Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 45

Clickbait YouTube Adalah? Ini Kata-Kata Promosi Anti Skip!

0
clickbait-youtube-adalah

Clickbait YouTube adalah cara promosi YouTube yang paling manjur. Yuk cek kumpulan kata kata promosi YouTube “clickbait” dan cara tepat memakainya di sini!

Terlepas dari pro dan kontranya, clickbait adalah salah satu YouTube marketing strategy yang sukses. Sampai hari ini pun masih banyak orang “terpancing” menonton video YouTube karena termakan oleh judul dan thumbnail clickbait.

Namun tetap ada hal-hal penting yang wajib diperhatikan saat membuat konten YouTube yang clickbait. Apa sajakah? Berikut ulasan selengkapnya khusus untuk Anda!

Pengertian Clickbait YouTube Adalah

Trik clickbait bukanlah hal baru dalam dunia content marketing. Strategi “tipu muslihat” ini pertama kali digunakan pada judul-judul artikel demi memancing pembaca.

Seiring berjalannya waktu, orang-orang mencoba mengaplikasikan kata-kata clickbait pada konten YouTube. Hasilnya terhitung luar biasa!

Video-video dengan judul clickbait dipandang lebih menarik dan membuat penasaran. Otomatis, video Anda berpeluang memperoleh lebih banyak penonton daripada yang lain.

Maka dari itu, sampai hari ini orang-orang masih melestarikan pemakaian kata kata promosi YouTube yang clickbait. Namun dengan menggarisbawahi penggunaan clickbait yang secukupnya saja (tidak berlebihan).

Sebab jika dipakai secara berlebihan, clickbait YouTube dapat menjadi bumerang yang berbalik membahayakan brand Anda sendiri.

Baca juga : 6 Kesalahan SEO Youtube yang Bikin Channel Sepi (+Solusi)

Lokasi Penempatan Terbaik Clickbait YouTube Adalah

clickbait-youtube-adalah

Terdapat dua lokasi terbaik untuk menempatkan kata kata promosi YouTube yang clickbait, yakni di bagian judul dan thumbnail video.

Penonton biasanya memerhatikan judul dan thumbnail video pertama kali, sebelum mereka mengklik konten.

Judul yang “menggetarkan emosi” sangat ampuh memancing rasa penasaran penonton. Apalagi jika kalimat judul relevan dengan informasi yang mereka telusuri.

Contohnya, seseorang dengan masalah jerawat meradang mencari rekomendasi obat jerawat di YouTube. Judul video yang tepat untuk menarik perhatian mereka misalnya, “Akhirnya Sembuh Jerawat dalam Semalam! Cuma Pakai Ini!”

Sedangkan thumbnail clickbait mengedepankan tampilan visual yang mengundang perhatian audiens. Ketika melihat thumbnail yang menarik, unik, atau agak “nyeleneh”, maka penonton pasti langsung ingin mencari tahu isi video selengkapnya.

Maka dari itu, usahakan untuk selalu membuat judul beserta thumbnail YouTube yang menarik, ya!

4 Contoh Clickbait YouTube Adalah

Kekuatan utama cara promosi YouTube clickbait terletak pada unsur “kejutan tersembunyi”-nya.

Coba perhatikan judul-judul clickbait yang ada di media massa saat ini. Hampir semua judul tersebut pasti mengandung:

  • Emosi yang “mengejutkan” pembaca.
  • Kesan yang “wah”, “rahasia” dan “sensasional”.
  • Informasi yang sengaja disampaikan separuh, dan “mengundang” pembaca untuk mencari tahu sisanya dalam konten.

Poin-poin tersebutlah yang wajib Anda ciptakan ketika membuat judul YouTube yang clickbait. Masih bingung bagaimana caranya? Nah, Anda dapat mencoba contoh-contoh clickbait YouTube populer berikut ini:

Kata Tanya

Kata kata promosi YouTube clickbait yang banyak digunakan saat ini adalah kata-kata pertanyaan. Contohnya seperti:

  • Benarkah?
  • Apakah?
  • Bisakah?
  • Bagaimana ya?
  • Kok bisa?
  • Fakta atau Mitos?
  • Hoax??
  • Dan seterusnya.

Kata-kata tanya membuat penonton turut memikirkan topik video dan menjadi penasaran terkait kebenaran informasi tersebut. Misalnya seperti “Fakta atau Mitos Bahaya Menyisir Rambut di Malam Hari?”, atau “Bisakah Membuat Topokki ala Korea di Rumah??”.

Rasa penasaran inilah yang akan mendorong penonton untuk mengklik video Anda.

Tanda Seru dan Titik

Judul-judul video viral ala YouTuber Indonesia banyak sekali menggunakan tanda seru (!), titik (…), maupun tanya (?). Channel YouTube Deddy Corbuzier, Atta Halilintar dan Ria Ricis sering menggunakan tanda-tanda baca (!) dan (…).

Mengapa? Ternyata, pemakaian tanda-tanda baca seperti ini adalah contoh clickbait YouTube! Pemakaian tanda baca terbukti dapat membangkitkan emosi-emosi tertentu pada audiens.

Tanda seru tunggal (!) digunakan untuk meminta perhatian penonton. Namun ketika penonton melihat pemakaian tanda seru double (!!) atau triple (!!!), maka video akan diartikan sebagai sesuatu yang sangat penting dan wajib disimak.

Sedangkan tanda titik (…) ditujukan untuk “menghapus” separuh informasi pada judul dan membangkitkan rasa penasaran. Contohnya:

  • “5 Fakta Skincare Ini … No 3 Bikin Kaget!”
  • “Yakin masih mau begini?? Dampak Buruk Begadang yang Mengerikan!!”
  • “10 Foto Terbaru Konser BTS … Gantengnya Bikin Gak Tahan …”

Kata-Kata Emosional

Kata kata promosi YouTube yang tak kalah penting adalah koleksi emotional words (kata-kata pembangkit emosi).

Kata-kata emosional sangat berguna untuk meyakinkan calon penonton bahwa isi video tak boleh mereka lewatkan. Uniknya, Anda boleh menggunakan kata-kata emosional positif maupun negatif untuk menarik perhatian audiens.

Beberapa contoh emotional words yang lazim digunakan pada YouTubers:

  • Keren
  • Murah
  • Gampang
  • Asli
  • Real
  • Bagus
  • Baru
  • New
  • Heran
  • Kaget
  • Fake
  • Jelek
  • Bobrok
  • Hoax
  • Dan masih banyak lagi.

Anda hanya perlu pintar-pintar memainkan perpaduan kata-kata di atas untuk menciptakan judul yang clickbait. Contoh clickbait YouTube dengan emotional words:

  • Real No Tipu-Tipu! Segini Omset Bisnis Franchise Boba Kekinian!
  • NEW!! 10 Rekomendasi HP Android 5G Sejutaan!
  • Kaget … Sering Disangka Ori, Ternyata Brand Ini FAKE (KW)??

Angka atau Jumlah

Terakhir, sisipkan angka-angka, jumlah atau persentase ke dalam judul video Anda. Pemakaian angka juga merupakan salah satu cara promosi YouTube yang memikat.

Kehadiran angka dalam judul membawa banyak manfaat, di antaranya:

  • Memberi tahu penonton seberapa lengkap informasi yang dimuat konten.
  • Meyakinkan penonton bahwa isi video terjamin berkualitas.
  • Memperkuat bukti sosial (testimoni) bagi penonton.
  • Memberi gambaran berapa waktu yang akan dihabiskan penonton saat menyimak video.

Adapun contoh pemakaian angka pada judul clickbait YouTube adalah:

  • 30 Tips Sukses Bisnis Online Modal HP à memberi tahu seberapa lengkap info konten.
  • 100% Ampuh!! Usir Nyamuk Bandel di Rumah dengan 1 Cara Ini à meyakinkan kualitas konten.
  • Serum Lokal Terbaik, 80% Pengguna ‘Glowing’ dalam Sebulan à memperkuat testimoni.
  • Cuma 2 Menit! Olahraga di Kasur Terbaik untuk Kaum Mageran à memberi gambaran waktu durasi video.

5 Cara Promosi YouTube dengan Judul Clickbait

Memakai strategi clickbait pada video YouTube memerlukan persiapan yang matang supaya sukses. Jangan asal membuat judul yang “memancing” kalau belum menguasai pedoman YouTube marketing strategy clickbait berikut ini.

1. Buat Penonton Merasa Membutuhkan Informasi

Judul clickbait yang bagus tidak hanya sekadar membuat penonton penasaran. Sebagian orang tetap tidak mau menonton video kalau mereka merasa “tidak membutuhkan” informasi tersebut.

Maka dari itu, Anda wajib membuat penonton merasa terlibat dengan isi konten. Dengan begini, orang-orang pasti akan mau menyimak isi video sampai tuntas.

Bagaimana caranya? Anda bisa memancing penonton dengan hal-hal yang menjadi pertanyaan, masalah, atau kebutuhan mereka. Contohnya:

  • Ingin Dapat Uang dari YouTube? Simak Tutorial Kilatnya di Sini!
  • Punya Masalah Keuangan? Perhatikan 10 Tips dari Ahli Finansial Ini Yuk!
  • Bingung Website Lemot? Penyebab Web Lelet + Cara Mengatasinya.

2. Pilih dan Pakai Informasi Paling Menarik

Banyak orang menyarankan untuk membuat judul setelah selesai menyusun konten. Strategi tersebut sangat tepat dilakukan, terlebih kalau Anda sering bingung menentukan judul yang pas bagi video.

Simak kembali isi dari konten Anda sebelum menentukan judul. Kemudian, cari tahu bagian atau informasi yang paling memikat, dan gunakanlah sebagai judul utama.

Contohnya, Anda membuat video ulasan seputar fenomena burn out di dunia bisnis. Penonton biasanya ingin tahu bagaimana cara menyiasati burn out, alhasil, jadikan topik tersebut sebagai judul: “5 Cara Mengatasi Burn Out Paling Simpel, 100% Ampuh!”

3. Lakukan Copywriting

Trik copywriting akan sangat berguna dalam cara promosi YouTube clickbait. Terapkan prinsip-prinsip penting copywriting untuk memaksimalkan hasil judul Anda, yakni “CRU2”:

  • Concise: buat judul yang singkat, padat, jelas.
  • Relevant: selipkan kata kunci yang relevan dengan isi video.
  • Unique: poles judul Anda seunik mungkin dan beda daripada yang lain.
  • Useful: tonjolkan sisi manfaat/jawaban atas kebutuhan penonton.

4. Bangkitkan Emosi Pembaca

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kata-kata emosional sangat berperan dalam perumusan judul YouTube clickbait. Judul-judul yang mampu menggugah kuat emosi pemirsa akan berpeluang semakin besar untuk diklik.

Namun tidak hanya sebatas menyelipkan kata-kata emosional ke dalam judul saja, Anda juga perlu memahami emosi yang menjadi masalah bagi konsumen disertai solusinya.

Misalnya, penonton Anda cemas kesulitan melamar pekerjaan karena tidak paham seluk-beluk CV yang baik. Gunakan perasaan tersebut sebagai pendekatan untuk memahami audiens disertai solusi, seperti: “Bebas Cemas Masalah CV, Cek Sekarang di Sini dengan Ahlinya!”

5. Mainkan Unsur Teka-Teki

Tips terakhir, mainkan unsur teka-teki pada judul Anda supaya calon penonton semakin penasaran dengan isi video. Semisal pada video ulasan kamera smartphone terbaru, Anda bisa membuat judul yang memancing seperti: “Bagus atau Burik? Cek Kualitas Asli Kamera iPhone 13!”

Bagaimana, tidak begitu sulit untuk membuat judul YouTube yang clickbait dan baik, bukan?

Clickbait YouTube adalah strategi promosi konten yang masih sangat relevan dan ampuh digunakan. Namun jangan sampai berlebihan menggunakan trik ini, karena bisa membuat konten Anda dicap “Hoax”.

Nyatanya ada banyak sekali konten-konten video dengan judul “bombastis” tapi isinya biasa-biasa saja. Akibatnya, penonton jadi kesal, merasa rugi, dan mengabaikan channel Anda.

Maka dari itu, usahakan membuat judul clickbait disertai isi konten yang sungguh-sungguh berkualitas. Dijamin, penonton Anda pasti akan senang menyimak video Anda.

Itulah kumpulan kata kata promosi YouTube “clickbait” beserta strategi perapannya yang bisa Anda coba! Yuk cari tahu juga kumpulan YouTube marketing strategy ampuh lainnya hanya di MARKEY.

10 Trend Fashion 2023 Unik untuk Ide Bisnis UKM Kekinian

0
trend fashion 2022

Trend fashion 2023 di Indonesia pastinya sangat berbeda dibandingkan tahun lalu. Tidak hanya sekadar inovasi bentuk busana saja, koleksi tren fashion Indonesia juga dapat dikembangkan menjadi ide bisnis UKM kekinian lho!

Fashion adalah industri dengan laju perkembangan yang sangat cepat, terutama di era serba teknologi saat kini. Banyak ide bisnis fashion lahir mengikuti perkembangan trend di masyarakat. Tentunya inilah peluang emas baru untuk mengembangkan olshop fashion Anda!

Apa sajakah ide-ide dan tren segar untuk bisnis fashion saat ini? Langsung simak 10 trend fashion 2023 Indonesia yang telah kami rangkum spesial untuk Anda berikut ini.

Pentingnya Trend Fashion 2023 bagi UKM Kekinian

Berinovasi menurut trend merupakan strategi bisnis yang baik sekaligus menguntungkan.

Faktanya, konsumen cenderung lebih tertarik membeli produk yang up to date sesuai selera dan kebutuhan zaman. Apalagi jika bisnis Anda bergerak di bidang tata busana yang selalu update koleksinya.

Cobalah perhatikan brand-brand pakaian yang sukses di sekitar Anda. Hampir semuanya pasti selalu menghadirkan koleksi sesuai tren terkini. Semakin baru koleksi fashion yang Anda tawarkan, otomatis semakin besar pula peluang usaha Anda dilirik konsumen.

Maka dari itu berinovasi bukan lagi sebuah strategi opsional, melainkan kewajiban jika Anda ingin usaha selalu sukses.

Anda tidak perlu menunggu usaha menjadi besar dan populer untuk rajin menciptakan inovasi. Justru bisnis-bisnis kecil (UKM dan online shop) lah yang harus gencar mengupdate referensinya supaya lebih cepat terkenal di pasaran.

10 Trend Fashion 2023 Indonesia Paling Inspiratif untuk Bisnis

trends-fashion-2022

Mencari ide inovasi bisnis sebenarnya tidak sulit. Pasalnya, gagasan-gagasan unik dapat Anda petik dari mana saja, salah satunya adalah isu-isu yang sedang naik daun (trending).

Lalu apa sajakah “sentuhan baru” untuk usaha fashion kekinian? Berikut 10 ide bisnis fashion paling fresh yang dapat Anda coba:

1. Bisnis Berbasis Komunitas (Social Commerce)

Teknologi memainkan peran penting di hampir semua aspek kehidupan kita saat ini. Dunia fashion pun tak luput dari sasarannya.

Kemajuan teknologi khususnya internet dan sosial media sukses menghapus sekat-sekat yang menghalangi ruang gerak seseorang. Akses ke dunia maya sudah menjadi rutinitas harian, baik untuk individu maupun bisnis fashion.

Dari sinilah pergerakan bisnis berbasis komunitas (atau “social commerce”) lahir sebagai tren fashion Indonesia baru. Ada semakin banyak brand fashion lokal Indonesia sukses yang mengedepankan gaya usaha start up. Contohnya seperti CottonInk, Berrybenka, dan HijUp.

2. Aksesoris “Sustainable Fashion”

Kampanye daur ulang dan pemeliharaan lingkungan ditanggapi serius oleh industri fashion akhir-akhir ini. Salah satu buktinya adalah popularitas penggunaan aksesoris yang bersifat sustainable (ramah lingkungan).

Konsep ini dikenal dengan istilah sustainable fashion, atau gerakan peduli lingkungan oleh para pegiat busana. Contoh nyata dari bisnis sustainable fashion adalah menjual totebag kain untuk mengurangi pemakaian tas plastik. Atau, daur ulang kain perca menjadi baju outer, tas, kalung, dan lain-lain.

Bisnis-bisnis UKM yang mengusung konsep ini diyakini akan sangat laris-manis di pasaran, mengingat mayoritas masyarakat kekinian sangat peduli dengan isu-isu lingkungan.

3. Proses “Circular Design Fashion”

Trend fashion 2023 Indonesia ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya, yakni seputar sustainable fashion.

Proses circular design fashion menitik beratkan pada produksi daur ulang dan permak item busana yang masih layak pakai sehingga menjadi barang baru bernilai tinggi. Aktivitas ini juga mengusung filosofi “zero waste”, yakni tindakan untuk tidak membuang-buang benda yang masih bermanfaat.

Industri fashion di zaman dahulu terkenal sering asal membuang pakaian yang tidak laku atau dianggap ‘ketinggalan trend’. Akibatnya, sampah lingkungan pun jadi menumpuk. Sikap tersebutlah yang kini diubah oleh bisnis fashion kekinian.

Usaha baju kecil bisa meniru konsep circular design zero waste ini untuk menghemat modal usaha. Siapa tahu, fashion daur ulang yang Anda ciptakan juga dapat menjadi icon fashion unik berikutnya!

4. Virtual Fashion

Ingin menarik lebih banyak pengunjung ke toko baju Anda? Cobalah terapkan ide trend virtual fashion.

Pandemi melahirkan tren fashion Indonesia secara virtual. Hingga kini pun masih banyak orang memilih berbelanja busana secara online ketimbang langsung ke toko.

Ada banyak strategi unik pelaksanaan virtual fashion ini yang bisa Anda coba, di antaranya:

  • Melakukan ajang fashion show online.
  • Berjualan online di e-commerce
  • Melakukan promosi fashion (flash sale) secara live streaming.
  • Mengadakan webinar perilisan koleksi busana baru.
  • Mendesain item fashion dengan teknologi 3D atau VR (Virtual Reality).

5. Warna Baju Trend 2023

Warna-warni baju yang Anda jual saat ini juga memengaruhi minat belanja konsumen, lho. Mayoritas konsumen di tahun ini terbukti memilih dan membeli warna-warni pakaian tertentu.

Warna baju trend 2023 terbelah ke dalam dua kelompok mengikuti musim (season). Koleksi warna pakaian yang terang dan netral (light) akan trending selama periode musim panas dan semi 2023.

Namun pada musim gugur – dingin akhir tahun nanti, kombinasi warna-warni yang hangat dan membumi (earth color) diprediksi akan lebih diminati. Beberapa contoh warna baju trend 2023 adalah:

  • Warna baju kuning manis bernuansa jingga.
  • Warna biru lembut dengan efek ketenangan.
  • Warna hijau dipadukan cokelat demi menciptakan nuansa bumi, dan lain-lain.

6. Kata Kunci Bertema Alam

Pandemi dan isu lingkungan memang mendominasi trend fashion 2023 Indonesia. Selain perkembangan sustainable fashion, pemakaian kata-kata kunci bertema alam juga menjadi trend kekinian.

Contoh keyword fashion bertema alam yang banyak digunakan saat ini adalah:

  • Organik / organic.
  • Warna hangat.
  • Terang / light.
  • Earth color.
  • Ramah lingkungan.
  • Sustainable.
  • Earthy.
  • Home.
  • Tekstur halus.
  • Dan masih banyak lagi.

Kata-kata kunci tersebut biasanya disematkan pada artikel copywriting, nama maupun deskripsi item. Ada juga yang menjadikan kata-kata kunci ini sebagai ide branding bisnis fashion mereka. Anda bebas memilih keyword tertentu dan menggunakannya sesuai kebutuhan.

7. Proyek Kolaborasi

Konsep bisnis fashion “start up” dapat dipadukan dengan proyek kolaborasi untuk mencapai hasil yang optimal. Saat ini, kolaborasi brand fashion menjadi trend sekaligus ide bisnis fashion yang menguntungkan.

Proyek kolaborasi pun tidak melulu harus antar label bisnis baju. Anda bisa berkolaborasi dengan individu atau organisasi lain yang memiliki nilai unik. Misalnya kolaborasi dengan selebriti, influencer, brand, komunitas/organisasi dan desainer.

Ide produk inovatif juga bisa didapat lewat proses kolaborasi ini. Contohnya sepatu viral unik  antara brand Aero Street dengan Swallow, atau Uniqlo dengan Studio Ghibli.

Jangan ragu memulai kolaborasi unik dengan orang-orang berpotensi di sekitar Anda. Bisa saja inilah peluang emas untuk menjadikan brand fashion Anda lebih populer!

8. Key item Fashion

Perbanyak koleksi key item fashion yang trending di 2023 agar toko Anda lebih menarik perhatian calon konsumen! Key item merupakan produk-produk yang menjadi unggulan dari sebuah bisnis.

Adapaun item-item fashion yang banyak diincar pembeli pada tahun ini adalah:

  • Maxi dress.
  • Kemeja klasik dilengkapi siluet longgar.
  • Baju kerah ala karakter dongeng Peter Pan atau turtle neck.
  • Dress dengan model A-line.
  • Jaket (coat) casual trench.
  • Celana dengan bagian kaki yang lebar (wide-leg pants).

Selalu update info-info terkait key item fashion terbaru agar bisnis Anda tidak ketinggalan zaman dan menawarkan produk sesuai selera konsumen.

9. Bahan Pakaian

Berbicara seputar tren fashion tentunya kita tidak akan bisa lepas juga dari bahan (material) pembuat pakaian. Ada sejumlah bahan baju yang menjadi tren fashion Indonesia terkini, antara lain:

  • Sheer (kain transparan).
  • Kain bertekstur.
  • Kain batik.

Anda bebas menggabungkan kombinasi kain-kain di atas untuk menciptakan inovasi ide bisnis fashion terbaru. Misalnya, menggabungkan kain tenun batik dengan sheer. Atau, mencoba menjadi distributor kain-kain tersebut ke produsen-produsen pakaian lain.

10. Tema Trend Fashion 2023

Trend fashion 2023 Indonesia yang terakhir jatuh pada konsep atau temanya. Pertumbuhan teknologi yang kian kuat pasca pandemi melahirkan sebuah tema unik bernama “above keyboard dressing”. Apa itu?

Kebiasaan video call dan meeting online dengan tampilan “setengah badan ke atas” membuat masyarakat fokus berdandan untuk tubuh bagian atas saja. Style inilah yang dikenal dengan above keyboard dressing.

Bukan hal yang aneh lagi melihat seseorang mengenakan make up, kemeja dan jas rapi, namun bagian tubuh bawahnya hanya terbalut celana pendek rumahan.

Akibatnya tentu saja, tingkat penjualan baju atasan melambung lebih tinggi daripada celana atau rok bawahan. Anda bisa meraih peluang dengan memperkaya koleksi pakaian atasan di online shop.

Demikianlah 10 trend fashion 2023 Indonesia dengan potensi inovasi bisnis online kekinian. Anda dapat memperbaharui konsep toko baju online dengan perpaduan trend di atas, namun sebaiknya tetap dengan memerhatikan karakteristik target konsumen, ya.

Jangan lupa juga untuk memanfaatkan teknologi e-commerce guna mempermudah promosi dan meraih omset semaksimal mungkin! Simak lebih banyak tips sukses berbisnis online hanya di MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore).

Selamat mencoba!

12 Barang Barang Unik Paling Laris Dijual Saat Ini

0
barang barang unik

Menjual barang unik dan langka masih menjadi ide bisnis terbaik dengan omset besar! Namun jangan cuma sekadar inovatif saja, juallah barang barang unik bermanfaat yang banyak diburu konsumen.

Apa sajakah item-item unik, inovatif sekaligus bermanfaat yang sedang ngetrend saat ini? Langsung simak 12 barang barang unik terbaru yang laris-manis dicari konsumen berikut ini yuk!

Baru! 12 Barang Barang Unik Murah dan Serbaguna Saat Ini

barang-barang-unik

Inovasi produk adalah hal penting dalam bisnis. Melalui inovasi, kita bisa menciptakan banyak benda bermanfaat sesuai kebutuhan konsumen.

Tapi tidak perlu cemas kalau Anda belum bisa berinovasi menciptakan benda unik sendiri. Sebagai gantinya, cobalah menjual barang unik dan langka berikut ini dijamin toko Anda langsung jadi best-seller!

1. Panci Listrik Besar Serba Bisa

Panci adalah benda yang wajib ada di dapur dan biasa digunakan di atas kompor. Tapi bagaimana jika ada panci listrik besar serba bisa yang jauh lebih praktis?

Ya, alat memasak modern ini tidak memerlukan api kompor untuk menghangatkan makanan, tetapi cukup dengan listrik. Bahan panci terbuat dari keramik anti lengket (stainless steel food grade) dengan pegangan berlapis karet-plastik sehingga aman kalau dipakai anak-anak.

Set panci sudah mencakup tutup kaca tebal transparan dan steamer khusus untuk mempercepat proses masak. Ukuran panci listrik ini juga sangat besar yakni 1.5L (335 x 195 x 150 mm), sehingga pas untuk merebus, mengukus, bahkan menumis.

2. Gantungan Kunci Pintar

Rangkum seluruh kunci rumah, kantor, maupun kendaraan Anda jadi satu memakai gantungan kunci pintar terbaru. Bentuknya simpel dengan konsep pisau lipat ala tentara Swiss.

Meski begitu, kapasitasnya besar, sehingga muat menampung lebih dari 10 kunci berbagai bentuk sekaligus – mulai dari yang biasa, sampai kunci mobil terbaru dengan tombol-tombol.

3. Tas Belanja dengan Roda

Sering merasa berat dan kewalahan membawa belanjaan? Kini ada tas belanja dengan roda di sisi bawah untuk mempermudah mengangkut barang.

Tas belanja ini terbuat dari kain reusable dengan panjang 30 CM. Anda tidak perlu khawatir tas jebol karena lapisannya sangat kuat, sanggup menampung barang hingga maksimal 20 KG.

4. Sisir Kutu Elektronik

Sisir kutu masih menjadi salah satu produk andalan warga Indonesia untuk melenyapkan kutu rambut. Kini telah hadir inovasi sisir kutu elektronik dengan kantong khusus untuk menangkap kutu nakal di rambut Anda.

Benda unik ini bekerja selayaknya “vacuum cleaner” khusus rambut. Sisir kutu elektronik berbentuk tabung dengan ukuran agak besar. Bagian kepalanya berisi deretan gigi sisir dari besi, sedangkan badannya adalah pegangan dengan tombol on off untuk memudahkan pemakaian.

Ada pula “tube” di sisi dalam sisir yang menghubungkan mulut/kepala sisir dengan kantong kecil penampung kotoran. Untuk menggunakan sisir ini, Anda hanya perlu menghubungkan sisir elektronik ke arus listrik, nyalakan, dan sisir rambut seperti biasa. Sisir akan otomatis “menyedot” kutu maupun kotoran rambut, lalu menampungnya ke kantong.

5. Timbangan Scan Kondisi Badan

Timbangan lama Anda hanya bisa mengukur berat badan? Segera beralih ke inovasi timbangan scan kondisi badan keseluruhan ini yuk!

Inovasi produk canggih ini diciptakan oleh Withings, sebuah perusahaan IT-medis asal luar negeri. Mesin timbangan scan menjadi produk perdananya yang sukses menyabet 3 penghargaan sekaligus pada event inovasi CES 2022.

Seperti apa kegunaan barang unik satu ini? Timbangan elektronik Withings bisa mengukur berat badan Anda, sekaligus memonitor kondisi badan keseluruhan. Teknologi canggih terbarunya mampu mendeteksi detak jantung, laju tekanan darah, dan komposisi tubuh seseorang.

Hebatnya lagi seluruh data pengukuran akan dikumpulkan secara otomatis untuk dibuatkan saran-saran kesehatan bagi penggunanya. Anda bisa mendapat feedback olahraga yang wajib dilakukan, pengukuran kualitas tidur, serta saran asupan nutrisi seimbang sesuai kondisi tubuh.

Inilah barang unik untuk dijual terbaik yang tak boleh dilewatkan! Toko Anda bisa dengan mudah kebanjiran konsumen ketika menyediakan timbangan scan canggih ini.

6. Gelang Kesehatan Movano

Anda juga bisa menjual produk gelang kesehatan pada konsumen–khususnya kaum hawa. Gelang kesehatan Movano terbuat dan diprogram secara khusus untuk mengukur banyak aspek kesehatan seorang perempuan, di antaranya:

  • Detak laju jantung.
  • Tekanan darah.
  • Kalori yang dibakar.
  • Kadar oksigen darah.
  • Langkah kaki dalam sehari.
  • Suhu badan, dan lain-lain.

Desain gelang ini pun simpel namun tetap elegan, dengan pilihan warna hitam, perunggu dan emas. Anda dapat menjadi reseller gelang kesehatan ini langsung dari situs resmi Movano.

7. Tas Ransel dengan GPS

Inovasi unik berbasis teknologi juga bisa dipadukan pada tas ransel untuk meningkatkan keamanannya dari penjambret. Tas ransel ini dilengkapi sistem GPS sehingga memungkinkan untuk dilacak jika hilang memakai Apple Find Me pada iOS, atau Find My App.

Yang lebih mencengangkan, seluruh komponen tas disusun dari olahan daur ulang plastik botol bekas! Alhasil tas ransel Anda akan kedap air dan tidak mudah putus. Tertarik menjual barang unik dan langka ini?

8. Penyangga Smartphone Bentuk Kursi

Benda unik bermanfaat yang banyak diburu konsumen berikutnya adalah penyangga smartphone bentuk kursi lipat kuliah. Item ini paling laku keras di kalangan pelajar serta mahasiswa selama masa belajar daring.

Penyangga smartphone berbentuk kursi lipat mempunyai ukuran kecil, ringan, namun kokoh sebagai sandaran smartphone. Bentuk dan warnanya juga lucu bervariatif, seperti salem, kuning, ungu pastel dan mint.

Barang unik ini dapat meningkatkan produktivitas Anda tanpa rasa pegal akibat kelamaan memegang ponsel – misalnya menyimak virtual meeting, membaca e-book, video call, selfie, atau nonton film.

9. Kotak Bekal Penghangat Makanan

Kotak bekal biasa tidak bisa menjaga kehangatan dan rasa makanan. Namun masalah tersebut telah diatasi oleh kotak bekal khusus penghangat makanan.

Kotak bekal spesial ini terbuat dari bahan oxford tebal disertai lapisan termal penahan suhu panas dan dingin. Alhasil, kondisi makanan Anda tidak akan berubah sedikitpun meski sudah dikemas selama berjam-jam.

Ukuran kotak bekal juga cukup besar (21 x 15 x 17 CM), lengkap dengan desain estetik ala lunch bag Korea. Siapa saja dapat memakai kotak bekal ini, baik anak-anak, remaja, dan orang dewasa.

10. Bantal Bungkus Snack

Jadikan dekorasi ruang tamu dan kamar tidur lebih lucu dengan bantal bungkus snack kekinian (seperti Chiki, Chitato, Oreo, Lays, dan seterusnya).

Bantal motif snack ini punya ukuran besar (30 x 40 x 5 CM) dan terbuat dari bahan adem dan empuk. Alhasil bantal tetap dapat dipakai sebagai alas kepala, sandaran punggung, maupun dekor dan hadiah merchandise. Desainnya pun tidak akan mudah luntur karena terbuat dari velboa full print.

11. Kotak Tisu dan Penyangga Smartphone

Sering nangis saat nonton drama Korea di smartphone? Jika iya, maka Anda wajib punya kotak tisu sekaligus penyangga smartphone yang sedang populer saat ini.

Kotak tisu inovatif ini dibuat dengan plastik PP ABS dengan bentuk menyerupai televisi. Ukurannya besar (18,5 x 14,5 x 16 CM), serta didukung warna-warni favorit anak muda kekinian (abu-abu, pink pastel, mint dan kuning mustard).

Barang unik bermanfaat ini termasuk best-seller mengingat banyak orang gemar streaming film di ponsel. Sisi depan kotak tisu sengaja dilapisi kaca bening untuk memperjelas gambar film.

Sedangkan sisi belakangnya memuat wadah tisu ratusan lembar. Jadi, Anda bisa lebih praktis nonton dan langsung mencomot tisu ketika bertemu scene mengharukan di film!

12. Botol Minum 2L Motivasi

Rekomendasi barang unik untuk dijual yang terakhir adalah botol minum 2L dengan motivasi. Produk ini sangat cocok bagi Anda yang sering lupa minum air di sela-sela beraktivitas.

Setiap orang membutuhkan asupan air sebanyak 2 liter per hari. Tetapi sayangnya, tidak semua orang terbiasa minum secara teratur. Maka dari itu, Anda bisa mencoba menjual botol minum unik satu ini!

Kapasitasnya besar dan tepat 2L, sehingga lebih praktis dibawa bepergian tanpa perlu mengisi botol berkali-kali. Bahan utama pembuat botol minum ini adalah plastik PP yang telah teruji aman. Dinding kemasannya anti kisut walau diisi oleh minuman panas dan dingin.

Yang tak kalah menarik, botol minum ini hadir dalam berbagai varian warna cantik (biru, ungu, pink, tosca) dan dihiasi berbagai stiker motivasi pengingat minum.

Wajib Diikuti! 4 Tips Jualan Barang Barang Unik dan Lucu di Olshop

Setelah mengetahui apa saja koleksi barang unik untuk dijual, sekarang tiba waktunya mempelajari strategi berjualan yang baik di olshop. Ikutilah 4 step berikut ini supaya penjualan barang unik Anda berjalan maksimal:

1. Pilih Distributor Barang Unik Termurah dan Terpercaya

Pertama-tama, pastikan distributor penyedia barang unik yang Anda ajak kerjasama sudah terbukti kualitasnya. Jangan cepat tergiur promo barang unik yang terlalu murah, sebab kualitasnya sering kali terbukti buruk. Bisa juga produk tersebut tidak asli alias tiruan sehingga dapat dijual semurah mungkin oleh distributor.

Pastinya Anda tidak mau mengecewakan konsumen dengan menjual barang “murahan”, bukan? Untuk itu, ada 2 cara mudah untuk mengecek kualitas produk unik yang ditawarkan distributor, yakni:

  • Mengecek kolom review di situs, sosial media atau profil e-commerce agen – Anda akan mengetahui kualitas serta citra agen yang sesungguhnya di masyarakat.
  • Membeli satu produk untuk dicek sendiri secara langsung – Cara ini memang membutuhkan modal, akan tetapi, Anda bisa langsung memeriksa kesesuaian fitur produk dan fungsinya.

2. Selalu Baca Syarat dan Ketentuan Transaksi

Selalu baca poin-poin syarat dan ketentuan yang berlaku di toko distributor. Hal ini penting guna mencegah aksi penipuan atau kerugian atas hal-hal tak diinginkan (misal barang rusak, hilang di pengiriman, tidak sesuai deskripsi, dan lain-lain).

Cari tahu apakah toko pemasok barang unik bermanfaat yang Anda pilih menyediakan klaim garansi atau tidak. Pelajari juga syarat-syarat lengkap pengembalian produk, refund, potongan harga, hingga cara pengemasan pesanan mereka.

Jangan ragu untuk mencari distributor barang unik termurah lainnya kalau ada aturan yang “memberatkan” dari toko pilihan Anda saat ini.

3. Tonjolkan Keunggulan Barang Barang Unik

Jika produk yang mau dijual sudah “oke”, maka sekarang waktunya untuk berpromosi. Tonjolkan poin-poin unik dan terpenting dari produk supaya iklan sukses menarik perhatian konsumen.

Setiap barang unik bermanfaat yang Anda jual pasti mempunyai kelebihannya tersendiri, baik itu dari segi fitur, teknologi, bentuk, serta kegunaannya. Sebaiknya pelajari seluk-beluk setiap produk demi mengetahui nilai plus-nya dengan baik.

Apabila memungkinkan, Anda dapat mencoba salah satu produk (tester) sebelum menjualnya. Pengalaman pemakaian produk dapat menjadi tambahan bekal informasi untuk memahami kebutuhan pelanggan sekaligus memperhalus promosi.

4. Cantumkan Review Pelanggan

Menjual barang unik dan langka sering menimbulkan pertanyaan di benak calon konsumen terkait bentuk asli produk. Maka dari itu, sangat penting untuk menyediakan kolom review atau testimoni dari konsumen terdahulu.

Kolom review menjadi “jembatan penghubung” antara konsumen dengan kondisi asli produk. Saat ini masyarakat sudah sangat cerdas. Mereka tidak akan langsung memercayai deskripsi dan foto produk, melainkan turut mencari tahu kelemahan barang agar bisa diantisipasi.

Toko online dengan testimoni juga mengindikasikan keaslian bisnis (bukan penipuan). Pasalnya, ciri utama dari toko-toko penipu adalah tidak punya banyak testimoni.

Demikianlah list 12 barang barang unik, murah, sekaligus bermanfaat yang bisa Anda coba jual di toko online. Jangan lupa juga untuk mempraktekkan tips menjual barang unik dan langka supaya bisnis kian laris-manis, ya!

Ikuti terus update info-info rahasia seputar bisnis online sukses masa kini hanya dari MARKEY. Baca gratis sekarang juga di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

Pakai +50 Hashtag TikTok FYP Ini Agar Banyak Likes!

0
hashtag tiktok fyp

Memakai hashtag TikTok FYP adalah cara jitu supaya video Anda banjir likes, followers, dan cepat viral. Tetapi, bagaimana cara memilih hashtag TikTok populer yang tepat?

Hashtag adalah tanda “#” yang sering kita jumpai di berbagai postingan sosmed. Meski hanya berupa tanda kecil, hashtag punya peranan besar dalam mempopulerkan konten Anda khususnya di TikTok.

Sayangnya, tidak semua orang tahu cara memilih hashtag TikTok agar FYP. Apakah Anda juga begitu? Kabar gembira, kami punya jawabannya di sini!

Langsung simak ulasan berikut sampai tuntas, lalu dijamin, Anda akan segera tahu cara memilih hashtag TikTok biar banyak like! Ada juga +50 list hashtag TikTok FYP kekinian yang wajib dicoba. Selamat membaca!

Baca juga : Mengenal Tiktok Shop Seller : Cara Jualan Baru di Tiktok Shop

Apa Itu Hashtag TikTok FYP?

Jika Anda sering bermain sosmed TikTok, maka kemungkinan besar Anda sering menemukan hashtag FYP. Apa itu hashtag TikTok FYP (#FYP)?

Hashtag #FYP adalah alat bantu supaya video TikTok Anda bisa masuk ke laman FYP. FYP sendiri merupakan singkatan dari For Your Page. Halaman tersebut memuat seluruh video TikTok yang sedang populer, dan dapat dinikmati langsung oleh pengguna ketika mereka membuka aplikasi.

Semua video yang sukses masuk FYP dipastikan viral, ramai likes dan juga followers. Itulah mengapa hampir semua konten kreator memburu hashtag TikTok agar FYP. Pun ketika dibandingkan, video dengan hashtag #FYP terbukti berpeluang lebih besar untuk tenar.

Baca juga : Hashtag adalah : Rekomendasi Hashtag Generator untuk Konten Olshop

Apakah Hashtag TikTok FYP Berpengaruh Pada Postingan?

hashtag-tiktok-fyp

Ya, hashtag FYP sangat berpengaruh dalam menentukan posisi video Anda dalam beranda TikTok. Pemakaian hashtag adalah salah satu kunci penentu sistem algoritma TikTok.

Hashtag bekerja “mengelompokkan” video Anda ke dalam berbagai kategori. Hasilnya, konsumen dapat lebih mudah menemukan video Anda dari jutaan konten TikTok lainnya.

Semisal Anda memposting video review produk skincare dan memasang hashtag #dailyskincare. Nantinya video Anda akan otomatis ditayangkan bagi pengguna TikTok yang mem-follow hashtag tersebut, menelusuri topik skincare, atau sering menonton klip-klip seputar skincare.

Kehadiran hashtag TikTok populer membantu meningkatkan jumlah penonton sekaligus daya jangkaunya. Hasilnya dapat jadi lebih baik lagi kalau Anda memadukan pemakaian hashtag dengan faktor-faktor pendukung algoritma TikTok lainnya.

+50 Hashtag TikTok FYP Terbaru agar Banyak Like dan Followers

Bingung mencari hashtag TikTok agar FYP? Inilah +50 list hashtag TikTok agar banyak like dan followers yang wajib Anda coba gunakan. Seluruh hashtag berikut telah dikelompokkan sesuai kategori masing-masing:

Hashtag TikTok FYP Terbaru

#fypage

#fyp

#fypindonesia

#tiktokers

#tiktokindo

#foryourpage

#foryoupage

#foryou

#tiktokviral

#trendingnews

#tiktoklover

#trendingvideos

#tiktokhot

#trendingmemes

#trendingnow

#fypchallenge

#trendingfashion

Hashtag TikTok Populer

#tiktok

#meme

#viral

#funny

#followme

#love

#hits

#seleb

#new

#trendingtopic

#fashion

#thisis4u

#smallbusiness

#KPOP

#follow

#abcxyz

Hashtag Video Umum

#tiktok

#follow

#explore

#like

#followforfollowback

#likeforlike

#viralpost

#meme

#slowmo

#momsoftiktok

#tiktokchallenge

#viralvideos

#new

#repost

#love

#challenge

#duet

#tiktoktrend

#video

#behindthescenes

#tiktokmademebuyit

#family

Hashtag Video Bisnis (Marketing)

#bisnis

#smallbusiness

#bisnislokal

#racuntiktok

#unboxing

#giveaway

#flashsale

#ecommerce

#promodiskon

#murahmeriah

#packing

#behindthescene

#haul

#thriftshop

#produklucu

#produkaesthetic

#brandkorea

#asmrpacking

#dukungbisnislokal

Hashtag Video Dance dan Challenge

#dance

#dancechallenge

#challenge

#duet

#duetwithme

#dancecover

#dancekpop

#dancetutorial

#dancer

#dancevideo

#sing

#music

#coverkpop

#tiktokdance

Hashtag Video Lucu (Entertainment)

#memes

#lawak

#lol

#lucu

#justforfun

#kucing

#cat

#prank

#boyfriendprank

#tiktokcringe

Hashtag Video Motivasi

#motivasi

#motivation

#inspirational

#edutok

#edukasi

#mentalhealth

#life

#goals

#quote

#story

#QOTD

#quoteoftheday

#couplegoals

#storytime

Hashtag Video Edukasi

#belajar

#tips

#trik

#edutok

#edukasi

#mindpower

#knowledge

#career

#genz

#millenials

#karir

#businesstips

#learnontiktok

#careergoals

#study

#studywithme

#studyaesthetic

Hashtag Video Kecantikan (Skincare, Make Up)

#beauty

#beautiful

#beautyhacks

#beautytips

#tipskecantikan

#makeup

#skincare

#skincarelokal

#skincarekorea

#naturalbeauty

#beautyvlog

#aesthetic

#nofilter

#OOTD

#outfitoftheday

#bareskin

#makeup

#makeupartist

#model

#acne

Hashtag Video Kesehatan

#tipssehat

#healthtips

#workout

#gym

#fitness

#fitnessgoals

#5minsworkout

#bestforhealth

#stayhealthy

#lifestyle

#fittok

#fit

#fitnesschallenge

7 Cara Memilih Hashtag TikTok FYP Populer

Sebuah hashtag mampu menunjang performa video TikTok Anda. Mulai dari menambah jumlah view, like, followers, sampai mendatangkan pembeli baru olshop Anda! Maka dari itu, sangat penting untuk memasang hashtag TikTok biar banyak like.

Bagaimana cara memilih hashtag TikTok agar FYP yang tepat? Jangan khawatir, Anda dapat mencoba 7 tips sederhana berikut ini:

1. Gunakan Hashtag TikTok FYP Generator

Cara termudah menemukan hashtag TikTok agar banyak like dan followers adalah dengan menggunakan hashtag FYP generator. Ini adalah aplikasi yang bisa merumuskan rekomendasi hashtag secara otomatis.

Saat ini sudah ada banyak aplikasi hashtag generator gratis yang dapat diandalkan. Cukup ketik topik video Anda, lalu biarkan aplikasi mencari rekomendasi tagar untuk disematkan.

Misalnya Anda membuat video bertema “bisnis”. Kemudian aplikasi dapat membuatkan beberapa # yang cocok, seperti #smallbusines #business #marketing #onlineshop dan seterusnya.

2. Pilih Hashtag yang Relevan

Selanjutnya, pilih kumpulan hashtag yang relevan dengan isi video. Aplikasi generator bisa menampilkan belasan atau puluhan # sekaligus, tetapi jangan pakai semuanya ke dalam video!

Pilihlah beberapa hashtag yang dirasa paling relevan menggambarkan isi video. TikTok membatasi panjang deskripsi video termasuk pemakaian hashtag hingga 100 karakter saja. Selain itu, memakai terlalu banyak hashtag juga dapat dianggap spam.

Tips penting lainnya, jangan pernah pakai hashtag yang tidak sesuai konten karena dapat “menyesatkan” penonton. Misalnya video TikTok Anda membahas tentang otomotif, tapi Anda justru membubuhkan #KPOP. Tindakan ini dapat mengeliminasi video Anda keluar dari FYP.

3. Cari Hashtag yang Sudah Populer

Sebagai permulaan, Anda dapat memakai hashtag yang sudah populer di TikTok. Lakukan pengamatan kecil-kecilan di beranda FYP Anda, dan cari tahu kata kunci # apa yang paling sering digunakan oleh konten kreator lainnya.

Jika data tersebut masih dirasa kurang, Anda bisa menambah insight dengan mencari kumpulan hashtag TikTok agar FYP di Google. Beberapa contoh hashtag TikTok agar banyak like dan followers adalah #fyp #abcxyz #follow #foryoupage #viral dan #foryou.

Usahakan juga untuk melakukan riset secara berkala, sebab list hashtag TikTok biar banyak likes sering berganti mengikuti trend.

4. Buat Hashtag Sendiri

Bisnis Anda punya slogan yang unik? Ayo jadikan sebagai hashtag baru milik sendiri!

Akun-akun TikTok bisnis sering membubuhkan hashtag sendiri pada konten-kontennya. Misalnya olshop Shopee mencantumkan #shopeehaul pada video review produknya. Atau, brand kecantikan “Fenty Beauty” milik penyanyi Rihanna yang mempopulerkan #FentyBeautyHouse.

Hashtag unik buatan sendiri mempunyai manfaat tersendiri bagi brand Anda. Mulai dari menciptakan ciri khas perusahaan, sampai membangun komunitas online bagi para pelanggan Anda. Pelanggan hanya perlu mengklik hashtag brand untuk menemukan konten tentang produk Anda di TikTok.

Namun jika ingin membuat # sendiri, pastikan Anda memakai tagline yang mudah diingat, menarik, dan catchy. Hindari memakai jargon yang terlalu panjang sebagai hashtag.

5. Pilih Hashtag yang Sedang Trending

TikTok mempunyai menu “Discover” berisikan hal-hal yang sedang trending saat ini, termasuk hashtag. Anda bisa memanfaatkan daftar hashtag di Discover agar video langsung masuk FYP.

Hebatnya, menu Discover TikTok juga turut memperlihatkan frekuensi penggunaan hashtag piliha Anda. Inilah mengapa banyak konten kreator mengandalkan TikTok Discover sebagai sumber inspirasi video mereka.

6. Padukan Hashtag Populer dan Khusus

Rahasia video masuk FYP berikutnya adalah memadukan hashtag populer (umum) dengan yang khusus (spesifik).

Hashtag spesifik dapat mendongkrak ranking video Anda sesuai kategori konten, sedangkan hashtag umum mempermudah video ditemukan penonton. Cukup pilih 2 atau 3 hashtag spesifik, dan pasangkan dengan 1 – 2 hashtag umum di deskripsi video.

Mengapa kita tidak boleh hanya mengandalkan hashtag FYP? Menurut penelitian, hashtag populer #FYP mempunyai lebih dari 6 triliun view di TikTok. Itu berarti, ada lebih dari 6T video yang bersaing dengan Anda.

Bayangkan betapa kecilnya peluang video Anda ditonton audiens, sekitar 1 berbanding 6.000.000.000! Anda tidak akan bisa memenangkan persaingan algoritma TikTok kalau hanya mengandalkan hashtag #FYP.

Di sinilah hashtag spesifik (seperti #smallbusiness #shopeehaul #skincarekorea dan seterusnya) berperan. Perpaduan keduanya akan menjadikan video Anda lebih mudah dijangkau audiens.

Sayangnya, trik ini bersifat uji coba. Tidak pernah ada yang tahu kombinasi terbaik perpaduan hashtag populer dan spesifik. Anda harus mencoba kombinasi beberapa hashtag, lalu mengecek hasilnya demi mengetahui perpaduan terbaik.

7. Cek Hashtag Milik Kompetitor

Tips terakhir, cari tahu kumpulan hashtag yang biasa digunakan oleh kompetitor bisnis Anda di TikTok. Apa sajakah list hashtag TikTok biar banyak like yang mereka pakai? Apakah tagar-tagar tersebut benar-benar berhasil memberi banyak like, followers, dan masuk FYP?

Tidak ada salahnya ikut menggunakan hashtag kompetitor selagi tagar yang dipilih bersifat umum, bukan hashtag berisikan nama brand mereka. Anda dapat turut mengecek volume keyword hashtag pada aplikasi guna mengetahui tingkat persaingannya di TikTok.

Demikianlah daftar rekomendasi sekaligus tips memilih hashtag TikTok FYP yang wajib Anda coba! Selamat mencoba kiat spesial di atas untuk memaksimalkan performa video TikTok bisnis Anda, ya.

Ingin tahu lebih banyak tips dan trik rahasia bisnis online? Jadilah selangkah lebih up to date bersama MARKEY. Baca gratis ratusan artikel digital marketing terbaru di https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Playstore dan AppStore. Sampai bertemu lagi!

5 Kiat Reseller Paket Tanaman Hias Sukses Tanpa Modal

0
bisnis-tanaman-hias

Ingin memulai bisnis tanpa modal tapi bingung mau jualan apa? Yuk coba bergabung menjadi reseller paket tanaman hias online!

Kini telah hadir ide jualan tanaman hias baru, yakni reseller paket tanaman hias. Anda bisa langsung dapat untung hanya dengan mempromosikan bibit-bibit tanaman saja. Mudah, bukan?

Tapi sebelum memulai berbisnis, Anda wajib menyimak 5 tips dan strategi jadi reseller tanaman hias yang sukses berikut ini. Yuk langsung intip cara-caranya!

Apa Itu Reseller Paket Tanaman Hias?

paket-tanaman-hias

Reseller paket tanaman hias adalah salah satu ide baru berbisnis online tanpa modal. Seorang reseller bertugas mempromosikan paket-paket tanaman hias yang disiapkan oleh supplier. Apabila ada pembeli, maka reseller akan mendapatkan keuntungan.

Menjadi reseller adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal. Ada dua cara reseller tanaman hias yang dapat Anda lakukan, yakni:

Tipe Reseller 1 : Menjual Kembali Paket Tanaman Hias

Cara pertama, Anda bisa membeli bibit-bibit tanaman hias murah dari supplier. Setelahnya, jual kembali paket tanaman tersebut dengan harga baru untuk memperoleh untung.

Strategi “menjual kembali” seperti ini sangat menguntungkan dan mudah dikelola. Pasalnya Anda bebas mengatur sendiri harga jual, tata cara pengiriman, hadiah (freebies), diskon, dan lain-lain. Sedangkan stok bibit tanaman tetap dikembangkan dan dipelihara oleh produsen.

Sayangnya, Anda akan memerlukan modal awal untuk melakukan strategi reseller ini.

Tipe Reseller 2 : Mempromosikan Paket Tanaman Hias

Tipe reseller berikutnya cocok bagi Anda yang memulai usaha tanpa modal sama sekali. Dalam strategi ini, Anda tidak perlu membeli bibit tanaman sama sekali. Cukup promosikan katalog milik produsen saja, lalu dapatkan keuntungan dari setiap transaksi baru.

Strategi reseller ini dikenal juga dengan nama dropship. Bisnis dropship sangat marak di Indonesia akhir-akhir ini, sebab kita bisa langsung mulai tanpa perlu pusing memikirkan stok barang.

Contoh cara kerja dropship tanaman hias:

Produsen menjual bibit tanaman hias A seharga 5 ribu rupiah per pot. Kemudian Anda mempromosikan bibit tersebut dengan harga 10 ribu rupiah. Alhasil, Anda mendapat untung bersih sebesar 5 ribu rupiah per penjualan paket tanaman A.

Keuntungan lain dari tipe reseller ini adalah seluruh proses distribusi produk dilakukan langsung oleh supplier. Tugas Anda hanyalah mengiklankan bibit tanaman sebanyak mungkin ke konsumen. Sangat gampang, bukan?

8 Keuntungan Reseller Paket Tanaman Hias

Apa saja keuntungan yang bisa Anda peroleh dari menjual bibit tanaman hias? Berikut jawabannya:

  • Omset berlimpah karena jumlah peminat tanaman hias di Indonesia yang tinggi.
  • Bisa dimulai tanpa modal sepeserpun.
  • Promosi dapat dilakukan menggunakan smartphone dan sosial media.
  • Tidak perlu memelihara bibit tanaman hias sendiri.
  • Tidak perlu menyiapkan lahan penyimpanan tanaman hias, alat-alat pertanian, dan sebagainya.
  • Seluruh produksi dan distribusi pesanan akan dikelola langsung oleh supplier (bisnis tanaman lain yang Anda ajak bekerjasama).
  • Fleksibel, dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.
  • Dapat dikembangkan seluas mungkin dengan membuka jaringan reseller baru.

5 Cara Memulai Bisnis Reseller Paket Tanaman Hias

Jangan lewatkan kesempatan sukses menjual bibit tanaman hias murah ini! Namun sebelum mulai berjualan, sebaiknya terapkan 5 kiat simpel berikut ini agar bisnis reseller Anda semakin lancar:

1. Pilih Supplier yang Berkualitas

Mengingat bukan Anda sendiri yang menyiapkan bibit-bibit tanaman, maka Anda wajib bekerjasama dengan supplier berkualitas. Hal ini penting agar kualitas produk sesuai dengan keinginan pembeli.

Menemukan penjual bibit tanaman hias saat ini sangatlah gampang. Anda bisa mencari supplier di Google, sosial media, atau menghubungi usaha budidaya tanaman di sekitar tempat tinggal Anda.

Biasanya para supplier akan berlomba-lomba menawarkan paket reseller tanaman hias termurah. Namun jangan cepat tergiur! Harga bibit tanaman hias murah belum tentu menjamin kualitasnya. Ada banyak kasus reseller yang gagal karena masalah kualitas produk dan pelayanan supplier selama bekerjasama.

Lebih baik pertimbangkan hal-hal berikut agar tidak salah pilih supplier penjual bibit tanaman murah:

  • Jumlah stok tanaman hias: jangan sampai Anda mempromosikan produk yang stoknya tidak tersedia.
  • Kelengkapan serta variasi bibit tanaman hias: semakin banyak variasi tanaman yang dimiliki supplier, maka semakin baik.
  • Daftar harga bibit tanaman hias: cek apakah harga yang ditawarkan sesuai harga pasaran, lebih murah atau malah lebih mahal.
  • Syarat dan ketentuan menjadi reseller: setiap supplier memiliki aturan kerjasama dengan reseller, pastikan ketentuan tersebut tidak memberatkan bisnis Anda kelak.
  • Review dan citra supplier: periksa review pelanggan terhadap agen penjual bibit tanaman hias Anda. Usahakan memilih agen dengan image brand baik di pasaran.
  • Uji coba produk yang mau dijual: minta atau beli 1 produk bibit tanaman yang hendak dijual, lalu cek kualitasnya. Jangan terlalu mengandalkan katalog karena item asli tidak selalu sesuai dengan deskripsi.
  • Cek pengemasan produk: pastikan juga spesifikasi pengemasan dan pengiriman produk oleh agen. Apakah produk terkemas dengan rapi dan aman sampai di tangan pembeli?

2. Cari Tahu Daftar Harga Bibit Tanaman Hias

Langkah selanjutnya, cek daftar harga bibit tanaman hias dari supplier. Harga produk adalah kunci penting penentu kesuksesan bisnis reseller Anda. Agar tetap untung, seorang reseller harus cermat menentukan harga jual kembali produk mereka.

Inilah tantangan bagi reseller. Anda tidak boleh mematok harga jual terlalu tinggi atau sebaliknya. Kebanyakan reseller berpengalaman menyarankan menaikkan harga jual sebesar 10% – 30%. Kisaran tersebut sudah dinilai ideal.

Meski demikian, tetap tidak ada patokan persis berapa keuntungan yang wajib diambil per produk. Tapi kalau Anda masih bingung, tidak ada salahnya meriset harga bibit tanaman hias yang biasa dijual di pasaran. Mengecek harga kompetitor dapat menjadi langkah awal yang baik untuk menghadirkan diskon, promo, maupun harga paket yang kompetitif.

Setelahnya, jangan lupa untuk turut menyediakan sistem pembayaran yang aman. Transaksi kini dapat dilakukan dengan aman melalui QRIS, transfer bank, e-wallet (OVO, ShopeePay, GoPay, DANA), maupun COD (Cash On Delivery).

3. Pahami Spesifikasi Bibit dan Target Konsumen

Seorang reseller tetap harus paham spesifikasi paket tanaman hias yang ia jual, beserta karakteristik dari konsumen target. Usaha Anda bisa macet kalau Anda tidak menguasai dua hal ini.

Mengapa begitu? Faktanya, konsumen bisnis tanaman hias umumnya adalah para kolektor atau pecinta tanaman. Dengan kata lain, mereka paham seputar dasar-dasar budidaya tanaman hias.

Maka dari itu Anda harus menguasai seputar tanaman supaya bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari calon pembeli dengan baik. Minimal Anda harus tahu jenis-jenis tanaman serta cara pemeliharaannya.

Menguasai spesifikasi produk juga mempermudah Anda menonjolkan keunggulannya pada konsumen. Ilmu ini akan sangat berguna ketika meyakinkan konsumen untuk membeli produk Anda.

Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mendukung poin ini adalah:

  • Mempelajari seputar budidaya tanaman hias.
  • Menggali dan menonjolkan Unique Selling Point dari produk (Hal-hal apa yang membedakan produk Anda dari yang lain? Apa keunggulannya?)
  • Melakukan riset seputar karakteristik calon konsumen (Misalnya seperti usia, latar belakang pendidikan, pekerjaan, gender, domisili, dan lain-lain).
  • Mengikuti tren-tren terbaru seputar perkembangan tanaman hias.

4. Lakukan Promosi

Setelah semua siap, kini Anda dapat mulai melakukan promosi. Sebagai langkah awal, Anda dapat mencoba promosi termudah melalui sosial media.

Promosi dagangan di sosmed sudah menjadi hal lumrah dewasa ini. Mulai dari pedagang reseller, UMKM, sampai brand besar pun beriklan di sosmed. Ini karena kepraktisan sekaligus keampuhan sosmed marketing itu sendiri.

Beberapa tips simpel berpromosi di sosmed antara lain:

  • Buat katalog produk Anda terlebih dahulu, bisa berupa foto atau video. Usahakan menggunakan gambar produk yang terbaik.
  • Gunakan akun sosial media khusus bisnis, jangan “mencampur” konten promosi dengan pribadi.
  • Sesuaikan konten promosi dengan isu-isu yang sedang hangat supaya lebih cepat viral.
  • Kemas materi iklan sekreatif mungkin, namun tetap mengikuti ketentuan dari masing-masing platform supaya hasilnya optimal.
  • Jika memungkinkan, kembangkan website bisnis yang dioptimasi dengan SEO Google.
  • Tak lupa, optimasi juga konten sosmed Anda dengan tips SEO sosial media.
  • Coba berpromosi dan berjualan di ecommerce ternama untuk menarik lebih banyak pelanggan.
  • Lakukan evaluasi performa iklan promosi secara berkala.

5. Bangun Branding Bisnis

Tips terakhir, bangunlah branding bisnis Anda. Banyak orang salah mengira bisnis reseller tidak perlu repot membangun identitas brand. Padahal, image bisnis adalah kunci penentu kepercayaan calon pembeli.

Anda sendiri pastinya tidak ingin berbelanja di toko yang kualitasnya meragukan, bukan? Pembeli Anda pun sama. Mereka akan lebih tertarik berbelanja di toko dengan identitas jelas, memiliki katalog tanaman hias lengkap, harga kompetitif, dan punya review pelanggan.

Jadi jangan sampai Anda kehilangan peluang hanya karena “malas” membangun citra brand. Rahasia kesukesan bisnis-bisnis reseller sejatinya terletak pada kekuatan brandingnya. Semakin baik citra usaha Anda, maka semakin mudah pula konsumen baru datang ke toko.

Bagaimana cara membangun branding usaha reseller tanaman hias? Berikut tipsnya:

  • Gunakan akun sosial media atau website khusus bisnis (misal FB Business, Instagram Bisnis, WhatsApp Business).
  • Pakai logo olshop sebagai foto profil.
  • Cantumkan identitas brand seperti nama, deskripsi bio, alamat, dan kontak yang bisa dihubungi.
  • Pilih warna, tema serta layout yang menjadi ciri khas brand Anda.
  • Pasang review konsumen terdahulu ke akun bisnis supaya bisa dilihat oleh calon pembeli baru.
  • Sediakan layanan customer service yang cepat tanggap untuk mengatasi keluhan, permintaan, dan pertanyaan pembeli.

Demikianlah ulasan peluang bisnis baru jadi reseller tanaman hias online. Bagaimana, tertarik untuk meraup untung dari bisnis ini? Semoga tips dan trik di atas dapat menjadi inspirasi segar bagi Anda, ya!

Yuk temukan lebih banyak tips, ide, maupun kiat-kiat sukses bisnis online lainnya hanya di MARKEY. Baca gratis sekarang hanya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

 

9 Aplikasi Edit Video TikTok Paling Top untuk Konten Jualan

0
edit-video-tiktok

Mau video TikTok jualan cepat viral di FYP? Caranya gampang sekali! Segera edit video TikTok Anda dengan gaya kekinian memakai 9 aplikasi edit video TikTok viral, paling recommended dan gratis berikut ini.

Jangan asal buat video promosi produk atau jasa di TikTok. Supaya sukses masuk FYP dan ramai penonton, video iklan Anda wajib dibuat semenarik mungkin dengan sentuhan khas video-video viral kekinian.

Bagaimana cara edit video TikTok viral yang baik sesuai selera penonton? Tak perlu risau, berikut ini kami telah rangkum 9 aplikasi edit video TikTok tanpa watermark dilengkapi fitur-fitur edit terfavorit!

Baca juga : Video Marketing adalah : 8 Konsep Video Promosi yang Menarik Perhatian

9 Aplikasi Edit Video TikTok Viral, Gratis dan Tanpa Watermark

edit-video-tiktok-1

Anda bisa menemukan ratusan, atau bahkan ribuan, aplikasi video editor TikTok gratis di Playstore dan AppStore. Masalahnya, manakah app editing yang paling baik dan recommended?

Tidak perlu risau lagi. Inilah 9 aplikasi edit video TikTok tanpa watermark yang paling banyak dipakai brand bisnis serta seleb TikTokers kekinian:

1. Magisto

Rekomendasi aplikasi pembuat video TikTok tanpa watermark yang pertama adalah Magisto. Aplikasi ini dirancang khusus sebagai editor video marketing di TikTok.

Maka dari itu, jangan heran jika Magisto punya banyak template-template video marketing unik dan menarik. Template video akan sangat berguna untuk Anda yang baru pertama kali membuat video iklan TikTok.

Di samping itu, Magisto juga dilengkapi fitur editing video yang mendukung pembuatan video marketing “storytelling”. Contohnya seperti cut, add frame, filter, sticker, teks, dan insert picture atau stitch video lain ke video Anda. Semua fitur ini mampu menyulap konten promosi Anda jadi lebih menarik!

Aplikasi Magisto tersedia di Playstore (android), AppStore (iOS) dan https://magisto.com.

Baca juga : Mengenal Tiktok Shop Seller : Cara Jualan Baru di Tiktok Shop

2. InShot

Apakah Anda sudah pernah berkecimpung dalam dunia video editing? Jika iya, maka Anda mungkin sudah familiar mendengar nama InShot.

InShot adalah aplikasi edit video yang paling banyak digunakan saat ini tidak hanya di TikTok, tapi secara umum. Anda dapat memakai satu aplikasi ini saja untuk mengedit banyak tipe video marketing sekaligus: TikTok, Instagram, Snapchat, WhatsApp, Facebook, dan lain-lain.

Banyak orang menyukai InShot karena cara pemakaiannya yang mudah dan gratis. Fitur-fiturnya lengkap, mulai dari memotong dan menggabungkan video, memasukkan musik, teks, stiker, filter, dan menyimpan video TikTok tanpa watermark. Canggih, bukan?

InShot dapat diunduh dari Playstore maupun AppStore.

3. Snow

Ada banyak cara mengedit TikTok video yang bisa Anda “eksekusi” secara praktis di Snow. Snow adalah aplikasi untuk edit video TikTok yang lebih berwarna, cantik dan menarik.

Awalnya, Snow merupakan aplikasi kamera make up dan mempercantik selfie. Namun Anda dapat memanfaatkan fitur-fitur Snow untuk menyempurnakan hasil edit terakhir draft video.

Contohnya seperti menambahkan stiker, emoji AR dan 3D, serta menyempurnakan gambar objek dengan filter maupun make up. Pemolesan terakhir dengan fitur-fitur ini tentunya dapat membuat produk Anda lebih menarik dan memikat di mata calon konsumen.

Aplikasi Snow bisa didownload gratis dari Playstore dan AppStore.

4. Kinemaster

Satu lagi aplikasi video editing “sejuta umat”, yakni Kinemaster. Aplikasi Kinemaster telah menjadi andalan para video editor selama bertahun-tahun berkat berbagai kecanggihannya.

Kinemaster adalah aplikasi video editor TikTok tanpa watermark yang sangat fleksibel dan ringan dijalankan di smartphone. Fiturnya pun sangat lengkap, gratis siap pakai, sekaligus simpel bagi semua kalangan. Para pemula bisa dengan cepat menguasai pemakaian aplikasi ini!

Keunggulan lain Kinemaster adalah:

  • Menyediakan template video siap pakai.
  • Bisa mengedit project sendiri atau impor dari media lain.
  • Dapat digunakan untuk membuat video marketing, hiburan atau personal.
  • Dilengkapi fitur-fitur editing basic dan pro.
  • Dapat menyimpan video tanpa watermark.
  • Tersinkronisasi dan bisa langsung share video ke TikTok maupun sosmed lainnya.

Kinemaster tersedia gratis di Playstore dan AppStore.

5. FilmoraGo

Berikutnya ada FilmoraGo, salah satu editor video TikTok gratis terbaik yang wajib dicoba. Kelebihan utama FilmoraGo terletak pada kekayaan filter, fitur edit, dan keramahan tampilannya bagi pengguna.

FilmoraGo adalah aplikasi andalan kalau Anda ingin mengedit video secara cepat, praktis dan tidak bertele-tele. Semua fitur Filmora tersaji gratis dan bisa langsung digunakan. Hanya saja, beberapa fitur premium mungkin terbatas hanya untuk user premium berbayar.

Namun Anda tidak perlu cemas, sebab, koleksi fitur dan filter gratis FilmoraGo sudah lebih dari cukup untuk mengedit video iklan TikTok yang simpel.

FilmoraGo tersedia gratis di Playstore, AppStore dan website (PC desktop) di https://filmora.wondershare.net/

6. Funimate

“Membuat video promosi di TikTok tidak harus kaku”, itulah visi misi utama video editor Funimate. Funimate akan mempermudah Anda mengemas video bisnis jadi semenarik konten hiburan melalui sederet ragam filter ciamiknya.

Aplikasi ini wajib digunakan jika Anda tertarik membuat konten seperti video loop, storytelling marketing, atau menambahkan efek-efek dinamis pencuri perhatian ke video. Sayangnya, fitur editing Funimate tidak selengkap aplikasi editor lain, karena lebih berfokus pada koleksi filter.

Meski begitu, Funimate tetap wajib menjadi salah satu app edit video TikTok promosi sebab koleksi efeknya jauh lebih lengkap daripada filter bawaan aplikasi TikTok sendiri.

Unduh Funimate gratis di Playstore dan AppStore.

7. CapCut

Masih belum menemukan aplikasi terbaik untuk mengedit video promosi TikTok? Cobalah mendownload CapCut sekarang juga.

Aplikasi CapCut menjadi salah satu rekomendasi app editor video viral di TikTok. Bukan tanpa sebab, aplikasi CapCut memiliki kualitas terbaik dalam proses editing video di smartphone.

Keunggulan menarik lainnya dari CapCut adalah tidak meninggalkan jejak watermark pada video Anda. Semua tool edit-nya turut dapat digunakan gratis, seperti filter, penambah teks, musik, stiker, fitur potong, gabung, flip/mirror, dan lain-lain.

CapCut bisa didownload gratis di Playstore, AppStore maupun PC desktop di https://www.capcut.net/.

8. Zoomerang

Zoomerang adalah aplikasi editing video TikTok yang tidak banyak memakan ruang di smartphone Anda. Meskipun ringan, Zoomerang tetap kaya akan fitur dan bahan editing. Anda pun bisa mendapat berbagai koleksi filter efek terbaru mengikuti tren secara berkala.

Keunikan lain Zoomerang adalah mampu menggabungkan banyak klip video dengan efek filter yang berbeda-beda. Maka dari itu aplikasi ini sangat cocok untuk membuat konten marketing seperti ‘before and after’.

Aplikasi Zoomerang juga 100% gratis. Anda hanya perlu mengunduhnya terlebih dahulu di Playstore dan AppStore saja.

9. VN Video

Rekomendasi terakhir pada list aplikasi editor video TikTok viral terbaik adalah VN Video atau VN Video Vlog Now. Aplikasi ini sangat fleksibel dan mampu memenuhi kebutuhan editor video pemula maupun profesional sekaligus.

Kualitas video hasil editing juga menjadi fokus perhatian dari VN Video. Hasil video Anda dipastikan selalu HD dan jernih, tanpa peduli Anda mau memotong, resize atau memasukkan banyak filter, stiker dan seterusnya.

Inilah mengapa banyak orang senang menyusun video TikTok mereka dengan VN Video, terutama brand-brand bisnis. Kualitas video yang baik akan mengoptimalkan tampilan asli produk Anda pada audiens.

Tertarik untuk mencoba? Anda dapat mengunduh VN Video di Playstore ataupun AppStore.

Demikianlah ulasan rekomendasi sekaligus review 9 aplikasi untuk edit video TikTok terbaik tanpa watermark yang dapat Anda coba! Dijamin, deh, video-video promosi Anda jadi lebih menarik dengan bantuan aplikasi editor video di atas.

Di samping menggunakan app editor terbaik, kembangkanlah juga ide-ide, kreasi, dan tren segar terkini supaya video promosi jasi lebih “booming” di kalangan penonton. Anda bisa menemukan lebih banyak inspirasi cara edit video TikTok di MARKEY.

Menyukseskan bisnis online kini lebih mudah bersama MARKEY. Cukup klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP gratis di Playstore dan AppStore, dan langsung terhubung ke ratusan tips rahasia sukses berjualan online.

Sampai bertemu lagi!

Cara Buat WhatsApp Chatbot untuk Penunjang Olshop [Gratis Download]

0
whatsapp chatbot

WhatsApp chatbot adalah aplikasi yang sangat berguna bagi bisnis online kekinian. Aplikasi ini membantu Anda jadi lebih mudah dan cepat menanggapi banyak pesan konsumen di WhatsApp. Seperti apa kecanggihannya?

Chatbot adalah mesin pembalas pesan otomatis yang banyak digunakan olshop dan e-commerce. Kepraktisan aplikasi ini sukses menjadikan penggunaan chatbot diperluas untuk sosmed lainnya, seperti WhatsApp Business.

Inilah kabar gembira bagi Anda yang mengandalkan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan konsumen! Sekarang Anda bisa membuat bot chat WhatsApp yang simpel, gratis dan super canggih dengan mengikuti tutorial berikut ini. Yuk disimak!

Apa Itu WhatsApp Chatbot?

WhatsApp chatbot (dikenal juga dengan nama “aplikasi bot chat WhatsApp”) adalah aplikasi berteknologi AI (kecerdasan buatan) yang dipasang pada sistem WhatsApp.

Bot ini mampu mendeteksi isi pesan konsumen, serta memilih kalimat balasan terbaik secara otomatis. Dengan kata lain, bot chat WhatsApp dapat menggantikan Anda untuk berkomunikasi langsung dengan pembeli.

Aplikasi ini sangat bermanfaat jika toko Anda menerima banyak pesan dari konsumen. Cukup aktifkan chatbot, lalu ia akan membalas setiap pesan masuk secara real-time, tanpa peduli seberapa banyak sekaligus. Praktis, bukan?

4 Fitur WhatsApp Chatbot untuk Bisnis Online

whatsapp-chatbot.

Keunikan aplikasi bot chat WhatsApp adalah turut dilengkapi sejumlah fitur untuk memaksimalkan kinerjanya. Fitur-fitur dari WA bot ini tidak dimiliki oleh chatbot-chatbot biasa.

Berikut 4 fitur utama chatbot WhatsApp yang bermanfaat bagi akun olshop Anda:

1. Perlindungan End to End

WhatsApp adalah aplikasi chatting yang terkenal sangat menjaga privasi obrolan penggunanya. Maka dari itu, tak heran fitur chatbotnya pun turut dilengkapi perlindungan enkripsi end to end.

Enkripsi ini berguna untuk menjaga kerahasiaan pesan antara Anda dan konsumen. Jadi, tidak mungkin ada pihak lain yang dapat menyusup dan menyalin isi pesan, termasuk bot WA sendiri.

2. Broadcast Pesan (Blast)

Ingin mengirimkan info promosi, pengumuman atau voucher ke banyak orang sekaligus? Anda bisa menggunakan fitur WhatsApp Broadcast dan Blast yang dikelola oleh bot.

Broadcast dapat Anda gunakan untuk mengirim pesan yang sama ke seluruh kontak konsumen. Sedangkan Blast berguna untuk mempromosikan item tertentu pada pelanggan dengan minat yang sama.

3. Konfigurasi Isi Pesan

Kemudian, Anda juga dapat menyesuaikan isi pesan dari bot chat WhatsApp. Banyak olshop sengaja memodifikasi kembali pesan sambutan chatbot mereka, supaya tampak lebih personal dan hangat di mata pelanggan.

4. Menambah Daftar Menu pada Pesan

Anda bisa memodifikasi menu informasi pada pesan chatbot, sehingga konsumen bisa memilih sendiri informasi yang mereka ingin ketahui.

Isi menu dapat berupa apa saja, seperti FAQ (Frequently Asked Question), katalog, info harga, pengiriman, pemesanan, join reseller, dan lain-lain. Contoh penyajian daftar menu pesan bot WA:

5 Keuntungan WhatsApp Chatbot bagi Olshop

Lalu apa saja manfaat pemakaian aplikasi bot chat WhatsApp ini? Mengapa Anda harus mulai menggunakannya sebagai alat pendukung bisnis?

Secara umum, WhatsApp bot sangat ampuh untuk meningkatkan produktivitas serta keuntungan usaha. Inilah 5 keuntungan dan manfaat penting dari aplikasi bot WA untuk olshop:

1. Membantu Konsumen Lebih Mudah Berbelanja

Manfaat pemakaian bot WA untuk bisnis yang pertama adalah membantu mempermudah konsumen berbelanja di toko Anda.

Cukup tampilkan daftar menu katalog dan tata cara pemesanan dengan pesan bot, lalu konsumen bisa memilih sendiri produk. Pembeli tidak perlu repot mengecek katalog dari web atau aplikasi ecommerce lain.

2. Mengumpulkan Feedback Konsumen

Chatbot juga dapat digunakan untuk mengumpulkan feedback dari pembeli. Anda bisa mengirimkan link survey simpel pada seluruh konsumen memakai fitur broadcast WhatsApp bot.

3. Memaksimalkan Profit

Semua fitur chatbot WhatsApp tersedia lengkap, gratis dan siap pakai. Jadi Anda tidak perlu merogoh modal untuk memaksimalkan profit bisnis!

4. Membalas Pesan 24 Jam Non Stop

Kita tidak pernah tahu kapan konsumen akan mengirimkan kita pesan. Bisa saja mereka menanyakan pesanan ketika Anda sedang sibuk atau sedang beristirahat.

Nah, dalam situasi seperti inilah aplikasi bot chat WhatsApp sangat berguna. Ia dapat bekerja membalas pesan konsumen kapan saja selama 24 jam tanpa jeda. Alhasil pembeli akan selalu terlayani dengan baik.

5. Mengumpulkan Insight Pembeli

Terakhir, bot WhatsApp juga bisa merekam data-data seperti minat dan kebutuhan konsumen. Informasi ini akan sangat bermanfaat dalam proses riset buyer persona, serta merancang taktik pemasaran yang tepat sasaran.

5 Cara Membuat Bot Chat WhatsApp Gratis 100%

Tertarik memasang aplikasi WhatsApp chatbot API pada bisnis sendiri? Tidak perlu khawatir, berikut ini kami punya cara membuat bot chat WhatsApp gratis dan mudah untuk pemula – tidak perlu coding sama sekali!

1. Gabung ke WhatsApp Business API

Tool chatbot WhatsApp tersedia untuk pengguna yang bergabung ke WhatsApp Business API. Bisnis menengah dan skala besar dari industri manapun dapat bergabung secara gratis, cukup dengan mengakses https://www.whatsapp.com/business/api.

Anda wajib menyertakan nama bisnis, link web bisnis, dan informasi-informasi penting lainnya dalam sebuah dokumen proposal. Seluruh informasi akan ditinjau dan diverifikasi oleh tim WhatsApp Business. Kalau sudah, Anda sekarang bisa mengakses WhatsApp chatbot API.

2. Kustomisasi Pesan Bot Chat WhatsApp

Mulailah mendesain pesan atau dialog chatbot WA. Proses ini bertujuan untuk memastikan robot chat bisa menjawab pertanyaan, atau memberikan solusi terbaik ke konsumen.

Anda juga dapat menyusun daftar menu informasi, pesan pembuka, hingga kata-kata kunci yang tidak bisa dijawab lewat bot dan memerlukan pengalihan penanganan ke customer service asli.

3. Menyusun Program Chatbot WA

Menyusun dan melengkapi program chatbot akan membutuhkan sedikit skill IT khusus. Tetapi Anda tidak perlu cemas, sebab ada banyak aplikasi pembuat chatbot otomatis yang dapat dimanfaatkan, seperti:

  • Qontak Omnichannel.
  • Qiscus WA Bot Provider.
  • Dan masih banyak lagi.

4. Tes Chatbot Baru

Jika sudah selesai, jangan lupa lakukan tes pada chatbot guna menemukan kekurangan yang perlu diperbaiki. Jangan sampai Anda memasang bot yang belum siap bekerja, karena akan sangat memengaruhi penilaian brand Anda di mata konsumen.

5. Optimalisasi WhatsApp Chatbot

Terakhir, lakukan optimalisasi berkala ketika bot chat WhatsApp sudah digunakan secara aktif. Ada banyak optimalisasi sederhana yang bisa dilakukan, seperti:

  • Mengembangkan jawaban untuk FAQ.
  • Mereview dan mengupdate kata kunci yang sering digunakan konsumen.
  • Mengetes sensitivitas serta tingkat kecepatan bot merespon pesan.
  • Cek fitur bot yang paling banyak memberi keuntungan, Anda dapat memaksimalkan penggunaannya.
  • Cari tahu promosi apa yang paling relevan, menarik dan disukai konsumen.

Contoh Penerapan Chatbot WA Terbaik pada Bisnis

Anda telah mengetahui apa saja kegunaan chatbot WhatsApp bagi bisnis online. Kira-kira, bisnis apa sajakah yang sudah sukses meningkatkan produktivitasnya dengan aplikasi ini? Ini dia jawabannya:

Snap Travel

“Snap Travel” adalah perusahaan agen wisata yang menggunakan chatbot WA Business untuk memberi rekomendasi promo eksklusif, personal dan real time pada konsumennya. Konsumen hanya perlu mengetik layanan wisata yang mereka inginkan, seperti “bus dengan fasilitas WiFi”, lalu bot akan mengirimkan link rekomendasi.

Nice Hop

Agen perjalanan “Nice Hop” juga memakai bot WA untuk memanjakan konsumennya. Pelanggan dapat mengakses berbagai tawaran tiket wisata dan akodomodasi terbaru lengkap dengan diskon-diskonnya semudah melakukan chat di WhatsApp.

Hey Patch

Dari industri pendidikan, kursus bahasa Inggris –Spanyol online “Hey Patch” memanfaatkan teknologi WhatsApp chatbot free. Calon siswa bisa melihat, membaca, hingga memilih sendiri katalog paket kursus yang mau diambil lewat chat saja.

Kids DXB

Terakhir, toko produk kebutuhan anak-anak “Kids DXB” memiliki robot chat WhatsApp sendiri untuk menyambut para pelanggannya. Bot akan membantu merekomendasikan aktivitas hiburan anak terbaik, lengkap dengan produk-produk pendukungnya sesuai kemauan konsumen. Sangat praktis, bukan?

Empat contoh bisnis di atas dapat menjadi inspirasi cara pemakaian WhatsApp chatbot free pada bisnis. Yuk segera dicoba!

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar apa itu bot chat WA dan cara membuatnya. Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera lengkapi fitur WhatsApp Business Anda dengan bot pembalas pesan otomatis demi memaksimalkan pelayanan konsumen!

Temukan lebih banyak tips, trik dan rekomendasi kiat sukses berbisnis online hanya dari MARKEY. Baca gratis setiap hari artikel-artikel terbarunya hanya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

 

Inilah 8 Poin Twitter Analytics yang Bikin Bisnis Sukses

0
twitter-analytics

Mau bisnis Twitter Anda sukses? Ingin banyak orang melihat iklan produk Anda di Twitter? Jika iya, maka Anda wajib mengetahui 8 poin penting dari Twitter analytics berikut ini!

Twitter analytics adalah strategi yang mempelajari algoritma Twitter terbaru. Algoritma Twitter merupakan kunci penentu apakah tweet promosi Anda layak ditayangkan ke beranda konsumen atau tidak.

Tapi tenang saja, sebab, menganalisis algoritma Twitter bukanlah hal yang sulit. Anda hanya perlu memerhatikan 8 poin berikut ini agar bisa mengukur seberapa efektif model bisnis Twitter yang sedang dijalankan.

Yuk langsung simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

Baca juga : 7 Cara Agar Twitter Rame untuk Olshop & Freelancer Termudah!

Belajar Twitter Analytics : Apa Itu Algoritma Twitter?

twitter analytics

Tidak hanya Google saja yang bekerja menggunakan algoritma, tetapi juga sosial media. Salah satu sosmed kekinian yang diketahui bekerja memakai algoritma adalah Twitter.

Apa itu algoritma Twitter? Algoritma Twitter adalah cara seleksi postingan tweet yang hadir di beranda Anda. Saat ini, algoritma terbaru Twitter menyortir tweet berdasarkan relevansi atau interaksi terakhir yang Anda lakukan.

Semisal Anda sering memberi like, retweet atau komentar pada postingan bertopik kesehatan. Maka secara otomatis, timeline Anda akan dipenuhi oleh tweet tentang info medis juga.

Cara kerja algoritma Twitter terbaru mirip seperti algoritma Instagram. Sistem ini diharapkan dapat membuat user lebih betah menyimak informasi yang mereka sukai di Twitter.

Perubahan algoritma tentunya mengubah strategi promosi bisnis di Twitter. Anda tidak dapat lagi menerapkan cara-cara marketing lama di Twitter, dan harus menggantinya sesegera mungkin. Ini karena algoritma lama Twitter masih bekerja berdasarkan waktu (real time).

Sistem lawas Titter hanya menampilkan tweet-tweet menurut waktu pembuatannya. Jika Anda mengakses Twitter hari ini di pagi hari, maka otomatis timeline memprioritaskan tweet-tweet yang dibuat pagi ini alih-alih postingan kemarin sore.

 4 Manfaat Algoritma Twitter Terbaru

Berikut adalah sejumlah manfaat penting dari algoritma Twitter terbaru yang wajib Anda pahami:

1. Meningkatkan Engagement

Sistem algoritma dapat membantu meningkatkan engagement pada konten tweet maupun akun Anda. Ini karena linimassa Twitter merekomendasikan hal-hal yang paling disukai, dibutuhkan atau dirasa paling relevan dengan keinginan user. Otomatis, peluang konsumen untuk berinteraksi dengan konten Anda semakin besar.

2. Bermanfaat Menjadi Mesin Pencari

Algoritma baru Twitter juga memungkinkan pengguna menemukan banyak informasi yang relevan sesuai kebutuhan. Contohnya konsumen mencari kata kunci “olshop trift murah”.

Kemudian, algoritma akan bekerja mencari akun-akun atau postingan yang paling cocok dengan keyword tersebut. Cara kerja ini mirip seperti Google Search. Maka dari itu, model bisnis Twitter Anda bisa dioptimalkan dengan strategi SEO.

3. Meningkatkan Kepuasan Pengguna

Kepuasan pengguna dapat meningkat lebih maksimal berkat mekanisme algoritma terbaru. Kesesuaian info konten dengan minat serta kebutuhan konsumen akan mendongkrak rasa puas saat menggunakan Twitter.

4. Meminimalisir Spam

Algoritma akan mencegah timeline menampilkan informasi yang tidak relevan atau sesuai kesukaan pengguna. Akibatnya, Anda bisa terbebas dari konten-konten yang bersifat spam.

8 Poin Utama Twitter Analytics untuk Memaksimalkan Promosi Bisnis

Setelah memahami apa itu algoritma baru Twitter, fungsi dan cara kerjanya, kini tibalah kita pada bagian yang terpenting: Twitter analytics.

Twitter analytics bisa menjadi metode terbaik untuk mengukur sejauh mana performa kampanye iklan Anda. Analytics dapat mengungkap hal-hal penting, seperti:

  • Jumlah view tweet
  • Konten yang paling banyak menerima engagement.
  • Jumlah dan asal traffic.
  • Waktu terbaik untuk memposting konten.

Lalu bagaimana cara melakukan Twitter analytics ini? Anda bisa mencoba menganalisis 8 poin yang memengaruhi algoritma Twitter terbaru berikut ini:

1. Gender Pengguna

Studi terbaru menemukan bahwa 70% pengguna Twitter saat ini adalah laki-laki. Pria terbukti lebih aktif bermain sosial media satu ini ketimbang wanita. Situasi ini berbeda dengan platform sosmed lain, seperti TikTok atau Instagram yang mayoritas penggunanya adalah perempuan.

Aspek gender pengguna sangat penting dalam proses pemahaman buyer persona. Buyer persona adalah identitas dari target konsumen bisnis online Anda.

Promosi Anda bisa jadi lebih tepat sasaran dan memikat dengan memahami buyer persona. Cobalah perhatikan kembali iklan-iklan yang dibuat khusus untuk konsumen pria dan wanita. Sudah pasti karakteristiknya akan sangat berbeda.

2. Pemakaian Media

Media-media seperti gambar, foto, video, poll, dan GIF adalah hal-hal penting yang dipertimbangkan dalam analisis konten Twitter. Mengapa?

Algoritma canggih Twitter ternyata tidak hanya mempertimbangkan teks saja. Teknologi baru ini juga dapat menilai kualitas konten non-teks dalam tweet Anda.

Selain itu, respon followers terhadap tweet berisi media dan teks saja pastinya berbeda. Ada konsumen yang lebih suka menyimak info dalam visual, namun ada juga yang membutuhkan penjelasan lengkap via thread.

Cobalah mencari tahu jenis media apa yang paling banyak mendulang engagement pada profil Anda. Jika tweet berisi foto sukses mendapat banyak interaksi, itu artinya followers Anda paling suka tipe konten ini. Selanjutnya Anda bisa memperbanyak konten promosi dengan media foto.

3. Latar Pendidikan Pengguna

Apakah konsumen target Anda mayoritas berasal dari S1? Atau, Anda menyasar konsumen berupa anak sekolah dan ibu rumah tangga? Semua pertanyaan ini juga wajib dijawab oleh hasil analisis performa akun Twitter.

Selain analisis gender, Anda harus meriset latar belakang pendidikan dari followers. Ini karena setiap kelompok masyarakat mempunyai tingkah laku pemakaian sosmed yang berbeda.

Misalnya lulusan sarjana atau pendidikan tinggi lainnya, kebanyakan memakai Twitter sebagai tempat penambah wawasan dan diskusi. Sedangkan anak muda yang masih di bangku sekolah murni memakai Twitter untuk hiburan.

Setiap kelompok konsumen juga menikmati kualitas iklan yang berbeda sesuai kebutuhan serta daya pemahaman masing-masing. Iklan yang terlalu ‘gamblang’ dan hard-selling mungkin tidak akan disukai oleh orang-orang berpendidikan tinggi. Namun pastinya ada juga yang mudah dipengaruhi iklan-iklan sederhana.

Pun menurut hasil Twitter analytics yang pernah dilakukan, 42% user Twitter saat ini rata-rata merupakan lulusan perguruan tinggi. Itulah mengapa Twitter menjadi sosmed kedua dunia dengan user lulusan kuliah terbanyak. Sedangkan posisi pertama diduduki oleh LinkedIn.

4. Relevansi Keyword

Relevansi kata kunci dalam sebuah tweet dengan engagement audiens sangat memengaruhi performa postingan Anda.

Semakin akurat kata kunci konten dengan keinginan user, maka mereka pasti “meninggalkan jejak” berupa like, komentar, retweet atau menambahkan ke bookmark. Mereka juga bisa mengklik link pemesanan produk yang tercantum di postingan.

Sekarang pertanyaannya adalah: sudahkah tweet promosi Anda memuat keyword yang tepat? Proses analisis akun Twitter bisa mengungkap kualitas keyword dalam tweet Anda. Apabila postingan belum memuat kata kunci terbaik, segera pelajari cara meriset keyword untuk konten.

5. Pola Interaksi

Poin penting selanjutnya dalam analisis promosi Twitter adalah pola interaksi pengguna. Banyak model bisnis Twitter yang sukses karena mereka memahami pola interaksi dari audiensnya.

Semisal, target konsumen Twitter dari brand A suka merespon konten-konten yang viral dan clickbait. Maka, brand tersebut akan menggencarkan strategi viral marketing.

Sedangkan target brand B adalah kelompok pengguna yang menyukai konten berbobot. Alhasil mereka menghadirkan lebih banyak konten iklan soft-selling edukasi. Pola interaksi seperti ini juga menjadi pertimbangan penting menurut algoritma.

Hasil aalisis Twitter juga memperlihatkan jumlah engagement yang akun Anda peroleh per tweet. Cobalah mencari tahu tweet konten mana yang paling banyak interaksinya dan penyebabnya. Lalu, mulailah produksi post-post yang mirip demi mendulang lebih banyak engagement.

6. Usia Konsumen

Faktor usia punya pengaruh tersendiri terhadap iklan Twitter. Terdapat pertumbuhan sebesar 16% dari jumlah total anak muda yang mencari info produk di Twitter ketimbang Google.

Twitter saat ini menghadirkan banyak sekali informasi bermanfaat. Anda tidak perlu repot membuka website bisnis hanya untuk membaca deskripsi, keunggulan atau testimoni sebuah item/layanan.

Namun sampai saat ini, baru konsumen berusia muda saja yang cenderung mencari informasi dari sosmed. Jadi kampanye bisnis Twitter Anda bisa lebih cepat berkembang jika target konsumen Anda kebanyakan dari usia muda.

 7. Waktu Online

Jangan lupa juga untuk menelaah poin waktu online konsumen. Meskipun algoritma Twitter terbaru tidak lagi berdasar sistem waktu, tetap ada kemungkinan postingan Anda mudah ditemukan followers kalau dipublikasikan ketika mereka sedang online. Dengan begini Anda bisa memperoleh jumlah engagement yang lebih banyak.

8. Asal Traffic dari Eksternal Link

Meskipun Twitter menjadi salah satu sosmed dengan pengguna terbanyak, faktanya masih sedikit user yang benar-benar fokus memakai 1 aplikasi ini saja.

Lebih dari 90% orang memiliki banyak akun sosmed sekaligus: Twitter, Snapchat, Instagram, Facebook, TikTok, dan seterusnya. Akibatnya, asal traffic akun Anda bisa didapat dari berbagai sumber.

Sangat mungkin ada orang yang mem-follow akun Twitter bisnis Anda karena melihat postingan di Instagram. Atau, ada yang menshare link tweet Anda ke WhatsApp. Namun Anda hanya perlu mengecek sumber asal traffic terbanyak untuk memaksimalkan promosi.

Itulah seluruh aspek yang penting dipertimbangkan saat mencoba Twitter analytics. Semoga insight di atas mampu memaksimalkan strategi bisnis Twitter Anda saat ini, ya!

Temukan lebih banyak kiat sukses bisnis online menarik lainnya hanya di MARKEY. Cukup klik https://markey.id/ sekarang atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!