Sponsorship Adalah : Tugas, Event dan Marketing Sponsorship

Kata sponsor cukup sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Sponsor dapat dengan mudah kita temui di berbagai media massa di sekitar kita, seperti televisi, koran, papan baliho hingga internet. Banyak orang mengartikan istilah sponsor dengan iklan. Namun, sponsorship sesungguhnya tak hanya sekadar iklan yang biasa kita lihat berseliweran di televisi, lho!

Ingin tahu lebih banyak perihal sponsorship? Berikut ini kami sajikan lengkap untuk Anda ulasan perihal sponsorship, mulai dari pengertian hingga tugas-tugas yang harus dipenuhi saat menjalankan sponsor. Yuk simak bersama-sama!

Apa Itu Sponsorship Marketing?

apa-itu-sponshorship

Salah satu istilah penting dalam dunia bisnis adalah sponsorship marketing.  Sayangnya, sponsorship marketing adalah istilah yang belum lumrah di kalangan masyarakat awam. Jangan khawatir jika Anda juga belum mengetahui seputar sponsorship marketing! Kami sudah menyediakan jawabannya untuk Anda.

Kata sponsorship adalah istilah yang diambil dalam Bahasa Inggris, dan jika diartikan ke Bahasa Indonesia, sponsorship adalah persponsoran. Dari definisi tersebut, dapat diartikan sponsorship adalah suatu bentuk penerapan dari sistem promosi produk oleh perusahaan ke masyarakat.

Namun sponsorship bukan sekadar iklan. Dalam sponsorship, perusahaan penjual produk biasanya bekerjasama dengan pihak yang bertugas mengiklankan barang ke masyarakat. Pihak ini menjembatani terjadinya proses promosi barang dengan timbal balik yang sama-sama menguntungkan. Biasanya, pihak yang melakukan sponsorship akan dibayar oleh perusahaan yang ingin agar produknya diiklankan.

Ada pula yang mendefinisikan sponsorship sebagai suatu bentuk dukungan materi ataupun finansial oleh suatu perusahaan terhadap perorangan, suatu organisasi atau acara. Akan tetapi dukungan materi tersebut juga akan dibayar dengan timbal balik dari pihak organnisasi berupa promosi produk sesuatu dengan kesepakatan. Dengan kata lain, dapat pula dikatakan bahwa sponsorship merupakan suatu bentuk kerjasama.

Sponsorship marketing adalah nama lain dari bentuk kegiatan ini. Sponsorship marketing adalah sebuah kegiatan yang didasari kesepakatan dari pihak yang memasang iklan dengan pengiklan. Biasanya, perjanjian tersebut berupa kesepakatan dari pihak pemasang iklan untuk memberikan dana sejumlah yang telah disepakati kepada pihak pengiklan. Sebagai timbal baliknya, sang pengiklan harus mempromosikan material promosi yang diberikan perusahaan ke khalayak umum.

Menelaah 2 Tipe Utama Sponsorship: Brand dan Event

menelaah-sponsorship

Kerjasama sponsorship sering dilakoni oleh banyak pihak sampai hari ini, khususnya pemilik usaha yang ingin memaksimalkan sistem promosi produk mereka. Sponsorship dinilai efektif oleh banyak pengusaha sebab dapat meningkatkan nilai suatu brand atau merek produk hingga nama perusahaan itu sendiri.

Saat ini ada 2 jenis sponsorship yang umum dilakukan oleh pengusaha, yakni brand sponsorship dan event sponsorship. Penggolongan sponsorship ini didasarkan pada konsep pengiklanan yang dilakukan. Seperti apa masing-masing penjelasannya? Mari simak penjelasannya berikut ini!

Brand Sponsorship

Jenis sponsorship pertama adalah brand sponsorship. Brand sponsorship adalah suatu bentuk kegiatan promosi brand perusahaan dengan cara mendukung suatu program, event atau organisasi masyarakat. Sampai hari ini, brand sponsorship adalah teknik marketing yang ampuh untuk memperkenalkan nama perusahaan seluas-luasnya ke masyarakat.

Kita sering menjumpai contoh brand sponsorship dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam acara televisi yang disponsori oleh perusahaan tertentu. Atau, dalam event-event yang diadakan di kota tempat tinggal Anda seperti konser musik, jalan santai, pagelaran festival dan lainnya yang disponsori oleh sejumlah brand. Sebagai contoh, brand perusahaan minuman dunia Coca-Cola yang pernah menjadi sponsor resmi dari perhelatan kejuaraan sepak bola dunia yakni World Cup.

Tentunya ada sejumlah keuntungan yang dapat Anda rasakan jika perusahaan Anda melakukan brand sponsorship. Sejumlah keuntungan dari menjalankan brand sponsorship adalah sebagai berikut.

Meningkatkan Kepopularitasan Brand

Tujuan utama yang mendasari pengusaha melakukan brand sponsorship yakni meningkatkan kepopularitasan brand di mata masyarakat. Masyarakat tidak akan mengetahui produk maupun perusahaan Anda jika Anda tidak mengenalkannya kepada masyarakat di luar sana. Dengan proses sponsorship, brand perusahaan Anda akan dikenal masyarakat luas.

Meningkatkan Penjualan Produk

Keuntungan yang dapat Anda rasakan berikutnya dari brand sponsorship yakni peningkatan penjualan produk. Bukan tidak mungkin dengan proses promosi, masyarakat akan semakin tertarik untuk mencoba membeli produk Anda. Semakin luas brand sponsorship yang Anda lakukan, maka akan semakin besar kesempatan produk Anda diminati oleh banyak orang.

Tampil Berbeda dari Kompetitor

Melakoni brand sponsorship dapat menjadikan brand Anda tampil berbeda dari para kompetitor pesaing Anda. Jika perusahaan lain masih melakukan sistem promosi tradisional seperti menyebar pamflet atau promosi di media sosial, maka dengan melakukan brand sponsorship di suatu event atau organisasi, nama perusahaan Anda akan tampak menonjol di mata masyarakat konsumen yang terlibat dalam event tersebut. Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan perusahaan lain, sebab brand perusahaan Anda telah tampil “berbeda”.

Meningkatkan Reputasi Brand

Terakhir, keuntungan dari melakukan brand sponsorship yaitu meningkatkan reputasi brand perusahaan di mata masyarakat. Ambil contoh brand Coca-Cola yang menjadi sponsor utama dari ajang bergengsi kejuaraan kelas dunia FIFA World-Cup. Setelah menjadi sponsor utama dari kejuaraan kelas dunia, nama Coca-Cola semakin memiliki prestise bagi masyarakat sebagai brand berkelas. Hal ini akan memberikan dampak positif bagi perusahaan dimana akan ada semakin banyak konsumen yang tertarik membeli produk, ataupun pihak lain yang ingin bekerja sama dengan perusahaan.

Event Sponsorship

Tipe sponsorship kedua adalah event sponsorship. Agak berbeda dengan brand sponsorship, event sponsorship adalah kegiatan dari suatu perusahaan dengan tujuan mempromosikan namanya sendiri ke masyarakat. Menurut Coulson dan Thomas (2002: 285), event sponsorship adalah aktivitas yang bertujuan agar menaikkan image perusahaan sekaligus membuat masyarakat mengingat nama perusahaan tersebut.

Event sponsorship adalah bagian dari strategi komunikasi bisnis yang bermanfaat untuk membangun dan memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap brand perusahaan. Tujuannya juga tak jauh berbeda dengan brand sponsorship yakni untuk meningkatkan minat pembelian produk oleh masyarakat. Selain itu, perusahaan dapat tampil beda dari perusahaan pesaing lain jika memiliki brand image yang kuat di masyarakat. Hal ini akan membawa keuntungan sebab image antar perusahaan tidak dapat disamakan antara satu dengan yang lain.

Berbeda dari brand sponsorship yang mana perusahaan melakukan kerjasama dengan suatu acara, yang terjadi dalam event sponsorship dapat dikatakan sebaliknya. Media massa lah yang mendatangi event sponsorship tersebut dan mempublikasikannya secara cuma-cuma. Kebanyakan pengusaha mencoba mengadakan event sponsorship oleh sebab keuntungan yang berlipat ganda ini. Kemudian, brand perusahaan di masyarakat akan dibentuk oleh kekuatan media massa.

Tugas Utama Sponsorship

tugas-sponsorship

Sebagai suatu bentuk aktivitas promosi, sudah barang tentu terdapat tugas-tugas dalam sponsorship yang harus dipenuhi. Hal ini penting agar tujuan sponsorship dapat tercapai dan memuaskan pihak-pihak yang terlibat dalam kerjasama ini. 2 poin utama dari tugas sponsorship adalah sebagai berikut.

Menyukseskan Kampanye Periklanan

Tugas sponsorship adalah menyukseskan kampanye periklanan dari perusahaan. Kerjasama sponsorship selalu memiliki kontrak persetujuan yang telah ditandatangani kedua belah pihak yang terlibat yakni perusahaan dan pengiklan (seperti organisasi, panitia event media massa, dan lainnya). Oleh karena itu, tugas sponsorship adalah menyukseskan kampanye iklan persis seperti yang telah disepakati dalam proposal. Apabila tugas tersebut tidak ditunaikan dengan baik, bisa jadi akan timbul konflik di kemudian hari.

Mendukung Strategi Pemasaran

Tugas berikutnya dari sponsorship adalah mendukung strategi pemasaran yang telah disepakati. Dalam proses menuju persetujuan sponsorship, biasanya pihak perusahaan akan membuat proposal sponsor terlebih dahulu. Proposal tersebut memuat rincian terkait strategi pemasaran atau iklan yang harus dijalankan setelah kesepakatan sponsorship dicapai. Apabila pihak pengiklan tidak mendukung strategi yang telah ditetapkan, pihak perusahaan dapat membatalkan kerjasama.

Menunjukkan Tanggung Jawab Sosial

Tugas lain dari sponsorship adalah menunjukkan adanya tanggung jawab sosial dari pihak pengiklan maupun perusahaan saat menjalankan kewajibannya. Dengan memenuhi tugas dan kewajiban dari sistem sponsorship, kedua belah pihak telah memperlihatkan niatan baik dan tanggung jawab sosial yang menumbuhkan rasa percaya dalam kerjasama.

Itu dia ulasan lengkap dan ringkas terkait sponsorship. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya dalam rangka mempromosikan perusahaan? Semoga artikel ini bermanfaat!

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

 

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol