Last Updated on May 28, 2022 by appkey
Cara terbaik dalam melakukan promosi usaha adalah dengan memasang iklan. Iklan merupakan informasi terhadap suatu produk yang berguna untuk menarik minat serta perhatian orang lain. Beriklan adalah cara yang masih dilakoni banyak pengusaha dari dulu hingga sekarang, dan masih mampu memberikan keberhasilan dalam perdagangan.
Sudah menjadi pemahaman banyak pengusaha bahwa iklan yang unik, menarik dan menggugah perasaan orang yang melihatnya dapat memengaruhi orang tersebut untuk mencoba produk yang diiklankan. Oleh sebab itu, membuat iklan sesungguhnya adalah proses yang susah-susah gampang. Jika iklan produk tidak menarik dan tidak mampu menimbulkan rasa penasaran orang lain, sudah barang tentu sistem promosi Anda dinyatakan gagal.
Sebelum membuat iklan, ada baiknya bagi Anda untuk memahami terlebih dahulu ciri-ciri iklan yang baik dan benar. Dengan belajar dari ciri-ciri iklan yang baik dan benar, maka Anda dapat merumuskan iklan produk sendiri yang dijamin ampuh memancing minat konsumen. Penasaran seperti apa ciri-ciri iklan yang baik dan benar? Mari simak pembahasannya berikut ini.
Baca juga : Iklan adalah | Tujuan, Unsur, Jenis, dan Contoh Iklan
Daftar Isi
Apa Itu Iklan?
Sebelum menelaah ciri-ciri iklan, sebaiknya Anda memahami pengertian iklan terlebih dahulu. Pemahaman ini berguna agar Anda tidak salah saat membuat iklan. Nyatanya, hingga saat ini masih ada banyak pengusaha yang salah dalam merumuskan iklan sebab tidak memahami pengertian iklan dengan baik.
Iklan tak hanya sebuah informasi produk yang disebar kepada orang lain. Agar dapat meraih hasil maksimal, sebuah iklan harus mampu mempersuasi orang lain yang melihatnya. Iklan memuat serangkaian informasi atau pesan yang menarik tentang suatu produk atau jasa kepada masyarakat. Dengan kata lain, lewat iklan, Anda selaku pengusaha dapat membujuk calon konsumen agar tertarik membeli produk atau jasa dari perusahaan Anda.
Iklan dapat terpasang di beragam media, khususnya media yang mudah dilihat banyak orang. Semakin strategis lokasi pemasangan iklan, maka akan semakin baik sebab dapat diakses oleh banyak orang. Umumnya, iklan dapat dipasang di media-media tradisional seperti televisi, koran, papan reklame, majalah, dan lainnya. Namun seiring berkembangnya teknologi, iklan kini merambah dunia maya. Saat berselancar di internet pun, Anda dapat melihat beragam jenis iklan terpasang di media sosial, blog, website, hingga mesin pencari seperti Google.
Mengenal 9 Ciri-Ciri Iklan yang Bagus
Membuat iklan yang baik dan efektif memang tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Ciri-ciri iklan yang baik harus memenuhi unsur-unsur penting yang menjadikannya menarik dan mampu menarik minat orang lain. Lalu apa saja ciri-ciri iklan yang baik? Berikut kami punya jawabannya khusus untuk Anda. Let’s check this out!
1) Mengandung Pilihan Kata yang Tepat
Ciri-ciri iklan yang bagus pertama terletak pada pilihan katanya. Iklan yang baik, menarik dan efektif memiliki pilihan kata yang menarik dan tepat. Hindari penggunaan kata-kata yang majemuk, banyak istilah asing, ataupun terlalu formal dalam iklan Anda. Ciri-ciri iklan yang bagus justru bersifat sopan, mudah diingat, logis dan dapat dicerna oleh semua lapisan masyarakat.
2) Bersifat Persuasif
Ciri-ciri iklan yang baik harus memenuhi unsur persuasif. Unsur utama yang membedakan teks iklan dengan teks lainnya adalah keberadaan kalimat persuasif di dalamnya. Persuasif sendiri merupakan bentuk tindak tutur yang dipergunakan untuk merayu serta meyakinkan seseorang melakukan sesuatu. Dalam hal ini, sifat persuasif dipergunakan untuk meyakinkan seseorang membeli barang yang diiklankan. Tanpa adanya unsur persuasif, maka iklan Anda tidak dapat memenuhi ciri-ciri iklan yang baik.
3) Menjelaskan tentang Produk
Berikutnya, ciri-ciri iklan yang baik adalah menjelaskan tentang produk. Gunakan iklan Anda untuk menjelaskan kelebihan dan keunggulan dari produk atau jasa bisnis Anda. Kelebihan dan keunggulan produk merupakan hal penting sebab dapat membuat pembaca merasa tertarik untuk mencoba produk. Meski begitu, Anda tetap harus menjelaskan keunggulan produk secara proporsional. Alias, jangan terlalu bertele-tele dengan rincian dan kelebihan produk.
4) Menonjokan Informasi Utama Produk
Ciri-ciri iklan yang baik adalah menonjolkan informasi produk atau jasa yang sedang ditawarkan. Saat menjelaskan tentang produk dalam iklan, tonjolkan informasi-informasi yang dirasa penting terkait produk. Ada beragam cara yang dapat Anda lakukan untuk menonjolkan informasi produk, seperti membuat ukuran tulisan atau gambar lebih besar dari yang lain, atau menggunakan warna mencolok pada bagian tersebut. Informasi yang mencolok ini akan menjadi pusat perhatian dari iklan dan menarik perhatian orang yang melihatnya.
5) Tepat Sasaran
Ciri-ciri iklan yang baik harus memenuhi unsur berikutnya yaitu tepat sasaran. Sama seperti ketika Anda menentukan target konsumen dari produk, iklan Anda harus memiliki sasaran yang dituju. Saat membuat iklan, pikirkan target masyarakat yang hendak dituju; Kepada siapa iklan tersebut ditayangkan? Siapa calon konsumen yang Anda ingin dapatkan dari iklan tersebut?
Setelah mengetahui target iklan, arahkan agar iklan Anda dapat menjaring sebanyak mungkin calon konsumen dari kelompok target. Semisal produk Anda ditargetkan untuk kaum milenial kekinian. Jadi, iklan Anda pun harus menyesuaikan dengan target produk. Dengan demikian, iklan yang harus Anda buat adalah iklan yang kreatif, kekinian, dan unik sehingga mampu dilirik oleh para milenial.
6) Mengombinasikan Unsur Teks dan Visual
Agar iklan tidak terasa membosankan, Anda bisa menggabungkan kombinasi kata-kata dan visual dalam iklan Anda. Ciri-ciri iklan yang baik adalah tentunya tidak membuat penontonnya merasa bosan. Oleh sebab itu, banyak orang kini cenderung membuat iklan dengan menggabungkan beragam unsur seperti teks dan audio visual. Penggunaan unsur visual dinilai ampuh dalam iklan, sebab masyarakat lebih mudah mencerna pesan yang ditampilkan oleh gammbar ketimbang hanya membaca teks.
7) Menggunakan Tagline
Anda juga bisa menggunakan tagline dalam menyusun iklan. Apa itu tagline? Tagline dapat diartikan sebagai slogan. Tagline dibuat untuk mempermudah dalam menginfokan manfaat produk yang diiklankan. Tagline juga dapat dibuat dalam bentuk teks atau gambar, menyesuaikan dengan daya kreativitas Anda selaku pembuat iklan.
Penggunaan tagline banyak dilakukan dalam iklan sebab slogan ini dinilai memiliki kekuatan tersendiri untuk menumbuhkan branding produk di masyarakat. Kelebihan penggunaan tagline adaah mudah diingat orang banyak. Jika banyak orang mengingat tagline perusahaan atau produk Anda, maka bukan tak mungkin mereka akan senantiasa membeli produk Anda saat membutuhkannya.
8) Bersifat Jujur dan Obyektif
Kesalahan banyak pembuat iklan adalah sikap mereka yang tidak jujur saat mendeskripsikan produk. Selalu hindari sifat tidak jujur saat beriklan sebab hal tersebut hanya akan menimbulkan kekecewaan pada konsumen ketika menggunakan produk. Tanamkan pada diri Anda, bahwa mempromosikan dagangan tidak sama dengan membohongi publik.
Anda boleh saja melakukan promosi dengan gaya hiperbola dan bombastis, namun harus selalu didasari dengan sikap jujur, sesuai fakta dan objektif. Jika produk Anda memiliki kualitas yang kurang baik, langkah yang harus ditempuh adalah memperbaiki kualitas produk, bukan membuat iklan bohong.
9) Tidak Menyinggung Iklan Perusahaan Lain
Unsur terakhir dari ciri-ciri iklan yang baik adalah tidak menyinggung iklan produk serupa yang dikeluarkan perusahaan lain. Dalam iklan, Anda sangat dilarang untuk merendahkan, menyerang, atau menjelekkan iklan produk yang sama dari perusahaan lain. Fokuslah pada keunggulan produk Anda sendiri alih-alih sibuk menjatuhkan pesaing. Menerapkan persaingan sehat merupakan kunci sukses dalam berbisnis, sekaligus menjadi cerminan bahwa perusahaan Anda memiliki budaya yang baik.
Demikianlah pembahasan lengkap terkait ciri-ciri iklan yang baik. Semoga membantu Anda untuk membuat iklan yang bagus dan sukses menggaet konsumen!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.