Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran SEO Update Website Anda dengan 8 Algoritma Google di 2021...

Update Website Anda dengan 8 Algoritma Google di 2021 Terbaru Ini

-

Setiap tahun, Google selalu memperbarui setiap sistem algoritmanya. Algoritma adalah sebuah istilah yang populer dalam dunia komputer serta matematika. Arti algoritma adalah sekumpulan perintah yang bisa digunakan oleh user untuk mencapai sebuah tujuan atau merampungkan tugas menggunakan komputer.

Jadi pada intinya, Google menggunakan algoritma untuk mempermudah menemukan konten artikel, website, gambar atau video yang diinginkan user.

Menurut John Mueller dan Gary Illyes – para webmaster Google – Google bisa melakukan update hampir setiap hari dalam setahun. Dalam sehari, Google bisa melakukan rata-rata 3 kali update algoritma. Oleh sebab itu Anda perlu untuk rajin-rajin menyesuaikan isi konten website dengan ketentuan dari algoritma supaya website Anda bisa lebih mudah menduduki peringkat 1 Google.

Namun permasalahan sering muncul karena update algoritma utama Google yang dirilis secara harian kurang diperhatikan oleh blogger, praktisi bisnis online, dan webmaster lainnya. Banyak orang menganggap update harian algoritma utama Google masih dalam skala yang kecil dan belum memiliki dampak yang begitu besar terhadap website mereka dalam SERP.

Mayoritas orang baru akan melakukan penyesuaian jika Google mengumumkan pembaharuan tahunan dari algoritma utama mereka yang merupakan sebuah update mayor. Update skala besar ini biasanya hanya terjadi 1 atau beberapa kali dalam setahun. Pun berbeda dari update minor, update algoritma mayoir cukup membuat jantung para webmaster berdegup kencang karena bisa berdampak besar pada eksistensi website mereka di halaman hasil pencarian Google.

Seperti apa kira-kira update algoritma mayor Google di tahun 2021? Yuk kita cari tahu rincian lengkapnya pada artikel edisi kali ini. Selamat membaca!

8 Update Algoritma Google Terbaru di 2021 yang Wajib Anda Ketahui

algoritma google terbaru 2021

Update algoritma utama Google adalah update algoritma dalam skala besar yang bisa memberikan efek yang sangat signifikan pada fluktuasi rangking website di hasil pencarian. Jika ranking atau traffic website Anda tiba-tiba mengalami kenaikan atau anjlok secara drastis, hal itu mungkin disebabkan oleh efek pembaruan algoritma utama Google.

Sebab, update algoritma utama Google faktanya memang bisa berdampak secara luas terhadap posisi rangking semua website di hasil pencarian di seluruh dunia, termasuk ranking website dengan bahasa Indonesia.

Google selalu merilis pembaruan algoritma utama mereka di setiap awal tahun. Bersamaan dengan hal itu pula, para blogger dan webmaster banyak mulai mencari taktik terbaik dan strategi yang tepat untuk menghadapi dan mengakali setiap update algoritma utama Google terbaru.

Pedoman kali ini pun akan merangkum semua update algoritma Google terbaru di 2021. Berikut daftarnya:

1. BERT

Pertama adalah algoritma BERT. BERT adalah akronim dari Bidirectional Encoder Representations from Transformers. Google BERT merupakan algoritma terbaru Google dan termasuk ke jenis algoritma utama. BERT sudah digunakan oleh Google semenjak Oktober 2020 lalu dan masih berlaku sampai hari ini.

BERT adalah algoritma yang bersifat deep learning khusus untuk mengolah dan memahami teks NLP (Natural Language Processing) dari sebuah web. Artinya, BERT mampu memahami konteks kalimat atau paragraf dalam artikel website secara utuh, tidak sebagian-bagian, atau tidak dalam wujud kata per kata.

Jadi, meskipun Anda memasukkan kata kunci atau kalimat penelusuran yang kurang lengkap dari segi strukturnya, Google tetap bisa mengerti arti kalimat dan konteks yang Anda ingin telusuri. Canggih!

Tujuan penggunaan BERT pun sangat jelas, yaitu itu membantu Google dalam menyajikan hasil atau data pencarian yang diminta user secara relevan. Sehingga user bisa menjadi lebih puas dengan hasil penelusuran yang diberikan.

Awalnya, BERT adalah teknologi kecerdasan buatan yang diluncurkan di Amerika Serikat untuk memahami konten website dalam Bahasa Inggris saja. Namun, seiring waktu berjalan BERT mulai bisa mengembangkan pencarian website dengan bahasa lain, termasuk Indonesia.

Cara Kerja BERT

Kemudian, bagaimana cara kerja dari BERT? BERT bekerja dengan sistem neural network atau jaringan saraf tiruan / buatan. Neural network ini lantas dipadukan dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence; AI) dan sistem machine learning. Hasilnya, sistem BERT bisa ‘berpikir’ dan memaknai konteks kalimat selayaknya otak manusia.

Pengembangan neural network ini membutuhkan waktu yang amat panjang. Mesin BERT perlu melewati sejumlah pre-training natural language processing untuk mengasah dan mengoptimalkan kecerdasannya. Sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa di masa depan, kecerdasan BERT bisa menyamai persis kemampuan otak manusia untuk memahami arti sebuah ujaran secara kontekstual.

Jadi, cara terbaik untuk mengungguli algoritma BERT adalah dengan menghadirkan konten-konten website yang relevan, sesuai dengan keyword pencarian, serta mampu menjawab pertanyaan atau kebutuhan informasi dari user. Semakin banyak konten dan semakin akurat isinya, maka sistem BERT akan langsung mengarahkan hasil pencarian user ke website Anda. Begitu pula sebaliknya.

Manfaat BERT untuk SEO Bisnis

Tentunya BERT memiliki manfaat yang amat besar untuk SEO bisnis, sehingga penting untuk Anda memahami cara kerja dan update dari algoritma Google ini. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

  • Menciptakan lebih banyak organic ranking dan growth pada website.
  • Menghasilkan hasil penelusuran yang lebih akurat dan tepat.
  • Memungkinkan website Anda muncul di featured snippet Google jika konteks artikel dianggap paling sesuai dengan keyword penelusuran user.
  • Membantu meningkatkan user experience ketika menelusuri sebuah keyword.

2. Panda

Google Panda dirilis pada 23 Februari 2011 dan masih digunakan sampai hari ini. Fokus utama dari algoritma Google Panda adalah substansi dari konten, terutama dalam hal mengurangi jumlah konten-konten tak bermutu / berkualitas rendah yang dimunculkan dalam hasil pencarian user.

Algoritma Panda sengaja dimunculkan untuk menghargai konten unik, menarik, fresh dan berkualitas yang sebelumnya sering ‘tenggelam’ dikalahkan oleh konten-konten berkualitas rendah dengan banyak backlink.

Dulu, sempat ada masanya Google dipenuhi oleh konten-konten tak berkualitas seperti hasil copy-paste, keyword stuffing, ‘ternak artikel’ dan konten spam. Konten-konten ini berkembang karena rendahnya sistem seleksi dan keamanan Google, sehingga para blogger bisa bebas melakukan berbagai kecurangan untuk menaikkan kepopularitasan platformnya. Alhasil, terjadilah penurunan kualitas hasil pencarian di Google pada tahun 2010.

Untuk menghindari pengulangan kejadian yang sama, Algoritma Panda hadir untuk menilai setiap halaman website yang terindeks di Google.

Cara Kerja Google Panda

Google Panda dirilis untuk menghapus website berkonten buruk dan tidak relevan dengan penelusuran yang berada di posisi teratas halaman pertama hasil pencarian. Berbekal kecerdasan khususnya, Google Panda bisa menyortir, menyukai dan menghargai website dengan konten yang unik dan menarik, bukan konten website hasil duplikasi, copy-paste atau plagiat.

Jika ada konten sebuah website yang serupa atau sama persis, maka, website tersebut otomatis akan terdeteksi dan terkena penalty dari Panda. Penalti dari Google Panda ini pun tak main-main sifatnya, karena dapat langsung menghilangkan website Anda dari perhitungan SEO. Efeknya, hanya konten-konten original, unik dan berkualitas sajalah yang akan muncul mendapat peringkat di halaman pertama Google.

Hadirnya Google Panda mau tak mau mendorong para blogger atau webmaster untuk memperbaiki kualitas konten-konten website masing-masing, mengurangi konten berisi spam keyword, dan berfokus meningkatkan user experience pada website masing-masing.

Website yang Diblacklist oleh Panda

Terdapat sejumlah kategori website yang akan langsung masuk daftar hitam (blacklist) dari Panda, antara lain:

  • Konten berkualitas rendah: konten copy-paste atau mencontek karya orang lain, tidak relevan dengan topik, tema atau niche website, menggunakan teks yang terlalu sedikit atau kurang dari minimum, dan konten yang hanya berisi spam keyword.
  • Konten copy-paste: konten yang 100% meniru karya orang lain. Memang tidak ada konten yang bisa sepenuhnya bebas plagiat, oleh sebab itu terdapat aturan jumlah plagiat yang diizinkan dalam sistematika kepenulisan yaitu maksimal 20%. Jika hasil cek plagiarisme konten Anda bisa mencapai angka tersebut atau di bawah, maka konten Anda sudah layak untuk diposting.
  • Meminta identitas pribadi user: website yang gemar meminta identitas pribadi dan sensitif seperti informasi alamat, kartu kredit, biodata, dan lain-lain adalah website yang patut untuk dicurigai. Apalagi jika website tersebut tidak mencantumkan secara jelas untuk apa data-data tersebut atau informasi jaminan kredibilitasnya (seperti sudah terdaftar di OJK Indonesia).
  • Konten click-bait/tidak memenuhi penelusuran: konten Anda tidak akan lolos dalam penelusuran jika bersifat click-bait, menipu, dan tidak mampu memenuhi informasi yang sesuai atau relevan dengan keyword yang digunakan oleh user. Semisal judul dari artikel Anda adalah “Tips SEO Terbaru”, tetapi isi konten tidak menyinggung perihal SEO sama sekali maka Google Panda akan mengeliminasi Anda dari daftar halaman pertama.
  • Spam iklan: website yang mengandung terlalu banyak iklan hingga menutupi konten akan disingkirkan oleh Google Panda.
  • Spam keyword: konten artikel yang isinya hanya mengulang-ulang keyword (spam keyword) juga akan dinilai sebagai konten berkualitas rendah dan otomatis tereliminasi.

Cara Menghadapi Pembaruan Algoritma dari Google Panda

Sesungguhnya ada banyak cara mudah untuk menghadapi algoritme Google Panda. Sebagai permulaan, Anda bisa mulai memperbaiki konten-konten di website atau blog Anda dengan cara-cara berikut:

  • Membuat konten yang berkualitas tinggi, hindari plagiarisme, keyword spam, dan lainnya.
  • Hapus iklan yang berlebihan yang tidak bermanfaat, mengganggu konten, dan iklan yang tidak relevan dengan website anda.
  • Optimalkan halaman yang memiliki konten berkualitas jelek atau out of date. Upayakan menghadirkan konten yang up-to-date dengan zaman saat ini.

3. Rank Brain

algoritma google-update

RankBrain adalah bagian dari algoritma Google Hummingbird. Algoritma RankBrain dirilis pada 26 Oktober 2015 dan masih berlaku sampai hari ini dalam sistem Google Search.

RankBrain memiliki fokus kerja yang berbeda dengan algoritma Google lainnya, di mana RankBrain menggunakan kecerdasan buatannya untuk memahami keyword penelusuran yang salah ketik secara tak sengaja. Semisal Anda mengiput keyword pencarian “Belahar SEO Pemula”, maka Google akan memberikan pertanyaan “Apakah yang Anda maksud Belajar SEO Pemula?”.

Pihak Google memahami bahwa salah ketik merupakan hal yang lumrah dan sering terjadi, sehingga RankBrain dihadirkan untuk mengatasi ketidakakuratan hasil pencarian karena typo kecil. Selain itu, RankBrain juga bisa menerka konteks utama dari keyword panjang serta keyword-keyword ambigu dan memunculkan hasil pencarian yang dirasa paling sesuai.

Sistem Kerja dari Rank Brain

RankBrain menggunakan pembelajaran mesin (machine learning) untuk menentukan hasil pencarian yang paling tepat atau relevan untuk ditampilkan sesuai dengan permintaan si user di Google Search. Rank Brain membantu Google untuk memahami keinginan pengunjung website.

Hal ini dimungkinkan karena algoritma RankBrain dilengkapi sistem pembelajaran mesin yang menggunakan bahasa query. Bahasa query inilah yang dapat menginterpretasi permintaan informasi dari pencari berdasarkan faktor lokasi dan personalnya.

Artikel terkait  Apa itu PBN? Pengertian, Manfaat dan Langkah-Langkah Menggunakan PBN (Privat Blog Network)

Pengaruh RankBrain untuk SEO Web Bisnis Anda

Ada 3 pengaruh utama RankBrain untuk SEO website bisnis Anda, yaitu:

  • Tidak perlu repot membuat satu landing page untuk 1 keyword. Anda bisa mencantumkan semua bahasan yang terkait topik / domain / niche dalam 1 landing page secara praktis.
  • Mempermudah memperbaiki kualitas konten sekaligus meningkatkan kepuasan user. User bisa menyimak informasi secara berurutan, praktis, mudah dan nyaman.
  • Meningkatkan kepuasan user karena mampu menjaga kualitas domain website bisnis Anda.

Langkah Mudah Menyiasati Website agar Sesuai Standar RankBrain

Agar bisa tampil optimal di sistem RankBrain, tidak ada salahnya untuk mencoba langkah-langkah sederhana berikut:

  • Buat konten website yang informatif, berkualitas, dan menarik.
  • Buat konten/artikel website yang banyak. Setiap artikel bisa lebih dari 1.000 kata.
  • Buat keyword yang menengah dan panjang dalam bentuk frasa atau konsep.
  • Artikel atau konten website yang dimuat harus ditulis oleh penulis yang sudah berpengalaman dan mengerti kaidah kepenulisan yang benar.
  • Lengkapi website dengan biodata pemilik, alamat website, dan link Google Maps.

4. EAT

EAT adalah salah satu algoritma utama Google terbaru lainnya di 2021. Nama EAT sendiri merupakan kepanjangan dari Expertise, Authoritatives, Trustworthiness. Konsep EAT pertama kali diperkenalkan dalam guidelines atau pedoman Google Quality Raters. Algoritma EAT memungkinkan Anda untuk lebih mudah meningkatkan peringkat penelusuran website di Google.

Algoritma EAT banyak digunakan dalam penelusuran kueri yang bersifat spesifik. Semisal seorang user ingin menelusuri informasi spesifik seperti “takaran dosis obat demam untuk balita” atau “cara kerja algoritma Instagram untuk bisnis”. Google EAT pun akan langsung memunculkan konten Anda di posisi pertama jika konten dideteksi memuat informasi yang akurat atau sesuai tentang topik yang dicari.

Penjelasan lebih lanjut mengenai update algoritma ini bisa tercermin dari kepanjangan katanya itu.

Expertise

Algoritma Google ini menilai konten sebuah website berdasarkan keahlian penulis. Apakah penulis konten itu seorang yang sudah expert pada bidangnya. Misalnya, konten tentang kesehatan. Idealnya ditulis oleh seorang yang sudah ahli di bidang kesehatan.

Authoritatives

Selain itu, update algoritma ini juga ingin melakukan verifikasi mengenai informasi pemilik website. Sehingga, disarankan agar setiap pemilik website untuk membuat halaman “About Us” di dalam website-nya.

Trustworthiness

Umur website yang terdaftar juga bisa mempengaruhi terhadap kredibilitas website. Biasanya, website yang sudah berumur lebih dari 3 tahun, lebih dapat dipercaya oleh Google dan pengunjung website. Selain itu, kualifikasi website yang bisa dipercaya adalah website yang dilengkapi dengan tanda secure di URL website-nya atau HTTPS.

Jadi, untuk memenuhi persyaratan dari update algoritma Google ini anda harus segera membuat website anda memiliki certificate SSL. Hal itu agar website anda dapat dinilai aman, dipercaya, dan pantas untuk dikunjungi.

Sayangnya, tidak semua ahli dan praktisi SEO setuju kalau Google EAT dapat menentukan peringkat penncarian website di Google karena sifatnya yang mengutamakan penelusuran spesifik. Bahkan EAT cenderung mengutamakan artikel dari website yang ditulis oleh para ahli tersertifikasi di bidangnya demi menghadirkan artikel yang kredibel untuk user.  Jadi, sejumlah pakar SEO meyakini kalau banyak website justru mengalami efek imbas negatif karena Google EAT.

5. YMYL

YMYL merupakan singkatan dari Your Money Your Life. Sesuai namanya, algoritma Google yang satu ini berfokus memeriksa konten website yang membahas tentang keuangan, kesehatan, investasi bisnis, atau asuransi. Sangat unik, ya?

YMYL hadir setelah Google memperbaharui salah satu pedomannya terkait kualitas penelusuran artikel website, khususnya di website-website yang melangsungkan transaksi moneter. Namun seiring berjalannya waktu, algoritma YMYL juga berlaku untuk website yang beroperasi di bidang penjualan produk, jasa layanan, atau praktek kesehatan. Intinya, YMYL membantu Google user agar tidak sampai terjerumus ke website palsu atau abal-abal yang bisa membahayakan kehidupan finansial dan kesehatan mereka.

Contoh website yang bisa termasuk ke dalam algoritma YMYL ini seperti website kesehatan atau dokter online, website konsultasi finansial online, dan lainnya.

Standar Website Berkualitas Menurut YMYL Google

Berikut ini adalah standar-standar yang harus dipenuhi agar website anda bisa lolos update algoritma YMYL ini:

  • Membuat website yang serius, jujur dan profesional dengan memaparkan informasi atau data secara jelas dan detail agar bisa dipercaya serta website bisa lolos dari verifikasi dan mendapatkan ranking tertinggi di halaman pencarian Google.
  • Website harus secara jelas mencantumkan nama penulis atau kontributor kontennya.
  • Konten artikel yang dibuat harus karya tulis asli, autentik, bukan konten duplikasi atau asal copy dari artikel lain, mengingat website Anda menyangkut kehidupan dan keuangan orang banyak (publik).

Cara Mengoptimalkan Ranking Website di YMYL

Anda tidak perlu cemas, berikut ini adalah berbagai cara mengoptimalkan ranking website dengan mudah di YMYL:

  • Optimalkan kualitas halaman: memastikan tujuan halaman website sesuai dengan maksud penelusuran user serta memposting artikel yang baik, berkualitas dan jujur.
  • Menyediakan laman FAQ (Frequently Asked Question) atau laman tanya jawab dengan audiens: hal ini akan memaksimalkan keterbukaan dan kejujuran dari platform website.
  • Menjual produk atau jasa yang resmi, legal dan bisa dipertanggung jawabkan.
  • Memfasilitasi website dengan tenaga profesional tersertifikasi seperti dokter atau konsultan ahli supaya informasi dari website Anda bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya dengan baik.
  • Mengutamakan konten-konten yang bersifat otentik, akurat, faktual, disupport oleh banyak data, original dan ditulis dalam struktur yang baik.
  • Cantumkan informasi atau profil online dari orang yang menulis artikel atau menjawab pertanyaan. Semisal Anda mengelola website kesehatan, sertakan biodata dan profil singkat dari dokter yang meng-handle artikel serta sesi tanya jawab tersebut.
  • Pastikan konten yang bersifat kontribusi bisa ditinjau oleh Anda selaku pemilik website atau tenaga profesional yang bekerja di platform Anda.
  • Hindari konten yang bersifat penipuan.
  • Menjalin relasi atau jejaring dengan website-website terpercaya lainnya yang sesuai niche.

Artikel terkait  Meta Deskripsi Sangat Mempengaruhi Jumlah Klik | Jumlah Karakter, Metode Penulisan, dan Metode Pengaturan Efektif untuk Ukuran SEO

6. Pigeon

Google Pigeon (Merpati) adalah nama kode update algoritma lokal Google yang dirilis pada 24 Juli 2014 lalu. Google Pigeon dihadirkan dan dipakai sampai saat ini untuk menyediakan hasil pencarian lokal (Local SEO) yang lebih relevan dan akurat.

Jadi, misalkan Anda berdomisili di Jakarta, maka hasil penelusuran Local SEO yang dihadirkan oleh Pigeon akan sungguh-sungguh berdasarkan data yang berada di sekitar wilayah Anda.

Pigeon banyak digunakan untuk menemukan jawaban atas penelusuran yang berbunyi “di sekitar Anda”. Semisal “Kursus Digital Marketing Jakarta”, “Jasa SEO Bandung”, “Desainer web termurah Jogja,” dan lain sebagainya. Intinya, hasil pencarian Google akan didasarkan pada lokasi aktual dari si penelusur informasi.

Oleh sebab berdasarkan lokasi, maka hasil pencarian Anda dengan hasil pencarian teman Anda bisa jauh berbeda walaupun keyword yang dimasukkan di mesin pencariannya sama. Sebab bisa saja Anda dan teman sedang berada di lokasi yang berbeda. Misalkan Anda berada di Jakarta Selatan sementara teman sedang berada di Jakarta Timur.

Kemudian, dampak paling jelas dari update algoritma ini tentunya adalah mempengaruhi ranking website lokal di dalam hasil pencarian. Bukan hanya mempengaruhi ranking website di hasil pencarian biasa, update algoritma Google Pigeon juga dapat memberikan efek pada rangking website di hasil pencarian yang akan ditampilkan pada Google Maps.

Terdapat sejarah yang sedikit unik dari pemberian nama Pigeon. Keputusan pengambilan nama Pigeon atau merpati ini didasari oleh karakteristik burung tersebut yang tidak pernah mau pergi jauh-jauh dari sarangnya. Seberapa jauhnya seekor merpati terbang, ia pasti akan dapat kembali lagi ke sarangnya. Hal ini dinilai sangat sesuai dengan tujuan utama dari algoritma Pigeon yang khusus untuk melakukan local SEO.

Manfaat Google Pigeon dan Cara Menghindari Blacklist Darinya

Bagaimana caranya supaya konten website Anda bisa menduduki peringkat optimal menurut Google Pigeon dan tidak terblacklist? Berikut tips yang bisa Anda lakukan:

  • Buat konten yang menarik dan mengandung unsur lokal SEO dalam judulnya, seperti “Rekomendasi Jasa SEO Termurah Jogjakarta”.
  • Membuat konten/artikel website tradisional yang dilengkapi dengan foto-foto dan video yang terkait dengan bisnis lokal yang ada di lingkungan sekitar atau wilayah dimana anda berada.
  • Berikan atau tunjukkan lokasi yang detail, akurat, dan relevan dalam website dan artikel. Anda juga bisa mengupload profil lengkap di Google Plus dan Google Maps.
  • Jangan pakai jasa beli backlink illegal.
  • Jangan menduplikasi konten dari website lain yang sudah ada.
  • Gunakan mobile app bisnis sebagai pendukung local SEO.
  • Promosikan konten secara rajin di Sosial Media.
  • Berikan ulasan yang informatif, bermanfaat, unik, menarik, dan enak dibaca pengunjung.

7. Penguin

google-core-update

Berikutnya ada Google Penguin yang juga menjadi salah satu algoritma utama Google dan diluncurkan pada April 2012. Google Penguin ini merupakan sebuah nama atau kode update algoritma Google yang fokus utamanya, adalah ‘menghukum’ website-website nakal yang melanggar aturan atau pedoman Webmaster Google. Penguin ditujukan untuk membasmi blogger curang yang menaikkan traffic dengan Black Hat SEO.

Beberapa tugas utama dari Penguin adalah:

  • Membersihkan back linkwebsite yang tidak relevan, tidak wajar, dan bersifat spam.
  • Penempatan key words yang tidak tepat, yang ditulis secara berulang-ulang dengan jumlah yang banyak di dalam website (keyword stuffing).
  • Penggunaan link/anchor text yang terlalu berlebihan.

Kalau website Anda terkena atau tertangkap oleh sistem update Google Penguin, maka Anda harus bersiap menghadapi resiko yang cukup berat. Sanksi pertama adalah penurunan ranking website secara drastis. Kemudian Anda juga tidak akan diizinkan untuk mengupdate website selama berbulan-bulan, atau mungkin menunggu hingga satu tahun ke depan. Hal ini dikarenakan sistem Google Penguin melakukan update secara berkala.

Menghindari Blokir Google Penguin

Agar website tidak terblokir oleh algoritma Google Penguin, Anda bisa mencoba menerapkan cara-cara di bawah ini:

  • Tidak memasang iklan berlebihan (spam iklan).
  • Tidak memposting konten yang terlalu sedikit (kurang dari 1 halaman atau 1000 kata).
  • Tidak menautkan link website eksternal atau link lain yang tidak nyambung dengan niche situs Anda.
  • Gunakan backlink yang bagus, berkualitas dan jelas sumbernya.
  • Hindari keyword stuffing atau spam keyword.
  • Pantau link atau tautan secara rutin dan hapus link yang buruk.
  • Jangan membeli linkyang berbayar.
  • Hindari penggunaan optimasi link yang berlebihan.

8.Hummingbird

Terakhir ada Google Hummingbird (Burung Kolibri). Google Hummingbird adalah salah satu nama algoritma utama pencarian Google yang diberlakukan dari 2013 sampai sekarang. Algoritma ini dirilis pada 26 September 2013 silam.

Selayaknya Google Pigeon, terdapat pula filosofi singkat mengapa nama Hummingbird digunakan oleh Google sebagai nama algoritmanya. Hummingbird adalah burung yang bisa mengepakkan sayap dan terbang dengan cepat. Jadi, nama Hummingbird diadaptasi dengan harapan algoritma Google bisa menghadirkan pencarian keyword yang cepat, baik serta tepat untuk user.

Tidak seperti Google Panda atau Penguin yang awalnya dirilis hanya untuk add-on algoritma Google yang sudah ada, Google Hummingbird bisa dikatakan sebagai perombakan yang sempurna dari algoritma utama Google. Tetapi, perombakan itu tidak berlangsung secara keseluruhan karena banyak komponen lama dari algoritma utama yang sebagian masih tetap dipakai.

Hummingbird dirilis untuk lebih memahami tentang maksud permintaan pencarian dan supaya memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dengan permintaan atau maksud dari si pencari.

Hasil pencarian yang bisa ditampilkan bukan hanya dari penafsiran keyword, tetapi Hummingbird sudah dapat menafsirkan permintaan dalam bentuk frasa utuh, seluruh arti kalimat dan pertanyaan bisa secara cepat ditafsirkan. Tidak hanya berdasarkan satu kata atau per kata tertentu saja.

Google telah merilis beberapa kali pembaruan dari Hummingbird, tetapi tidak diketahui secara pastinya. Karena, Google melakukan pembaruan ini dengan sangat cepat dan tidak ada yang menyadari perubahannya itu.

Menyiasati Google Hummingbird

Bagaimana cara menghadapi update Google Hummingbird dan menjadi website yang optimal di peringkat 1? Begini caranya:

  • Fokus pada long-tail key words. Maksudnya, buat konten website dengan keywords yang panjang dalam bentuk frasa, bukan keywords kata per kata. Buat keywords dalam bentuk frasa yang komprehensif dan fokus pada konsep.
  • Buat konten yang bisa menjawab pertanyaan paling umum dari audiens Anda.
  • Buat website yang responsif dan interaktif.
  • Fokus membangun reputasi online Anda.
  • Buat konten website yang lengkap, unik, berkualitas, relevan, dan menarik. Misalnya: saat pencari website mencari informasi tentang cara membuat Rendang ala RM Padang. Konten website yang anda buat tentang cara membuat rendang harus memberikan informasi yang benar, jelas, dan lengkap. Jadi, hasil penelusuran bisa diibaratkan dengan situasi si pencari informasi sedang bertanya secara langsung kepada seorang juru masak dari RM Padang. Lebih baik lagi jika penulis konten website itu memang seorang juru masak dari RM Padang supaya konten website Anda kredibel dan pantas dipercaya.

Penyebab Website Diblokir Hummingbird

Jangan sekali-kali melakukan 3 hal berikut ini karena website Anda bisa serta merta terblokir dari sistem Hummingbird Google:

  • Melakukan spam seperti spam e-mail, spam search engine, spam wiki, spam iklan, spam medsos, dan spam blog.
  • Melakukan spam keyword sehingga jumlah keyword lebih mendominasi ketimbang isi konten. Isi bahasan konten harus lebih banyak jumlahnya dari keyword.
  • Melakukan plagiarisme alias mencopy total artikel milik orang lain. Hummingbird, sama seperti algoritma Google lain, sangat mengedepankan keorisinalitasan konten.

Artikel terkait  5 Alasan Mengapa Perusahaan Perlu Meluncurkan Blog Sendiri dalam Penerapan SEO

Kesimpulan

Google selalu merilis pembaruan algoritma terbaru setiap hari atau setiap tahunnya secara rutin. Tujuannya agar anda dapat menyesuaikan website anda dengan algoritma Google yang sedang update saat ini. Selain itu, agar website anda bisa lebih qualified. Maksudnya, website anda bisa menawarkan informasi yang relevan, akurat, dan bermanfaat bagi pengunjung website.

Jika, website anda bisa menyediakan konten yang lebih baik dan bermanfaat dari waktu ke waktu. Maka, website anda dengan sendirinya akan mendapatkan rangking yang lebih tinggi di halaman pertama pencarian Google.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, jangan sampai anda ketinggalan update informasi algoritma Google terbaru anda di tahun 2021 ini. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat untuk Anda. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya dari MARKEY!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

7 Dasar Belajar Komputer dengan Cepat Untuk Pemula

Apakah Anda ingin belajar komputer? Rasanya agak ketinggalan jika kita belum menguasai komputer di era modern yang serba digital...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya