Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 45

10 Cara Jualan Online Laris di WhatsApp Tanpa Modal Terbaru

0
cara jualan online laris di whatsapp

Mencari cara jualan online laris di WhatsApp? Anda beruntung karena sudah berada di laman yang tepat!

Berikut ini kami akan mengajak Anda mengupas tuntas cara-cara agar jualan online laris di WhatsApp tanpa modal.

Sukses berbisnis online tidak selalu harus dilakukan di e-commerce atau website. Anda tetap bisa meraup keuntungan berlimpah hanya dengan mengelola WhatsApp Business saja.

Bagaimana rahasianya? Daripada penasaran, mari simak cara jualan online laris di WhatsApp berikut ini.

10 Cara Jualan Online di WhatsApp Laris Manis & Gratis

cara-jualan-online-laris-di-whatsapp

WhatsApp adalah aplikasi chatting “sejuta umat” di Indonesia. Saat ini, hampir 90% masyarakat lokal menggunakan WA untuk berkomunikasi online setiap hari.

Namun WhatsApp juga punya manfaat besar untuk berjualan online, lho. Apabila dikelola dengan baik, Anda bisa mendapat jutaan rupiah hanya dengan berbisnis di WhatsApp.

Tertarik mencoba? Langsung praktekkan 10 cara jualan online laris di WhatsApp berikut ini yuk! Dijamin gampang dan bisa dimulai tanpa modal.

1. Menyusun Model dan Target Usaha

Setiap bisnis wajib dimulai dengan landasan model usaha sekaligus target konsumennya. Kira-kira, bisnis seperti apa yang pas untuk Anda jalankan di WhatsApp?

Alangkah baiknya untuk menyusun strategi bisnis yang matang sebelum mulai menawarkan produk ke masyarakat. Strategi akan menjadi pedoman Anda dalam meraih target usaha.

Beberapa pertanyaan dasar yang wajib dipertimbangkan saat memulai bisnis WhatsApp adalah:

  • Apakah yang ingin Anda jual di WhatsApp, apakah berupa produk atau jasa?
  • Apakah produk atau jasa yang banyak dibutuhkan atau diminati saat ini oleh konsumen?
  • Apakah produk atau jasa tersebut bisa Anda ciptakan sendiri, atau didapat dari penyedia lain?
  • Adakah target konsumen yang pas dengan barang jualan Anda?
  • Bagaimana karakteristik pembeli yang ingin Anda targetkan?
  • Bagaimana metode promosi yang hendak dijalankan?
  • Apa sajakah target jangka panjang dan jangka pendek bisnis Anda?

2. Gunakan WhatsApp Business

Menggunakan WhatsApp Business khusus adalah cara agar jualan online laris di WhatsApp. Sayangnya, masih banyak olshop yang mengabaikan hal ini.

Jangan mencampur urusan bisnis dengan pribadi di satu nomor WhatsApp yang sama. Hal ini akan menjadikan fokus Anda terbagi antara kebutuhan usaha dengan personal.

Ketika memakai nomor pribadi untuk bisnis, Anda tidak bisa mengganti informasi profil dengan identitas toko, sebab dapat membingungkan keluarga atau kenalan Anda nantinya.

Di sisi lain, Anda tidak mungkin berbisnis lewat profil WhatsApp dengan foto serta nama Anda sendiri. Penilaian kualitas dan profesionalitas olshop bisa turun drastis di mata konsumen. Mereka akan mencurigai usaha Anda sebagai brand yang “tidak serius dan profesional”.

Maka dari itu, sebaiknya gunakan akun WhatsApp Business (WAB) untuk melayani pelanggan. WAB mempunyai lebih banyak fitur pendukung toko online ketimbang WA biasa, seperti:

  • Fitur broadcast message.
  • Bot pembalas pesan otomatis.
  • Deskripsi toko online.
  • Katalog produk atau jasa.
  • Jam buka toko.
  • Keterangan label toko.

3. Menjalin Kerjasama dengan Supplier

Mencari cara jualan online laris di WhatsApp tanpa modal atau menyetok barang? Caranya gampang! Cukup jalin kerjasama reseller atau dropshipper dengan supplier terbaik.

Menjadi reseller dan dropshipper adalah dua cara gampang berjualan online di WhatsApp tanpa modal sepeserpun. Anda hanya perlu mempromosikan produk ke konsumen, lalu menyalurkan pesanan ke supplier untuk diproses.

Sama seperti proses jualan pada umumnya, keuntungan yang diperoleh nantinya dihitung per transaksi. Semakin banyak produk yang laku, maka semakin besar pula profit yang didapat.

4. Buat Katalog Bisnis

Setelah siap dengan strategi dan platform jualannya, kini Anda bisa mulai menyusun katalog bisnis untuk dipromosikan ke pelanggan.

Mendesain katalog dengan ciri khas sendiri menambah nilai plus dari bisnis Anda. Meskipun agen-agen supplier menyediakan katalog siap pakai, terkadang foto-foto tersebut belum cukup menarik di mata konsumen.

Beberapa tips simpel membuat katalog jualan online WhatsApp yang memikat adalah:

  • Pastikan gambar produk jelas, ukurannya proporsional, tidak buram atau tertutup bayang-bayang.
  • Jangan edit foto produk dengan filter karena akan mengubah tampilan aslinya.
  • Potong area latar belakang foto yang tidak digunakan.
  • Sesuaikan ukuran foto dengan ketentuan katalog WhatsApp Business.
  • Jangan pajang katalog yang stoknya kosong.
  • Lengkapi deskripsi katalog sejelas dan semenarik mungkin (masukkan judul, deskripsi, tag, label, sampai harganya).
  • Tambahkan watermark, bingkai khusus, atau logo yang mencirikan bahwa katalog tersebut adalah dijual oleh brand Anda.

Sedangkan cara meng-upload foto ke katalog WhatsApp adalah:

  1. Pastikan Anda menggunakan WhatsApp Business versi terbaru. Fitur katalog hanya tersedia di aplikasi WAB terbaru.
  2. Klik menu pengaturan atau “Setting”.
  3. Klik opsi “Katalog.”
  4. Tekan ikon (+) atau “Tambah Produk atau Layanan” untuk meng-upload katalog.
  5. Pilih foto atau video produk dari galeri.
  6. Cantumkan deskripsi pelengkap foto.
  7. Klik “Simpan”. Selesai! Katalog WhatsApp Anda telah sukses ditambahkan.

5. Pilah dan Atur Kontak Konsumen

Jangan lupa untuk memilah dan mengatur daftar kontak calon konsumen Anda!

Sediakan waktu untuk menyusun kontak-kontak calon konsumen potensial ke dalam kategori khusus. Dengan begini, Anda dapat lebih mudah menghubungi mereka untuk menawarkan item baru, voucher promo, dan lain-lain.

Menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen juga termasuk salah satu cara agar jualan online laris di WhatsApp. Konsumen pasti akan betah berlangganan jika Anda selalu ramah, hangat dan fast response menanggapi chat mereka.

Memilah daftar kontak juga akan memudahkan Anda mengetahui siapa saja yang sudah berlangganan (repeat order), baru berbelanja (new consumer) atau tidak pernah membeli lagi. Cari tahu hal-hal apa yang dapat dilakukan agar setiap konsumen mau berbelanja kembali.

6. Pakai ChatBot WhatsApp

Merasa kesulitan membalas banyak pesan konsumen sekaligus? Atau, konsumen Anda sering menghubungi di jam-jam istirahat? Tenang saja, Anda kini dapat menyiasati masalah tersebut dengan bantuan chatbot WhatsApp.

Chatbot adalah fitur pembalas pesan otomatis. Ia bisa memahami isi pesan dari konsumen dan menawarkan informasi-informasi sesuai kebutuhan mereka. Banyak olshop mengaktifkan chatbot untuk menanggapi pertanyaan umum atau sering diajukan pembeli (FAQ).

Namun memasang chatbot bukan berarti Anda bisa “lepas tangan” sepenuhnya dari tugas melayani konsumen. Ada kalanya keluhan konsumen tidak bisa terselesaikan oleh jawaban chatbot, alhasil, Anda harus turun tangan langsung.

Anda bisa mengatur batasan jam operasional toko supaya konsumen tahu pada pukul berapa keluhan mereka akan dilayani secara langsung oleh admin.

7. Buat Iklan yang Kekinian

Cara jualan online laris di WhatsApp berikutnya adalah menawarkan produk dengan gaya kekinian. Seperti apa?

Salah satu contoh iklan kekinian yang ramai peminat adalah video marketing. Orang-orang kini terbiasa menyimak iklan berupa video pendek hitungan detik ala Instagram Reels atau TikTok.

Anda juga bisa mengemas iklan dengan gaya clickbait, supaya audiens penasaran dan mau menyimak sampai tuntas. Pastikan untuk membuat konten semenarik mungkin—seperti memakai copywriting, editan aesthetic, atau balutan hal-hal viral—agar lebih mengundang antusiasme penonton.

Intinya, jangan takut membebaskan kreativitas Anda saat membuat materi iklan. Apalagi WhatsApp versi terkini sudah mendukung distribusi beragam jenis konten, mulai dari pesan broadcast, stories, link artikel, foto, video, dan lain-lain.

8. Maksimalkan Promosi dengan Broadcast

Setelah membuat konten promosi, sekarang tiba giliran untuk mendistribusikannya. Ada banyak cara mengiklankan materi iklan di WhatsApp yang wajib Anda coba, seperti broadcast.

Banyak brand memanfaatkan broadcast karena simpel. Anda hanya perlu mengetik pesan, klik tombol “kirim”. Setelahnya, pesan akan terkirim otomatis ke seluruh daftar kontak pelanggan.

Broadcast merupakan strategi terbaik untuk memastikan pesan promo tak diabaikan pembeli. Semua orang pasti akan menerima pesan broadcast dan membacanya.

Namun jangan asal buat broadcast! Sebaiknya pakai gaya bahasa personal agar konsumen merasa lebih akrab dan spesial. Selain itu, jangan terlalu sering melakukan broadcast karena dapat mengganggu konsumen (spam).

9. Promosi dengan WhatsApp Stories

Nah, selain broadcast, Anda bisa memasang iklan di “Stories” agar dijangkau lebih banyak lagi oleh calon pembeli.

Fitur WhatsApp Stories tidak jauh berbeda dengan Stories IG atau Facebook. Menu satu ini pun selalu disimak para pengguna WhatsApp untuk memperoleh update info-info terbaru.

Maka dari itu, mulailah memanfaatkan fitur Stories sebagai media kampanye brand yang baik! Buatlah konten-konten informatif guna membangun keinginan belanja (interest and desire), kepekaan terhadap brand (awareness), serta tindakan dari konsumen (action).

Sejumlah tips simpel memikat konsumen dengan WhatsApp Stories adalah:

  • Posting Stories di waktu yang tepat (jam rata-rata pelanggan sedang online).
  • Jangan posting terlalu banyak Stories dalam sehari karena akan dianggap spam.
  • Poles konten Stories dengan animasi, GIF, dan teks caption copywriting yang menggugah orang-orang untuk merespon postingan.

10. Sediakan Metode Pembayaran yang Simpel dan Aman

Cara jualan online laris di WhatsApp yang terakhir yakni dengan menyediakan metode pembayaran yang aman dan praktis. Hal ini penting agar konsumen tidak membatalkan transaksi mereka di detik-detik terakhir.

Setiap konsumen online pasti mencari cara check out belanjaan yang praktis sekaligus aman. Terbukti 8 dari 10 konsumen membatalkan pesanan mereka karena proses check out yang rumit.

Akibatnya, toko-toko online di WhatsApp harus putar otak menyediakan metode bayar sesuai keinginan konsumennya. Apalagi WhatsApp Business belum menyediakan fitur pembayaran secara langsung di aplikasi.

Sebagai alternatifnya, Anda bisa membuat barcode pembayaran semua platform (OVO, QRIS, ShopeePay, GoPay, DANA, bank). Pembeli cukup men-scan barcode tersebut, memilih tujuan transfer, dan menuntaskan transaksi.

Demikianlah 10 cara jualan online laris di WhatsApp yang bisa Anda coba dari sekarang. Meraih kesuksesan berbisnis di WhatsApp kini terbukti tidak sulit lagi.

Jangan lupa untuk mempraktekkan seluruh kiat di atas dengan konsistensi penuh. Jangan cepat menyerah, rutin mengevaluasi progres, dan rajin mencari inovasi-inovasi olshop terbaru guna memaksimalkan perkembangan bisnis. Selamat mencoba!

Temukan lebih banyak tips dan trik sukses bisnis online gratis hanya dari MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sayonara!

 

 

 

Contoh Artikel Review Terbaru Sesuai Update Algoritma Google

0
contoh artikel review

Sering bingung bagaimana cara membuat artikel review yang baik sesuai update algoritma Google terbaru? Tidak perlu panik! Berikut ini ada contoh-contoh artikel review terbaru yang bisa Anda tiru.

Update algoritma Google terbaru mengubah cara membuat artikel review dari sebelumnya. Terdapat pakem-pakem baru yang wajib diikuti supaya artikel blog atau web Anda dinilai SEO friendly. Apa sajakah?

Yuk langsung kita simak ciri-ciri artikel yang SEO friendly plus contoh artikel review terbaru Google di bawah ini!

Update Algoritma Google Terbaru: Product Review Update

contoh-artikel-review-1

Algoritma Google selalu diperbaharui dari waktu ke waktu. Setiap perubahannya pun wajib dicermati, karena dapat memberi efek yang signifikan pada ranking website Anda.

Kali ini, Google merilis update algoritma terkait product review (artikel review produk). Pembaharuan tersebut telah aktif semenjak 1 Desember 2021 lalu sampai sekarang.

Mengutip langsung dari Blog Central resmi milik Google, update algoritma ini bertujuan untuk memudahkan pembaca mengakses artikel-artikel review berkualitas.

Tak hanya itu, konten review yang berbobot juga diharapkan membantu calon konsumen menentukan produk terbaik sesuai kebutuhan masing-masing.

Akibatnya, tulisan review produk Anda harus dibuat lengkap, spesifik, dan rinci agar bisa masuk peringkat atas halaman 1 Google.

Akan lebih bagus lagi hasilnya kalau ulasan dibuat langsung oleh orang-orang profesional di bidangnya, atau pernah menggunakan produk dan jasa yang diulas (review berdasarkan pengalaman nyata pribadi).

Update algoritma ini juga secara otomatis menurunkan ranking artikel ulasan yang singkat dan tanpa contoh. Jadi jangan buang-buang waktu, segera update konten review Anda sekarang juga!

Catatan penting: update algoritma Google terbaru ini hanya berlaku untuk tulisan review dalam bahasa Inggris (update dalam bahasa lainnya, termasuk bahasa Indonesia, akan menyusul). Tulisan artikel non-review tidak terdampak update ini.

Baca juga : Pengertian dan Struktur Artikel yang Baik dan Benar

7 Ciri Artikel yang SEO Friendly sesuai Update Algoritma Google Terbaru

Jangan panik dengan update algoritma Google terbaru beserta dampaknya. Masih ada banyak cara mudah menyiasati pembaharuan SEO beserta contoh artikel review terbaik untuk diikuti!

Belum terlambat untuk segera mengupdate artikel review di blog Anda sesuai pedoman terkini. Namun sebelum menulis, pahami dulu ciri artikel yang SEO friendly menurut algoritma Google terbaru berikut ini:

1. Tulis Review dari Perspektif Profesional

Sistem Google saat ini mengedepankan artikel-artikel ulasan “terverifikasi” buatan profesional di bidangnya. Jadi, sekadar membuat review sesuai niche website saja masih belum cukup.

Semisal Anda menulis review obat sakit kepala paling manjur. Nah, artikel tersebut harus ditulis oleh seorang dokter supaya lebih diakui keasliannya oleh Google.

Alternatif lainnya, tulisan review Anda minimal harus mencantumkan keterangan “telah ditinjau dan disetujui oleh [nama profesional]”. Contohnya untuk ulasan rekomendasi obat sakit kepala: “ulasan artikel ini telah ditinjau dan disetujui oleh dr. Ayu Mulia.”

Tinjauan profesional menjadi hal yang dinilai penting dalam berbagai artikel review kekinian. Validasi para ahli menambah kepercayaan pembaca terkait kebenaran isi artikel.

Tips menerapkan poin ini:

  • Mintalah bantuan pada kenalan Anda yang bekerja atau memiliki keahlian di bidang produk atau jasa yang Anda tulis.
  • Merekrut proofreader untuk mengecek kebenaran dan keakuratan informasi review.
  • Selalu cantumkan keterangan bahwa isi konten telah dicek oleh seorang ahli.

Baca juga : Update Website Anda dengan 8 Algoritma Google Terbaru Ini

2. Jelaskan Plus dan Minus Produk

Cara membuat artikel review produk maupun jasa sejatinya cukup mudah. Meski demikian, ternyata masih banyak orang tidak mempraktekkannya dengan benar.

Ciri artikel review yang SEO friendly berikutnya adalah memuat plus (keunggulan) dan minus (kelemahan) produk. Namun nyatanya sebagian besar orang hanya terfokus mengulas sisi baik produk saja.

Tindakan tersebut dinilai kurang tepat oleh Google, sebab menjadikan review bersifat subjektif. Seolah-olah Anda sedang mempromosikan keunggulan produk alih-alih mengulas daya gunanya.

Pembaca pun kurang menyukai artikel review yang seperti ini, sebab mereka paham bahwa tidak ada produk yang sempurna 100%. Calon pembeli cerdas pasti ikut mempertimbangkan kelemahan produk sebelum bertransaksi.

Tips menerapkan poin ini:

  • Jabarkan sisi keunggulan produk maupun jasa serinci mungkin. Hal-hal apa saja yang dirasa bermanfaat dari produk?
  • Jelaskan fitur-fitur produk, kegunaan, serta daya tahannya.
  • Jelaskan dampak yang bisa dirasakan pengguna, baik dampak langsung maupun jangka panjang (setelah 1 minggu, 1 bulan, atau 6 bulan pemakaian).
  • Ulas kelemahan produk, disertai solusi untuk menyiasatinya.
  • Boleh gambarkan tingkat kegunaan dan daya tahan produk dalam bentuk persentase atau grafik untuk memudahkan pemahaman pembaca.

3. Sertakan Bukti Pendukung dalam Artikel Review

Google sangat menyukai artikel review yang disertai bukti-bukti pendukung tulisan Anda, seperti foto, video, dan audio.

Sebisa mungkin, sisipkan beberapa foto atau video pendek yang memperlihatkan tata cara pemakaian produk dalam review. Tampilan visual tentunya dapat menjadikan pemahaman pembaca lebih solid.

Apabila Anda membuat ulasan seperti uji speaker, maka Anda dapat mencantumkan file audio hasil percobaan ke artikel blog.

Tips menerapkan poin ini:

  • Anda dapat menggunakan foto atau video yang diambil sendiri ketika mencoba produk. Memakai karya sendiri dapat menambah nilai plus
  • Kalau memakai gambar dari sumber lain, harap cantumkan nama pembuat (hak cipta) demi menghindari plagiat.

4. Bandingkan dengan Produk atau Jasa yang Serupa

Tips selanjutnya, sebutkan beberapa produk atau jasa serupa dalam artikel Anda. Mayoritas orang mempraktekkan cara membuat artikel review ini karena menjadikan pembahasan lebih lengkap dan menarik.

Kebanyakan pembaca memilih artikel review karena mereka tidak tahu persis produk atau jasa yang paling pas dengan kebutuhan. Menyediakan banyak perbandingan membantu seseorang tahu produk/jasa terbaik, atau setidaknya, cocok sesuai keinginan mereka.

Semisal Anda mengulas 10 smartphone 5G harga 2 jutaan. Setiap produk pasti punya kelebihan, kekurangan dan spesifikasi masing-masing. Nantinya konsumen dapat memilih 1 tipe smartphone yang dirasa paling sesuai dari list.

Tips menerapkan poin ini:

  • Kumpulkan produk atau jasa yang serupa dalam satu kategori secara spesifik.
  • Boleh urutkan review berdasarkan harga (termurah ke termahal), tingkat popularitas, dan lain-lain.
  • Buat list secukupnya, jangan terlalu banyak menyertakan info produk (maksimal 10 – 15 item).
  • Buat ulasan mendalam (mencakup spesifikasi, keunggulan dan kelebihan) per list produk.
  • Bandingkan satu produk dengan yang lain (Apa persamaan mereka? Apa poin menarik dari produk A daripada B? Apa perbedaan/hal yang tak dimiliki produk C dari A? Dll.)

5. Jelaskan Pilihan Anda

Setiap artikel review biasanya ditutup dengan pendapat penulis terkait produk yang paling baik menurut mereka secara pribadi.

Google pun sangat menganjurkan adanya simpulan seperti ini dalam tulisan. Namun tidak cuma sekadar memberi pernyataan terkait produk pilihan saja, Anda harus menyertakan alasannya juga.

Semisal dari artikel “10 smartphone android 5G harga 2 juta”, Anda menyimpulkan bahwa HP merek A yang terbaik dari semuanya. Lalu kenapa Anda memilih ponsel tersebut? Apa keunggulan yang menjadikannya paling baik di antara 9 HP lainnya?

Tips menerapkan poin ini:

  • Cukup buat ringkasan pendek sebagai simpulan. Jangan mengulang pembahasan karena akan menjadikan artikel bertele-tele.

6. Sisipkan Link Penjual Produk atau Jasa

Jangan lupa menyisipkan link toko online produk maupun kontak dari jasa-jasa yang diulas! Kehadiran link eksternal sekarang terhitung sebagai salah satu ciri artikel yang SEO friendly.

Link URL toko memudahkan pembaca untuk membeli produk usai membaca review Anda. Mereka hanya perlu memencet tombol atau link ke e-commerce yang Anda sediakan, lalu memesan produk. Sangat praktis, bukan?

Tingkat kepuasan pembaca terhadap artikel Anda pun otomatis meningkat, dan hasilnya, Google akan merekomendasikan web Anda di ranking 1.

7. Penuhi Checklist Pertanyaan Penting saat Menulis Review

Terakhir, Anda dapat menggunakan list pertanyaan berikut ini sebagai panduan saat menulis contoh-contoh artikel review terbaru. Yuk dicatat:

  • Untuk produk inovasi/keluaran terbaru: Apa perbedaan produk versi sekarang dengan terdahulu?
  • Sudahkah ulasan memuat informasi unik dari pengalaman konsumen (tidak hanya sekadar menulis ulang deskripsi dari penjual)?
  • Sudahkah mencantumkan foto, audio, link eksternal, video terkait pengalaman penggunaan produk?
  • Apa yang membedakan produk yang Anda ulas dari item sejenis milik pesaingnya?
  • Adakah solusi simpel untuk mengatasi kekurangan produk?
  • Apa saja hal-hal yang patut dipertimbangkan kalau ingin membeli produk/jasa?
  • Adakah hal-hal yang menjadi “efek samping” produk pada konsumen?

Contoh Artikel Review Menurut SEO Google Terbaru

Masih bingung bagaimana sebaiknya mulai menulis artikel review sesuai pakem baru Google? Berikut contoh artikel review sederhana yang dapat Anda jadikan inspirasi:

Review Jasa Pembuatan Web + App Murah di Bali

Apakah Anda ingin memiliki aplikasi dan website bisnis canggih, tapi dengan modal terbatas? Tenang saja! Sekarang Anda bisa mendapatkan paket lengkap jasa web & app berkualitas di APPKEY.

Tidak seperti perusahaan IT lain yang menjual paket software terpisah, APPKEY mengemas layanannya ke dalam paket super ekonomis untuk semua jenis bisnis. Dalam setiap pemesanan, Anda bisa memperoleh software aplikasi mobile, web backend, dan jaminan garansi penuh selamanya.

Fitur-fitur aplikasi e-commerce APPKEY sama canggihnya dengan olshop kekinian seperti Tokopedia dan Shopee. Mulai dari fitur keranjang, push notification, katalog, payment gateway, dan manajemen profil simpel untuk memudahkan pengelolaan toko.

Hebatnya lagi, Anda bisa memilih sendiri paket kategori aplikasi bisnis di APPKEY sesuai tipe usaha. Ada aplikasi e-commerce, klinik online, kurir (delivery), ojek dan taksi online, sampai app meeting webinar dan restoran canggih. Semua bisa dipesan dengan harga sesuai budget Anda!

Jadi tunggu apa lagi? Segera hubungi https://appshop.co.id/ sekarang juga untuk memesan aplikasi bisnis pertama Anda! Dapatkan juga promo dan diskon menarik lainnya dari APPKEY hari ini.

 Contoh artikel review di atas telah mencakup ciri-ciri artikel yang SEO friendly sesuai update Google terbaru. Jabaran ulasan produk aplikasi APPKEY telah memuat gambaran deskripsi produk, spesifikasi fitur-fitur layanan, link kontak pemesanan, sekaligus keunggulan dan inovasi produk.

Anda masih bisa mengembangkan contoh artikel review di atas, tentunya dengan menambahkan beberapa gambar atau video ulasan yang relevan. Selamat mencoba!

Itulah dia contoh artikel review dan cara membuatnya sesuai ketentuan update algoritma terbaru Google. Yuk segera update tulisan review Anda dengan pakem-pakem di atas. Dijamin, deh, artikel Anda akan lebih berbobot dan menarik di mata Google!

Mari temukan lebih banyak tips dan trik sukses bisnis online lainnya di MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore), ya. Sayonara!

Clickbait YouTube Adalah? Ini Kata-Kata Promosi Anti Skip!

0
clickbait-youtube-adalah

Clickbait YouTube adalah cara promosi YouTube yang paling manjur. Yuk cek kumpulan kata kata promosi YouTube “clickbait” dan cara tepat memakainya di sini!

Terlepas dari pro dan kontranya, clickbait adalah salah satu YouTube marketing strategy yang sukses. Sampai hari ini pun masih banyak orang “terpancing” menonton video YouTube karena termakan oleh judul dan thumbnail clickbait.

Namun tetap ada hal-hal penting yang wajib diperhatikan saat membuat konten YouTube yang clickbait. Apa sajakah? Berikut ulasan selengkapnya khusus untuk Anda!

Pengertian Clickbait YouTube Adalah

Trik clickbait bukanlah hal baru dalam dunia content marketing. Strategi “tipu muslihat” ini pertama kali digunakan pada judul-judul artikel demi memancing pembaca.

Seiring berjalannya waktu, orang-orang mencoba mengaplikasikan kata-kata clickbait pada konten YouTube. Hasilnya terhitung luar biasa!

Video-video dengan judul clickbait dipandang lebih menarik dan membuat penasaran. Otomatis, video Anda berpeluang memperoleh lebih banyak penonton daripada yang lain.

Maka dari itu, sampai hari ini orang-orang masih melestarikan pemakaian kata kata promosi YouTube yang clickbait. Namun dengan menggarisbawahi penggunaan clickbait yang secukupnya saja (tidak berlebihan).

Sebab jika dipakai secara berlebihan, clickbait YouTube dapat menjadi bumerang yang berbalik membahayakan brand Anda sendiri.

Baca juga : 6 Kesalahan SEO Youtube yang Bikin Channel Sepi (+Solusi)

Lokasi Penempatan Terbaik Clickbait YouTube Adalah

clickbait-youtube-adalah

Terdapat dua lokasi terbaik untuk menempatkan kata kata promosi YouTube yang clickbait, yakni di bagian judul dan thumbnail video.

Penonton biasanya memerhatikan judul dan thumbnail video pertama kali, sebelum mereka mengklik konten.

Judul yang “menggetarkan emosi” sangat ampuh memancing rasa penasaran penonton. Apalagi jika kalimat judul relevan dengan informasi yang mereka telusuri.

Contohnya, seseorang dengan masalah jerawat meradang mencari rekomendasi obat jerawat di YouTube. Judul video yang tepat untuk menarik perhatian mereka misalnya, “Akhirnya Sembuh Jerawat dalam Semalam! Cuma Pakai Ini!”

Sedangkan thumbnail clickbait mengedepankan tampilan visual yang mengundang perhatian audiens. Ketika melihat thumbnail yang menarik, unik, atau agak “nyeleneh”, maka penonton pasti langsung ingin mencari tahu isi video selengkapnya.

Maka dari itu, usahakan untuk selalu membuat judul beserta thumbnail YouTube yang menarik, ya!

4 Contoh Clickbait YouTube Adalah

Kekuatan utama cara promosi YouTube clickbait terletak pada unsur “kejutan tersembunyi”-nya.

Coba perhatikan judul-judul clickbait yang ada di media massa saat ini. Hampir semua judul tersebut pasti mengandung:

  • Emosi yang “mengejutkan” pembaca.
  • Kesan yang “wah”, “rahasia” dan “sensasional”.
  • Informasi yang sengaja disampaikan separuh, dan “mengundang” pembaca untuk mencari tahu sisanya dalam konten.

Poin-poin tersebutlah yang wajib Anda ciptakan ketika membuat judul YouTube yang clickbait. Masih bingung bagaimana caranya? Nah, Anda dapat mencoba contoh-contoh clickbait YouTube populer berikut ini:

Kata Tanya

Kata kata promosi YouTube clickbait yang banyak digunakan saat ini adalah kata-kata pertanyaan. Contohnya seperti:

  • Benarkah?
  • Apakah?
  • Bisakah?
  • Bagaimana ya?
  • Kok bisa?
  • Fakta atau Mitos?
  • Hoax??
  • Dan seterusnya.

Kata-kata tanya membuat penonton turut memikirkan topik video dan menjadi penasaran terkait kebenaran informasi tersebut. Misalnya seperti “Fakta atau Mitos Bahaya Menyisir Rambut di Malam Hari?”, atau “Bisakah Membuat Topokki ala Korea di Rumah??”.

Rasa penasaran inilah yang akan mendorong penonton untuk mengklik video Anda.

Tanda Seru dan Titik

Judul-judul video viral ala YouTuber Indonesia banyak sekali menggunakan tanda seru (!), titik (…), maupun tanya (?). Channel YouTube Deddy Corbuzier, Atta Halilintar dan Ria Ricis sering menggunakan tanda-tanda baca (!) dan (…).

Mengapa? Ternyata, pemakaian tanda-tanda baca seperti ini adalah contoh clickbait YouTube! Pemakaian tanda baca terbukti dapat membangkitkan emosi-emosi tertentu pada audiens.

Tanda seru tunggal (!) digunakan untuk meminta perhatian penonton. Namun ketika penonton melihat pemakaian tanda seru double (!!) atau triple (!!!), maka video akan diartikan sebagai sesuatu yang sangat penting dan wajib disimak.

Sedangkan tanda titik (…) ditujukan untuk “menghapus” separuh informasi pada judul dan membangkitkan rasa penasaran. Contohnya:

  • “5 Fakta Skincare Ini … No 3 Bikin Kaget!”
  • “Yakin masih mau begini?? Dampak Buruk Begadang yang Mengerikan!!”
  • “10 Foto Terbaru Konser BTS … Gantengnya Bikin Gak Tahan …”

Kata-Kata Emosional

Kata kata promosi YouTube yang tak kalah penting adalah koleksi emotional words (kata-kata pembangkit emosi).

Kata-kata emosional sangat berguna untuk meyakinkan calon penonton bahwa isi video tak boleh mereka lewatkan. Uniknya, Anda boleh menggunakan kata-kata emosional positif maupun negatif untuk menarik perhatian audiens.

Beberapa contoh emotional words yang lazim digunakan pada YouTubers:

  • Keren
  • Murah
  • Gampang
  • Asli
  • Real
  • Bagus
  • Baru
  • New
  • Heran
  • Kaget
  • Fake
  • Jelek
  • Bobrok
  • Hoax
  • Dan masih banyak lagi.

Anda hanya perlu pintar-pintar memainkan perpaduan kata-kata di atas untuk menciptakan judul yang clickbait. Contoh clickbait YouTube dengan emotional words:

  • Real No Tipu-Tipu! Segini Omset Bisnis Franchise Boba Kekinian!
  • NEW!! 10 Rekomendasi HP Android 5G Sejutaan!
  • Kaget … Sering Disangka Ori, Ternyata Brand Ini FAKE (KW)??

Angka atau Jumlah

Terakhir, sisipkan angka-angka, jumlah atau persentase ke dalam judul video Anda. Pemakaian angka juga merupakan salah satu cara promosi YouTube yang memikat.

Kehadiran angka dalam judul membawa banyak manfaat, di antaranya:

  • Memberi tahu penonton seberapa lengkap informasi yang dimuat konten.
  • Meyakinkan penonton bahwa isi video terjamin berkualitas.
  • Memperkuat bukti sosial (testimoni) bagi penonton.
  • Memberi gambaran berapa waktu yang akan dihabiskan penonton saat menyimak video.

Adapun contoh pemakaian angka pada judul clickbait YouTube adalah:

  • 30 Tips Sukses Bisnis Online Modal HP à memberi tahu seberapa lengkap info konten.
  • 100% Ampuh!! Usir Nyamuk Bandel di Rumah dengan 1 Cara Ini à meyakinkan kualitas konten.
  • Serum Lokal Terbaik, 80% Pengguna ‘Glowing’ dalam Sebulan à memperkuat testimoni.
  • Cuma 2 Menit! Olahraga di Kasur Terbaik untuk Kaum Mageran à memberi gambaran waktu durasi video.

5 Cara Promosi YouTube dengan Judul Clickbait

Memakai strategi clickbait pada video YouTube memerlukan persiapan yang matang supaya sukses. Jangan asal membuat judul yang “memancing” kalau belum menguasai pedoman YouTube marketing strategy clickbait berikut ini.

1. Buat Penonton Merasa Membutuhkan Informasi

Judul clickbait yang bagus tidak hanya sekadar membuat penonton penasaran. Sebagian orang tetap tidak mau menonton video kalau mereka merasa “tidak membutuhkan” informasi tersebut.

Maka dari itu, Anda wajib membuat penonton merasa terlibat dengan isi konten. Dengan begini, orang-orang pasti akan mau menyimak isi video sampai tuntas.

Bagaimana caranya? Anda bisa memancing penonton dengan hal-hal yang menjadi pertanyaan, masalah, atau kebutuhan mereka. Contohnya:

  • Ingin Dapat Uang dari YouTube? Simak Tutorial Kilatnya di Sini!
  • Punya Masalah Keuangan? Perhatikan 10 Tips dari Ahli Finansial Ini Yuk!
  • Bingung Website Lemot? Penyebab Web Lelet + Cara Mengatasinya.

2. Pilih dan Pakai Informasi Paling Menarik

Banyak orang menyarankan untuk membuat judul setelah selesai menyusun konten. Strategi tersebut sangat tepat dilakukan, terlebih kalau Anda sering bingung menentukan judul yang pas bagi video.

Simak kembali isi dari konten Anda sebelum menentukan judul. Kemudian, cari tahu bagian atau informasi yang paling memikat, dan gunakanlah sebagai judul utama.

Contohnya, Anda membuat video ulasan seputar fenomena burn out di dunia bisnis. Penonton biasanya ingin tahu bagaimana cara menyiasati burn out, alhasil, jadikan topik tersebut sebagai judul: “5 Cara Mengatasi Burn Out Paling Simpel, 100% Ampuh!”

3. Lakukan Copywriting

Trik copywriting akan sangat berguna dalam cara promosi YouTube clickbait. Terapkan prinsip-prinsip penting copywriting untuk memaksimalkan hasil judul Anda, yakni “CRU2”:

  • Concise: buat judul yang singkat, padat, jelas.
  • Relevant: selipkan kata kunci yang relevan dengan isi video.
  • Unique: poles judul Anda seunik mungkin dan beda daripada yang lain.
  • Useful: tonjolkan sisi manfaat/jawaban atas kebutuhan penonton.

4. Bangkitkan Emosi Pembaca

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kata-kata emosional sangat berperan dalam perumusan judul YouTube clickbait. Judul-judul yang mampu menggugah kuat emosi pemirsa akan berpeluang semakin besar untuk diklik.

Namun tidak hanya sebatas menyelipkan kata-kata emosional ke dalam judul saja, Anda juga perlu memahami emosi yang menjadi masalah bagi konsumen disertai solusinya.

Misalnya, penonton Anda cemas kesulitan melamar pekerjaan karena tidak paham seluk-beluk CV yang baik. Gunakan perasaan tersebut sebagai pendekatan untuk memahami audiens disertai solusi, seperti: “Bebas Cemas Masalah CV, Cek Sekarang di Sini dengan Ahlinya!”

5. Mainkan Unsur Teka-Teki

Tips terakhir, mainkan unsur teka-teki pada judul Anda supaya calon penonton semakin penasaran dengan isi video. Semisal pada video ulasan kamera smartphone terbaru, Anda bisa membuat judul yang memancing seperti: “Bagus atau Burik? Cek Kualitas Asli Kamera iPhone 13!”

Bagaimana, tidak begitu sulit untuk membuat judul YouTube yang clickbait dan baik, bukan?

Clickbait YouTube adalah strategi promosi konten yang masih sangat relevan dan ampuh digunakan. Namun jangan sampai berlebihan menggunakan trik ini, karena bisa membuat konten Anda dicap “Hoax”.

Nyatanya ada banyak sekali konten-konten video dengan judul “bombastis” tapi isinya biasa-biasa saja. Akibatnya, penonton jadi kesal, merasa rugi, dan mengabaikan channel Anda.

Maka dari itu, usahakan membuat judul clickbait disertai isi konten yang sungguh-sungguh berkualitas. Dijamin, penonton Anda pasti akan senang menyimak video Anda.

Itulah kumpulan kata kata promosi YouTube “clickbait” beserta strategi perapannya yang bisa Anda coba! Yuk cari tahu juga kumpulan YouTube marketing strategy ampuh lainnya hanya di MARKEY.

10 Trend Fashion 2023 Unik untuk Ide Bisnis UKM Kekinian

0
trend fashion 2022

Trend fashion 2023 di Indonesia pastinya sangat berbeda dibandingkan tahun lalu. Tidak hanya sekadar inovasi bentuk busana saja, koleksi tren fashion Indonesia juga dapat dikembangkan menjadi ide bisnis UKM kekinian lho!

Fashion adalah industri dengan laju perkembangan yang sangat cepat, terutama di era serba teknologi saat kini. Banyak ide bisnis fashion lahir mengikuti perkembangan trend di masyarakat. Tentunya inilah peluang emas baru untuk mengembangkan olshop fashion Anda!

Apa sajakah ide-ide dan tren segar untuk bisnis fashion saat ini? Langsung simak 10 trend fashion 2023 Indonesia yang telah kami rangkum spesial untuk Anda berikut ini.

Pentingnya Trend Fashion 2023 bagi UKM Kekinian

Berinovasi menurut trend merupakan strategi bisnis yang baik sekaligus menguntungkan.

Faktanya, konsumen cenderung lebih tertarik membeli produk yang up to date sesuai selera dan kebutuhan zaman. Apalagi jika bisnis Anda bergerak di bidang tata busana yang selalu update koleksinya.

Cobalah perhatikan brand-brand pakaian yang sukses di sekitar Anda. Hampir semuanya pasti selalu menghadirkan koleksi sesuai tren terkini. Semakin baru koleksi fashion yang Anda tawarkan, otomatis semakin besar pula peluang usaha Anda dilirik konsumen.

Maka dari itu berinovasi bukan lagi sebuah strategi opsional, melainkan kewajiban jika Anda ingin usaha selalu sukses.

Anda tidak perlu menunggu usaha menjadi besar dan populer untuk rajin menciptakan inovasi. Justru bisnis-bisnis kecil (UKM dan online shop) lah yang harus gencar mengupdate referensinya supaya lebih cepat terkenal di pasaran.

10 Trend Fashion 2023 Indonesia Paling Inspiratif untuk Bisnis

trends-fashion-2022

Mencari ide inovasi bisnis sebenarnya tidak sulit. Pasalnya, gagasan-gagasan unik dapat Anda petik dari mana saja, salah satunya adalah isu-isu yang sedang naik daun (trending).

Lalu apa sajakah “sentuhan baru” untuk usaha fashion kekinian? Berikut 10 ide bisnis fashion paling fresh yang dapat Anda coba:

1. Bisnis Berbasis Komunitas (Social Commerce)

Teknologi memainkan peran penting di hampir semua aspek kehidupan kita saat ini. Dunia fashion pun tak luput dari sasarannya.

Kemajuan teknologi khususnya internet dan sosial media sukses menghapus sekat-sekat yang menghalangi ruang gerak seseorang. Akses ke dunia maya sudah menjadi rutinitas harian, baik untuk individu maupun bisnis fashion.

Dari sinilah pergerakan bisnis berbasis komunitas (atau “social commerce”) lahir sebagai tren fashion Indonesia baru. Ada semakin banyak brand fashion lokal Indonesia sukses yang mengedepankan gaya usaha start up. Contohnya seperti CottonInk, Berrybenka, dan HijUp.

2. Aksesoris “Sustainable Fashion”

Kampanye daur ulang dan pemeliharaan lingkungan ditanggapi serius oleh industri fashion akhir-akhir ini. Salah satu buktinya adalah popularitas penggunaan aksesoris yang bersifat sustainable (ramah lingkungan).

Konsep ini dikenal dengan istilah sustainable fashion, atau gerakan peduli lingkungan oleh para pegiat busana. Contoh nyata dari bisnis sustainable fashion adalah menjual totebag kain untuk mengurangi pemakaian tas plastik. Atau, daur ulang kain perca menjadi baju outer, tas, kalung, dan lain-lain.

Bisnis-bisnis UKM yang mengusung konsep ini diyakini akan sangat laris-manis di pasaran, mengingat mayoritas masyarakat kekinian sangat peduli dengan isu-isu lingkungan.

3. Proses “Circular Design Fashion”

Trend fashion 2023 Indonesia ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya, yakni seputar sustainable fashion.

Proses circular design fashion menitik beratkan pada produksi daur ulang dan permak item busana yang masih layak pakai sehingga menjadi barang baru bernilai tinggi. Aktivitas ini juga mengusung filosofi “zero waste”, yakni tindakan untuk tidak membuang-buang benda yang masih bermanfaat.

Industri fashion di zaman dahulu terkenal sering asal membuang pakaian yang tidak laku atau dianggap ‘ketinggalan trend’. Akibatnya, sampah lingkungan pun jadi menumpuk. Sikap tersebutlah yang kini diubah oleh bisnis fashion kekinian.

Usaha baju kecil bisa meniru konsep circular design zero waste ini untuk menghemat modal usaha. Siapa tahu, fashion daur ulang yang Anda ciptakan juga dapat menjadi icon fashion unik berikutnya!

4. Virtual Fashion

Ingin menarik lebih banyak pengunjung ke toko baju Anda? Cobalah terapkan ide trend virtual fashion.

Pandemi melahirkan tren fashion Indonesia secara virtual. Hingga kini pun masih banyak orang memilih berbelanja busana secara online ketimbang langsung ke toko.

Ada banyak strategi unik pelaksanaan virtual fashion ini yang bisa Anda coba, di antaranya:

  • Melakukan ajang fashion show online.
  • Berjualan online di e-commerce
  • Melakukan promosi fashion (flash sale) secara live streaming.
  • Mengadakan webinar perilisan koleksi busana baru.
  • Mendesain item fashion dengan teknologi 3D atau VR (Virtual Reality).

5. Warna Baju Trend 2023

Warna-warni baju yang Anda jual saat ini juga memengaruhi minat belanja konsumen, lho. Mayoritas konsumen di tahun ini terbukti memilih dan membeli warna-warni pakaian tertentu.

Warna baju trend 2023 terbelah ke dalam dua kelompok mengikuti musim (season). Koleksi warna pakaian yang terang dan netral (light) akan trending selama periode musim panas dan semi 2023.

Namun pada musim gugur – dingin akhir tahun nanti, kombinasi warna-warni yang hangat dan membumi (earth color) diprediksi akan lebih diminati. Beberapa contoh warna baju trend 2023 adalah:

  • Warna baju kuning manis bernuansa jingga.
  • Warna biru lembut dengan efek ketenangan.
  • Warna hijau dipadukan cokelat demi menciptakan nuansa bumi, dan lain-lain.

6. Kata Kunci Bertema Alam

Pandemi dan isu lingkungan memang mendominasi trend fashion 2023 Indonesia. Selain perkembangan sustainable fashion, pemakaian kata-kata kunci bertema alam juga menjadi trend kekinian.

Contoh keyword fashion bertema alam yang banyak digunakan saat ini adalah:

  • Organik / organic.
  • Warna hangat.
  • Terang / light.
  • Earth color.
  • Ramah lingkungan.
  • Sustainable.
  • Earthy.
  • Home.
  • Tekstur halus.
  • Dan masih banyak lagi.

Kata-kata kunci tersebut biasanya disematkan pada artikel copywriting, nama maupun deskripsi item. Ada juga yang menjadikan kata-kata kunci ini sebagai ide branding bisnis fashion mereka. Anda bebas memilih keyword tertentu dan menggunakannya sesuai kebutuhan.

7. Proyek Kolaborasi

Konsep bisnis fashion “start up” dapat dipadukan dengan proyek kolaborasi untuk mencapai hasil yang optimal. Saat ini, kolaborasi brand fashion menjadi trend sekaligus ide bisnis fashion yang menguntungkan.

Proyek kolaborasi pun tidak melulu harus antar label bisnis baju. Anda bisa berkolaborasi dengan individu atau organisasi lain yang memiliki nilai unik. Misalnya kolaborasi dengan selebriti, influencer, brand, komunitas/organisasi dan desainer.

Ide produk inovatif juga bisa didapat lewat proses kolaborasi ini. Contohnya sepatu viral unik  antara brand Aero Street dengan Swallow, atau Uniqlo dengan Studio Ghibli.

Jangan ragu memulai kolaborasi unik dengan orang-orang berpotensi di sekitar Anda. Bisa saja inilah peluang emas untuk menjadikan brand fashion Anda lebih populer!

8. Key item Fashion

Perbanyak koleksi key item fashion yang trending di 2023 agar toko Anda lebih menarik perhatian calon konsumen! Key item merupakan produk-produk yang menjadi unggulan dari sebuah bisnis.

Adapaun item-item fashion yang banyak diincar pembeli pada tahun ini adalah:

  • Maxi dress.
  • Kemeja klasik dilengkapi siluet longgar.
  • Baju kerah ala karakter dongeng Peter Pan atau turtle neck.
  • Dress dengan model A-line.
  • Jaket (coat) casual trench.
  • Celana dengan bagian kaki yang lebar (wide-leg pants).

Selalu update info-info terkait key item fashion terbaru agar bisnis Anda tidak ketinggalan zaman dan menawarkan produk sesuai selera konsumen.

9. Bahan Pakaian

Berbicara seputar tren fashion tentunya kita tidak akan bisa lepas juga dari bahan (material) pembuat pakaian. Ada sejumlah bahan baju yang menjadi tren fashion Indonesia terkini, antara lain:

  • Sheer (kain transparan).
  • Kain bertekstur.
  • Kain batik.

Anda bebas menggabungkan kombinasi kain-kain di atas untuk menciptakan inovasi ide bisnis fashion terbaru. Misalnya, menggabungkan kain tenun batik dengan sheer. Atau, mencoba menjadi distributor kain-kain tersebut ke produsen-produsen pakaian lain.

10. Tema Trend Fashion 2023

Trend fashion 2023 Indonesia yang terakhir jatuh pada konsep atau temanya. Pertumbuhan teknologi yang kian kuat pasca pandemi melahirkan sebuah tema unik bernama “above keyboard dressing”. Apa itu?

Kebiasaan video call dan meeting online dengan tampilan “setengah badan ke atas” membuat masyarakat fokus berdandan untuk tubuh bagian atas saja. Style inilah yang dikenal dengan above keyboard dressing.

Bukan hal yang aneh lagi melihat seseorang mengenakan make up, kemeja dan jas rapi, namun bagian tubuh bawahnya hanya terbalut celana pendek rumahan.

Akibatnya tentu saja, tingkat penjualan baju atasan melambung lebih tinggi daripada celana atau rok bawahan. Anda bisa meraih peluang dengan memperkaya koleksi pakaian atasan di online shop.

Demikianlah 10 trend fashion 2023 Indonesia dengan potensi inovasi bisnis online kekinian. Anda dapat memperbaharui konsep toko baju online dengan perpaduan trend di atas, namun sebaiknya tetap dengan memerhatikan karakteristik target konsumen, ya.

Jangan lupa juga untuk memanfaatkan teknologi e-commerce guna mempermudah promosi dan meraih omset semaksimal mungkin! Simak lebih banyak tips sukses berbisnis online hanya di MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore).

Selamat mencoba!

12 Barang Barang Unik Paling Laris Dijual Saat Ini

0
barang barang unik

Menjual barang unik dan langka masih menjadi ide bisnis terbaik dengan omset besar! Namun jangan cuma sekadar inovatif saja, juallah barang barang unik bermanfaat yang banyak diburu konsumen.

Apa sajakah item-item unik, inovatif sekaligus bermanfaat yang sedang ngetrend saat ini? Langsung simak 12 barang barang unik terbaru yang laris-manis dicari konsumen berikut ini yuk!

Baru! 12 Barang Barang Unik Murah dan Serbaguna Saat Ini

barang-barang-unik

Inovasi produk adalah hal penting dalam bisnis. Melalui inovasi, kita bisa menciptakan banyak benda bermanfaat sesuai kebutuhan konsumen.

Tapi tidak perlu cemas kalau Anda belum bisa berinovasi menciptakan benda unik sendiri. Sebagai gantinya, cobalah menjual barang unik dan langka berikut ini dijamin toko Anda langsung jadi best-seller!

1. Panci Listrik Besar Serba Bisa

Panci adalah benda yang wajib ada di dapur dan biasa digunakan di atas kompor. Tapi bagaimana jika ada panci listrik besar serba bisa yang jauh lebih praktis?

Ya, alat memasak modern ini tidak memerlukan api kompor untuk menghangatkan makanan, tetapi cukup dengan listrik. Bahan panci terbuat dari keramik anti lengket (stainless steel food grade) dengan pegangan berlapis karet-plastik sehingga aman kalau dipakai anak-anak.

Set panci sudah mencakup tutup kaca tebal transparan dan steamer khusus untuk mempercepat proses masak. Ukuran panci listrik ini juga sangat besar yakni 1.5L (335 x 195 x 150 mm), sehingga pas untuk merebus, mengukus, bahkan menumis.

2. Gantungan Kunci Pintar

Rangkum seluruh kunci rumah, kantor, maupun kendaraan Anda jadi satu memakai gantungan kunci pintar terbaru. Bentuknya simpel dengan konsep pisau lipat ala tentara Swiss.

Meski begitu, kapasitasnya besar, sehingga muat menampung lebih dari 10 kunci berbagai bentuk sekaligus – mulai dari yang biasa, sampai kunci mobil terbaru dengan tombol-tombol.

3. Tas Belanja dengan Roda

Sering merasa berat dan kewalahan membawa belanjaan? Kini ada tas belanja dengan roda di sisi bawah untuk mempermudah mengangkut barang.

Tas belanja ini terbuat dari kain reusable dengan panjang 30 CM. Anda tidak perlu khawatir tas jebol karena lapisannya sangat kuat, sanggup menampung barang hingga maksimal 20 KG.

4. Sisir Kutu Elektronik

Sisir kutu masih menjadi salah satu produk andalan warga Indonesia untuk melenyapkan kutu rambut. Kini telah hadir inovasi sisir kutu elektronik dengan kantong khusus untuk menangkap kutu nakal di rambut Anda.

Benda unik ini bekerja selayaknya “vacuum cleaner” khusus rambut. Sisir kutu elektronik berbentuk tabung dengan ukuran agak besar. Bagian kepalanya berisi deretan gigi sisir dari besi, sedangkan badannya adalah pegangan dengan tombol on off untuk memudahkan pemakaian.

Ada pula “tube” di sisi dalam sisir yang menghubungkan mulut/kepala sisir dengan kantong kecil penampung kotoran. Untuk menggunakan sisir ini, Anda hanya perlu menghubungkan sisir elektronik ke arus listrik, nyalakan, dan sisir rambut seperti biasa. Sisir akan otomatis “menyedot” kutu maupun kotoran rambut, lalu menampungnya ke kantong.

5. Timbangan Scan Kondisi Badan

Timbangan lama Anda hanya bisa mengukur berat badan? Segera beralih ke inovasi timbangan scan kondisi badan keseluruhan ini yuk!

Inovasi produk canggih ini diciptakan oleh Withings, sebuah perusahaan IT-medis asal luar negeri. Mesin timbangan scan menjadi produk perdananya yang sukses menyabet 3 penghargaan sekaligus pada event inovasi CES 2022.

Seperti apa kegunaan barang unik satu ini? Timbangan elektronik Withings bisa mengukur berat badan Anda, sekaligus memonitor kondisi badan keseluruhan. Teknologi canggih terbarunya mampu mendeteksi detak jantung, laju tekanan darah, dan komposisi tubuh seseorang.

Hebatnya lagi seluruh data pengukuran akan dikumpulkan secara otomatis untuk dibuatkan saran-saran kesehatan bagi penggunanya. Anda bisa mendapat feedback olahraga yang wajib dilakukan, pengukuran kualitas tidur, serta saran asupan nutrisi seimbang sesuai kondisi tubuh.

Inilah barang unik untuk dijual terbaik yang tak boleh dilewatkan! Toko Anda bisa dengan mudah kebanjiran konsumen ketika menyediakan timbangan scan canggih ini.

6. Gelang Kesehatan Movano

Anda juga bisa menjual produk gelang kesehatan pada konsumen–khususnya kaum hawa. Gelang kesehatan Movano terbuat dan diprogram secara khusus untuk mengukur banyak aspek kesehatan seorang perempuan, di antaranya:

  • Detak laju jantung.
  • Tekanan darah.
  • Kalori yang dibakar.
  • Kadar oksigen darah.
  • Langkah kaki dalam sehari.
  • Suhu badan, dan lain-lain.

Desain gelang ini pun simpel namun tetap elegan, dengan pilihan warna hitam, perunggu dan emas. Anda dapat menjadi reseller gelang kesehatan ini langsung dari situs resmi Movano.

7. Tas Ransel dengan GPS

Inovasi unik berbasis teknologi juga bisa dipadukan pada tas ransel untuk meningkatkan keamanannya dari penjambret. Tas ransel ini dilengkapi sistem GPS sehingga memungkinkan untuk dilacak jika hilang memakai Apple Find Me pada iOS, atau Find My App.

Yang lebih mencengangkan, seluruh komponen tas disusun dari olahan daur ulang plastik botol bekas! Alhasil tas ransel Anda akan kedap air dan tidak mudah putus. Tertarik menjual barang unik dan langka ini?

8. Penyangga Smartphone Bentuk Kursi

Benda unik bermanfaat yang banyak diburu konsumen berikutnya adalah penyangga smartphone bentuk kursi lipat kuliah. Item ini paling laku keras di kalangan pelajar serta mahasiswa selama masa belajar daring.

Penyangga smartphone berbentuk kursi lipat mempunyai ukuran kecil, ringan, namun kokoh sebagai sandaran smartphone. Bentuk dan warnanya juga lucu bervariatif, seperti salem, kuning, ungu pastel dan mint.

Barang unik ini dapat meningkatkan produktivitas Anda tanpa rasa pegal akibat kelamaan memegang ponsel – misalnya menyimak virtual meeting, membaca e-book, video call, selfie, atau nonton film.

9. Kotak Bekal Penghangat Makanan

Kotak bekal biasa tidak bisa menjaga kehangatan dan rasa makanan. Namun masalah tersebut telah diatasi oleh kotak bekal khusus penghangat makanan.

Kotak bekal spesial ini terbuat dari bahan oxford tebal disertai lapisan termal penahan suhu panas dan dingin. Alhasil, kondisi makanan Anda tidak akan berubah sedikitpun meski sudah dikemas selama berjam-jam.

Ukuran kotak bekal juga cukup besar (21 x 15 x 17 CM), lengkap dengan desain estetik ala lunch bag Korea. Siapa saja dapat memakai kotak bekal ini, baik anak-anak, remaja, dan orang dewasa.

10. Bantal Bungkus Snack

Jadikan dekorasi ruang tamu dan kamar tidur lebih lucu dengan bantal bungkus snack kekinian (seperti Chiki, Chitato, Oreo, Lays, dan seterusnya).

Bantal motif snack ini punya ukuran besar (30 x 40 x 5 CM) dan terbuat dari bahan adem dan empuk. Alhasil bantal tetap dapat dipakai sebagai alas kepala, sandaran punggung, maupun dekor dan hadiah merchandise. Desainnya pun tidak akan mudah luntur karena terbuat dari velboa full print.

11. Kotak Tisu dan Penyangga Smartphone

Sering nangis saat nonton drama Korea di smartphone? Jika iya, maka Anda wajib punya kotak tisu sekaligus penyangga smartphone yang sedang populer saat ini.

Kotak tisu inovatif ini dibuat dengan plastik PP ABS dengan bentuk menyerupai televisi. Ukurannya besar (18,5 x 14,5 x 16 CM), serta didukung warna-warni favorit anak muda kekinian (abu-abu, pink pastel, mint dan kuning mustard).

Barang unik bermanfaat ini termasuk best-seller mengingat banyak orang gemar streaming film di ponsel. Sisi depan kotak tisu sengaja dilapisi kaca bening untuk memperjelas gambar film.

Sedangkan sisi belakangnya memuat wadah tisu ratusan lembar. Jadi, Anda bisa lebih praktis nonton dan langsung mencomot tisu ketika bertemu scene mengharukan di film!

12. Botol Minum 2L Motivasi

Rekomendasi barang unik untuk dijual yang terakhir adalah botol minum 2L dengan motivasi. Produk ini sangat cocok bagi Anda yang sering lupa minum air di sela-sela beraktivitas.

Setiap orang membutuhkan asupan air sebanyak 2 liter per hari. Tetapi sayangnya, tidak semua orang terbiasa minum secara teratur. Maka dari itu, Anda bisa mencoba menjual botol minum unik satu ini!

Kapasitasnya besar dan tepat 2L, sehingga lebih praktis dibawa bepergian tanpa perlu mengisi botol berkali-kali. Bahan utama pembuat botol minum ini adalah plastik PP yang telah teruji aman. Dinding kemasannya anti kisut walau diisi oleh minuman panas dan dingin.

Yang tak kalah menarik, botol minum ini hadir dalam berbagai varian warna cantik (biru, ungu, pink, tosca) dan dihiasi berbagai stiker motivasi pengingat minum.

Wajib Diikuti! 4 Tips Jualan Barang Barang Unik dan Lucu di Olshop

Setelah mengetahui apa saja koleksi barang unik untuk dijual, sekarang tiba waktunya mempelajari strategi berjualan yang baik di olshop. Ikutilah 4 step berikut ini supaya penjualan barang unik Anda berjalan maksimal:

1. Pilih Distributor Barang Unik Termurah dan Terpercaya

Pertama-tama, pastikan distributor penyedia barang unik yang Anda ajak kerjasama sudah terbukti kualitasnya. Jangan cepat tergiur promo barang unik yang terlalu murah, sebab kualitasnya sering kali terbukti buruk. Bisa juga produk tersebut tidak asli alias tiruan sehingga dapat dijual semurah mungkin oleh distributor.

Pastinya Anda tidak mau mengecewakan konsumen dengan menjual barang “murahan”, bukan? Untuk itu, ada 2 cara mudah untuk mengecek kualitas produk unik yang ditawarkan distributor, yakni:

  • Mengecek kolom review di situs, sosial media atau profil e-commerce agen – Anda akan mengetahui kualitas serta citra agen yang sesungguhnya di masyarakat.
  • Membeli satu produk untuk dicek sendiri secara langsung – Cara ini memang membutuhkan modal, akan tetapi, Anda bisa langsung memeriksa kesesuaian fitur produk dan fungsinya.

2. Selalu Baca Syarat dan Ketentuan Transaksi

Selalu baca poin-poin syarat dan ketentuan yang berlaku di toko distributor. Hal ini penting guna mencegah aksi penipuan atau kerugian atas hal-hal tak diinginkan (misal barang rusak, hilang di pengiriman, tidak sesuai deskripsi, dan lain-lain).

Cari tahu apakah toko pemasok barang unik bermanfaat yang Anda pilih menyediakan klaim garansi atau tidak. Pelajari juga syarat-syarat lengkap pengembalian produk, refund, potongan harga, hingga cara pengemasan pesanan mereka.

Jangan ragu untuk mencari distributor barang unik termurah lainnya kalau ada aturan yang “memberatkan” dari toko pilihan Anda saat ini.

3. Tonjolkan Keunggulan Barang Barang Unik

Jika produk yang mau dijual sudah “oke”, maka sekarang waktunya untuk berpromosi. Tonjolkan poin-poin unik dan terpenting dari produk supaya iklan sukses menarik perhatian konsumen.

Setiap barang unik bermanfaat yang Anda jual pasti mempunyai kelebihannya tersendiri, baik itu dari segi fitur, teknologi, bentuk, serta kegunaannya. Sebaiknya pelajari seluk-beluk setiap produk demi mengetahui nilai plus-nya dengan baik.

Apabila memungkinkan, Anda dapat mencoba salah satu produk (tester) sebelum menjualnya. Pengalaman pemakaian produk dapat menjadi tambahan bekal informasi untuk memahami kebutuhan pelanggan sekaligus memperhalus promosi.

4. Cantumkan Review Pelanggan

Menjual barang unik dan langka sering menimbulkan pertanyaan di benak calon konsumen terkait bentuk asli produk. Maka dari itu, sangat penting untuk menyediakan kolom review atau testimoni dari konsumen terdahulu.

Kolom review menjadi “jembatan penghubung” antara konsumen dengan kondisi asli produk. Saat ini masyarakat sudah sangat cerdas. Mereka tidak akan langsung memercayai deskripsi dan foto produk, melainkan turut mencari tahu kelemahan barang agar bisa diantisipasi.

Toko online dengan testimoni juga mengindikasikan keaslian bisnis (bukan penipuan). Pasalnya, ciri utama dari toko-toko penipu adalah tidak punya banyak testimoni.

Demikianlah list 12 barang barang unik, murah, sekaligus bermanfaat yang bisa Anda coba jual di toko online. Jangan lupa juga untuk mempraktekkan tips menjual barang unik dan langka supaya bisnis kian laris-manis, ya!

Ikuti terus update info-info rahasia seputar bisnis online sukses masa kini hanya dari MARKEY. Baca gratis sekarang juga di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

Pakai +50 Hashtag TikTok FYP Ini Agar Banyak Likes!

0
hashtag tiktok fyp

Memakai hashtag TikTok FYP adalah cara jitu supaya video Anda banjir likes, followers, dan cepat viral. Tetapi, bagaimana cara memilih hashtag TikTok populer yang tepat?

Hashtag adalah tanda “#” yang sering kita jumpai di berbagai postingan sosmed. Meski hanya berupa tanda kecil, hashtag punya peranan besar dalam mempopulerkan konten Anda khususnya di TikTok.

Sayangnya, tidak semua orang tahu cara memilih hashtag TikTok agar FYP. Apakah Anda juga begitu? Kabar gembira, kami punya jawabannya di sini!

Langsung simak ulasan berikut sampai tuntas, lalu dijamin, Anda akan segera tahu cara memilih hashtag TikTok biar banyak like! Ada juga +50 list hashtag TikTok FYP kekinian yang wajib dicoba. Selamat membaca!

Baca juga : Mengenal Tiktok Shop Seller : Cara Jualan Baru di Tiktok Shop

Apa Itu Hashtag TikTok FYP?

Jika Anda sering bermain sosmed TikTok, maka kemungkinan besar Anda sering menemukan hashtag FYP. Apa itu hashtag TikTok FYP (#FYP)?

Hashtag #FYP adalah alat bantu supaya video TikTok Anda bisa masuk ke laman FYP. FYP sendiri merupakan singkatan dari For Your Page. Halaman tersebut memuat seluruh video TikTok yang sedang populer, dan dapat dinikmati langsung oleh pengguna ketika mereka membuka aplikasi.

Semua video yang sukses masuk FYP dipastikan viral, ramai likes dan juga followers. Itulah mengapa hampir semua konten kreator memburu hashtag TikTok agar FYP. Pun ketika dibandingkan, video dengan hashtag #FYP terbukti berpeluang lebih besar untuk tenar.

Baca juga : Hashtag adalah : Rekomendasi Hashtag Generator untuk Konten Olshop

Apakah Hashtag TikTok FYP Berpengaruh Pada Postingan?

hashtag-tiktok-fyp

Ya, hashtag FYP sangat berpengaruh dalam menentukan posisi video Anda dalam beranda TikTok. Pemakaian hashtag adalah salah satu kunci penentu sistem algoritma TikTok.

Hashtag bekerja “mengelompokkan” video Anda ke dalam berbagai kategori. Hasilnya, konsumen dapat lebih mudah menemukan video Anda dari jutaan konten TikTok lainnya.

Semisal Anda memposting video review produk skincare dan memasang hashtag #dailyskincare. Nantinya video Anda akan otomatis ditayangkan bagi pengguna TikTok yang mem-follow hashtag tersebut, menelusuri topik skincare, atau sering menonton klip-klip seputar skincare.

Kehadiran hashtag TikTok populer membantu meningkatkan jumlah penonton sekaligus daya jangkaunya. Hasilnya dapat jadi lebih baik lagi kalau Anda memadukan pemakaian hashtag dengan faktor-faktor pendukung algoritma TikTok lainnya.

+50 Hashtag TikTok FYP Terbaru agar Banyak Like dan Followers

Bingung mencari hashtag TikTok agar FYP? Inilah +50 list hashtag TikTok agar banyak like dan followers yang wajib Anda coba gunakan. Seluruh hashtag berikut telah dikelompokkan sesuai kategori masing-masing:

Hashtag TikTok FYP Terbaru

#fypage

#fyp

#fypindonesia

#tiktokers

#tiktokindo

#foryourpage

#foryoupage

#foryou

#tiktokviral

#trendingnews

#tiktoklover

#trendingvideos

#tiktokhot

#trendingmemes

#trendingnow

#fypchallenge

#trendingfashion

Hashtag TikTok Populer

#tiktok

#meme

#viral

#funny

#followme

#love

#hits

#seleb

#new

#trendingtopic

#fashion

#thisis4u

#smallbusiness

#KPOP

#follow

#abcxyz

Hashtag Video Umum

#tiktok

#follow

#explore

#like

#followforfollowback

#likeforlike

#viralpost

#meme

#slowmo

#momsoftiktok

#tiktokchallenge

#viralvideos

#new

#repost

#love

#challenge

#duet

#tiktoktrend

#video

#behindthescenes

#tiktokmademebuyit

#family

Hashtag Video Bisnis (Marketing)

#bisnis

#smallbusiness

#bisnislokal

#racuntiktok

#unboxing

#giveaway

#flashsale

#ecommerce

#promodiskon

#murahmeriah

#packing

#behindthescene

#haul

#thriftshop

#produklucu

#produkaesthetic

#brandkorea

#asmrpacking

#dukungbisnislokal

Hashtag Video Dance dan Challenge

#dance

#dancechallenge

#challenge

#duet

#duetwithme

#dancecover

#dancekpop

#dancetutorial

#dancer

#dancevideo

#sing

#music

#coverkpop

#tiktokdance

Hashtag Video Lucu (Entertainment)

#memes

#lawak

#lol

#lucu

#justforfun

#kucing

#cat

#prank

#boyfriendprank

#tiktokcringe

Hashtag Video Motivasi

#motivasi

#motivation

#inspirational

#edutok

#edukasi

#mentalhealth

#life

#goals

#quote

#story

#QOTD

#quoteoftheday

#couplegoals

#storytime

Hashtag Video Edukasi

#belajar

#tips

#trik

#edutok

#edukasi

#mindpower

#knowledge

#career

#genz

#millenials

#karir

#businesstips

#learnontiktok

#careergoals

#study

#studywithme

#studyaesthetic

Hashtag Video Kecantikan (Skincare, Make Up)

#beauty

#beautiful

#beautyhacks

#beautytips

#tipskecantikan

#makeup

#skincare

#skincarelokal

#skincarekorea

#naturalbeauty

#beautyvlog

#aesthetic

#nofilter

#OOTD

#outfitoftheday

#bareskin

#makeup

#makeupartist

#model

#acne

Hashtag Video Kesehatan

#tipssehat

#healthtips

#workout

#gym

#fitness

#fitnessgoals

#5minsworkout

#bestforhealth

#stayhealthy

#lifestyle

#fittok

#fit

#fitnesschallenge

7 Cara Memilih Hashtag TikTok FYP Populer

Sebuah hashtag mampu menunjang performa video TikTok Anda. Mulai dari menambah jumlah view, like, followers, sampai mendatangkan pembeli baru olshop Anda! Maka dari itu, sangat penting untuk memasang hashtag TikTok biar banyak like.

Bagaimana cara memilih hashtag TikTok agar FYP yang tepat? Jangan khawatir, Anda dapat mencoba 7 tips sederhana berikut ini:

1. Gunakan Hashtag TikTok FYP Generator

Cara termudah menemukan hashtag TikTok agar banyak like dan followers adalah dengan menggunakan hashtag FYP generator. Ini adalah aplikasi yang bisa merumuskan rekomendasi hashtag secara otomatis.

Saat ini sudah ada banyak aplikasi hashtag generator gratis yang dapat diandalkan. Cukup ketik topik video Anda, lalu biarkan aplikasi mencari rekomendasi tagar untuk disematkan.

Misalnya Anda membuat video bertema “bisnis”. Kemudian aplikasi dapat membuatkan beberapa # yang cocok, seperti #smallbusines #business #marketing #onlineshop dan seterusnya.

2. Pilih Hashtag yang Relevan

Selanjutnya, pilih kumpulan hashtag yang relevan dengan isi video. Aplikasi generator bisa menampilkan belasan atau puluhan # sekaligus, tetapi jangan pakai semuanya ke dalam video!

Pilihlah beberapa hashtag yang dirasa paling relevan menggambarkan isi video. TikTok membatasi panjang deskripsi video termasuk pemakaian hashtag hingga 100 karakter saja. Selain itu, memakai terlalu banyak hashtag juga dapat dianggap spam.

Tips penting lainnya, jangan pernah pakai hashtag yang tidak sesuai konten karena dapat “menyesatkan” penonton. Misalnya video TikTok Anda membahas tentang otomotif, tapi Anda justru membubuhkan #KPOP. Tindakan ini dapat mengeliminasi video Anda keluar dari FYP.

3. Cari Hashtag yang Sudah Populer

Sebagai permulaan, Anda dapat memakai hashtag yang sudah populer di TikTok. Lakukan pengamatan kecil-kecilan di beranda FYP Anda, dan cari tahu kata kunci # apa yang paling sering digunakan oleh konten kreator lainnya.

Jika data tersebut masih dirasa kurang, Anda bisa menambah insight dengan mencari kumpulan hashtag TikTok agar FYP di Google. Beberapa contoh hashtag TikTok agar banyak like dan followers adalah #fyp #abcxyz #follow #foryoupage #viral dan #foryou.

Usahakan juga untuk melakukan riset secara berkala, sebab list hashtag TikTok biar banyak likes sering berganti mengikuti trend.

4. Buat Hashtag Sendiri

Bisnis Anda punya slogan yang unik? Ayo jadikan sebagai hashtag baru milik sendiri!

Akun-akun TikTok bisnis sering membubuhkan hashtag sendiri pada konten-kontennya. Misalnya olshop Shopee mencantumkan #shopeehaul pada video review produknya. Atau, brand kecantikan “Fenty Beauty” milik penyanyi Rihanna yang mempopulerkan #FentyBeautyHouse.

Hashtag unik buatan sendiri mempunyai manfaat tersendiri bagi brand Anda. Mulai dari menciptakan ciri khas perusahaan, sampai membangun komunitas online bagi para pelanggan Anda. Pelanggan hanya perlu mengklik hashtag brand untuk menemukan konten tentang produk Anda di TikTok.

Namun jika ingin membuat # sendiri, pastikan Anda memakai tagline yang mudah diingat, menarik, dan catchy. Hindari memakai jargon yang terlalu panjang sebagai hashtag.

5. Pilih Hashtag yang Sedang Trending

TikTok mempunyai menu “Discover” berisikan hal-hal yang sedang trending saat ini, termasuk hashtag. Anda bisa memanfaatkan daftar hashtag di Discover agar video langsung masuk FYP.

Hebatnya, menu Discover TikTok juga turut memperlihatkan frekuensi penggunaan hashtag piliha Anda. Inilah mengapa banyak konten kreator mengandalkan TikTok Discover sebagai sumber inspirasi video mereka.

6. Padukan Hashtag Populer dan Khusus

Rahasia video masuk FYP berikutnya adalah memadukan hashtag populer (umum) dengan yang khusus (spesifik).

Hashtag spesifik dapat mendongkrak ranking video Anda sesuai kategori konten, sedangkan hashtag umum mempermudah video ditemukan penonton. Cukup pilih 2 atau 3 hashtag spesifik, dan pasangkan dengan 1 – 2 hashtag umum di deskripsi video.

Mengapa kita tidak boleh hanya mengandalkan hashtag FYP? Menurut penelitian, hashtag populer #FYP mempunyai lebih dari 6 triliun view di TikTok. Itu berarti, ada lebih dari 6T video yang bersaing dengan Anda.

Bayangkan betapa kecilnya peluang video Anda ditonton audiens, sekitar 1 berbanding 6.000.000.000! Anda tidak akan bisa memenangkan persaingan algoritma TikTok kalau hanya mengandalkan hashtag #FYP.

Di sinilah hashtag spesifik (seperti #smallbusiness #shopeehaul #skincarekorea dan seterusnya) berperan. Perpaduan keduanya akan menjadikan video Anda lebih mudah dijangkau audiens.

Sayangnya, trik ini bersifat uji coba. Tidak pernah ada yang tahu kombinasi terbaik perpaduan hashtag populer dan spesifik. Anda harus mencoba kombinasi beberapa hashtag, lalu mengecek hasilnya demi mengetahui perpaduan terbaik.

7. Cek Hashtag Milik Kompetitor

Tips terakhir, cari tahu kumpulan hashtag yang biasa digunakan oleh kompetitor bisnis Anda di TikTok. Apa sajakah list hashtag TikTok biar banyak like yang mereka pakai? Apakah tagar-tagar tersebut benar-benar berhasil memberi banyak like, followers, dan masuk FYP?

Tidak ada salahnya ikut menggunakan hashtag kompetitor selagi tagar yang dipilih bersifat umum, bukan hashtag berisikan nama brand mereka. Anda dapat turut mengecek volume keyword hashtag pada aplikasi guna mengetahui tingkat persaingannya di TikTok.

Demikianlah daftar rekomendasi sekaligus tips memilih hashtag TikTok FYP yang wajib Anda coba! Selamat mencoba kiat spesial di atas untuk memaksimalkan performa video TikTok bisnis Anda, ya.

Ingin tahu lebih banyak tips dan trik rahasia bisnis online? Jadilah selangkah lebih up to date bersama MARKEY. Baca gratis ratusan artikel digital marketing terbaru di https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Playstore dan AppStore. Sampai bertemu lagi!

5 Kiat Reseller Paket Tanaman Hias Sukses Tanpa Modal

0
bisnis-tanaman-hias

Ingin memulai bisnis tanpa modal tapi bingung mau jualan apa? Yuk coba bergabung menjadi reseller paket tanaman hias online!

Kini telah hadir ide jualan tanaman hias baru, yakni reseller paket tanaman hias. Anda bisa langsung dapat untung hanya dengan mempromosikan bibit-bibit tanaman saja. Mudah, bukan?

Tapi sebelum memulai berbisnis, Anda wajib menyimak 5 tips dan strategi jadi reseller tanaman hias yang sukses berikut ini. Yuk langsung intip cara-caranya!

Apa Itu Reseller Paket Tanaman Hias?

paket-tanaman-hias

Reseller paket tanaman hias adalah salah satu ide baru berbisnis online tanpa modal. Seorang reseller bertugas mempromosikan paket-paket tanaman hias yang disiapkan oleh supplier. Apabila ada pembeli, maka reseller akan mendapatkan keuntungan.

Menjadi reseller adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal. Ada dua cara reseller tanaman hias yang dapat Anda lakukan, yakni:

Tipe Reseller 1 : Menjual Kembali Paket Tanaman Hias

Cara pertama, Anda bisa membeli bibit-bibit tanaman hias murah dari supplier. Setelahnya, jual kembali paket tanaman tersebut dengan harga baru untuk memperoleh untung.

Strategi “menjual kembali” seperti ini sangat menguntungkan dan mudah dikelola. Pasalnya Anda bebas mengatur sendiri harga jual, tata cara pengiriman, hadiah (freebies), diskon, dan lain-lain. Sedangkan stok bibit tanaman tetap dikembangkan dan dipelihara oleh produsen.

Sayangnya, Anda akan memerlukan modal awal untuk melakukan strategi reseller ini.

Tipe Reseller 2 : Mempromosikan Paket Tanaman Hias

Tipe reseller berikutnya cocok bagi Anda yang memulai usaha tanpa modal sama sekali. Dalam strategi ini, Anda tidak perlu membeli bibit tanaman sama sekali. Cukup promosikan katalog milik produsen saja, lalu dapatkan keuntungan dari setiap transaksi baru.

Strategi reseller ini dikenal juga dengan nama dropship. Bisnis dropship sangat marak di Indonesia akhir-akhir ini, sebab kita bisa langsung mulai tanpa perlu pusing memikirkan stok barang.

Contoh cara kerja dropship tanaman hias:

Produsen menjual bibit tanaman hias A seharga 5 ribu rupiah per pot. Kemudian Anda mempromosikan bibit tersebut dengan harga 10 ribu rupiah. Alhasil, Anda mendapat untung bersih sebesar 5 ribu rupiah per penjualan paket tanaman A.

Keuntungan lain dari tipe reseller ini adalah seluruh proses distribusi produk dilakukan langsung oleh supplier. Tugas Anda hanyalah mengiklankan bibit tanaman sebanyak mungkin ke konsumen. Sangat gampang, bukan?

8 Keuntungan Reseller Paket Tanaman Hias

Apa saja keuntungan yang bisa Anda peroleh dari menjual bibit tanaman hias? Berikut jawabannya:

  • Omset berlimpah karena jumlah peminat tanaman hias di Indonesia yang tinggi.
  • Bisa dimulai tanpa modal sepeserpun.
  • Promosi dapat dilakukan menggunakan smartphone dan sosial media.
  • Tidak perlu memelihara bibit tanaman hias sendiri.
  • Tidak perlu menyiapkan lahan penyimpanan tanaman hias, alat-alat pertanian, dan sebagainya.
  • Seluruh produksi dan distribusi pesanan akan dikelola langsung oleh supplier (bisnis tanaman lain yang Anda ajak bekerjasama).
  • Fleksibel, dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.
  • Dapat dikembangkan seluas mungkin dengan membuka jaringan reseller baru.

5 Cara Memulai Bisnis Reseller Paket Tanaman Hias

Jangan lewatkan kesempatan sukses menjual bibit tanaman hias murah ini! Namun sebelum mulai berjualan, sebaiknya terapkan 5 kiat simpel berikut ini agar bisnis reseller Anda semakin lancar:

1. Pilih Supplier yang Berkualitas

Mengingat bukan Anda sendiri yang menyiapkan bibit-bibit tanaman, maka Anda wajib bekerjasama dengan supplier berkualitas. Hal ini penting agar kualitas produk sesuai dengan keinginan pembeli.

Menemukan penjual bibit tanaman hias saat ini sangatlah gampang. Anda bisa mencari supplier di Google, sosial media, atau menghubungi usaha budidaya tanaman di sekitar tempat tinggal Anda.

Biasanya para supplier akan berlomba-lomba menawarkan paket reseller tanaman hias termurah. Namun jangan cepat tergiur! Harga bibit tanaman hias murah belum tentu menjamin kualitasnya. Ada banyak kasus reseller yang gagal karena masalah kualitas produk dan pelayanan supplier selama bekerjasama.

Lebih baik pertimbangkan hal-hal berikut agar tidak salah pilih supplier penjual bibit tanaman murah:

  • Jumlah stok tanaman hias: jangan sampai Anda mempromosikan produk yang stoknya tidak tersedia.
  • Kelengkapan serta variasi bibit tanaman hias: semakin banyak variasi tanaman yang dimiliki supplier, maka semakin baik.
  • Daftar harga bibit tanaman hias: cek apakah harga yang ditawarkan sesuai harga pasaran, lebih murah atau malah lebih mahal.
  • Syarat dan ketentuan menjadi reseller: setiap supplier memiliki aturan kerjasama dengan reseller, pastikan ketentuan tersebut tidak memberatkan bisnis Anda kelak.
  • Review dan citra supplier: periksa review pelanggan terhadap agen penjual bibit tanaman hias Anda. Usahakan memilih agen dengan image brand baik di pasaran.
  • Uji coba produk yang mau dijual: minta atau beli 1 produk bibit tanaman yang hendak dijual, lalu cek kualitasnya. Jangan terlalu mengandalkan katalog karena item asli tidak selalu sesuai dengan deskripsi.
  • Cek pengemasan produk: pastikan juga spesifikasi pengemasan dan pengiriman produk oleh agen. Apakah produk terkemas dengan rapi dan aman sampai di tangan pembeli?

2. Cari Tahu Daftar Harga Bibit Tanaman Hias

Langkah selanjutnya, cek daftar harga bibit tanaman hias dari supplier. Harga produk adalah kunci penting penentu kesuksesan bisnis reseller Anda. Agar tetap untung, seorang reseller harus cermat menentukan harga jual kembali produk mereka.

Inilah tantangan bagi reseller. Anda tidak boleh mematok harga jual terlalu tinggi atau sebaliknya. Kebanyakan reseller berpengalaman menyarankan menaikkan harga jual sebesar 10% – 30%. Kisaran tersebut sudah dinilai ideal.

Meski demikian, tetap tidak ada patokan persis berapa keuntungan yang wajib diambil per produk. Tapi kalau Anda masih bingung, tidak ada salahnya meriset harga bibit tanaman hias yang biasa dijual di pasaran. Mengecek harga kompetitor dapat menjadi langkah awal yang baik untuk menghadirkan diskon, promo, maupun harga paket yang kompetitif.

Setelahnya, jangan lupa untuk turut menyediakan sistem pembayaran yang aman. Transaksi kini dapat dilakukan dengan aman melalui QRIS, transfer bank, e-wallet (OVO, ShopeePay, GoPay, DANA), maupun COD (Cash On Delivery).

3. Pahami Spesifikasi Bibit dan Target Konsumen

Seorang reseller tetap harus paham spesifikasi paket tanaman hias yang ia jual, beserta karakteristik dari konsumen target. Usaha Anda bisa macet kalau Anda tidak menguasai dua hal ini.

Mengapa begitu? Faktanya, konsumen bisnis tanaman hias umumnya adalah para kolektor atau pecinta tanaman. Dengan kata lain, mereka paham seputar dasar-dasar budidaya tanaman hias.

Maka dari itu Anda harus menguasai seputar tanaman supaya bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari calon pembeli dengan baik. Minimal Anda harus tahu jenis-jenis tanaman serta cara pemeliharaannya.

Menguasai spesifikasi produk juga mempermudah Anda menonjolkan keunggulannya pada konsumen. Ilmu ini akan sangat berguna ketika meyakinkan konsumen untuk membeli produk Anda.

Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mendukung poin ini adalah:

  • Mempelajari seputar budidaya tanaman hias.
  • Menggali dan menonjolkan Unique Selling Point dari produk (Hal-hal apa yang membedakan produk Anda dari yang lain? Apa keunggulannya?)
  • Melakukan riset seputar karakteristik calon konsumen (Misalnya seperti usia, latar belakang pendidikan, pekerjaan, gender, domisili, dan lain-lain).
  • Mengikuti tren-tren terbaru seputar perkembangan tanaman hias.

4. Lakukan Promosi

Setelah semua siap, kini Anda dapat mulai melakukan promosi. Sebagai langkah awal, Anda dapat mencoba promosi termudah melalui sosial media.

Promosi dagangan di sosmed sudah menjadi hal lumrah dewasa ini. Mulai dari pedagang reseller, UMKM, sampai brand besar pun beriklan di sosmed. Ini karena kepraktisan sekaligus keampuhan sosmed marketing itu sendiri.

Beberapa tips simpel berpromosi di sosmed antara lain:

  • Buat katalog produk Anda terlebih dahulu, bisa berupa foto atau video. Usahakan menggunakan gambar produk yang terbaik.
  • Gunakan akun sosial media khusus bisnis, jangan “mencampur” konten promosi dengan pribadi.
  • Sesuaikan konten promosi dengan isu-isu yang sedang hangat supaya lebih cepat viral.
  • Kemas materi iklan sekreatif mungkin, namun tetap mengikuti ketentuan dari masing-masing platform supaya hasilnya optimal.
  • Jika memungkinkan, kembangkan website bisnis yang dioptimasi dengan SEO Google.
  • Tak lupa, optimasi juga konten sosmed Anda dengan tips SEO sosial media.
  • Coba berpromosi dan berjualan di ecommerce ternama untuk menarik lebih banyak pelanggan.
  • Lakukan evaluasi performa iklan promosi secara berkala.

5. Bangun Branding Bisnis

Tips terakhir, bangunlah branding bisnis Anda. Banyak orang salah mengira bisnis reseller tidak perlu repot membangun identitas brand. Padahal, image bisnis adalah kunci penentu kepercayaan calon pembeli.

Anda sendiri pastinya tidak ingin berbelanja di toko yang kualitasnya meragukan, bukan? Pembeli Anda pun sama. Mereka akan lebih tertarik berbelanja di toko dengan identitas jelas, memiliki katalog tanaman hias lengkap, harga kompetitif, dan punya review pelanggan.

Jadi jangan sampai Anda kehilangan peluang hanya karena “malas” membangun citra brand. Rahasia kesukesan bisnis-bisnis reseller sejatinya terletak pada kekuatan brandingnya. Semakin baik citra usaha Anda, maka semakin mudah pula konsumen baru datang ke toko.

Bagaimana cara membangun branding usaha reseller tanaman hias? Berikut tipsnya:

  • Gunakan akun sosial media atau website khusus bisnis (misal FB Business, Instagram Bisnis, WhatsApp Business).
  • Pakai logo olshop sebagai foto profil.
  • Cantumkan identitas brand seperti nama, deskripsi bio, alamat, dan kontak yang bisa dihubungi.
  • Pilih warna, tema serta layout yang menjadi ciri khas brand Anda.
  • Pasang review konsumen terdahulu ke akun bisnis supaya bisa dilihat oleh calon pembeli baru.
  • Sediakan layanan customer service yang cepat tanggap untuk mengatasi keluhan, permintaan, dan pertanyaan pembeli.

Demikianlah ulasan peluang bisnis baru jadi reseller tanaman hias online. Bagaimana, tertarik untuk meraup untung dari bisnis ini? Semoga tips dan trik di atas dapat menjadi inspirasi segar bagi Anda, ya!

Yuk temukan lebih banyak tips, ide, maupun kiat-kiat sukses bisnis online lainnya hanya di MARKEY. Baca gratis sekarang hanya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

 

9 Aplikasi Edit Video TikTok Paling Top untuk Konten Jualan

0
edit-video-tiktok

Mau video TikTok jualan cepat viral di FYP? Caranya gampang sekali! Segera edit video TikTok Anda dengan gaya kekinian memakai 9 aplikasi edit video TikTok viral, paling recommended dan gratis berikut ini.

Jangan asal buat video promosi produk atau jasa di TikTok. Supaya sukses masuk FYP dan ramai penonton, video iklan Anda wajib dibuat semenarik mungkin dengan sentuhan khas video-video viral kekinian.

Bagaimana cara edit video TikTok viral yang baik sesuai selera penonton? Tak perlu risau, berikut ini kami telah rangkum 9 aplikasi edit video TikTok tanpa watermark dilengkapi fitur-fitur edit terfavorit!

Baca juga : Video Marketing adalah : 8 Konsep Video Promosi yang Menarik Perhatian

9 Aplikasi Edit Video TikTok Viral, Gratis dan Tanpa Watermark

edit-video-tiktok-1

Anda bisa menemukan ratusan, atau bahkan ribuan, aplikasi video editor TikTok gratis di Playstore dan AppStore. Masalahnya, manakah app editing yang paling baik dan recommended?

Tidak perlu risau lagi. Inilah 9 aplikasi edit video TikTok tanpa watermark yang paling banyak dipakai brand bisnis serta seleb TikTokers kekinian:

1. Magisto

Rekomendasi aplikasi pembuat video TikTok tanpa watermark yang pertama adalah Magisto. Aplikasi ini dirancang khusus sebagai editor video marketing di TikTok.

Maka dari itu, jangan heran jika Magisto punya banyak template-template video marketing unik dan menarik. Template video akan sangat berguna untuk Anda yang baru pertama kali membuat video iklan TikTok.

Di samping itu, Magisto juga dilengkapi fitur editing video yang mendukung pembuatan video marketing “storytelling”. Contohnya seperti cut, add frame, filter, sticker, teks, dan insert picture atau stitch video lain ke video Anda. Semua fitur ini mampu menyulap konten promosi Anda jadi lebih menarik!

Aplikasi Magisto tersedia di Playstore (android), AppStore (iOS) dan https://magisto.com.

Baca juga : Mengenal Tiktok Shop Seller : Cara Jualan Baru di Tiktok Shop

2. InShot

Apakah Anda sudah pernah berkecimpung dalam dunia video editing? Jika iya, maka Anda mungkin sudah familiar mendengar nama InShot.

InShot adalah aplikasi edit video yang paling banyak digunakan saat ini tidak hanya di TikTok, tapi secara umum. Anda dapat memakai satu aplikasi ini saja untuk mengedit banyak tipe video marketing sekaligus: TikTok, Instagram, Snapchat, WhatsApp, Facebook, dan lain-lain.

Banyak orang menyukai InShot karena cara pemakaiannya yang mudah dan gratis. Fitur-fiturnya lengkap, mulai dari memotong dan menggabungkan video, memasukkan musik, teks, stiker, filter, dan menyimpan video TikTok tanpa watermark. Canggih, bukan?

InShot dapat diunduh dari Playstore maupun AppStore.

3. Snow

Ada banyak cara mengedit TikTok video yang bisa Anda “eksekusi” secara praktis di Snow. Snow adalah aplikasi untuk edit video TikTok yang lebih berwarna, cantik dan menarik.

Awalnya, Snow merupakan aplikasi kamera make up dan mempercantik selfie. Namun Anda dapat memanfaatkan fitur-fitur Snow untuk menyempurnakan hasil edit terakhir draft video.

Contohnya seperti menambahkan stiker, emoji AR dan 3D, serta menyempurnakan gambar objek dengan filter maupun make up. Pemolesan terakhir dengan fitur-fitur ini tentunya dapat membuat produk Anda lebih menarik dan memikat di mata calon konsumen.

Aplikasi Snow bisa didownload gratis dari Playstore dan AppStore.

4. Kinemaster

Satu lagi aplikasi video editing “sejuta umat”, yakni Kinemaster. Aplikasi Kinemaster telah menjadi andalan para video editor selama bertahun-tahun berkat berbagai kecanggihannya.

Kinemaster adalah aplikasi video editor TikTok tanpa watermark yang sangat fleksibel dan ringan dijalankan di smartphone. Fiturnya pun sangat lengkap, gratis siap pakai, sekaligus simpel bagi semua kalangan. Para pemula bisa dengan cepat menguasai pemakaian aplikasi ini!

Keunggulan lain Kinemaster adalah:

  • Menyediakan template video siap pakai.
  • Bisa mengedit project sendiri atau impor dari media lain.
  • Dapat digunakan untuk membuat video marketing, hiburan atau personal.
  • Dilengkapi fitur-fitur editing basic dan pro.
  • Dapat menyimpan video tanpa watermark.
  • Tersinkronisasi dan bisa langsung share video ke TikTok maupun sosmed lainnya.

Kinemaster tersedia gratis di Playstore dan AppStore.

5. FilmoraGo

Berikutnya ada FilmoraGo, salah satu editor video TikTok gratis terbaik yang wajib dicoba. Kelebihan utama FilmoraGo terletak pada kekayaan filter, fitur edit, dan keramahan tampilannya bagi pengguna.

FilmoraGo adalah aplikasi andalan kalau Anda ingin mengedit video secara cepat, praktis dan tidak bertele-tele. Semua fitur Filmora tersaji gratis dan bisa langsung digunakan. Hanya saja, beberapa fitur premium mungkin terbatas hanya untuk user premium berbayar.

Namun Anda tidak perlu cemas, sebab, koleksi fitur dan filter gratis FilmoraGo sudah lebih dari cukup untuk mengedit video iklan TikTok yang simpel.

FilmoraGo tersedia gratis di Playstore, AppStore dan website (PC desktop) di https://filmora.wondershare.net/

6. Funimate

“Membuat video promosi di TikTok tidak harus kaku”, itulah visi misi utama video editor Funimate. Funimate akan mempermudah Anda mengemas video bisnis jadi semenarik konten hiburan melalui sederet ragam filter ciamiknya.

Aplikasi ini wajib digunakan jika Anda tertarik membuat konten seperti video loop, storytelling marketing, atau menambahkan efek-efek dinamis pencuri perhatian ke video. Sayangnya, fitur editing Funimate tidak selengkap aplikasi editor lain, karena lebih berfokus pada koleksi filter.

Meski begitu, Funimate tetap wajib menjadi salah satu app edit video TikTok promosi sebab koleksi efeknya jauh lebih lengkap daripada filter bawaan aplikasi TikTok sendiri.

Unduh Funimate gratis di Playstore dan AppStore.

7. CapCut

Masih belum menemukan aplikasi terbaik untuk mengedit video promosi TikTok? Cobalah mendownload CapCut sekarang juga.

Aplikasi CapCut menjadi salah satu rekomendasi app editor video viral di TikTok. Bukan tanpa sebab, aplikasi CapCut memiliki kualitas terbaik dalam proses editing video di smartphone.

Keunggulan menarik lainnya dari CapCut adalah tidak meninggalkan jejak watermark pada video Anda. Semua tool edit-nya turut dapat digunakan gratis, seperti filter, penambah teks, musik, stiker, fitur potong, gabung, flip/mirror, dan lain-lain.

CapCut bisa didownload gratis di Playstore, AppStore maupun PC desktop di https://www.capcut.net/.

8. Zoomerang

Zoomerang adalah aplikasi editing video TikTok yang tidak banyak memakan ruang di smartphone Anda. Meskipun ringan, Zoomerang tetap kaya akan fitur dan bahan editing. Anda pun bisa mendapat berbagai koleksi filter efek terbaru mengikuti tren secara berkala.

Keunikan lain Zoomerang adalah mampu menggabungkan banyak klip video dengan efek filter yang berbeda-beda. Maka dari itu aplikasi ini sangat cocok untuk membuat konten marketing seperti ‘before and after’.

Aplikasi Zoomerang juga 100% gratis. Anda hanya perlu mengunduhnya terlebih dahulu di Playstore dan AppStore saja.

9. VN Video

Rekomendasi terakhir pada list aplikasi editor video TikTok viral terbaik adalah VN Video atau VN Video Vlog Now. Aplikasi ini sangat fleksibel dan mampu memenuhi kebutuhan editor video pemula maupun profesional sekaligus.

Kualitas video hasil editing juga menjadi fokus perhatian dari VN Video. Hasil video Anda dipastikan selalu HD dan jernih, tanpa peduli Anda mau memotong, resize atau memasukkan banyak filter, stiker dan seterusnya.

Inilah mengapa banyak orang senang menyusun video TikTok mereka dengan VN Video, terutama brand-brand bisnis. Kualitas video yang baik akan mengoptimalkan tampilan asli produk Anda pada audiens.

Tertarik untuk mencoba? Anda dapat mengunduh VN Video di Playstore ataupun AppStore.

Demikianlah ulasan rekomendasi sekaligus review 9 aplikasi untuk edit video TikTok terbaik tanpa watermark yang dapat Anda coba! Dijamin, deh, video-video promosi Anda jadi lebih menarik dengan bantuan aplikasi editor video di atas.

Di samping menggunakan app editor terbaik, kembangkanlah juga ide-ide, kreasi, dan tren segar terkini supaya video promosi jasi lebih “booming” di kalangan penonton. Anda bisa menemukan lebih banyak inspirasi cara edit video TikTok di MARKEY.

Menyukseskan bisnis online kini lebih mudah bersama MARKEY. Cukup klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP gratis di Playstore dan AppStore, dan langsung terhubung ke ratusan tips rahasia sukses berjualan online.

Sampai bertemu lagi!