga pembahasan di atas bermanfaat menambah wawasan Anda, ya!

Yuk perdalam terus pengetahuan bisnis online Anda setiap hari bersama MARKEY! Ikuti terus website MARKEY di https://markey.id/ atau download versi aplikasinya (Google Play dan Apple Store) untuk kenyamanan membaca yang lebih baik.

Sampai bertemu lagi di artikel tips dan trik SEO lainnya, sayonara!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

7 Dasar Belajar Komputer dengan Cepat Untuk Pemula

Apakah Anda ingin belajar komputer? Rasanya agak ketinggalan jika kita belum menguasai komputer di era modern yang serba digital...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya