Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran SEO Mempelajari “RankBrain”, Alat Terbaru Google Penentu Ranking SEO 2021

Mempelajari “RankBrain”, Alat Terbaru Google Penentu Ranking SEO 2021

-

Kabar mengejutkan dunia SEO datang lagi dari Google. Google telah merilis informasi mekanisme terbaru penentuan ranking SEO website bernama Google RankBrain. Istilah ini mungkin masih asing bagi sebagian telinga dan benak masyarakat, termasuk Anda.

Namun Anda tidak boleh melewatkan artikel ini karena Google RankBrain algorithm adalah penentu ranking website Anda di laman search engine nantinya.

Menduduki peringkat tertinggi dalam halaman search engine adalah impian sekaligus tujuan utama yang diincar oleh sebagian besar website. Baik itu website e-commerce, website artikel, maupun website konten pribadi, semuanya mengejar posisi tertinggi di search engine agar bisa mendulang sebanyak mungkin klik dari user dan memperoleh keuntungan tinggi.

Oleh sebab itu, dulu ada banyak cara curang yang digunakan oleh para pemilik website agar link web mereka bisa hadir di halaman pertama Google.

Untungnya, pihak Google selalu memperbaharui aturan SEO dan perankingan mereka, sehingga cara-cara curang bisa selalu teratasi.

Salah satu mekanisme terbaru Google untuk menentukan website yang layak menduduki peringkat di halaman pertama adalah Google RankBrain algorithm (Bahasa Indonesia: algoritma Google RankBrain).

Kira-kira seperti apa ya cara kerja dari Google RankBrain algorithm? Yuk kita simak pembahasannya pada artikel berikut ini. Selamat membaca!

Mengenal Apa Itu Google RankBrain SEO

seo-2021

Para pegiat dunia marketing digital atau martech wajib tahu apa itu Google RankBrain SEO. Google RankBrain SEO adalah mekanisme alogitma terbaru milik mesin Google. Algoritma khusus ini sengaja diciptakan untuk menciptakan hasil pencarian user yang lebih efektif, akurat, dan cepat.

Dengan pemakaian Google RankBrain SEO, diharapkan hasil penelusuran user mampu menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Dua Fungsi Terpenting Google RankBrain

Tidak banyak yang mengetahui bahwa RankBrain memiliki dua fungsi terpenting dalam pekerjaannya, yakni menghitung tingkat kepuasan user terhadap hasil penelusuran dan mengerti keyword yang ditelusuri user sebaik-baiknya.

Dari sini terlihat bahwa algoritma RankBrain setingkat lebih tinggi dan lebih canggih dibandingkan penelusuran berbasis kata kunci biasa.

Jika dulu Google hanya mencocokkan keyword yang Anda masukkan ke box penelusuran untuk menemukan website-website dengan informasi sesuai yang Anda mau, kini, sistem RankBrain menyempurnakan metode tersebut. RankBrain bisa benar-benar memahami keyword Anda, mencari artikel yang paling pas dengan kebutuhan Anda, kemudian menampilkannya di layar komputer.

Algoritma RankBrain memilah dan memilih informasi yang paling akurat sebab ia mampu mengumpulkan riwayat penelusuran setiap pengguna Google. Dari sanalah RankBrain dapat menilai website mana yang paling banyak diklik dan dilihat orang lain sebelum Anda untuk penelusuran dengan kata kunci yang sama.

Alhasil, RankBrain dapat merekomendasikan halaman website pilihan tersebut di posisi pertama, dan Anda bisa memperoleh informasi yang paling akurat dengan kebutuhan. Canggih, bukan?

Artikel terkait  Cara Unik Memaksimalkan Emoji Sebagai Creative Copywriting

Mekanisme Kerja Google RankBrain

Anda sudah memahami gambaran umum cara kerja RankBrain dalam memilihkan informasi website terbaik dalam laman penelusuran untuk Anda. Kali ini, kami akan mengajak Anda untuk lebih detail bagaimana cara kerja dari RankBrain untuk menentukan urutan website dalam halaman penelusuran.

Ada banyak faktor yang menentukan kualitas sebuah website di mata RankBrain. Faktor-faktor tersebut Anda sudah kenali dengan baik selama mengaplikasikan beragam trik SEO, yakni: panjang konten, otoritas domain dari website, jumlah backlink website, dan isi dari konten artikel website tersebut. Semakin baik semua komponen faktor tersebut pada website Anda, maka akan semakin besar pula peluang bagi website untuk menjadi pilihan oleh Google RankBrain.

4 faktor di atas akan mempermudah RankBrain untuk memastikan bahwa website Anda berkualitas atau tidak. Setiap website dan artikel yang dipublikasikan ke internet akan secara otomatis masuk ke sistem indexing Google untuk didata ke dalam database mereka. Begitu website selesai di-index, maka website Anda sudah bisa ditemukan oleh user di Google. Namun tugas Anda tidak berhenti sampai di sana.

Proses penentuan ranking SEO justru baru dimulai di sini. Sekarang kita kembali ke 2 fungsi utama RankBrain di atas. Pertama-tama RankBrain akan menjalankan fungsinya yakni memahami keyword yang dimasukkan oleh user ke search engine.

Di sini, RankBrain akan memahami maksud dari keyword yang Anda pakai. Kemudian, disusul dengan penampilan hasil penelusuran yang paling cocok dengan keyword beserta beberapa keyword alternatif relevan lainnya.

Pada tahap ini RankBrain akan menilai apakah sebuah website sudah memuat keyword-keyword dan informasi yang pas dengan kehendak pengguna. Jika website Anda memiliki keyword, informasi mendetail, otoritas domain, hingga backlink yang cukup banyak, maka RankBrain bisa memastikan web Anda tampil di halaman pertama Google Search.

Setelah hasil penelusuran ditampilkan, RankBrain lanjut menjalankan tugas keduanya yakni menilai kepuasan penggua terhadap website yang muncul di halaman pertama hasil pencarian. Caranya?

Jawabannya tak lain dengan melihat interaksi Anda dengan hasil penelusuran yang ditampilkan. Jika RankBrain melihat ada interaksi seperti klik, share link, atau pemberian likes dan comment, maka dapat disimpulkan bahwa user puas dengan hasil penelusuran yang diberikan. Sehingga, RankBrain akan mempertahankan website tersebut di halaman pertama Google. Begitu juga sebaliknya.

Jadi, RankBrain amat detil memperhitungkan ranking sebuah website dari puas tidaknya user dengan hasil penelusuran.

Cara Google RankBrain Menilai Kepuasan User Terhadap Sebuah Website

seo-blog-1

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, RankBrain bisa mengukur tingkat kepuasan user terhadap website-website yang muncul di hasil penelusuran. Tugas ini tidak berlangsung secara sembarangan.

Ada 4 parameter khusus yang digunakan oleh RankBrain untuk menilai sejauh mana tingkat kepuasan user terhadap kualitas kata kunci yang dipakai untuk penelusuran hingga hasil website di laman pencarian. Keempat parameter tersebut adalah dwell time, bounce rate, click-through-rate (CTR), dan pogo-sticking atau dikenal juga dengan User Experience (UX) website.

Dwell Time

Dwell time adalah total waktu yang dipakai oleh user mulai dari pertama membuka web sampai akhirnya menutup website. Semakin lama dwell time website Anda, maka akan semakin baik juga kualitas website Anda menurut RankBrain.

Bounce Rate

Bounce rate merupakan nilai perbandingan dari jumlah total pengunjung website Anda dengan jumlah pengunjung yang meninggalkan website pasca membaca 1 halaman. Nantinya, hasil ini akan dikalikan dalam bentuk persentase.

Semisal website Anda punya 100 total pengunjung, 70% user melihat-lihat lebih dari 1 halaman website, sementara sisa 30%-nya langsung pergi setelah membaca halaman pertama saja. Jadi, nilai bounce rate website Anda adalah 30%. Semakin rendah nilai bounce rate, maka akan semakin baik.

Artikel terkait  SEO Marketing Adalah? Konsep dan Manfaatnya

Click-Through-Rate (CTR)

Anda mungkin sudah familiar dengan istilah ini. CTR adalah jumlah user yang mengklik website Anda. Semakin besar nilai CTR web Anda, maka RankBrain akan semakin mengedepankan posisi web di laman pencarian.

Pogo-Sticking

Terakhir adalah pogo-sticking, yakni jumlah user yang mengklik salah satu website dari hasil penelusuran, namun langsung kembali ke daftar pencarian karena menginginkan jawaban yang lebih memuaskan. Aksi pogo-sticking umumnya berlangsung lebih cepat dibandingkan bounce rate. Selain itu, pada kasus bounce rate, user tidak melakukan penelusuran ulang – sementara pada pogo-sticking, iya.

Tingginya nilai pogo-sticking akan menjadi pertanda buruk sebab RankBrain akan menilai website Anda tidak mampu menyediakan informasi yang diinginkan user.

Strategi Memaksimalkan Google RankBrain

Bagian ini adalah hal terpenting yang wajib diketahui oleh semua pengelola website. Tentunya kita semua ingin agar website kita bisa menduduki peringkat teratas dan menjadi rekomendasi nomor 1 menurut RankBrain, bukan? Untuk itu, Anda bisa memaksimalkan performa website di mata RankBrain dengan strategi-strategi berikut ini:

Memaksimalkan UX

Keempat komponen UX pada website (dwell time, bounce rate, CTR, dan pogo-sticking) bisa Anda kendalikan dengan beragam cara simpel. Contohnya:

  • Memaksimalkan kecepatan loading website. Jangan sampai website Anda terlalu lama me-loading konten.
  • Memperjelas dan memudahkan sistem navigasi pada website. Letakkan fitur-fitur penting pada menu, jangan perbanyak widget yang tak perlu.
  • Memposting konten berkualitas dan relevan secara rutin.
  • Pastikan konten tidak tertutup banyak iklan, dan masih banyak lagi.

Mengoptimalkan Deskripsi Tag dan Judul Konten

content

Cara kedua, optimalkan deskripsi tag dan judul konten Anda sebab data-data deskripsi inilah yang akan dibaca, dipahami dan diseleksi oleh RankBrain. Buat judul yang emosional, mampu mensugesti dan memancing orang lain untuk mengklik artikel Anda. Anda bisa mencoba membuat judul artikel dengan simbol seperti tanda kurung, angka dan kata-kata persuasif lainnya.

Selain itu, Anda kami anjurkan untuk membuat judul artikel secara lengkap. Faktanya, judul yang lengkap lebih mampu meyakinkan user bahwa isi artikel juga lengkap. Semakin lengkap, maka akan semakin baik.

Artikel terkait  Panduan Membangun Brand untuk Bisnis Online Anda!

Hindari Penggunaan Kata-Kata yang Sama

Ketiga, hindari pemakaian keyword yang sama. Contohnya, Anda memakai keyword Website Tools, Web Software dan Web App pada tempat yang sama seperti judul. Cara ini tidak bagus karena tidak mampu memberikan rincian spesifik pada RankBrain. Lebih baik pisahkan ketiga keyword menjadi 3 artikel sendiri dengan pembahasan mendalam.

Pakai Kata Kunci Sedang

Sudah tidak zaman lagi untuk menggunakan keyword panjang. Dulu, semakin panjang keyword maka hasil pencarian dapat menjadi lebih akurat dan spesifik. Namun sekarang, pencarian difokuskan pada maksud dari user, bukan panjang keyword.

Jadi tanpa keyword panjang lebar pun, RankBrain sudah dapat melakukan penelusuran mendalam karena sudah mampu memahami maksud penelusuran dari user. Penggunaan keyword sedang saat ini dinilai sebagai opsi yang paling pas karena singkat namun maknanya akurat.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang Google RankBrain. Terima kasih sudah mengikuti. Jangan lupa untuk ikuti sosial media dan website Markey supaya tidak tertinggal aneka informasi terbaru seputar dunia martech.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya